SALOKA PARK: Wahana & Tiket Masuk 2022

Harga Tiket MasukRp20.000 - Rp250.000
Jam Buka08.00 - 18.00 WIB & 08.00 - 19.00 WIB
Nomor Telepon(0298) 322266
LokasiJl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Kec. Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Sebagai ibukota Jawa Tengah, kota Semarang memang dianugerahi berbagai macam tempat yang menarik, termasuk tempat wisata. Salah satu taman rekreasi terbesar di Jawa Tengah juga dibangun di tempat ini, yaitu Saloka Park.

Perpaduan antara wahana permainan, wisata edukasi hingga kuliner ada di tempat ini. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun pasti akan menyukai berada di tempat ini. Dengan mengangkat tema kearifan lokal, tempat ini didesain dengan berlandaskan cerita rakyat Baru Klinting.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Saloka Park

Dengan 25 jenis wahana serta fasilitas yang lengkap, tiket di tempat ini bisa dibilang relatif terjangkau. Anda bisa memilih tiket terusan maupun non terusan.

Jenis TiketHargaKeterangan
Tiket terusanRp120.000Senin – Jumat
Tiket terusanRp150.000Sabtu – Minggu dan hari libur nasional
Tiket non terusanRp20.000Senin – Jumat
Tiket non terusanRp30.000Sabtu – Minggu dan hari libur nasional
Tiket memberRp250.000Berlaku selama 6 bulan

Jika Anda cukup sering mendatangi Saloka Theme Park, maka tidak ada salahnya untuk bergabung menjadi member. Hanya dengan Rp250.000 Anda bebas bermain semua wahana setiap hari dalam 6 bulan sejak pembuatan member.

Apabila Anda membeli tiket non terusan, maka Anda harus membayar lagi setiap kali akan menaiki sebuah wahana. Adapun biaya untuk tiap wahana adalah sebagai berikut:

Jenis WahanaNama WahanaHarga
Wahana APaku Bumi, Cakrawala, Paku Bumi, Lika-Liku, Bengak-Bengok, Gonjang-GanjingRp25.000
Wahana BTour Train, Jamur Apung, Obat-Abit, Kumbang Layang, Polah Bocah, Senggal-SenggolRp20.000
Wahana CGalileo, Safari Bocah, Komidi Kuda Laut, Semprat-Semprot, Tata-Titi, Titihan Bocah, Adu Nyali, Teka-Teko, Kupu-kupu, Penguin.Rp15.000

Bagi pemegang tiket non terusan, pengunjung masih bisa menikmati satu wahana gratis. Anda dapat memilih antara Lumbung Ilmu Galileo, Adu Nyali, Teka Teko, atau Pinguin. Atau kalau tidak ingin memilih wahana, Anda dapat menukarkannya dengan 1 Pcs es krim.

Harga tiket di atas berlaku untuk semua kategori usia, kecuali anak di bawah 2 tahun. Jadi semua pengunjung wajib membeli tiket agar bisa masuk ke taman rekreasi Saloka.

Jam  Buka

Jam  Buka Saloka Park

Taman rekreasi Saloka Park ini beroperasi setiap hari, kecuali ada pemberitahuan khusus dari pihak pengelola. Untuk jamnya pun hampir sama. Hanya saja untuk akhir pekan, taman ini buka 1 jam lebih lama.

HariJam Operasional
Senin – Jumat08.00 – 18.00
Sabtu – Minggu & Hari Libur Nasional08.00 – 19.00

Harga Menu Makanan dan Kuliner

Harga Menu Makanan dan Kuliner Saloka Park

Ada 6 buah tempat makan yang tersedia di dalam taman bermain Saloka. Mau tidak mau, pengunjung yang mau makan harus membeli makanan di tempat ini, sebab dilarang membawa makanan dari luar.

Ada banyak jenis makanan yang disajikan di sini. Tiap tempat makan memiliki jenis makanan yang berbeda-beda, mulai makanan tradisional hingga mancanegara. Keenam tempat makan tersebut adalah Rimba Resto, Daimami, Jenju Cafe, Tuk Cio Cafe, Srengenge Cafe dan Ice Cream Shop.

Jika dilihat dari namanya tiap restoran sudah memperlihatkan jenis makanan yang dijual di sana. Daimami resto menyajikan makanan khas Jepang, sedangkan rimba resto menyajikan berbagai menu steak dan makanan khas western pada umumnya.

Jika Anda mencari makanan bertema Korea Selatan, maka Anda dapat mengunjungi Jenju Cafe. Untuk Tuk Cio Cafe, menu yang disajikan utamanya adalah menu makanan Tionghoa. Untuk  masakan Indonesia Anda dapat menemukannya di Srengenge Cafe.

Harga makanan di tiap restoran bermacam-macam, kisaran harganya adalah mulai dari Rp35.000. Jika Anda hanya ingin cemilan, Anda bisa membeli berbagai macam hotdog, burger, kentang goreng dan masih banyak lagi dengan harga terjangkau.

Wahana di Saloka Park

Wahana di Saloka Park

Tempat rekreasi kekinian di Semarang ini dibangun di atas lahan seluas 12 hektar. Dengan lahan seluas itu, maka tak heran jika tempat ini sarat dengan wahana permainan dan juga fasilitas penunjang lainnya.

Zona Pesisir

Wahana permainan di taman rekreasi ini dibagi ke dalam 6 zona dan zona pertama adalah zona pesisir. Dinamakan demikian karena area ini memang didesain seakan Anda berada di pantai, atau lebih tepatnya di Rawa Pening.

Wahana favorit yang ada di area ini adalah Lumbung Ilmu Galileo, Arena Jejogedan, Kapal Jenju dan Cakrawala. Selain itu juga masih ada wahana lainnya yang bisa dinikmati. Jika Anda kelaparan, maka bisa membeli makanan di Jenju Cafe.

Zona Balalantar

Sesuai dengan namanya, maka saat berada di zona ini, Anda akan merasakan seakan berada di hutan belantara. Wahana favorit di tempat ini adalah kumbang layang. Di sini Anda bisa menikmati pemandangan Saloka Theme Park dari atas sambil menaiki sepeda dengan trek seutas tali.

Jika menyukai pengetahuan tentang binatang dan beternak, maka Anda dapat mendatangi wahana Angon Ingon yang juga ada di zona ini. Ada pula wahana Kereta Safari dan Adu Nyali. Keempat wahana ini adalah wahana favorit di zona Balalantara.

Zona Kamayayi

Taman rekreasi memang identik dengan anak-anak, walau orang dewasa juga diperbolehkan untuk mencoba wahana. Maka dari itu, dibuatlah zona khusus anak-anak sehingga mereka bisa bebas bermain di area ini.

Salah satu wahana yang paling digemari adalah tata-titi. Permainan ini ditujukan bagi anak-anak berusia 5 – 10 tahun. Tujuan dari permainan ini adalah mengajarkan tata tertib berlalu lintas sejak dini pada anak.

Wahana lain yang ada di tempat ini adalah polah bocah, komidi kuda laut dan semprat semprot. Anda juga bisa menikmati es krim di Ice Cream Cafe yang ada di zona ini.

Zona Ararya

Arena yang satu ini sangat cocok bagi mereka yang suka memacu adrenalin. Hal ini dikarenakan semua wahana memiliki ketegangan yang membutuhkan keberanian. Wahana yang paling banyak dicoba di tempat ini adalah Lika-Liku, Paku bumi, bengak-bengok, obat-abit dan senggal-senggol.

Zona Segara Prada

Zona terakhir yang sayang untuk dilewatkan adalah zona Segara Prada yang memuat tema industri pertambangan. Di sini Anda dapat mencoba wahana gonjang-ganjing dan taman Galileo. Untuk restoran yang ada di tempat ini adalah Daimami Cafe.

Fasilitas

Fasilitas Saloka Park

Sebagai tempat rekreasi terbesar, tentunya Saloka Park harus memiliki fasilitas yang memadai. fasilitas tersebut antara lain:

  • Musholla
  • ATM Center
  • Kamar mandi
  • Loker
  • Ruang Laktasi
  • Toilet Difabel
  • Klinik Kesehatan
  • Area Merokok
  • Tempat parkir

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Saloka Park

Taman rekreasi Saloka berada di daerah Tuntang, Semarang. Lebih tepatnya, objek wisata ini berada di jalan Fatmawati No.154, Gumuksari. Lokasi tempat ini sangat mudah untuk ditemukan. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti peta berikut:

Berlibur di Saloka Park adalah sebuah liburan paket lengkap. Anda dapat memperoleh hiburan, edukasi dan juga kuliner lezat dengan harga terjangkau. Jadi tidak ada salahnya memasukkan tempat ini sebagai destinasi liburan Anda selanjutnya.

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar