Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Harga Tiket Coban Rondo Malang

2 min read

harga tiket coban rondo malang

Coban Rondo merupakan tempat wisata air terjun yang legendaris dan cukup terkenal sejak tahun 1980. Tinggi coban ini kira – kira mencapai 84 meter yang airnya berasal dari sumber mata air Cemoro Dudo.

Coban Rondo berada di ketinggian 1135 mdpl, jadi dapat dipastikan bahwa lokasi wisata ini memiliki udara yang sejuk dan air yang segar.

Hal yang dapat menarik para wisatawan untuk berkunjung ke sini adalah panorama klasik dari air terjun yang dibalut dengan keindahan sert kesejukan alam yang masih sangat alami. Selain itu kita juga dapat menikmati wahana – wahana lain yang sangat lengkap di sini.

Coban Rondo memiliki legenda tersendiri. Nama Rondo berasal dari Bahasa Jawa yang artinya adalah janda. Asal mula dinamakan Coban Rondo karena pada jaman dahulu kala ada pasangan suami istri baru yang tinggal di kawasan wisata. Pasangan suami istri tersebut adalah Raden Baron Kusumo dan Dewi Anjarwati.

Ada larangan tersendiri bagi pasangan suami istri yang baru menikah namun dilanggar oleh pasangan tersebut yang merenggut nyawa Raden Baron. Dan akhirnya Dewi Anjarwati ini menjadi janda.

Dari cerita diatas banyak pengunjung yang melihat sesosok wanita cantik di balik bebatuan besar dekat air terjun. Dan warga juga kerap kali mendengar suara tangisan seorang wanita di malam – malam tertentu. Hal mistis tersebut memang di percayai oleh warga serta pengunjung yang datang.

Cerita mitos yang lainnya adalah bagi pengunjung tempat wisata Coban Rondo yang merupakan sepasang kekasih dan belum menikah maka konon katanya hubungan mereka tidak akan langgeng.

Wahana

1. Fun Tubing

tiket masuk labirin coban rondo

Para pengunjung dapat menyusuri aliran sungai yang ada di dekat air terjun tersebut. Namun wahana ini hanya ada saat musim kemarau saja dan saat musim hujan wahana ini ditiadakan karena berbahaya.

2. Wisata Satwa dan Kebun

Selain air terjun yang menawan di Coban Rondo ini juga terdapat wisata satwa dan kebun. Di sini anda dapat melihat aneka satwa seperti burung yang hidup bebas, rusa, lutung, dan berbagai primata lainnya. Dan di sini terdapat berbagai wahana permainan.

3. Wahana Permainan

Wahana ini berada di kawasan wisata satwa dan kebun. Di antaranya adalah Kuda Tunggang, Kereta Kelinci, Sepeda Gunung, dan yang lainnya.

4. Paint Ball

Untuk permainan ini anda harus mmemilih paket outbond sesuai dengan kebutuhan.

Kunjungi juga Coban Pelangi yang sama – sama ada di Malang.

5. Taman Labirin

tiket masuk coban rondo 2019

Wisata ini baru ada di tahun 2019 ini dan menjadi wisata favorit para wisatawan. Para pengunjung akan diajak menelusuri labirin yang terbuat dari pepohonan dan harus menemukan jalan keluar utamanya.

6. Outbond

Terdapat juga area outbond di coban ini. Anda dapat memilih paket outbond yang anda mau. Mulai dari Outbond Kid / Care, Outbond Pelajar, Outbond 3 Hari, Sahabat Peternak, dan Petik Apel.

7. Paralayang Tandem

Aktifitas yang satu ini juga dapat di lakukan di kawasan Coban Rondo.

8. Kemah Plus

Anda dapat berkemah atau bermalam di lokasi yang sudah di siapkan oleh pihak pengelola. Anda juga dapat menyewa semua peralatan untuk berkemah.

9. Trekking

tiket coban rondo 2019

Di sini para wisatawan dapat mencoba trekking dengan menyusuri jalur yang sudah dibuat oleh pihak pengelola. Akses jalan trekking ini cukup mudah untuk dilalui oleh siapa saja.

Fasilitas

  • Toilet Umum
  • Kamar Mandi
  • Tempat Ibadah
  • Tempat Parkir Luas
  • Warung Makan
  • Toko Souvenir
  • Hotel atau Penginapan

Lokasi

Coban Rondo berlokasi di Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur 65391, Indonesia.

Lokasi Coban Rondo tidak jauh dari pusat Kota Batu yaitu hanya berjarak sekitar 12 km saja. Dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Akses jalan utama menuju lokasi sudah sangat baik karena sudah mulus di aspal.

Jam Operasional

Coban Rondo di buka 24 jam nonstop. Jadi para pengunjung dapat dengan bebas untuk mengunjungi lokasi wisata ini tanpa adanya batasan waktu tertentu.

Harga Tiket Masuk Coban Rondo Malang

Harga Tiket Masuk Coban Rondo Malang
TiketKategoriSubjekHarga
Tiket MasukWisatawan DomestikSenin – JumatRp15.000
Sabtu dan MingguRp18.000
Libur NasionalRp18.000
Wisatawan MancanegaraSenin – JumatRp25.000
Sabtu dan MingguRp30.000
Libur NasionalRp30.000
Kereta KelinciWahanaRp5.000
Sepeda GunungRp5.000
Taman LabirinRp7.500
Kuda TunggangRp12.000
Fun TubingRp35.000

Tips Wisata

  1. Menyiapakn peralatan penghangat badan seperti jaket, kaos kaki, sarung tangan, dan yang lain sebagainya mengingat tempat wisata ini berhawa dingin.
  2. Jika ingin mencoba wahana Fun Tubing anda harus datang pada saat musim kemarau. Karena pada saat musim hujan wahana ini akan ditiadakan sebab berbahaya.
  3. Jika anda akan berjalan untuk sampai di lokasi wisata maka anda disarankan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman karena dari tempat parkir kendaraan sampai ke lokasi wisata masih jauh.
  4. Bagi anda yang tidak mau kelelahan untuk dapat sampai kelokasi maka kami sarankan lebih baik naik ojeg saja.
  5. Jangan membuka makanan dan minuman ketika berada di wisata satwa dan kebun karena dapat membuat marah lutung dan kera abu – abu yang hidup disana dan bahkan binatang tersebut dapat menyerang pengunjung.
  6. Selalu berhati – hati dan patuhi semua aturan yang telah dibuat oleh pihak pengelola.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan mengenai penjelasan, sejarah, wahana, lokasi, jam operasional, fasilitas, harga tiket masuk Coban Rondo, dan beberapa tips yang dapat anda terapkan ketika mengunjunginya. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih 🙂

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *