Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Lhokseumawe

4 min read

Tempat Wisata di Lhokseumawe

Kota yang berada di tengah-tengah jalur timur Sumatera ini sering dikunjungi oleh para wisatawan setiap harinya sebab tempat wisata di Lhokseumawe sangatlah indah. Hal ini juga di dukung dengan jalurnya yang merupakan jalan lintas khusus antara kota medan dan kota banda aceh. Nah kali ini, alawisata berkesempatan untuk memberikan info lengkap mengenai tempat wisata di kota Lhokseumawe.

Seperti kota di Aceh lainnya, Lhokseumawe juga memiliki berbagai macam lokasi wisata yang patut untuk anda kunjungi. Kota ini mempunyai pesona budaya, keindahan alam dan kekhasan tersendiri yang menarik banyak penikmat wisata. Jika anda berada di Lhokseumawe, sangat disayangkan jika anda tidak singgah terlebih dahulu, karena banyak sekali tempat wisata menarik yang dapat anda kunjungi disini.

Untuk itu, langsung aja yuk, intip beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Lhokseumawe

1. Pulau Seumadu

pulau seumadu lhokseumawe

  • Lokasi : Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per kendaraan, Rp 2.000 per orang (untuk menyebrang), Rp 5.000 (Parkir kendaraan bermotor)
  • Jam Buka : 08.00-18.00 , khusus hari Jum’at buka pukul 14.00
  • Fasilitas : rumah makan, fasilitas karaoke

Pulau ini awalnya mempunyai nama Pantai Rancong, namun sekarang lebih terkenal dengan nama Pulau Seumadu. Nama Seumadu berasal dari warung pertama yang berada di pulau ini yang dimilki oleh seseorang bernama Pak Jali.

Karena warung itu merupakan warung pertama dan satu-satunya yang ada di sana. Warung tersebut bernama Seumadu. Sejak saat itu warga sekitar mulai menyebut tempat ini menjadi Pulau Seumadu.

Untuk menuju pulau ini harus melewati jembatan kayu telebih dahulu. Sesampainya di pulau, wisatawan langsung disuguhi dengan pemandangan pasir putih yang tebentang luas dan air laut yang biru. Wisatawan pun dapat melakukan aktifitas memancing di pulau ini, karena memang ada tempat khusus berada di depan warung yang disediakan untuk memancing.

2. Waduk Jeulikat

wisata lhokseumawe 2019

  • Lokasi : Jeulikat Blang Mangat, Jeuleukat, Blang Mangat, Jeuleukat, Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Aceh
  • Tiket Masuk : Rp 10.000 (Kendaraan Roda Empat), Rp 5.000 (Kendaraan Roda Dua)
  • Jam Buka : 9.30-18.00
  • Fasilitas : pondok peristirahatan, warung makan

Waduk ini merupakan waduk buatan yang dibuat untuk kawasan wisata di Lhokseumawe. Keindahan waduk buatan ini terlihat sangat rapi dengan hamparan tampungan air yang membentang.

Selain itu, juga terdapat tangga-tangga indah yang dilapisi keramik yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta selfie. Keindahan Waduk Jeulikat juga menjadi salah satu pesona yang menjadi buruan para fotografer.

3. Pantai Meuraksa

Pantai Meuraksa

  • Lokasi : Jambo Mesjid, Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Aceh
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 07.00-18.00

Pantai ini masih sangat asri di Kota Lhokseumawe. Pantai ini jarang didatangi oleh warga, sehingga keasriannya dan kebersihannya masih terjaga dengan baik. Bibir pantai dengan pasir berwarna putih yang ditemani dengan pohon ketapang dan waru juga pandan sebagai ciri eksotis Pantai Meuraksa nan alami ini.

4. Pantai Ujong Blang

Pantai Ujong Blang

  • Lokasi : Ulee Jl., Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 05.30-18.00
  • Fasilitas : parkir yang cukup luas, toilet umum, masjid dan mushola, pondok peristirahatan, warung makan, ban bekas, banana boat

Pantai ini tergolong pantai baru karena baru diresmikan pada tahun 2012 lalu. Nama Ujong Blang sendiri didapat dari bahasa Aceh yaitu ujong berarti ujung, serta blang yang dapat diartikan sebagai sawah atau kebun. Pasir di pantai ini bewarna kecoklatan dengan tekstur yang sanga lembut, sehingga menambah kesan eksotis pada pantai ini.

Ombak yang dihasilkan pantai ini tergolong cukup besar, sehingga para wisatawan dihimbau untuk selalu waspada saat bermain dikawsan pantai ini.

Salah satu khas dari pantai ini adalah adanya fenomena sunset dan sunrise. Tak jarang, banyak wisatawan yang rela datang pagi buta hanya untuk menikmati fenomena sunrise di pantai ini

5. Bukit Goa Jepang (Blang Panyang) dan Taman Ngieng Jioh

Bukit Goa Jepang (Blang Panyang) dan Taman Ngieng Jioh

  • Lokasi : Blang Panyang, Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Aceh
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Gua yang kental akan sejarah jepangnya ini di dalamnya juga terdapat objek wisata lain yaitu Taman Ngieng Jioh (Taman Melihat Jauh).

Karena dari taman ini, pengunjung dapat melihat dari kejauhan sekitar tujuh km pusat Kota Lhokseumawe termasuk keindahan pabrik PT Arun (saat menghadap ke utara) dan pelabuhannya dari jarak dekat. Karena keunikannya ini, Bukit Goa Jepang selalu padat akan pengunjung setiap harinya.

6. Sungai Krueng Cunda

tempat wisata sungai di lhokseumawe

  • Lokasi : Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Sungai Krueng Cunda adalah aliran laut yang memisahkan daratan Lhokseumawe bersama daratan pulau Sumatera. Nama Krueng Cunda berasal dari bahasa Aceh “Krueng” artinya sungai & “Cunda” yakni nama wilayah yg dialiri oleh sungai ini. Sejatinya Sungai Krueng Cunda ini bukanlah sungai, melainkan selat.

Krueng Cundaini dimanfaatkan oleh masyarakat untuk budidaya ikan air asin, karena tidak cuma airnya yang bersih tetapi juga tidak adanya ombak atau riak agung yg mampu merusak keramba atau penampungan ikan milik masyarakat yg rata-rata dibuat dari kayu & bambu.

7. Taman Riyadhah

Taman Riyadhah

  • Lokasi : Jl. Merdeka, Kuta Blang, Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : dua buah toilet bersih

Jika anda bosen dengan udara panas yang menyerang kota, Taman Riyadhah adalah tempat yang tepat untuk anda singgahi karena berbagai pepohonan yang rindang, melindungi taman tersebut dari sinar matahari.

Disini juga terdapat air mancur yang semakin mempercantik teman ini. Beberapa bangku juga telah disediakan bagi anda yang ingin sekedar bersantai dan menikmati udara bersih disekitarnya.

Pernah mendengar kota Langsa, nah kota ini cocok banget untuk dijadikan sebagai next kota wisata kamu nih guys, yuk kunjungi juga Tempat Wisata di Langsa yang tak kalah bagus.

8. Masjid Islamic Center Lhokseumawe

Masjid Islamic Center Lhokseumawe

  • Lokasi : Simpang Empat, Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : perpustakaan, mess/wisma tamu, madrasah diniyah, gerai/kios, museum, gedung serbaguna

Masjid ini berdiri megah di pusat kota Lhokseumawe.  MAsjid ini hadir dalam nuansa timur yang membangkitakan ingatan kita akan sejarah kejayaan Kerajaan Islam Samudera Pasai (Samudera Pase) yang tercatat dalam sejarah sebagai kerajaan Islam pertama di Indonesia. Masjid ini menjadi ikon baru bagi kota Lhokseumawe.

9. Waduk Pusong

Waduk Pusong Lhokseumawe

  • Lokasi : Jl. Waduk Pusong, Kota Lhokseumawe, Aceh, Indonesia
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Waduk ini memberikan nuansa yang berbeda dengan waduk-waduk lainnya, karena disini kita akan banyak menjumpai burung yang berkicauan seakan menari diatas tenangnya air waduk. Waduk ini membentang di Desa Pusong dan Mon Geudong Kecamatan Banda Sakti ini kerab dijadikan pilihan alternatif wisata terdekat oleh warga lokal.

10. Lapangan Hiraq Lhokseumawe

Lapangan Hiraq Lhokseumawe

  • Lokasi : Jl. Balai Kota, Simpang Empat, Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Lapangan ini menjadi arena hiburan bagi masyarakat Lhokseumawe. Setiap sorenya lapangan ini selalu dihiasi oleh berbagai kegiatan hiburan yang dijajakan oleh para pedagang musiman. Para pedagang musiman bukan hanya menjajakan makanan enak atau minuman segar, tapi juga melengkapinya dengan tempat hiburan anak-anak, seperti rumah balon, mobil-mobilan, kereta api, sado, odong-odong, kolam memancing dan berbagai peralatan mainan ayunan serta komedi putar.

Menariknya lagi , lapangan ini juga dekat dengan Masjid Agung Islamic Center, sehingga kita dapat melihat kemegahan masjid itu sembari bersantai dengan keluarga.

Jika anda berada di Kota Lhoksumawe dan berencana untuk liburan, tempat-tempat diatas bisa dijadikan sebagai referensi tempat mana saja yang akan anda kunjungi nantinya.

Namun satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus dipersiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Lhoksumawe, semoga bermanfaat. Happy holiday!

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Bontang

Dwi Okta
9 min read

Tempat Wisata di Batu

Dwi Okta
16 min read

Tempat Wisata di Sabang

Dwi Okta
16 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *