Tempat Wisata di Singkawang

Share
Comment 0 reply
Tempat Wisata di Singkawang

Pernah mendengar kota bernama Singkawang sebelumnya? Nah kali ini alawisata akan membahas mengenai tempat wisata yang ada di Singkawang, namun sebelum itu, yuk kenalan dulu dengan kota yang satu ini.

Singkawan merupakan sebuah kota madya yang berada di Provinsi Kalimantan Barat. Tereletak sekitar 145 km sebelah utara dari Kota Pontianak (Ibukita Kalimantan Barat). Nama Singkawang berasal dari bahasa Hakka, San khew jong yang mengacu pada sebuah kota di bukit dekat laut dan estuari.

Jaman dahulu, Singkawan merupakantempat pertambangan emas dan juga sebagai tempat pesinggahan pedagang dari Monterado. Kota yang sering dijuluki sebagai kota seribu klenteng, pasalnya mayoritas penduduk Singkawang merupakan orang keturunan Tionghoa.

Kota yang khas akan budaya Tidayu (Tionghoa, Dayak, Melayu) ini membuat para turis tertarik untuk menjadikan Singkawang menjadi destinasi wisata sembari menikmati kebudayaan Indonesia.

Seiring dengan perkemabangannya, kota ini semakin ramai dan memiliki tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi. Mulai dari objek wisata keren, wisata alam, sejarah, hingga kuliner pun bisa anda nikmati disini.

Untuk mempermudah perjalanan anda, alawisata akan memberikan beberapa referensi tempat wisata menarik yang ada di kota Singkawang yang wajib untuk anda kunjungi satu persatu. Yuk langsung saja simak baik-baik.

1. Pantai Palm Beach

wisata singkawang 2019

  • Lokasi : Pasir Panjang, Sedau, Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat
  • Tiket Masuk : Rp 25.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : hotel, kantin, kolam renang, taman bermain anak, area volly pantai, gazebo, camping ground, arena offroad

Pantai ini masuk dalam kawasan Singkawang Selatan, menjadi salah satu pantai terindah yang sekaligus menjadi pantai kebanggaan masyarakat Singkawan.

Pantai ini tak jauh beda dengan pantai-pantai yang lain. Deburan ombak, pasir putih yang lembut, serta pepohonan yang tertiup angin menjadi pemandangan yang bisa anda nikmati di pantai ini. Ombaknya yang tak terlalu besar juga memungkinkan anda untuk berenang di areal tepi pantai.

2. Pulau Randayan

peta tempat wisata singkawang

  • Lokasi : Singkawang, Kalimantan Barat
  • Tiket Masuk : Rp 150.000 (Spead boat PP) atau Rp 100.000 (Kapal khusus PP) atau Rp 30.000 (Perahu Motor PP)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : penginapan

Sebuah pulau sepi yang memiliki hamparan pasir lembut berwarna putih lengkap dengan pemandangan eksotis bak pulau pribadi pantas disematkan untuk Pulau Randayan.

Dahulunya memang pulau ini milik pribadi perorangan, namun seiring berjalannya waktu, pulau ini berubah menjadi sebuah wisata bahari yang mempesona yang dapat dinikmati oleh siapa saja.

Ketika anda menginjakan kaki di pulau ini, anda akan merasa dimanjakan dengan panorama yang sangat indah. Berpasir putih bersih, dengan air pantai yang begitu jernih dan didukung dengan pemandangan laut lepas yang eksotis menjadi daya tarik tersendiri dari pulau ini.

Bagi anda para pecinta snorkeling, pulau ini juga memiliki keindahan alam bawah lautnya yang sangat menakjubkan dan siap untuk memanjakan mata anda.

3. Pulau Simping

Pulau Simping

  • Lokasi : Teluk Mak Jantu, Pantai Sinka Island, Singkawang Selatan, Singkawang, Kalimantan Barat
  • Tiket Masuk : Rp 15.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : kelenteng, taman rekreasi

Pulau ini diklaim sebagai pulau terkecil yang ada di dunia yang telah diakui dan tercatata oleh PBB. Sebelumnya pulau ini bernama Pulau Tanjung Dua yang hanya memiliki luas sekitar 1 hektar.

Meski air yang dimiliki pulau ini tak begitu jernih, namun anda dapat berenang dengan leluasa di dalamnya karena ombaknya tidak begitu besar dan tergolong dangkal serta pasir putihnya yang bersih dan lembut semakin membuat anda nyaman untuk berada di dalamnya.

4. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

  • Lokasi : Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang
  • Tiket Masuk : Rp 10.000 (Weekdays), Rp 20.000 (Weekend)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai ini merupakan satu-satunya pantai yang terdapat dalam kawasan Selat Nasik. Keberadaanya yang terletak di balik hutan, membuat akses menuju pantai ini pun tergolong susah, diperlukan perjuangan keras agar bisa menikmati keindahan yang ditawarkan pantai ini.

Namun, penat anda akan langsung terbayar dengan panorama alamnya yang menakjubkan. Satu keunikan dari pantai ini ketika menginjakkan kaki di pantai ini adalah pasirnya yang bertekstur keras yang tidak akan anda jumpai di pantai manapun.

Selain itu hamparan pasir putih, serta bukit di sebelah kiri pantai lengkap dengan laut biru menjadi perpaduan indah yang bisa disaksikan di pantai ini.

Keheningan suasana yang tercipta di pantai ini juga sangat terasa. Pantai ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin mencari ketenangan karena Pantai Pasir Panjang memang belum banyak tersentuh oleh wisatawan.

5. Hutan Mangrove Setapuk

Hutan Mangrove Setapuk

  • Lokasi : Setapuk Besar, Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 00.00-18.00, 19.00-00.00
  • Fasilitas : tower setinggi 9 meter

Selain digunakan untuk elindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan, dan meredam gelombang besar termasuk tsunami, tempat ini juga digunakan sebagai wahana wisata edukasi bagi para wisatawan.

Ciri khas dari hutan bakau Setapuk ini ialah pengunjung diwajibkan melewati jembatan warna-warni yang sering disebut oleh masyarakat setempat sebagai jembatan pelangi. Saat menginjakan kaki di jembatan ini, pengunjung akan disuguhkan dengan panorama alam indah khas hutan bakau.

Setibanya di hutan bakau, kita anda akan langsung disambut dengan suasana sejuk yang menenagkan. Di ujung jalan setapak, anda juga akan menjumpai tower yang tingginya mencapai 9 meter.

Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan hutan mangrove yang indah dan menawan lewat tower ini. Untuk naik ke atas tower, hanya dibatasi 4 – 5 orang saja demi keselamatan bersama.

Yang tak kalah asyiknya, para pengunjung juga dapat menyusuri hutan mangrove dengan menggunakan speedboat yang memang tersedia untuk disewakan, dan biaya sewanya pun tergolong murah meriah yaitu hanya perlu mengluarkan kocek Rp 3.000 saja.

6. Danau Biru

danau biru singkawang

  • Lokasi : Jl. Wonosari, Roban, Singkawang Tengah, Kota Singkawang, Kalimantan Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Saat anda berada di Singkawang wajub hukumnya untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Pasalnya, Danau Biru yang tercipta bekas dari penambangan emas ini disebut sebut sebagai lokasi wisata terbaik yang ada di kota ini.

Airnya yang berwarna biru mencolok menjadi keunikan tersendiri bagi danau ini. Ditambah dengan keadaan alam sekitarnya yang masih sangat alami membuat suasana romantis semakin tercipta disini.

7. Air Terjun Sibohe

Air Terjun Sibohe

  • Lokasi : Pajintan, Singkawang Tim., Kota Singkawang, Kalimantan Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : warung

Selanjutnya ada objek wisata air terjun yang pertama adalah Air Terjun Sibohe. Meski tidak sebesar air terjun lainnya, air terjun ini cukup menarik banyak pengunjung untuk berkunjung dan berbasah-basah di sekitar areal air terjun.

Karena lokasinya yang tergolong tersembunyi, maka belum ada fasilitas memadai di sekitar air terjun ini, untuk memakirkan kendaraanya saja para pengunjungnya harus memakirkan kendaraannya di halaman rumah warga setempat karena tidak adanya lahan parkir khusus.

8. Air Terjun Eria

Air Terjun Eria

  • Lokasi : Desa Nyarumkop, Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tempat wisata ini menawarkan rasa sensasi berendam di dalam sejuknya air pegunungan yang sangat jernin, dingin, dan segar. Sebenarnya Air Terjun Eria bukanlah seperti air terjun pada umumnya, namun masyarakat setempat sering menyebutnya sebagai Sungai Eria.

Air yang berada di lokasi wisata tersebut berasal dari pegunungan di sekitar gunung Poteng. Sehingga tak heran kalau airnya sangat jernih dan menyegarkan.

Tempat ini sangat cocok digunakan sebagai tempat untuk melepas penat dan menyegarkan otak dari rutinitas harian yang melelahkan, dengan ditemani dengan keindahan alam dijamin mampu untuk membuat anda terhipnotis untuk berlama-lama di tempat ini.

9. Pantai Kura-Kura

Pantai Kura-Kura

  • Lokasi : Dusun Tanjung Gandul, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Singkawang, Kalimantan Barat
  • Tiket Masuk : Rp 15.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : cottage, dangau

Banyak yang mengatakan bahwa pantai ini merupakan pantai terindah yang dimiliki Singkawang karena memiliki pasir putih yang bersih serta deburan ombak yang tenang lain dari yang lain. Nama dari dusun pantai ini berdiri adalah Tanjung Gundul yang berarti tanjung adalah pantai dan gundul adalah pepohonan.

Karena konon, dulunya pantai ini banyak sekali pepohonan namun sayang sekarang tidak berbekas sedikitpun dan hanya tersisa rerumputan, semak-semak dan pantai yang gersang.

Pantai kura-kura terletak di balik bukit kecil di bibir pantai, sehingga pantai ini juga dipenuhi bebatuan dari bukit tersebut di beberapa sudut pantainya.

Jika cuacanya sedang bagus, anda dapat melihat siluet pulau yang berada diseberang pantai. Dan keindahan pantai ini akan semakin memancar ketika senja tiba, karena akan menyuguhkan pemandangan matahari terbenam yang dapat di lihat di atas bukit dan juga dipantai.

Sesuai dengan namanya, pantai Kura-kura ini kerap didatangi oleh sejumlah kura-kura untuk singgah dan menghirup udara segar serta betelur disini.

Kura-kura sendiri merupakan binatang langka dan dilindungi. Maka dari itu, alam pantai ini dibiarkan apa adanya dengan kondisi alami pantai tanpa tersentuh dengan  pembuatan gedung yang justru mengurangi keindahan pantai atau bahkan merusak pantai.

10. Pantai Batu Burung

Pantai Batu Burung

  • Lokasi : Sedau, Singkawang Sel., Kota Singkawang, Kalimantan Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pada awalnya pantai ini merupakan tempat tambatan perahu, namun sekarang telah berkembang menjadi tempat rekreasi pemancingan serta lokasi bersantai bagi masyarakat setempat dan wisatawan lokal luar Kota Singkawang.

Penamaan pantai ini sendiri berasal dari cerita masa lalu yang menyebutkan bahwa pada awalnya pantai ini berupa sebongkah batu granit raksasa yang terletak jauh dari pantai, dan batu granit tersebut ditempati oleh kawanan burung yang sangat banyak Itulah sebabnya mengapa tempat ini diberi nama Pantai Batu Burung.

Bisa dikatakan tempat ini masih sangat “virgin” karena belum banyak orang yang tahu akan keberadaanya.

Sehingga hal itu juga yang membuat pantai ini terlihat begitu alami dan keindahannya akan nampak jelas dengan pantulan cahaya matahari yang perlahan tenggelam ditengah-tengah samudera.

Menariknya lagi, disini anda juga dapat melakukan kegiatan memancing secara gratis.

Tak hanya itu, dan jika anda tertarik untuk datang ke batu yang telah dijelaskan diatas, anda juga dapat menaiki rakit yang telah disediakan oleh masyarakat setempat dengan membayar biaya jasa Rp. 2.000 untuk mencapai lokasi dari batu tersebut. Tertarik?

11. Pantai Sedau

Pantai Sedau

  • Lokasi : Sedau, Singkawang Selatan, Kota Singkawang
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai yang terletak di sebelah selatan kota Singkawang ini merupakan salah satu pantai yang selalu menjadi destinasi tujuan para wisatawan yang berada di kota Singkawang.

Selain akses jalannya yang mudah dan strategis, di pantai ini juga telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang wisata seperti patung-patung hewan yang lucu dan beberapa atraksi hewan yang senantiasa di pertunjukan disana.

Mungkin pantai ini dapat dikatakan menjadi pantai yang paling banyak pengunjungnya di kota Singkawang dibandingkan pantai yang lainnya.

12. Sinka Island Park

Sinka Island Park

  • Lokasi : Jl. Malindo, Teluk Karang, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat
  • Tiket Masuk :
  • Sinka Zoo : Rp 10.000 per orang
  • Pantai Bajau : Rp 20.000 per orang
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Jenis Objek Wisata : Wisata kebun binatang, pantai, dan pulau
  • Fasilitas : Pantai, taman, kebun binatang, kolam renang, kios makanan dan minuman, gazebo, kuda atau delman

Sinka Island Park merupakan tempat wisata yang memiliki 2 perpaduan konsep yaitu konsep modern dan konsep alam yang di tata dengan sangat epik. Di tempat ini sendiri memiliki banyak objek wisata di dalamnya seperti Sinka Zoo, Pulau Simping, dan Pantai Baju.

Yang pertama ada Sinka Zoo yang di berkonsep sama dengan Taman Safari. Para pengunjungnya dapat mengelilingi kebun binatang ini dengan menggunakan mobil serta dapat turun dari mobil untuk berfoto bersama binatang.

Di beberapa titik, para pengunjungnya juga boleh memberikan makanan kepada para binatangnya.

Untuk koleksi binatangnya sendiri, zoo ini memiliki sekitar 275 ekor terdiri dair beberapa jenis binatang jenis Aves sebanyak 137 ekor, mamalia sebanyak 117 ekor, serta reptil berjumlah sebanyak 30 ekor.

Maka dari itu kebun binatang Sinka Island ini tergolong kebun binatang yang sangat lengkap.

Yang kedua ada Pantai Bajau yang biasa disebut oleh warga setempat sebagai Tanjung Bajau. Pantai ini memiliki kondisi pantai berbatu namun panorama alamnyayang tersaji sangatlah indah. Dengan kondisi pantainya yang seperti itu, maka para pengunjungnya tidak disarankan untuk berenang.

Meski begitu ada beberapa wahana permainan yang dapat dinikmati oleh para pengunjung yaitu banana boat. Dengan membayar biaya Rp 200.000 anda beserta 5 orang lainnya dapat menikmati keseruan bermain banana boat selama 15 menit.

Dan yang terakhir ada Pulau Simping, yang satu ini termasuk objek wisata yang masuk dalam kategori rekreasi alam namun di bungkus dalam balutan yang sangat apik.

Pulau ini merupakan pulau mungil yang di dalamnya ditumbuhi beberapa pohon saja dan konon katanya pulau ini dinobatkan sebagai pulau termungil di dunia yang telah di akui oleh PBB.

Untuk menuju pulau ini, para pengunjungnya dapat menyeberang melewati jembatan kayu yang sekaligus dapat anda jadikan sebagai latar belakang kegiatan berswafoto anda.

13. Danau Serantangan

Danau Serantangan

  • Lokasi : Sagatani, Singkawang Sel., Kota Singkawang, Kalimantan Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Danau seluas 4oo hektar ini sering dikunjungi oleh warga setempat untuk melakukan kegiatan memancing, karena memang danau ini kaya akan ikan air tawar yang hidup di dalamnya. Tak hana itu, kondisi alam sekitar yang teduh juga sering digunakan sebagai tempat untuk bersantai dikala sore hari tiba.

Namun sayang, beberapa tahun belakangan ini terdapat para oknum penambang emas liar yang melakukan kegiatan penambangannya di area danau ini sehingga dipastikan jika kegiatan ini terus berlanjut akan merusak dari keindahan dan ekosistem danau yang ada.

14. Danau Tadow Indah

Danau Tadow Indah

  • Lokasi : Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Singkawang
  • Tiket Masuk :
    • Parkir Motor : Rp 3.000
    • Parkir Mobil : Rp 4.000
    • Sewa Alat Pancing Modern : Rp 10.000 /jam
    • Sewa Alat Pancing Tradisional : Rp 5.000 /jam
    • Sewa Perahu : Rp 10.000 /jam
    • Umpan Pancing : Rp 5.000 /jam
    • Harga hasil pancing : kisaran harga Rp 15.000 – Rp 30.000  /kg *tergantung ikan yang di dapat
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : sewa peralatan pancing, perahu tradisional, tempat makan

Danau ini merupakan hasil kerjasama dari kelompok masyarakat Kelurahan Sedau untuk membuat lokasi wisata danau dengan daya tarik utamanya berupa area pemancingan ikan air tawar.

Hal ini telah mereka persipakan selama 2 tahun dan hasilnya berupa lokasi wisata danau yang sekarang dapat dinikmati siapa saja yang berkunjung disana.

Yang menarik disini, para pengunjungnya dapat memancing dengan mengitari danau dengan menggunakan perahu yang telah disediakan disana serta langsung mengolah hasil tangkapannya disana. Seru kan?

Jika anda ingin liburan ke kota Jambi, kunjungi juga Tempat Wisata di Jambi yang tak kalah bagus.

15. Cagar Alam Raya Pasi

Cagar Alam Raya Pasi

  • Lokasi : Sekitar Kota Singkawang, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Cagar alam ini memuat berbagai potensi biotik kawasan ekosistem berupa gunung, danau, dan juga sungai.

Dengan puncak gunungnya yang tertinggi adalah Gunung Raya dengan ketinggian 920 mdpl. Berdasarkan klasifikasi Schmidt serta Ferguson, Cagar Alam Raya Pasi ini termasuk ke dalam klasifikasi tipe A dengan curah hujan rata-rata per tahun 263 mm dengan kelembaban 55%.

Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna juga hidup dikawasan cagar budaya ini. Karena kealamian dari keberadaan cagar budaya ini masih amat sangat terjaga jadi dipastikan ketika anda berada dikawasan ini anda akan merasakan vibe petualangan yang luar biasa.

16. Rindu Alam

tanjung bajau wisata baru di singkawang

  • Lokasi : Kawasan Pasirpanjang -Tanjung Bajau,, Sedau, Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Berada di atas ketinggian adalah salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan, terlebih lagi jika dilakukan di berbagai tempat yang baru khusunya kota Singkawan. Jika Anda termasuk satu diantaranya, jangan lewatkan untuk singgah ke Bukit Rindu Alam saat berada di kota Singkawang.

Rindu alam merupakan tempat wisata menarik yang menyuguhkan pesona keindahan pantai dari atas ketinggian.

Lokasinya terletak tak jauh dari wisata pantai pasir panjang dan sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Singkawang sendiri. Di Rindu Alam sendiri nantinya anda akan disuguhi pesona keindahan dari  kelap-kelip lampu Kota Singkawang pada malam hari dengan suhu pegunungan khas yang dingin.

Selain itu, yang tak kalah menariknya lagi anda dapat menikmati keindahan laut, pulau, gunung sekaligus dari ketinggian yang tampak eksotis apa lagi saat pagi hari. Penasaran?

17. Taman Burung Singkawang

taman burung singkawang

  • Lokasi : Jl. Merdeka, Tengah, Singkawang, Kota Singkawang, Kalimantan Barat
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tempat wisata ini merupakan sebuah taman yang biasa digunakan oleh masyarakat sekitar untuk dijadikan tempat bersantai dikala sore hari menjelang.

Banyak muda-mudi yang jalan-jalan sore disekitar taman ini. Para anak muda disini sering menyebut taman ini sebagai Taman Mess Daerah karena memang letaknya berdekatan dengan Mess Daerah Singkawang.

Untuk penamaan taman ini sendiri menurut cerita masyarakat setempat hal itu disebabkan karena banyaknya hiasan patung burung yang berada di sekitar areal taman sehingga dinamakan taman burung.

18. Taman Gayung Bersambut

Taman Gayung Bersambut

  • Lokasi : Pasiran, Singkawang Bar., Kota Singkawang, Kalimantan Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : kantin, kursi, meja, cottage, gazebo, tempat sampah

Taman ini cukup luas dibandingkan taman lain yang ada di kota Singkawang, karena hal itu pula warga setempat sering menjadikannya sebagai area berjalan yang santai. Di saat pagi dan sore hari tiba, tak jarang banyak orang yang mengunjungi taman ini untuk berolah raga atau jogging.

Banyaknya tumbuhan serta pepohonan yang cukup rindang juga memberikan suasana yang segar dan menenagkan. Pijaran lampu kelap kelip yang ditata sedemikian rupa juga turut memikta hati bagi siapapun yang melihatnya.

Hal yang patut disayangkan dari Taman Gayung Bersambut yakni kebersihannya yang kurang terjaga. Sampah plastik mudah ditemukan di berbagai sudut dari taman ini. Belum lagi dengan banyaknya pedagang kaki lima yang sedang berjualan, kondisi taman menjadi semrawut.

Kurangnya penataan pedagang, serta pengawasan terdahap kebersihan, cukup memengaruhi kenyamanan para pengunjung yang datang ke taman ini.

Oleh karena itu, para pengunjungnya diharapakan dapat turut menjaga kebersihan taman dengan cara membuang sampah di tempat yang telah disediakan.

19. Taman Cinta Pajintan

Taman Cinta Pajintan

  • Lokasi : Jl. Raja, Pajintan, Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat
  • Tiket Masuk : Rp 20.000
  • Jam Buka : 08.00-22.00

Taman Cinta Pajintan merupakan salah satu lokasi wisata buatan yang sangat menarik untuk dikunjungi di kota Singkawang, tak heran jika taman ini selalu padat dikunjungi setiap harinya oleh para pengunjungnya.

Nah, buat kalian yang suka banget narsis, tempat ini adalah surganya. Disini kalian dapat menjumpai berbagai spot foto cantik seperti payung yang bergantungan di atas jalan pinggiran sungai, hiasan berbentuk hati dan juga latar belakang gunung asli yang menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa pengunjungnya.

20. Taman Batu Belimbing

taman batu belimbing

 

  • Lokasi : Nyarumkop, Singkawang Tim., Kota Singkawang, Kalimantan Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Taman ini berbeda dengan taman pada umumnya sebab, disini kalian tidak akan menjumapai penjual jajan atau kursi di taman pada umumnya.

Namun disini kalian akan disuguhkan dengan hamparan pemandangan alam terbuka yang dimana ditengah-tengah areanya terdapat sebuah batu besar yang memiliki bentuk menyerupai belimbing berwarna hitam.

Batu ini pesisi berada di tengah-tengah kolam yang bersikan air bercampur lumpur. Kondisi dari tempat wisata ini sekarang dapat dikatakan tidak terawat dengan baik, sebab beberapa fasilitas penunjang nampang rusak dan rapuh.

Seperti perahu atau pun kolamnya yang amat sangat kotor, padahal jika dikelola dengan baik, tempat inimemiliki potensi yang sangat bagus untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi utama kota Singkawang dengan ciri khas batunya yang belum tentu dapat ditemukan di tempat lain.

21. Taman Bunga Bukit Bougenvile

Taman Bunga Bukit Bougenvile

  • Lokasi : Desa Sijangkung, 6 km dari Kota Singkawang
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 09.00-21.00
  • Fasilitas : area parkir, musholla, pondok-pondokan tempat bersantai, ruang istirahat , kolam renang mini, toilet, cafetaria, danau, hutan, kebun buah

Sesuai dengan namanya, taman ini merupakan taman bunga yang di dominasi dengan bunga Bougenville (Bougenvillea Spectabilis), yang di desain sealami mungkin sehingga menghadirkan nuansa sejuk nan asri.

Saat anda berkunjung ke tempat ini anda akan disambut dengan keindahan warna-warni berbagai bunga yang ada di taman ini mulai dari Anggrek Hitam Kalimantan, beragam jenis Nephentes atau Kantung Semar, Anggrek Kuping Gajah, Anthurium, Aglonema serta jenis-jenis flora lainnya.

Dan fakta uniknya di taman ini setidaknya ada 46 jenis dari Bougenville yang tumbuh dan berkembang di dalam taman ini.

Di taman ini juga terdapat hutan homogen yang dimana terdapat rimbunan pohon Gaharu yang tumbuh dengan subur dan mampu menyajikan alam yang damai dan permai.

Faktanya, getah dan daunnya memiliki nilai yang tinggi yang menciptakan suasana sejuk bahkan saat matahari sangat terik.

Tak hanya itu, disini juga terdapat sebuah kolam yang dapat anda jelajahi menggunakan perahu kecil atau kano dengan melintasi pohon-pohon yang tumbuh subur di tengah danau.

Pastinya hal itu akan sangat menyenagkan untuk dilakukan.

Dan bagi kalian yang hobi berpetualang, maka anda juga wajib untuk menyisiri sudut demi sudut hutan yang terdapat di taman ini, dan tak usah khawatir karena disini sudah disediakan track untuk pejalan kaki sehingga anda yang gemar berpetualang bisa merasakan suasana hutan yang menghadirkan sensasi tersendiri.

Seolah kurang puas memanjakan para pengunjungnya, taman ini juga menghadirkan kebuh buah. Yang dimana di dalam kebun ini terdapat banyak sekali ragam pohon buah yang tumbuh subur seperti seperti buah durian, rambutan, alpukat, belimbing dan lain sebagainya.

Taman ini bak paket wisata komplit yang menyediakan berbagai objek wisata dalam satu kawasan. Dijamin nggak akan bosan deh!

22. Taman Gunung Sari

Taman Gunung Sari

  • Lokasi : Sijangkung, Singkawang Sel., Kota Singkawang, Kalimantan Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : pendopo, rumah pohon

Bagi kalian yang bosan dengan wisata pantai atau pun wisata alam lainnya, Taman Gunung Sari ini bisa menjadi pilihan anda untuk dijadikan tempat wisata bersantai bersama kerabata atau bahkan keluarga anda.

Seperti taman pada umumnya, disini juga tersedia berbagai kursi yang memang disediakan untuk para pengunjungnya. Tak hanya itu, di taman ini juga telah disediakan beberapa pendopo yang dapat digunakan sebagai tempat duduk ataupun tiduran untuk sementara waktu.

Bahkan, di taman ini juga telah tersedia rumah pohon yang dapat anda manfaatkan untuk menikmati pemandangan kota singkawang dari atas ketinggian. Jadi rugi deh jika kalian tidak mampir ke tempat ini.

23. Waduk Pajintan atau PDAM

tempat wisata di pontianak

  • Lokasi : Pajintan, Singkawang Timur, Pajintan, Singkawang Tim., Kota Singkawang, Kalimantan Barat
  • Tiket Masuk :
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Waduk Pajintan merupakan salah satu waduk yang sedang hits belakangan ini di provinsi Kalimantan Barat. Sebetulnya, keberadaan waduk ini telah ada sejak lama, namun berkat perkembangan teknologi eksistensi dari waduk ini mulai terkuak kembali. Banyak dari para pengunjung yang mengabadikan momennya dan mengunggahnya sehingga waduk ini pun kembali populer.

Waduk ini merupakan kolam buatan yang terdiri dari 2 kolam raksasa berwarna biru yang dimana dipinggiran kolamnya terdapat berbagai taman yang menghiasi areal wisata. Tak hanya itu, keberadaan view Gunung Poteng juga semakin menambah nilai plus dari areal wisata yang satu ini.

Bagi kalian yang hobi berfoto atau ngevlog, tentunya tempat ini sangat cocok untuk dijadikan latar belakang karena menyajikan view gunung beserta kolam dan tamannya yang terlihat sangat eksotis nan mewah. Penasaran?

24. Rumah Keluarga Tjhia

Rumah Keluarga Tjhia

  • Lokasi : Jl. Budi Utomo, Condong, Singkawang, Kalimantan Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Rumah ini dibangun pada tahun 1902 yang merupakan rumah dari seorang Tingkok yang datang ke tanah Singkawang.

Dan konon katanya, orang tersebutlah yang sangat berjasa akan kemajuan Singkawang dari masa kemasa, sehingga rumah beliau diabadikan sebagai cagar budaya yang sangat penting hingga sekarang.

Saat anda datang kesini, anda akan disambut dengan bangunan rumah yang sangat besar lengkap dengan gaya arsitektur Tiongkok yang sangat kental. Namun bangunan ini juga dipadukan dengan gaya arsitektur barat sehingga sangat menarik untuk dilihat.

Karena keunikannya tersebut, rumah ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya oleh para wisatawan, baik lokal hingga mancanegara. Mereka yang datang berkunjung ke rumah ini sendiri biasanya ingin melihat secara langsung sejarah dari rumah ini.

Sembari berlibur, tak ada salahnya jika kita menyempatkan untuk mempelajari kebudayaan dan sejarah yang ada di Kota Singkawang ini. Dan rumah ini pastinya akan memberikan pengalaman tersendiri bagi anda yang sedang berlibur di kota Singkawang.

25. Gunung Jempol Waterboom

Gunung Jempol Waterboom

  • Lokasi : Jl. Raja, Pajintan, Singkawang Tim., Kota Singkawang, Kalimantan Barat
  • Tiket Masuk : Rp 20.000-Rp 40.000
  • Jam Buka : 08.00-22.00
  • Fasilitas : kantin, taman, waterpark, sepeda air, flying fox, danau,

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang Taman Cinta maka inilah nama lain dari taman tersebut yakni Gunung Jempol Waterboom.

Untuk waterboomnya sendiri tergolong baru yang dimana juga didominasi dengan warna-warni serta spot cantik seperti pada Taman Cinta itu sendiri.

Jadi sembari anda melakuakn kegiatan bermain air, anda juga nantinya akan dimanjakan dengan berbagai spot foto apik yang ada di sekitar areal wisata.

26. Masjid Raya Singkawang

Masjid Raya Singkawang

  • Lokasi : Jalan Mesjid, Melayu, Singkawang Barat, Melayu, Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Berwisata ke tempat baru tidak hanya selalu pantai ataupun air terjun, tak ada salahnya jika kita menyiram rohani kita dengan mengunjungi tempat wisata religi di tempat tersebut salah satunya adalah Masjid Raya Singkawang.

Masjid ini nampak begitu megah saat malam hari tiba dengan balutan lampu yang menerangi diseluruh sudut masjidnya. Perpaduan andatara warna hijau dan putih juga turut serta menambah keindahan dari bangunan ini.

Masjid ini telah berdiri sejak tahun 1880 yang didirikan oleh dua orang saudagar bernama Bawasahib Maricar dan Haji. B. Achmad Maricar (Anak dari Bawasahib Maricar).

Mereka merupakan seorang pedagang yang berasal dari Distrik Karikal, Calcutta dan India yang datang ke Indonesia di tahun 1850 masehi. Dan pada tahun 1875, saudagar tersbut diberikan gelar oleh Hindia Belanda sebagai Kapitan India.

Dari tahun ketahun, masjid ini pernah mengalami beberpa kali pemugaran namun uniknya ada satu bagian masjid ini yang tetap dijaga keasliannya yaitu menara yang terdapat dibagain belakang masjid. Sementara di sisi kanan masjid bagian belakang, juga terdapat satu tugu berwarna emas yang dibangun sejak tahun 1880.

Tugu ini memiliki bentuk kubus dengan ketinggian mencapai 3 meter serta letaknya berada di tengah-tengah kolam berdiameter 5 meter. Hal itu juga yang merupakan salah satu daya tarik dari masjid ini.

27. Vihara Tri Dharma Bumi Raya

Vihara Tri Dharma Bumi Raya

  • Lokasi : Jl. Sejahtera No.28, Melayu, Singkawang Bar., Kota Singkawang, Kalimantan Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Vihara ini merupakan salah satu ikon dari kota Singkawang dan sekaligus menjadi vihara tertua yang ada di kota ini. Vihara ini sudah berdiri sejak tahun 1878 yang dipercaya sebagai tempat peribadatan umat Tri Dharma tertua di Singkawang.

Seperti yang kita tahu, kota Singkawang ini memang di dominasi oleh rakyat yang memiliki darah Tionghoa, sehingga tak heran jika anda berkunjung ke kota ini anda akan banyak menemukan tempat atau benda dengan sentuhan Tionghoa di dalamnya.

Untuk vihara ini sendiri memiliki kuil mungil di sisi kanan bangunannya serta terdapat pula ukisan kehidupan masyarakat Tionghoa yang menggambarkan keamanan, kedamaian dan kesejahteraan.

Dan pada pagar viharanya terdapat berbagai simbol yang diyakini membawa kebaikan bagi warga Tionghoa. Simbol tersebut salah satunya berupa bunga teratai yang dianggap simbol kesempurnaan, karena bunga ini mampu hidup di tiga alam yang berbeda.

Dan ada juga simbol hewan naga serta gambar koin yang dikelilingi kelelawar yang diartikan sebagai lambang kemakmuran. Banyak yang mengunjungi tempat ini untuk beribadah ataupun hanya sekedar mampir untuk berfoto di bagian bangunannya.

28. Gereja Katolik Santo Fransiskus Asisi

gereja katolik santo fransiskus asisi

  • Lokasi : Jalan P, DIpenogoro No. 1, Pasiran, Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : *tergantung jadwal misa

Selanjutnya ada gereja katolik, gereja ini tak jauh beda dengan gereja lainnya yang ada di Indonesia namun uniknya bangunan ini merupakan stasi pertama yang berdiri di Kalimantan tepatnya pada tahun 1885.

Banyak yang datang kesini untuk beribadah dan merayakan hari raya natal. Jadi tak ada salahnya jika kalian mampir dan mengetahui bangunan stasi pertama yang ada di Pulau Kalimantan.

29. Tugu Naga Singkawang

Tugu Naga Singkawang

  • Lokasi : Jl. GM Situt, Pasiran, Singkawang Bar., Kota Singkawang, Kalimantan Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Sempat terjadi perdebatan mengenai keberadaan tugu ini yang dianggap hewan sakral dan hanya menggambarkan satu etnis saja, sehingga merusak kharmonisan rakyat Tionghoa. Dan sumber lainnya berpendapat bahwa tugu ini hanya untuk mendukung dunia pariwisata di Kota Singkawang dan diharapkan dapat menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Kota Singkawang.

Selain itu, naga juga bukan merupakan hewan sakral karena hewan itu milik semua etnis. Well, terlepas dari itu, para wisatawan luar kota tidak pernah melewatkan untuk mengabadikan momen ditugu ini, karena memang dapat dikatakan tugu itu salah satu ikon yang menarik di kota Singkawang.

30. Wisata Kuliner Pasar Hongkong atau Pasar Hongkong

wisata kuliner singkawang

  • Lokasi : Jl. Setia Budi, Condong, Singkawang Tengah, Kota Singkawang, Kalimantan Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 17.00-05.00

Setelah puas berwisata, kini saatnya kita memuaskan hasrat berbelanja dan memanjakan perut dan lidah dengan berbagai kuliner khas kota Singkawang. Salah satu tempatnya yang akan memberikan hal itu ada di Wisata Kuliner Pasar Hongkong atau Pasar Hongkong.

Disini anda akan dapat menjumpai berbagai macam toko dengan isi yang berbeda, dan dijamin akan memberikan semua apapun yang anda butuhkan.

Dan pada malam hari tiba, kawasan ini berubah menjadi wisata kuliner yang penuh dengan aneka gerobak penjaja makanan berbaur dengan pasar rakyat serta pertokoan modern penjaja barang elektronik, lampu listrik dan lampion serta lampu petromak menjadi penghias suasana malam di Pasar Hongkong Singkawang.

Dengan julukan kota Kota Amoy, maka pasar ini juga menawarkan hampir semua jenis kuliner khas Tionghoa di dalamnya seperti Chinesse Food, Bakso, Martabak, Choi Pan (isi mang kanga atau bengkuang, isi khai choi atau sayuran serta isi cuk sun atau rebung), Bakmie, Kwetiau, Cap Cay hingga makananan rakyat seperti Nasi Campur Singkawang, Tahu dan Bubur Tahu khas Singkawang.

Pasar Hongkong Singkwang kerap dijadikan sebagai tempat tujuan melepas lelah, dahaga serta lapar oleh mereka-mereka yang lpenat setelah seharian penuh berjalan-jalan mengunjungi berbagai objek wisata di Kota Singkawang, Atau hanya sekedar sebagai tempat melewati malam dan bercengkerama bersama kawan dan sahabat sembari menikmati suasana malam di Pasar Hongkong Singkawang.

Nah, dengan julukannya sebagai kota Amoy, ternyata Singkawang juga memiliki tempat wisata lain yang tak kalah seru dari kota lainnya, namun memang tidak bisa dipungkiri karena keunikannya tersebut Singkawang menjadi salah satu kota tujuan wisata di Kalimantan Barat yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Namun satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Singkawang, semoga bermanfaat. Happy Holiday!

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.