Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Madiun

15 min read

Tempat Wisata di Madiun

Hello travellers, ada rencana lburan ke Kota Gadis? Ya! Kota Gadis merupakan julukan lain dari kota Madiun. Kenapa dijuluki Kota Gadis ya? Hemm apakah di dalam kota ini menyimpan banyak gadis di dalamnya ya? Kalo benar begitu, wah tentu ini menjadi berita bagus untuk para jombloers di luar sana wkwk. Nah, kali ini alawisata akan membahas mengenai tempat wisata yang ada di kota Madiun si kota gadis ini.

Selain mempunyai julukan sebagai Kota Gadis, ternyata Madiun juga memiliki julukan lain lho. Mulai dari Kota Pecel, Kota Brem, Kota Sepur, Kampung Pendekar, Kota Pelajar, Kota Budaya, Kota Sastra, hingga Kota Industri. Wah, banyak banget ya gelar kota yang satu ini.

Selain memiliki banyak gelar, ternyata kota ini juga memiliki banyak potensi wisatanya juga lho. Mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, hingga wisata kulinernya pun semuanya ada di kota ini. Penasaran?

Nah untuk membantu perjalanan anda berkeliling di kota Madiun, kali ini alawisata akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata di kota Madiun yang layak untuk anda kunjungi. Yuk simak baik-baik artikenlnya.

1. Air Terjun Krecekan Denu

Air Terjun Krecekan Denu

  • Lokasi : Dusun Gilingan, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Jember, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, tempat isitirahat, MCK

Yang pertama ada Air Terjun Krecekan Denu, air terjun yang mulai populer pada tahun 2016 ini memiliki kondisi air yang bersih dan masih sangat alami serta juga belum banyak terjamah oleh banyak wisatawan.

Tak hanya itu, disekitar air terjun juga memiliki suasana yang sangat segar karena adanya pepohonan yang lebat dan juga tebing-tebing yang curam yang semakin menambah keindahan air terjun.

Bagi anda yang ingin mencari tempat untuk sekedar menyegarkan otak dan menghilangkan setress atas kepenatan sehari-hari, air terjun ini pas dijadikan alternatif untuk liburan akhir pekan anda.

2. Air Terjun Seweru

Air Terjun Seweru

  • Lokasi : Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : kolam

Lokasi air terjun ini berada di atas ketinggian 400 mdpl. Oleh karena itu suasanan ayng tercipta di sekitar air terjun ini terasa sangat sejuk dan menenagkan. Sumber air dari air terjun ini berasal dar isekitaran kaki Gunung Wilis, yaitu keluar dari sela – sela pepohonan yang ada di Gunung Wilis.

Di bawah air terjun juga terdapat kolam yang dibuat oleh para pengelola air terjun, sehingga relatif cukup aman untuk digunakan sebagai tempat berenang dan bermain air ataupun hanya sekedar bersantai di sekitaran kolam.

3. Air Terjun Banyulawe Dong

Air Terjun Banyulawe Dong

  • Lokasi : Dusun Gligi, Desa Kepel, kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, mucholla, MCK, gazebo, warung makan

Seperti air terjun pada umumnya, disini pengunjung dapat merasakan nuansa alam yang masih sangat alami dan juga tenang. Tak hanya itu, letaknya yang berada di lereng pegunungan wilis membuat areal air terjun memiliki suasana yang sangat sejuk dan bersih.

Fakta unik air terjun ini yaitu Air Terjun Banyulawe juga merupakan sasaran bagi para investor yang ingin berinvestasi dalam pembangkit tenaga listrik tenaga air,atau lebih mengembangkan bisnisnya dalam sektor pariwisata.

4. Air Terjun Kucur

air terjun kucur madiun

  • Lokasi : Dusun Pucang Sawit, Desa Padas, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : warung makan, area parkir, musholla, MCK

Air terjun dengan nama unik ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para petualang. Anda dapat menikmati keindahan air terjun ini sesudah melewati pedesaan yang masih sangat asri. Tentunya perjalanan anda nantinya akan sangat berkesan dan menyenangkan.

Sedikit berbeda dari air terjun lainnya, ketika anda sampai ke air terjun ini, anda akan dibuat kagum akan keindahan alamnya yang dihiasi oleh latar belakang perbukitan serta gunung wilis yang menjulang tinggi dan dijamin akan membuat anda enggan untuk beranjak dari tempat ini.

5. Gunung Wilis

Gunung Wilis

  • Lokasi : Gunung Wilis, Banaran, Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Daritadi ngomongin Gunung Wilis, sebenarnya keindahan seperti apa sih yang dimiliki gunung ini? Gunung yang memiliki tinggi 2169 mdpl ini merupakan salah satu gunung non aktif yang ada di Jawa Timur. Luas gunung ini juga melingkupi 6 kabupaten yaitu Kediri, Madiun, Nganjuk, TulungAgung, Trenggalek, Ponorogo.

Gunung Wilis sendiri mempunyai beberapa titik pendakian, diantaranya adalah :

  • Pendakian Gunung Wilis via Banjulan masuk administrasi Nganjuk
  • Pendakian Gunung Wilis via Kare masuk Kota Gadis Madiun
  • Pendakian Gunung Wilis via Sendang masuk daerah Tulungagung
  • Pendakian Gunung Wilis via Mojo yang masuk wilayah Kediri

Dan dari keempat jalur pendakian tersebut, para pendaki paling banyak mengambil jalur via Madiun dan Nganjuk  dengan estimasi waktu pendakian 8-11 jam sesuai dengan fisik pendaki melibas beberapa puncak Gunung Wilis.

Namun disarankan untuk para pendaki yang ingin menaklukan gunung ini untuk mengambil jalur via nganjuk karena banyak air terjun yang dapat dijumapi jika dari Nganjuk salah satunya ialah air terjun sedudo dan merupakan air terjun paling tinggi di Nganjuk.

6. Gunung Kendil

gunung kendil

  • Lokasi : Area Sawah, Pilangrejo, Wungu, Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-18.00
  • Fasilitas : toilet, musholla, gazebo, rumah makan, kolam pemancingan, area camping, arena balap motor, arena balap mobil

Pernah jalan-jalan ke Santa Monica, Los Angeles? Kalo belum pernah jangan khawatir, Indonesia juga punya kok lokasi wisata yang menawarkan pemandangan alam mirip Santa Monica, Los Angeles, tepatnya berada di Gunung Kendil, Jawa Timur.

Dahulunya sebelum menjadi tempat wisata, tempat ini merupakan tempat latihan untuk para militer. Namun sekarang dialihfungsikan menjadi tempat wisata yang menarik. Dengan berbagai fasilitas pendukung yang berada disini, membuat siapa saja betah untuk berlama-lama menghabiskan waktu disini.

7. Waduk Bening Widas Saradan

Waduk Bening Widas Saradan

  • Lokasi : Waduk Widas, Setren, Pajaran, Saradan, Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 7.500
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : kolam pancing, taman bermain, penginapan, dermaga dan perahu, tempat berkemah, area kano, penginapan, rumah makan

Tak hanya gunung dan air terjunnya saja yang menarik, ternyata Madiun juga memiliki waduk yang tak kalah indahnya dari objek wisata lainnya. Salah satu waduk yang ada di Madiun ialah Waduk Bening Widas.

Waduk ini sering dijadikan sebagai tempat wisata bagi penduduk lokal, khusunya untuk para penduduk yang senang berwisata dengan keluarga dan bersantai tanpa harus terlalu jauh dari Madiun atau mengeluarkan uang banyak.

Berbagai kegiatan dapat anda lakukan disirini seperti memancing, menaiki perahu, hingga berkemah pun bisa anda lakukan disini. Tak hanya itu, pemandangan berupa perahu-perahu berwarna warni juga menjadi daya tarik sendiri pada waduk ini dan pas untuk dijadikan objek foto yang indah dan tak terlupakan.

8. Waduk Kedungbrubus

Waduk Kedungbrubus

  • Lokasi : Area Perhutani, Dawuhan, Pilangkenceng, Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 2.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : warung makan

Selain Waduk Bening Widas, selanjutnya ada Waduk Kedungbrubus. Waduk ini membendung aliran sungai Kedungbrubus yang mempunyai debit air melimpah di musim penghujan yang berfungsi sebagai sarana irigasi warga setempat sekaligus objek wisata yang memikat.

Akses jalannya yang mudah juga membuat para pengunjung berdatangan setiap harinya, ntah untuk memancing atau hanya sekedar bersantai sembari menikmati pemandangan hutan jati sepanjang 4 km. Uniknya lagi, disekitar waduk ini banyak sekali ditemukan fosil purba.

9. Waduk Notopuro

Waduk Notopuro

  • Lokasi : Desa Duren, Dusun Notopuro, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, rest area, tempat beribadah, rumah makan, toko souvenir dan kerajinan

Waduk yang telah dialahfungsikan sebagai sarana rekreasi ini memiliki sifat waduk tadah hujan yang dapat menampung air dari resapan-resapan di sekitar hutan Lereng Gunung Pandan. Selain sebagai sarana rekreasi yang cukup menyenangkan, waduk ini juga dimanfaatkan sebagai arana irigasi dan budidaya ikan masyarakat setempat.

Dan jika anda para penikmat memnacing, waduk ini juga memiliki kekayaan ikan air tawar di dalamnya, maka tak heran jika kebanyakan pengunjung merupakan pemancing yang datang dari luar kota maupun penduduk lokal itu sendiri.

10. Waduk Dawuhan

Waduk Dawuhan

  • Lokasi : Desa Sidomulyo, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bingung mencari tempat wisata akhir pekan yang tenang dan kece bersama keluarga? Yuk datang aja ke Waduk Dawuhan, waduk ini memiliki suasana sejuk nan segar lengkap dengan pemandangan sekitar yang sangat tenang dan indah.

Sama halnya dengan waduk lainnya, selain dijadikan tempat bersantai, waduk ini juga dimanfaatkan sebagai sarana irigasi. Dengan luas sekitar 1.273, setidaknya persawahan di 9 desa di 3 kecamatan terairi dari waduk ini.

11. Taman Rekreasi Wisata Umbul atau Umbul Square

taman di madiun

  • Lokasi : Jalan Ngumbul, Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 08.00-23.00
  • Fasilitas : wahana permainan, toilet, ruang ganti, tempat beribadah

Taman rekrasi ini terletak sekitar 20 km dari kota Madiun dan merupakan salah satu tempat peninggalan Belanda.

Dengan berbagai fasilitas yang lengkap serta memudahkan para pengunjung yang datang, taman ini juga memiliki wahana permainan yang seru yang harus anda coba seperti roller coaster, kora-kora, bianglala, kebun binatang mini, kolam renang dan lainnya. Dijamin seru deh!

12. Wisata Alam Pesanggrahan Madiun

Wisata Alam Pesanggrahan Madiun

  • Lokasi : Dusun Mbade, Desa Segulung, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bagi anda para instagenic, kalian harus nih datang ke Wisata Alam Pesanggrahan Madiun. Disini kalian dapat dengan mudah menemukan spot foto yang instagrameble banget. Terletak di hutan alami tepatnya di lereng Gunung Wilis. Disini kalian bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian rumah pohon yang tersedia di kawasan wisata ini.

Sesampainya di lokasi wisata, kalian akan disambut dengan pemandangan indah tiada duanya dari Kota Madiun yang tentunya tidak akan bisa kamu rasakan di tempat lainnya. Di tempa ini juga terdapat lima buah gubuk beratap jerami yang sangat cocok sebagai tempat bersantai sembari menatap pemandangan indah didepan mata.

13. Sun City & Theme Park

Sun City & Theme Park

  • Lokasi : Jl. Slamet Riyadi, Desa Oro-oro Ombo, Kecanatan Madiun, Kota Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 25.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, wahana permainan anak, wahana air, restaurant, pusat belanja

Sun City & Theme Park meruapakan salah satu tenpat rekreasi keluarga yang ada di Madiun yang wajib anda kunjungi. Tempat wisata ini memiliki konsep yang unik, yaitu Mall dan Taman hiburan yang menjadi satu, persis dengan Suncity di kota Sidoarjo. Karena letaknya yang berada di tengah kota, maka untuk tidak sulit untuk menemukan tempat ini.

Untuk wahana permainnya sendiri, ada beberapa wahana menarik yang patut untuk dicoba seperti Kidds Pool, Wave Pool dan Olympic, dijamin seru dan juga anda dak perlu kepantai untuk menikmati ombak, ditengah kotapun bisa! Seru buka!

14. Wisata Alam Grape

wisata alam grape madiun

  • Lokasi : Kresek, Wungu, Area Kebun & Hutan, Kuwiran, Kare, Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : area parkir, taman bermain anak, musholla, MCK, aula pertemuan

Grape merupakan salah satu tempat wisata yang berbasis hutan di kabupaten Madiun. Berada di tepi hutan jati seluas 1,5 hektar membuat nuansa di tempat ini terasa alami dan sejuk. Wisata Alam Grape juga memiliki sungai berair jernih yang bersumber langsung dari mata air pegunungan Dungus.

Tempat ini sangat cocok bagi siapa saja yang ingin memulihkan hati dan jiwa serta refreshing dari hiruk pikuk kehidupan kota sehari-hari.

15. Tirtonirmolo Waterpark

taman wisata umbul madiun

  • Lokasi : Jl. Raya Ngawi-Madiun KM. 7, Ngawi, Tempuran, Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 12.500
  • Jam Buka : 07.00-18.00
  • Fasilitas : penyewaan ban atau pelampung, kamar mandi, kantin, musholla, arena bermain, area parkir, gazebo, spot foto menarik, flying fox, ATV, ember tumpah,boom-boom boat, becak family, kereta gantung, bianglala, boom-boom car, kereta electric

Tak jauh beda dengan waterpark pada umumnya, Waterpark Tirtonirmolo ini memiliki beberapa kolam renang yang tersedia.

Diantaranya ada kolam dangkal yang diperuntukan bagi anak-anak dan balita, yang kedua ada kolam dengan kedalaman sedang yang diperuntukan bagi anda yang tidak bisa berenang ataupun takut akan kedalaman air, dan yang terakhir ada kolam yang diperuntukan bagi orang dewasa dengan kedalaman 2 meter.

Meskipun letak waterpark ini berada di tengah savana dengan udara yang lumayan panas, namun di area waterpark juga terdapat pepohonan rindang nan lebat sehingga dapat mengurangi hawa panas yang ada di waterpark.

Wahana yang ada di waterpark ini pun tidak hanya diperuntukan bagi anak anak, tetapi disini juga terdapat berbagai macam wahana yang bisa anda gunakanan bersama keluarga anda sekaligus, seperti becak family, kereta gantung, dan lainnya.

16. Dumilah Water Park

Dumilah Water Park

  • Lokasi : Jl. Slamet Riyadi No.99, Klegen, Kec. Madiun, Kota Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
    • Weekday : Rp 5.000
    • Weekend: Rp 10.000
    • Zona Combo (Anak-anak) : Rp 10.000
    • Zona Combo (Dewasa) : Rp 15.000
    • Member renang private (Anak-anak) : Rp 15.000
    • Member renang private (Dewasa) : Rp 20.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00
  • Fasilitas : kamar mandi, toilet, musholla, area parkir, panggung, zona combo, area camping, kantin, outbound, mini trail, garden zone

Sedikit tampil beda dari waterpark lainnya, Dumilah Water Park selain memiliki berbagai macam wahana air yang seru, disini juga terdapat garden zone yang menyajikan kesejukan serta keasrian dengan berbagai pepohonan dan tanaman bunga yang beraneka warna di dalamnya.

Tak hanya itu, disini juga terdapat games zone dan juga pujasera yang menyajikan berbagai macam kuliner tradisional khas Jawa Timur yang tentunya siap untuk menggoyang lidah dan perut anda.

Tak hanya itu, bagi kalian yang berencana ingin melakukan kegiatan outbound, disini juga menyediakan fasilitas outbound yang terbagi menjadi dua paket, yaitu paket A dan B dengan harga yang relatif terjangkau.

17. Desa Wisata Brumbun (Brumbun Tubing Adventure)

Desa Wisata Brumbun (Brumbun Tubing Adventure)

  • Lokasi : Malang, Brumbun, Wungu, Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-16.00

Desa Wisata Brumbun (Brumbun Tubing Adventure) merupakan salah satu wisata baru yang ada di Madiun, Jawa Timur. Wisata yang ditawarkan desa ini merupakan arung jeram dengan memanfaatkan derasnya arus sungai yang mengalir di lereng Gunung Wilis.

Lokasinya yang masih sangat asri juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Dan juga, pemandangan di sepanjang track khas alam pedesaan juga sangat memanjakan mata. Sealin itu, kondisi bebatuan di sepanjang aliran sungai juga tergolong menantnag dan cukup untuk memacu adrenalin.

18. Monumen Kresek

Monumen Kresek

  • Lokasi : Kresek, Wungu, Sewu, Kresek, Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 05.00-21.00

Masih ingatkah kalian mengenai JASMERAH? Yups, kata itu meruapakan pepatah yang disampaikan Bung Karno agar kita selalu mengingat sejarah NKRI. Nah, monumen kresek ini dibangun untuk mengenang kekejian pemberontak PKI pada masa lampau.

Berjarak 8 km dari pusat kota Madiun, monumen ini menyisakan kepedihan akibat kekejaman PKI di madiun. Dibangun pada ahun 1987 dan selesai pada tahun 1991 ini mengisahkan pertempuran antara PKI di Desa Kresek dahulu, banyak tentara dan penduduk yang meninggal karena dibantai oleh PKI.

Terlepas dari itu semua, keindahan panorama alam yang disajikan kawasan monumen pun terkenal indah dan segar, sehingga mampu membuat nyaman pengunjung untuk menelusuri monumen lebih lama.

19. Situs Bersejarah Nglambangan

wisata madiun watu rumpuk

  • Lokasi : Desa Nglambangan, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Situs Bersejarah Nglambangan merupakan salah satu situs peninggalan dari kerajaan Majapahit. Dimana watu dakon, lumbung selayur, punden lambing kuning, dan bangunan Pura Lembangsari,s erta benda-benda bersejarah lainnya terdapat di tempat wisata ini. Tak hanya itu, disini juga terdapatsumur dan sendang jambangan atau tempat pemandian kuno.

20. Taman Bantaran Kali Madiun

taman bunga di madiun

  • Lokasi : Pangongangan, Mangu Harjo, Kota Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : gazebo, area bermain anak, toilet

Jika biasanya daerah bantaran kali digunakan sebagai rumah, lain halnya dengan kota Madiun, disini bantaran kali dimanfaatkan sebagai tempat wisata dan diberi nama Taman Bantaran Kali Madiun.

Pada awalnya lokasi taman ini sangat tidak terawat, namun saat ini telah dikelola dengan baik dan beralih fungsi menjadi tempat wisata yang menyenangkan. Taman ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang memudahkan para pengunjungnya untuk bersantai di taman ini.

21. Palang Mejayan atau Situs Rumah Palang

Palang Mejayan atau Situs Rumah Palang

  • Lokasi : Jl. Panglima Sudirman, No. 79-A, Kota Caruban, Kab. Madiun
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 04.00-23.00

Palang Mejayan atau Situs Rumah Palang merupakan tempat wsiaat sejarah yang sangat tekenal di kota Madiun. Di tempat ini mempunyai koleksi arca peninggalan Kerajaan Jawa Kuno yang masih terjaga dengan sangat baik.

Akses menuju ke tempat ini pun tergolong mudah karena lokasinya dekat dengan jalan lintas Madiun-Surabaya. Bila anda merasa tertari untuk berkunjung ke tempat ini, anda tidak perlu ragu lagi karena nantinya anda akan mendapatkan ilmu baru yang belum tentu anda dapatkan ditempat lain.

22. Masjid Kuno Kuncen

Masjid Kuno Kuncen

  • Lokasi : Kuncen, Taman, Kota Madiun
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Masjid ini merupakan salah satu lokasiw wisata religi yang bersejarah serta sudah berdiri sejak masa pemerintahan Sultan Trenggono, yaitu Raja Ketiga Kesultanan Demak. Sebetulnya masjid ini memiliki nama asli sebagai Masjid Nur Hidayatullah yang diberi nama oleh masyarakat setempat di sekitaran Tahun 1970-an.

Di masjid ini terdapat empat tian utama yang terbuat dari kayu jati berukuran besar yang hingga sekarng masih sangat bagus dan terjaga keasliannya. Meskipun sudah breusia ratusan tahun, masjid ini masih terlihat sangat kokoh.

Karena masjid ini dibangun saat pemerintahan kerajaan Demak, sehingga masjid ini mempunyai arsitektur budaya hindu yang sangat kental di setiap sisi bangunannya.

23. Kolam Renang Sendang Biru

Kolam Renang Sendang Biru

  • Lokasi : Manisan, Munggut, Wungu, Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00
  • Fasilitas : Kamar Mandi , Arena bermain anak, Kantin, Mushola, Toilet, Parkir , gazebo, kolam renang

Mencari lokasi wisata kolam renang di Madiun tidak usah bingung, datang saja ke Kolam Renang Sendang Biru. Disini tersedia kolam yang ditujukan untuk anak-anak hingga orang dewasa. Karena fasilitas yang disediakan pun sudah cukup lengkap dijamin akan membuat sibuah hati senang dan betah untuk mengabiskan waktunya disini.

24. Masjid Agung Baitul Hakim

Masjid Agung Baitul Hakim

  • Lokasi : Jalan Alon-Alon Barat, Pangongangan, Mangu Harjo, Pangongangan, Madiun, Kota Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : taman, ruang belajar, aula serba guna, perpustakaan, kamar mandi, tempat wudhu, menara

Masjid ini merupakan masjid terbesar yang ada di kota Madiun yang sudah berdiri sejak tahun 1830. Dan pada tahun 2002 lalu, masjid ini mengalami renovasi besar-besaran dengan mengambil gaya arsitektur ala Jawa, Arab, Saudi, dan Eropa. Uniknya lagi, masjid ini memiliki 12 tiang yang miring sebagai penyangga dari masjid ini sendiri.

25. Waduk Kedung Brubus

wisata madiun ngawi

  • Lokasi : Area Perhutani, Dawuhan, Pilangkenceng, Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 2.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : spot memancing, warung ikan bakar atau goreng

Waduk Kedung Brubus merupakan salah satu bendungan di kota Madiun yang digunakan sebagai irigasi masyarakat setempat sekaligus menjadi obyek wisata. Akses jalannya yang mudah membuat waduk ini tak pernah absen di datangi oleh para pengunjungnya.

Menariknya lagi, disekitar waduk ini banyak ditemukan fosil purba. Para ahli arkeolog juga menyimpulkan bahwa waduk ini merupakan sungai purba yang memiliki hubungan dengan Trinil di Ngawi. Terlepas dari itu semua, waduk ini sering dijadikan sebagai spot pemancingan pada malam hari dan hari libur.

26. Taman Hijau Demangan

Taman Hijau Demangan

  • Lokasi : Demangan, Taman, Kota Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : taman bermain anak-anak, tempat nongkrong santai, lapangan futsal outdoor,  jogging track, arena terbuka multi manfaat, toilet

Salah satu alternatif taman kota menawan yang berada di tengah-tengah  masyarakat kota Madiun adalah Taman Hijau Demangan.

Bebagai kegiatan dapat anda lakukan semuanya disini, mulai dari berolahraga, bermain bola, ayunan dan kejar-kejaran, atau hanya nongkrong dan foto-foto, kumpul ria bersama keluarga, hingga kuliner karena banyak penjaja makanan yang ngetem disana.

Taman ini memang menawarkan suasana yang nyaman untuk masyarakat kota Madiun, maka dari itu bila nantinya dalam pemeliharaan dapat dikontrol dengan baik serta peran masyarakat dalam menjaga kondisi taman supaya tetap asri.

27. Makam dan Masjid Kuno Taman

Makam dan Masjid Kuno Taman

  • Lokasi : Jalan Asahan, Taman, Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Salah satu julukan kota Madiun ialah sebagai kota Budaya, mengapa demikian? Karena di kota ini banyak sekali cagar budaya menarik yang dapat dikunjungi salah satunya adalah Makam dan Masjid Kuno Taman. Seperti namanya, di tempat ini berdiri sebuah masjid dan makam kuno.

Makam tersebut merupakan makam dari Kanjeng Kyai Ageng Mohamad Kholifah. Dan untuk masjidnya sendiri, tidak seperti masjid kuno dan antik pada umumnya, sebab pada beberapa bagian seperti tembok memiliki sentuhan modern yang, dan sisanya mayoritas terbuat dari kayu.

Sentuhan-sentuhan kuno dan antik yang menunjukkan masa lampau dapat dilihat dari tiang penyangga masjid yang terbuat dari kayu gelondongan bulat. Jadi jika anda penggemar  wisata sejarah, anda wajib untuk berkunjung ke tempat ini.

28. Alun-Alun Kota Madiun

Alun-Alun Kota Madiun

  • Lokasi : Pangongangan, Jl. Kolonel Marhadi No.12, Nambangan Lor, Mangu Harjo, Kota Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Jika anda bingung mau kemana ketika berada di Madiun, tak ada salahnya anda singgah sejenak ke alun-alun kotanya. Disini terdapat banyak wahana yang dapat dinikmati dan tentunya disini anda juga dapat berburu kuliner khas dari kota Madiun yang banyak dijajakan di sekitar Madiun.

Serta suasananya yang sejuk dan nyaman akan semakin membuat anda nyaman untuk singgah sembari menentukan kemana anda akan berlibur nantinya.

29. Klenteng Madiun “Tri Dharma” atau TITD. Hwie Ing Kiong

wisata madiun dekat stasiun

  • Lokasi : Jl. Cokroaminoto No.69, Kejuron, Taman, Kota Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : rest area, area parkir, pusat perbelanjaan, rumah makan, stasiun, alun-alun, hotel, pasar, toilet

Klenteng Madiun “Tri Dharma” atau yang biasa disebut dengan klenteng Hwie Ing Kiong ini merupakan empat beribadah dengan pujaan utamanya yaitu YM Mak Zu Thian Shang Sheng Mu. Yang di dalamnya banyak sekali altar serta terdaoat pagoda 3 tingkat yang sangat indah.

Banyak para wisatawan yang berkunjung kesini guna meilhat keindahan dari bangunan ini sendiri serta berswafoto di disana, tetapi perlu di ingat ada beberapa tempat yang tidak boleh di foto secara sembarangan tanpa izin terlebih dahulu.

Kabarnya, para pengunjung juga tidak diperbolehkan untuk berfoto di dalam bangunan ini sebab dikhawatirkan tindakannya akan mengganggu aktivitas di sana. Walaupun seperti itu, anda tetap bisa berswafoto di depan pintu masuk dari objek wisata ini dan jika beruntung kamu juga dapat berfoto di dalam Klenteng Hwie Ing Kiong.

30. Hutan Pinus Nongko Ijo Kare

Hutan Pinus Nongko Ijo Kare

  • Lokasi : Kare, Madiun, Jawa Timur 
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 06.00-18.00

Hutan ini berada di bawah bendera Perhutani yang terletak di hutan lindung petak 28 RPH (Resort Pengelolaan Hutan). Penamaan dari hutan ini sendiri berasal dari cerita dulu yang konon katanya terdapat sebuah pohonnangka hijau besar yang hidup di kawasan hutan ini, sehingga masyarakat setempat menyebutnya sebagai Hutan Pinus Nongko Ijo Kare.

Ketika anda berada disini, anda akan disuguhkan dengan keindahan hutan yang rindang dan sejuk, selain itu anda juga dapat melihat dua mata air sungai yang bertemu menjadi satu antara sungai juweh dan sungai catur yang biasa disebut oleh masyarakat setempat sebagai tempuran.

Ohya satu hal lagi, di hutan ini juga terdapat sebuah bendungan kuno peninggalan Belanda yang sampai saat ini masih dimanfaatkan oleh penduduk sebagai sumber penghidupan.

31. Taman Kota Caruban Asri

Taman Kota Caruban Asri

  • Lokasi : Jl. Anggur, Lingkungan Dua, Purwosari, Wonoasri, Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Taman ini adalah salah satu bagian dari hasil renovasi dari Pasar Besar Caruban yang berada persis di jantung Kota Caruban. Tepatnya ada di Jalan Anggur, Purwosari, Wonoasri, Madiun. Taman kota ini menjadi salah satu wisata alternatif untuk masyarakat Madiun atau wisatawan yang datang dari luar.

Taman ini juga pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk nongkrong bersama kawan atau keluarga tercinta. Taman yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan sarana rekreasi ini sangat menarik untuk dikunjungi. Sebagai taman kota, tempat ini bisa dinikmati secara gratis oleh siapapun.

Dan yang tak kalah menariknya, disini anda juga dapat berburu aneka kuliner lezat juga. Yummy!

32. Wahana Bermain Sekar Arum

Wahana Bermain Sekar Arum

  • Lokasi : Desa Kare, Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : Out Bound, Tubing atau Arum Jeram, Tracking, Flying Fox

Wahana Bermain Sekar Arum merupakan salah satu lokasi wisata yang menawarkan kegiatan outbound di tengah-tengah hutan pinus. Disini, para peserta outbound akan ditraining secara fisik maupun cara bagaimana untuk selalu menjaga dan melestarikan alam supaya tidak hanya generasi saat ini saja yang bisa menikmatinya namun juga generasi jauh di masa mendatang.

Selain melakukan kegiatan eksplor, anda juga dapat anda juga dapat mengeksplor keindahan panorama alam disekitar lokasi wisata. Menariknya lagi, anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan Gununung Wilis serta anda juga dapat menelusuri sungai catur yang terkenal akan kejernihan airnya.

Tak ketinggalan di area wista juga terdapat air terjun dan hutan pinus yang semakin meramaikan lokasi wisata ini agar lebih menarik dan tidak membosankan.

33. Kali Krangkeng

kali krangkeng

  • Lokasi : Jl. Lawu, Balong, Sidorejo, Wungu, Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Kali Krangkeng sebenarnya merupakan sebuah lokasi wisata air terjun, namun masyarakat setempat menyebutnya sebagai kali. Air terjun ini seperti versi mininya niagara karena memiliki debit air yang sangat tinggi serta untuk menikmati keindahannya para pengunjungnya cukup melihatnya di atas tebing dari air terjun ini sendiri.

Karena debit airnya yang tinggi, maka setiap pengunjung yang datang disarankan untuk tidak terlalu dekat jika ingin menikmati air terjun tepat dibawahnya.

Seperti air terjun lainnya, air terjun ini juga dikelilingi dengan pemandangan alam yang masih sangat alami, dimana disekitar air terjun banyak dikelilingi dengan pohon bambu dan pohon rindang lainnya, hal itu tentunya juga membuat suasana yang tercuipta sangatlah sejuk dan asri.

34. Bumi Perkemahan Kare Kandangan

Bumi Perkemahan Kare Kandangan

  • Lokasi : Kandangan, Kare, Sweri, Kare, Madiun, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Seperti namanya, lokasi wisata ini sering digunakan sebagai lokasi perkemahan sebab mempunyai lahan yang luas serta pemandangan yang indah dan udara yang sejuk, sehingga tak heran tempat ini diminati sekolah-sekolah dalam kota maupun luar kota madiun untuk berkemah disini.

Tak hanya itu saja, di lokasi wisata satu ini juga terdapat perkebunan kopi, pinus, serta pemandangan alam khas Gunung Wilis yang semakin membuat suasana terasa menyenangkan.

Bagi anda yang hanya sekedar berlibur, anda juga tak perlu khawatir nantinya jika ingin menginap di area wisatanya karena disni juga tersedia villa yang di dalamnya terdapat kebun binatang mini, kolam ikan, dan bangunan tradisional khas jawa, serta uniknya lagi disini juga terdapat batu yang di ukir dengan huruf jawa dan huruf arab, hal ini tentunya akan sangat menyenangkan untuk dijadikan sebagai destinasi tempat liburan bersama keluarga.

35. Nasi Pecel Khas Madiun

Nasi Pecel Khas Madiun

  • Lokasi : Jalan Cokroaminoto No.121, Kota Madiun
  • Harga : Mulai dari Rp 20.000
  • Jam Buka : 17.00-23.00

Puas berwisata di kota Maidun, kini saatnya kita memnajakan lidah dan perut dengan menyantap kuliner khas Madiun yang sangat menggoda dan sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah nasi pecel khas kota ini.

Makanan ini merupakan hidangan yang terdiri dari nasi putih, kemudian aneka macam sayuran hijau ditata di atasnya seperti daun bayam, tauge, daun turi, cacahan mentimun, daun kenikir, dan disiram dengan sambal kacang yang pedas, sedang, atau tidak pedas (tergantung pilihan).

Tak ketinggalan daun kemangi, lamtoro (petai cina), serta serundeng ditaburkan di atasnya serta lempeng puli menjadi pelengkap agar ada sensasi “kriuk”-nya.

Jika masih merasa kurang, jangan khawatir anda dapat menambahkan lauk lainnya seperti daging empal, lidah sapi, babat, limpa, usus sapi, otak sapi, paru goreng, daging ayam, ati ampela, lele goreng, sate telur puyuh, tempe goreng, tempe bacem, tahu bacem, perkedel kentang, dan juga telur mata sapi. Bagaimana pensaran?

Jika anda ingin liburan ke kota Pontianak, kunjungi juga Tempat Wisata di Pontianak yang tak kalah bagus.

36. Oleh-Oleh Brem

Oleh-Oleh Brem

  • Lokasi : Jl. Sulawesi No.43, Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur
  • Harga : Mulai dari Rp 7.500
  • Jam Buka : 06.00-21.00

Dan ketika anda berkunjung ke kota baru, jangan lupa untuk membawa buah tangan untuk orang rumah, salah satu rekomendasi oleh-oleh di kota Madiun salah satunya adalah Brem. Brem merupakan kue yang terbuat dari sari ketan yang sudah di fermentasi.

Dan tentunya makanan ini halal sebab dibuat menggunakan beras ketan yang masih segar (belum berubah menjadi tape) kemudian dimasak untuk di fermentasi. Tertarik menocbanya?

Nah, sekarang sudah taukan, mana saja tempat-tempat wisata di kota Madiun yang boleh banget untuk dikunjungi. Namun satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Madiun, semoga bermanfaat. Happy Holiday!

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *