Tempat Wisata di Banjar

Share
Comment 0 reply
Tempat Wisata di Banjar

Pernah denger kota Banjar sebelumnya? Eitss bukan Banjarmasin, apalagi Banjarnegara. Tapi Banjar satu ini merupakan kota otonom di Jawa Barat yang berbatasan dengan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Banjar ini menjadi gerbang utama jalur lintas di Jawa Barat. Nah, untuk membedakan antara Banjarmasin dan Banjarnegara, kota ini juga sering disebut dengan Banjar Patroman (dari nama asal “Banjar Pataruman”). Dan kali ini alawisata akan membasa tentang tempat wisata yang ada di kota Banjar.

Kota yang mungkin jarang di dengar namanya ini ternyata menyimpan potensi wisata yang menakjubkan loh. Tak kalah dengan kota di Jawa Barat lainnya, Banjar Patroman juga memiliki objek wisata mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, hingga kuliner.

Ingin tahu dimana saja lokasi wisata ciamik yang ada di Banjar? Untuk itu alawisata akan memberikan beberapa referensi tempat wisata yang ada di kota Banjar Patroman, yuk kita simak baik-baik

1. Danau Mandalare

Danau Mandalare

  • Lokasi : Desa Mandalare, Kecamatan Pataruman, Kabupaten Banjar Patroman, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Kolam Mandalare cukup populer di media sosial, namun anehnya tak ada satu pun yang memberikan nama yang jelas mengenai tempat yang keren ini. Kabar baiknya sekarang kolam ini sudah memiliki julukan yaitu Danau Mandalare.

Mandalere sendiri merupakan nama dari sebuah desa di Kecamatan Pataruman Kabupaten Banjar Patroman Jawa Barat dimana kolam ini berada, sehingga kolam ini dimani dengan Danau Mandalare.

Desa ini di dominasi dengan adanya perbukitan, perkebunan serta kawasan bebatuan, sehingga tak heran keindahan Danau Mandalare juga karena adanya pemandangan dari perbukitan dan hutan nan indah serta tebing batu yang menjulang. Siap siap anda akan dibuat bisu oleh keindahan yang disuguhkan danau yang satu ini.

2. Situ Leutik

Situ Leutik

  • Lokasi : Dusun Pasirnagara dan Dusun Babakanpace, Desa Cibeureum, Kecamatan, Kota Banjar
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : jogging track

Menurut Yayan Sukirlan selaku Kepala Desa Cibeureum, Situ Leutik ini merupakan sebuah danau kecil yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu, namun keberadaanya baru diproses dan dikembangkan pada tahun 2006. Dan rencananya untuk menunjang pariwisata kawasan ini akan didirikan kios cendramata, sarana outbond, kantin-kantin, perahu dayung, dan juga sepeda air.

Karena kondisi jalannya yang terbilang cukup baik untuk dilintasi, makan kawasan ini juga menjadi salah satu tempat favorit untuk kegiatan jogging atau pun hanya sekedar duduk bersantai sembari menikmati pemandanga hamparan air nan luas bahkan anda juga dapat memancing disini.

Terlepas dari keindahan danau, konon katanya danau ini juga terdaoat cerita mistis yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Cerita mistis terebut ialah adanya hantu cantik Jaenah yang menempatai danau ini. Jadi buat anda yang ngaku punya nyali gede, kayaknya wajib banget nih main ke Situ Leutik.

3. Situ Mustika

situ mustika banjar

  • Lokasi : Karangpanimbal, Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Situ Mustika ini dibangun pada tahun 1950-an dengan tujuan awal untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat sekitar dan Rumah Sakit Umum Banjar. Namun, semakin hari kawasan Situ Mustika ini menjadi obyek wisata lokal bagi warga Banjar Patroman.

Saat anda sampai di situ ini anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam danau serta hutan tanaman campuran. Berbagai aktivitas bisa anda lakukan disini seperti duduk santai di pulau yang berada di tengah danau, jalan-jalan mengelilingi danau, piknik, mendaki gunung, berperahu dan memancing.

Selain itu kawasan ini juga dapat digunakan untuk kegiatan outbond dan kegiatan pendidikan ataupun penelitian serta kegiatan lain seperti reuni dan munggahan.

Menengok ke sebelah barat sisi situ terdapat puncak Gunung Babakan. Pemandangan tersebut mampu menarik wisatawan yang ingin mencari ketenangan di sela kesibukannya dengan duduk santai dan menikmati keadaan sekitar situ.

4. Sungai Citanduy

Sungai Citanduy

  • Lokasi : Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Dengan pajang mencapai 178,40 km (111 mil) sungai ini menjadi pembelah antara tiga kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Ciamis, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Cilacap.

Walaupun bukan menjadi destinasi wisata komersil tetapi banyak juga pemuda pemudi yang nongkrong di pinggir sungai ini sebab memiliki pemandangan bagus. Bahkan beberapa titik di pinggir sungai ini juga telah dibangun taman-taman cantik.

Keunikan dari sungai ini ialah saat air sedang surut, akan ada penampakan langka yang muncul ke permukaan dan menjadi salah satu objek tontonan masyarakat yaitu tank peninggalan Belanda.

Tank baja tersebut tidak diketahui dengan pasti bagaimana bisa tenggelam di dalam sungai namun yang pasti saat tank muncul ke permukaan banyak anak-anak yang menonton dan menjadikannya wahana bermain.

5. Pulomajeti (Rawaonom)

Pulomajeti (Rawaonom)

  • Lokasi : Lingkungan Siluman Baru, Kelurahan atau Kecamatan Purwaharja Kota Banjar
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tak kalah dari Situ Leutik, situs rawaonom ini bahkan lebih kuat aroma mistisnya. Pulomajeti sendiri merupakan sebuah pulau kecil di tengah rawa (pesawahan) di Dusun Siluman, Purwaharja yang dimana itu merupakan situs keramat bagi yang mempercayainya.

Karena kepercayaan akan keramatnya, tak jarang Pulomajeti ini di jadikan tempat muja bagi para pencari harta keduniawian.

Konon katanya, Pulomajeti merupakan salah satu situs peninggalan kerajaan di Tatar Sunda pada zaman buhun (dahulu).

Alkisah suatu hari Sang Raja memerintahkan para patihnya untuk membangun istana baru di kawasan Pulomajeti tersebut. Dan kemudian sang patih dengan bangganya segera menjalankan perintah rajanya.

Namun disaat istana selesai di bangun, sang patih bukannya menyerahkan istana tersebut pada Raja, tapi malah menjadikan dirinya sebagai raja di Pulomajeti. Namun demikian, Sang Patih juga tidak menginginkan terjadinya bentrokan dengan kerajaan terdahulu.

Maka dari itu dia beserta seluruh rakyatnya berubah menjadi “onom” (sebangsa siluman atau makhluk halus) dan berpindah alam.

Lalu selanjutnya masyarakat setempat mempercayai bahwa bangsa onom ini adalah sebagai pelindung Bupati Ciamis. Namun seiring perkembangan zaman, kepercayaan tersebut perlahan-lahan mulai luntur. Ditambah setelah Banjar memisahkan diri dari Ciamis, sekarang tidak pernah ada lagi ritual onom yang dulu selalu di lakukan oleh pemerintahan Kabupaten Ciamis.

6. Curug Cibonte

Curug Cibonte

  • Lokasi : Dusun Cijambu, Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bicara tentang kehengingan dan ketenangan wisata alam memang sangat diminati oleh pra wisatawan. Dan salah satu wisata alam yang banyak diincar adalah curug atau air terjun. Di Banjar sendiri memiliki satu curug yang belum banyak diketahui oleh orang banyak yaitu Curug Cibonte.

Karena lokasinya yang belum begitu populer wajar saja akses jalan untuk mencapai curug ini pun terbilang sulit. Namun warga setempat sangat mengharapkan adanya perbaikan akses jalan menuju curug ini, sebab air terjun ini merupakan aset alami Kota Banjar, khususnya wilayah Desa Cibeureum.

Pemandangannya indah dan para pengunjung dapat berendam di bawah gemricik air, sehingga sangat disayangkan jika potensi alam yang satu ini tidak dikelola dengan baik.

7. Curug Panganten

curug panganten

  • Lokasi : Dusun Sukamulya, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Satu lagi curug yang nyaman untuk dijadikan tempat wisata di kota Banjara adalah Curug Panganten. Saat ini curug ini sudah mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan, selain lokasinya yang strategis karena berada di jalur utama ke Pangandaran, curug ini juga menawarkan keindahan lam yang masih asri dan sejuk membuat para wisatawan betah berada di areal tersebut.

8. Gunung Mandalare (Kolam Cadas Gantung)

tempat wisata di langensari

 

  • Lokasi : Langensari, Rejasari, Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Menurut lokasinya gunung ini termasuk ke dalam bagian dari Gunung Sawal sehingga saat anda berada di tempat ini anda akan disuguhkan pemandangan dari persawahan yang luas, tebing tambang batu, perkebunan karet, dan tentunya kolam yang lumayan besar bekas galian batu.

Terletak hanya beberapa kilometer di sebelah timur pusat Kota Banjar, Gunung Mandalare ini sudah menjadi tempat wisata favorit anak muda sejak tahun 90-an. Spot terindah sekaligus unik dari gunung ini ialah adanya kolam Cadas Gantung yang indah di antara rimbunnya hutan jati yang sejuk bak berlian di tengah hutan yang tersembunyi.

9. Rest area Banjar Atas

Rest area Banjar Atas

  • Lokasi : Jl. Raya Ciamis No.144, Karangpanimbal, Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Sesuai dengan namanya, tempat ini sebenarnya merupakan lokasi peristirahatan bagi para pengendara jarak jauh untuk melepas penat di jalan. Namun, karena areanya yang sejuk serta terdapat banyak pepohona yang tumbuh membuat tempat ini menjadi salah satu lokasi wisata dan tempat nongkrong anak muda setempat.

Tak hanya itu para pengunjung juda dapat menikmati aneka kuliner khas Kota Banjar dibawah rindangnya Pepohonan & suasana di bawah bukit BA lohh.

10. Lembah Pajamben

Lembah Pajamben

  • Lokasi : Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Kemajuan teknologi berperan besar dengan kepopuleran objek wisata yang satu ini. Banyak pengunjung yang datang hanya sekedar untuk berfoto ria di tempat ini. Spot foto unik dan keren memang menjadi daya tari dari Lembah Pajamben yang tentunya bisa menambah koleksi foto liburan kamu.

View pemandangan alam dari atas bukit lengkap dengan suasana tenang nan sejuk memang sangat pas untuk memanjakan badan serta mata anda.

11. Dinding Hits Sumanding

Dinding Hits Sumanding

  • Lokasi : Sumanding, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tak mau kalah dengan Jogja, kota Banjar juga mempunyai spot wisata kekinian dengan view yang instagramable kece abis bernama Dinding Hits Sumanding. Objek wisata yang satu ini menawarkan anda untuk berfoto dengan latar belakang tembok hijau yang dipenuhi tumbuhan merambat.

Latar belakang seperti ini memang sangat populer digunakan para model sehingga karena keunikan dan pesonanya yang begitu instagenic para pengunjung biasa pun berbondong-bondong untuk datang dan berfoto ria disini.

12. Taman Cinta

Taman Cinta banjar

  • Lokasi : Kota Banjar
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tempat ini menjadi salah satu destinasi favorit para pemuda Banjar dan nongkrong bersama kawan-kawan. Pemandangan yang indah sekaligus fasilitas yang lengkap juga membuat taman ini selalu ramai dipadati pengunjung. Sayangnya tak jarang taman ini disalah gunakan sebagai lokasi para pemuda untuk pacaran.

Tak hanya itu, masyarakat setempat juga prihatin dengan keadaan taman yang kurang terawat ditambah dengan banyaknya aksi vandalisme di taman ini. Padahal taman ini bisa menjadi salah satu aset warga Kota Banjar yang merindukan ruang publik yang nyaman dan terawat.

13. Taman Langensari atau Alun-alun Langensari

Taman Langensari atau Alun-alun Langensari

  • Lokasi : Gg. Melati, Muktisari, Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Langensari sendiri merupakan sebuah kecamatan yang ada di kota Banjar. Memiliki pnduduk sekitar 47.558 jiwa, dengan  luas wilayah sekitar 29,82 km2.

Seiring dengan perkembangan pembangunan kota, penataan kota pun menjadi prioritas utama salah satunya dengan cara melakukan pembenahan setiap sudut kota termasuk Alun-alun Langensari.

Alun-alun Langensari yang kini tampak lebih asri dan menjadi lokasi favorit para pemuda masyarakt setempat sebagai tempat bersantai . Selain bersantai dengan obrolan yang seru, disini para pengunjung juga dapat menyantap kuliner yang dijajakan para pedagang.

Pernah mendengar kota Subulussalam sebelumnya? Kota ini juga memiliki tempat wisata yang menarik lho, untuk itu yuk liat juga Tempat Wisata di Subulussalam yang tak kalah indah.

14. Taman Kota Lapang Bhakti

taman anggrek banjar

  • Lokasi : Jl. Mayjen Didi Kartasasmita, Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 1.000 (Tarif Parkir)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : Sarana Olahraga, Jogging Track, Wahana Panjat Dinding, Becak Cinta & Sepeda Tandem, Area Permainan Anak, Tempat Duduk, Tempat parkir, Aneka Jajanan/Kuliner Kaki Lima, Toilet

Ingin bersantai lengkap dengan fasilitas yang mendukung, Taman Kota Lapang Bhakti jawabanya. Wisata muriah yang bisa anda nikamti disaat anda mempunyai waktu longgar sekaligus mengajak keluarga serta rekan anda untuk mengahabiskan waktu disini.

Tak hanya fasilitasnya yang lengkap, disini anda juga dapat mencicipi kuliner kaki lima khas Banjar yang berjejer di sekitar Taman Kota Lapang Bhakti Kota Banjar. Selain sebagai wisata alternatif masyarakat setempat, Taman Kota Lapang Bhakti juga menjadi tempat untuk upacara resmi dan acara-acara resmi Pemerintah Kota Banjar seperti peringatan HUT Kemerdekaan RI.

15. Taman Dobo

Taman Dobo

  • Lokasi : Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Wisata tak melulu harus denga tempat tempat dengan karcis masuk yang besar. Seperti taman yang satu ini, disini anda tidak perlu khawatir untuk menghabiskan kocek yang besar. Sebenarnya taman ini bukanlah taman seperti pada umumnya karena taman ini juga termasuk rest area untuk para pengendara jarak jauh.

Nuansa teduh ditemani dengan pemandangan kali (sungai) Citanduy yang membelah provinsi Jawa Batat dan Jawa Tengah menjadi ciri khas dari taman yang satu ini. Selain memandangi Sungai Citanduy, anda juga dapat memancing juga loh. Tak hanya itu, anda juga dapat menikmati aneka kuliner khas Banjar Patroman yang banyak di jajakan di warung-warung sekitar taman.

16. Taman Raflesia, Alun-alun Ciamis

Taman Raflesia, Alun-alun Ciamis

  • Lokasi : Ciamis, Kec. Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Selain taman-taman diatas, Taman Raflesia Alun-alun Ciamis juga merupakan salah satu tempat bersantai pemuda setempat. Uniknya, taman ini tak hanya ramai dimalam hari, namun pada siang hari pun ramai sebab di tempat tersebut juga menyediakan berbagai hiburan, pentas seni, aneka jajanan khas yang tersedia ditempat ini.

Tempatnya yang strategis dan asri, disertai dengan fasilitas yang cukup lengkap membuat para pengunjung berbondong-bondong untuk menghabiskna waktu disini, mulai dari balita, anak-anak, remaja hingga orag tua kompak untuk meramaikan taman yang satu ini.

Asal muasal nama Raflesia ini karena adanya unga langka yaitu Rafflesia Arnoldi yang tumbuh disini, sehingga diberi nama Taman Raflesia atau juga Alun-alun Ciamis.

17. Taman PUSDAI Kota Banjar

Taman PUSDAI Kota Banjar

  • Lokasi : Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tempat ini memang belum banyak peminatnya padahal taman ini juga menyimpan keindahan yang cukup nyaman untuk dipandang sekaligus pas untuk melepas penat anda. Karena lokasinya yang dekat dengan terminal bus di bantaran kali (sungai) Citanduy membuat udara di taman ini terasa sejuk.

18. Banjar Water Park

Banjar Waterpark

  • Lokasi : Jl. Didi Kartasasmita, Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 12.000 (Weekdays), Rp 17.000 (Weekend)
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : Boomerang, Superbowl, Lazy RiverWahana, Kiddy PoolWahana, Main PoolWahana, Kolam Renang Loncat Indah, Flying Fox, Bombom Car, Ember Tumpah

Banjar Water Park ini dibangun pada tahun 2009 di atas tanah seluas 3,5 hektar dan di kelola oleh tim yang ditunjuk oleh Banjar berdasarkan peraturan Wali Kota Banjar Nomor : 655/Kpts.16 Huk/2010, yaitu oleh Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika dan Banjar.

Tempat wisata ini menjadi salah satu keunggulan destinasi wisata yang ada di Banjar. Namun sangat disayangkan karena promosi wisata airnya yang kurang maksimal membuat kolam ini jarang dikunjungi oleh para wisatawan dan terancam ditutup secara permanen akibat kurangnya pengunjung.

19. Cagar Budaya Pulo Majeti

Cagar Budaya Pulo Majeti

  • Lokasi : Jalan Pulo Majeti, Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Cagar Budaya Pulo Majeti merupakan destinasi wisata sejarah sekaligus juga wisata ziarah di Kota Banjar. Disini para pengunjung dapat berkunjung ke Situs Pulo Majeti ataupun Rawa Onom.

Namun sangat disayangkan karena objek wisata yang satu ini sering disalah gunakan sebagai termpat untuk mencari berkah ditempat “angker-agker gitu” untuk mendapatkan pangkat, jabatan dan sebagainya.

Padahal sebenarnya kawasanCagar Budaya Pulo Majeti sendiri telah memiliki sejarah yang panjang mengenai bagaimana keberadaan yang sesungguhnya mengenai Kerajaan Ratu Gakuh yang menjadi cikal bakal daerah tersebut. Mungkin para pembaca yang tertarik bisa menggali lebih dalam sejarahnya di tempat tersebut.

20. Puncak Pagerbatu

Puncak Pagerbatu

  • Lokasi : Dusun Pagerbatu, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Ingin merasakan sensasi yang berbeda ketika melihat kota Banjar, datang saja ke Puncak Pagerbatu. Disini anda akan diberikan pengalaman memandang keindahan kota Banjar yang eksotis diatas puncak bukit.

Banyaknya pengunjung yang singgah ke tempat ini dan mengabadikan momen di beberapa spot serta mengunggahnya ke media sosial mereka menjadikan tempat ini semakin populer, maka tak heran jika setiap tahunnya pengunjung Puncak Pagerbatu ini meningkat.

21. Alun-alun Kota Banjar

Alun-alun Kota Banjar

  • Lokasi : Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : Mesjid Agung Banjar, Pendopo Kota Banjar, Bank BRI, Bank BCA, Bank Jabar, SMPN 1 Banjar, SMPN 2 Banjar, Toserba Padjadjaran.

ALun-alun selanjutnya yang ada di kota Banjar adalah Alun-alun Kota Banjar. Alun-alun ini memiliki keindahan yang tak kalah saing dari alun-alun kota lainnya. Alun-alun ini bak sumber air bagi masyarakat kota Banjar untuk melepas kepenatan atau hanya sekedar menjadi tempat nongkrong bersama teman dan keluarga.

Saat sore hari tiba, khusunya pada hari Minggu dan hari libur, tempat ini akan dipenuhi oleh para pengunjung dan pedagang kaki lima yang menggelar dagangannya. Lapak pedagang hampir memenuhi seluruh bagian lantai alun-alun, mulai dari pedagang makanan, minuman, sepatu, sandal, bahkan celana dalam.

Malam Minggu adalah malam yang paling ramai serta malam ini juga alun-alun Banjar akan tetap hidup sampai siang hari tiba, sekitar jam 10 pagi. Di hari Minggu pagi, puncak keramainan alun-alun lah terjadi, sebab pada Minggu pagi di areal alun-alun Banjar selalu diadakan Car Free Day dan senam kesehatan.

Jadi apabila anda sedang berkunjung di Kota Banjar, tak ada salahnya untuk sejenak beristirahat di alun-alun Kota Banjar untuk menyegarkan badan sebelum melanjutkan perjalanan Anda kembali.

22. Situs Kokoplak

Situs Kokoplak

  • Lokasi : Desa Pasirnagara, Babakanpace – Cibeureum, Kecamatan Banjar
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Di era sekarang memang banyak sekali orang yang melakukan pesugihan, dan kota Banjar salah satu kota yang memiliki tempat untuk pesugihan yang sangat banyak salah satunya adalah Situs Kokoplak.

Di tempat ini, terdapat kera atau monyet yang konon katanya adalah manusia yang dijadikan tumbal oleh keluarganya. Tempat ini banyak didatangi orang dari berbagai daerah di Indonesia, apalagi di bulan Mulud dalam kalender Islam. Namun, masyarakat kota Banjar sendiri tidak bisa meminta atau berjiarah ke pesugihan-pesugihan itu. Kenapa?

Menurut keterangan dari para kuncen, menyebutkan bahwa para dedemit itu selalu meminta tumbal bila permintaan ingin dikabulkan. Apabila tidak memberi tumbal, berarti orang yang memintanya menjadi tumbal bila keinginannya telah dipenuhi. Ngeri ya guys!

23. Situs Batu Kujang dan Cikahuripan

Situs Batu Kujang dan Cikahuripan

  • Lokasi : Situ Lengkong Ciamis, Lemahneundeut, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Situs ini dipercaya merupakan peninggalan Sanghyang Prabu Borosngora dari kerajaan Panjalu. Yang jika ditelusuri sejarahnya, situs ini berkaitan erat dengan Kolam Cadas Gantung di Mandalare. Entah bagaimana sejarahnya, namun situs yang satu ini tak luput dari kunjungan para wisatawan yang penasaran akan wisata sejarah di kota Banjar.

24. Situs Ciungwanara, Karangkamulyan

Situs Ciungwanara, Karangkamulyan

  • Lokasi : Jalan Raya Banjar Ciamis, Cijeungjing, Karangkamulyan, Kec. Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-20.00
  • Fasilitas : masjid, area parkir, warung makan

Saat anda sampai di lokasi wisata ini anda akan disambut dengan sejuknya udara dan keheningan yang mistis yang terasa amat sangat kental. Ciungwanara di Desa Karangkamulyan merupakan situs peninggalan Kerajaan Galuh.

Disini terdapat beberapa situs penting seperti Pangcalikan, Makam Sanghiyang Bedil, Cikahuripan, Arena Sabung Ayam dan lain-lain. Selain mengunjungi situs, anda juga bisa menikmati kuliner khas Ciamis di warung sekitar lokasi. Jangan lupa juga untuk menikmati segarnya es kelapa yang banyak sekali dijual di kawasan itu.

25. Terowongan Binangun

Terowongan Binangun

  • Lokasi : Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Masih denga aroma mistis di Kota Banjar, anda juga bisa mengunjungi wisata mistis Terowongan Binangun untuk mengeuji nyali anda. Terowongan sepanjang 183 meter ini dulunya merupakan jalur kereta api trayek Banjar-Cijulang. Jalur kereta api ini sudah tua karena merupakan peninggalan zaman penjajahan Belanda di Indonesia.

Angkernya terowongan ini sudah pasti di sebabkan karena jalur kereta ini sudah lama di tinggalkan, yaitu sejak awal dekade 80-an. Terowongan ini juga disebut Sentiong karena di dirikan di atas pemakaman Cina.

26. Piadeu (Jembatan Cinta)

jembatan cinta

  • Lokasi : Kota Banjar
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Jembatan ini selama dekade 1960-1990an merupakan tempat lokasi prostitusi yang sangat terkenal. Namun seiring perkembangan jaman, jembatan yang lurus dengan tugu pahlawan tersebut sudah lebih rapi dan lebih bersih dari bau-bau esek-esek.

Jikakalu masih ada, tentunya bisnis haram itu amat sangat terselubung karena yang selalu tampak hanyalah pasangan anak muda yang sedang pacar-pacaran begitu saja.

Meskipun kotanya cenderung kecil, namun ternyata kota Banjar ini juga menyimpan beberapa wisata asik di dalamnya yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Namun satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Banjar, semoga bermanfaat. Happy Holiday!

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.