Tempat Wisata di Batu

Share
Comment 0 reply
Tempat Wisata di Batu

Pernah mendengar kota Batu sebelumnya? Kali ini alawisata akan membahas mengenai Tempat Wisata di yang ada di Batu .

Kota Batu merupakan salah satu kota yang berada di provinsi Jawa Timur yang dahulu wilayah administrasinya masuk ke dalam wilayah administrasi kabupaten Malang.

Namun sering dengan perubahan zaman dan perubahan dalam struktur pemerintahan Indonesia tepatnya tanggal 17 Oktober 2001, kota Batu ditetapkan sebagai kota otonom dan lepas dari Kabupaten Malang.

Fakta unik dari kota ini ialah kota Batu menjadi salah satu kota wisata yang terkemuka di Indonesia karea potensi  keindahan alamnya yang luar biasa.

Bahkan bangsa Belanda kagum akan keindahan dan keelokan alam Batu hingga disejajarkan dengan sebuah negara di Eropa yaitu Swiss serta dijuluki sebagai De Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil di Pulau Jawa.

Penasaran mana saja tempat-tempat menakjubkan yang ada di kota ini? Nah untuk itu alawisata akan memberikan beberapa rekomendasi tempat-tempat wisata yang ada di kota Batu nih. Yuk simak baik-baik artikelnya.

1. Kawasan Wisata Coban Talun

Kawasan Wisata Coban Talun

  • Lokasi : Kawasan Wisata Coban Talun, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu
  • Tiket Masuk : Rp 7.500 per orang, Rp 100.000 (Harga Satu Area Perkemahan)
  • Jam Buka : 08.00-16.00

Tempat wisata pertama yang akan alawisata bahas adalah Coban Talun. Objek wisata yang satu ini memang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan oleh para travellers karena menyimpan berbagai keindahan di dalamnya. Diantaranya seperti Apache Camp, Pagupon Camp, Bunga Matahari Raksasa, dan kawasan Kebun Bunga.

Tak hanya itu disini juga terdapat air terjun yang masih sangat terjaga kealamiannya, dan menyuguhkan suasana yang segar nan sejuk. Di Coban ini sendiri juga terkenal akan tempatnya yang cocok sebagai bumi perkemahan dan outbound bagi para siswa sekolah, mahasiswa, maupun komunitas tertentu. Pokoknya seru deh, dijamin nggak akan bosan berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.

2. Taman Labirin Coban Rondo

tempat wisata di batu malang yang instagramable

  • Lokasi : Jurangrejo, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Siapa sih yang tk kenal dengan wisata alam Coban Rondo? Bahkan karena kepopulerannya banyak diketahui oleh wisatawan dari luar kota Malang lho.

Di tempat ini kamu akan merasakan sensasi wisata yang berbeda dari tempat lain. Berbentuk labirin dan menantang kecerdasan kamu dalam membaca arah. Datanglah ketempat ini dan buktikan kecerdasan kamu dengan cara menemukan pusat labirinnya dalam waktu 10 menit! Berani coba? Coba sekalian bawa pasangan, atau teman mu agar lebih seru!

Dengan memanfaatkan tanaman hijau yang memiliki tinggi sekitar 2 meter membentuk menyerupai dinding, membuat tempat ini terasa sejuk dan membuat nyaman siapa saja yang mengunjunginya.

3. Omah Kayu

tiket masuk wisata batu malang

  • Lokasi : Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 09.00-17.00

Memilki tagline ‘Not Just Tree House’ Omah Kayu akan memberikan pengalaman luar biasa yang menarik untuk kamu semua. Bersantai di tengah hutan pinus plus menikmati kota Batu dari atas gunung bak melakukan paralayang merupakan sensasi yang ditawarkan di tempat yang satu ini.

Banyaknya spot foto unik juga menjadi daya tarik bagi para pengunjung untuk menjelajahi sudut tiap sudut dari Omah Kayu ini.

4. Coban Putri

wisata batu malang terbaru 2019

  • Lokasi : Desa Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 – Rp 10.000
  • Jam Buka : 09.00-17.00
  • Fasilitas : gardu pandang, toilet, kolam, jembatan, ayunan

Sesampainya anda di lokasi wisata yang satu ini, anda akan dibuat kaguma akan suguhan keindahan yang ada di dalamnya. Butiran-butiran air yang berasal dari aliran air yang jatuh dari puncak air tejun akan langsung menyambut anda dengan lembut.

Dengan sentuhan pembangunan yang epic, dibentuklah sebuah kolam sederhana di dekat air terjun untuk membentuk arus yang bertingkat.

Tak hanya itu, disini juga erdapat jembatan serta ayunan yang dapat dijadiakn spot foto yang menarik. Bahkan disini juga terdapat gardu pandang yang dapat anda manfaatkan untuk melihat pemandangan alam berupa pegunungan, serta bukit-bukit hijau yang sebagian besar ditumbuhi pohon pinus.

5. Air terjun Coban Talun

wisata malang terfavorit

  • Lokasi : Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Malang
  • Tiket Masuk : Rp 10.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 4.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 07.00-17.00
  • Fasilitas : kamar mandi, WC, persewaan tenda, area parkir, warung makan

Sesampainya anda di air terjun ini, anda akan langsung di sapa dengan suara gemercik air dan juga burtiran-butiran air menyerupai embun yang membasahi muka. Pesona alamnya yang indah dan juga sejuk menjadi daya tarik tersendiri bagi air terjun ini.

Uniknya lagi, saat cuaca sedah cerah, percikan air yang berhembus akan menimbulkan pelangi yang begitu indah dan bisa dilihat di setiap sudut lokasi wisata. Membayangkannya saja sudah sangat indah bukan?

6. Air terjun Coban Rondo

Air terjun Coban Rondo

  • Lokasi : Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk:
  1. Wisatawan Domestik Rp 8.000
  2. Wisatawan Asing Rp 10.000
  3. Kendaraan Roda Dua Rp 2.000
  4. Kendaraan Roda Empat Rp 4.000
  5. Kendaraan Roda Enam Rp 6.000
  6. Parkir Roda Dua Rp 4.000
  7. Parkir Roda Empat Rp 4.000
  8. Parkir Roda Enam Rp 6.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : penginapan, warung makan

Air terjun Coban Rondo merupakan salah satu air terjun yang sangat terkenal di Batu dan Malang. Berada di ketinggian 1.135 mdpl membuat suasana di areal air terjun menjadi sejuk dan juga dingin. Diresmikan pada tahun 1980, air terjun ini memiliki pemandangan yang masih sangat alami. Debit air yang dihasilkan air terjun inipun sangatlah besar mencapai 90 hingga 150 liter per detik.

Tak hanya pemandangan alamnya saja, kawasan air terjun ini pun di dukung oleh wahana-wahana seru sekaligus menantang, seperti fun tubing, paint ball, serta satwa dan kebun dimana para pengunjung dapat melakukan aktivitas berkuda, bersepeda gunung, outbound pelajar, outbond kid/care, labirin, kereta kelinci, sahabat peternak dan petik apel. Mengasikan bukan?

7. Coban Rais

wisata payung batu

  • Lokasi : Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu
  • Tiket Masuk : Rp 7.500 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 07.00-15.00
  • Fasilitas : area parkir, kamar mandi, toilet

Sealin Coban Rondo, terdapat coban lain yang tak kalah indahnya yaitu Coban Rais. Dahulu coban ini bernama Coban Sabrangan karena apabila ingin menuju ke lokasi tersebut harus menyebrang belasan sungai. Namun setelah dijadikan kawasan wisata coban ini telah memiliki nama populer yaitu Coban Rais.

Berada di ketinggian 1025 mdpl, membuat coban satu ini memiliki hawa yang sejuk dan juga dingin. Wisata ini menawarkan pemandangan yang sangat indah, khusunya air terjunnya yang menjadi suguhan utama wisata ini.

Air terjun itu sendiri memiliki tinggi sekitar 20 meter dengan kecuraman mencapai 90 derajat yang bernama Air Terjun Coban Rais. Hamparan perbukitan hijau nan luas yang penuh dengan semak belukar menjadi latar belakang yang eksotis dari air terjun ini.

Tak hanya air terjun, disini juga terdapat Bukit Bulu dan Batu Flower Garden yang mempunyai spot foto menarik yang sayang untuk anda lewatkan. Spot foto yang ada diantaranya adalah spot panggung i love u, ayunan, bukit flower, hammock, gardu pandang, speda gantung, dan masih banyak lagi.

Menikmati keindahan panorama alam lengkap dengan segala penunjang wisatanya dijamin akan membuat suasana hati anda ceria kembali.

8. Eco Green Park

tempat wisata di malang dan harga tiket masuknya 2019

  • Lokasi : Jl. Oro-Oro Ombo No.9A, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
    • Weekdays : Rp 50.000
    • Weekend : Rp 70.000
    • Tiket terusan paket KAGET 2 (Jatim Park 2 + Eco Green Park Malang) : Rp 105.000 (Senin-Kamis) & Rp 150.000 (Jum’at-Minggu)
    • Tiket sakti berlaku 2 hari ke 8 destinasi Jatim Park Group : Rp 375.000
    • Tiket super sakti berlaku 3 hari ke 8 destinasi Jatim Park Group : Rp 450.000
  • Jam Buka : 09.00-17.00
  • Fasilitas : area parkir, musholla, toilet, shuttle, klinik, kursi roda, ambulance, ebike Rp 100.000/ 3 jam

Selain Kebun Raya Bogor yang menjadi destinasi wisata untuk mengenal alam lebih dekat, di Jawa Timur juga ada lho tempat wisata yang bertema seperti itu, tempat tersebut adalah Eco Green Park.

Dari namanya saja sudah kebayang dong objek wisata apa saja yang ada di dalamnya. Yups! Disini anda akan belajar banyak hal tentang lingkungan dengan cara yang sangat unik dan menarik.

Mulai dari berpetualang di tengah hutan, bertemu dengan beo cantik, mendaur ulang sampah, water outbound, mengunjungi rumah terbalik, bahkan melakukan perjalanan untuk merasakan kerusakan alam yang telah diperbuat manusia. Penasaran? Yuk datang langsung ke Eco Green Park, dijamin akan memberikan pengalaman berlibur yang berkualitas dan juga menyenangkan.

9. Kusuma Agrowisata

Kusuma Agrowisata

  • Lokasi : Jalan Abdul Gani Atas, Batu
  • Tiket Masuk : Rp 20.000 (Weekday), Rp 25.000 (Weekend)
  • Jam Buka : 08.00-17.00 (Weekdays), 08.00-18.00 (Weekend & Holiday)
  • Fasilitas : area parkir, toliet bersih, musholla, food and coffe, waterpark, hotel, villa, outbound, ATV, toko souvenir, war game, airsoft gun

Objek wisata ini merupakan tempat agrowisata apel malang yang berada di ketinggian 1000 meter dari permukaan lair aut dan terletak di lereng pegunungan panderman.

Disini para pengunjung dapat melakukan aktivitas berkebun yang asik seperti memetik buah-buahan segar mulai dari buah apel, jeruk, jambu merah, buah naga, stroberi, dan juga berbagai sayuran hidroponik.

Tak usah khawatir jika memetik buah dengan kualitas yang kurang bagus, pasalnya semua tanaman yang ditanam disini merupakan produk unggulan yang tidak perlu lagi diragukan.

Selain itu, wahana penunjang wisata juga banyak tersedia disini, sehingga dijamin anda tidak akan bosan untuk menjelajahi tempat ini sudut demi sudutnya.

10. Kaliwatu Rafting

Kaliwatu Rafting

  • Lokasi : Jl. Bung Tomo No.19, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Bagi anda para penghobi wisata adrenalin, Kaliwatu Rafting pas banget nih dijadikan next tujuan wisata anda.

Kaliwatu sendiri merupakan pusat pelatihan pengembangan sumber daya manusia yang bergerak dalam bidang jasa berbasis wisata adventure dengan menggunakan metode pendekatan outdoor activity (Adventure Model).

Kegiatan yang dilakukan pun cukup bervariasi mulai dari Paint Ball, Tubing atau Donut Boat, Wisata Petik Apel, Gowes (Mountain Bike), Motor Trail, Paralayang, Mountain Climbing, dan yang utama adalah arung jeram.

11. Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo

  • Lokasi : Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
    • Regular Weekdays : Rp 84.000
    • Regular Weekend : Rp 120.000
    • Tiket terusan paket kaget 2 Weekdays (Tiket Masuk Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park) : Rp 105.000
    • Tiket terusan paket kaget 2 Weekend (Tiket Masuk Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park) : Rp 150.000
    • Tiket sakti (Jatimpark 1, Batu Secret Zoo, Museum Satwa, Eco Green Park, BNS, Museum Tubuh, Museum Angkut dan Predator Fun Park) : Rp 375.000 (2 hari) & Rp 450.000 (3 hari)
  • Jam Buka : 10.00-18.00
  • Fasilitas : penginapan, rumah makan dan restaurant, toko souvenir

Seperti namanya, tempat ini merupakan kebun binatang  modern dan juga beredukatif. Para pengunjung dapat menjumpai berbagai jenis hewan, dari hewan reptil hingga hewan air, dari hewan lokal sampau hewan internasional di kebun binatang yang satu ini.

Untuk memudahkan para pengunjung menjelajahi kebun binatang, Batu Secret Zoo membagi wilayahnya ke dalam beberapa zona sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Menariknya lagi, selain kebun binatang, tempat wisata ini juga memiliki wahana permainan yang bernama Fantasy Land. Di dalam Fantasy Land ada sekitar 20 wahana permainan yang cukup lengkap dan menghibur pengunjung yang datang.

12. Taman Wisata Selecta

Taman Wisata Selecta

  • Lokasi : Kota Wisata Batu, Jl. Raya Selecta No. 1, Tulungrejo, Bumiaji, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 30.000
  • Jam Buka : 06.00-17.00
  • Fasilitas : restaurant, pasar bunga, villa dan hotel, wahana permainan

Siapa sih yang gak tau Taman Wisata Selecta? Wisata ini terkenal akan banyak hal menarik yang bisa pengunjung dapatkan hanya dengan mengunjungi 1 tempat ini saja. Selain terkenal akan taman bunganya yang indah, wahana air, perahu ayun, pasar bunga, bioskop 4D juga terdapat di tempat ini.

Objek utama wisata ini memang taman bunganya yang indah, mulai dari Bunga Kana, Krisan, Ajisai, dan berbagai jenis bunga dari daerah daerah di indoensia tertanam rapi disini yang siap membuat mata anda terpukau akan keindahannya.

Menariknya lagi disini para pengunjung juga dapat melakukan kegiatan asik lainnya seperti sky bike, sepeda air, bermain di arena waterboom, perahu ayun, flying fox, wahana binantang meliputi  akuarium ikan raksasa, Taman Dinosaurus, dan Goa Singa, hingga berkuda dapat anda lakukan semua di tempat satu ini.

13. Wisata Paralayang Batu

Wisata Paralayang Batu

  • Lokasi : Jl. Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000 (Weekdays), Rp 15.000 (Weekend), Rp 5.000 (Parkir Motor), Rp 20.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : –

Kawasan wisata dibuka 24 jam setiap harinya

Untuk Tandem Paralayang dibuka mulai pukul : 07.00-17.00 (Sabtu-Kamis), 01.00-17.00 (Jum’at)

Bagi anda yang suka wisata ekstrem, tentunya kegiatan paralayang patut untuk anda coba. Wisata Paralayang Batu ini bisa dinikmati oleh semua orang mulai dari umur 14 hingga 60 tahun, namun dengan catatan umur 18 tahun harus mempunyai persetujuan dari orang tua.

Lewat kegiatan paralayang anda dapat melihat keindahan kota Batu Malang yang luar biasa dari atas Gunung Banyak, asik bukan?

Namun jangan khawatir jika anda takut akan ketinggian, anda juga dapat nongkrong di cafe paralayang batu dengan aneka minuman dan makanan serta cemilan yang enak di lidah khas masakan Jawa ditemani dengan pemandangan sekitar yang tak kalah indahnya.

14. Wisata Pujon Kidul

tempat wisata di pujon batu

  • Lokasi : Pujon Kidul, Pujon, Malang
  • Tiket Masuk : Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 08.00-19.00 (Senin-Jum’at), 08.00-22.00 (Sabtu-Minggu)

Pujon Kidul sendiri merupakan sebuah desa yang menawarkan kegiatan eduwisata seperti petik sayur, outbound, camping, belajar membuat biogas, mengolah susu, atau beternak.

Tak hanya itu, spot unik di desa ini juga banyak banget dan mudah untuk kita jumpai. Mulai dari cafe sawaha, taman bunga, spot narsis dengan background alam, hingga cafe The Roudh 78 yang siap menyiapkan menu lokal hingga internasional untuk anda.

Eitsss disini anda juga dapat melakukan kegiatan off road dan juga berkuda lho. Seru bukan? Yuk mampir ke Pujon Kidul dan habiskan waktu anda disini.

15. Jawa Timur Park 1

Jawa Timur Park 1

  • Lokasi : Jl. Kartika No.2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
    • Regular Weekdays : Rp 70.000
    • Regular Weekend : Rp 100.000
    • Tiket masuk terusan Weekdays : Rp 130.000
    • Tiket masuk terusan Weekend : Rp 150.000
    • Tiket Sakti include tiket Jatim Park 1, Batu Secret Zoo, Museum Satwa, Museum Tubuh, Eco Green Park, Predator Fun Park, Museum Angkut (D’topeng + Runway 27) dan BNS : Rp 375.000 (2 hari) & Rp 450.000 (3 hari)
    • Tiket Hemat Pelajar : Rp 70.000 – Rp 100.000
  • Jam Buka : 08.30-16.30
  • Fasilitas : restaurant, cafe, musholla,

Jatim Park 1 atau Jawa Timur Park 1 merupakan salah satu tempat wisata rekreasi andalan kota Malang yang berhasil menarik para pengunjung dari luar kota. Karena kesuksesanya, membuat pengelola juga membangun lagi tempat rekreasi Jatim Park 2 yang letaknya tak terlalu jauh dari Jatim Park 1.

Perbadaan antar keduanya yaitu, pada Jatim Park 1 lebih banyak memiliki wahana permainan sekitar 50 lebih, sedangkan wahana permainan di Jatim Park 2 hanya sekitar 35, namun wahana permainan di Jatim Park 2 banyak yang lebih menarik dan konsep edukasinya lebih dapet, selain itu di Jatim Park 2 ada Batu Secret zoo dan penginapan Pohon Inn yang tidak ada di Jatim Park 1.

16. Jawa Timur Park 2

Jawa Timur Park 2

  • Lokasi : Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
    • Jatim Park 2
      • Senin-Kamis : Rp 75.000
      • Jum’at-Minggu : Rp 105.00
    • Jatim Park 2 + Eco Green Park atau Jatim Park 2 + Museum Tubuh
      • Senin-Kamis : Rp 85.000
      • Jum’at-Minggu : Rp 125.00
  • Jam Buka : 09.30-18.00
  • Fasilitas : area parkir, mushola, toilet, food court daun, cafe garden, cafe istana semut, food court castle, ebike Rp 100.000/3 jam

Setelah sukses dengan Jatim Park 1 baru baru ini, kota Malang mendirikan Jatim Park 2 yang tak kalah menarik.

Jawa Timur Park 2 ini merupakan destinasi wisata standar internasional yang sudah sangat terkenal dan menjadi salah satu icon pariwisata provinsi Jawa Timur. Banyak pengunjung dari luar kota berbondong-bondong untuk datang ke tempat wisata yang satu ini.

Konsep yang diterpakan tempat ini ialah eduwisata, sehingga selain wahana permainannya yang sangat lengkap, para pengunjung juga dapat belajar di dalamnya.

Area di dalam Jawa Timur Park 2 sendiri terbagi menjadi 3 areal utama, yaitu Museum Satwa, Eco Green Park dan Secret Zoo. Secret Zoo dan Eco Green Park memiliki koleksi binatang serta wahana permainan. Namun, baik koleksi binatang ataupun permainannya berbeda.

17. BNS (Batu Night Spectacular)

BNS (Batu Night Spectacular)

  • Lokasi : Jalan Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 30.000 (Weekdays), Rp 40.000 (Weekend), Rp 100.000 (Tiket terusan exc Go Kart, Trampoline, Battle Area, Arena Ketangkasan, dan VR Ride)
  • Jam Buka : 15.00-23.00 (Senin-Kamis), 15.00-00.00 (Jum’at-Minggu)

Mencari tempat wisata malam hari yang enak buat dihabiskan bersama keluarga? BNS (Batu Night Spectacular) mungkin bisa menjadi alternatif tempat wisata malam anda selanjutnya. Dihiasi oleh lampu kerlap-kerlip warna-warni membuatmu malam kamu berwarna dan juga betah berlama-lama disini.

Karena memang diperuntukan sebagai wisata malam, maka tempat ini dibuka dari sore hari menjelang pagi hari. Disini juga terdapat wahana seru yang dapat menghibur waktu malam kamu.

Sedikiit informasi jika anda akan berkunjung ke tempat ini jangan membawa makanan atau minuman apapun dari luar, karena sangat dilarang ketika mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

18. The Bagong Adventure Museum Tubuh

The Bagong Adventure Museum Tubuh

  • Lokasi : Jl. Kartika No.2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 40.000 (Weekday), Rp 60.000 (Weekend)
  • Tiket Sakti (include Jatimpark 1, Jatimpark 2 (Batu Secret Zoo & Museum Satwa), Eco Green Park, BNS, Museum Tubuh, Museum Angkut, dan Predator Fun Park) : Rp 300.000 (2 hari) & Rp 400.000 (3 hari)
  • Jam Buka : 08.30-16.30
  • Fasilitas : foodcourt, lift

Selain Eco Green Park, ternayat kota Batu juga terdapat lokasi eduwisata yang patut untuk anda kunjungi, salah satunya adalah The Bagong Adventure Museum Tubuh yang sering disapa sebagai museum tubuh. Dinamakan bagong karena dari depan bangunan ini nampak seperti kepala bagong

Disini anda dapat mempelajari oragan tubuh yang ada pada manusia serta sistem kerjanya dengan cara yang lebih menyenangkan.

Terdapat beberapa zona yang dapat anda kunjungi diantaranya zona otak, become a doctor, jantung, paru-paru, the value adventure, mulut, mata, hingga zona 3D yang sangat sayang untuk anda lewatkan.

Jika anda juga pergi ke Sabang, kunjungi juga Tempat Wisata di Sabang yang tak kalah bagus.

19. Museum Satwa

Museum Satwa

  • Lokasi : Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu
  • Tiket Masuk : Rp 49.000 – Rp 70.000
  • Jam Buka : 10.00-18.00

Museum ini masih bagian dari Jatim Park 2 dimana museum ini menampilkan satwa-satwa yang diawetkan dari berbagai negara diseluruh benua, seperti benua Amerika, Afrika, Asia, Australia, Eropa, Artik, hingga Antartika.

Tapi jangan salah sangka ya guys untuk hewan yang diawetkan bukan dari hasil perburuan, melainkan memang hewan yang sudah mati dan kemudian diawetkan.

Tak hanya itu, di museum ini juga terdapat replika fosil-fosil hewan purba seperti Mammoth, Stegosaurus, Tirex, dan lainnya. Museum ini merupakan museum terbesar yang ada di Indonesia dengan desain yang tak kalah saing denagn museum satwa yang ada di dunia. Cool!

Menariknya lagi, disana kita akan meilhat berbagai macam satwa dalam diorama yang sesuai dengan habitat aslinya, seut saja Harimau Sumatra, Snow Leopard, Polar Bear sampai California Sea Lion terlihat seperti di alam bebas. Unik bukan?

20. Batu Wonderland Waterpark

Batu Wonderland Waterpark

  • Lokasi : Jl. Imam Bonjol No.9, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000 (Weekdays), Rp 20.000 (Weekend & Holiday)
  • Jam Buka : 09.00-17.00
  • Fasilitas : penyewaan ban, hotel dan penginapan, play ground, shopping center, water park, resto dan cafe

Suka jalan-jalan sekaligus mempunyai hobi bermain di wahana air? Nah pas banget nih, kalian harus datang ke Batu Wonderland Waterpark. Letaknya yang tak jauh dari pusat kota Malng membuat kawasan wisata ini selalu ramai dipadati oleh para pengunjung.

Disini menyediakan kolam renang yang luas dengan berbagai pilihan wahana air yang menyenangkan dan dijamin tidak akan membuat anda bosan untuk berlama-lama di tempat ini. Bаhkаn disini terdapat рulа areal khusus untuk anak balita. Tempat іnі rasanya cocok untuk Andа уаng membawa anak kecil уаng bеlum cukup umur untuk berenang dі kolam.

21. Kusuma Waterpark

Kusuma Waterpark

  • Lokasi : Kawasan Wisata Kusuma Agro, Jl. Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kecamatan Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 20.000 (Weekdays), Rp 25. 000 (Weekend)
  • Jam Buka : 09.00-16.00 (Weekdays), 08.00-17.00 (Weekend)

Kusuma Waterpark masih masuk dalam kawasan Kusuma Argowisata yang memiliki banyak sekali objek wisata yang ada di dalamnya salah satunya waterpark ini.

Berada pada ketinggian 1.100 meter dari permukaan air laut, serta berdiri di atas tanah seluas ± 3.000 meter persegi membuat kawasan waterpark ini memiliki suasana sejuk dan segar berlatang belakang pegunungan yang menenangkan.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk para orang tua yang ingin memanjakan anaknya bermain di atas air. Dijamin si buah hati akan merasa senang dan tambah sayang sama orang tua pastinya hehehe.

22. Rumah Terbalik Batu

Rumah Terbalik Batu

  • Lokasi : Jl. Oro-Oro Ombo No.9A, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 40.000 (Weekdays) & Rp 60.000 (Weekend) *tiket masuk awal ke Eco Green Park
  • Jam Buka : 08.30-16.30

Objek wisata yang saty ini masih termasuk dalam Eco Green Park yang ada di dalam Jatim Park 2. Letaknya bersebelahan dengan Batu Secret Zoo.

Wisata Rumah Terbalik akan menyuguhkan pemandangan berbagai macam perabotan rumah yang terbalik di dalamnya. Karena keunikannya, objek wisata ini menjadi salah satu wahana yang popular dan paling banyak dikunjungi.

Saat memasuki rumah, pengunjung akan disambut dengan pemandangan ruang tamu yang berada di atas kepala, mulai dari kursi, vas bunga, taplak meja, hampir keseluruhan dalam posisi terbalik, tapi jangan khawatir akan jatuh ya guys.

Menariknya lagi, di dalam rumah ini ada atraksi sensornya juga lho, yaitu atraksi dimana peralatan atau perabotan rumah yang bergoyang seakan akan jatuh dari atas, namun sebenarnya tidak.

Tak hanya itu, uniknya lagi lampu-lampu yang ada di dalam rumah akan otomatis menyala jika ada pengunjung yang memasuki rumah tersebut.

Contohnya saat anda pergi ke kamar, maka otomatis lampu kamar akan menyala, namun jika anda meninggalkan kamar dan berjalan menuju dapur, maka lampu yang ada di dapur menyala tetapi lampu yang ada di kamar akan otomatis mati. Penasaran?  Yuk rasakan sensasinya sendiri.

23. Pura Luhur Giri Arjuno

Pura Luhur Giri Arjuno

  • Lokasi : Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pura ini merupakan lokasi wisata religi bagi umat Hindu kota Malang dan juga sekitarnya sekaligus menjadi pura terbesar yang ada di kota Batu. Letaknya yang berada di lereng Gunung Arjuno membuat pemandangan di sekitar pura sangat asri dan menyejukan.

Terdapat pula kebun apel dan sayuran hijau yang dijamin akan membuat mata lebih segar ketika melihat pemandangan seperti ini. Dan juga pikiran akan lebih rileks dan siap menghadapi rutinitas kerja keesokan harinya.

24. Candi Songgoriti

Candi Songgoriti

  • Lokasi : Jl. Arumdalu, Desa Songgokerto, Kecamatan Batu
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00

Candi Songgoriti adalah candi patirthan, yang didirikan berhubungan dengan adanya sumber air panas yang keluar dari dalam tanah. Cerita masyarakat setempat menyebutkan bahwa candi tersebut dibangun lantaran berhubungan dengan tempat seorang empu pembuat pusaka, oleh karena itu air yang dihasilkan mempunyai suhu yang panas dan mengandung besi.

Terbuat dari batu andesit dan terletak di atas ketinggian 998 meter di atas permukaan laut membuat kawasan candi terlihat sangat eksotis dan juga segar. Candi ini memiliki ukuran 14,50 meter x 10 meter dengan tinggi 2,5 meter. Walaupun bangunan candinya sudah tidak utuh lagi, namun keberadaannya sangat memiliki arti karena sebagai bukti tuanya usia peradaban di Kota Batu.

25. Alun-alun Kota Batu

Alun-alun Kota Batu

  • Lokasi : Jl. Diponegoro, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Alun-alun Kota Batu bukanlah alun-alun biasa pada umunya yang hanya berisi lapangan dan taman yang kadang-kadang bahkan di salah gunakan anak muda untuk berpacaran. Disini anda akan dibuat betah dengan berbagai fasilitas lengkap yang tersedia.

Mulai dari playground untuk anak-anak, air mancur, ruang informasi berbentuk stroberi, toilet berbentuk apel dan yang paling ikonik adalah bianglala yang sayang untuk anda lewatkan.

Uniknya lagi, Alun-alun Kota Batu merupakan satu-satunya alun-alun yang memiliki bianglala permanen yang siap membawa anda naik melihat wajah Kota Batu dari perspektif yang berbeda dari atas awan. Keren! Walaupun saat memasuki alun-alun anda tidak akan dikenakan biaya, namun saaat anda ingin menjajal bianglala ini anda harus merogoh kocek Rp 3.000 rupiah saja. Murah ya!!

26. Masjid Agung An Nuur Batu

Masjid Agung An Nuur Batu

  • Lokasi : Jalan Gajah Mada No.2, Sisir, Batu, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : charge hape atau camera, rest area, pemandian umum

Masjid megah yang sudah berdiri sejak zaman Belanda tepatnya tahun 1920 ini telah dipuji oleh beberapa wisatawan yang singgah disini karena berbagai fasilitasnya yang sangat lengkap dan nyaman untuk digunakan.

Salah satu fasilitas unik ialah adanya lemari dengan beberapa slot kecil di dalamnya yang digunakan sebagai tempat untuk mengisi daya baterai handphone maupun camera dan memiliki kunci di setiap slotnya, sehingga sangat aman untuk digunakan. Menariknya lagi, disini juga ada pemandian umum dengan air hangat di dalamnya. Menarik sekali ya sobat.

27. Sumber Air Torong Park Batu

Sumber Air Torong Park Batu

  • Lokasi : Jl. Welirang, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Meskipun belum resmi menjadi objek wisata, namun Sumber Air Torong Park Batu sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai salah satu tempat wisata menarik. Selain letaknya yang berada di tengah kota, disini juga sudah mempunyai beberapa artefak buatan yang menarik untuk dikunjungi.

Beberapa diantaranya nampak seperti relief dengan corak Budha. Ada pula tatanan artistik dari lumpang, jambangan, dan ular bertanduk. Serta sebuah arca wanita yang berdiri anggun.

Bila menjelajah lebih dalam, anda akan menjumpai sebuah relief dari batu yang menggambarkan tiga strata kehidupan umat Budha. Tiga strata itu yakni kamadhatu, rupadhatu, dan arupadhatu.

Menurut cerita, dahulunya tempat ini menjadi sumber air yang digunakan sebagai tempat menyucikan diri sebelum melakukan tapa brata, pendarmaan ataupun panyembahan. Sehingga tak heran kalau banyak pembangunan relief yang berhubungan dengan tiga strata itu.

28. Museum Angkut

Museum Angkut

  • Lokasi : Jl. Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 100.000
  • Jam Buka : 12.00-20.00 *untuk loket tiket buka mulai pukul 11.00-19.00

Bosan dengan museum yang itu-itu saja? Eits jangan salah, museum ini tidak membosankan kok. Museum ini menampakan berbagai macam koleksi jenis alat transportasi dari yang paling antik hingga yang paling canggih dengan dikemas semenarik mungkin.

Tak hanya itu, disini juga terdapat beberapa zona yang sayang untuk dilewatkan, diantaranya zona edukasi, Italia, Inggris, Prancis, Batavia, dan zona negara-negara lainnya. Yuk kepoin langsung ketempatnya.

29. Goa Pinus Gunung Banyak

Goa Pinus Gunung Banyak

  • Lokasi : Gg. Mbah Ba’i, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 07.00-18.00

Bagi anda para penggemara selfie, pas banget nih anda harus berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Pemandangan yang indah lengkap dengan spot foto menarik bisa dengan mudah anda temukan semua disini.

Disini anda bisa dengan bebas berfoto ria dengan gaya yang narsis yang pastinya akan menambah koleksi foto di galeri anda. Selain itu anda juga dapat bersantai di bawah rindangnya pepohonan pinus yang terlihat segar dan menawan.

30. Taman Langit

Taman Langit

  • Lokasi : Jl. Gn. Banyak, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00

Kapan lagi anda dapat berjumpa dengan singa bersayap, angsa raksasa dan mengepakkan sayap di ketinggian kota Batu? Ya! Taman Langit akan memberikan anda pengalaman sensasi bertemu dengan hewan-hewan tersebut!

Dilengkapi dengan pemandangan yang keren abis serta banyaknya spot foto yang menarik tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung di tempat ini dan menghabiskan waktu disini.

Bagi kalian yang ingin bersantai di alam terbuka sembari bercengkrama dengan keluarga, Taman Langit cocok banget untuk dijadikan destinasinya.

31. Inggil Museum Resto

Inggil Museum Resto

  • Lokasi : Jl, Gajahmada No.4, Malang
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 10.00-22.00

Puas menjelajahi kota Malang dengan berbagai keindahan dan keunikan disetiap sisinya, saatnya kita menyantap kuliner khas Malang yang dijamin akan membuat lidah dan perut anda bergoyang. Tepatnya di Inggil Museum Resto.

Resto ini cukup unik, selain menyajikan menu-menu yang cetar, disini juga menyajikan kuliner khas Jawa bersama pertujukan seni sekaligus melihat koleksi benda antik dari Jawa. Nyaman dan asik banget deh pokoknya.

32. Pasar Wisata Batu

Pasar Wisata Batu

  • Lokasi : Jatim Park 1, Jl. Kartika No.2, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Puas berwisata saatnya berburu oleh-oleh. Yups Pasar Wisata Batu bisa jadi alternatif anda untuk memburu segala oleh oleh khas Batu yang pastinya wajib untuk anda bawa pulang.

Pasar ini sangat terkenal dikalangan wisatawan karena barang yang ada terkenal murah dan dengan kualitas yang bagus tentunya. Selain buah dan sayuran yang merupakan asli oleh-oleh khas Batu, disini juga tersedia berbagai macam oleh-oleh seperti souvenir, perlengkapan dapur, baju, dan hewan-hewan lucu seperti hamster dan kelinci.

Jika dibayangan anda pasar ini terkesan kumuh, jorok dan berbau, tapi jangan salah, pasar ini jauh dari kata kumuh ataupun jorok lho. Nyaman deh berbelanja disini.

Untuk informasi tambahan nih guys, Konsep pasar tradisional ini masih sangat dipertahankan sejak dari jaman berdirinya pasar. Disini anda dapat tawar menawar harga sesuka harti, namun ada beberapa barang yang tidak bisa ditawar, seperti camilan (dengan hanya 10 ribu saja bisa mendapatkan 4 item, pilih-pilih sesukanya). Happy shopping!

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Batu. Tentunya kota yang terkenal akan keindahan dan keunikannya ini, dijamin mampu membuat suasana liburan anda dan keluarga menjadi lebih menyenangkan.

Tetapi ada satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di kota Batu, semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.