Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Subulussalam

3 min read

Tempat Wisata di Subulussalam

Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai tempat wisata di Kota Subulussalam. Sebelumnya mari kenalan dulu dengan kota ini, Kota Subulussalam merupakan salah satu kota yang berada di Aceh yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Singkil. Kota ini berada di perbatasan antara Aceh dan Sumatera Utara.

Seperti kota lainnya, Kota Subulussalam juga memilki potensi wisata yang tak kalah menarik dari tempat lainnya. Mulai dari wisata air terjun, arung jeram, jembatan, dan wisata lainnya dapat ditemukan di kota satu ini.

Nah untuk itu, yuk langsung aja kita simak baik-baik beberapa rekomendasi tempat wisata yang wajib anda kunjungi ketika berada di Kota Subulussalam.

1. Arung Jeram Lae Kombih

objek wisata di subulussalam

 

  • Lokasi : Kedabuhen, Kampong Jontor, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : –

Bagi anda para pencinta adrenalin, wisata yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan anda selanjutnya. Ya! arung jeram, Arung Jeram Lae Kombih dilakukan di di Sungai Sicike-cike, Desa Jambu Kabupaten Pakpak Bharat Sumut. Sungai ini memilki beberapa struktur yang berbeda, mulai dari struktur apitan tebing, struktur bebatuan dan sutruktur berpasir. Sungai ini juga membelah pegunungan yang ada di Kabupaten Pakpak Barat.

Hal unik lainnya yang hanya bisa anda jumpai di Lae Kombih adalah anda dapat menjumpai bunga bangkai yang berada di jembatan Lae KOmbih yang dimana menjadi lokasi akhir atau finish dari arung jeram. Tepatnya berada di tepian alur sungai Lae Kombih di Desa Pelayangan.

2. Air Terjun SKPC

Air Terjun SKPC

  • Lokasi : Desa Penuntungan, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : masjid, area parkir, tempat makan

Air terjun ini desebut sebut menjadi salah satu tempat wisata tujuan utama ketika berada di daerah Kota Subulussalam. Nama air terjun ini diambil dari nama daerah kawasan transmigrasi Satuan Kawasan Pemukiman (SKP-C). Keunikan dari air terjun ini adalah air terjun ini dijelajahi mulai dari atas ke bawah, berbeda dengan air terjun lain yang biasanya dijelajahi dari bawah ke atas. Air yang dimiliki air terjun ini pun sangat jernih dan segar, ditemani dengan bebatuan besar yang semakin mempercantik air terjun dan sungai disekelilingnya. Air terjun ini juga dikelilingi perkebunan kelapa sawit dan salak pondoh milik masyarakat transmigran setempat.

3. Wisata Alam Panuntungan

Wisata Alam Penuntungan

  • Lokasi : Jalan Raya Subulussalam Penanggalan, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bagi anda yang ingin liburan keluarga, Wisata Alam Panuntungan sangat cocok untuk menjadi salah satu tujuan berlibur anda. Karena airnya yang bersih serta suasana yang masih alami dengan pepohonan rindang menjadikan udara yang kita hirup sangat baik untuk kesehatan keluarga.

Jika anda juga pergi ke Banjarbaru, kunjungi juga Tempat Wisata di Banjarbaru yang tak kalah bagus.

4. Air Terjun Kedabuhan

air terjun kedabuhan kota subulussalam aceh

  • Lokasi : Lae Ikan, Penanggalan, Kota Subulussalam, Aceh
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka: 24 jam (Senin-Minggu)

Air terjun ini memiliki debit air yang besar, sehingga membuat seolah olah wisatawan lupa akan bisingnya ibukota karena telah terganti oleh suara gemerciknya air yang jatuh. Selain itu kawasan ini juga masih terliaht asri yang membuat badan betah berlama-lama di tempat ini.

Lokasi air terjun ini pernah dijadikan sebagai tempat arung jeram, sehingga air terjun ini sangat berpotensi untuk menambah potensi wisatanya seperti arung jeram dan trekking.

5. Irigasi Sungai Namo Buaya

Irigasi Sungai Namo Buaya

  • Lokasi : Desa Namo Buaya, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam, Provinsi Aceh
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : penyewaan alat bantu berenang

Kenapa namanya Irigas? Ya! Karena pada jaman dahulu masyarakat menggunakan Sungai Namo Buaya untuk menyirami kebun mereka dari air peririgasian ini., sebab itu dinamakan irigas. Namun sekarang sungai ini sudah tidak dijadiakn sebagai peririgasian masyarakat setempat, sehingga tempat ini disulap oleh pemerintah menajdi salah satu potensi wisata Kota Subulussalam. Sungai ini memiliki air yang sangat jernih bak air aqua yang memiliki suhu dingin. Selain itu debit air yang tergolong sedang dengan ditemani pepohonan yang ada di sekitar sungai juga menambah kesan alami dan kesegaran udara yang ada disana.

6. Air Terjun Silangit-langit

Air Terjun Silangit-langit

  • Lokasi : Singgersing, Sultan Daulat, Kota Subulussalam, Aceh
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tempat wisata tersembunyi yang satu ini belum diketahui oleh banyak orang serta belum dikunjungi banyak orang. Sehingga menjadikan air terjun ini masih sangat terlihat alami dan bersih. Air terjun ini di apit oleh pegunungan dan bebatuan. Selain itu, tentunya dikelilingi hutan murni yang menjalar bak mahkota yang sungguh indah!

7. Air Terjun Tungan

Air Terjun Tungan subulussalam

  • Lokasi : Penuntungan, Penanggalan, Kota Subulussalam, Aceh
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Air terjun ini juga slah satu air terjun yang tidak diketahui banyak orang, dan masih asing untuk didengar. Namun karena tempatnya yang tersembunyi ini menjadikan air terjun ini terliaht masih sangat asri dan terjaga kealamiannya.

Mungkin beberapa orang asing dengan Nama Kota Salubussalam, namun ternyata kota kecil ini memiliki tempat wisata yang sayang untuk anda lewati. Sehingga tak ada salahnya jika kita sedang lewat atau singgah di kota satu ini, kita sempatkan untuk mengunjungi potensi wisata yang ada di dalamnya.

Satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Salubussalam, semoga bermanfaat.

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Bontang

Dwi Okta
9 min read

Tempat Wisata di Batu

Dwi Okta
16 min read

Tempat Wisata di Sabang

Dwi Okta
16 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *