Tempat Wisata di Cirebon

Share
Comment 0 reply
Tempat Wisata di Cirebon

Kali ini alawisata akan memberikan beberapa informasi mengenai tempat wisata yang ada di kota Cirebon, namun sebelum itu, kita kenali sedikit kota tersebut. Cirebon merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Pulau Jawa.

Pada awalnya berasal dari kata Sarumban dan kemudian ditemukan oleh Ki Gedeng Tapa sebagai sebuah dukuh kecil yang kemudian berkembang menjadi sebuah desa bernama Caruban yang berarti bersatu padu. Karena disana dahulu banyak para pendatang yang bercampur mulai dari Sunda, Jawa, Tionghoa, dan Arab.

Kemudian pelafalan kata caruban berubah lagi menjadi carbon dan kemudian cerbon.

Selain itu banyaknya masyarakay yang berprofesi sebagai nelayan, maka berkembanglah pekerjaan menangkap ikan dan rebon (udang kecil) di sepanjang pantai serta mulai membuat terasi, petis dan garam.

Nah dari sini ada istilah air bekas pembuatan terasi yang dalam bahasa Cirebon disebut (belendrang) yang terbuat dari sisa pengolahan udang rebon inilah berkembang sebutan cai-rebon (bahasa sunda : air rebon), yang kemudian menjadi cirebon.

Maka dari itu Cirebon juga dikenal sebagai kota udang, kota petis, dan kota wali. Jika selama ini Cirebon terkenal akan wisata yang bernuansa religi dan juga sejarah, tapi jangan salah ternyata Cirebon juga memilki potensi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Bukan hanya itu saja, wisata kulinernya pun sangat menarik untuk dijelajahi dan diicip satu per satu karena aneka menu dan jajanan khasnya yang menggugah selera.

Untuk itu alawisata akan membantu perjalanan liburan anda di kota Cirebon, dengan memberikan rekomendasi beberapa tempat wisata yang layak untuk anda kunjungi. Yuk langsung saja simak baik-baik.

1. Pantai Kejawanan

wisata cirebon 2019

  • Lokasi : Pegambiran, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Kendaraan Roda Empat)
  • Jam Buka : 06.00-18.00
  • Fasilitas : area parkir, penyewaan perahu, spot memancing

Pantai ini sangat terkenal oleh masyarakat CIrebon, bahkan Jawa Barat dan sekitarnya juga mengenal pantai yang satu ini. Ketenaran dari pantai ini karena adanya mitos dan misteri unik yang menyelimuti pantai ini. Para warga setempat juga sangat mempercayai akan adanya mitos dan misteri tersebut

Konon katanya air dari pantai ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai dari  reumatik, asam urat, penyakit kulit, radang tenggorokan, hingga stroke, diabetes dan lain sebagainya. Sehingga banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang ke pantai ini untuk berendam.

Terelepas dari mitos dan misteri Pantai Kejawanan pemandangan sunset yang ditawarkan juga tak kalah indah dari pantai lainnya. Sehingga saat sore menjelang banyak pengunjung yang datang kemari untuk mengabadikan moment sunset tersebut.

2. Danau Setu Patok

tempat wisata di cirebon dan majalengka

  • Lokasi : Desa Setu Patok, Kecamatan Mundu, Kota Cirebon, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : warung makan, area parkir, guest house, homestay, tempat beribadah, kamar mandi, camping area, outbound, penyewaan perahu

Cirebon memang kaya akan wisata alam dan sejarahnya yang mempesona mulai dari air terjun, waduk atau danau atau situ, hingga situs bersejarah dan mengandung legenda. Dan masyarakat Jawa Barat juga mempercayai akan adanya mitos atau pun legenda tersebut.

Salah satu lokasi wisata alami yang mengandung legenda ialah Danau Setu Patok. Bahkan Danau Setu Patok ini sempat terkenal dalam acara Dua Dunia karena memiliki misteri yang dikaitkan dengan penunggu situ ini yang konon katanya memliki wujud seperti siluman.

Kendati demikian, masih banyak para wisatawan yang berkunjung ke danau ini, mengingat pemandangannya yang indah memang sangat sayang untuk dilewatkan.

3. Situ Sedong

harga tiket masuk tempat wisata di cirebon

  • Lokasi : Desa Sedong Lor, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, penginapan

Situ Sedong ini merupakan sebuah waduk buatan yang berada di wilayah Keamatan Sedong yang memiliki kedalaman antara 5 hinga 10 meter dengan luas yang mencapai 150 hektar. Waduk ini dibuat dengan tujuan untuk menampung air hujan dan sungai sebagai pengairan daerah pertanian sekitar Kec. Sedong.

Selain digunakan untuk irigasi, masyarakat sekitar juga memanfaatkan waduk ini sebagai tempat untuk mencari ikan dan memancing di sekitar Setu Sedong.

Selain memiliki panorama alam yang indah, situ ini juga disebut dengan situ pengasingan yang merupakan tempat rekreasi air dan pemancingan.

4. Telaga Remis

tempat wisata indramayu

  • Lokasi : Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 7.500
  • Jam Buka : 08.00-17.25

Saat anda tiba ditempat ini anda akan disambut dengan pemandangan pepohonan pinus hijau yang mengitari hamparan danau yang tak begitu luas.

Suasana yang asri ditambah dengan udara sejuk menjadikan Telaga Remis pas untuk dijadikan tempat pelepas penat. Telaga ini memiliki luas 3, 25 hektar dengan luas lahan keseluruhan mencapai 13 hektar.

Nama Telaga Remis sendiri diambil dari 2 kata yang berasal dari bahasa Sunda yaitu Telaga dan Remis. Telaga yang berarti danau sedangkan remis adalah sejenis kerang bewarna kuning yang banyak hidup di sekitar telaga dan disebut remis oleh masyarakat sekitar. Sehingga nama danau ini disebut dengan Telaga Remis.

Di sisi lain telaga yang berbatasan dengan hutan menjadi salah satu spot favorit untuk foto pre wedding karena latar belakangnya yang begitu memikat.

Bagi anda yang hobi jalan-jalan atau jogging disini juga tersedia trek untuk berjalan maupun jogging. Jadi cocok banget untuk dijadikan tempat bersantai saat libur akhir pekan tiba.

5. Telaga Nilam

peta wisata cirebon

  • Lokasi : Desa Kadeula, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : area parkir, warung makan, gazebo, 2 kolam yang bisa digunakan untuk berenang, tempat beribadah

Telaga ini merupakan salah satu destinasi utama liburan para wisatawan. Selain menawarkan suasana asri nan sejuk, pemandangan bawah airnya pun sungguh mempesona.

Dengan luas yang terlalu besar, danau ini memilki air yang jernih lengkap dengan batu alami dan tanaman air bak terumbu karang serta rumput laut di dalamnya. Sehingga tak heran, banyak wisatawan yang berbondong-bondong ke tempat ini hanya untuk meinkmati kesegaran airnya atau pun sekedar melepas lelah dengan memandangi keindahan alamnya.

6. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong

  • Lokasi : Patapan, Beber, Cirebon, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 3.000- Rp 5.000 (Parkir Motor)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Meskipun bertitle bukit, tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata yang menawarkan wisata kuliner di dalamnya.

Dengan suasana yang romantais, tak heran  para traveler khususnya bagi mereka yang sedang kasmaran menjadikan tempat ini sebagai tujuan berwisata. Keindahan lampu ang ada di bukit ini menjadi daya tarik tersendiri bagi kawula muda yang ingin menikmati wisata romantis yang satu ini.

7. Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata Ciwaringin

  • Lokasi : Desa Ciwaringin, Cirebon
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Saat anda sampai di Wanawisata Ciwaringin anda akan langsung disambut dengan kehadiran pepohona hijau sekaligus hamparan air danau yang berwarna hijau bening kecoklatan.

Kemuncuan Wanawisata Ciwaringin ini memang menjadi pengobat rindu bagi warga perkotaan akan pemandangan hijau yang jarang dijumpai.

Tempat ini juga dijadikan spot wisata memancing yang asik lohh, bahkan arena motor cross juga ada di tempat ini!

Selain itu sekedar jalan-jalan dan bercumbu dengan alam menikmati pemandangan alam kayu putih yang menawan juga sangat mengasikan.

8. Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang

  • Lokasi : Cikalahang, Dukupuntang, Cirebon, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, penginapan

Sebenarnya desa ini tak hanya terkenal akan kulinernya saja, tetapi anda juga bisa menikmati memancing di Desa Wisata Cikalahang. Asiknya lagi anda dapat memancing ikan sendiri di kolam pemancingan dan langsung meminta pengelola untuk memasaknya menjadi ikan bakar nan lezat dan mantap.

Kondisi lingkungannya yang bersih nan asri membuatnya nyaman untuk dijadikan tempat wisata yang menyenangkan.

9. Ade Irma Suryani Waterland

Ade Irma Suryani Waterland

  • Lokasi : Jalan Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 50.000 – Rp 65.000
  • Jam Buka : 06.00-21.00
  • Fasilitas : pengingapan, cottage (Pool View Cottage, Sea View Cottage, Suite Family Cottage), layanan kamar dan keamanan 24 jam, restoran, area parkir, jasa penitipan bagasi, aula, ruang keluarga, Wi-Fi

Ade Irma Suryani Waterland adalah destinasi wisata air yang terbaru di kota Cirebon yang dilengkapi dengan 40 cottage di pinggir pantai yang turut menunjang bagi pengunjung tempat wisata tersebut dengan kisaran harga sewa antara 1-4 juta.

Objek wisata ini banyak diserbu oleh para wisatawan lokal maupun asing karena menawarkan wahana dan fasilitas yang sangat sayang jika tidak dicoba karena sangat seru dan recommended bagi yang mencari destinasi liburan bersama keluarga.

10. Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas Palimanan

  • Lokasi : Jl. Raya Cirebon – Palimanan, Palimanan Barat, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 4.000 per orang, Rp 7.000 (Tiket Berendam)
  • Jam Buka : 08.00-18.00
  • Fasilitas : area parkir, kamar mandi, musholla, penginapan

Daya tarik dari pemandian air panas ini yaitu sumber mata airnya yang muncul secara berpindah-pindah. Tak hanya itu, air panas disini juga memiliki kandungan belerang yang diyakini mampu menyembuhkan penyakit kulit, seperti luka, cidera dan lain-lain.

Air yang terdapat di pemandian ini juga berwarna unik yaitu perpaduan gradasi antara hijau, biru, dan putih. Jadi bagi anda yang sedang mencari tempat refleksi di alam terbuka, datang saja ke Banyu Panas Palimanan, dijamin akan membuat anda merasa relax dan tenang. Selain itu rasa pegal-pegal dan kaku pada tubuh anda pun akan hilang.

11. Kolam Renang Apita Water Boom

wisata kolam renang di cirebon

  • Lokasi : Jalan Tuparev, Kedawung, Cirebon, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 10.000 (Anak-anak) & Rp 15.000 (Dewasa)
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Fasilitas : kolam renang, wahana permainan air, ruang bilas, kamar mandi atau kamar ganti, gubuk kecil atau gazebo, kantin, mushala, area parkir

Kolam Renang Apita Water Boom ini merupakan salah satu tempat rekreasi keluarga menyenagkan yang berada di Kota Cirebon. Kolam renang ini memiliki luas lebih dari 10.000 m2 lengkap dengan wahana waterboom yang sangat menyenangkan.

Jika anda berencana mengajak buah hati anda, anda tak perlu khawatir karena di obyek wisata ini terdapat waterboom dengan ketinggian 2 m yang memang tersedia untuk anak-anak. Berbagai fasilitas di dalamnya dijamin akan membuat anda dan buah hati anda betah untuk menghabiskan waktu di tempat yang satu ini.

12. Waterboom Siwalk

taman wisata siwalk cirebon jawa barat

  • Lokasi : Setupatok, Mundu, Setupatok, Mundu, Cirebon, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, penginapan

Waterboom Siwalk ini atau sering disebut dengan Taman Wisata Siwalk ini berdiri diatas lahan seluas 30 hektar dengan berbagai fasilitas permainan di dalamnya, mulai dari kolam renang, villa penginapan, lapangan Golf, tempat karaoke keluarga, bumi perkemahan, Out Bond, lintasan ATV, kemudian tempat pemancingan, area pain ball, dermaga perahu, tempat pemancingan dan masih banyak lagi fasilitas lainnya.

13. Jempol Waterboom Cirebon

Jempol Waterboom Cirebon

  • Lokasi : Jl. Merdeka utara Km.233 ( pintu keluar tol, Jl. Tol Kanci – Pejagan, Ciledug Lor, Ciledug, Cirebon, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 25.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Satu lagi nih tempat rekreasi keluarga di kota Cirebon yaitu Jempol Waterboom Cirebon. Tempat wisata ini merupakan taman rekreasi yang menjadi salah satu tempat wisata tujuan keluarga yang cukup favorit bagi warga Cirebon dan sekitarnya.

Dengan tiket sebesar Rp 25.000, anda beserta keluarga sudah bebas menikmati semua fasilitas yang ada di dalamnya tanpa dipungut biaya tambahan dijamin kamu akan mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan.

14. Sentra Batik Trusmi

Sentra Batik Trusmi

  • Lokasi : Kawasan Batik Trusmi, Kecamatan Plered, Cirebon, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 15.000
  • Jam Buka : 09.00-17.00

Kampung Trusmi merupakan salah satu kampung yang memiliki potensi yang sangat besar sebagai produsen batik di tanah air, sekaligus potensi besar untuk dikembangkan lagi sebagai kawasan wisata budaya dan edu-wisata, karena eksistensi kampung ini sebagai penghasil batik sudah dimulai sejak abad ke-14.

Selain sebagai mata pencaharian, masyarakat kampung ini juga menjadikan aktivitas membatik sebagai bagian dari adat dan budaya serta pola hidup yang mereka jalani sehari-hari. Maka tak heran, lebih dari 3000 orang merupakan pengrajin batik.

Selain melihat proses pembuatan batik, tentunya anda juga dapat memburu batik di kampung ini dengan motif yang sangat bervariasi dan unik.

15. Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi

  • Lokasi : Sunyaragi, Kesambi, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 08.00-17.30

Goa Sunyaragi atau yang disebut juga sebagai Taman Sari Goa Sunyaragi, adalah sebuah tempat pertapaan sekaligus tempat pelatihan tentara kesultanan Cirebon pada zaman dahulu. Selain terkenal dengan banyaknya mitos yang menyelimuti taman ini, taman ini juga memiliki nilai seni yang sangat indah dan sangat pas dijadikan sebagai tempat untuk berfoto.

16. Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati

  • Lokasi : Jalan. Raya Sunan Gunung Jati, Gunung Jati, Astana, Cirebon, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Makam syeikh Syarif Hidayatullah atau yang terkenal dengan nama Sunan Gunung Jati ini mempunyai arsitektur unik dimana bangunannya merupakan kombinasi antara gaya arsitektur Cina, Arab dan Jawa. Arsitektur Cina sangat terlihat kental pada desain interior pada dinding makam, sedangkan untuk arsitektur Jawa tampak pada atap bangunan yang berbentuk limasan khas Jawa.

Jika anda juga pergi ke Lhokseumawe, kunjungi juga Tempat Wisata di Lhokseumawe yang tak kalah bagus.

17. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa

  • Lokasi : Jalan. Jagasatu, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini juga dikenal dengan sebutan Masjid Agung Kasepuhan, masjid yang merupakan salah satu masjid tua yang ada di kompleks Keraton Kasepuhan Kota Cirebon yang sekaligus menjadi masjid tertua di kota Cirebon, bahkan menjadi salah satu masjid tertua di tanah Jawa dan Indonesia.

Keunikan dari masji ini sendiri ialah ketika pengunjung hendak memasuki masjid, pengunjung harus melewati pintu berwarna merah yang ukurannya kecil sehingga harus membungkuk.

Hal itu tak lepas dari adanya filososfi yang menceritakan tentang yang muda harus menghormati yang lebih tua sehingga harus merunduk. Dan juga dianjurkan ketika memasuki sebuah tempat ibadah, maka sikap pun harus dijaga dan tidak boleh sombong.

Tak hanya itu, dimasjid ini juga terdapat sebuah sumur ang dipercaya memiliki khasiat. Tak jarang banyak pengunjung yang datang kesini sengaja untuk mengambil airnya dengan berbagai tujuan, misalnya untuk kesembuhan atas suatu penyakit.

Terdapat pula yang disebut pusaka tombak cis yang nantinya dicelupkan ke dalam air sumur dan dibacakan doa oleh imam masjid bagi mereka yang menginginkan sesuatu. Bahkan, istimewanya ladi, masjid ini dapat dibongkar pasang ketika dibutuhkan. Tiang penyangganya tidak dibuat paten, melainkan dapat digeser ataupun dipindahkan.

18. Wisata Kera Plangon

Wisata Kera Plangon

  • Lokasi : Babakan, Sumber, Cirebon, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Objek wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan suasana perbukitan yang ditumbuhi dengan pepohonan yang rindang lengkap dengan kera-kera penghuni bukit Plangon.

Saat anda datang ke tempat ini, anda akan langsung ditawari kacang oleh para penjual asongan , namun kacang itu bukan untuk anda, melainkan untuk para kera tersebut. Karena letaknya yang berada di perbukitan, maka suasana yang terciptapun sangatlah sejuk sehingga anda akan nyaman untuk menelusuri kawasan Wisata Kera Plangon.

19. Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon

  • Lokasi : Jalan Kasepuhan No. 43, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat
  • Tiket Masuk :
    • Pelajar : Rp 10.000
    • Umum : Rp 15.000
    • Turis Mancanegara : Rp 20.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00

Berkunjung ke Cirebon rasanya kurang pas jika tidak tidak mengunjungi Keraton Kasepuhan Cirebon. Keraton Kasepuhan Cirebon ini merupakan sebuah keraton yang didirikan oleh Pangeran Cakrabuana pada masa penyebaran agama islam sekitar tahun 1529.

Saat pertama kali berada di tempat ini, pengunjung akan disambut dengan bangunan Siti Hinggil yang merupakan bangunan pertama atau bangunan paling terdepan saat pengunjung memasuki kawasan keraton.

Masuk lebih dalam ke kompleks keraton, pengunjung akan menjumapi gapura bergaya Majapahit. Kata Gapura diambil dari bahasa arab, yaitu Al Ghafur yang memiliki makna maha pengampun. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat kereta keraton dan benda-benda pusaka di gedung museum yang terdapat di dalam kompleks.

Selain menjadi tempat pelestarian budaya, keraton ini juga masih mengadakan berbagai acara tradisi yang diselenggarakan setiap tahun. Acara Panjang jimat salah satunya yang dimana merupakan acara untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Hal itu juga menjadi daya tarik sendiri bagi para pengunjung setiap tahunnya.

20. Keraton Kanoman Cirebon

Keraton Kanoman Cirebon

  • Lokasi : Jl. Kanoman No.40, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 15.000
  • Jam Buka : 09.00-17.00

Keraton ini didirikan oleh Pangeran Mohamad Badridin alias Pangeran Kertawijaya yang bergelar Sultan Anom I yang diangkat pada tahun 1678 M. Di dalam keraton ini banyak peninggalan bersejarah yang meiliki ikatan yang cukup erat dengan syiar agama Islam yang dilakukan oleh Sunan Gunung Jati, dikenal dengan Syarif Hidayatullah.

Lokasinya yang strategis juga membuatnya tak lepad dari kunjungan para wisatawan setiap harinya.

21. Wisata Kura-kura Belawa

Wisata Kura-kura Belawa

  • Lokasi : Belawa, Lemahabang, Cirebon, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Daya tarik dari tempat wisata yang satu ini adalah kura-kura yang mempunyai ciri khusus di punggung dengan nama latin ” Aquatic Tortose Ortilia norneensis”.

Disini para pengunjung dapat menjumpai berbagai macam kura-kura yang di tangkar di kolam penampungan yang cukup representatif, terdiri dari kolam tukik (untuk kura-kura yang masih kecil), kolam kura-kura dewasa, serta kolam khusus untuk pengembangbiakan.

Anda akan melihat sedikitnya 200 kura-kura dengan tempurung unik hidup dan berkembang biak dengan baik disini.

22. Nasi Jamblang Ibu Nur

Nasi Jamblang Ibu Nur

  • Lokasi : Jl. Cangkring 2 No.34, Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-21.00

Puas berwisata di kota CIrebon, kini saatnya untuk memanjakan perut dan  lidah anda dengan menyantap kuliner khas Cirebon salah satunya adalah nasi jamblang.

Sega Jamblang, atau sego Jamblang atau Nasi Jamblang disajikan dengan daun jati, yang konon katanya membantu nasi tetap terjaga kualitasnya meskipun disimpan dalam waktu lama.

Nasi itu berukuran segenggaman tangan orang dewasa yang biasanya disajikan dengan lauk pauk yang beragam mulai dari ambal goreng ati, sate kentang, ikan asin, tahu sayur, paru, semur hati, semur daging, perkedel, telur dadar, telur masak sambal goreng, tahu dan tempe goreng, serta blakutak.

Blakutak sendiri merupakan cumi-cumi yang dimasak bersama tintanya. Sehingga ketika disantap, tinta hitamnya akan menempel di bibir dan lidah. Rasa blakutak ini benar-benar yummy!

23. Empal Gentong dan Empal Asem Mang Darma

Empal Gentong dan Empal Asem Mang Darma

  • Lokasi : Jl. Slamet Riyadi, Krucuk No 1
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-21.00

Selanjutnya ada Empal Gentong, tak kalah sedap dengan nasi jamblang. Empal asem ini berbeda halnya dengan empal gentong biasanya karena tidak memakai santan. Empal ini berisi potongan daging sapi dan jeroan. Di dalam empal asem ini terdapat irisan belimbing wuluh sehingga rasanya menjadi lebih segar. Apalagi jika ditambah dengan sambal hijau dan krupuk, beuhhh sedap betul!

Ternyata menarik ya berwisata ke kota Cirebon, selain terkenal dengan nasi jamblangnya ternyata CIrebon juga memiliki potensi wisata yang tak kalah indah dari kota-kota lainnya.

Namun satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Cirebon, semoga bermanfaat. Happy Holiday!

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.