Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Banjarmasin

17 min read

Tempat Wisata di Banjarmasin

Banjarmasin merupakan sebuah kota yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan. Kota ini juga dijuluki sebagai Kota Seibu Sungai sebab wilayahnya merupakan delta atau kepulauan yang terdiri dari sekitar 25 buah pulau kecil (delta) yang dipisahkan oleh sungai-sungai seperti Pulau Tatas, Pulau Kelayan, Pulau Rantauan Keliling, Pulau Insan, dan lain sebagainya.

Untuk lebih lengkapnya, kami akan membahas tempat wisata yang ada di Banjarmasin untuk kalian semua. Namun kenalan dulu yuk dengan kota yang satu ini.

Banjarmasin awalnya merupakan ibukota Provinsi Kalimantan, sebuah provinsi raksasa yang terbentuk ketika Indonesia baru saja merdeka.

Namun pada tahun 1957 dipecah menjadi 3 propinsi, yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur. Bagian barat Kalimantan Selatan sendiri kemudian memisahkan diri menjadi Kalimantan Tengah pada tahun 1958.

Sebagai kota dengan kepadatan penduduk tertinggi di luar Pulau Jawa, Banjarmasin sekarang sedang mempersiapkan berbagai bidang meliputi : administrasi, perdagangan, kota pelabuhan, pendidikan dan pariwisata.

Di kota ini juga banyak terdapat tempat-tempat legendari yang sekarang telah dikembangkan menjadi potensi wisata di Banjarmasin. Selain itu, ternayata Banjarmasin juga menyimpan potensi wisata lainnya lho.

Untuk itu, kami akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Banjarmasin yang layak untuk anda kunjungi.

1. Pasar Terapung Muara Kuin Banjarmasin

gambar kota banjarmasin

Lokasi : Jl. Kuin Utara, Kel. Kuin Selatan, Kec. Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Tiket Masuk : Rp 60.000 – Rp 80.000 *sewa kelotok

Jam Buka : 04.00-07.00

Tempat wisata pertama yang wajib untuk anda datangi ialah Pasar Terapung Muara Kuin Banjarmasin. Mengunjungi Banjarmasin tanpa singgah disalah satu pasar apungnya memang kurang lengkap rasanya. Dan taukah kamu, bahwa pasar ini juga merupakan pasar apung tertua yang ada di Indonesia.

Di dalam pasar ini seluruh proses jual beli dilakukan di atas perahu, aktivitas ini sudah ada sejak 400 tahun silam hingga sampai sekarang masih terus dibudayakan.

Disini anda dapat menemukan berbagai macam kebutuhan mulai dari kebutuhan harian, hasil pertanian, makanan bahka pakaian pun ada.

Yang paling menarik dari pasar ini ialah adanya tongkat dengan ujung kawat untuk mengambil barang yang dibeli karena sulitnya mendekatkan perahu yang dinaiki.

2. Pulau Kembang

tempat prewedding di banjarmasin

  • Lokasi : Sungai Barito, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk :
    • *Weekdays
      • WNI : Rp 5.000  per orang
      • WNA : Rp 100.000 per  orang
    • *Weekend
      • WNI : Rp 7.500 per orang
      • WNA : Rp 150.000 per orang
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tempat wisata hits selanjutnya yang ada di Banjarmasin yaitu Pulau Kembang. Pulau ini berada di tengah-tengah sungai Barito. Pulau Kembang ini juga merupakan tempat habitat monyet dan beberapa jenis burung dan menurut masyarakat setempat disini juga terdapat seekor monyet besar yang merupakan raja monyet.

Jika anda berada di tempat ini, anda disarankan untuk selalu berhati-hati dengan segala barang bawaan anda sebab monyet disini seringkali penasaran dan ingin melihat apa saja yang Anda bawa. Ada baiknya juga jika anda membawa makanan ringan atau buah-buahan untuk mengalihkan perhatian mereka dari tas Anda.

Selain itu, hal menarik yang ada di Pulau ini adalah adanya sebuah kuil dan altar dengan arca berbentuk monyet putih atau Hanoman. Altar ini, oleh warga Tionghoa, digunakan untuk meletakkan sesaji pada saat-saat tertentu.

3. Pantai Jodoh

pantai jodoh banjarmasin

  • Lokasi : Jalan Jenderal Sudirman (depan Masjid Raya Sabilal Muhtadin)
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Buat kalian yang sedang mencari jodoh jangan datang ke tempat yang satu ini untuk mencari jodoh ya guys, karena hanya namanya saja yang menyebutkan Pantai Jodoh, tapi tidak salah juga kalau kalian mencari peruntungan jodoh disini hihihi.

Jika kalian berada di Banjarmasin, kalian tidak boleh melewatkan pantai yang satu ini karena tempat ini merupakan spot yang cocok untuk menikmati sore dengan anginnya yang sejuk serta pemandangannya yang tak kalaj indah.

Karena penamaan pantainya yang unik inilah membuat para pengunjung banyak berdatangan, pantai ini juga dikenal sebagai pantai ‘pemberi’ jodoh dan pantai bagi pasangan menikah. Unik ya!

4. Air Terjun Bajuin

tempat nongkrong di banjarmasin

  • Lokasi : Desa Sungai Bakar, Bajuin, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir luas

Tak hanya pantai saja, ternyata Banajrmasin juga memiliki objek wisata air terjun di dalamnya salah satunya adalah Air Terjun Bajuin tepatnya berada di kawasan pegunungan Maratus. Air terjun ini tak kalah indahnya dengan air terjun yang ada di Indonesia lainnya.

Disini anda akan disuguhkan dengan panorama pegunungan yang indah, eksotik, serta udaranya pun terasa sangat sejuk karena terdapat banyak pepohonan disekitar kawasan air terjun. Air terjun ini sendiri memiliki tiga tingkatan dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Menariknya lagi disini terdapat beberapa jenis burung dan tanaman anggrek hutan, serta bunga bangkai. Keberadaan air terjun ini sangat dikelola dengan baik dan mengalami perkembangan setiap tahunnya. Terbukti dengan dijadikannya kawasan air terjun sebagai ekowisata alam seperti traking, climbing, hiking.

5. Wisata Susur Sungai Naik Kelotok

Wisata Susur Sungai Naik Kelotok

  • Lokasi : Sungai Martapura, Banjarmasin, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 (15 menit)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : sewa kelotok

Jika anda ke Banjarmasin jangan sampai kelewatan untuk merasakan pengalaman aktivitas menelusuri sungai Martapura dari atas perahu atau Kelotok. Disini kita akan diajak berkeliling sungai selama lima menit menggunakan perahu tradisional Kalimantan yang disebut sebagai kelotok.

Dijamin hal ini akan memberikan sensasi seru serta pengalaman menarik yang dapat anda ceritakan untuk keluarga anda dirumah nantinya.

6. Taman Wisata Alam Pulau Bakut

taman wisata alam sari banjarmasin

  • Lokasi : Marabahan Baru, Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Selain Pulau Kembang, di Banjarmasin juga terdapat pulau lainnya yaitu Pulau Bakut. Pulau kecil yang berada di bawah Jembatan Barito ini memiliki luas sekitar 18 hektar yang termasuk dengan taman wisata alam yang dihuni oleh banyak hewan dan tumbuhan yang adaptif terhadap pasang surut air.

Untuk dapat mencapai pulau ini, anda harus menggunakan perahu motor dari Banjarmasin dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan. Tak hanya itu, anda juga dapat menuju Pulau Bakut dengan menggunakan speedboat dari Banjarmasin dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 20 menit.

7. Pulau Kaget Asylum Margasatwa

Pulau Kaget Asylum Margasatwa

  • Lokasi : Banjarmasin, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk : Rp 250.000 *sewa perahu
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pulau Kaget Asylum Margasatwa ini merupakan rumahnya para Bekantan asli Kalimantan. Disini anda akan melihat hidung panjang si monyet Bekantan yang unik, langka dan hanya ada di kalimantan. Mereka hidup bebas di hutan Rambai pohon.

Suasana di pulau ini juga sangat asri karena dipenuhi dengan berbagai pepohonan yang menghijau. Bahkan cenderung membentuk hutan lebat yang cocok untuk habitat berbagai macam hewan seperti para Bekantan. Bekantan ini juga dikenal dengan sebutan Monyet Belanda, hal itu disebabkan karena hidungnya yang panjang, besar, dan berwarna merah.

Selain dihuni oleh bekantan, pulau Kaget juga didiami oleh berbagai spesies monyet lainnya seperti monyet ekor, panjang dan lutung. Tah hanya itu disini juga terdapat berbagai macam jenis burung seperti burung kipas, betet, trucukan, bangau, elang bondol, elang laut, dan bebek.

Hewan ini hidup dalam lingkungan hutan yang ditumbuhi oleh pepohonan dari jenis rambai, bakung, bakau, api-api, nipah, piai, jeruju, dan pandan. Dari sekian banyak jenis pohon yang tumbuh di hutan pulau Kaget, pohon yang paling dominan adalah dari jenis rambai yang menjadi favorit si Bekantan.

Untuk sampai ke pulau ini anda dapat menggunakan perahu Klotok dari pusat kota Banjarmasin sekitar 1,5 jam atau 1 jam dengan speedboat. Selain itu, sebenarnya pulau ini merupakan sebuah delta di muara Sungai Barito yang terbentuk akibat endapan lumpur.

8. Wisata Danau Seran

Wisata Danau Seran

  • Lokasi : Guntungmanggis, Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk :
    • Kendaraan roda dua : Rp 3.000
    • Kendaraan roda empat : Rp5.000
    • Sepeda air dan perahu : Rp 20.000 / 30 menit
  • Jam Buka : 08.00-18.00
  • Fasilitas : penyewaan sepeda air dan perahu, penjual makanan

Sekilas tentang Danau Seran, dahulunya area ini merupakan rea penambangan intan milik PT. Galuh Cempaka. Namun setelah aktivitas penambangan sudah tidak ada lagi, bekas galian tambang yang terbengkalai menjadikan tempat ini digenangi air dan menjelma menjadi danau yang sekarang dikunjungi banyak orang.

Pesona yang ditawarkan danau ini sungguh indah, sebab ketika anda sampai di lokasi danau anda akan disuguhkan dengan pemandangan danau seluas 10 hektar serta ditemani udara yang sejuk, dan hijaunya alam di sekitar.

Tak hanya itu, air yang dimiliki danau ini juga sangat jernih sehingga sangat menggoda untuk dijadikan tempat berenang, namun jika anda hendak berenang anda harus waspada karea danau ini memiliki kedalaman lebih dari 30 meter.

Uniknya lagi ditengah-tengah danau ini terdapat sebuah pulau yang ditumbuhi pepohonan liar dan di tengahnya terdapat ayunan yang diikat ke batang pohon. Menariknya lagi, pulau ini bisa anda kunjungi sekalian saat singgah di Danau Seran.

9. Danau Galuh Cempaka

Danau Galuh Cempaka

  • Lokasi : Purnawirawan kelurahan,, Palam, Cempaka, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin0-Minggu)
  • Fasilitas : penyewaan perahu

Danau selanjutnya yang ada di Kota Banjabaru adalah Danau Galuh Cempaka. Sama halnya dengan Danau Seran, Danau Galuh Cempaka juga merupakan bekas area pertambangan intan milik PT. Galuh Cempaka, namun aktivitas pertambangan ditempat tersebut sudah tidak dilakuakan lagi.

Ada yang menyebutkan bahwa danau ini terbentuk karena adanya sumber air yang keluar dari dalam tanah bekas galian tambang, tetapu ada juga yang bilang kalau danau ini erbentuk karena bekas galian tambang yang digenangi air, kalau menurut kalian gimana?

10. Embung Sidodadi

Embung Sidodadi

  • Lokasi : Jl. Sidodadi 2 No.96, Loktabat Sel., Banjar Baru Sel., Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk : Rp 20.000
  • Jam Buka : 10.00-17.30

Objek wisata selanjutnya adalah Embung Sidodadi. Destinasi wisata ini yang memiliki fungsi utama sebagai kawasan atau daerah tangkapan air juga menjadi salah satu wisata andalan yang ada di kota Banjarbaru. Disini anda bisa mengajak keluarga anda untuk bersantai di akhir pekan untuk sekedar melepas penat dari rutinitas harian.

Terlebih lagi disini anda juga dapat melakukan aktivitas memancing. Karena pemerintah kota sendiri telah menebarkan 12.000 benih ikan yang terdiri dari 4000 jenis berbeda mulai dari jenis ikan lokal seperti Papuyu, Baung, dan Kelabau. Namun ingat ya, disini dilarang menyetrum ikan ya guys.

11. Masjid Agung Al- Munawwarah

Masjid Agung Al- Munawwarah

  • Lokasi : Jl. Trikora, Guntungmanggis, Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Salah satu masjid termegah yang ada di kota Banjarbaru adalah Masjid Agung Al- Munawwarah. Masjid yang terlihat sangat megah ini terdapat tempat bermain islami, dan juga di kawasan masjid ini juga terdapat ruang terbuka hijau syariah.

Jika anda berkunjung ke masjid ini jangan lupa untuk menunaikan hal-hal yang bernilai dan disunahkan dalam agam, karena suasana di dalam masjid ini sanat khitmat dan tenang. Ohya, para pengunjung dimasjid ini diwajibkan untuk menutup aurat ya sobat.

12. Taman Van Der Pijl

taman van der pijl

 

  • Lokasi :  Jalan Ahmad Yani Km 34,5 , Loktabat Utara, Banjar Baru Utara, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk : Rp 3.000 (Parkir Kendaraan)
  • Jam Buka : 24 jam
  • Fasilitas : wahana permainan anak, pedagang makanan, sepeda, becak mini, mobil-mobilan

Taman ini dilengkapi dengan pepohonan yang cukup rimbun, sehingga suasana yang tercipta di taman sejuk dan cukup nyaman untuk digunakan sebagai tempat bersantai.

Taman ini biasanya dimanfaatakn waga setempat untuk bersantai di akhir pekan, maka tak heran jika anda datang kesini anda akan banyak menjumpai anak kecil karena di sini banyak wahana permainan untuk anak kecil.

13. Mustika Dunia Fantasy

Mustika Dunia Fantasy

  • Lokasi : Jalan Gubernur Subardjo, Desa Landasan Ulin Barat, Kecamatan Liang Anggang, Banjarbaru
  • Tiket Masuk : Rp 30.000 (Weekdays), Rp 50.000 (Weekend & Holiday)
  • Jam Buka :

Tempat rekreasi keluarga lainnya adalah Mustika Dunia Fantasy. Mustika Dunia Fantasy ini juga disebut sebagai dufan mininya Banjarbaru sebab terdapat berbagai permainan seperti apangan golf mini, kolam renang anak-anak dan dewasa, seluncur air anak-anak dan dewasa, bom-bom car, water boom serta ATPM.

Selain itu, juga tempat ini juga ada Bianglala, Perahu Columbus atau Kora-Kora, Kereta Kuda atau Carousel, Sepeda Air, Kereta Api, Speed Racing Slide, Ban Slide Merah, Kolam Arus, Kid Water Playset, Baby Slide, Payung atau Cawan Air, dan Funmily Slide. Dijamin seru deh!

14. Hutan Pinus Mentaos

Hutan Pinus Mentaos

  • Lokasi : Jalan Suriansyah Ujung, Kelurahan Mentaos Kecamatan Banjarbaru Utara, Loktabat Utara, Banjar Baru Utara, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : penyewaan hammock, penyewaan tikar *Rp 10.000

Wisata ini dapat dijadikan wisata alternatif bagi anda yang ingin menghirup udara segar. Namanya juga huta, pastinya disini anda akan disuguhkan dengan pemandangan pohon pinus yang eksotis. Tak hanya itu, kini Hutan Pinus Mentaos lebih berwarna-warni karena telah dilengkapi dengan beragam payung menggantung yang asik untuk berselfie atau groufie.

15. Taman Labirin Banua (Kebun Raya Banua)

Taman Labirin Banua (Kebun Raya Banua)

  • Lokasi : Jl. Aneka Tambang, Palam, Cempaka, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk : Rp 20.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00

Jika biasanya kebun raya mengingatkan kita akan kota Bogor, tapi jangan salah Banjarbaru juga punya lho namanya Taman Labirin Banua (Kebun Raya Banua) atu akrab disapa dengan Kebun Raya Banua. Pada objek wisata ini pengunjung dapat menjumpai berbagai taman seperti taman buah, taman bunga, dan taman labirin untuk bermain petak umpet. Wah asik ya!

16. Agrowisata Kebun Durian (Meek Farm)

Agrowisata Kebun Durian (Meek Farm)

  • Lokasi : Jl. Guntung Manggis, Guntungmanggis, Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-18.00

Jika anda penggemar durian, tak ada salahnya jika anda mencoba berkunjung ke Agrowisata Kebun Durian (Meek Farm) atau biasa disebut sebagai Meek Farm. Disini anda dapat melihat bibit-bibit pohon durian unggul yang dapat anda beli sekaligus.

Tak hanya itu, di dalam agrowisata ini juga ada resto bertemakan durian jadi hampir semua menunya terdapat bahan duriannya.

Suasana yang terasa di area agrowisata juga sangat sejuk dan asri. Pemandangan rerumputan hijau juga akan menambah suasana menjadi segar dan tenang. Cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga.

17. Bekantan park

Bekantan park

  • Lokasi : Guntungmanggis, Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk : Rp 20.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00
  • Fasilitas : flying fox, jembatan tali, kolam renang, spot foto

Saat anda sampai kelokasi wisata ini anda akan disambut denagn ornamen dari bekantan dan yang paling besar dan mencolok adalah di gerbang masuk pintu gerbang.

Tidak ketinggalan disini juga ada patung hewan lain seperti kura-kura, biawak dan beruang serta ada juga replika dari jembatan Barito, sungai terbesar yang melintasi Kalimantan Selatan.

Di tempat ini anda dapat berlibur bersama keluarga tercinta dengan memanfaatkan sejumlah wahana yang tentunya akan sangat menghibur di hari libur anda.

18. Wisata Rumah Sangkut Gunung Kupang atau Rumah Jomblo

Wisata Rumah Sangkut Gunung Kupang atau Rumah Jomblo

  • Lokasi : JalanGunung Kupang, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Kenapa disebut sebagai Rumah Jomblo. Sebab rumah yang berada di belakang perumahan Perum Graha Praja Idaman ini terlihat sangat menonjol dan posisinya menjulang tinggi di atas gundukan tanah serta hanya inilah satu-satunya rumah kayu yang berada di sekitar perumahan tersebut.

Konon katanya, rumah ini sempat dicoba untuk dirobohkan, namun sayangnya setiap kali ada yang mencobanya, maka orang tersebut akan jatuh sakit. Entah benar atau tidak, nyatanya keberadaan rumah ini justru menjadi viral dan menjadi obyek tujuan wisata baru di Kalimantan Selatan.

19. Monumen ALRI Divisi IV

Monumen ALRI Divisi IV

  • Lokasi : Jl. A.Yani KM. 20 Liang Anggang, Banjarbaru
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Satu lagi objek wisata bersejarah di Banjarbaru yaitu Monumen ALRI Divisi IV. Monumen ini berdiri megah di atas Bundaran Liang Anggang yang menghubungkan Banjarmasin, Banjarbaru dan Pelaihari.

Kawasan wisata ini termasuk yang paling banyak dikunjungi mengingat adanya tank dan meriam yang merupakan aset pertahanan langka didapati di Kalimantan Selatan. Monumen ini merupakan wisata yang relatif baru, sebab diresmikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Dr.Marsetio pada tanggal 13 Desember 2013.

Di monumen ini terdapat 3 item penting, yakni Tank Amfibi PT-76, Meriam Howitzer 105 mm, dan Jangkar yang merupakan simbol pertahanan laut.

20. Museum Lambung Mangkurat

Museum Lambung Mangkurat

  • Lokasi : Loktabat Utara, Banjar Baru Utara, Kota Banjar Baru
  • Tiket Masuk : Rp 20.000
  • Jam Buka : 08.30-16.00

Mulai jenuh dengan wisata yang itu-itu saja. Coba deh datang ke Museum Lambung Mangkurat. Disini anda akan mengenal sejaran berdirinya tempat ini.

Dan tempat ini juga menyimpan banyak penginggalan seperti kerangka dan peninggalan-peninggalan bersejarah lainnya. Intinya jika anda mengunjungi museum ini, dijamin pengetahuan anda akan bertambah.

21. Pasar Terapung Lok Baintan

tempat wisata di martapura

  • Lokasi : alan Sungai Martapura, Desa Sungai Tandipah, Kecamatan Sungai Tabuk, Sungai Tandipah, Sungai Tabuk, Banjar, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 06.00-09.00

Karena lokasinya yang berada di salah satu anakan Sungai Martapura yang bernama Lok Baintan, menjadikan lokasi pasar terapung ini dikenal dengan nama pasar terapung Lok Baintan. Aktivitas di pasar ini sudah dimulai sejak pagi buta dan mencapai puncak keramaiannnya sekitar jam 6-7 pagi.

Apalagi jika musim panen tiba, kumpulan pedagang di pasar apung ini pun akan melebihi jumlah pada umumnya. Selain masa panen, umumnya aktivitas rutin pasar terapung Lok Baintan baru ramai pada hari pasar umumnya yaitu setiap hari Jum’at di setiap minggunya.

Selain buah dan sayur mayur, di pasar ini juga terdapat kue khas daerah setempat yang kerap diperjualbelikan oleh para pedagang di pasar apung ini. Tak hanya kue khas saja, bahkan ada juga pedagang yang menjajakan sarapan berat dengan menu andalannya yaitu Soto Banjar dan Ketupat Kadangan.

Transaksi perdagangan di pasar ini tak selalu dilakukan dengan uang tunai namun sistem barter pun masih berlaku dan kerap dilakukan oleh sesama pedagang.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pasar Lok Baintan yaitu pada hari Jum’at yakni ketika hari pasar. Tak hanya pengunjung lokas, disini juga kerap terlihat wisatawan mancanegara yang mendatangi pasar ini.

Bagi anda yang penasan ingin mencoba melihat aktivitas perdagangan atau berbelanja secara langsung dari dekat juga dapat menyewa klotok (perahu motor khas Kalimantan). Pastinya hal ini akan menjadi pengalaman seru yang tak terlupakan, karena Anda akan dibawa menyusuri sungai sambil berbelanja di pasar terapung.

22. Aquatica Waterpark & Playground

Aquatica Waterpark & Playground

  • Lokasi : Jl. Trikora Komplek Griya Pesona Bhayangkara, Guntung Manggis, Guntungmanggis, Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk : Rp 30.000
  • Jam Buka : 09.00-17.00

Kolam renang idaman yang berada di area Taman Gembira ini memiliki fasilitas arena air yang cukup menyenagkan. Anda dapat membawa buah hati anda untuk berlibur disini. Disini juga terdapat 3 perosotan yang cukup unik dengan warna yang berbeda dan lebar yang berbeda pula. Seru deh!

23. Pasar Terapung Siring Banjarmasin

tempat wisata kuliner di banjarmasin

  • Lokasi : Jl. Kapt Tendean No.20, Gadang, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka :
    • Sabtu : 16.00-23.00
    • Minggu : 04.00-12.00

Berbeda halnya dengan Pasar Terapung Lok Baintan, pasar siring ini merupakan pasar yang terletak di Siring Sungai Martapura yang sekaligus program langsung dari pemkot Banjarmasin dalam rangka pelestarian pasar apung yang mulai punah di makan oleh jaman. Dengan adanya pasar apung ini diharapkan mampu mendekatkan pasar apung dengan masyarakat.

Disini kebutuhan harian anda dapat ditemukan dengan mudah mulai dari aneka kuliner, macam-macam wadai khas Banjar, buah-buahan, dan benih pohon yang siap tanam, dan menariknya lagi harga yang di jual disini rata-rata sangatlah murah meriah.

24. Museum Wasaka

Museum Wasaka

  • Lokasi : Sungai Jingah, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-12.00

Bagi kamu yang suka wisata sejarah, sepertinya anda harus berkunjung ke Museum Wasaka. Nama Wasaka sendiri diambil dari akronim Waja Sampai Kaputing, sehingga nama dari musem ini Wasaka.

Jangan salah, kata Waja Sampai Kaputing merupakan motto perjuangan rakyat Kalimantan Selatan, jadi menambah kesan bersejarahnya ya. Sesuai dengan letaknya, tempat ini memiliki gaya arsitektur rumah adat Banjarmasin yang berbentuk panggung dengan atap tinggi.

Disini berbagai benda bersejarah seperti koleksi foto, mesin ketik, seragam perjuangan, serta senjata yang digunakan untuk melawan penjajah seperti keris dan senjata api milik Belanda yang berhasil dirampas dapat anda jumpai di tempat ini.

Hal yang menarik dari museum ini adalah kalian dapat menemukan naskah teks proklamasi yang dibuat pada tanggal 17 Mei 1949, yang sangat berbeda dengan naskah teks proklamasi pada umumnya.

Hal itu disebabkan karena menurut Perjanjian Linggarjati, Kalimantan tidak masuk dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Namun demikian, warga Kalimantan terus berjuan agar menjadi bagian dari NKRI serta menyatakan kemerdekaannya empat tahun setelah Bung Karno membacakan teks proklamasi.

25. Waterboom Pesona Modern

Waterboom Pesona Modern

  • Lokasi : Perumahan Pesona Modern, Jl. A. Yani Km. 11, Ps. Kemis, Kertak Hanyar, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk :
    • Weekdays : Rp 45.000
    • Weekend : Rp 60.000
  • Jam Buka : 09.00-19.00
  • Fasilitas : wahana permainan air, flying fox, live music, loker, ruang ganti dan bilas, gazebo, area parkir

Nah, buat kalian yang sedang mencari tempat rekreasi keluarga, boleh banget nih datang ke Waterboom Pesona Modern. Disini kalian dapat bermain wahana air dengan puas bersama keluarga ditemani dengan live music yang sungguh aduhai. Fasilitas yanga ada juga tergolong lengkap jadi anda akan sangat nyaman dan mudah untuk menghabiskan waktu disini.

26. Waterboom Banua Anyar

Waterboom Banua Anyar

 

  • Lokasi : Jalan Banua Anyar RT.1, Benua Anyar, Banjarmasin Timur, Benua Anyar, Kec. Banjarmasin Tim., Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk : Rp 20.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00 (Senin-Sabtu)
  • Fasilitas : sewa peralatan renang, wahana permainan air, kolam anak playground, water slide, race slide, area parkir, toilet, kamar basuh, loker penyimpanan barang, area penjaja makanan

Banjarmasin yang dijuluki sebagai kota seribu sungai, ternyata juga mempunyai tempat rekreasi keluarga lainnya yakni Waterboom Banua Anyar. Disini berbagai wahana seru telah disediakan untuk menarik perhatian pengunjung untuk datang khusunya saat libur akhir pekan tiba.

Dengan letaknya yang strategis dan juga harganya yang terjangkau mampu untuk menarik minat semua kalangan termasuk untuk dijadikan sebagai tempat tujuan utama liburan keluarga.

27. Taman Kamboja

Taman Kamboja

  • Lokasi : Gayamprit, Klaten Sel., Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : tempat sampah, arena permainan anak, jogging track

Seperti taman pada umumnya, taman ini merupakan tempat yang dijadikan masyarakat sekitar untuk melepas penat dan juga istirahat.

Banyak pengunjunga yang datang pada pagi dan sore hari untuk melakukan jogging. Areanya yang lapang juga sangat nyaman untuk dijadikan sebagai tempat piknik bresama keluarga tercinta.

28. Taman Budaya Kalimantan Selatan

Taman Budaya Kalimantan Selatan

Lokasi : Jl. Brigjen Hasan Basri No.2, Sungai Miai, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Tiket Masuk : –

Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Fasilitas : panggung terbuka

Sesuai dengan namanya, taman ini merupakan taman yang sering dijadikan sebagai tempat untuk dilakukan berbagai kegiatan kreatifitas budaya seeperti teater, pertunjukan musik, dan lain sebagainya. Jadi tak heran kalau taman yang satu ini eksistensinya sangat diketahui oleh masyarakat Kalimantan.

29. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah

  • Lokasi : Jl. Kuin Utara, Kuin Utara, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Taukah kamu? Masjid Sultan Suriansyah merupakan masjid tertua yang ada di Pulau Kalimantan lho. Masjid ini didirikan sekitar tahun 1525-1550 M yang pada saat itu sedang berlangsung masa pemerintahan Sultan Suriansyah, Raja Banjar pertama yang memeluk agama Islam.

Sejak awal berdiri, masjid ini sudah mengalami banyak sekali pemugaran. Namun ada yang unik, sebelum pemugaran awalnya pada bagian atas masjid ini terdapat “sungkul” yang terbuat dari kayu ulin.

Sungkul itu sampai sekarang kondisinya masih sangat baik meskipun sudah berusia lebih dari empat abad dan sekarang sungkul tersebut telah disimpan di Museum Lambung MangkUrat Banjar Baru, sekitar 35 km dari Banjarmasin.

Banyak para wisatawan yang berdecak kagum saat memasuki masjid ini, sebab di dalamnya masih menyimpan peninggalan-peninggalan kuno yang kendati usianya sudah empat abad.

Peninggalan tersebut diantaranya seperti mimbar yang terbuat dari kayu ulinkaligrafi huruf Arab bertuliskan kalimat thayyibah: laa ilaha illallah, Muhamaddur Rasulullah, pada bagian kanan terdapat tanggal yang berkaitan dengan pembangunan Masjid Sultan Suriansyah, yaitu hari Selasa tanggal 27 bulan Rajab tahun 1296 H.

Tak hanya itu, undak undak yang berada di bawah mimbar juga memiliki motif flora dan medali bunga yang berusia empat abad.

Sejumlah daun pintu yang terdapat di masjid ini juga masih ada yang dipertahankan karena kondisinya memang masih baik. Pada daun pintu sebelah timur terdapat lima baris inskripsi Arab.

Sehingga tak heran jika masjid ini memiliki peran yang sangat penting di pulau Kalimantan.

Bahkan, dengan usianya yang sudah terhitung ratusan tahun, keberadaan Masjid Sultan Suriansyah bagi para wisatawan, khususnya untuk wisata ziarah, merupakan salah satu obyek wisata yang wajib untuk dikunjungi.

30. Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Masjid Raya Sabilal Muhtadin

  • Lokasi : Jalan Jendral Sudirman No.1, Antasan Besar, Banjarmasin Tengah, Antasan Besar, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Kalau masjid yang satu ini merupakan masjid yang terbesar di Banjarmasin. Masjid Raya Sabilal Muhtadin ini mampu menampung jemaah hingga 15.000 yang dimana sekelilingnya dihiasi dengan keberadaan 5 menara yang menambah kemegahan masjid yang satu ini.

Penamaan masjid ini juga diambil dari nama seorang ulama besar yang sangat terkenal di dunia yaitu tidak salah lagi Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjary. Di bangun tahun 1981, hingga kini masjid ini masih menjadi salah satu destinasi wisata religi yang wajib untuk dikunjungi ketika berada di Pulau Kalimantan, khusunya di daerah Banjarmasin.

31. Menara Pandang Banjarmasin

Menara Pandang Banjarmasin

  • Lokasi : Jalan Kapten Tendean No.07, RT.16/RW.2, Gadang, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-21.00

Tempat wisata yang satu ini juga tidak boleh anda lewatkan saat berada di kota Banjarmasin. Sebab, menara ini merupakan ikonik dari kota Banjarmasih yang telah diresmikan pada tahun 2004 silam.

Dengan setinggi 21 meter, menara ini akan menawarkan pengalaman untuk melihat pemandangan yang menakjubakan dari setiap sudut kota Banjarmasin.

Dan asiknya lagi, anda tidak dipungut biaya untuk memasuki kawasan menara ini. So, tunggu apa lagi, yuk datang ke menara ini dan nikmati sensai yang luar biasa.

32. Jembatan Barito

Jembatan Barito

  • Lokasi : Jl. Trans Kalimantan, Marabahan Baru, Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Jembatan ini juga tak kalah menarik untuk dikunjungi lho guys.  Apalagi saat sore dan malam hari, jembatan ini akan menyuguhkan sunset yang sangat mengagumkan. Menghubungkan antara tepi barat sungai Barito (Kecamatan Anjir Muara) dan tepi timur Sungai Barito di (Kecamatan Alalak) jembatan ini sangat terlihat kokoh dan menawan.

Disini, kalian dapat duduk di tepi jembatan yang mini serta ditemani dengan kue dan makanan atau minuman lainnya yang dijajakan para pedagang sembari melihat indahnya sungai Barito dan juga kapal kapal tongkang yang melintasi sungai.

Jika anda ingin liburan ke kota Malang, kunjungi juga Tempat Wisata di Malang yang tak kalah bagus.

33. Kelenteng Soetji Nurani

Kelenteng Soetji Nurani

Lokasi : Jl. Veteran Sungai Bilu No.10, Gadang, Kec. Banjarmasin Tim., Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Tiket Masuk : –

Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Klenteng ini termasuk ke dalam salah satu bangunan kuno yang ada di kota Banjarmasin, sebab usinya sudah lebih dari 1 abad dan keberadaanya masih terlihat sangat kokoh, megah, indah, serta dijaga keindetikan dari suatu klenteng kuno di pinggir arus lalu lintas masyarakat perkotaan. Klenteng ini dibangun di tahun 1989 dan hingga kini masih dikelola oleh regenerainya.

Klenteng ini menyimpan beberapa barang-barang kuno yang masih sangat terjaga. Diantaranya seperti patung, guci, lonceng, tempat sembahyang dan cawan-cawan yang terbuat dari kuningan. Dan uniknya lagi, beberapa dari barang-barang tersebut diambil langsung dari negara China.

Yang paling menarik dari tempat ini ialah, lonceng yang ada di dalamnya juga bisa digunakan oleh umat Islam untuk menandakan waktu sholat.

Bahkan salah satu sumber dari penjaga ini juga menyebutkan “Itulah indahnya perbedaan, semua orang bisa masuk ke dalam klenteng. Anggapannya, jika ada orang muslim yang numpang sholat, kami persilahkan dengan senang hati,”

34. Pulau Samber Gelap

Pulau Samber Gelap

  • Lokasi : Banjarmasih, Kecamatan Sebuku, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk : Rp 12.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa Pulau ini merupakan surganya kota Banjarmasin. Pasrinya yang sangat putih dan lembut ini ditambah dengan airnya yang sangat jernih membuat siapa saja tergoda untuk menginjakan kakinya dan bersenang-senang disana.

Bahkan saking jernihnya, kalian dapat melihat dasar air dari pulau ini. Pulau ini juga menjadi tempat para penyu bertelur, sehingga kalian dapat menikmati pemandangan penyu dengan mudah di tempat ini.

35. Bukit Rimpi

Bukit Rimpi

  • Lokasi : Tampang, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Ternyata Banjarmasin juga memiliki bukit Teletubies yang sangat menawan lho, yups benar sekali Bukit Rimpi.

Tak hanya cantik, bukit ini juga sangat menyejukkan mata pasalnya ditumbuhi degan padang savana hijau yang dihiasi oleh hamparan rumput dengan pemandangannya yang sangat indah.

Menariknya lagi, keindahannya juga dilengkapi dengan kehadiran gerombolan hewan ternak dikawasan bukit yang terlihat sedang mencari makanan.

Perpaduan tersebut sangat menarik untuk dilihat. Tak hanya itu, bukit ini juga merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati panorama sunrise saat pagi tiba.

36. Bukit Langgara

Bukit Langgara

  • Lokasi : Desa Lumpangi, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk :
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bukit yang tak kalah indahnya dari bukit sebelumnya ada Bukit Langgara. Untuk dapat mencapai puncaknya anda harus menempuh perjalanan dengan melewati jalan setapak bebatuan dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan.

Dan bagi anda yang tertarik sangat disarankan untuk mengenakan sepatu atau sandal gunung yang nyaman dipakai sebab medan perjalannya lumayan sulit.

Dan sesampainya di puncak, anda langsung disuguhi dengan pemandangan alam Banjarmasih yang sangat menakjubkan, perpaduan antara aliran sungai dan tebing-tebing batu sangat bagus untuk diabadikan.

37. Taman Satwa Banjarmasin

Taman Satwa Banjarmasin

  • Lokasi : Jl. Jahri Saleh, Sungai Jingah, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan
  • Tiket Masuk : Rp 20.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Sesuai dengan namanya, ditempat ini anda akan menemukan berbagai macam satwa yang sudah dikelompokan sesuai dengan jenisnya seperti jenis unggas, zona buaya, zona satwa air. Dan tak ketinggalan ditempat ini juga terdapat zona aves yang menyimpan banyak sekali jenis burung.

Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat wisata tujuan berlibur keluarga, karena selain menawarkan berbagai macam satwa, ditempat ini juga telah disediakan banyak tempat bermain untuk anak-anak, seperti mobil-mobilan, kolam pancing dan mandi bola.

38. Rafting Bambu di Sungai Amandit

Rafting Bambu di Sungai Amandit

  • Lokasi : Sungai Amandit, Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan
  • Harga : Rp 250.000
  • Jam Buka : –

Bagi kalian yang suka dengan wisata adrenalin, maka wajib hukumnya untuk mencoba rafting di tempat ini. Rafting ini berbeda halnya dengan rafting pada umumnya sebab sesuai dengan namanya, rafing disini menggunakan bambu! Rute dari rafting ini akan diakhiri di Desa Tanuhi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Disepanjang perjalanan kalian akan dibawa ke dalam sensasi menantang dari arus deras hingga batu besar yang ada di sepanjang sungai. Begitu menantang bukan? Namun jangan khwatir, meskipun terbuat dari bambu, perahu rakit ini dijamin aman.

Nah, sekarang sudah tau kan, ternyata kota seribu sungai ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik dan tak hanya sungai saja yang di suguhkan.

Namun satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Banjarmasin, semoga bermanfaat. Happy Holiday!

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Gorontalo

Dwi Okta
14 min read

Tempat Wisata di Salatiga

Dwi Okta
17 min read

Tempat Wisata di Malang

Dwi Okta
61 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *