Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Harga Tiket Karacak Valley Garut

2 min read

harga tiket karacak valley garut

Karacak Valley merupakan objek wisata bernuansa perbukitan yang dibuka untuk umum sekitar tanggal 25 Agustus 2016. Dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dibawah nanungan perhutani. Karena itu harga tiket Karacak Valley garut sangatlah murah.

Karacak Valley juga tergolong tempat wisata yang masih sangat baru, namun wisata ini sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Awalnya Karacak Valley adalah perbukitan kopi yang dikelilingi hutan pinus yang mempunyai luas kurang lebih 9 hektar. Dengan adanya curug dikawasan tersebut maka oleh masyarakat sekitar sebagai tempat wisata.

Diberi nama Karacak Valley karena lokasinya yang berada dilembah Gunung Karacak. Karacak mempunyai arti air yang menetes dan Valley mempunyai arti lembah dan berasal dari Bahasa Sunda.

 

Wahana

1. Puncak Karacak atau Puncak Dagor

Anda dapat menikmati view Gunung Cikuray yang menjulang tinggi dan penampakan Kota Garut yang dapat dilihat dengan jelas dari puncak ini. Indahnya Citylight Garut di malam hari juga dapat dilihat serta dinikmati.

Wisata lain yang ada di Garut Taman Air Sabda Alam Garut.

2. Camping

gambar karacak valley

Disediakan Camp Area yang cukup luas dan dapat mendirikan beberapa tenda. Puncak Dagor juga dapat dijadikan tempat Camping namun kalian harus konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak pengelola jika ingin mendirikan tenda selain di Camp Area.

3. Hammocking

harga tiket karacak valley

Hammock atau ayunan menjadi wahana favorit disini. Hampir semua kawasan dipenuhi dengan Hammock karena memang pemasangannya yang mudah. Dipasang dintara pohon pinus yang sejajar.

Tidur bersantai diatasnya ditambah dengan udara yang sejuk dan semilir angin yang sepoi – sepoi akan membikin para pengunjung merasa nyaman dan tidak ingin beranjak dari tempat ini.

4. Curug Ngebul

wisata garut

Curug Ngebul berada sekitar 1,2 km dari loket membayar tiket masuk. Jalan menuju ke curug ini sudah dilengkapi dengan anak tangga jadi tidak begitu sulit. Sekitar kurang lebih 20 menit perjalanan untuk sampai di kawasan curug.

Di sepanjang perjalanan anda akan menemukan beberapa monyet yang memang dirawat di antara deretan hutan pinus ini. Pihak pengelola tidak mengijinkan pengunjung untuk memberi makan monyet – monyet tersebut apalagi mengganggunya.

Sesampainya di Curug Ngebul anda akan dimanjakan dengan derasnya air yang jatuh dari ketinggian sekitar 25 meter. Pengunjung dapat bermain air langsung bahkan mandi, namun pengunjung tidak dapat berenang karena kolam bawah curug yang sangat dangkal.

 

Fasilitas

  • Mushola
  • Toilet Umum
  • Spot Istirahat
  • Penyewaan Hammock
  • Penyewaan Alat – alat Camping
  • Warung Jajan
  • Area Parkir Luas

 

Lokasi

Lokasi Karacak Valley sangat strategis karena berada ditengah kota sehingga menjadikan transportasi ke lokasi ini sangatlah mudah.

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi maka ambil Jalan Barata Yudha – Jalan Margawati lalu mengikuti jalur yang ada karena telah disediakan papan petunjuk yang menunjukkan arah dan membuat kita sampai ke lokasai.

Bagi kalian yang tidak mempunyai kendaraan pribadi kalian juga dapat menggunakan angkutan umum. Naik saja angkutan umum jurusan Sukaregang atau bisa juga Sukadana lalu turun di pangkalan ojek Margawati setelah itu tinggal mnta diantar driver menuju lokasi yang kita tuju.

 

Jam Operasional

Karacak Valley dibuka 24jam nonstop setiap harinya. Jadi anda dapat mengunjungi tempat wisata ini kapanpun anda mau dan tanpa batasan waktu.

 

 

Harga Tiket Masuk Karacak Valley Garut

Harga Tiket Masuk Karacak Valley Garut
TiketKategoriHarga
Tiket MasukAnak – anakRp5.000
DewasaRp10.000
HammockWahanaRp10.000
CampingRp15.000

Note :

  1. Untuk penyewaan Hammock anda akan dibatasi dalam penggunaannya yaitu maksimal 1 jam.
  2. Untuk Camping yang membawa peralatan camping sendiri maka tidak ada batasan waktu.
  3. Akan tetapi jika peralatannya menyewa maka hanya bisa semalam saja digunakannya.
  4. Harga tiket Karacak Valley dapat berubah sewaktu – waktu.

Tips Wisata

  1. Tidak menggangu monyet – monyet yang ada.
  2. Selalu mementingkan keselamatan.
  3. Membawa baju ganti jika ingin mandi di Curug Ngebul.
  4. Lebih baik menggunakan kendaraan pribadi.
  5. Membawa peralatan Hammock sendiri agar lebih puas.
  6. Menyiapkan stamina extra.
  7. Tidak membuang sampah disembarang tempat

 

Demikian ulasan tentang Karacak Valley yang ada di Garut. Mulai dari penjelasan, lokasi, jam operasional, wahana, harga tiket masuk, serta beberapa tips yang saya berikan. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan anda – anda sekalian dalam menentukan tempat wisata untuk berlibur dan mengisi waktu liburan anda. Semoga bermanfaat. Terima kasih 🙂

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *