Pantai Sedahan: Daya Tarik & Tiket Masuk 2024

[man-table-summary id=”pantaisedahan”]

Pantai Sedahan merupakan salah satu dari banyaknya pantai menawan yang terdapat di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta.

Hamparan pasir berwarna putih semakin menambah keindahan dari pantai tersembunyi ini.

Selain itu, terdapat juga dua tebing karang yang menjorok ke arah laut bak benteng kokoh di sisi kanan dan kirinya.

Sejarah

sejarah pantai sedahan
Instagram: @jahehitam

Pada awalnya, pantai ini hanyalah sebuah tempat yang kerap digunakan untuk memancing, baik oleh warga sekitar maupun luar daerah.

Namun, seiring berjalannya waktu, pantai ini mulai digandrungi para anak muda sebagai lokasi camping.

Hal ini didasari karena kondisi pantai masih sepi, berbeda dengan pantai di sebelah barat yang selalu ramai pengunjung.

Sampai pada saat ini, pantai yang terdapat di sebelah timur ini mulai menjadi destinasi wisatawan.

Entah untuk bermain air di hamparan pasir putih yang indah hingga melakukan kegiatan camping.

Objek

1. Tebing Karang

gambar pantai sedahan
Instagram: @memed_aggressioen

Seperti yang telah dijelaskan di atas, terdapat dua tebing karang yang kokoh di sekitar Pantai Sedahan.

Tebing-tebing tersebut ternyata dapat didaki wisatawan, walaupun jalannya sedikit tidak mulus.

Walaupun demikian, semua akan terbayar saat Anda telah mencapai puncak tebing karang. Pasalnya, di sana Anda akan melihat pemandangan yang luar biasa.

Dengan sudut pandang berbeda, Anda akan menyadari bahwa pantai ini memiliki kondisi yang bersih.

Bahkan, Anda dapat melihat dasar karang dari Pantai Sedahan, namun saat ombak sedang surut.

Ditambah, Anda dapat menikmati sunset yang indah saat berada di atas tebing ini.

Baca: Pantai Drini

2. Camping

tiket masuk pantai sedahan
Instagram: @srianap

Tidak dapat dipungkiri, mendirikan tenda di lokasi pantai yang indah akan sangat menyenangkan.

Terlebih, ombak di pantai ini terbilang cukup tenang, sehingga aman digunakan untuk melakukan kegiatan camping.

Namun, Anda harus membawa peralatan camping sendiri, karena di sini belum terdapat fasilitas penyewaan alat camping.

Selain itu, pastikan Anda membawa logistik yang cukup. Dikarenakan belum terdapat warung untuk menunjang kebutuhan Anda saat camping.

Baca: Pantai Baron

3. Pendaratan Penyu

pendaratan penyu
Instagram: @jogja.istimewa

Ternyata, Pantai Sedahan kerap dijadikan sebagai tempat untuk bertelur penyu-penyu.

Bahkan, ada juga penyu langka yang bertelur di pantai cantik ini.

Hal ini juga menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

Baca: Pantai Ngrawe

4. Memancing

memancing
Instagram: @adityosg

Memancing merupakan kegiatan yang menyenangkan, terlebih jika dilakukan di pantai menawan ini.

Biasanya, pengunjung akan memancing di bukit karang sisi timur pantai.

Namun, Anda diminta untuk waspada saat memancing. Dikarenakan ombak besar terkadang datang sewaktu-waktu.

Terlebih di waktu hujan, karena karang-karang di pantai ini dapat menjadi sangat licin.

Fasilitas

Akan kami perjelas, Pantai Sedahan belum atau tidak menyediakan fasilitas sama sekali.

Jadi, pengunjung harus menyediakan sendiri apa yang dibutuhkan saat mengunjungi pantai ini.

Begitu juga dengan logistik yang akan dimakan saat sedang berada di pantai.

Lokasi dan Rute

Alamat: Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883

Jarak Pantai Sedahan dari pusat Kota Yogyakarta terbilang cukup jauh, yaitu sekitar 85 km.

Waktu tempuh normal kendaraan bermotor dapat memakan waktu sekitar 2 jam.

Terdapat 2 rute untuk sampai di tempat ini dari pusat Jogja, berikut rutenya:

1. Rute pertama: Yogyakarta – Piyungan – Patuk – Gading (lapangan terbang) – Siono – Kota Wonosari – Jl. Baron – (sampai di Mulo belok kiri ambil arah Tepus) – Bintaos – Tepus – (pertigaan belok kiri ambil jalur ke Wediombo) – Ndakbong – Purwodadi – (pertigaan ambil jalur lurus ke Wediombo) – Balong – pertigaan Jepitu (ambil arah kanan dengan menuju Pantai Wediombo, Jungwok, Watu Lumbung, dan Pantai Sedahan ) sesudah melewati TPR sebelum sampai di Wediombo belok kiri – Pantai Sedahan.
  2. Rute kedua: Yogyakarta – Bantul – Parangtritis – Panggang – Saptosari – Baron – Kukup – Indrayanti – Tepus – Ndakbong – (pertigaan ambil jalur lurus ke Pantai Wediombo) – Balong – pertigaan Jepitu (ambil arah kanan menuju pantai Wediombo, Jungwok, Watu Lumbung) sesudah TPR sebelum Pantai Wediombo belok ke kiri – Pantai Sedahan.

Nah, saat sampai di area parkir, pengunjung harus rela berjalan kaki kurang lebih selama 30 menit untuk sampai di lokasi.

Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Pantai Sedahan:

TiketHarga
Pantai SedahanRp5.000
Parkir MotorRp3.000
Parkir MobilRp5.000
CampingRp10.000

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.

Oh iya, pantai ini dibuka selama 24 jam. Jadi, Anda dapat mengunjungi Pantai Sedahan kapanpun.

Tips

Tips berikut mungkin akan sangat dibutuhkan ketika Anda hendak mengunjungi Pantai Sedahan.

1. Bawalah makanan dan minuman yang cukup untuk persediaan selama di pantai.
  2. Jangan terlalu membawa banyak peralatan, karena akan menyusahkan Anda selama di perjalanan.
  3. Menggunakan sepatu dengan sol datar dan membawa sandal untuk berjalan-jalan di atas pasir pantai.
  4. Pastikan tangki kendaraan yang Anda gunakan telah terisi penuh, mengingat tidak terdapat SPBU di sekitar pantai.

FAQ

Apakah boleh menyalakan api unggun?

Boleh, namun diberi alas, jangan di atas pasir langsung.

Apakah bisa melihat sunset dari bibir pantai?

Dari bibir pantai tidak terlihat, namun dapat melihat sunset melalui tebing yang terletak di bagian timur pantai.

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.