PANTAI SIUNG: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Share
Comment 0 reply
PANTAI SIUNG: Aktivitas & Tiket Masuk 2022
Loading...
Harga Tiket MasukRp6.000
Jam Buka24 Jam
Nomor HP-
LokasiDusun Duwet, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pergi ke pantai menjadi salah satu opsi terbaik untuk Anda yang ingin melepaskan penat setelah beraktivitas penuh selama beberapa waktu. Jika tertarik, Indonesia punya banyak pantai-pantai yang pemandangannya jempolan loh, salah satunya adalah Pantai Siung.

Selain pemandangannya yang bagus, Pemerintah Yogyakarta sendiri sudah meresmikan pantai ini sebagai lokasi untuk kegiatan panjat tebing. Bukan tanpa alasan, tetapi karena memang pantai ini dikelilingi oleh tebing-tebing yang lumayan tinggi.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Pantai Siung

Untuk bisa menikmati berbagai keindahan dan keistimewaan yang ada di pantai yang dipenuhi oleh pasir putih ini, setiap pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk. Tiket masuk ini sangat murah kok dan sebenarnya juga sudah mencakup biaya retribusi untuk Pantai Nglambor dan Pantai Jogan.

Berikut informasi harga tiket masuk serta biaya parkir untuk berbagai jenis kendaraan.

KategoriHarga
Tiket masukRp6.000
Biaya parkir sepeda motorRp3.000
Biaya parkir mobilRp5.000
Biaya parkir busRp20.000

Informasi tambahan, di pantai ini juga memungkinkan Anda untuk camping. Nah, kalau Anda camping kemudian kendaraan diparkir dalam jangka waktu tertentu, Anda akan dikenai biaya tambahan.

Jam Buka

Jam Buka Pantai Siung

Mengenai jam buka atau jam operasional Pantai Siung, pantai ini dibuka selama 24 jam. Dengan jam operasional tersebut, maka Anda bisa berkunjung kapan saja dan melakukan berbagai aktivitas baik itu di siang hari ataupun di malam hari di pantai ini.

Dengan jam operasional tersebut pula, Anda berkesempatan untuk menyaksikan sunrise serta sunset dalam satu kali kunjungan.

Aktivitas di Pantai Siung

Aktivitas di Pantai Siung

1. Bermain Pasir

Pantai yang ditemukan oleh komunitas panjat tebing pertama kali tahun 1998 ini memiliki pasir putih yang cantik dan bersih. Pasir putih ini bisa Anda mainkan atau bisa juga melakukan aktivitas jalan-jalan ringan di sepanjang garis pantainya.

2. Mendaki Bukit

Di sebelah timur pantai ada Bukit Pengilon yang diselimuti oleh rumput hijau. Anda bisa mendaki bukit ini jika ingin menyaksikan Pantai Siung dari ketinggian. Bahkan bukan hanya pantai ini saja yang bisa dilihat, Anda juga bisa menyaksikan pantai-pantai lainnya yang berdekatan di Gunungkidul.

Jalur pendakian di bukit ini juga sudah ada loh, jadi Anda tidak perlu khawatir akan kesasar. Disarankan agar Anda datang di pagi hari agar bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit yang sangat indah. Atau kalau takut kehilangan momen ini, bisa juga dengan mendirikan tenda dan bermalam di pantai ini.

Jika memang tertarik untuk mendaki bukit ini, langsung naik saja dan ikuti jalan setapak yang sudah tersedia. Melalui jalur ini nantinya Anda juga akan melewati Pantai banyutibo yang eksotis dengan air terjunnya dan bisa mampir dulu di sana.

Disarankan agar memakai sepatu ya saat mendaki. Hindari menggunakan sandal jepit, karena sifatnya yang licin.

3. Camping

Untuk wisatawan yang berminat menginap di pantai ini, bisa sekalian camping dengan mendirikan tenda yang lokasinya ada di balik batu karang raksasa. Lebih tepatnya di sebelah timur pantai.

Advertisement

Kalaupun tidak membawa tenda dan tetap berminat untuk menginap, bisa sewa rumah panggung kayu yang ada di dekat sana. Rumah panggung ini berkapasitas 15 orang, cocok untuk Anda yang datang bersama rombongan.

4. Panjat Tebing

Bagi orang-orang yang suka dengan aktivitas yang memicu adrenalin, panjat tebing di pantai ini bisa menjadi alternatif aktivitas yang menyenangkan. Pantai yang sekaligus dijuluki The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta ini memiliki gugusan batuan karang yang ketinggiannya bervariasi.

Batu karang itulah yang menjadi objek panjat tebing. Sebelumnya pantai ini bahkan pernah menjadi lokasi lomba panjat tebing yang bertajuk ASEAN Climbing Gathering dengan peserta sebanyak 250 orang. Peserta itupun bukan hanya dari Indonesia, namun dari beberapa negara lainnya juga.

Fasilitas

Fasilitas Pantai Siung

Selayaknya destinasi wisata lainnya yang ada di Yogyakarta, Pantai Siung juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya ialah:

  • Spot foto yang menarik
  • Warung makan
  • Camping ground
  • Area panjat tebing
  • Pendopo
  • Mushola
  • Toilet
  • Tempat parkir

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Pantai Siung

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pantai cantik yang pasirnya berwarna putih ini berada di Yogyakarta, lebih tepatnya ada di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini berada sekitar 77 km dari pusat Kota Yogyakarta.

Jarak tersebut bisa ditempuh sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan. Lokasi pantai ini cukup terpencil yang membuat banyak wisatawan lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan dengan menggunakan kendaraan umum.

Jalur menuju ke sana juga lumayan sulit dengan kondisi jalanan yang menanjak, berkelok dan beberapa diantaranya ada yang menyempit. Mengingat hal ini, pastikan bahwa kendaraan dalam kondisi yang oke sebelum berangkat ya. Untuk rutenya sendiri ada beberapa pilihan sebagai berikut.

1. Dari Solo

Kalau dari Solo, Anda bisa langsung menuju ke kawasan Praci ke arah Kecamatan Baran atau ke Kecamatan Rangkok. Setelah sampai di sana, lanjutkan perjalanan dengan mengarah ke daerah Ngelindur dan silahkan belok kanan setelah tiba di pertigaan yang ada sebelum Pasar Ngrancah.

Lanjutkan kembali perjalanan sampai tiba di Pasar Jepitu serta pertigaan Winangun. Dari sini, langsung belok kiri saja untuk mengarah ke pantai yang dimaksud.

2. Dari Klaten

Sedangkan kalau berangkat dari Klaten, pilih rute Semanu – Giripanggung. Dari sini kemudian lanjutkan perjalanan melalui Klayu, kemudian Gude, Blekonang sampai Winangun.

Untuk rute ini juga ada jalur lain juga, yaitu dengan melalui Cuelo sampai Winangun. Sampai di sini bisa ikuti petunjuk jalan untuk mencapai pantai yang dimaksud.

3. Dari Pusat Kota Yogyakarta

Lalu kalau dari pusat Kota Yogyakarta, rutenya hanya dengan melalui Wonosari. Silahkan menuju ke ringroad selatan terlebih dahulu lalu beloklah ke arah kiri setelah sampai di persimpangan Terminal Giwangan.

Dengan demikian Anda akan mengarah ke Jalan Piyungan. Lanjutkan terus perjalanan hingga mencapai Wonosari. Selanjutnya ambil arah yang menuju ke Pantai Baron dan sekitar 9 km kemudian, akan ada pertigaan Desa Mulo.

Di titik ini lurus saja hingga Anda masuk ke jalur Mentel, Bintaos, Tepus sampai tiba di pertigaan Winangun. Setelahnya cukup belok kanan kemudian ikuti petunjuk jalan yang mengarah ke pantai yang dimaksud.

4.  Rute Alternatif Via Pantai Baron

Rute yang satu ini sebenarnya sama, dimulai dari Kota Yogyakarta. Hanya saja melalui pos retribusi Pantai Baron. Dari pos retribusi tersebut, akan ada pertigaan yang apabila ke kanan mengarah ke Pantai Baron dan yang ke kiri akan mengarah ke pantai-pantai lainnya.

Sampai di pertigaan tersebut, ambil arah yang ke kiri dan di sini Anda akan menemukan Pantai Kukup, Pantai Krakal, Pantai Drini, Pantai Sepanjang, Pantai Sundak, Pantai Indrayanti hingga mengarah ke Desa Tepus dan akhirnya bertemu dengan pertigaan Winangun.

Kalau dibandingkan dengan rute yang sebelumnya, rute alternatif ini tentu lebih jauh. Tetapi dengan memilih rute ini Anda berkesempatan untuk mengetahui lokasi pantai-pantai yang sebenarnya jaraknya cukup dekat satu sama lain.

Bagaimana? Tertarik berkunjung ke Pantai Siung? Kalau iya, usahakan bawa kendaraan pribadi atau kendaraan sewa ya supaya lebih mudah. Lalu jangan lupa bawa berbagai keperluan pribadi dan setelah sampai di sana, jaga kebersihan selalu supaya pantai yang cantik ini tetap bersih.

Kunjungi juga:

X CLOSE
Advertisements
ADVERTISEMENT
X CLOSE
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.