Tempat Wisata di Tasikmalaya

Share
Comment 2 reply
Tempat Wisata di Tasikmalaya

Hai kawan travelers, sudah tau mau berencana liburan kemana? Liburan di Tasikmalaya kayaknya seru nih. Seperti kota- kota di Jawa Barat lainnya, kota ini juga memiliki banyak potensi wisata yang mengasikan, mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, hingga kuliner bisa anda temukan disini. Nah, untuk itu alawisata akan membahas tempat wisata yang ada di Tasikmalaya untuk kalian semua.

Tasikmalaya sendiri merupakan sebuah kota yang berada di Jawa Barat yang memiliki julukan sebagai Sang Mutiara dari Priangan Timur. Walaupun jarak kota ini dengan ibukota terbilang cukup jauh, namun daya pikat wisatanya membuat para wisatawan dari berbagai daerah termasuk ibukota rami datang kesini untuk menikmati pesona wisatanya.

Penasaran dimana saja objek wisata menarik yang ada di Tasikmalaya? Untuk itu alawisata akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di kota Tasikmalaya yang sanyang untuk anda lewatkan. Yuk langsung saja simak baik-baik.

1. Pantai Karang Tawulan

wisata tasikmalaya karang resik

  • Lokasi : Cimanuk, Kalapagenep, Cikalong, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 3.500 per orang, Rp 2.500 (Parkir Motor), dan Rp 10.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 24 jam (Snein-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, toilet, warung makan, gazebo

Objek wisata yang akan alawisata bahas pertama kali adalah Pantai Karang Tawulan. Jika anda pernah mengunjungi Tanah Lot Bali, maka kurang lebih seperti itulah panorama alam yang ditawarkan di pantai yang satu ini.

Pasirnya yang berwarna hitam ditemani dengan tebing kokoh yang menjorok ke arah laut menjadi salah satu ciri khas dari pantai ini yang semakin menambah kesan ekostis nan menawan. Selain itu, di pantai ini juga terdapat sebuah pulau mungil yang beranama Pulau Manuk, kenapa dinamakan demikian? Karena pada saat sore tiba, gerombolan burung camara akan singgah di pulau mungil ini.

Karena kawasan pantai ini masih tergolong sepi, maka sangat cocok digunakan sebagai tempat pelepas penat dari kesibukan sehari-hari. Didukung dengan adanya taman rumpur dan pondok yang langsung menghadap ke laut membuat wisatawan nyaman  untuk menikmati keindahan pantai dari atas bukit yang asri nan sejuk.

Selain itu aktivitas lain yang dapat anda lakukan ditempat ini yaitu memancing, berjalan-jalan, atau sekedar duduk menikmati angin laut, namun sangat tidak disarankan untuk berenang di pantai sebab ombaknya dan berbahaya.

2. Pantai Sindangkerta

wisata tasikmalaya 2019

  • Lokasi : Sindangkerta, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 15.000 (Dewasa), Rp 10.000 (Anak-anak), Rp 5.000 (Parkir Motor), Rp 10.000 (Parkir Motor)
  • Jam Buka : 07.00-18.00
  • Fasilitas : area parkir, musholla, toilet, warung makan, penginapan, area camping

Selain Pantai Karang Tawulan, Tsikmalaya juga memiliki pantai yang tak kalah indah yaitu Pantai Sindangkerta. Dimana keindahan panoramanya sudah sangat terkenal di mata para wisatawan.

Diselimuti dengan pasir putih landai dan taman lautnya yang sangat luas menjadikan tempat ini cocok sebagai area wisata terbaik untuk anda dan keluarga. Tak hanya itu, airnya yang jernih, lengkap dengan biota dan terumbu karang alami juga berpadu dalam satu keindahan yang ada di Pantai Sindangkerta Jawa Barat satu ini.

3. Pantai Cipatujah

tempat nongkrong di tasikmalaya

  • Lokasi : Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : Resort, Warung Makan, Kios, Area Parkir, Panggung Hiburan, Balawisata, Gazebo, Penginapan dan hotel

Panamaan Pantai Cipatujah ini berasal dari nama sungai Cipatujah yang juga berasal dari bahsa sunda yang berarti buhun “patujah-tujah” saling menghantam.

Pantai ini memiliki luas mencapai 115 hektar dengan pasir coklat serta air yang jernih dan gelombang ombak yang cukup besar membuat pantai ini terasa hidup nan eksotis.

Karena luasnya pantai ini, masyarakat sekitar sering memanfaatkannya sebagai air yang jernih dan gelombang ombak yang cukup besar. Bahkan kadang-kadang masyarakat setempat juga mengadakan adu balap kerbau-kerbau yang membuat suasana semakin seru seklaigus menjadi daya tarik dari wisata pantai ini.

Selain itu, beberapa aktivitas juga dapat andan lakukan disini seperti berenang, berjemur, bermain pasir bersama dengan anak-anak atau hanya sekedar menikmati panorama pantai sembari menggoda ombak yang berdeburan. Dan bagi anda yang hobi memancing, anda juga dapat melakukan kegiatan tersebut di muara sungai Cipatujah loh.

4. Pantai Pasanggrahan

tempat wisata di ciamis

  • Lokasi : Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : Kios-kios wisata, Gazebo, Arena bermain anak, Menara pandang, Masjid, Panggung terbuka, Penginapan, Area parkir dan sarana rekreasi lainnya

Pantai ini masih terletak di kawasan Cipatujahyang berjarak 74 km dari pusat kota Tasikmalaya atau sekitar 60 km dari Pantai Pangandaran. Tidak banyak yang mengenal keindahan dari pantai ini, namun akhir-akhir ini Pantai Pasanggrahan mulai bersolek kembali dan menarik beberapa wisatawan untuk mengunjunginya.

Lokasinya yang strategis, sebaberada dibibir pantai yang menghubungkan Pantai Pangandaran Ciamis dengan Pelabuhan Ratu Sukabumi menjadikanya cepat populer di kalangan para wisatawan.

5. Pantai Bubujung

pasir krisik tasikmalaya

  • Lokasi : Ciheras, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggiu)

Pantai ini sangat jarang dikunjungi oleh orang-orang, ntah karena jaraknya yang memang jauh dan juga tempatnya yang terisolir dan tidak terawat.

Padahal pantai ini memiliki potensi keidahan alam yang cukup mempesona, terdapat bebatuan yang besar tergeletak yang bisa dimaksimalkan untuk rekreasi dan olahraga mestinya.

Pemerintah sudah membuat wacana untuk membangun pantai ini agar terlihat semakin indah, namun ternyata sampai sekarang wacana tersebut berlum terealisasikan, alhasil pantaiinya pun hanya digunakan warga sekitar dengan cara alakadarnya. Walaupun demikian, menjelang libur lebaran tiba pantai ini tak jarang dikunjungi oleh banyak orang yang memang sengaja singgah ke pantai ini.

6. Pantai Cimanuk

Pantai Cimanuk

  • Lokasi : Cimanuk, Kalapagenep, Cikalong, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk :
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Jika biasanya pantai itu memilki hawa panas terik, namun beda halnya dengan Pantai Cimanuk yang satu ini. Sebab lokasi bibir pantainya serta persawahan dan perbukitan di kawasan pantai hanya dipisahkan dengan jalan raya sehingga Pantai Cimanuk memilki nuansa udara yang sejuk.

Pantai selatan ini termasuk pantai beruntung karena terselamatkan berkat pantai ini dijadikan sebagai kawasan konservasi penyu dengan surat keputusan Kementerian Lingkungan Hidup. Sedangkan pantai-pantai yang lain keasrian dan kenyamanannya telah terusik akibat adanya aktivitas penambangan pasir besi.

7. Pantai Pamayangsari

Pantai Pamayangsari

  • Lokasi : Desa Cikawungading, Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah, Tasikmalaya
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-17.00
  • Fasilitas : area parkir, toilet, area camping, penyewaan perahu

Pantai ini masih terletak di kawasan Sindangkerta. Suasana tenang dengan pemandangan biru laut lepas serta angin sepoi-sepoi akan menyambut anda langsung menyambut anda dengan ramah. Pantai ini juga berbatasan langsung dengan konservasi penyu hijau yang langka dan dilindung.

Tidak sampai disitu saja, keindahan pantainya juga didukung dengan air lautnya yang begitu jernih lengkap dengan hamparan pasir putih bersih menjadi khas yang nyaman untuk dipandang.

Uniknya lagi, setiap tahun dipantai ini akan diadakan ritual syukur laut yang ditandai dengan pelepasan jampana ke laut lepas tepatnya pada setiap awal bulan muharam tahun hijriyah. Dan puncak acara akan digelar upacara adat dengan menampilan kesenian daerah. Momen ini juga diharapkan akan menarik perhatian wisatawan domestik untuk melihatnya.

8. Curug Cihanjuang

Curug Cihanjuang

  • Lokasi : Desa Santana Mekar, Cisayong, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Selain pantai, Tasikmalaya juga menyimpan keindahan air terjun di dalamnya, salah satunya adalah Curug Cihanjuang.  Curug yang terletak di Desa Santana Mekar ini memang masih jarang dikunjungi banayk wisatawan, namun keindahan yang ditawarkan tak kalah indahnya dari curug lainnya.

Letaknya yang tersembunyi, menjadikan curug ini masih sangat terjaga kealamiannya. Curug ini memiliki dua kolam alami yang dapat digunakan untuk dijadikan tempat bersantai ataupun bermain air.

Pada tingkat pertama, kolam ini langsung berhadapan dengan air terjun sehingga anda dapat langsung merasakan jatuhnya air dari ketinggian air terjundan juga anda dapat berenang ataupun berendam di dalamnya. Sedangkan di tingakat kedua, kolamnya memilki kedalaman 1,5 meter dengan luas yang tergolong sempit sehingga hanya bisa digunakan untuk berendam saja.

Terletak dikawasan dataran membuat suasana di curug ini menjadi dingin dan sejuk. Ketenangan suasana juga membuat para wisatawan berah untuk berlama-lama  di tempat ini. Bagi anda yang ingin melepas penat dengan nuansa alam nan tenang, Curug Cihanjuang ini dapat menjadi alternatif liburan akhir pekan anda.

9. Curug Ciwatin

Curug Ciwatin

  • Lokasi : Nusawengi, Linggalaksana, Cikatomas, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, penginapan

Penamaan Ciwatin diperoleh dari aliran dari sungai ciwatin yang mengalir ke curug, sehingga curug ini diberi nama Curug Ciwatin.

Curug ini memiliki tipe Slide Waterfall, Horsetail Waterfall, serta Block Waterfall. Dindingnya cukup landai sehingga menjaga airnya tetap jatuh di dinding air terjun.

Jenis batu yang ada disini hampir seluruhnya berupa kerikil dan kerakal. Ketinggian curug yang terlalu tinggi, memudahkan anda untuk menaikinya, Hamparan pepohonan yang hijau juga semakin menambah kesan asri dari curug yang satu ini.

10. Curug Dengdeng

Curug Dengdeng

  • Lokasi : Cikatomas, Tawang, Pancatengah, Tawang, Pancatengah, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Curug ini mempunyai keistimewaan yaitu, memiliki tiga tingkat dengan ketinggian yang bervariasi. Tingkat paling atas mempunyai tinggi 9 meter, tingkat tengah dengan ketinggian 11 meter sedangkan tingkat paling bawah mempunyai ketinggian melebihi dua air terjun di atasnya yaitu 13 meter. Air yang turun dari curug ini akan bermuara di Sungai Cikembang.

Keadaan curug serta sekitarnya yang masih alami membuat anda menyatu dengan alam. Spot foto yang menarik juga terdapat disetiap sudut curug, sehingga anda akan kewalahan mengabadikan momen yang begitu luar biasa.

11. Curug Batu Blek

Curug Batu Blek

  • Lokasi : Santanamekar, Cisayong, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, penginapan

Objek wisata curug ini harus masuk dalam daftar wajib tujuan anda yang harus dikunjungi. Pesona keindahan alamnya yang tidak ada duanya membuat anda wajib singgah di curug yang satu ini.

Dinamakan curug batu blek sendiri sebab air yang tercurah dari atas batu besar yang mirip blek (kaleng kerupuk versi sunda) berbentuk persegi. Serta uniknya lagi, disekitar lokasi curug tersebut para pengunjung akan dimanjakan dengan suguhan kesenian tradisional sunda berupa calung. Hal ini agar pengunjung tambah kerasan berada sekitar lokasi wisata.

12. Curug Ciparay

Curug Ciparay

  • Lokasi : Terletak di Dusun Parentas, Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Propinsi Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 3.500
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : jalan setapak yang rapi, warung makan

Curug Ciparay juga memilki julukan lain yaitu Curug Kembar, sebab memiliki dua curug yang saling berdekatan. Curug ini tergolong memiliki debit air yang banyak. Sama seperti tempat wisata yang terbunyi lainnya, akses menuju ke curug ini pun tergolong ekstrem.

Tapi tidak usah khawatir, perjuangan anda akan terbayar setelah anda menjadi saksi akan keindahan alam yang ditawarkan. Jernihnya air terjun Curug Ciparay yang bening dan tidak pernah berhenti mengalir benar-benar psa dijadikan tempat untuk berenang, berfoto-foto, dan bersantai-santai.

Tak hanya itu, disini juga terdapat wisata lain yaitu pemandian air panas Ciparay Gunung Salak Endah. Pepohonan yang rindang membuat kesan asri yang kental akan membuat anda semakin nyaman berlama-lama untuk berendam di pemandian ini.

13. Curug Koja

Curug Koja

  • Lokasi : Linggalaksana, Cikatomas, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Destinasi wisata alam di Tasikmalaya memang tidak ada habisnya. Tak dapat dipungkiri, kehadiran media sosial juga berperan besar menjadi media informatif yang efektif atas tersebarnya objek wisata tersembunyi di Tasikmalaya selatan. Salah satunya ialah Curug Koja.

Curug Koja ini memiliki panorama alam yang begitu asri nan alami. Deretan batuan kapur yang muncul ke atas permukaan air juga semakin mempercantik objek wisata ini. Dan pastinya, gemerciknya air yang jatuh sangat mempesona dan menggoda para wisatawan agar cepat bernang atau hanya berselfie ria.

14. Curug Putih

Curug Putih

  • Lokasi : Sukamukti, Cisayong, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, penginapan

Akses menuju kawasan curug ini tergolong ribet karena mengharuskan anda untuk menyusuri selokan dan di teruskan dengan menyusuri sungai. Dari kampung Cipeuteuy dibutuhkan waktu 30 menit untuk sampai ke curug ini. Selain itu anda harus menuruni bukit dengan kemiringan hampir 50 derajar setelah itu baru menyusuri sungai.

Objek wisata ini sangat ramai dikunjungi saat liburan tiba atau pun libur akhir pekan tiba. Banyak wisatawan yang datang sekedar hanya untuk menikmati sajian panorama indah sembari melepas kepenatan setelah seminggu beraktivitas.

15. Curug Sawer Mandalamekar

Curug Sawer Mandalamekar

  • Lokasi : Mandalamekar, Jatiwaras, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Seperti objek wisata tersembunyi lainnya, akses menuju curug ini pun terbilang sulit untuk dilalui, sehinggamembutuhkan badan fit dan prima jika anda ingin berwisata di tempat ini.

Setibanya di Curug Sawer Mandalamekar lelah anda akan terbayar dengan pemandangan alam yang sangat memanjakan mata. Tumpukan batu-batu besar serta dikelilingi pepohonan rindang kian memberikan sentuhan aroma udara nan segar yang mampu menghilangkan kepenatan beraktivitas.

Namun sayang, potensi wisata alam yang luar biasa ini masih terabaikan. Potensi ini belum mendapatkan sentuhan maksimal dari Pemerintah Kab. Tasikmalaya.

Namun kedepannya, tokoh pemuda Desa Mandalamekar, Irman Meilandi berharap bahwa Pemerintah Kab. Tasikmalaya bisa mengoptimalkan potensi wisata Curug Sawer. Dengan demikian diharapkan mampu menjadi daya dongkrak ekonomi masyarakat di Desa Mandalamekar. Karena setiap harinya ada saja pengunjung yang datang ke Curug Sawer ini.

16. Curug Arjuna

Curug Arjuna

  • Lokasi : Santanamekar, Cisayong, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, penginapan

Sama seperti yang lain, lagi lagi akses untuk menuju ke curug ini sangat susah. Namun keindahan di dalamnya masih sangat terjaga dengan baik. Air yang dicurahkan pun masih sangat jernih dan segar. Susana sejuk dan aroma dari pegunungan juga membuat jiwa terasa tenang dan nyaman. Cocok bagi yang ingin merefreshkan diri karena penat dengan kehidupan perkotaan.

17. Curug Cileutak atau Leuwi Leutak

Curug Cileutak atau Leuwi Leutak

  • Lokasi : Sindangasih, Cikatomas, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, penginapan

Curug Cileutak ini memiliki ketinggian sekitar 10-15 meter dengan lebar sekitar 20 meter yang dialiri dari ungai Ciharuman yang berasal dari daerah perbukitan. Kondisi airnya juga sangat jernih dan dingin, namunketika musim hujan tiba airnya akan berubah sedikit kecoklatan.

Terdapat leuwi atau kolam alami di bawah air terjun yang ta begitu dalam dan aman untuk dijadikan tempat bersantai atau berenang.

Dinding air terjunnya pun cukup lebar hingga dapat dimasukan dalam kategori klasifikasi Block Waterfall yaitu air terjun dengan karaktersitik aliran sungai dan dinding air terjun yang cukup lebar. Tak hanya itu, Curug Cileutak juga dapat diklasifikasikan ke dalam tipe Horsetail dimana aliran air yang jatuh akan terus mempertahankan kontak dengan dinding air terjun secara terus menerus. Jadi sangat sayang untuk anda lewati.

18. Curug Gado Bangkong

Curug Gado Bangkong

  • Lokasi : Santanamekar, Cisayong, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Curug ini memiliki ketinggian yang mencapai 70 meter, hingga mmapu membuat embun diarea air terjun. Airnya yang jatuh juga langsung menuju ke kolam alami dan dapat anda gunakan sebagai tempat bersantai ataupun berenang.

Pemandangan yang disuguhkan pun terlihat sangat asri nan menawan, namun anda harus berhati-hati sebab adanya potensi bahaya seperti longsor, dan bergerakan bebatuan dapat terjadi disini.

Terlepas dari keindahan panoramanya, curug ini juga memilki cerita tentang asal muasal nama Curug Gado Bangkong ayng konon menurut mitos warga setempat di area sekitar curug ada mahluk halus berbentuk Bangkong (katak) raksasa sehingga curug ini disebut sebagai Curug Gado Bangkong.

Namun uniknya, disekitar curug ini tidak terdapat bangkong satu pun, sehingga akan membuat wisata anda semakin nyaman.

19. Curug Wayang

Curug Wayang

  • Lokasi : Santanamekar, Cisayong, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Ciri khas dari curug ini yaitu mempunayi air terjun dengan air jernih dan kolam yang tenang serta bisa anda jadikan sebagai tempat berenang yang sangat menarik. Objek wisata curug ini juga sangat ramai dikunjungi ketika liburan tiba, baik libur panjang maupun libur akhir pekan.

Memilki air yang segar dan jernih, serta rimbunya pepohonan di sekitar Obyek Wisata Curug Wayang di Santanamekar Tasikmalaya Jawa Barat ini membuat anda betah untuk berlama-lama karena suasana seperti ini tidak akan anda temukan di perrkotaan.

20. Curug Galunggung

Curug Galunggung

  • Lokasi : Linggajati, Sukaratu, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka :  24 jam (Senin-Minggu

Bagi anda yang menginginkan wisata air tapi bosen dengan pemandangan yang itu itu saja. Maka Curug Galunggung wajib untuk anda singgahi.

Psalnya, curug dengan ketinggian mencapai 80 meter ini merupakan hasil dari aliran kawah Gunung Galunggung yang menyajikan Rainbow Light, sebuah pesona lampu warna-warni yang hanya bisa dinikmati ketika hari beranjak gelap seperti senja dan menjelang fajar.

Kalau anda tau tentang Curug Pelangi yang ada di Bandung, curug ini pun memberikan pengalaman keindahan yang nyaris sama.

Walaupun memiliki debit air yang tidak begitu besar seperti Curup Pelangi, namun curug ini memilki keisitimewaan sendiri yaitu karena lokasinya masih dalam kawasan wisata Gunung Galunggung.

Artinya, selain menyajikan alami dan keindahan air terjun, ANda juga bisa langsung mengunjungi spot wisata lain yang masih berdekatan seperti Gardu Pandang, Kolam Air Panas, dan Wisata Kawah Galunggung. Wah, seru ya!

Selain itu, bagi anda yang suka selfie disini juga disediakan gardu pandang untuk mendukung kegiatan fotomu. Gardunya pun sangat menarik, karena dipasangi lampu warna-warn iagar wisatawan tidak hanya dapat berfoto siang hari, tetapi juga malam hari dengan pemandangan kerlip lampu kota Tasikmalaya dari ketinggian. Bahkan, tangga menuju wisata Kawah Gunung Galunggung pun dihias lampu indah sedemikian rupa.

21. Leuwi Citoe Pancatengah

Leuwi Citoe Pancatengah

  • Lokasi : Kampung Sukajaya, Desa Pangliaran, Kecamatan Pancatengah, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Karena keindahan dan keuniknan dari objek wisata yang satu ini, para warganet mulai mempromosikan tempat ini sehingga kepopuleran tempat ini semakin tersohor.

Menelusuri sungai plus pemandangan asri serta tempat yang nyaman untuk bersantai disinilah tempatnya. Dari aliran sungai, terdapat air terjun mini berwarna hijau bening lengkap dengan kolam air yang dangkal semakin membuat betah anda berlama-lama bersantai ditempat ini.

Bila Anda tertarik untuk mengikuti arah aliran sungai, Anda juga dapat menjumpai sejumlah goa alami. Karena pemandangan dan panorama yang masih sangat alami, tak heran kalau spot di Leuwi Citoe Pancatengah ini juga instagrammable banget!

22. Tonjong Canyon

Tonjong Canyon

  • Lokasi : Desa Nagrog, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 10.000 – Rp 20.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, MCK, musholla, penginapan atau homestay

Tanjong Canyon meruapakan surga tersembunyi yang ada di Tasikmalaya. Mempunyai keindahan alam yang sangat menakjubkan, namun sangat disayngkan karena pemkab Tasikmalaya kurang memberikan perhatian terhadap objek wisata yang satu ini.

Tonjong Canyon ini dilintasi oleh sungai yang berwarna hijau bening dengan panjang mencapai 60 meter dan lebar 30 meter lengkap dengan tebing berbatu berwarna kecokelatan, sehingga aman untuk dijadikan sebagai tempat berenang hingga hilir.

Bagi anda pecinta adrenalin, anda dapat melompat dari sisi tebing ke permukaan air, dijamin akan memberikan rasa puas jiwa adrenalin anda.

Selain itu pesona keindahan alamnya dibalur dengan air yang sangat jernih ini memang sangat sayang untuk anda lewatkan. Jadi apabila anda datang ke Tasikmalaya, tak ada salahnya untuk singgah ke tempat wisata yang satu ini.

23. Batu Paraga (Paraga Stone) Salopa

Batu Paraga (Paraga Stone) Salopa

  • Lokasi : Desa Karyamandala, Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tempat wisata yang satu ini masih terbilang masih belum tersentuh oleh peradaban manusia. Mungkin bagi anda yang bosan dengan tempat wisata yang itu itu saja, tempat yang unik ini bisa menjadi alternatif liburan anda untuk menyaksikan keindahan bukit, ngarai sekaligus aliran sungai yang tersembunyi.

Karena wisata yang masih sangat alami, jika anda beruntung anda dapat menjumpai satwa liar seperti monyet ekor panjang berkeliaran di sekitar tempat ini!

Eitss, keindahannya yang ditawarkan bukan cuma itu saja, istimewanya dari tempat ini ialah adanya pemandangan bukit yang terbentuk dari balok-balok bebatuan dengan formasi yang amat unik dan artistik. Serta dibawahnya terdapat aliran sungai yang cukup deras mengalir menambah keeksotikan tempat ini.

Meski demikian, bagi anda yang ingin berenang diwajibkan untuk selalau berhati-hati pasalnya kedalaman air di lokasi ini mencapai tujuh meter. Jika anda tidak mau basah-basahan, anda juga dapat berselfie ria dengan latar belakang ngarai yang eksotis, atau hanya sekedar hanya duduk-duduk diatas batu sembari menikmati keindahan alam di sekitarnya.

24. Goa Malawang

goa malawang

  • Lokasi : Kampung Wangunwati, Desa Sukawangun, Kecamatan Karangnunggal
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : Rp 5.000

Masyarakat sekitar Goa Malawang menyebut gua ini dengan berbagai nama, diantaranya adalah Batu Masigit, Keraton, Oyod, dan Gorin. Yang menarik dari gua ini adalah letaknya berada di tengah-tengah perkebunana dengan berbentuk ekumpulan goa dan ceruk.

Para arkeologis berhasil menemukan 13 buah pecahan gerabah kuna yang langsung diteliti oleh Balai Arkeologi Bandung. Temuan tersebut diantaranya berupa fragmen gerabah, fragmen keramik, alat batu berupa perkutor dan kapak batu, dan tulang-tulang binatang. Selain itu ada juga penemuam berupa tulang-tulang binatang zaman dulu, alat-alat batu kapak serta masih banyak lagi.

25. Kebun Teh Taraju

tempat wisata di singaparna

  • Lokasi : JL. Raya Taraju desa Deudeul, kecamatan Singaparna
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Destinasi wisata di Tasikmalaya yang tidak boleh anda lewatkan adalah Kebun Teh Taraju. Kebun ini memiliki luas sekitar 2.062 hektar yang dimana meliputi 1.329 hekatar milik rakyat dan 732 hektar sebagai hal milik swasta.

Disini anda akan dimanjakan dengan eksotisme pemandangan perbukitan teh yang mampu membuat mata sagar dan nyaman. Tak hanya itu, pemandangan disini juga di dukung dengan adanya panorama gunung Cikuray di sebelah barat perkebunan yang semakin menambah keindahan areal perkebunan.

Selain pemandangan yang keren abis, para pengunjung juga dapat langsung menyantap olahan teh yang segar karena dipetik langsung dari kebunnya.

26. Kampung Naga Tasikmalaya

Kampung Naga Tasikmalaya

  • Lokasi : Neglasari, Salawu, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-18.00

Kampung Naga ini menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang ada di kota Tasikmalaya karena kampung ini masih memegang teguh budaya serta adat istiadat masyarakat setempat. Dengan berkunjung ke tempat ini, secara tidak langsung anda akan mengetahui seperti apa kehidupan budaya dan tradisi masyarakat Tasikmalaya.

Uniknya lagi, semua bangunan di kampung ini menghadap arah yang sama serta bentuk dan ukurannya pun serupa. Kampung ini juga terletak di tengah hutan, dan para wisatwan diharapkan agar menjaga sikap terhadap masyarakat sekitar karena kentalnya tradisi yang masih dijunjung.

Jika anda berniat liburan ke kota Tangerang, cari juga Tempat Wisata di Tangerang yang tak kalah bagus.

27. Gunung Galunggung Tasikmalaya

Gunung Galunggung Tasikmalaya

  • Lokasi : Linggawangi Leuwisari, Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 2.000 – Rp 6.500
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : kolam renang, pemandian air panas

Gunung Galunggung ini merupakan salah satu gunung berapi aktif yang ada di Indonesia yang sekaligus menjadi salah satu destinasi wisata favorit setelah meletus. Gunung ini menyuguhkan panorama yang menakjubkan berupa danau eksotis yang berada di puncak gunung.

Dan untuk menaklukan gunung ini pun dibutuhkan energi yang ekstra karena nantinya akan menaiki anak tangga yang jumlahnya ratusan. Meskipun melelahkan, semua itu akan terbayang ketika anda sampai di atas puncak, menikmati panorama alam semesta sembari berendam air panas memang memberikan pengalaman yang tidak akan terlupakan.

28. Curug Badak

Curug Badak

  • Lokasi : Sukamukti, Cisayong, Tasikmalaya, Jawa Bara
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Asal muasal penamaan curuh ini ialah konon katanya pada puluha tahun yang lalu, ada seekor badak dari gunung galunggung yang sering berada di daerah ini, namun sayangnya badak tersebut terjerembab dan tidak bisa melepaskan diri.

Badak tersebut pun di curug ini hingga maut menjemput. Dan terdapat cerita mistis yang dipercaya bahawa konon pada malam hari, badak ini sering memunculkan dirinya di areal curug. Namun ada juga yang berpendapat, bahwa batu-batu yang berada di sekiatr curug merupakan batu jelmaan dari sang badak tersebut.

Terlepas dari ceirta tersebut, curug ini memiliki panoraman yang amat indah. Disini anda akan disuguhkan dengan 2 buah air terjun besar dengan debit air yang tak terlalu deras namun cukup menyegarkan.

Jika anda ingin berenang, anda cukup mengikuti aliran arus air dan temukan kolam alami yang memiliki kedalaman hingga sedada orang dewasa. Panoramanya yang eksotis juga harus anda abadikan sebagai oleh-oleh dirumah.

29. Curug Patapaan

Curug Patapaan

  • Lokasi : Desa Santanamekar, Cisayong – Tasikmalaya
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Sedikit berberbeda dengan curug lainnya, curug ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan lebar kurang lebih 2,5 meter dan memiliki debit air yang cukup deras. Disekitar air terjun ini dikelilingi oleh tebing batu yang berwarna coklat, serta tak jarang ada juga tebing yang ditumbuhi oleh lumut dan tanaman merambat.

Curug ini belum dikenal oleh banayk orang, sehingga kealamiannya masih sangat terjaga, tak heran jika para pengunjung biasanya mengunjungi curug ini hanya untuk sekedar bersantai dan lari dari hiruk-pikuknya rutinitas harian.

30. Curug Gegebos

Curug Gegebos

  • Lokasi : Desa ciakar 3, Cisayong – Tasikmalaya
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tak banyak yang mengulas tentang keberadaan curug yang satu ini. Curug Gegebos ini memang belum terkenal karena keberadaanya yang tersembunyi serta akses jalan menuju lokasi yang terbilang susah. Namun ketika anda disni, anda akan disuguhkan dengan keindahan curug serta pemandangan sekitar yang rimbun nan sejuk.

Air terjun ini memiliki bentuk yang cukup unik karena, di bagian atasnya memiliki bentuk kotak tak beraturan sedangkan bagian tengah ke bawah memiliki bentuk persegi mulus.

Di bawahnya juga terdapat kolam alami yang bisa anda manfaatkan untuk bermain air atau bahkan mandi dan berenang, Suasananya yang sejuk dan menenangkan ini dijamin akan membuat anda betah untuk berlama-lama singgah.

31. Curug Teureup

Curug Teureup

  • Lokasi : Desa Santanamekar, Cisayong –Ttasikmalaya
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Masih dalam lokasi yang sama dengan Curug Gegebos, dikawasan ini juga memiliki curug lain yang tak kalah indah, curug itu adalah Curug Teureup.

Curug ini memang tak semegah Curug Gegebos, namun kesan alaminya sangatlah kenatal dibandingkan dengan Curug Gegebos, karena seluruh areal Curug Teureup dikelilingi denga pepohonan rimbun, sehingga sinar matahari terhalang oleh dedaunan yang ada di curug ini.

Bagi anda para pencinta alam, sepertinya curug yang satu ini bisa anda jadikan referensi untuk kegiatan berlibur anda selanjutnya.

32. Curug Cipinaha

Curug Cipinaha

  • Lokasi : Malatisuka, Gunungtanjung, Malatisuka, Gunungtanjung, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 2.000
  • Jam Buka : 06.00-17.30

Curug Cipinaha sering disebut juga dengan Curug Luhur. Curug ini selalu ramai setiap harinya karena tempat ini merupakan salah satu maskot wisata yang dimiliki oleh tasikmalaya, meskipun begitu untuk mencapai curug ini, akses jalannya tergolong sulit karena para wisatawan perlu berjalan kaki agar bisa sampai ke lokasi utama.

Sesampainya disini, anda akan disambut dengan sebuah kolam 2 tingkat. Kolam yang berada di atas memiliki diamater yang lebih besar dari kolam yang dibawah. Mengingat kolam di tingkat atas terkena curahan langsung dari Curug Cipinaha. Untuk anda yang hendak berenang, mungkin kedua kolam ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Panorama alamnya yang masih terlihat asri, serta suasananya yang sejuk akan dapat anda nikmati dengan leluasa ketika berada di kolam. Tak hanya itu, berbagai spot foto juga sangat bagus untuk diabadikan, terbukti dengan banyaknya photographer profesional yang berada di curug ini.

33. Curug Entep

Curug Entep

  • Lokasi : Desa Santanamekar, Cisayong –Ttasikmalaya
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Desa Santanamekar memang menyimpan banya curug di dalamnya salah satunya adalah Curug Entep. Seperti curug sebelumnya, memang curug yang berada di Desa Santanamekar ini sangatlah tersembunyi. Namun, karena itu, kealamian dari curug-curugnya sangat terjaga.

Di Curug Entep sendiri memiliki ketinggian 1-2 meter dengan debit yang tidak terlalu besar, namun memiliki kolam yang sangat lebar dan air yang sangat jernih, bahkan ketika anda disini anda dapat melihat berbagai macam benda di dasar kolam dengan jelas. Suasananya yang sejuk dan segar semakin menambah kenyamanan anda.

34. Curug Batu Niungan

Curug Batu Niungan

  • Lokasi : Desa Santanamekar, Cisayong –Ttasikmalaya
  • Tiket Masuk : Rp 8.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Lagi-lagi di Desa Santanamekar, Curug Batu Niungan ini memanglah masih sangat jarang dikunjungi oleh para wisatawan, untuk mencapainya pun butuh tenaga yang ekstra karena medan perjalannya yang cukup menantang.

Tapi sesampainya anda di kawasan curug ini, semua penat akan terbayarkan dengan panorama indah nan menakjubkan dari curug ini. Curug ini memiliki ketinggian mencapi 4 meter dan luas 2 meter dengan debit air yang sangat deras.

Kolam alami dibawahnya juga menampung air yang sangat jernih bewarna kebiruan. Anda dapat berenang disini sembari ditemani dengan suasana alam terbuka yang asik abis tentunya.

35. Curug Wayang

Curug Wayang

  • Lokasi : Desa Santanamekar, Cisayong –Tasikmalaya
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Ciri khas dari curug ini mempunayi air terjun dengan air yang jernih dan kolam yang tenang dan dapat anda jadikan sebagai tempat berenang yang sangat menarik. Tentunya panorama alam sekitar juga semakin mempercantik kondisi dari Curug Wayang.

36. Situ Gede

Situ Gede

  • Lokasi : Desa Linggajaya Kecamatan Mangkubumi Kabupaten Tasikmalaya
  • Tiket Masuk : Rp 2.000 (Anak-anak), Rp 4.000 (Dewasa), Rp 1.000 (Parkir Motor), Rp 2.500 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : gazebo terapung, taman, musholla, kamar mandi, jogging track, area parkir, perahu

Danau seluas 47 hektar ini memiliki pesona keindahan alam yang eksotis. Selain menjadi tempat wisata. Situ gede ini juga merupakan sumber air untuk irigasi lahan pertanian masyarakat sekitar danau. Dengan airnya yang selalu melimpah, kebutuhan pengairan bagi para petanipun selalu tercukupi.

Tak hanya itu, terdapat beberapa spot yang menjadi daya tarik, diantaranya adalah gazebo terapung, taman situ gede, hingga pulau kecil di tengah danau seluas 1 hektar yang salalu membuat penasaran para pengunjung.

Pulau kecil ini sendiri merupakan tempat tiga makam yang sampai sekarang tidak diketahui makam siapa. Bahkan masyarakat setempat percaya bahwa ketiga makam ini ada kaitan erat tentang terbentuknya danau ini. Tak hanya itu, pulau kecil ini juga menjadi tempat tinggal berbagai macam flora dan fauna di dalamya.

37. Teejay Waterpark

Teejay Waterpark

  • Lokasi : Tuguraja, Cihideung, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 20.000 (Weekdays) & Rp 30.000 (Weekend)
  • Jam Buka : 09.00-18.00

Mencari tempat rekreasi keluarga? Datang saja ke Teejay Waterpark. Tempat wisata yang satu ini sedikit berbeda dengan waterpark lainnya karena menyuguhkan satu keindahan pemandangan yang alami.

Ketika anda sampai di lokasi anda akan disambut dengan beberapa patung yang diatur dengan design yang unik sehingga anak-anak suka memandangnya. Pohon-pohon yang ditanam di sekitar ruang juga menaikkan sejuk situasi yang berada di sana.

Disini anda berserta keluarga dapat merasakan nuansa permainan air lengkap dengan wahana serta sarana di dalamnya. Satu wahana yang paling digemari para pengunjung adalah kolam ombak, karena kolam ini menyediakan enam type ombak yang berlainan dengan ketinggian menjangkau 170 cm ini demikian seru serta mengasyikkan.

Tak hanya itu, disini juga terdapat spot-spot foto menarik yang bisa anda jadikan sebagai latar belakang foto.

38. Taman Mangkubumi Indah

Taman Mangkubumi Indah

  • Lokasi : Jl. Jendral AH. Nasution KM. 7, Mangkubumi, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Fasilitas : kolam renang, panggung hiburan, hotel restoran, kantin, area bermain anak-anak, sepeda air, gazebo/saung botram, track ATP, playing fork, adventure area, water boom, mushola, gedung pertemuan, area parkir, penginapan

Taman Mangkubumi Indah merupakan salah satu objek wisata alam yang memiliki luas sekitar 6 hektar yang menyuguhkan hutan wisata yang sejuk dan asri sehingga menjadikan kita akan teerasa rileks saat berada di sini.

Tak hanya itu, di dalam objek wisata yang satu ini juga terdapat beberapa wahana seru, diantaranya adalah waterboom, restoran, panggung hiburan, area bermain anak, sepeda air, adventure area, ATV dan juga flying fox. Dijamin anda tidak akan bosan untuk menjelajahi berbagai sudut dari kawasan Taman Mangkubumi Indah ini.

39. Pemandian Air Panas Ciawi

tempat wisata di ciawi

  • Lokasi : Pamoyanan, Kadipaten, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00

Belribur di akhir pekan dengan berendam dikolam air panas kedengarannya sangat mengasikan. Selain segar juga dapat melancarkan peredaran darah, serta bermanfaat untuk mengatasi penyakit kulit.

Pemandian Air Panas Ciawi ini adalah jawabannya. Tak hanya air panasnya saja, disini juga terdapat restoran yang siap untuk memanjakan perut dan lidah anda. Badan rileks perut juga puas, lengkap bukan!

40. Waterboom Water Splash Indihiang

Waterboom Water Splash Indihiang

  • Lokasi : Jl. Brigjen Wasitakusuma, Sukamajukaler, Indihiang, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk :
    • Weekdays : Rp 20.000
    • Weekend : Rp 25.000
    • Holiday : Rp 25.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00
  • Fasilitas : kolam arus, kolam khusus balita, whirl pool, gazebo, wahana flying fox, permainan trampolin, ember tumpah, food court, ATV, point ball, toilet, ruang bilas dan ganti

Tempat wisata rekreasi kelaurga selanjutnya adalah Waterboom Water Splash Indihiang, waterpark ini berdiri sejak tahun 2009 dan dilengkapi dengan wahana permainan air yang asik dan menyenangkan. Bagi anda yang suka dengan wahana memacu adrenalin, tempat ini juga menyediakan wahana tersebut seperti ATV dan juga point ball yang bisa anda nikmati bersama keluarga tercinta.

41. Waterboom Maarif Garden

Waterboom Maarif Garden

  • Lokasi : Jalan Sukarindik Gunung Tujuh, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00
  • Fasilitas : Flying Fox, Odong – odong, Becak mini, bogel, terapi ikan, otopet, villa, terapi ikan atau fish spa

Waterpark terakhir yang ada di kota Tasikmalaya adalah Waterboom Maarif Garden. Waterpark yang satu ini bisa dibilang luar biasa murah. Karena hanya dengan membayar lima ribu rupiah, anda sudah bisa menikmati wahana air yang ada di waterboom ini.

Bisa juga dibilang, Waterboom Maarif Garden adalah tempat rekreasi keluarga dan wahana air termurah di Kota Tasikmalaya. Meskipun murah, jangan dipandang sebelahmata, karena wahana yang di dalamnya cukup lengkap dan siap untuk mengisi waktu libur anda bersama keluarga.

42. Rumah Batu

rumah batu

  • Lokasi : Cibatu, Karangnunggal, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Mencari tempat wisata yang unik dan berbeda dengan yang lain, rumah batu ini bisa anda jadikan alternatif kunjungan wisata anda. Untuk infomari nih guys, rumah ini dikerjakan dengan tangan berbakat dan telaten yang menghabiskan dana sekitar Rp. 30 juta rupiah ditambah 4 buah belincong, 250 buah pahat, 5 buah martil dan 2 buah linggis.

Karena tempat ini bermodalkan dana pribadi dan tidak ada campur tangan dari investor maupun pemerintah, maka tak heran jika masuk ke dalam rumah ini tidak dipungut biaya, tetapi disini terdapat kotak amal yang mana dananya akan disumbangkan untuk keperluan DKM Cintasari Pasirpongpok.

43. Curug Cimanintin

Curug Cimanintin

  • Lokasi : Tanjungsari, Salopa, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 06.00-17.00

Akses menuju lokasi air terjun ini sendiri berdekatan dengan pantai Karang Tawulan, jadi untuk menuju ke tempat ini anda harus menempuh jalanan berbatu dengan kendaraan bermotor dan dilanjutkan dengan jalan kaki menuju ke curug ini. Meskipun melakukan perjalanan yang melelahkan, semua akan terbayar setelah sampai ke lokasi air terjun karena mempunyai pemandangan yang indah dan kebersihanya pun masih terjaga.

44. Tutug Oncom Benhil

Tutug Oncom Benhil

  • Lokasi : Jl. Petir, Kahuripan, Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Harga  : Rp 5.000 – Rp 8.000
  • Jam Buka : 07.30-13.00

Setelah puas berwisata, kini saatnya memanjakan perut dan lidah anda menyantap  kuliner khas yang ada di Tasikmalaya salah satunya adalah Tutug Oncom. Makanan ini terbuat dari oncom yang dicampur dengan nasi.

Nasi Tutug Oncom Benhil memiliki rasa yang gurih, serta ada dua pilihan sambal yaitu ada sambal ijo dan sambal merah. Untuk anda yang suka pedas sambal ijo ini cocok sedangkan jika anda kurang menyukai pedas kamu bisa memilih sambal merah.

45. Nasi Cikur Teh Rena

Nasi Cikur Teh Rena

  • Lokasi : Jl. Panyerutan, Nagarawangi, Cihideung, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Harga : Rp 7.000
  • Jam Buka : 07.00 – (Sehabisnya)

Makanan khas Tasikmalaya yang akan alawisata rekomendasikan adalah Nasi Cikur. Dalam bahasa sunda, nasi cikur ini merupakan nasi yang terbuat dari bahan kencur. Dan nasi ini biasanya disajikan bersamaan dengan lauk pauk berupa tempe orek, ikan asin, dan suwiran telur dadar. Ketika anda berada di Tasikmalaya, wajib hukumnya untuk mencoba nasi cikur ini.

Selain terkenal dengan keunikannya, ternyata kota Tasikmalaya juga menyimpan berbagai wisata di dalamnya ya, mulai dari wisata alam, rekreasi, hingga kulinernya pun membuat kita semua penasaran untuk menelusurinya.

Namun satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Tasikmalaya, semoga bermanfaat. Happy Holiday!

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.