Kebun Raya Baturraden: Aktivitas & Harga Tiket Masuk 2022

Share
Comment 0 reply
Kebun Raya Baturraden: Aktivitas & Harga Tiket Masuk 2022
Loading...
Harga TiketRp10.000 - Rp25.000
Jam Buka08.00 - 16.00 WIB
No Telepon0281681822
AlamatJl. Pancurantujuh - Wanawisata Baturraden, Purwokerto, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, 53151

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menyimpan berbagai objek wisata yang menarik. Satu di antara objek wisata tersebut adalah Kebun Raya Baturraden yang letaknya di Banyumas.

Setelah adanya Kebun Raya Purwodadi yang ada di Jawa Timur dan Kebun Raya Cibodas di Jawa Barat, Kebun Raya Baturraden menjadi pelengkap adanya kebun raya di Pulau Jawa.

Dengan menerapkan konsep wahana konservasi pada tanaman, wahana edukasi, serta sebagai objek wisata Kebun Raya Baturraden ini ramai dikunjungi oleh pengunjung dari Jawa Tengah dan sekitarnya.

Kebun raya ini memiliki luas wilayah mencapai 143,5 hektare dan diresmikan pada 19 Desember 2015 lalu. Dari kunjungan yang dilakukan di Kebun Raya Baturraden ini para pengunjung bisa melihat serta mempelajari jenis – jenis tanaman yang tumbuh di Indonesia.

Tanaman tersebut di antaranya adalah Medical Garden, Paku, hamparan bunga, tanaman Liana, Pinus, Rasamala, Damar, beberapa jenis tanaman rotan, dan tanaman lainnya yang bisa tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Tanaman tersebut bertemakan tumbuhan Pegunungan Jawa.

Tak heran jika pengunjung bisa melihat tanaman yang tertanam di dalam ruangan, meski tidak boleh masuk di dalamnya para pengunjung bisa melihat dari luar dengan jelasnya.

Di dalam kebun raya yang satu ini terdapat juga bumi perkemahan yang sangat cocok untuk penggemar camping. Selain untuk wisata dan sarana edukasi, objek wisata ini digunakan pula sebagai konservasi ex situ untuk jenis flora di pegunungan Jawa.

Wahana

1. Telaga Sunyi

tiket masuk baturraden adventure forest

Sesuai dengan namanya ‘Sunyi’ telaga ini memang sunyi ditambah dengan bebatuan yang licin. Warnanya yang biru laut menambah indahnya telaga ini.

2. Telaga Pancuran Pitu

Buat para selebgram yang menginginkan foto dengan hasil sangat memukau dan instagramable harus mengunjungi wahana yang satu ini. Telaga yang untuk menikmati keindahannya saja harus menaiki tangga, pasti sangat indah nan elok dengan warna pepohonan yang hijau serta bebatuan yang kuning.\

Baca: Lokawisata Baturraden

3. Rumah Kaca

harga tiket kebun raya baturraden

Advertisement

Betapa bingungnya anda mencari jalan keluar jika sudah terlanjur memasuki wahana ini. Anda pasti bingung ketika dihadapkan dengan kaca – kaca yang dijejerkan secara apik. Tetapi sensasi inilah yang membuat para pengunjung penasaran.

4. Rumah Kompos

Kompos, memang barang yang dirasa bau, tetapi bukan kebun raya kalau tidak ada kompos di dalamnya. Terlebih lagi di Kebun Raya Baturraden ini kompos dibuatkan rumah tersendiri sebagai wahana yang edukatif.

5. Rumah Anggrek

Berbagai tanaman anggrek tersaji di sini. Anda bisa mengambi momen indah anda bersama keluarga di sini khususnya di rumah anggrek yang begitu indah nan warnanya yang menyegarkan mata.

Baca: Harga Tiket Museum De Mata Jogja

6. Wahana Permainan

Walaupun objek wisata ini berupa kebun raya tidak ada salahnya jika pengelola menghadirkan sebuah wahana permainan bagi anak- anak. Terdapat permainan jungkat – jungkit, ayunan, dan perosotan, serta permainan selayaknya di taman kanak – kanak.

7. Rumah Pohon

tiket terusan baturraden

Kebun Raya Baturaden juga memiliki rumah pohon yang sangat cocok untuk berswafoto dengan sanak saudara maupun rekan wisata. Rumah ini berada diatas pohon yang dibuat sedemikian rupa agar menarik dan dapat dijadikan tempat memandang area kebun dari ketinggian setinggi pohonnya.

Baca: Dream Land Water Park Ajibarang

Fasilitas

  1. Gazebo
  2. Toilet Umum
  3. Mushola
  4. Tempat Parkir Luas

Lokasi

Kebun Raya Baturraden ini berada di Jawa Tengah tepatnya di Jalan Pancuran Tujuh Wanawisata, Baturaden, Kemutug Lor, Banyumas, Jawa Tengah 53151.

Untuk mengakses lokasi yang strategis ini anda bisa melewati terminal atau stasiun dengan jarak sekitar 18 km. Dalam perjalanan anda bisa menjumpai The Village ataupun Small World. Setelah memasuki kawasan Baturaden anda bisa jalan lurus melewati terminal Baturaden dan sampai di lokawisata Baturaden, setelah itu beloklah ke kanan hingga menemui gerbang besar milik Kebun Raya Baturaden.

Baca: Jepara Ourland Park

Jam Operasional

Jam Operasional Kebun Raya Baturraden
HariJam Operasional
Senin – Jumat08.00 – 16.00 WIB
Sabtu dan MingguTUTUP
Libur NasionalTUTUP

Note :

Sebelum mengunjungi tempat wisata ini anda diharuskan mengetahui hari karena hari Sabtu, Minggu, dan Libur Nasioal ditutup.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Baturraden

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Baturraden
TiketKategoriHarga
Tiket MasukTiket UmumRp10.000
Tiket TerusanRp25.000
ParkirSepeda MotorRp2.000
MobilRp5.000
BusRp10.000

Note :

Harga tersebut diatas dapat berubah sesuai keadaan, terlebih lagi jika Bulan Juli – Agustus, dan Desember – Januari serta libur lebaran.

Tips Wisata

  1. Berliburlah dengan keluarga agar bisa menikmati liburan anda.
  2. Berhati – hati saat mengakses jalan menuju lokasi dikarenakan jalan yang berliku dan licin saat musim hujan.
  3. Jaga diri oke!
  4. Jangan merusak tanaman serta tumbuhan yang ada.
  5. Jangan membuang sampah disembarang tempat.
  6. Ikuti aturan yang ada dan jangan melanggarnya.

Sekian ulasan yang dapat disampaikan mengenai Kebun Raya Bogor, wahana, koleksi, lokasi, jam operasional, dan harga tiket masuk, serta beberapa tips untuk mempermudah kunjungan wisata anda. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih 🙂

X CLOSE
Advertisements
ADVERTISEMENT
X CLOSE
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.