PANTAI WEDIOMBO: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Share
Comment 0 reply
PANTAI WEDIOMBO: Aktivitas & Tiket Masuk 2022
Harga Tiket MasukRp5.000
Jam Buka24 Jam
Nomor HP-
LokasiJepitu, Girisubo, Pendowo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

Di Kabupaten Gunung Kidul memang dikenal banyak objek wisata pantai menarik, salah satu yang bisa jadi referensi adalah Pantai Wediombo yang punya pasir putih dan view menarik untuk menghabiskan waktu liburan.

Lokasi pantai sangat luas, oleh karena itulah diberi nama wediombo yang berasal dari bahasa Jawa. Dimana wedi berarti pasir dan ombo artinya luas, jika diartikan menjadi kawasan pasir yang luas. Berapa harga tiket, hingga bagaimana cara mudah mencapai lokasi? Cek informasi lengkapnya disini.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Pantai Wediombo

Anda tidak akan membutuhkan dana banyak untuk membayar tiket masuk. Harga yang dibanderol sangat murah untuk semua kalangan. Berikut ini penjabarannya.

NoJenis TiketHarga
1Tiket MasukRp5.000
2Tiket Parkir MotorRp3.000
3Tiket Parkir MobilRp5.000

Jika dibandingkan dengan kepuasan wisata di area pantai, harga di atas sangat terjangkau. Untuk tiket masuk dibayar sekali saja di awal Anda masuk, kemudian akan mendapatkan tanda bayar tiket.

Kalau seandainya Anda perlu keluar area dan akan masuk lagi ,bisa memperlihatkan tersebut sebagai bukti bahwa sebelumnya sudah membayar biaya masuk lokasi wisata.

Jam Buka

Jam Buka Pantai Wediombo

Pantai yang memiliki banyak batu karang sebagai penyempurna tampilannya ini, buka 24 jam mulai hari Senin sampai Minggu alias selalu buka kapan saja Anda mau datang.

Jadi, jangan khawatir jika seandainya waktu senggang Anda baru ada di malam hari. Tetap bisa menikmati suasana laut, langit dengan taburan bintang, dan aktivitas lainnya.

Tapi memang sangat disarankan untuk datang sore menjelang malam, untuk dapat melihat matahari terbenam yang sangat mempesona disaksikan dari Pantai Wediombo tersebut.

Aktivitas di Pantai Wediombo

Aktivitas di Pantai Wediombo

Berbagai aktivitas dapat dilakukan selama Anda berada di kawasan pantai, mulai dari menikmati pemandangan pantai, hingga berjemur, sampai memancing.

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Sebagai cara relaksasi yang ampuh ketika sedang stress atau bosan dengan aktivitas menumpuk setiap hari, berkunjung ke destinasi wisata yang juga dikenal sebagai pantai bukit karang ini bisa menjadi solusi aktivitas relaksasi.

Sekedar duduk di pinggir pantai, memanfaatkan lokasi istirahat yang disediakan. Kemudian memandangi pantai, mendengar ombak silih berganti, angin sepoi-sepoi. Bisa jadi suara alam yang indah dan menghilangkan kejenuhan.

Bahkan tidak jarang, pengunjung betah seharian berada disana untuk sekedar bersantai bersama keluarga.

2. Berjemur Untuk Menghitamkan Kulit Alami

Wisatawan mancanegara yang datang ke kawasan ini, memanfaatkan waktu mereka di siang hari untuk berjemur. Sebagai salah satu solusi alami menghitamkan kulit, tanpa harus pergi ke salon atau ahli kecantikan.

Fasilitas berjemur bisa dibawa sendiri atau disewa melalui penduduk setempat. Seperti tikar, payung dan lainnya.

3. Memancing Dari Bukit Batu Karang

Pengunjung dari kota Yogyakarta maupun Wonogiri, punya aktivitas mereka sendiri, yang bisa Anda coba yaitu memancing.

Lokasinya adalah dari atas bukit karang sekitar pantai, dimana mereka akan memanjat ke atas bukit, kemudian mencari spot nyaman untuk duduk dan mulai memancing sampai mendapatkan ikan.

Tidak jarang para pemancing mania berhasil memancing ikan dalam ukuran besar, tanpa harus pergi ke tengah laut. Namun memang harus ekstra sabar, bahkan sampai seharian untuk bisa mendapatkan hasil pancingan terbaik.

Tapi, untuk naik ke bukit karang memang membutuhkan tenaga dan ketelitian melihat jalan. Areanya cukup terjal dan licin akibat sering terkena hempasan ombak. Kalai tidak hati-hati, bisa-bisa terjatuh dan terluka.

4. Berenang

Berenang di Pantai Wediombo, juga dapat dijadikan aktivitas menarik di pagi atau sore hari. Kalau pengunjung sepi, Anda bisa pilih spot tersembunyi untuk berenang yaitu diantara bukit karang yang tersebar di pantai.

Air pantai yang mengalir cukup dalam sehingga kepuasan berenang juga didapat meskipun tidak berada di tengah lautan.

Tidak usah khawatir soal kebersihan air karena pantai ini masih memiliki air yang jernih dan minim kontaminasi sampah. Penjagaan dan perawatan yang dilakukan tergolong maksimal, sehingga membuat pengunjung nyaman.

5. Foto Selfie

Pecinta foto selfie, juga akan terpuaskan keinginannya mengabadikan setiap momen menarik di lokasi wisata tersebut.

Banyak spot foto selfie yang bisa dipilih, tentunya dengan sudut pengambilan tepat akan menghasilkan foto berkualitas tanpa harus banyak melakukan perubahan pakai filter atau tools kamera lainnya.

Misalnya di spot ayunan akar pohon, yang lokasinya di salah satu pinggir pantai. Anda bisa berfoto sambil main ayunan.

Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan spot foto unik diantara bukit karang dengan background hempasan ombak. Tapi, memang harus mencari waktu yang tepat agar kamera tidak terkena cipratan air laut.

6. Kuliner Laut

Jangan lupa untuk mencoba berbagai kuliner laut yang disajikan warga setempat, melalui warung-warung rumahan.

Ada kepiting dan udang goreng dan bakar dengan bumbu khusus dan rasa yang nikmat. Didampingi sayuran rebus yang langsung dipetik dari kebun milik warga.

Bagi pecinta kuliner laut, akan dibuat nambah berkali-kali karena jatuh cinta dengan makanan lokal tersebut.

7. Camping

Menghabiskan waktu malam dengan menginap di alam terbuka, memberikan sensasi liburan yang berbeda. Anda dapat membawa tenda sendiri dan perlengkapan camping, agar bermalam lebih menyenangkan dan nyaman.

Biasanya yang datang camping adalah komunitas anak muda, untuk menjalin keakraban lebih satu sama lain.

Selain bermalam, mereka juga akan melakukan banyak aktivitas pantai yang tak kalah seru saat dilakukan siang hari.

8. Surfing

Mau belajar berselancar juga bisa dilakukan disini, tinggal bawa papan surfing sendiri kemudian cek ombak apakah pas untuk mulai berselancar.

Fasilitas

Fasilitas Pantai Wediombo

Selain melakukan berbagai aktivitas menarik di atas, Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas dari pengelola Pantai Wediombo. Pastinya akan semakin betah berlama-lama di pantai asri ini.

1. Kamar Mandi Lengkap

Usai berenang dan ingin membersihkan badan, tersedia kamar mandi lengkap untuk pria maupun untuk wanita. Lokasinya tersebar di sepanjang pantai, memudahkan pengunjung memilih mau memanfaatkan yang mana.

2. Parkir Luas

Kawasan parkir disediakan cukup luas, bisa menampung banyak motor dan mobil berbagai ukuran. Aman karena dijaga juru parkir yang sudah bekerjasama dengan pengelola.

3. Mushola

Bagi umat Islam yang mau beribadah, disediakan Mushola

4. Toko Pernak Pernik Wisata

Mau membawa oleh-oleh dari pantai? Anda dapat membeli pernak-pernik unik dengan harga terjangkau di toko yang ada di area pantai.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Pantai Wediombo

Alamat lengkap dari Pantai Wediombo ada di Jepitu, Girisubo, Pendowo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Jika Anda bertolak dari pusat Kota Yogyakarta, butuh waktu tempuh 1 jam dan 45 menit dengan jarak 76 km.

Rutenya melalui Piyungan, Pathuk, kemudian Wonosari, dan masuk ke Desa Mulo. Setelah itu Anda belok kiri di persimpangan desa sampai ke daerah Jepitu. Dari sana, tinggal ikuti saja rambu menuju lokasi.

Lain lagi, jika Anda datang dari arah Kota Solo dan sekitarnya. Rutenya melalui Sukoharjo, Wonogiri, Praci, dan Rongkop. Lanjut ke Nglindur, masuk ke Pasar Ngrancah dan belok kanan ke arah Jepitu. Selanjutnya belok kiri sampai menuju lokasi Wediombo.

Luangkan waktu libur Anda di Yogyakarta, untuk berkunjung ke Pantai Wediombo. Dijamin tidak akan kecewa menghabiskan waktu disana.

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.