Tempat Wisata di Bontang

Share
Comment 1 reply
Tempat Wisata di Bontang

Pernah mendengar sebelumnya apa itu Bontang? Nah kali ini alawisata akan membahas tentang tempat wisata yanga da di kota Bontang, sebelum itu yuk kenalan dulu dengan kota Bontang.

Bontang merupakan salah satu kota yang berada di provinsi Kalimantan Timur, berjarak 120 km dari kota Samarinda. Kota ini memang bukan kotayang terkenal, namun ternyata di kota ini terdapat tiga perusahaan besar yang berdiri yaitu Badak NGL (Gas Alam), Pupuk Kalimantan Timur, dan Indominco Mandiri (Batubara).

Selain itu, ternyata di kota Bonang juga menyimpan potensi wisata yang tak kalah menarik dari kota lain. Tak jarang banyak lokasi wisata yang memang belum dikenal oleh banyak orang namun memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan dijamin apa yang dimiliki oleh kota ini sudah cukup memikat hati anda sekalian.

Untuk anda yang berencana berlibur ke kota Bontang, kali ini alawisata akan membantu perjalanan anda dengan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata yang layak untuk anda kunjungi, yuk langsung simak baik-baik.

1. Pantai Marina

wisata bontang 2019

  • Lokasi : Satimpo, Bontang Selatan, Kota Bontang, Kalimantan Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : arena bermain, perahu untuk olahraga sailing

Yups mestinya kalian sudah pernah dengar tentang Pantai Marina, namun bukan pantai yang di Batam atau pun di Jawa, kali ini pantai ini berada di kota Bontang. Hanya saja, lokasi pantainya berada di dalam kawasan Marina PT Badak NGL, jadi bisa dikatakan lokasinya agak tersembunyi.

Walaupun lokasinya tersembunyi, namun keindahan pantainya tidak usah diragukan lagi. Pasirnya yang putih kontras dengan birunya air laut tentu menarik siapa saja yang melihatnya.

Sayangnya pantai ini masih menjadi polemik pasalnya belum di ketahui secara pasti apakah memang terbuka untuk umum atau tidak. Sebab, beberapa pengunjung dapat masuk ke area pantai karena memang memiliki rekan yang bertugas di PT Badak NGL.

Namun kalau anda tidak memilki keistimewaan tersebut, anda masih dapat menikmati keindahan pantai lewat Pelabuhaan Berbas Pantai atau dari Café Singapore.

Bila anda berkesempatan untuk memasuki kawasan pantai, anda akan mengetahui kenapa kawasan ini tidak sepenuhnya dibuka untuk umum, karena Marina PT Badak NGL adalah kawasan pertambangan migas, yang sebenarnya diperlukan perlengkapan safety terstandardisasi untuk memasuki kawasan ini, terutama area pabriknya.

2. Pulau Gusung

tempat nongkrong di bontang

  • Lokasi : Sebelah utara Bontang berjarak ± 6 mil laut
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pulau Gusung merupakan pulau berpenghuni yang memiliki sekitar 300 kepala keluarga dengan meta pencahariannya sebagai nelayan tradisional.

Untuk mencapai pulau ini, pengunjung bisa mengendarai speed boat selama 20 hingga 25 menit yang berada di Pelabuhan Loktuan, Pelabuhan Tanjung Limau, dan di Bontang Koala.

Selama di perjalanan para pengunjung akan disuguhkan dengan kilag atau pabrik pengolahan yang akan semakin menarik saat malam tiba, karena emarak cahya lampu- lampu neon yang digunakan untuk penerangan pabrik begitu indah untuk dipandang.

Sesampainya di Pulau, anda akan beristirahat di Posyandu yang memang biasa digunakan sebagai tempat peristirahatan para wisatawan sambil membakar ikan laut.

Selain itu, anda juga dapat bermain volly karena memang disana terdapat sebuah lapangan volly yang dibuat oleh LSM setempat untuk menunjang fasilitas pulau tersebut.

3. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah

  • Lokasi : Kota Bontang, Kalimantan Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Jika anda sedang berada di kota Bontang, maka wajib hukumnya ana singgah ke pulau yang satu ini. Pulau ini disebut-sebut sebagai surganya kota Bontang. Kepopulerannya pun tidak hanya bagi wisatawan domestik namun wisatawam mancanegara juga sering berkunjung ke pulau ini.

Ombaknya yang tenang lengkap dengan hamparan pasir putih yang bersih membuat siapa saja betah dibuatnya. Tak hanya itu, pemandangan bawah lautnya pun tidak usah diragukan lagi.

Asal muasal penamaan pulau ini konon dahulu ada sebuah kapal yang membawa beras dan berlabuh di pulau ini.

Karena takut berlayar karena ombak, maka muatannya pun dituraunkan di pulau ini, dan kemudian beras- beras tersebut diturunkan dan menjadi basah karena terkena ombak. Jadilah hal ini menjadi nama bagi pulau ini, yakni Beras Basah.

Ciri khas dari pulau ini ialah adanya mercusuar berwarna putih yang tak diketahui kapan asal-usul pembangunannya.

4. Teluk Kaba

Teluk Kaba

  • Lokasi : Sangkima Lama, Sangatta Sel., Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 09.00-17.00
  • Fasilitas : jajanan kuliner

Tempat wisata selanjutnya yang akan alawisata bahas adalah Teluk Kaba. Teluk ini merupakan bagian dari Taman Nasional Kutai.

Disini para pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan outdoor yang menarik seperti camping, snorkeling, mancing, dan juga trekking, serta juga ada kegiatan menjelajah hutan.

Jadi jika anda tertantang untuk hal diatas, tentunya Teluk ini harus menjadi destinasi wajib yang harus anda kunjungi.

5. Desa Selangan dan Tihi-Tihi

Desa Selangan dan Tihi-Tihi

  • Lokasi : Selatan Kota Bontang, tengah-tengah selat Makasar, Kalimantan Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Inginkeluar dari hiruk pikuk riuhnya kegiatan ibukota? Yuk liburan ke Desa Selangan dan Tihi-Tihi. Letaknya yang berada di tengah – tengah selat makassar ini sangat menarik dan sangat cocok untuk dijadikan tempat pelepas penat.

Selain itu, suasana yang tercipta pun tidak akan anda temui di perkotaan dan dijamin membuat anda enggan untuk beranjak dari tempat ini.

Hampir 95% penduduk asli setempat berprofesi sebagai nelayan, sehingga kita akan mudah menjumpai berbagai jenis rumput laut yang di budidayakan oleh masyarakat setempat.

Hasil panen rumput laut tersebut juga dijadikan sebagai sumber makanan pokok desa Selangan. Tak hanya itu, terkadang hasil panen rumput laut tersebut juga di jual bahkan sampai eksport ke luar negeri seperti jepang, china, korea selatan, dan lainnya.

6. Bontang Kuala

tempat wisata bontang kuala

  • Lokasi :Kota Bontang, Kalimantan Utara
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir

Meskipun bernama Kuala, naum ditempat ini anda tidak akan menjumpai binatang koala yang lucu dan imut itu. Bontang Kuala ini merupakan sebuah perkampungan yang terapung diatas air yang sangat rapi dan juga bersih.

Sangat disarankan ketika anda menyusuri tempat ini untuk berjalan kaki, karena pemandangan yang disuguhkan akan dapat memanjakan anda.

Tak hanya pemandangannya saja yang memanjakan, disini anda juga dimanjakan dengan berbagai kuliner khas Bontang yang bisa anda santap.

7. Pulau Kumala

Pulau Kumala

  • Lokasi : Jl P Kumala, Loa Ipuh, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Tiket Masuk : Rp 7.000 (Dewasa), Rp 5.000 (Anak-anak)
  • Jam Buka : 08.00-17.00 (WITA)
  • Fasilitas : Area parkir, penyewaan sepeda

Pulau ini memiliki luas 76 hektar lengkap dengan berbagai spot yang bakal memanjakan anda untuk berpuas-puas mengabadikan momen lewat gambar. Untuk sampai ke pulau ini anda dapat memanfaatkan kapal feri ataupun jembatan Repo-repo.

Disana anda dapat menjumpai patung lembuswana dimana patung yang menjadi ikon khas Kalimantan Timur. Tak hanya itu, ketika anda menuju ke bagain selatan pulau, anda akan menjumpai air mancur yang berdiri megah.

Saat anda menjelajahi pulau ini anda akan menemui banyak patung lembuswana. Terdapat juga bangunan singgasana raja yang berbentuk seperti pura. Uniknya lagi disini anda juga akan menjumpai ukiran batik khas Kalimantan Timur yang sangat menawan.

8. Taman Nasional Kutai (TNK)

Taman Nasional Kutai (TNK)

  • Lokasi : Bontang, Kalimantan Timur
  • Tiket Masuk :
  • Wisatawan Domestik Rp 10.000 (Weekdays) dan Rp 15.000 (Weekend & Holiday)
  • Wisatawan Mancanegara Rp 200.000 (Weekdays) dan Rp 300.000 (Weekend & Holiday)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Taman ini merupakan saah satu andalan wisata Kalimantan Timur yang sebagian besar atau mayoritas wilayahnya berada di Kabupaten Kutai Timur, lalu sebagian besar lagi berada di Kota Bontang.

Selain menjadi lokasi wisata, tempat ini juga menjadi tempat perkemahan, penelitian, dan juga pendidikan alam. Dengan luas mencapai 200 ribu hektar tentu saja hutan ini kaya akan flora dan fauna di dalamnya.

Uniknya lagi, jenis hewan atau satwa yang hidup di hutan ini di dominasi oleh orang utan dan sejenisnya, yaitu orang utan, bekantan, beruk, owa Kalimantan, kera ekor panjang, dan juga kukang.

9. Taman Cibodas

Taman Cibodas

  • Lokasi : Belimbing, Bontang Barat, Kota Bontang, Kalimantan Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Fasilitas : tempat bermain anak- anak, panggung tempat makan keluarga, tempat duduk yang bisa diputar, beberapa patung dari beberapa jenis binatang, dua buah benda yang dilestarikan yakni pesawat terbang dan juga speed boat.

Taman ini masih masuk dalam kawasan industri PT. Pupuk Kaltim yang akan diserbu saat hari libur tiba. Fasilitasnya yang lengkap dan menarik membuat taman ini selalu padat dikunjungi setiap harinya. Serta suasana yang sejuk semakin membuat nyaman para penunjung taman ini.

10. Taman Tanjung Laut

Taman Tanjung Laut

Lokasi : Jalan Jendral Soedirman No.69,Tj. Laut, Bontang Sel., Kota Bontang, Kalimantan Timur 75321, Tj. Laut, Bontang Sel., Kota Bontang, Kalimantan Timur

  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka :  24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : jungkat-jungkit, seluncuran, ayunan, jogging track, gazebo, WiFi gratis

Selain Taman Cibodas, kota Bontang juga memiliki wisata di ruang terbuka hijau lainnya yaitu Taman Tanjung Laut. Nama Tanjung Laut diambil dari keberadaan taman ini yang terletak di Kampung Taman Tanjung Laut.

Antusias warga setempat mengenai taman ini sangat sangat baik, bahkan setiap harinya taman ini selalu ramai di datangi oleh para pengunjung.

Fasilitasnya yang lengkap juga semakin membuat nyaman para pengunjung disini untuk sekedar bersantai atau pun bermain di areal taman.

Tujuan pembuatan taman ini memang untuk menjadikan Bontang sebagai smart city atau kota cerdas, jadi warga kota diedukasi untuk bisa menggunakan jaringan internet secara bijak.

Yuk cari juga Tempat Wisata di Batu yang tak kalah menarik dari kota Bontang.

11. Erau Pelas Benua, Guntung

Erau Pelas Benua, Guntung

  • Lokasi : Kota Bontang, Kalimantan Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Guntung merupakan salah satu daerah sakral yang berada di Kota Bontang, Kalimantan Timur. Daerah ini mempunyai penduduk yang mayoritas masyarakatnya berbatasan dengan Kutai Timur.

Erau Pelas ini ialah salah satu tempat wisata di Bontang yang menjadikan upacara tradisional menjadi obyek wisatanya. Erau atau Eroh mempunyai arti ramai atau penuh sukacita. Sedangkan Pelas sendiri memiliki arti membersihkan wilayah dari hal-hal yang negatif.

12. Melabuh Perahu

Melabuh Perahu

  • Lokasi : Kota Bontang, Kalimantan Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Melabuh perahu merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Bontang yang memiliki ciri khas yang sangat unik.

Melabuh Perahu ini merupakan upacara yang dilakukan dengan menggunakan miniatur kapal yang kemudian miniatur kapal tersebut dihanyutkan. Upacara ini sering diadakan menjelang bulan Mulud atau setelah musim panen. Tujuan utama dari perayaan upacara ini adalah untuk mengusir berbagai penyakit yang ada di desa ini.

13. Hutan Pinus Samboja

Hutan Pinus Samboja

Lokasi : Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

Tiket Masuk : –

Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Sepertinya untuk tempat wisata yang satu ini tidak banyak yang mengetahui keberadaanya sebab memang belum banyak orang yang membahas keberadaan si hutan pinus ini. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini akan menawarkan hamparan hutan dengan pohon pinus sejauh mata memandang.

Letaknya yang berada di pegunungan juga menciptakan suasana yang sangat segar dan sangat nyaman.

Pantas saja jika ada wisatawan yang datang kesini selalu betah untuk berlama-lama di dalamnya. Selain suasananya yang nyaman, berbagai sudut dari temapat wisata ini juga instagramable banget lho.

14. Museum Mulawarman

museum mulawarman

  • Lokasi : Jl. Tepian Pandan, Panji, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
  • Tiket Masuk :
    • Dewasa : Rp 2.500
    • Anak-anak : 1.000
  • Jam Buka : 08.30-16.00

Kalo tempat wisata yang satu ini tentunya menyimpan banyak sekali benda bersejarah di dalamnya. Disini, semua koleksi sangat dijaga dengan rapi dan terawat. Koleksi tersebut juga menjadi saksi bisu sejarah negeri Indonesia di masa lampau.

Bahkan, beberapa diantaranya ada yang pernah digunakan oleh Kesultanan seperti singgasana.

Koleksi benda bersejarah yang akan anda temukan disini diantaranya seperti arca, singgahsana, meja tamu beserta perlengkapannya yang merupakan peninggalan dari Kesultanan Bulungan, yupa, kalung yang bernama Kalung Uncal, serta kerajinan Suku Dayak Benuaq, Ulap Doyo.

15. Ladang Budaya Tenggarong

Ladang Budaya Tenggarong

  • Lokasi : Jl. H. Bachrin Seman No.RT.12, Mangkurawang, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
  • Tiket Masuk :
    • Dewasa : Rp 5.000
    • Anak-anak : 10.000
  • Jam Buka : 09.00-17.30
  • Fasilitas : flying fox, outbound, mini zoo

Eits tunggu dulu, tempat wisata ini nggak seseram yang dibayangkan lho.

Tempat wisata yang satu ini menawarkan berbagai wahana permainan ataupun outbond, jadi kalian dapat menghabiskan waktu bersama rekan dan keluarga untuk menikmati berbagai wahana tersebut. Asikkk.

Tak hanya itu saja, bahkan disini kalian dapat menjumpai mini zoo yang dimana kalian dapat langsung menikmati dan berinteraksi dengan beragam binatang endemik dari Pulau Borneo, beberapa diantaranya adalah Beruang Madu, Burung Enggang, Uwa-uwa, dan Burung Merak. Ayoo, tunggu apa lagi, bawa keluarga anda berlibur di tempat ini.

16. Masjid Agung Sultan Sulaiman

Masjid Agung Sultan Sulaiman

  • Lokasi : Jl. KH Dewantara, Panji, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Masjid Agung Sultan Sulaiman merupakan masjid terbesar yang ada di kota Tengarong. Berdiri megah di tengah-tengah kota membuat masjid ini banyak menjadi pilihan warga Tenggarong untuk melaksanakan ibadahnya.

Dengan adanya berbagai fasilitas yang disediakan, Masjid Agung Sultan Sulaiman ini kerap kali dijadikan sebagai tempat acara – acara penting, seperti tablik akbar sekota, ceramah dai kondang, sampai pelatihan haji.

17. CreativePark Tenggarong

CreativePark Tenggarong

  • Lokasi : Jalan K.H. Ahmad Muksin, Timbau, Kartanegara, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

CreativePark Tenggarong merupakan sebuah taman yang terletak di kawasan Tenggarong Kutai Kartanegara.Taman ini dibangun dengan menonjolkan sisi keratifitas serta keunikan.

Setiap sorenya taman ini selalu ramai dikunjungi para warga serta menjadi salah satu alternatif liburan keluarga. Taman ini juga sangat instagramable lho guys, sayang deh kalo tidak mampir nantinya.

18. Cafe Singapore

Cafe Singapore

  • Lokasi : Beras Basah, Tanjung Laut Indah, Bontang Selatan, Tj. Laut Indah, Bontang Sel., Kota Bontang, Kalimantan Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 04.00-22.00

Cafe Singapura merupakan sebuah cafe yang mempunyai patung Merlion Park yang sama persis dengan yang ada di Singapura yakni Patung Merliaon.

Letak Cafe Singapura yang berada di Tanjung Laut sangat memungkinkan pengunjungnya untuk dapat melihat suasana laut yang tenang sembari menikmati sore hari dengan hidangan makanan yang ada di Cafe Singapura. What incredible moment!

19. Masjid Jami’ Adji Amir Hasanoeddin

Masjid Jami’ Adji Amir Hasanoeddin

  • Lokasi : Panji, Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Salah satu bangunan tua nan bersejarah di kota Tenggarong ialah Masjid Jami’ Adji Amir Hasanoeddin atau Masjid Jami Hasanoeddin yang berada bersebelahan dengan Museum Mulawarman serta berseberangan langusng dengan Pendopo Bupati Kutai Kartanegara kini.

Awalnya, pada zaman Raja Adji Mahkota, masjid ini hanya berupa mushola kecil serta dibangun menjadi masjid berukuran besar di tahun 1930 pada saat Kerajaan Kutai diperintah oleh Sultan Adji Mohammad Parikesit ( 1920-1959 ).

Terlepas dari itu, masjid ini juga mempunyai berbagai koleksi bersejarah di dalamnya seperti Menara Masjid, Tiang Guru, Mimbar masjid, dan Sudut Mihrab masjid. Dan juga masjid ini di desain permanen bercorak rumah Adat Kalimantan Timur.

Atapnya berbentuk tumpang tiga dengan puncaknya berupa bentuk limas segi lima. Di setiap tingkatan ditandai dengan ventilasi yang jumlahnya bervariasi, bergantung pada besar kecilnya bangunan.

Dahulu, masjid ini mempunyai peran besar bagi masyarakat Tenggarong dan sekitarnya. Sebab mengandung nilai historis yang tak dapat dilupakan begitu saja oleh umat islam, masjid ini sudah ditetapkan sebagai salah satu masjid yang bersejarah di Indonesia.

20. Bukit Biru

wisata alam sejati 77 bontang

  • Lokasi : Kota Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 (Parkir Motor)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bukit Biru menjadi salah satu spot terbaik yang ada di Kalimantan Timur untuk menikmati senja. Tak heran jika anda menginjakan kaki disini akan banyak sekali menjumpai fotografer yang sedang mengabadikan momen mereka melalui gambar, foto, serta video ketika sedang menikmati panorama alam satu ini.

Dan juga bukit ini menjadi salah satu lokasi yang sangat menyenangkan untuk melakukan tracking apalagi buat kamu yang belum begitu berpengalaman dalam mendaki, sebab destinasi satu ini dapat menjadi ajang latihan mendaki buat kamu.

21. Taman Tata Surya

Taman Tata Surya

  • Lokasi : Kota Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
  • Tiket Masuk :
    • Dewasa : Rp 7.5000
    • Anak-anak : Rp 5.000 *dibawah 12 tahun
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Taman yang satu ini masuk kedalam kawasan Planetarium Jagad Raya di Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Kaltim yang sering menjadi tujuan wisata masyarakat kota Tengarong di saat hari libur tiba.

Sesuai dengan namanya, taman ini mempunyai eplika delapan planet dalam susunan tata surya beserta lintasan orbitnya. Selain itu di tempat wisata ini juga mempunyai ruangan teater dan pemutaran film edukasi tiga dimensi tanpa kaca mata lho. Tertarik mencoba?

22. Jam Bentong Tenggarong

Jam Bentong Tenggarong

  • Lokasi : Jl. Wolter Monginsidi No.16, Timbau, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-16.00 (Senin-Jum’at)

Jam Bentong merupakan salah satu ikon dari kota Tengarong yang dimana berfungsi sebagai pusat untuk mendapatkan informasi parawisata (Tenggarong Visitor Center) di kabupaten Kutai Kartanegara dan di dalamnya terdapat segala informasi mengenai pariwisata Kukar, berupa booklet, brosur, kalender event, berbagai macam objek wisata di kukar.

Selain itu, jam ini juga kerap kali dimanfaatkan oleh masyarakat kota raja sebagai tempat rekreasi, bersantai, piknik, atau pun berolahraga.

Jadi kesimpulanyya, jika anda berniat untuk menjelajahi lokasi-lokasi wisata yang ada di Kota Raja ada baik nya jika anda berkunjung ke Jam Bentong telebih dahulu sebab anda dapat mendapatkan berbagai macam informasi seputar Event, lokasi, dan lainnya serta wisata kota raja di sana.

Mungkin beberapa orang asing dengan Nama Kota Bontang, namun ternyata kota kecil ini memiliki tempat wisata yang sayang untuk anda lewati.

Sehingga tak ada salahnya jika kita sedang lewat atau singgah di kota satu ini, kita sempatkan untuk mengunjungi potensi wisata yang ada di dalamnya.

Satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Bontang, semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.