Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Harga Tiket Masuk Pantai Baron Yogyakarta

2 min read

harga tiket masuk pantai baron yogyakarta

Pantai Baron adalah salah satu pantai dari sekian banyak pantai yang ada di Gunung Kidul. Pantai ini tak kalah indah dengan pantai yang lain. Harga tiket Pantai Baron Yogyakarta sangatlah murah mengingat kita akan berwisata di alam.

Keunikan atau ciri khas yang dimiliki pantai ini ialah pasir pantainya yang berwarna coklat kehitaman dan sangat mirip dengan pasir yang ada di Pantai Parangtritis.

Keunikan lain dari pantai ini adalah adanya 2 jenis air yaitu air asin yang memang biasa ada di sebuah pantai dan air tawar yang biasa kita gunakan serta kita konsumsi sehari – hari. Air tersebut bersumber dari sungai di Pantai Baron.

Seperti pantai – pantai yang lainnya, Pantai Baron juga memperbolehkan para pengunjungya untuk berenang. Namun anda tetap harus berhati – hati ketika sedang berenang karena ombak di Pantai Baron ini cukub besar.

Adapun misteri Pantai Baron yang masih dipercayai oleh masyarakat sekitar.

Wahana

1. Tebing

Tebing ini dapat dinaiki pleh para pengunjung serta dari sini dapat terlihat pesona dari Pantai Baron. Di tebing ini juga terdapat mercusuar yang difungsikan sebagai alat navigasi kapal laut dan biasanya untuk menandai beberapa lokasi berbahaya di sekitar laut Pantai Baron.

Selain itu terdapat pula spot foto deck view yang kekinian. Untuk pengunjung yang suka berfoto kami sarankan untuk naik te tebing ini.

2. Gardu Pandang

pantai baron jogja 2019

Gardu pandang dari Pantai Baron memiliki bentuk daun hati dan seperti ujung kapal yang biasanya juga dijadikan spot foto yang kece dan kekinian.

3. Baron Techno Park

tiket masuk pantai baron 2019

Ada sebuah kawasan yang diberi nama Baron Techno Park dan difungsikan sebagai pembangkit tenaga listrikmenggunakan tenaga alam. Di sini pengunjung akan menemukan berbagai peralatan yang sering digunakan untuk mengubah tenaga surya menjadi tenaga listrik.

Kebanyakan pengunjung memanfaatkan tempat ini untuk menikmati senja di Pantai Baron.

Kunjungi Pantai di Gunung Kidul yang lain seperti Pantai Drini.

4. Kuliner

Di kawasan Pantai Baron banyak sekali jajaran warung makan yang menyuguhkan makanan dan minuman dengan berbagai macam kuliner lezat.

Menu favorit atau menu andalan para pengunjung adalah berbagai olahan hasil tangkapan laut yang mempunyai nilai gizi tinggi. Biasanya berupa lauk – pauk seperti ikan – ikan laut, kepiting, lopster, dan udang, serta masih banyak yang lainnya.

5. Permainan Anak

misteri pantai baron

Ada pula wahana permainan anak yaitu perahu bermesin yang digunakan untuk mengelilingi Pantai Baron. Dengan harga tiket Pantai Baron yang murah anda sudah dapat menaikinya.

6. Wisata Budaya

Di Pantai Baron sering diadakan upacara sebgai wujud terima kasih kepada Yang Maha Kuasa atas melimpahnya hasil tani para penduduk sekitar.

7. Teluk dan Sungai

Teluk di Pantai Baron ini berasal dari sungai di bawah tanah yang aliran airnya dibuang secara deras ke pantai. Sehingga para pengunjung dapat bermain air di sini. Dan di sinilah keberadaan air tawar yang sudah dijelaskan di awal.

8. Spot Foto

Terdapat spot foto berbentuk hati yang dihiasi oleh bunga – bunga buatan dan bertuliskan Baron Beach.

Fasilitas

  • Toilet Umum
  • Tempat Ibadah
  • Kamar Bilas dan Ganti
  • Kamar Mandi
  • Warung Makan
  • Tempat Parkir Luas
  • Kios – kios Cendramata
  • Toko Oleh – oleh

Lokasi

Pantai Baron berlokasi di Desa Kemadang, KKecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Untuk dapat sampai di Pantai Baron anda dapat menggunakan transportasi umum ataupun kendaraan pribadi. Di perlukan waktu tempuh kira – kira 1 jam dari pusat Kota Jogja dengan jarak tempuh sekitar 40 km.

Jam Operasional

Pantai Baron di buka selama 24 jam nonstop. Jadi para pengunjung dapat mengunjungi pantai ini kapan saja tanpa adanya batasan waktu tertentu.

Harga Tiket Masuk Pantai Baron Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Pantai Baron Yogyakarta
TiketKategoriHarga
Tiket MasukRp10.000
Biaya ParkirSepeda MotorRp2.000
MobilRp5.000
BusRp10.000
Naik TebingWahanaRp5.000
Masuk MercusuarRp5.000

Tips Wisata

  1. Jangan melewati batas – batas pantai yang ada. Karena batas pantai ini biasa di buat oleh pihak pengelola untuk menjaga keselamatan dari para pengunjungnya. Biasanya arus ombak yang besar juga ada setelah batas pantai tersebut.
  2. Jika anda naik transportasi umum maka pilihlah bus. Karena lebih hemat biaya.
  3. Bawalah uang secukupnya dan usahakan membawa uang receh agar lebih simple.
  4. Membawa selalu air mineral dan makanan ringan untuk mengganti tenaga dan cairan tubuh yang hilang ketika berwisata.
  5. Awasi selalu anak – anak yang diajak agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.
  6. Selalu menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah secara sembarangan.
  7. Membawa baju ganti dan perlengkapan mandi seperti handuk, sabun, dan yang lainnya jika ingin berenang di pantai ini.

Ayo coba dan rasakan sendiri sensasi yang di berikan oleh pantai di Gunung Kidul ini yaitu Pantai Baron. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih 🙂

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.