Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Tangerang

19 min read

Tempat Wisata di Tangerang

Tangerang merupakan sebuah kota yang terletak di Tatar Pasundan Provinsi Banten, tepat berada di sebelah barat ibukota negara Indonesia yaitu Jakarta. Dan kali ini alawisata akan membahas tentang tempat wisata yang ada di kota Tangerang.

Lalu ada apa dengan kota Tangerang? Mesti kebanyakan orang sudah tidak asing dengan kota yang satu ini. , walaupun hanya sekedar tau tentang bandara yang ada disana.

Meskipun di Tangerang sendiri juga terkenal dengan berbagai macam gedung pencakar langitnya, tapi jangan salah, kota ini juga menyimpan beribu lokasi wisata yang menarik tentunya. Mulai dari wisata alam, sejarah, hingga wahana unik nan menarik ada di kota modern yang satu ini.

Nah, untuk mempermudah perjalanan liburan anda, alawisata akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di kota Tangerang yang tentunya bisa anda kunjungi besera pasangan dan juga keluarga anda di akhir pekan. Yuk langsung simak baik-baik.

1. Situ Cipondoh

tempat wisata di tangerang 2019

  • Lokasi : Jl. Kh. Hasim Ashari, Cipondoh, Kota Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 07.30-21.30 (Weekdays), 08.15-20.00 (Weekend)

Refreshing tentu dibutukan untuk setiap orang, mulai dari anak-anak, hingga orang dewasa. Nah untuk kalian yang menginginkan liburan akhir pekan dengan suasana alam yang cukup untuk mengurangi kepenatan, Situ Cipondoh bisa anda jadikan alternatif liburan akhir pekan anda.

Disini anda sekeluarga dapat melihat hamparan air danau yang cukup luas, dan juga terdapat wisata air yang menarik juga tentunya.

Anda dapat menyewa perahu kano yang memang tersedia disana, dan mulai untuk menyusuri danau. Banyaknya peopohonan yang tumbuh diseitar danau semakin mempercantik keindahan danau ini.

Lelah mengayuh perahu kano, anda langsung bisa menyantap kuliner yang tersedia di tepi danau. Mulai dari minuman, makanan ringan, hingga makanan berat bisa anda jumpai disana. Jadi tunggu apa lagi, segeralah bersiap memboyong keluarga anda untuk menikmati akhir pekan anda dengan beribur di Situ Cipondoh.

2. Pantai Tanjung Pasir

tempat instagramable di tangerang

  • Lokasi : Tj. Pasir, Teluknaga, Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : Rp 15.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Fasilitas : WC, masjid, area parkir, warung makan, transportasi kapal motor untuk menyebrang ke Kepulauan Seribu, penyewaan payung, watersport

Destinasi wisata yang layak untuk anda kunjungi ketika berada di Tangerang selanjutnya adalah Pantai Tanjung Pasir. Pantai ini dikelolah oleh TNI AL, jadi tak heran jika saat pertama kali anda memasuki pantai ini anda akan menjumpai tulisan Posal TNI AL.

Pantai ini menawarkan pemandangan yang cukup mempesona. Di kawasan ini juga pengunjung akan melewati beberapa pulau yang berpenghuni maupun tidak, sehingga banyak wisatawan dari luar daerah yang ingin menyambangi Pantai Tanjung Pasir karena kondisinya yang masih alami.

Uniknya lagi, karena lokasi pantai ini tidak jauh dari bandar udara Soekarno-Hatta maka pengunjung dapat melihat pesawat saat take off dan landing berlangsung.

3. Pantai Tanjung Burung

tempat wisata di tigaraksa

  • Lokasi : Tj. Pasir, Teluknaga, Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : 4 kolam pemancingan, area parkir

Pantai selanjutnya yang berada di Tangerang yaitu Pantai Tanjung Burung . Di pantai ini wisatawan dapat emlihat pemandangan laut yang cukup indah. Namun sangat disayangkan, beberapa wisatawan mengluhkan adanya sampah yang bercecer diarea pasir, sampah ini berasal dari limbah warga di kawasan Jakarta yang hanyut dan sampai di pantai ini.

Saat ini, pemerintah terus melakukan pembersiahan pantai agar tidak mengurangi pesona keindahan dari Pantai Tanjung Burung sendiri.

Namun jangan khawatir, bagi anda yang hobi memancing, di Pantai Tanjung Burung  ini juga terdapat Pemancingan Mangrove dengan luas lahan sekitar 20 hektar yang bisa anda nikmati sembari bersantai di pinggir Pantai Tanjung Burung ini.

4. Pantai Tanjung Kait

Pantai Tanjung Kait

  • Lokasi : Jalan Naval Radar Station Tanjung Kait, Mauk, Ketapang, Tj. Anom, Mauk, Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : toilet, musholla, area parkir, tempat istirahat, rumah makan panggung, spot memancing,

Meskipun Tangerang terkenal akan gedung pencakar langit yang tersebar disetiap sudut kotanya. Ternyata Tangerang juga menyimpan pantai indah nan eksotis salah satunya adalah Pantai Tanjung Kait.

Pantai yang terletak di tanjung Anom ini sangat sayang anda lewatkan jika anda Berada di Tangerang. Karena pesona keindahan pantinya tidak akan anda temukan di pantai lainnya yang juga berada di kawasan Banten dan sekitarnya.

Saat anda sampai dipantai ini anda akan disambut dengan pemandangan area yang sangat indah lengkap dengan hawa pantainya yang segar diiringi dengan udaranya yang sepoi sepoi membisik telinga.

Uniknya pantai ini memiliki rumah makan panggung yang sangat dekat dengan laut karena posisinya yang menjorok langsung ke arah laut. Disana anda dapat menyantap kuliner yang dijajakan atau bekal yang sudah anda siapkan sembari menikmati keindahan pantai yang ramai perahu-perahu nelayan yang menghiasi bibir pantai.

Pantai ini memang tidak memiliki air laut yang jernih serta pasir putih yang lembut, namun di pantai ini anda dapat memancing ikan serta mengolahnya untuk bakar-bakaran dengan teman-teman maupun keluarganya.

5. Pulau Cangkir

Pulau Cangkir

  • Lokasi : Desa Kronjo, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten
  • Tiket Masuk : Rp 6.000 per orang, Rp 3.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : kamar mandi, musholla, tempat istirahat, warung makan, toko souvenir

Sesudah Banten pisah dari Jawa Barat dan mendirikan provinsi sendiri. Banten menawarkan berbagai wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata unggulan yang ada di Provinsi Banten ini, tepatnya di kota Tangerang adalah Pulau Cangkir.

Pulau ini merupakan salah satu destinasi ziarah yang ada di Tangerang karena terdapat makan salah seorang ulama di dalamnya.

Pulau ini menawarkan keindahan yang cukup memukau dengan pasir putih nan lembut dan air lautnya yang biru. Ombaknya yang cukup tinggi juga memungkinkan para wisatawan untuk melakukan kegiatan surfing. Selain itu, wisatawan juga dapat melakukan penyelaman dan snorkeling, meski pemandangan yang diperoleh tidak sebagus di Kepulauan Seribu.

Nah untuk nama pulaunya sendiri diambil dari bentuk pulaunya yang menyerupai gelas. Gelas? iya benar gelas, bukan cangkir, tapi entah kenapa pulau ini dinamakan Pulau Cangkir, bukan Pulau Gelas. Mungkin orang-orang jaman dulu lebih akrab menyebut alat minum tersebut dengan cangkir sehingga pulau ini diberi nama Pulau Cangkir.

6. Kandang Godzilla, Tebing Koja

Kandang Godzilla, Tebing Koja

  • Lokasi : Desa Cikuya, Solear, Tangerang
  • Tiket Masuk : Rp2.000 per orang
  • Jam Buka : 07.00-18.00

Anda mungkin merupakan penggemar film serial Godzilla atau kadal raksasa, namun pernakah kalian berpikir untuk masuk ke dalam kandang kadal raksasa tersebut? Ya! tentu kalian dapat memasuki kandang godzilla ini yang berada di kota Tangerang.

Tidak usah ragu, ini bukanlah kandang sungguhan yang memiliki banyak kadal raksasa didalamnya, melainkan tempat wisata alam yang dipenuhi oleh susunan batu tebing nan kokoh tercecer dimana-mana serta hijau pohon di sana-sini.

Tebing Toja namanya, memang terlihat artistik sekali tempat ini. Perpaduan antara bebatuan tebing nan curam serta liukan sungai dan hijaunya sawah yang semakin menarik untuk didatangi.

Bagi anda para instagramable, tempat ini menawarkan beberapa spot foto menarik yang wajib untuk diabadikan dan dijamin akan menambah koleksi feed instagram anda.

7. Telaga Biru Cisoka

Telaga Biru Cisoka

  • Lokasi : Jalan Cigaru Cisoka, Cisoka, Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 10.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 06.00-18.00

Nama telaga ini diambil sebab adanya penampakan air telaga yang berwarna biru dan juga kadang berubah menjadi bening serta kekuning-kuningan. Sebelumnya warga setempat tidak terlalu memperdulikan adanya telaga tersebut, namun pada tahun 2015 lalu tepatnya saat kemarau melanda, air dari telaga tersebut berubah menjadi warna biru yang langsung menarik perhatian warga.

Menurut informasi, telaga ini merupakan bekas area pertambangan pasir yang sudah beroperasi hingga sekarang.

Nama Telaga Biru Cisoka semakin tersohor sejak netizen mengunggah keindahan Telaga Biru Cisoka di media sosial. Birunya air yang tenang dan berpadu dengan kerasnya perbukitan kapur serta area sawah ladang menjadikan tempat yang satu ini pas dijadikan sebagai tempat bersantai, meditasi, dan olahraga.

Jika anda merasa lelah ketika menyusuri tempat ini, jangan khawatir karena ditempat ini juga menyewakan perahu untuk menyusuri telaga dan anda hanya perlu merogoh kocek Rp 20.000 saja.

Hamparan padang hijau serta deretan sawah semakin menambah kesan asri dan menjadi momen pas para pecinta dan petualang alam.

8. Taman Bambu (Bamboo Park)

taman bambu (bamboo park)

  • Lokasi : Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-22.00
  • Fasilitas : tempat parkir, toilet

Taman Bambu (Bamboo Park) ini merupakan salah satu sektor pariwisata baru yang dibangun oleh pemerintah Kota Tangerang beberapa waktu lalu.

Wisata ini mengusung tema bambu sebagai dasar pembuatan taman yang hampir keseluruhan benda yang ada di dalamnya terbuat dari bambu. Konsep dari taman ini menurut Bapak Tihar Sopian selaku Kepala bidang Pertamanan DKP Kota Tangerang adalah “eduwisata”. Sehingga pengunjung dapat mempelajari pasal jenis dan nilai ekonomis dari bambu.

Daya tarik lainnya yaitu hiasan lampion yang terbuat dari bambu yang dipasang diseluruh area taman. Keindahan taman ini juga akan semakin terlihat disaat malam tiba, dimana para lampion akan memberikan cahaya kuning bak bintang diatas kepala.

Bagi anda para instagramable tampat ini merupakan tempat yang wajib anda kunjungi, disini anda dapat berfoto dan berselfie ria sepuasnya dengan background bambu dan ornamen-ornamen yang terbuat dari bahan bambu. Dijamin akan mempercantik feed instagram anda.

9. Kandank Jurank Doank

Kandank Jurank Doank

  • Lokasi : Kompleks Alvita Blok Q No. 14, Sawah Baru, Ciputat, Sawah Lama, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten
  • Tiket Masuk : Rp 135.000
  • Jam Buka : 08.00-16.00 (Senin-Minggu)

Pada awalnya KJD ini dibangun untuk sekolah alam bagi anak-anak kampung sekitar oleh artis dan seniman Dik Doank pada tahun 1993. Namun seiring berjalannya waktu, Kandank Jurank Doank berkembang menjadi tempat wisata yang sangat mengasikan.

Suasana nyaman yang ddiciptakan  didukung dengan udara yang sejuk, belum ada polusi, nyaman, sangat “hijau” dan dikelilingi sawah-sawah yang menghampar membuat pengnjung betah berlama-lama ditempat ini.

Disini juga terdapat berbagai sarana olahraga. Mulai dari lapangan basket, permainan bola, outbond, wall climbing, sampai dengan flying fox ada di tempat ini. Selain itu juga ada beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti panggung, studio, ruang multimedia, kolam ikan, perpustakaan dan arena bermain.

Ada juga tempat belajar dan bermain di KJD ini yaitu Museum Kandank Jurank Doank, di dalamnya banyak menyimpan  sejarah kehidupan dari sang seniman Dik Doang dan hasil karya dari Dik Doang seperti lukisan, foto, dan juga barang-barang yang bernilai sejarah tinggi.

10. Situ Bulakan

Situ Bulakan

  • Lokasi : Jl. Villa Mutiara Pluit, Periuk, Kota Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu0

Situ Bulakan merupakan sebuah danau yang terletak di tiga kelurahan sekaligus yaitu Kelurahan Periuk, Kelurahan Gembor, dan Kelurahan Kutajaya. Ketiganya berada di bawah wilayah administratif Kecamatan Periuk, Kota Tangerang.

Dahulunya Situ Bulakan merupakan sebuah rawa yang dipenuhi eceng gondok disekitarnya. Namun pada tahun 2007, danau ini direvitalisasi oleh pemerintah Banten menjadi salah satu lokasi wisata alam sekaligus menjadi tendon air.

Saat ini Situ Bulakan menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat Tangerang dan sekitarnya. Selain biayanya murah, akses jalanya pun mudah untuk dijangkau.

Pengelola danau bahkan telah menyediakan beberapa penujunang wisata seperti jet ski dan flying fox yang siap untuk menghibur anda. Selain itu pengunjung juga dapat memancing atau hanya sekedar menikmati pemandangan alamnya saja.

11. Situ Cihuni

Situ Cihuni

  • Lokasi : Desa Cihuni, Kecamatan Pagedangan, Kabuapaten Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, tempat istirahat, rumah makan, wahana permainan, saung bambu

Jika anda berada di Tangerang, Banten anda wajib mengunjungi danau yang satu ini. Disini anda akan disambut dengan suasana tenang dan panorama danau yang indah.

Bagi yang suka memancing, danau ini akan memanjakan rasa haus anda akan tarikan kail ikan yang mencoba menyantap sang umpan. Dan tak perlu khawatir kantong akan terkuras, karena aktivitas memancing di danau ini gratis!

Selain itu anda juga dapat menikmati hidangan sunda dipinggir danau tempatnya dengan restoran apung yang menyajikan menu gurame bakar, oncom goreng leunca, otak-otak, dan nasi timbel yang dijamin akan memanjakan lidah dan perut anda.

Selain itu para wisatawan juga dapat melakukan banyak kegiatan pertanian contohnya mencoba menanam padi atau sayur-sayuran di sekitar danau. Bahkan, pengunjung juga berkesempatan memanen sayuran dan buah segar untuk langsung dibawa pulang.

12. Taman Buaya Tanjung Pasir

Taman Buaya Tanjung Pasir

  • Lokasi : Tanjung Pasir, Teluknaga, Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : Rp 8.000 (Dewasa), Rp 4.000 (Anak-Anak)
  • Jam Buka : 08.00-18.00

Jika anda mengunjungi Pantai Tanjung Pasir sempatkanlah untuk mengunjungi Taman Buaya Tanjung Pasir ayng letaknya tidak jauh dari lokasi pantai.

Taman Buaya Tanjung Pasir ini merupakan tempat penangkaran buaya yang memiliki lebih dari 500 ekor buaya. Disini para pengunjung dapat melihat berbagai jenis buaya dengan ukuran yang berbeda-beda. Jika anda beruntung, anda akan melihat proses pemberian makan pada buaya serta ikut serta memberikan makan buaya!

Tak jarang, para pengunjung disini sengaja datang hanya untuk meilhat kemunculan buaya putih yang memang hanya muncul pada waktu-waktu tertentu saja. Tak hanya melihat buaya saja, anda juga dapat membeli produk buaya seperti tas dan dompet kulit buaya, bahkan anda juga dapat membeli telur buaya!

13. Hutan Kota 1 & 2 BSD

Hutan Kota 1 & 2 BSD

  • Lokasi : Jl. Letnan Sutopo, Ciater Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 06.00-18.00
  • Fasilitas : taman bermain anak, jogging track

Kawasan wisata taman kota ini menjadi salah satu area hijau yang memenuhi kebutuhan masyarakat akan suasana alam yang asri nan sejuk. Bagi anda yang bosan dengan hiruk pikuk ibukota, tempat ini sangat tepat untuk dijadilan tempat pelarian diri dan bersantai.

Kawasan ini diresmikan pada tahun 2006 dengan luas 9 hektar. Di dalam hutan ini banyak ditumbuhi berbagai macam tanaman serta pepohonan yang rimbun. Tercatat ada 7000 pohon yang hidup di hutan ini. Yang tak kalah menarik disini adalah adanya 60 jenis tanaman hias yang membuat kawasan wisata ini menjadi lebih indah nan eksotis.

Memasuki area hutan para wisatawan akan mendengar suara alam nan khas ditemani dengan suara hewan disekitar hutan membuat wisatawan dimanjakan dengan nuansa alam terbuka. Suara udara yang berhembus dan juga pepohonan yang bergerak mengikuti suara angin merupakan perpaduan sempurna keindahan alam yang diciptakan oleh Tuhan yang Maha Kuasa.

14. Froggy Floating Castle

Froggy Floating Castle

  • Lokasi : Jl. BSD Raya Utama, Situ Gadung, Pagedangan, Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : –

Froggy Floating Castle, istana melayang yang berada di BSD City, Tangerang ini mampu menyedot perhatian dunia. Dibuktikan dengan peraihan penghargaan dari World Records of Record Holders Republic, United Kingdom, sebagai ”Floating Castle with The Highest Suspended Glass in The World”.

Kenapa disebut melayang? Karena ketika malam tiba, penopang gedung yang terbuat dari 66 lembar kaca dengan tinggi 10,8 meter seolah menghilang sehingga ”istana” ini terkesan melayang.Tinggi gedungnya sendiri yaitu 68 meter dan dibangun oleh Fernando Iskandar, yang kini menjadi representasi impian anak-anak muda Indonesia.

Gedung menjulang berwarna putih itu merupakan pusat pengembangan cita-cita dan motivasi anak.

15. Cisadane Walk

Cisadane Walk

  • Lokasi : Sepanjang, Jl. Benteng Jaya, Sukarasa, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Cisadane Walk merupakan salah satu lokasi wisata yang berada di sepanjang bantaran sungai Cisadane yang merupakan sungai terbesardi kota Tangerang. Tempat ini sekaligus juga menjadi pusat pagelaran acara tahunan Kota Tangerang yaitu Festival Cisadane.

Jika anda berpikir bahwa sungai perkotaan itu adalah tempat kumuh yang dipenuhi oleh tumpukan sampah serta penyebab utama banjir yang diakibatkan oleh meluapnya air sungai maka kesan itu akan sirna setelah melihat kebersihan Sungai Cisadane.

Pemkot Tangerang telah merubah citra jelek sungai perkotaan menjadi suatu kawasan yang layak untuk dikunjungi. Kini sungai tersebut terlihat bersih dan indah dengan penataan sekitar sungai yang dibuat sedemikian rupa. Selain itu, di tempat ini juga terdapat replika sebuah benteng dan meriam yang menghadap ke arah sungai yang sering digunakan untuk ajang berfoto.

Pada hari Minggu tiba, banyak masyarakat sekitar yang mengunjungi tempat ini untuk berolahraga. Dan juga anak-anak yang sengaja datang untuk bermain di area Cisadane Walk. Serta ada juga yang duduk santai menikmati suasana.

Kebersihan merupakan daya tarik utama tempat ini, membuat anda betah untuk berlama-lama karena suasana yang disuguhkan sangat tenang dan nyaman.

16. Bendungan Pintu Air Sepuluh

Bendungan Pintu Air Sepuluh

  • Lokasi : Jalan Sangego, Kecamatan Karawaci, Tangerang
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Sesuai dengan namanya, Bendungan Pintu Air Sepuluh ini mempunyai sepuluh buat pintu air yang membendung serta mengatur Sungai Cisadane dengan lebar masing-masing pintu adalah sepuluh meter.

Konon katanya jembatan tersebut merupakan bendungan ini merupakan bendungan yang dibangun oleh pemerintahan Belanda dan memakan waktu lima tahun untuk proses pembuatannya.

Saat air sungai surut, banyak terlihat anak-anak yang main disekitar bantaran bendungan serta beberapa orang yang terlihat tengah berjalan membawa jala untuk mengais rejeki dari dalam perut air Sungai Cisadane di dekat lokasi bendungan.

Karena pemandangan dari Bendungan Pintu Air Sepuluh ini sangat menarik, tak heran jika tempat ini menjadi lokasi para anak-anak untuk bermain, kumpul-kumpul, memancing, serta menghabiskan waktu.

17. Masjid Pintu Seribu

Masjid Pintu Seribu

  • Lokasi : Bayur Periuk Jaya, Periuk, Periuk Jaya, Tangerang, Kota Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tak hanya bendungan yang memiliki banyak pintu, di kota Tangerang tepatnya di Periuk Jaya juga terdapat Masjid yang mempunyai seribu pintu!

Masjid ini memiliki nama asli Masjid Agung Nurul Yaqin yang dibangun oleh keturunan Arab, Syekh Al-Bakhir Mahdi atau Al-Faqir dengan anggaran hingga mencapai Rp 19 miliar. Dan di masjid ini memiliki peraturan untuk tidak sembarang masuk dan berkeliling khusunya untuk bagian dalamnya.

Arsitektur dari masjid ini mengadopsi dari bangunan masjid yang ada di Mekah dan didominasi dengan waran hijau, emas, hitam dan putih. Dari luar nampak bangunan ini tidak begitu terurus namun jika masuk kedalamnya bangunan ini tampak seperti bangunan bersejarah dengan warna dasar emas.

Fakta unik dari masjid ini yaitu masjid ini pernah dituduh memiliki aliran sesat di dalamnya karena bentuknya yang tidak terawat layaknya bangunan tua yang tak terurus.

Masjid Pintu Seribu ini mempunyai tasbih raksasa yang tersimpan di dalam masjid. Tak heran jika tak hanya orang Tangerang saja yang mengunjungi masjid ini, namun juga ada wisatawan asing yang sengaja untuk menyempatkan diri beribadah ditempat ini atau hanya sekedar melihat tasbih raksasanya, biasanya para wisatawan asing itu berasal dari Malaysia dan Brunei.

18. Masjid Raya Al-A’zhom

Masjid Raya Al-A'zhom

  • Lokasi : Jl. Satria – Sudirman, Sukaasih, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Masjid ini berada di Jalan Satria Sudirman, Tangerang dan berdiri di atas lahan seluas lebih dari 2 hektar dan mampu menampung lebih dari 15,000 orang serta menjadi masjid terbesar yang ada di kota Tangerang.

Keunikan dari masjid ini yaitu kubahnya yang terdiri dari 5 kubah berwarna biru yang bertumpuk, dimana 4 kubah adalah sebagai penyangga, dan 1 kubah adalah sebagai kubah utama. Kemegahan masjid ini akan semakin nampak ketika malam hari tiba, dikarenakan masjid ini akan dipenuhi oleh cahaya lampu yang sangat menawan.

Pernah mendengar kota Bontang sebelumnya, kota ini juga mempunyai tempat wisata yang menarik lho, yuk cari tau juga Tempat Wisata di Bontang yang tak kalah bagus.

19. Marcopolo Waterpark Adventure

Marcopolo Waterpark Adventure

  • Lokasi : Jalan Kampung No.58, Panunggangan Utara, Pinang, Panunggangan Utara, Pinang, Kota Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : Rp 30.000 (Weekdays), Rp 50.000 (Weekend)
  • Jam Buka : 09.00-19.00

Fasilitas : kolam arus, kolam terapi, kolam air terjun, kolam anak, kolam dewasa, kolam pusaran air, kolam perosotan, restoran berbentuk kapal, ruang kesehatan, ruang ganti, tempat penyimpanan barang, pelampung, toilet, area parkir

Salah satu objek wisata rekreasi keluarga yang wajib untuk anda kunjungi selanjutnya adalah Marcopolo Waterpark Adventure. Seperti namanya, objek wisata yang satu ini menawarkan wisata air yang seru dengan segala fasilitas menyeangkan di dalamnya.

Di sini anda dapat mengajak buah hati anda tanpa khawatir untuk bermain di dalamnya, eits tapi tetap dalam pengawasan ya. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin seru-seru sambil basah-basahan bersama keluarga tercinta.

20. Ocean Park BSD City Serpong

tempat wisata di dekat bsd

  • Lokasi : CBD Area, Jl. Pahlawan Seribu, Lengkong Gudang, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten
  • Tiket Masuk : Rp 55.000 (Weekdays), Rp 95.000 (Weekend)
  • Jam Buka : 11.00-18.00 (Senin-Minggu), 08.00-18.00 (Sabtu-Minggu)
  • Fasilitas : Nursing Room, ATM Center, Medical Room, Lifeguard, Event Area, Parking Area, Free Wifi, Food Court, Mushola, Locker, Kamar Bilas dan Kamar Ganti, Lobby

Kota Tangerang memang terkenal akan wisata buatannya yang sangat menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Ocean Park BSD City Serpong yang merupakan salah satu wisata air terbesar yang ada di provinsi Banten, yang berlokasi di BSD City di kota Tangerang.

Berbagai ragam jenis permainan dan atraksi yang seru siap untuk menghibur anda. Bagi anda yang suka manantang adrenaline flaying tower yang berada disini sangat patut untuk anda coba. Dengan tinggi 13 meter atau setara dengan gedung berlantai enam ini siap untuk membuat jiwa anda tertantang untuk menjajalnya.

Dan juga ada Paradise for Kiddo yaitu wahana kolam yang memang diperuntukan bagi anak-anak.

21. Water World Citra Raya

wisata tangeran cikupa

  • Lokasi : Jl. Citra Raya Boulevard, Mekar Bakti, Cikupa, Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : Rp 45.000 (Weekdays), Rp 50.000 (Weekend)
  • Jam Buka : 08.00–18.00 (Selasa-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, ruang ganti dan bilas, tempat makan, musholla, ruang pertemuan, area outbound, lobby

Tempat wisata rekreasi keluarga selanjutnya adalah Water World Citra Raya. Banyaknya wahana air yang terdapat di dalamnya dijamin akan membuat si buah hati senang. Wahana yang berada di Cikupa ini menjanjikan hiburan dan sarana rekreasi yang nyaman dan menarik, untuk menikmati kesenangan tak terbatas.

Areanya memang tak begitu luas namun suasananya sangat mirip dengan Atlantic Dreamland yang merupakan andalan pariwisata di Salatiga. Cocok untuk libura akhir pekan anda bersama keluarga tercinta.

22. Scientia Square Park

wisata di curug tangerang

  • Lokasi : Jalan Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Curug Sangereng, Klp. Dua, Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk :
    • Weekdays : Rp 25.000
    • Weekend & Holiday : Rp 50.000
    • Member Montly Pass : Rp 150.000
    • Member Annual Pass : Rp 1.000.000
    • Member Weekly : Rp 88.000
  • Jam Buka : 06.00-21.00 (Weekdays) & 06.00-23.00 (Weekends)
  • Fasilitas : foodcourt, tempat makan, coffee shop, restoran fast food, rest room, Inline Skate, olahraga Wushu

Seperti namanya, tempat rekreasi keluarga ini mengambil konsep sebuah taman yang luas dengan memiliki banyak wahana permainan di dalamnya. Tak hanya itu, konsep yang digunakan pun diambil dari konsep edukasi hingga program back to nature.

Salah satu contoh wahana yang paling di gemari disini adalah olahraga outbond untuk remaja, wisata edukasi untuk anak-anak hingga tempat bersantai-santai ria bagi orang dewasa.

Menariknya lagi, ketika musim tanam tiba para pengunjung dapat elajar bercocok tanam, serta memberi makan ikan dan kelinci. Pengunjung juga bisa menikmati indahnya panorama alam di sawah serta menyempatkan diri bermain bersama kerbau. Tempat rekreasi di tengah kota yang asik dan anti mainstream kan.

23. Citra Raya World Of Wonders Theme Park

Citra Raya World Of Wonders Theme Park

  • Lokasi : Kawasan Mardigras Cikupa, Jalan Citraraya Boulevard Bundaran ke 3, Mekar Bakti, Panongan, Mekar Bakti, Panongan, Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : Rp 90.000 (Weekdays) & Rp 100.000 (Weekend)
  • Jam Buka : 10.00 – 18.00 (Weekdays) & 09.00 – 18.00 (Weekend)

Selain wahana airnya, ternyata citra raya juga memiliki wahana lain yang biasa dikenal dengan Citra Raya World Of Wonders Theme Park. Tempat wisata ini juga sering disebut sebagai dufannya kota Tangerang.

Disini para pengunjung tidak hanya disuguhkan dengan berbagai wahana permainan yang seru tetapi disini juga terdapat ikon keajaiban dunia yang tidak akan anda temukan di Jakarta, sesuai konsep dari Themepark ini, yaitu untuk bermain dan belajar.

Tak hanya itu, anda juga dapat onton film dengan media canggih di Bioskop 4D, asik ya! Wahana permainan yang ada di tempat ini diantaranya adalah untar Puntir, Kebat Kebit, Perahu Tembak, Kuda Ria, Sepeda Layang, Katak Kejut dan Keliling Dunia.

24. Taman Wisata Pulau Situ Gintung

Taman Wisata Pulau Situ Gintung

  • Lokasi : Jalan Kertamukti No.20, Cireundeu, Ciputat Timur, Cireundeu, Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten
  • Tiket Masuk :
    • Senin-Jumat : Rp. 35.000
    • Sabtu dan Minggu : Rp. 45.000
    • Hari Libur Nasional : Rp. 50.000 per orang
  • Jam Buka : 08.00 – 18.00
  • Fasilitas : saung, aula, lapangan tenis, area taman, sewa peralatan outbound atau camping, restoran, kolam renang

Taman Wisata Pulau Situ Gintung ini merupakan sebuah danau buatan yang berada di kota Tangerang. Pada awalnya hanya digunakan sebagai tempat penampungan air hujan serta untuk perairan ladang warga setempat, namun seiring berjalannya waktu tempat ini berubah menjadi lokasi wisata alam dan perairan.

Dengan berbagai fasilitas penunjang di dalamnya, membuat kepopuleran tempat wisata yang satu ini terus berkembang dan banyak diburu oleh para wisatawan.

25. Fun Park Water Boom

Fun Park Water Boom

  • Lokasi : Perumahan Permata Blok BG, Jl. Raya Regency 2, Pasarkemis, Kuta Jaya, PasarKemis, Kota Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : Rp 20.000 (Weekdays), & Rp 25.000 (Weekend)
  • Jam Buka : 09.00–17.00
  • Fasilitas : kolam, tempat makan, toilet, ruang ganti dan bilas, Life Guard

Wisata rekreasi keluarga selanjutnya ada Fun Park Water Boom. Yang membuat tempat ini berbeda dari yang lainnya adalah adanya ebuah miniatur menyerupai Gorila yang menyambut anda di pintu masuk kolam ini hal itu sekaligus menjadi keunikan dan ciri khas dari Fun Park Water Boom.

Jadi pra pengunjung seolah-olah akan dibawa ke sebuah kebun binatang, namun pada kenyataanya di dalam tempat wisata ini hanya menawarkan wisata air asik nan seru.

26. Upside Down World Alam Sutera

Upside Down World Alam Sutera

  • Lokasi : Jalan Alam Sutera Boulevard Blok 10 No. 5-6, Pakulonan, Serpong Utara, Pakulonan, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten
  • Tiket Masuk :
    • Anak (anak-anak di bawah 120 cm tinggi badannya) : Rp 50.000
    • Dewasa (12 tahun ke atas) : Rp 100.000
  • Jam Buka : 11.00-21.00

Tak hanya di Bali, Upside Down Word juga ada di Tangerang lho.  Seperti upside down pada umunya, objek wisata ini menawarkan suasana terbalik pada setiap detail barang di dalamnya. Disni para pengunjung dapat menikmati keseruan melakukan sesi fotografi.

Menariknya lagi, para petugas disini dengan ramahnya memberikan arahan kepada para pengunjung agar hasil jepretan terlihat sempurna.

27. Kampung Bekelir

Kampung Bekelir

  • Lokasi : Jl. Perintis Kemerdekaan No.16, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Dulunya kampung ini merupakan kampung kumuh, namun seiring berjalannya waktu kampung ini ditata ulang dan menghasilkan potensi yang menarik.

Kampung ini menawarkan suasana kampung yang bersih dan warna-warni serta cerita mengenai proses menyadarkan warga untuk berubah itu jadi salah satu daya tarik kampung ini. Bahkan kampung ini mampu menarik wisatawan asing untuk berkunjung.

Bagi kalian para instagamer maka anda harus berkunjung ke kampung yang satu ini, karena setiap sudut dari kampung ini akan memberikan spot menarik yang bisa menambah koleksi berfoto anda.

28. Taman Gajah Tunggal

Taman Gajah Tunggal

  • Lokasi : Jl. Perintis Kemerdekaan I No.1, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas :  kantin, bangku, toilet, tempat ibadah, area parkir, area bermain anak

Ruang terbuka ini baru diresmikan pada tahun 2017 sekaligus menyandang gelar taman terunik yang berada di kota Tangerang karena adanya ban-ban raksasa yang di sulap menjadi ikon untuk taman ini.

Dengan adanya taman ini pemerintah kota mengharapkan bisa menjadi tempat wisata edukasi bersama keluarga serta membuat suasana kota lebih asri, nyaman dan dapat menjadi tempat bermain bersama keluarga tercinta.

29. Boen Tek Bio Chinese Temple

Boen Tek Bio Chinese Temple

  • Lokasi : Jalan Bakti Saham, Sukasari, Kecamatan Tangerang, Sukasari, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Boen Tek Bio Chinese Temple ini merupakan kuil Tionghoa tertua yang ada dikota Tangerang. Berada di sudut Jalan Bhakti dan Jalan Cilame di kawasan Pasar lama, kuil ini merupakan bagian penting dari sejarah Tangerang, khususnya sejarah permukiman kaum Tionghoa kota Tangerang. Menariknya lagi, setiap 12 tahun sekali di kawasan kuil ini selalu diadakan march taopekong. Unik!

30. Taman PRESTASI

taman prestasi tangerang

  • Lokasi : alun alun, Jalan Ahmad Yani, Sukarasa, Kecamatan Tangerang, Sukarasa, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka :05.00-22.00
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, tempat istirahat, tempat bermain, pendidikan, tempat olahraga

Areal terbuka hijau selanjutnya adalah Taman PRESTASI. Yang membuat menarik dari taman ini adalah adanya fasilitas gym yang dapat digunakan secara umum kepada semua pengunjung taman.

Adanya pepohonan rindang serta tanaman hias yang mengelilingi taman juga membuat suasana yang tercipta semakin sejuk nan asri meskipun terletak di tengah-tengah kota. Taman ini tidak pernah absen dari kunjungan para pengunjung , disini juga terdapat para pedagang kaki lima yang mangkal di luar taman.

31. Taman Menteng Bintaro

tempat wisata di bintaro

  • Lokasi : Jl. MH. Thamrn, Bintaro Jaya Sektor 7, Jaan Wahid Hasyim, Pd. Ranji, Tangerang Selatan, Kota Tangerang Selatan, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tak hanya menawarkan udara bersih dan kesan teduh karena banyaknya pepohonan dan hamparan rumput di setiap sudutnya, namun taman ini juga memiliki ogging track dan air mancur yang membuat pengunjung semakin betah untuk menghabiskan waktunya disini.

Dan taman ini memiliki desain yang unik dimana antara taman dan area parkir dibelah oleh sungai dan para pengunjung perlu melewati sebuah jembatan putih kecil menyerupai kanal-kanal di Venesia untuk mencapai taman tersebut.

Ada satu kekurangan dari taman ini yaitu airnya yang berwarna coklat, namun jangan khawatir airnya tidak mengeluarkan bau kok. Anda bisa tetap nyaman bersantai di taman yang satu ini.

32. Klenteng Boen Hay Bio

tempat wisata di tangerang pasar kemis

  • Lokasi : Jl. Pasar Lama Serpong, RT. 14 / RW.05, Cilenggang, Serpong, Cilenggang, Tangerang Selatan, Kota Tangerang Selatan, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Meski banyak terdapat vihara di kota Tangerang, vihara yang satu ini memiliki keunikan tersendiri yaitu adanya patung kepiting yang cukup besar terletak di bagian atas gerbang vihara. Tak hanya itu, vihara ini juga sangat menarik dan pas untuk dijadikan background berfoto.

33. Vihara Padumuttara

Vihara Padumuttara

  • Lokasi : Jl. Bakti No.14, Sukasari, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Seperti vihara pada umumnya, vihara yang satu ini memiliki desain yang cukup unik dengan sentuhan warna merah disetiap sudutnya. Tak jarang, para wisatwan singgah di tempat ini hanya untuk sekedar berfoto atau pun beribadah.

34. Garden lantern Maze Market

Garden lantern Maze Market

  • Lokasi : Jl. MH. Thamrin Blok P8 No.18, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : Rp 20.000-Rp 35.000
  • Jam Buka : 17.00-21.00

Kota Tangerang memang tak kehilangan akal untuk memanjakan wisatawan dan para penduduknya, kali ini ia menyuguhkan taman lampion yang di klaim menjadi taman lampion terbesar di Indonesia.

Taman ini dihiasi oleh lampion dengan berbagai macam bentuk mulai dari masjid, boneka, hewan singa dan lainnya. Taman ini sungguh memanjakan mata para pengunjungnya di malam hari. Susananya yang romantis membuat siapa saja hanyut akan keindahan yang disuguhkan.

35. Taman Potret

Taman Potret

  • Lokasi : Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Berada tepat di sebelah barat Tang Mall City, taman ini tak kalah populer dari taman lainnya di kota Tangerang. Di taman ini anda akan disambut dengan patung wanita menari dengan corak keseluruhan warna merah serta di belakang patung ada replika perahu kecil yang merupakan perahu tradisional Phinisi.

Saat sore tiba, taman ini akan didatangi oleh para pedagang makanan untuk para pengunjung berwisata kuliner menikmati hidangan makanan khas Jawa Barat atau Jakarta sembari bersantai di taman.

36. Benteng Heritage Museum

Benteng Heritage Museum

  • Lokasi : Jalan Cilame No. 18&20, Sukasari, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk :
    • Umum : Rp 20.000
    • Pelajar / mahasiswa : Rp 10.000
    • Pemandu bahasa inggris / mandarin : Rp 50.000
  • Jam Buka : 10.00-17.00 (Selasa-Minggu)

Benteng Heritage Museum ini merupakan bangunan paling tua yang berada di kota Tangerang yang di dalamnya menyimpan banyak benda peninggalan sejarah. Untuk tour di dalam museum ini, setiap pengunjungnya diberikan waktu 45 menit dan tidak diperkenankan untuk memotret isi di dalam museum kecuali ruangan depan dekat pintu masuk.

Tak hanya itu, dikawasan objek wisata ini juga terdapat wisata kuliner khas bernama Cina Benteng yang berkisar Rp. 45.000 – Rp. 125.000. Menunya sendiri ada Hainan Chicken Riceball, lalu nasi ulam, ada juga ketupat sayur, cendol, dan air mineral.

37. Museum Juang TMP Taruna

Museum Juang TMP Taruna

  • Lokasi : Jalan Tmp. Taruna No.29, Sukaasih, Kecamatan Tangerang, Sukaasih, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-15.00 (Senin-Sabtu)
  • Fasilitas : perpustakaan

Kali ini ada Museum Juang TMP Taruna yang menyajikan wisata edukasi yang menceritakan sejarah kota Tangerang. Museum ini juga dilengkapi dengan perpustakaan serta beberapa foto lama para pejuang jaman dahulu yang menempuh pendidikan militer di Akademi Militer Tangerang.

38. Tugu Adipura Kota Tangerang

Tugu Adipura Kota Tangerang

  • Lokasi : Jl. Veteran Blok B12 No.1, Sukasari, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 12.00-20.45 (Senin-Jum’at)

Tugu ini berada di tengah kota Tangerang  yang sering menjadi lokasi car free day pada setiap hari Minggu dan digunakan oleh warga sekitar untuk olahraga. Banyak masyarakat sekitar yang memanfaatkan keberadaan taman ini untuk bersenam ria atau sekedar hanya bermain bola dan badminton saja. Dan akan mencapai puncak keramaian pada hari Minggu atau hari libur tiba.

39. Aladin Aquaplay Karawaci

Aladin Aquaplay Karawaci

  • Lokasi : Komplek Grand View Karawaci, Jalan Raya Binong, Suka Bakti, Curug, Suka Bakti, Curug, Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : Rp 20.000 (Weekdays) & Rp 30.000 (Weekend & Holiday)
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : seluncuran, kolam arus, tumpahan air terjun buatan, tempat makan, toilet, musholla, tempat ganti dan bilas

Aladin Aquaplay Karawaci juga merupakan salah satu penyedia wisata  air atau waterpark yang lumayan lengkap di Kota Tangerang. Wisata air ini juga dibedakan menjadi beberapa kolam renang dengan batasan usia, ada kolam renang khusus dewasa dan anak-anak sehingga aman untuk dikunjungi oleh sanak keluarga anda.

40. The Flavor Bliss Alam Sutera

The Flavor Bliss Alam Sutera

  • Lokasi : Jalan Alam Sutera Boulevard, Pakulonan, Serpong Utara, Pakulonan, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-00.00

Kawasan alam sutera memiliki basic sebagai perumahan mewah yang memberikan sarana rekreasi super lengkap. Selain mall megah, di sini juga terdapat pusat kuliner lengkap yang bernama flavor Bliss.

Resto-resto yang menyajikan masakan lezat baik makanan lokal maupun internasional ini menjadi kunjungan wisata kuliner utama warga Tangerang dan wisatawan. Tempat menarik ini bahkan tidak pernah “tertidur” saat akhir pekan.

41. Pasar Lama Tangerang (TANGERANG NIGHT CULINARY)

Pasar Lama Tangerang

  • Lokasi : Jalan Ki Samaun No.12, RT.1/RW.3, Sukasari, Tangerang, Sukarasa, Sukasari, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 15.00–23.59

Puas berwisata kini saatnya anda memanjakan perut dan lidah anda dengan berbagai kuliner menggoda. Disini anda dapat dengan mudah menemukan berbagai kuliner daerah dengan harga yang cukup murah, salah satu kuliner yang paling terkenal di pasar ini adalah Roti Cane ala India.

Ada juga bubur kepiting yang lumayan populer dimana toppingnya memakai kacang mete, bukan kacang goreng biasa. Dan untuk minumannya ada es podeng dan es bun tin yang unik dan segar. Tak hanya itu, pasar ini juga menyajikan souvenir dan oleh-oleh khas dengan harga yang murah dan terjangkau tentunya.

Selain terkenal dengan kotanya yang ramah, ternyat kota Tangerang juga memiliki beberapa objek wisata menarik di dalamnya, namun satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Tangerang, semoga bermanfaat. Happy Holiday!

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *