Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Sabang

16 min read

Tempat Wisata di Sabang

Sabang merupakan salah satu kota yang ada di Aceh yang bertetangga dengan Kota Medan dan kali ini alawisata akan memberikan informasi mengenai tempat wisata yanga ada di kota Sabang. Kota ini berbentuk kepulauan yang berada di seberang utara pulau Sumatera dengan pulau Weh sebagai pulau terbesar. Kota Sabang juga sering disebut sebagai titik paling utara Indonesia dan merupakan zona ekonomi bebeas Indonesia.

Dengan segala keindahannya yang dimiliki oleh Kota Sabang ini, membuat kota Sabang menjadi lokasi destinasi wisata yangaling diburu oleh para wisatawan. Mulai dari wisata alam, sejarah, sampai kuliner pun bisa anda temukan disini.

Untuk mempermudah perjalan anda, alawisata akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata di Sabang yang wajib anda kunjungi, yuk kita sima baik-baik .

1. Pantai Iboih

peta wisata sabang

  • Lokasi : Pantai Iboih, Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh, Indonesia
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : bungalow, atm, toko makanan, toko souvenir, penyewaan perlengkapan snorkeling, penyewaan perlengkapan diving, toilet, tempat makan, tempat penginapan

Tempat wisata di Sabang yang akan alawisata bahas pertama kali adalah Pantai Iboih. Surga yang tersembunyi di Ujung Barat Indonesia ini berada di Pulau Weh.

Pantai ini menjadi primadona para wisatawan baik lokal hingga wisatawan asing karena pesona keindahan alamnya yang hidup di sepanjang pantai maupun bawah lautnya yang cukup beranekaragam mampu membuat siapa pun terpukau ketika melihatnya.

Bagi anda para pecinta diving maupun snorkeling, Pantai Iboih akan menawarkan berbagai suguhan yang mendukung aktivitas diving maupun snorkeling anda agar semakin lebih nyaman. Seperti ombaknya yang tenang, air lautnya yang jernih, serta pemandangan yang eksotis akan semakin membuat anda betah berlama-lama di patai yang satu ini.

Selain itu para wisatawn juga dapat menikmati keindahan pantai dari atas perahu mesin yang telah tersedia untuk disewakan.

Karena Sabang termasuk salah satu Kota yang ada di Aceh dengan penduduk yang mayoritas beragama muslim, maka ada peraturan yang berlaku di pantai ini yaitu adanya larangan bagi pengunjung hawa untuk memakai bikini dan pakaian renang. Serta pada hari Kamis dan Jum’at, pengunjung tidak diperbolehkan untuk mengunjungi Pantai Iboih.

2. Pantai Sumur Tiga

rute wisata sabang

  • Lokasi : Iem Meulee, Ie Meulee, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : diving, snorkeling, penginapan dan hotel, restaurant,

Pantai Sumur Tiga merupakan salah satu favorite yang selalu di datengi oleh wisatawan lokal maupun asing ketika berada di Sabang.

Menurut cerita ada tiga sumur di pantai ini sejak jaman Belanda, sehingga pantai ini diberi nama Pantai Sumur Tiga. Uniknya lagi sumur ini memiliki air yang tawar walaupun jarak sumur dengan pantai hanya 15 meter saja.

Pantai ini diselimuti dengan hamparan pasir putih nan lembut. Pantai ini juga merupakan pantai terpanjang yang ada di Pulau Weh dengan panjang pantai mencapai 2 km.

Pepohonan kelapa yang tumbuh disekitar juga semakin mempercantik keindahan pantai. Gradasi warna biru kehijauan dengan kejernihan air yang nyaris sempurna didukung dengan keadaan pantai yang bersih serta suasana yang sepi membuat pantai ini mampu memanjakan mata setiap pengunjungnya.

Di pantai ini juga terdapat peninggalan bangsa Jepang berupa benteng bekas yang banyak terdapat di sudut sudut pantai, walaupun benteng ini tidak terawat dengan baik tetapi benteng itu masihlah dapat kita dapatkan di lokasi Pantai Sumur Tiga itu.

3. Pantai Anoi Itam

paket wisata sabang

  • Lokasi : Anoe Itam, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Nama dari pantai ini berasal dari bahasa Aceh Anoi Itam yang berarti pasir hitam. Karena kunikan pantai ini ialah pasirnya yang berwarna hitam legam karena banyaknya kandungan bijih besi yang dimilikinya. Selain itu pasir yang berada di pantai ini juga memiliki berat jenis 3 kali lipat daripada pasir di pantai-pantai lainnya.

Terlepas dari itu semua, keindahan pantai yang dihiasi oleh air lautnya yang jernih, tebing yang kokoh berdiri, serta eksotisme dari pantai ini menjadikannya salah satu pantai terindah yang ada di Indonesia dan sejajar dengan pantai lain yang telah diakui hingga ke mancanegara.

4. Pantai Ujong Kareung

keindahan sabang

  • Lokasi : Jalan H. Agus Salim, Ie Meule, Sukajaya, Kota Sabang, Pulau Weh, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai yang mulai populer pada tahun 2015 ini terletak tidak jauh dari Pantai Sumur Tiga maupun Pantai Anoi Itam.

Sangat disarankan untuk mengunjungi pantai ini dipagi hari, selain mendapatkan vitamin D dari teriknya mentari, keindahan pantai yang dipamerkan pun akan terlihat lebih sempurna.

Bagi yang suka dengan landscape fotografi alam, pantai ini sangat cocok untuk dijadikan background pemotretan. Lekukan batu karang yang berpadu dengan biru tosca air laut memang sangat indah untuk dipandang.

Dengan ombak yang tidak terlalu besar, membuat anda bebas berenang kesana-kemari di pantai ini. Didukung dengan jernihnya air laut menjadikan aktivitas berenang anda menjadi lebih nyaman.

5. Pantai Tapak Gajah

tempat snorkeling di sabang

  • Lokasi :
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Kenapa dinamakan Pantai Tapak Gajah? Karena dulu, penduduk desa sekitar pantai menumukan sebuah prasati yang berbentuk kaki gajah, dan mereka menggunakannya sebagai nama desa mereka. Lalu bagaimana dengan pantainnya? Ya! pantainya pun dinamakan Pantai Tapak Gajah karena pantai itu terleat di dalam wilayah Desa Tapak Gajah.

Di pantai ini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti fotografi, snorkeling, maupun diving. Dalam hal nuansa, pantai ini akan menyuguhkan suasana yang tenang lengkap dengan pemandangannya yang indah. Pantai ini diselimuti oleh hamparan pasir putih berih yang lembut. Di tambah dengan keberadaan pohon kelapa semakin membuat pantai terlihat asri nan alami.

Sebelum anda meninggalkan pantai ini, ada juga dapat mengambil beberapa serpihan pasir yang melimpah dan dimasukan ke dalam botol sebagai souvenir. Mengambil beberapa koral dan karang kecil juga disarankan untuk hasil yang lebih menawan.

6. Pantai Kasih

Pantai Kasih

  • Lokasi : Kuta Ateueh, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai ini masih berada di kawasan Pulau Weh yang memang banyak memiliki pantai indah dengan ciri khas masing-masing.

Karena pantai ini belum terlalu dikenal oleh banyak orang, membuat pengujung merasa seperti berada di pantai milik pribadi.

Keunikan dari pantai ini adalah adanya jejeran pohon palem serta deburan ombak yang tenang ditambah dengan pasir putih  membuat daya tarik tersendiri bagi pantai ini. Selain itu juga terdapat bangunan beton di sepanjang bibir pantai  menjadi pemisah antara jalan raya dengan pantai sekaligus sebagai pemecah ombak.

Sunset yang dimilki pantai ini juga tak kalah indahnya dengan pantai lain. Anda mulai dapat menikmatinya dari pukul 3 atau 4 sore hingga menjelang maghrib.

Puas menikmati keindahan laut, saatnya anda memanjakan perut dan lidah anda dengan kuliner khas Aceh yange tersedia di warung-warung makan sekitar pantai. Mulai dari sate gurita, mie kepiting, hingga bakpia spesial bisa anda temukan disini.

7. Pantai Gapang

Pantai Gapang

  • Lokasi : Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Nama Gapang diambil karena banyaknya pepohonan tinggi menjulang yang tumbuh disekitar pantai, dan pohon tersebut merupakan pohon Gapang.

Memandang laut lepas dengan gradasi warna yang menakjubkan, seakan menjadi obat penenang atas segala kepenatan yang dirasa. Di dunia maya, Pantai Gapang jelas menjadi inspirasi bagi para fotografer.

Keheningan pantai ini seolah membuat benak bertanya-tanya, mengapa serpihan surga didunia ini tidak banyak yang menikmatinya? Apa pun itu, bagi kalian yang berhasil singgah di pantai ini, anda akan merasakan kepuasan yang tiada habisnya sebab, Pantai Gapang ini menjanjikan keheningan tak berbanding yang tidak didapatkan di Phuket, Langkawi, atau Penang. Tak heran jika Pantai Gapang selalu dijadiakan destinasi favorite bagi semua kalangan.

Menariknya lagi, disini para wisatawan dapat menikmati hidangan lezat yang disajikan berbagai restaurant serta cafe internasional yang siap menggoyang lidah dan perut anda. Selain itu, anda juga dapat berbelanja barang branded di Pantai Gapang ini.

8. Pantai Paneuh

Pantai Paneuh

  • Lokasi : Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Berencana berkemah dengan kawan-kawan atau sanak saudara? Atau ingin membawa anak sekolah camping ke alam yang seru? Pantai Peneuh lah jawabannya!

Pantai ini merupakan pantai yang dikhususkan bagi para wisatawan yang ingin berkemah di Iboih, Sabang. Karna letaknya berada di tengah-tengah alam terbuka serta jauh dari perumahan, sehingga pantai ini menyuguhkan suasana yang tenang serta pemandangan yang sungguh asri.

Disini anda beserta kawan anda dapat melakukan aktivitas apapun mulai dari menghidupkan musik sampai larut malam, membakar api unggun, atau hanya sekedar menikmati pemandangan pantai yang menawan.

9. Pantai Pasir Putih

pantai pasir putih

  • Lokasi : Paya, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : toilet, tempat beribadah

Pulau Weh terkenal akan pantai-pantai indah  yang ada di dalamnya, salah satu pantai terbaik dari Pulau Weh ini adalah Pantai Pasir Putih yang terletak di Sukajaya.

Pantai ini mengarah langsung kearah laut lepas sehingga ombak yang yang tercipta cukup menantang untuk ditaklukan. Pantai ini tidak memiliki banyak pengunjung yang membuat pantai ini sangat terjaga kealamian dan keindahannya.

Hamparan pasir putih yang lembut nyaris menyerupai bedak bayi serta gradasi warna biru tosca air laut merupakan perpaduan sempurna yang mampu menghilangkan kerisauan serta stress di kepala. Aktivitas seperti duduk dan menikmati pemandangan adalah suatu keharusan yang harus anda lakukan ketika di kawasan pantai ini.

10. Pantai Pasir Putih Keuneukai

Pantai Pasir Putih Keuneukai

  • Lokasi : Desa Kenekai, Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : kamarmandi atau MCK, musholla, warung makan

Hempasan angin laut seakan merupakan ucapan selamat datang yang diberikan pantai ini. Pantai yang memiliki selimut berwarna putih bertesktur lembut ini memiliki keindahan alam yang begitu mengagumkan.

Mulai dari kesejukan udaranya membuat siapa saja nyaman dibuatnya. Hingga pasirnya yang begitu menggoda kaki untuk menginjaknya. Tak jarang kita akan melihat anak-anak kecil yang begitu gembira bermain ditepi pantai, dan juga melihat para pengunjung yang hanya sekedar duduk dan menggoda air pantai.

Pepepohonan yang berderet juga semakin mempercantik keindahan pantai ini. Deru ombak yang bersahabat menjadikan lokasi pantai yang cukup memberi rasa aman ketika anak-anak berenang di dalamnya. Walaupun demikian, pengawasan ekstra harus selalu diberikan oleh para orang tua.

Seolah belum puas memamerkan keindahan alam yang dimilikinya, pantai ini kembali memukau mata para pengunjung ketika sore menjelang, dimana matahari mulai tenggelam dan menyulap warna langit menjadi kemerahan berpadu dengan jernihnya air laut yang memantulkan kemerahan warna langit memberikan keindahan pemandangan alam yang sulit untuk dilupakan. Sungguh keindahan yang tiada duanya.

11.  Pantai Teupin Layeu

hotel di sabang

  • Lokasi : Pantai Teupin Layeu ini hanya terletak sekitar 22 Kilometer arah barat laut dari kota Sabang
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : musholla, MCK, toko atau kios, warung makan, hotel dan penginapan

Pantai Teupin Layeu merupakan salah satu pantai yang berada di kawasan Iboih, Sabang. Pantai ini juga menjadi tujuan utama para wisatawan di Kota Sabang yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pantai ini terkenal akan keindahaan pemandangan bawah lautnya yang menakjubkan, sehingga tak heran para wisatawan yang datang kesini lebih menyukai aktivitas seperti berenang, snorkeling, menyelam, dan berfoto ria bersama ikan kecil yang setia menemani para pengunjung.

Bagi anda yang tidak pandai berenang, tidak usah khawatir, karena ombaknya yang begitu tenang serta didukung dengan kejernihan air pantainya membuat anda dapat menikmati keindahan bawah lautnya dari atas dermaga yang biasa digunakan kapal boat para wisatawan yang singgah.

12. Pantai Keramat Pandan

Pantai Keramat Pandan

  • Lokasi : Ateuh, sukakarya .Sabang, Kuta, Kabupaten Badung, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Belum banyak yang mengeksplor pantai yang satu ini. Letaknya yang tersembunyi serta akses jalan yang belum memadai menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang yang tidak mengenal keindahan pantai ini.

Pantai yang belum banyak pengunjungnya ini, memiliki perpaduan keindahan alam antara pasir yang berwarna putih dengan air laut yang bergradasikan warna biru. Serta keberadaan batu-batu besar di sekitar pantai juga semakin menambah pesona keindahan dari pantai yang satu ini.

Deretan pepohonan yang tumbuh di pantai ini juga menambah kesejukan udara dan membuat siapa saja betah berlama-lama di pantai ini.

13. Pantai Mata Ie Sabang

tempat wisata di aceh

  • Lokasi : Ujong Kareung, Kota Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bagi anda yang bosan dengan berbagai macam aktivitas kesibukan ibukota dan menginginkan tempat liburan yang tenang nan menawan, Pantai Mata Ie Sabang jawabannya.

Pantai ini menawarkan ketenangan alam yang sungguh merileksasikan tubuh. Mulai dari arus air yang tenang, hembusan angin yang membisik kuping semakin menambah puas ketenangan hati pikiran. Dikelilingi oleh pepohonan hijau semakin menambah kesan asri dari pantai ini.

Selain itu, pantai ini juga memiliki hamparan pasir yang berwarna putih lengkap dengan air lautnya yang berwarna biru kehijauan nan jernih. Aktivitas berkemah pun dapat anda lakukan di pantai ini. Menyalakan musik hingga larut malam, membakar api unggun serta menaruh ikan di atasnya, dijamin akan membuat anda nyaman dan betah berlama-lama.

Jika anda ingin liburan ke kota Subulussalam, kunjungi juga Tempat Wisata di Subulussalam yang tak kalah bagus.

14. Pantai Batee Dua atau Pantai Ujong Batee Puteh

 

Pantai Batee Dua

  • Lokasi : Anoe Itam, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai ini juga merupakan salah satu dari pantai terindah yang ada di Kabupaten Aceh Barat. Arti Batee Puteh ini sendiri adalah pantai batu putih, sehingga sering juga disebut Pantai Batu Putih. Pantai ini lain dari pantai yang lain, karena di pantai ini kita tidak akan menjumpai adanya sunset, karena secara geografis pantai ini terletak disebelah timur.

Tapi ketika musim barat tiba sekitar bulan Juli-Desember, wisatawan akan disuguhui pemandangan yang menakjubkan dari pantai ini. Pantai dengan pasrir berwarna hitam ini memiliki tekstur yang sangat halus. Ditepi pantainya pun terdapat tebing-tebing yang mempercantik pantai.

Di pantai ini ada sebuah bukit dimana diatasnya menyimpan 3 batu nisan, yang konon katanya adalah makam kuno dari Teungku di Ujong. Tetapi diatas bukit, wisatawan juga dapat melihat pemandangan dari dua pantai yang berbeda yaitu Pantai Batee Puteh atau Pantai Batu Putih dengan pasir yang berwarna hitam dan Pantai Blang Ulam yang memiliki pasir putih bersih, unik bukan?

15. Pantai Jaboi

Pantai Jaboi

  • Lokasi : Jaboi, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Konon katanya kota Sabang terkenal akan keberadaan pantai dengan keunikannya masing-masing. Apakah benar? Jawabannya benar sekali, salah satunya adalah Pantai Jaboi.

Pantai ini lain dari yang lain, selain menawarkan keindahan pemandangan laut yang menakjubakan, tetapi yang menjadi daya tarik pantai ini ialah keberadaan dua pemandian air panas lokal yang dapat memulihkan stamina setelah melakukan kegiatan di pantai.Berita baiknya ialah bahwa pemandian air panas ini cocok untuk semua orang tanpa memandang usia, termasuk anak-anak dan balita!

Nuansa yang disuguhkan pantai ini tidak jauh beda dengan pantai lainnya. Artinya para wisatawan dapat merasakan suasana hangat dengan suasana damai di Pantai. Pasirnya yang putih dan bertekstur lembut ini juga menggoda kaki untuk selalu menginjaknya.

Selain itu para wisatawan juga dapat melakukan aktivitas lain seperti snorkeling ataupun berenang, namun perlu dicatat pengunjung harus memastikan keamanan peralatan sebelum melakukan aktivitas tersebut.

16. Pantai Arun Sabang

Pantai Arun Sabang

 

  • Lokasi : Anoe Itam, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai ini sedikit berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Disini para pengunjung tidak menemukan adaya hamparan pasir yang  luas, namun anda akan menjumpai bebatuan yang ditata rapi di tepian pantai. Bebatuan ini berfungsi sebagai pembatas antara jalan raya dengan air pantai sekaligus sebagai pemecah ombak disana.

Disini anda dapat duduk sembari melihat hemparan luasnya laut yang tiada ujung yang mampu merileksasi pikiran anda agar menjadi semakin lebih tenang.

17. Pulau Klah

penginapan di sabang

  • Lokasi : Desa Krueng Raya, Sukakarya, Kota Sabang Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : penginapan dan bungalow

Jika kamu ingin lari sejenak dari hiruk pikuk ibukota, Pulau Klah adalah jawaban yang tepat untuk menjadi tempat pelarian anda.

Pulau kecil yang tak berpenghuni dengan suasana tenang nan damai, sangatlah cocok dijadikan tempat untuk melepas penat.

Disektira Pulau ini juga terdapat batuan karang yag terjal yang semakin menambah lengkap keindahan pulau.

Karena kederadaan pulau ini terletak diantara pertemuan arus masuk dan arus keluarnya air Laut menjadikan beberapa habitat ikan mendiami perairan ini, seperti ikan cakalang dan ikan layaran, terlebih jika msim panen tiba, akan ada bazar ikan besar-besaran di tepi Pantai Kreung Raya yang ada di seberang Pulau Klah ini.

Di Pulau Klah ini juga terdapat mercusuar yang dibangun oleh Belanda tepat berada di tengah-tengah pulau. Fungsi dari mercusuar itu sebagai pemandu rute lalu lintas kapal saat malam hari, sehinga memudahkan kapal-kapal berlayar untuk berlabuh di dermaga kecil Pulau Klah.

Selain mercusuar, di pualu ini juga terdapat bekas ebebrapa bangunan rumah tua yang dibangun pada masa itu dengan arsitektur bangunan Belanda.

Para pengunjung juga dapat melakukan aktivitas seperti diving, surfing, dan snorkling di pantai pulau Klah ini, karena keindahan bawah lautnya yang dijamin tidak akan membuat anda merasa kecewa.

Tak hanya itu pulau ini juga terkenal akan kulinernya yang khas yaitu rujak, sayang rasanya kalau tidak mecicipinya sekaligus.

18. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah

  • Lokasi : Pulau Rubiah, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : penyewaan perlengkapan menyelam, penginapan, gazebo, warung makan

Pulau ini terletak disebelah barat Pulau Weh yang merupakan bagian dari kota Sabang. Luas Pulau ini mencapai 26 hektare dengan segala keindahan surga bawah laut dan wisata bahari yang sangat memukau di dalamnya.

Pulau ini juga disebut sebagai surganya taman laut di Indonesia. Hal ini lantaran pulai ini layaknya akuarium raksasa yang berisikan berbagai macam hiasan air di dalamnya.

Bagi anda para pecinta snorkeling maupun diving,tentulah pulau ini harus masuk sebagai salah satu daftar tujuan liburan anda.

Gugusan terumbu karang yang berwarna-warni lengkap ditemani dengan berbagai jenis ikan tropis seperti gigantic clams, angel fish, school of parrot fish, lion fish dan banyak lagi yang lainnya semakin menambah keeksotikan dari taman bawah laut di sini.

Fakta unik dari pulau ini yaitu selain dijadikan kawasan wisata, tetapi pulau ini juga dijadikan sebagai tempat penelitian biota laut seperti ikan karang dan terumbu karang.

Dari 15 jenis biota laut yang dilindungi Indonesia, 14 diantaranya terdapat di Taman Laut Pulau Rubiah ini. Sungguh sebuah tempat yang sangat layak untuk dikunjungi terutama bagi mereka yang memiliki hobi menyelam.

19. Pulau Seulako

Pulau Seulako

  • Lokasi : Pulau Rubiah, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Satu lagi pulau indah yang ada di kota sabang adalah Pulau Seulako. Pulau mungil menakjubkan ini mempunyai luas sekitar 0,055 km2 dengan berbagai kehidupan biota laut di bawahnya yang masih sangat terjaga. Pulau ini juga merupakan salah satu pulau kebanggaan kota Sabang, karena keberadaan beragam hayati yang sangat kaya di dalamnya.

Keberagaman hayati inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Sehingga tak heran, banyak pengunjung dari lokal maupun mancanegara yang sengaja datang hanya untuk menyelam, dan menikmati taman bawah laut pulau Seulako ini.

20. Danau Aneuk Laot

Danau Aneuk Laot

  • Lokasi : Sukakarya Kota Sabang Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Dalam bahasa Indonseia, Danau Aneuk Laot berarti Danau Anak Laut. Danau ini berlokasi di Pulau Weh dengan luas sekitar 37,5 hektar dan berperan penting untuk kota Sabang karena air tawar di danau ini digunakan oleh penduduk setempat untuk kegiatan sehari-hari.

Bahkan PDAM kota Sabang juga memanfaatkan air Danau Aneuk Laot ini untuk menyuplai air bersih kepada penduduk kota Sabang.

Selain untuk suplai air kota Sabang, danau ini juga digunakan sebagai salah satu obyek wisata menarik untuk dikunjungi bagi wisatawan yang sedang berlibur di pulau Weh. Hal ini disebabkan karena danau tersebut menawarkan sebuah panorama alam yang indah.

Nuansa bukit hijau yang mengelilingi danau dapat memberikan kesan teduh dan asri, sehingga sangat tepat sebagai tempat rekreasi bagi para wisatawan. Udaranya yang sangat bersih serta suasana yang sangat sejuk juga mnenjadi nilai tambah tersendiri yang membuat siapa saja betah untuk berlama-lama singgah.

21. Air Terjun Pria Laot

Air Terjun Pria Laot

  • Lokasi : Batee Shoek, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk :
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Berlibur di Pulau Weh tidak hanya berlibur di tepi pantai atau danaunya saja, disni juga terdapat objek wisata air terjun salah satunya adalah Air Terjun Pria Laot. Air terjun yang berada di hulu Gunung Sarung Keris ini menawarkan sebuah pesona alam yang masih asri nan alami.

Pepohonan hijau juga semakin membuat kesan eksotis di area air terjun. Disini para wisatawan dapat mendengar aneka kicauan burung liar dan melihat beberapa satwa liar lainnya yang seakan-akan menyambut kedatangan wisatawan di tempat wisata ini.

Seperti air terjun pada umumnya, air terjun ini juga memiliki air terjun alami di bawahnya yang memiliki luas 10 meter persegi dengan kedalaman antara 1 – 1,5 meter yang dapat anda manfaatkan sebagi tempat berenang atau pun berendam, pasti akan sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Menariknya lagi, semakin lama anda berendam di kolam ini anda akan merasakan sensasi menggelitik, hal ini disebabkan karena adanya ikan-ikan kecil yang biasanya terdapat pada kolam terapi yang disebut dengan ikan Garra Rufa. Namun, penduduk setempat menyebutnya ikan bulan.

Ikan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Meskipun berukuran kecil, ikan Garra Rufa ini bisa membuang sel-sel kulit mati khusunya pada bagian telapak kaki. Selain memakan sel-sel kulit mati tersebut, ikan ini akan mengeluarkan sejenis enzim dari mulutnya yang bisa membuat kulit tersasa lebih lembut.

Enzim tersebut juga merangsang pertumbuhan kulit baru, sehingga kulit menjadi lebih halus dan elastis serta mencegah pertumbuhan kulit yang tidak sehat. Menarik ya!

22. Gua Sarang

Gua Sarang

  • Lokasi : Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-19.00

Selanjutnya ada Gua Sarang yang sering disebut sebagai versi mininya raja ampat. Objek wisata yang satu ini memiliki panorama alam yang indah dan mempesona. Berada di kaki tebing dan juga perbukitan yang menjorok ke laut biru membuat akses menuju goa ini sedikit membutuhkan tenaga ekstra.

Namun, sesampainya di gua ini lelah anda akan langsung terbayarkan dengan eksotisme guabak nirwana di dunia nyata. Air laut berwarna tosca dipadu dengan banyak gugusan pulau-ulau kecil seperti Raja Ampat, sungguh pesona panorama yang memikat.

Tak hanya itu, disini juga terdapat spot selfie kekinian yang membuat para wisatawan berbondong-bondong datang ke sini. Tunggu apa lagi? Yuk langsung saja mampir ke Gua Sarang.

23. Benteng Jepang Anoi Itam

Benteng Jepang Anoi Itam

  • Lokasi : Ujong Kareung, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-19.00

Potensi wisata selanjutnya ada Benteng Jepang Anoi Itam. Benteng ini merupakan peninggalan Jepang ini dibangun antara tahun 1942-1945. Dimana benteng ini dulunya digunakan sebagi tempat penyimpanan untuk berbagai jenis senjata bagi para armada Jepang.

Yang unik dari banteng ini adalah keberadaanya yang terletak dibibir pantai dan memiliki keindahan alam berupa pemandangan bukit yang berhias anak tangga serta pepohonan yang hijau dan juga rindang serta rerumputan yang menyelimuti bukit.

Keindahan dari air laut yang memancarkan warna kebiruan juga menambah panorama dan pesona keindahan yang cukup unik. Jika anda berdiri di atas benteng ini yang terletak di atas bukit maka akan terlihat dengan jelas pemandangan laut lepas yang membentang luas.

Sealin itu, anda disini juga dapat melihat keindahan matahari senja ataupun matahari terbit yang begitu memukau. Nah bagi para penggila atau pemburu keindahan sunset dan sunrise maka tempat ini wajib anda masukan ke dalam list tujuan wisata yang wajib anda dikunjungi.

24. Mercusuar Balohan

Mercusuar Balohan

  • Lokasi : Ferry Terminal, Balohan, Sukajaya, Balohan, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Objek wisata selanjutnya ada Mercusuar Balohan. Mercu suar ini memiliki warna yang cukup unik karena memiliki warna merah di bagian atas serta warna putih yang terletak di tengah hingga bawah mercusuar yang menyimbolkan warna bendera Indonesia.

Selain digunakan untuk memnadu kapal para nelayan, keberadaan mercusuar ini juga sering dimanfaatkan sebagai tempat wisat karena memiliki suasana yang segar dan cukup menenangkan. Tak jauh dari mercusuar ini juga terdapat rumah penduduk yang akan membuat perjalanan anda semakin mudah.

25. Mercusuar Ie Meulee

Mercusuar Ie Meulee

  • Lokasi : Jl. Pesisir Pantai Panjang, Tj. Jaya, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Mercusuar ini agak berbeda dengan mercusuar lainnya. Terletak di bibir pantai membuatnya ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Tak hanya itu, warna cat warna-warni mercusuar ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa wisatawan.

Disini juga terdapat kursi yang menghadap langsung ke arah pantai, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat bersantai anda sembari menikmati panorama alam pantai yang mempesona.

26. Mercusuar Ujong Asam

Mercusuar Ujong Asam

  • Lokasi : Kuta Barat, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Mercusuar yang memiliki fungsi utama untuk memandu kapal masuk keteluk Sabang. Mercusuar ini sepenuhnya berwarna putih dan memiliki ketinggian mencapai 20 meter. Namun mercusuar ini jarang sekali dikunjungi oleh para wisatawan tak seperti mercusuar sebelumnya.

Mercusuar yang langsung menghadap pantai serta berada persis di bibir pantai ini menawarkan pemandangan yang tak kalah indahnya. Sembari bersantai dan bergurau bersama teman sepertinya sangat mengasikan dilakukan di tempat yang satu ini.

27. Pemandian Air Panas Keuneukai

Pemandian Air Panas Keuneukai

  • Lokasi :
  • Tiket Masuk :
  • Jam Buka :

Seletah berwisata ke pantai, air terjun, dan objek wisata lainnya, saatnya anda merefleksikan diri ke kolam Pemandian Air Panas Keuneukai. Sumber air panas dari pemandian air panas ini berasal dari gunung api Jaboi yang terletak di tengah pulau Weh dan aman untuk digunakan karena kadar belerangnya masih dalam batas wajar.

Menariknya kolam yang satu ini, selain anda berendam di air panas disini anda dapat juga menatap indahnya pesona lautan yang biru, serta hijaunya pepohonan yang akan memberikan kesan teduh dan terasa sejuk di mata. Dijamin akan memanjakan anda dan membuat anda betah untuk berlama-lama disini.

28. Tugu Kilometer Nol Indonesia

Tugu Kilometer Nol Indonesia

  • Lokasi : Iboih, Sukakarya, Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : toilet, toko oleh-oleh

Berkunjung ke kota Sabang sepertinya kurang pas jika tidak berkunjung ke Tugu Nol Kilometer. Lokasinya yang berada di kawasan hutan, membuat perjalanan anda menuju monumen akan banyak menjumpai monyet-monyet yang berjalan bebas. Tinggi tugu nol kilometer ini snediri mencapai 43,6 meter dengan empat pilar penyangga yang megah.

29. Tugu Simpang Garuda

Tugu Simpang Garuda

  • Lokasi : Jl. Yos Sudarso, Kuta Ateueh, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Siapa sih yang nggak tau tugu yang satu ini. Letaknya yang berada tepat di bundaran jalan yang menghubungkan ke semua arah kota Sabang membuat siapa saja yang berada di kota Sabang melewatinya. Bentuknya yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengabadikan gambar dengan latar belakang si Tugu Simpang Garuda

30. Tugu I Love Sabang

Tugu I Love Sabang

  • Lokasi : Cot Ba’u, Sukajaya, Cot Ba’u, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tugu selanjutnya yang selanjutnya yang berada di kota Sabang adalah Tugu I Love Sabang. Kodisi area tugu yang bersih serta asri membuat siapa saja penasaran untuk datang. Tak hanya itu spot foto yang unik juga bisa menjadi latar belakang menarik untuk kegiatan berselfie anda.

Berada tak jauh dari pelabuhan Balohan membuatnya menjadi salah satu tempat yang bisa digunakan sebagai spot untuk menikmati matahari tebenam (Sunset) ke ufuk barat.

Tempat ini sangat ramai di kunjungi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk menikmati pemandangan indah dan untuk mengabadikan momen selfi di Tugu I LOVE SABANG.

31. Spot Bukit Klah

Spot Bukit Klah

  • Lokasi : Desa Krueng Raya, Sukakarya, Kota Sabang Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Jika anda berkunjung ke Pulau Klah, anda tidak boleh melewatkan spot yang satu ini yaitu Spot Bukit Klah. Disini anda akan menikmati pemandangan hamparan laut biru dan pulau kecil ditengahnya yang sangat mengagumkan. Tak hanya itu, susananya yang segar dan masih sangat terjaga kealamiannya membuat anda betah untuk berlama-lama singgha di bukit ini.

32. Sabang Hill

Sabang Hill

  • Lokasi : Jalan Sultan Iskandar Muda, Kebun Merica, Kota Sabang, Aceh
  • Harga Sewa : Rp 499.730 – Rp 1.500.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : listrik 24 jam, ruang karaoke, penampilan musik setiap malam minggu, akses internet, handuk, sabun, pasta, sikat gigi

Sabang Hill merupakan sebuah hotel di kota Sabang yang bisa jadi pilihan anda untuk melepas lelah sehabis menikmati indahnya alam di kota Sabang. Anda tak perlu susah mencari tempat penginapan jika berwisata ke Sabang. Cukup tanya warga sekitar mengenai lokasi hotel tersebut dan nikmati kenyamanan dan keindahan Sabang dari Sabang Hills.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di kota Sabang, dengan segala keindahan yang terdapat di dalamnya membuat siapa saja penasaran untuk menjelajahi detail satu persatu sudut kotanya, namun satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Sabang, semoga bermanfaat.

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Bontang

Dwi Okta
9 min read

Tempat Wisata di Batu

Dwi Okta
16 min read

Tempat Wisata di Banjar

Dwi Okta
11 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *