PANTAI NGOBARAN: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Share
Comment 0 reply
PANTAI NGOBARAN: Aktivitas & Tiket Masuk 2022
Harga Tiket MasukRp5.000
Jam Buka24 Jam
Nomor HP-
LokasiDesa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Kalau Bali punya Tanah Lot yang menjadi ikon wisata dan sudah mendunia, Yogyakarta juga punya Pantai Ngobaran yang tak kalah menarik dengan view indahnya. Penasaran seperti apa keindahan pantai yang letaknya dengan dengan Pantai Ngrenehan itu?

Akan banyak hal menarik yang Anda lihat sendiri, berbeda dari tempat wisata pada umumnya. Mulai dari pemandangan, potret keberagaman yang tidak membedakan. Untuk mencapai lokasi juga tergolong unik begitu juga, dengan aktivitas yang dapat dilakukan selama ada disana.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Pantai Ngobaran

Untuk tiket masuk ke area pantai, tidak perlu membayar mahal. Bahkan jika dikalkulasikan dengan biaya parkir, juga masih masuk akal dan Anda sudah bisa berada di area wisata tersebut sepuasnya.

NoJenis TiketHarga Tiket/Orang
1Tiket MasukRp5.000
2Tiket Parkir Kendaraan Roda DuaRp3.000
3Tiket Parkir MobilRp5.000
4Tiket Parkir Bus Ukuran SedangRp15.000
5Tiket Parkir Bus Ukuran BesarRp20.000

Harga tiket yang sudah ditetapkan ini, bisa saja berubah sesuai kebijakan pengelola. Jadi, pastikan untuk mendapatkan informasi terbaru soal harga tiket sebelum berangkat. Agar persiapan dana bisa disesuaikan.

Jam Buka

Jam Buka Pantai Ngobaran

Untuk kondisi normal, jam buka dari pantai ini adalah 24 jam alias tanpa batas. Namun bisa saja, ketika ada acara keagamaan yang digelar oleh penduduk setempat khususnya yang beragama Hindu dan ingin melakukan ritual khusus mungkin ada pengecualian jam buka tersebut.

Jika Anda beruntung datang pada hari tertentu yang merupakan hari keagamaan umat Hindu, maka bisa dari dekat melihat langsung berbagai prosesi keagamaan yang dilakukan.

Mitos Pantai Ngobaran

Mitos Pantai Ngobaran Pantai Ngobaran

Merujuk pada informasi sejarah, konon katanya nama ngobaran berasal dari sebuah cerita di zaman Kerajaan Majapahit.

Prabu Brawijaya V, kala itu melarikan diri dari kerajaan karena tidak mau masuk Islam melalui putranya Raden Fatah.

Pelariannya sampai ke kawasan pantai bersama kedua istrinya, yaitu Dewi Lowati dan Bondang Surati. Ketika sudah sampai di ujung bukit pada kawasan pantai tersebut, dia berniat membakar diri dan membawa serta kedua istrinya tersebut.

Namun akhirnya, dia hanya membakar dirinya dan istri keduanya Dewi Lowati karena memberikan jawaban yang membuatnya yakin mati bersama dari pertanyaan “seberapa besar cinta sang istri kepadanya.

Dewi Lowati menjawab bahwa cintanya sebesar gunung, sedangkan sang istri pertama menjawab bahwa cintanya bagaikan kuku di ujung jari yang setelah dipotong akan selalu tumbuh kembali.

Berdasarkan kisah tragis membakar diri tersebut, diberilah nama Pantai Ngobaran yang artinya kobaran.

Aktivitas di Pantai Ngobaran

Aktivitas di Pantai Ngobaran

Bagi Anda yang pernah datang ke Pura Uluwatu Bali, tentu tidak akan asing dengan berbagai aktivitas keagamaan di pantai indah Yogyakarta ini. Selain itu, akan banyak juga kegiatan lain dapat dilakukan untuk memanfaatkan waktu selama berada disana. Mau tahu apa saja?

1. Menyatu Dengan Warga Setempat

Aktivitas yang cukup disukai oleh pengunjung pantai adalah melihat dari dekat aktivitas masyarakat setempat, yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan.

Menyaksikan mereka menarik mendorong perahu ke laut, kemudian beramai-ramai naik perahu dan ketika sudah berada di tengah laut akan membentangkan jala untuk mendapatkan ikan.

Selain itu, bisa juga melihat bagaimana kehidupan sehari-hari mereka yang sangat dekat dengan alam terutama laut.

2. Menikmati Sunset di Pantai yang Indah

Jika Anda berhasil mendapatkan tempat nyaman untuk beristirahat di sore hari, maka sunset yang indah ketika matahari terbenam akan menjadi pemandangan yang memuaskan mata.

Bisa langsung dijadikan background foto aesthetic siap diunduh di media sosial, pastinya bisa mendapatkan banyak like dan comment.

3. Melihat Langsung Upacara Adat Umat Hindu

Pada jadwal tertentu, umat Hindu yang tinggal di sekitar area pantai akan menggelar kegiatan di Pura yang letaknya pada bibir pantai.

Akan terlihat berbagai sesajen yang dipersiapkan untuk acara, masyarakat dengan pakaian khusus siap untuk melakukan upacara. Ada juga aroma dupa yang menjadi bagian dari ritual upacara.

Anda bisa datang ketika bulan purnama atau melihat kalender Hindu, agar tak melewatkan berbagai upacara adat yang digelar di Pantai Ngobaran. Tapi, harus bisa menjaga sikap dan tidak melakukan hal aneh ya!

4. Berburu Kuliner Seafood

Ke Pantai tidak lengkap rasanya kalau tidak mencoba wisata kuliner seafood yang ada disana. Begitu juga ketika berada di pantai yang disebut juga dengan lokasi bukti toleransi ini.

Beberapa warung makan warga setempat, menyediakan menu-menu yang berasal dari olahan flora dan fauna laut.

Yang paling membuat penasaran adalah, landak laut yang diolah dengan cara digoreng. Rasanya tak kalah dengan makanan seafood sekelas cumi, kepiting, kerang, atau udang.

Landak laut ini juga menjadi salah satu kuliner khas setempat, cocok dimakan dengan nasi panas dan peyek ikan renyah dan kaya bumbu.

Soal harga, juga tidak terlalu mahal. Pas untuk kantong berbagai kalangan, termasuk Anda yang mau mencobanya langsung.

5. Spot Pura Untuk Fotografi

Beragam bangunan menawan berdiri megah di kawasan pantai mulai dari patung beberapa Dewa kepercayaan umat Hindu, ada juga arca dengan ukiran yang menakjubkan.

Anda bisa pilih, mau berfoto dimana karena semuanya mampu memberikan efek hasil foto luar biasa unik dan tak akan didapat dari lokasi wisata lainnya.

Apalagi kalau cuaca sedang cerah, Anda bisa eksplorasi semua spot foto terbaik dan mengabadikan momen selfie atau wefie bersama orang terdekat.

6. Mengunjungi Pantai Terdekat

Di sepanjang jalur pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul ini, ada beberapa pantai yang sudah dibuka menjadi objek wisata umum.

Dengan lokasi yang dekat, Anda bisa langsung melancong ke Pantai Ngrenehan yang jaraknya hanya sekitar 2 km saja dari Ngobaran.

Hanya dengan berjalan kaki saja, Anda dapat melihat seperti apa view pantai disana. Kemudian eksplorasi hal-hal menarik yang ada di kawasan wisata sampai puas.

Fasilitas

Fasilitas Pantai Ngobaran

Berbagai fasilitas penunjang, tersedia di berbagai spot Pantai Ngobaran. gunanya untuk mempermudah akses dan aktivitas pengunjung objek wisata itu. Diantaranya adalah:

Toilet

Toilet tersebar di beberapa bagian pantai, bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari membersihkan diri usai bermain di pantai dan lainnya.

Parkir

Lokasi parkir berada di luar kawasan pantai, dengan penataan yang dikoordinasikan dengan juru parkir setempat. Keamanan cukup terjaga, selama Anda berwisata.

Tempat Istirahat

Anda juga dapat beristirahat di beberapa spot yang disediakan, jika sudah lelah berjalan menelusuri pantai. Bisa sambil menikmati pemandangan pantai dan makan camilan yang dijual warga setempat di area tersebut.

Mushola

Meskipun identik dengan kegiatan agama umat Hindu, namun di area wisata tersebut juga tersedia mushola untuk umat Islam yang ingin beribadah.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Pantai Ngobaran

Pantai ini berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Dari pusat kota Yogyakarta, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 60 kilometer. Bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Melalui Imogiri Timur, menuju Selopamioro.

Dari Bandara Adi Sutjipto, jarak tempuhnya sekitar 55 km atau memakan waktu 1,5 jam. Bisa memanfaatkan kendaraan sewa yang ada di bandara.

Banyak hal menarik yang bisa dilihat langsung saat pergi ke Pantai Ngobaran. Berdasarkan informasi di atas tentunya persiapan sebelum berangkat bisa lebih tepat bukan?

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.