Tempat Wisata di Tangerang Selatan

Share
Comment 0 reply
Tempat Wisata di Tangerang Selatan

Tangerang Selatan merupakan kota yang terletak di Tatar Pasundan Provinsi Banten. Banyak tempat wisata menarik di Tangerang Selatan yang bisa dikunjungi.

Kota ini berbatasan dengan Kota Tangerang dibagian utara, Kabupaten Bogor disebelah selatan, Kabupateng Tangerang disebelah barat, serta DKI Jakarta disebelah Timur.

Kota Tangerang Selatan ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Tangerang yang dimana merupakan kota terbesar kelima di kawasan Jabodetabek.

Selain Tangerang Selatan memiliki banyak sekali gedung pencakar lain, ternyata di sudut sudut kota Tangerang Selatan menyimpan berbagai objek wisata yang menarik untuk anda kunjungi.

Oleh karena itu, bagi para wisatawan yang berada di sekitar daerah dengan waktu libur yang singkat alawisata akan mempermudah perjalanan anda dengan merekomendasikan berberapa potensi wisata yang ada di Tangerang Selatan.

Untuk itu, yuk simak baik baik beberapa tempat wisata  di Tangerang Selatan mulai dari wisata alam, wisata edukasi, tempat rekreasi modern, hingga wahana wisata yang seru.

1. Branchsto Equestrian Park

tempat wisata di tangerang 2019

  • Lokasi : BSD City, Jalan BSD Raya Barat, Pagedangan, Serpong, Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 09.00-17.30 (Senin-Jum’at), 08.30-19.00 (Sabtu-Minggu)

Baru-baru ini tempat wisata Branchsto di Tangerang Selatan ini sangat viral di media sosial khusunya instagram sebagai lokasi berlibur keluarga yang mengasikan sekaligus spot wisata berkuda untuk si kecil.

Tempat wisata di Tangerang Selatan yang satu ini sungguh wajib untuk anda kunjungi dikala hari libur tiba, pasalnya banyak kegiatan yang mengedukasi serta membuat mood menjadi bagus seperti memanah, menunggang kuda, memberi makan & minum kuda, menyisir rambut pony, bermain dan dinner bersama kuda ponny, semua bisa dilakukan disini!

Branchsto ini merupakan sebuah Ranch berkuda dan memanah yang dipadukan dengan Urban Environment Resto dan Cafe.

2. Kandank Jurank Doank

tempat instagramable di tangerang

  • Lokasi : Kompleks Alvita Blok Q No. 14, Sawah Baru, Ciputat, Sawah Lama, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten
  • Tiket Masuk : Rp 135.000
  • Jam Buka : 08.00-16.00 (Senin-Minggu)

Pada awalnya KJD ini dibangun untuk sekolah alam bagi anak-anak kampung sekitar oleh artis dan seniman Dik Doank pada tahun 1993.

Namun seiring berjalannya waktu, Kandank Jurank Doank berkembang menjadi tempat wisata di Tangerang Selatan yang sangat mengasikan.

Suasana nyaman yang ddiciptakan  didukung dengan udara yang sejuk, belum ada polusi, nyaman, sangat “hijau” dan dikelilingi sawah-sawah yang menghampar membuat pengnjung betah berlama-lama ditempat ini.

Disini juga terdapat berbagai sarana olahraga. Mulai dari lapangan basket, permainan bola, outbond, wall climbing, sampai dengan flying fox ada di tempat ini. Selain itu juga ada beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti panggung, studio, ruang multimedia, kolam ikan, perpustakaan dan arena bermain.

Ada juga tempat belajar dan bermain di KJD ini yaitu Museum Kandank Jurank Doank. Di dalamnya banyak menyimpan sejarah kehidupan dari sang seniman Dik Doang. Dan hasil karya dari Dik Doang seperti lukisan, foto, dan juga barang-barang yang bernilai sejarah tinggi.

3. Pulo Saiji

Pulo Saiji

  • Lokasi : Jl. Serpong Garden, Cibogo, Cisauk, Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : Rp 35.000 (Weekday)  Rp 40.000 (Weekend & High Season)
  • Jam Buka : 08.00-17.00 (Senin-Minggu)

Pulo Saiji ini merupakan waterpark yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata anda keluarga disaat libur tiba.

Berbagai wahana air dan aktivitas yang seru dapat dilakukan disini. Tidak hanya menyajikan keindahan waterparknya saja.

Namun taman wisata yang satu ini juga menyajikan Flying Fox, wahana 8 dimensi, wisata danau, Bioskop 4D, Kolam Pemancingan. Serta berbagai permainan lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan.

4. Tandon Ciater

tandon ciater tangerang

  • Lokasi : Jalan Widya Kencana, Ciater, Serpong, Buaran, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten
  • Tiket Masuk : Rp 3.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 06.00-17.00

Tempat wisata di Tangerang Selatan yang satu ini menjadi salah satu tempat wisata andalan di Tangerang Selatan. Pasalnya area ini sangat berbeda dengan kondisi Tangerang Selatan yang identik dengan gedung pencakar langit.

Disini kesan asri sangat terlihat dari areanya yang mulai menjadi hijau menjadikan suasana jauh lebih nyaman. Disini juga terdapat pendopo yang memilki berbagai fasilitas seperti musholla, kantin dan toilet umum.

Pendopo ini sangat coock digunakan untuk tempat berdikusi bagi para pelajar ataupun mahasiswa, atau hanya sekedar bersantai.

Selain itu juga terdapat Rumah Blandongan dengan ukuran 500m persegi menjadikan Rumah Blandongan terbesar di Indonesia sebagai ciri khas dari Betawi.

Tandon yang berukuran besar ini juga terdapat banyak sekali ikan, namun para wisatawan tidak diperkenankan untuk memancingnya, karena tujuan dari keberadaan ikan disana yaitu untuk menjaga ekosistem perairan disana.

Meskipun demikian para wisatawan dapat melakukan aktifitas lain yaitu memberi makan ikan.

Hal ini sungguh mengasikan karena nantinya ketika pelet disebar segerombol ikan akan datang dan mengibaskan ekornya sehingga tercipta cipratan air dari para ikan tersebut.

5. Hutan Kota Jombang

Hutan Kota Jombang

  • Lokasi :
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : –
  • Fasilitas : Lintasan joging
  • Fasilitas : area parkir, musholla, kamar mandi atau MCK, tempat istirahat, warung makan

Kurang rasanya kalau saat sedang membahas Kota Tangerang tanpa adanya Hutan Kota Jombang. Ya! hutan kota ini menjadi salah satu ikonik kota Tangerang yang harus anda kunjungi.

Lokasi yang dekat dengan ibukota ini menjadikan tempat wisata di Tangerang Selatan ini gampang untuk ditempuh.

Saat memasuki hutan , pengunjung langsung disuguhkan dengan sejuknya angin yang bertiup dari rimbunan pohon besar disekitar hutan.

Hamparan savana bak lapangan bola sangat enak dipandang mata serta menyejukan hati. Itulah kesan pertama yang akan anda rasakan.

Hutan yang asri ini menawarkan pesona alam yang jarang ditemukan di area perkotaan. Keasriannya menghidupi berbagai macam jenis makhluk hidup di dalamnya.

6. Tanah Tingal

Tanah Tingal

  • Lokasi : Jl. Merpati No.32B, Sawah Baru, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, musholla, kamar mandri atau MCK, tempat istirahat, wahana permainan

Hutan kota ini merupakan hutan kota yang dimiliki oleh keluarga Boediardjo, mantan menteri penerangan pada periode awal Orde Baru, serta pernah menjabat berbagai jabatan duta besar, dan sebagai tempat peristirahatan bagi keluarga.

Hutan kota ini merupakan perwujudan kecintaan beliau kepada alam. Selain itu, hewan dan tumbuhan juga dibiarkan berkembang biak disini, serta diberikan perawatan yang baik. Sehingga menjadi tempat peristirahatan yang aman bagi keluarga Boediardjo.

Berbagai kegiatan yang asik dapat dilakukan disini, mulai dari enjelajah hutan, mengamati aktivitas burung, bermain kayak di danau, renang, outbond, wall climbing, melukis pemandangan alam di tempat terbuka, hingga menyaksikan berbagai foto di galeri foto dan berbagai ornamen Jawa.

7. Hutan Kota 1 & 2 BSD

tempat wisata dekat bsd

  • Lokasi : Jl. Letnan Sutopo, Ciater Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 06.00-18.00
  • Fasilitas : taman bermain anak, jogging track

Kawasan wisata taman kota di Tangerang Selatan ini menjadi salah satu area hijau yang memenuhi kebutuhan masyarakat akan suasana alam yang asri nan sejuk.

Bagi anda yang bosan dengan hiruk pikuk ibukota, tempat ini sangat tepat untuk dijadilan tempat pelarian diri dan bersantai.

Kawasan ini diresmikan pada tahun 2006 dengan luas 9 hektar. Di dalam hutan ini banyak ditumbuhi berbagai macam tanaman serta pepohonan yang rimbun.

Tercatat ada 7000 pohon yang hidup di hutan ini. Yang tak kalah menarik disini adalah adanya 60 jenis tanaman hias yang membuat kawasan wisata ini menjadi lebih indah nan eksotis.

Memasuki area hutan para wisatawan akan mendengar suara alam nan khas ditemani dengan suara hewan disekitar hutan membuat wisatawan dimanjakan dengan nuansa alam terbuka.

Suara udara yang berhembus dan juga pepohonan yang bergerak mengikuti suara angin merupakan perpaduan sempurna keindahan alam yang diciptakan oleh Tuhan yang Maha Kuasa.

8. Froggy Floating Castle

Froggy Floating Castle

  • Lokasi : Jl. BSD Raya Utama, Situ Gadung, Pagedangan, Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : –

Froggy Floating Castle, istana melayang yang berada di BSD City, Tangerang ini mampu menyedot perhatian dunia.

Dibuktikan dengan peraihan penghargaan dari World Records of Record Holders Republic, United Kingdom, sebagai ”Floating Castle with The Highest Suspended Glass in The World”.

Kenapa disebut melayang? Karena ketika malam tiba, penopang gedung yang terbuat dari 66 lembar kaca dengan tinggi 10,8 meter seolah menghilang sehingga ”istana” ini terkesan melayang.

Tinggi gedungnya sendiri yaitu 68 meter dan dibangun oleh Fernando Iskandar, yang kini menjadi representasi impian anak-anak muda Indonesia.

Gedung menjulang berwarna putih itu merupakan pusat pengembangan cita-cita dan motivasi anak.

9. Ocean Park BSD City Serpong

Ocean Park BSD City Serpong

  • Lokasi : CBD Area, Jl. Pahlawan Seribu, Lengkong Gudang, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten
  • Tiket Masuk : Rp 55.000 (Weekdays), Rp 95.000 (Weekend)
  • Jam Buka : 11.00-18.00 (Senin-Minggu), 08.00-18.00 (Sabtu-Minggu)
  • Fasilitas : Nursing Room, ATM Center, Medical Room, Lifeguard, Event Area, Parking Area, Free Wifi, Food Court, Mushola, Locker, Kamar Bilas dan Kamar Ganti, Lobby

Kota Tangerang memang terkenal akan wisata buatannya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Ocean Park BSD City Serpong yang merupakan salah satu tempat wisata air di Tangerang Selatan yang terbesar di provinsi Banten, yang berlokasi di BSD City di kota Tangerang.

Berbagai ragam jenis permainan dan atraksi yang seru siap untuk menghibur anda. Bagi anda yang suka manantang adrenaline flaying tower yang berada disini sangat patut untuk anda coba.

Dengan tinggi 13 meter atau setara dengan gedung berlantai enam ini siap untuk membuat jiwa anda tertantang untuk menjajalnya. Dan juga ada Paradise for Kiddo yaitu wahana kolam yang memang diperuntukan bagi anak-anak.

10. Kampung Dongeng Indonesia

 

Kampung Dongeng Indonesia

  • Lokasi :Jl. Musyawarah No. 99, RT 04 / RW 01, Kelurahan Sawah, Kecamatan Ciputat, Sawah Lama, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 09.00-16.00 (Senin-Jum’at)

Kampung Dongeng Indonesia merupakan tempat dimana kita dapat mendengarkan dongeng sekaligus belajar akan petuah bijak yang diambil dari dongeng dongeng positif Indonesia.

Disini kita bisa memberikan wisata edukatif yang menarik bagi anak-anak. Dimana anak-anak nantinya akan belajar dari pesan moril yang kita sampaikan dari dongeng yang kita sampaikan.

Tentunya anak-anak akan senang jika diajak berkunjung ke tempat ini. Wisata edukasi yang sangat dibutuhkan anak-anak agar dapat berkembang dengan baik melalui pesan moril yang disajikan dalam dongeng yang disampaikan di tempat ini.

Kunjungi juga Tempat Wisata di Bogor yang tak kalah hits dan menarik.

11. Situ Gintung atau Bendungan Gintung

Situ Gintung atau Bendungan Gintung

  • Lokasi : Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pada awalnya pembangunan waduk Situ Gintung ini adalah sebagai waduk untuk menapung air hujan serta sebagai perairan ladang pertanian disekitarnya. Waduk ini dibuat pada tahun 1932-1933 dengan luas awal 31 hektar.

Namun seiring berjalannya waktu, waduk ini juga berpotensi menjadi salah satu tempat wisata dan perairan di Tangerang Selatan. Terbukti dengan adanya restoran,kolam renang, dan outbond di sekitar waduk. Dan pada tahun 2011 nama Situ Gintung dirubah menjadi Bendungan Gintung.

Adanya gazebo yang nampak asri di tepi bendungan membuat para pengunjung dapat bersantai sembari menikmati pemandangan sekitar.

12. The Breeze BSD City

The Breeze BSD City

  • Lokasi : Jl. Grand Boulevard, BSD Green Office Park, Cisauk, Sampora, Cisauk, Tangerang, Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 10.00-22.00

Bagi kalian yang suka nongkrong tetapi ingin menikmati suasana yang lain dari tempata tongkrongan biasanya, The Breeze BSD City sangat tepat dijadikan basement tempat tongkrong kalian.

Pusat lifestyle yang memberi pengalaman berwisata kuliner, berbelanja, dan tentunya nongkrong bagi warga Tangerang Selatan memang didesain khusus sebgai tempat lifestyle sekaligus tempat hiburan yang tidak membosankan.

Saat anda mengunjungi tempat ini, anda akan menikmati suasana asik dengan ditemani pemandangan berupa kitaran danau dan sungai. Yang tentu membuat The Breeze BSD City menjadi tempat yang berbeda dari pusat lifestyle lainnya yang dipadukan dengan nuansa alami.

13. Wisata Belajar PUSPIPTEK

Wisata Belajar PUSPIPTEK

  • Lokasi : Serpong, Kota Tanggerang Selatan Provinsi Banten
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : –

PUSPIPTEK (Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) adalah tempat wisata edukasi di Tangerang Selatan sekaligus kawasan riset terbesar yang ada di Indonesia.

Tujuan didirikannya PUSPIPTEK adalah untuk mendukung proses Industrialisasi Indonesia, dengan rancangan menjadi kawasan yang mensinergikan SDM terdidik serta terlatih, peralatan penelitian dan pelayanan teknis yang paling lengkap di indonesia.

Serta teknologi dan keahlian yang telah terakumulasi selama lebih dari seperempat abad. Selain sebagai tempat peneilitian dan pengembangan teknologi.

PUSPIPTEK ini salah satu wisata edukasi yang wajib untuk dikunjungi terutama bagi siswa-siswi SD sampai SMA, karena ilmu yang ada di dalam PUSPIPTEK dapat dengan mudah diserap.

Selain terkenal akan gedung-gedung pencakar langitnya, ternyata Tangerang Selatan juga banyak memilki potensi wisata menarik yang dapat untuk anda kunjungi.

Namun sebelum anda mengunjungi tempat tempat di atas, ada baiknya juka anda juga menyiapkan beberapa perlengkapan yang perlu anda bawa ketika berpergian.

Dan juga ikut menjaga kelestariannya agar terawat dengan baik, salah satunya adalah tidak membuang sampah sembarangan.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Tangerang Selatan, semoga bermanfaat, happy holidays!

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.