PANTAI WATU LAWANG: Daya Tarik & Tiket Masuk 2022

Harga Tiket MasukRp10.000
Jam Buka24 Jam
Nomor HP-
LokasiPantai, Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Berbicara tentang pantai-pantai indah yang ada di Gunungkidul Yogyakarta memang tidak pernah ada habisnya. Salah satu pantai populer Gunungkidul yang wajib masuk dalam daftar liburan yaitu Pantai Watu Lawang.

Pantai satu ini memiliki area yang luas dengan keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Untuk mengetahui harga tiket masuk, jam buka, dan daya tarik yang disajikan pantai ini, mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Lawang

Bagi Anda yang tertarik untuk berlibur ke Pantai Watu Lawang, harga tiket masuk yang dibanderol sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar tiket di pos retribusi untuk menikmati keindahan dari beberapa pantai sekaligus. Berikut ini harga tiket masuk pantai Gunungkidul.

KeteranganHarga
Tiket Masuk PantaiRp10.000
Parkir MobilRp5.000
Parkir MotorRp2.000

Jam Buka

Pantai ini tidak menerapkan jam operasional tertentu karena buka setiap hari selama 24 jam nonstop sehingga Anda bisa datang kapan saja tanpa mencemaskan jam pulang.

Meski begitu, warung-warung yang ada di pantai ini tidak buka selama 24 jam sehingga Anda bisa membawa persediaan bekal sendiri.

Daya Tarik Pantai Watu Lawang

Daya Tarik Pantai Watu Lawang

Pantai-pantai di Gunungkidul Yogyakarta memang sudah tidak perlu diragukan lagi keindahan alamnya. Nah, berikut ini daya tarik yang ditawarkan oleh pantai yang bersebelahan dengan Pok Tunggal dan Indrayanti satu ini.

1. View Alam yang Mempesona

Membicarakan mengenai keindahan alam yang ditawarkan pantai-pantai di Gunungkidul memang tidak akan ada habisnya. Nyaris semua pantai di Gunungkidul ini memiliki pesonanya masing-masing seperti perbukitan kapur yang berdiri gagah, lautan yang tenang, dan batu karang

Tak terkecuali dengan Pantai Watu Lawang yang menyajikan hamparan pasir putih dengan pemandangan hijau di sekelilingnya. Nama Watulawang sendiri memiliki arti yaitu pintu batu.

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki dikelilingi dengan perbukitan sehingga di pantai ini banyak ditemukan karang dan bebatuan. Salah satu batu karang yang ada di pantai ini juga menyerupai sebuah pintu, sehingga membuat pantai ini diberi nama Watu Lawang.

2. Suasana Pantai yang Tenang

Meski belum sepopuler pantai-pantai lainnya, Watu Lawang merupakan salah satu rekomendasi pantai Gunungkidul yang wajib masuk dalam daftar liburan karena memiliki air yang tenang. Suasana di pantai ini juga masih sepi dan tenang sehingga cocok untuk Anda yang ingin menenangkan diri.

Karena masih terbilang sepi, Anda bisa melakukan banyak aktivitas seperti bermain air, bermain voli pantai, hunting foto, dan berkemah di sekitar pantai.

3. Area Pantai Luas dan Landai

Bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan di pantai ini, maka Anda harus bersiap untuk diterpa angin laut yang berhembus dengan lembut karena area pantainya yang luas dan cenderung landau.

Selain menyajikan hamparan pasir putih yang luas, pantai ini juga menyuguhkan pemandangan laut biru yang membentang. Pantai ini juga memiliki 2 area yang berada di sebelah timur batu karang dan di sebelah barat batu karang.

Untuk bagian pantai di sebelah timur batu karang memiliki bentuk yang sedikit memanjang dengan area pantai yang luas. Sementara itu, untuk bagian pantai sebelah barat batu karang memiliki ukuran area pantai yang lebih sempit dan berbentuk cekungan.

Ombak di pantai ini juga tidak terlalu besar dan tampak tenang sehingga aman untuk bermain air meskipun Anda tetap harus berhati-hati.

4. Terowongan Batu

Daya tarik lainnya yang ditawarkan Pantai Watu Lawang ini yaitu terdapat terowongan batu yang terbentuk secara alami. Di balik bebatuan inilah Watu Lawang ini berada. Untuk akses jalannya sendiri sudah bagus dan hanya berjarak sekitar 300 meter dari Pantai Indrayanti.

5. Banyak Spot Foto Menarik

Bagi Anda yang menghabiskan liburan di pantai ini, Anda tidak perlu repot mencari spot foto yang menarik karena hampir di setiap sudut pantai ini bisa dijadikan sebagai tempat berfoto yang apik. Anda bisa bebas memilih ingin berfoto dengan view laut atau bukit.

Di sekeliling area pantai juga terdapat banyak tanaman pandan yang bisa dijadikan background foto. Salah satu spot favorit wisatawan yaitu view bukit batu yang berada di sisi timur. Anda juga bisa naik ke bukit batu dan bersantai sambil menikmati panorama alam di sekitar pantai.

Misteri dan Mitos

Misteri dan Mitos Pantai Watu Lawang

Di balik panorama alam yang indah dan eksotis, pantai ini menyimpan cerita misteri dan mitos yang dipercayai oleh masyarakat sekitar. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, nama Watulawang berasal dari 2 kata yaitu “Watu” yang berarti batu dan “Lawang” yang berarti pintu.

Penamaan pantai ini juga didasari dengan adanya goa Watulawang di mana terdapat batu yang bentuknya seperti pintu sehingga warga setempat memberi nama pantai tersebut dengan sebutan Pantai Watu Lawang.

Goa yang terdapat di pantai ini biasa digunakan oleh masyarakat setempat untuk menggelar upacara Nyadran yang dilaksanakan pada bulan Sya’ban menurut perhitungan kalender Jawa. Meski begitu, tidak semua orang diperbolehkan untuk masuk ke dalam goa.

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar pantai, goa tersebut merupakan salah satu jejak tilas dari Prabu Brawijaya VI sehingga tidak boleh sembarangan dimasuki orang.

Fasilitas

Fasilitas Pantai Watu Lawang

Meskipun tidak seramai pantai-pantai lainnya, fasilitas yang ada di Watu Lawang sudah bisa dikatakan lengkap dan memadai. Fasilitas umum yang bisa Anda temukan di pantai ini antara lain toilet, kamar mandi bilas, mushola, warung, dan gazebo.

Bagi Anda yang tertarik untuk berkemah di pantai ini, Anda tidak perlu repot-repot membawa tenda dari rumah karena di sekitar pantai sudah disediakan tempat penyewaan tenda. Harga sewa tenda yang dipatok juga sangat terjangkau yaitu Rp10.000 per tenda.

Bagi Anda yang berasal dari luar kota, Anda juga bisa menginap hotel atau penginapan yang ada di sekitar pantai. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, pantai ini juga sudah menyediakan area parkir yang lumayan luas.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Pantai Watu Lawang

Lokasi Pantai Watu Lawang berada di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul atau sekitar 66 km dari pusat kota Yogyakarta dengan jarak tempuh kurang lebih 2 jam menggunakan kendaraan pribadi. Pantai ini hanya berjarak sekitar 600-800 meter dari Pantai Indrayanti sehingga mudah dijangkau.

Akses jalan menuju pantai ini juga sudah bagus dan bisa ditempuh menggunakan motor maupun mobil. Bagi Anda yang berangkat dari arah Yogyakarta, Anda bisa menggunakan rute jalan dari Wonosari ke arah Bintaos.

Selanjutnya, Anda hanya tinggal mengikuti papan penunjuk jalan untuk menuju ke area pantai. Jika dari arah Pantai Indrayanti, Anda bisa berjalan ke arah timur sekitar 600 – 800 meter. Untuk mendapatkan rute terbaik menuju Pantai Watu Lawang, berikut ini kami sematkan peta.

Dengan mengetahui harga tiket masuk, jam buka, dan daya tarik di Pantai Watu Lawang, Anda bisa mempersiapkan liburan dengan sebaik mungkin. Selain panorama alamnya yang indah, cerita mitos di pantai ini juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan.

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar