PANTAI NGRENEHAN: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Harga Tiket MasukRp5.000
Jam Buka24 Jam
Nomor HP-
LokasiDesa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Ada banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat Anda singgah di kota Jogja. Salah satunya Pantai Ngrenehan yang ternyata awalnya merupakan pantai tersembunyi yang hanya digunakan oleh para nelayan.

Kini pantai berkembang jadi salah satu objek wisata yang juga banyak dikunjungi. Berbagai fasilitas dengan ragam pilihan aktivitas siap memanjakan pengunjungnya. Tidak hanya itu, harga tiket masuk yang dipatok juga masih sangat terjangkau.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrenehan

Tiket masuk merupakan hal krusial untuk bisa masuk menikmati berbagai jenis aktivitas dalam suatu objek wisata. Karenanya sebelum datang berwisata ada baiknya untuk mengalkulasikan jumlah pengeluaran terkait tiket masuk. Berikut list harga tiket masuk di kawasan Pantai Ngrenahan Jogja.

Jenis TiketHarga Tiket
Tiket masuk per orangRp5.000
Tiket parkir mobil per unitRp5.000
Tiket parkir motor per unitRp3.000
Tiket parkir bus sedang per unitRp15.000
Tiket parkir bus besar per unitRp20.000

Pahami bahwa tiket berlaku per unit atau perorangan. Jangan sampai ada masala saat hendak bertandang ke tempat wisata. Apalagi bila Anda datang bersama rombongan maka akan sangat baik bila teliti melakukan pembayaran.

Jam Buka

Jam Buka Pantai Ngrenehan

Penasaran terkait jam buka objek wisata satu ini? Yang paling mengejutkan nyatanya ojek wisata pantai indah satu ini buka 24 jam non stop. Artinya Anda bisa berkunjung kapan saja bersama teman atau keluarga.

Jam buka yang fleksibel tidak serta merta membuat Anda bebas dari biaya masuk atau parkir, ya. Anda tetap harus patuh membayar tiket masuk bila ingin masuk ke kawasan wisata alam Pantai Ngrenehan.

Aktivitas di Pantai Ngrenehan

Aktivitas di Pantai Ngrenehan

Ada yang unik dari aktivitas pantai ini. Tidak perlu bingung untuk melakukan apa di kawasan pantai ini karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan bahkan sesaat setelah Anda menginjakkan kaki di pasir pantai. Apa saja pilihan aktivitasnya?

1. Bersantai Sambil Minum Kelapa

Aktivitas pilihan pertama yang paling banyak dilakukan yakni bersantai sambil meminum air kelapa. Memang pilihan aktivitas satu ini jadi pilihan yang paling banyak dilakukan oleh para pendatang apalagi bila memang baru pertama kali datang.

Bersantai membuka tikar atau memasang ayunan antar pohon sambil meminum kelapa jadi kenikmatan tersendiri. Apalagi angin pagi hingga sore di pantai ini cenderung sepoi-sepoi. Siapa saja bisa rileks dengan melakukan kegiatan satu ini.

2. Berenang di Pantai yang Tenang

Suka dengan kegiatan air yang murah meriah? Bila iya Anda bisa langsung bermain air atau langsung menyelam berenang di pantai yang tenang. Aktivitas ini tentunya tidak bisa dilakukan bila ombak sedang tinggi dan laut sedang pasang.

Jadi perhatikan dulu kondisi air di pantai bila aman Anda bisa langsung bermain. Permainan air juga jadi cara klasik untuk menikmati objek wisata pantai. Apalagi bila Anda membawa alat main sendiri seperti pelampung atau bola.

3. Menikmati Sunrise dan Sunset

Anda juga bisa menikmati sunrise dan sunset di poin yang sama. Siapa saja yang menyukai fenomena alam ini bisa duduk santai sambil memandang lepas ke arah timur atau barat pesisir pantai.

Nantinya bila cuaca sedang mendukung Anda bisa langsung mendapatkan view sunrise atau sunset alami. Jangan lupa sediakan kamera tersayang untuk mengabadikan momen yang cukup langka dan tidak bisa diulang kembali.

4. Berfoto di Berbagai Spot Foto Unik dan Alami

Pantai Ngrenehan juga terkenal dengan spot foto unik dan alaminya. Ada banyak spot foto yang bisa diburu dengan keunikan masing-masing. Anda bisa memilih spot foto di karang laut atau spot foto langsung dengan background pantai lepas.

Bila beruntung Anda juga bisa diizinkan berfoto di atas perahu nelayan yang begitu eksotis. Tidak jarang hanya menempatkan kamera pada angel tertentu bisa menghasilkan foto yang begitu indah. Siapkan memori penyimpanan yang banyak, ya.

5. Menyantap Aneka Makanan Seafood

Suka dengan makanan laut atau seafood? Banyaknya perahu nelayan jadi salah satu pertanda bahwa profesi utama di daerah tersebut adalah mencari hewan laut. Mulai dari ikan, udang, cumi, lobster hingga kerang.

Anda juga bisa ikut menikmati olahan fresh langsung dari laut Ngrenehan. Ada banyak pilihan menu dengan pilihan seafood yang segar untuk siap diolah segera. Jangan lupa untuk menambahkan kelapa sebagai pencuci mulutnya.

6. Camping di Tepi Pantai

Pantai ini juga memungkinkan pengunjungnya untuk melakukan camping. Di sini Anda bisa langsung mendirikan tenda di bagian pantai landai. Ada banyak spot yang bisa dipilih menyesuaikan dengan pilihan sendiri.

Pilihlah area camping yang tidak terlalu dekat degan air agar tidak terkena air pasang, lalu pilih juga area yang dekat dengan pohon agar angin bisa terbelah. Gunakan juga tenda dengan patok yang kuat agar bertahan setidaknya hingga pagi.

7. Melihat Aktivitas Budaya Upacara Melasti

Terakhir, Anda bisa melihat bahkan mengikuti aktivitas rutin masyarakat setempat. Salah satunya adalah upacara adat Melasti. Upacara ini dilakukan setiap bulan purnama dengan cara menyepi hingga hari berikutnya.

Tentu saja bagi para pengunjung upacara jenis ini memiliki keunikan tersendiri dan bisa menciptakan memori tersendiri. Apalagi bila pengunjung merupakan pengunjung internasional, maka akan sangat tertarik dengan budaya ini.

Sejarah

Sejarah Pantai Ngrenehan

Tempat wisata di Indonesia memang tidak bisa luput dari perjalanan sejarah hingga mitos setempat. Sama halnya dengan objek wisata pantai di daerah Gunung Kidul ini. Anda bisa menemukan sejarah nama yang melekat pada kata Ngrenehan.

Pantai Ngrenehan juga punya sejarahnya sendiri. Dikatakan bahwa nama objek wisata ini berasal dari dua kata yakni reneh yang artinya sini atau di sini. Selanjutnya kata berkembang jadi pangrena dan ngrenehan yang artinya seperti ajakan untuk datang.

Pemberian nama ini tentu tidak asal. Ada sejarahnya bahwa nama pantai diberikan langsung oleh Raden Fatah, salah satu raja dari kerajaan Demak. Karenanya penduduk tidak jarang menyakralkan istilah panggilan nama pantai ini.

Fasilitas

Fasilitas Pantai Ngrenehan

Fasilitas yang bisa digunakan cukup mendukung dan beragam. Tidak berbeda dengan tempat wisata pantai lainnya, wisata ini juga menyediakan beragam fasilitas mendukung bagi para wisatawannya seperti:

  • Toilet
  • Penginapan
  • Musola
  • Warung makan
  • Wisata sewa perahu
  • Sewa ayunan gantung

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Pantai Ngrenehan

Lokasi wisata pantai ini berada di daerah Gunung Kidul. Untuk sampai ke tempat ini Anda bisa mengikuti rute utama Jogja. Anda perlu mengambil jalan ke Arah Wonosari hingga menemukan tugu Pasar Trowono.

Ikuti jalur tersebut ke arah Selatan hingga sampai ke daerah Kelurahan Kanigoro. Sampai menemukan pertigaan Imogiri-Wonogiri ambil jalur kiri dan tidak jauh langsung bertemu dengan tujuan. Anda juga bisa mengikuti peta di bawah:

Anda disarankan untuk memilih rute yang paling dekat dan strategis dari titik keberangkatan. Tidak masalah juga bagi Anda untuk langsung menggunakan link Google Maps yang kami sediakan agar tidak tersesat di jalan dan langsung sampai ke Pantai Ngrenehan.

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar