Brown Canyon: Daya Tarik & Tiket Masuk 2022

Share
Comment 0 reply
Brown Canyon: Daya Tarik & Tiket Masuk 2022
Loading...
Harga TiketRp5.000
Jam Buka24 Jam
No Telepon-
AlamatRowosari, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50279

Jika negara Amerika memiliki tebing curam yang sering disebut sebagai Grand Canyon, maka Indonesia juga tak mau kalah. Negara tercinta ini memiliki tempat wisata serupa yang bernama Brown Canyon, tepatnya ada di kota Semarang.

Asal – usul

brown canyon semarang

Jika kalian suka melihat acara tv dengan aksen My Trip My Adventure, maka Brown Canyon juga pernah menjadi salah satu spot yang di shoot untuk acara tersebut.

Maka dari itu, keindahannya tidak diragukan lagi, terlebih lagi, tempat ini sering menjadi incaran para wisatawan lokal hingga mancanegara.

Sebetulnya, kawasan wisata ini bukan termasuk ke dalam wisata resmi yang dikelola oleh pemerintah ataupun swasta. Namun sekarang telah menjadi incaran para backpacker serta turis asing yang hendak menyaksikan kemegahan dari pesona alam yang dimiliki tempat ini.

Pada awalnya, asal usul dari pamor Brown Canyon dikarenakan adanya masyarakat Semarang serta warga luar kota yang mencari alternatif tempat liburan dalam menghindari keramaian serta untuk hari tenang dari kesemrawutan kota.

Dan kemudian dijumpai sebuah tempat berupa tebing yang kemudian dinamai Brown Canyon.

Tempat wisata satu ini ada akibat adanya proses penggalian serta penambangan yang sudah ditinggalkan lebih dari 10 tahun lalu. Dari proses penggalian itu, kemudian terbentuk suatu tebing dengan ragam bentuk yang berbeda. Serta memiliki tampilan alam yang lebih menarik.

Hal tersebut tentu saja langsung mengundang perhatian dari masyarakat kota Semarang. Sehingga mengundang wisatawan dari luar daerah tertarik untuk berkunjung.

Kemajuan teknologi internet khususnya dunia media sosial juga turut mempromosikan temapt wisata ini sehingga semakin ramai diperbincangkan.

Objek Wisata

1. Kolam Alami Brown Canyon

kolam alami lembah coklat

Salah satu daya tarik dari tempat wisata satu ini yaitu adanya kolam disana.

Kolam tersebut berbentuk tepian yang memanjang serta menjadi lokasi yang sering dipadati oleh para wisatawan. Letak kolam yang berada di tengah batu dan juga pasir menjadi pemandangan yang menyegarkan mata.

Uniknya lagi, kolam tersebut dibuat secara tidak sengaja.

Dulunya, kolam ini berupa ceruk dimana waktu musim hujan tiba, air hujan tersebut mengisi ceruk besar yang ada di celah-celah tebing.

Sehingga jadilah kolam alami berwarna kehijauan tersebut.

Baca: Watu Gunung

2. Alternatif Wisata Alam 

brown canyon demak

Semarang memang terkenal akan wisata sejarah dengan bagnuanan tuanya yang tersebar dimana – mana.

Tetapi, berbeda halnya dengan Brown Canyon.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lokasi wisata satu ini sebetulnya bukan tempat yang sengaja tercipta untuk dijadikan sebagai tempat wisata.

Namun tempat satu ini merupakan lokasi proyek galian pertambangan yang sudah ada lebih dari sepuluh tahun.

Advertisement

Tanah urug serta batu padas kerap merupakan komoditi yang digali di kawasan ini.

Dan seiring dengan berjalannya waktu, tebing-tebing bekas dari galian itu kemudian tercipta akibat adanya penyesuaian alam.

Baca: Kampung Pelangi Semarang

3. Pre-Wedding 

tiket masuk brown canyon semarang

Jika kalian menginginkan sesi foto prewedding di tengah tebing, maka kalian dapat melakukannya di tempat wisata yang satu ini.

Pesona dari keindahan relief batu kecokelatan yang ada dapat menjadi hiasan yang ciamik untuk latar belakangan foto kalian.

Selain itu, di kawasan ini juga dihiasi dengan unsur hijau dari tanaman liar yang tumbuh di sekitarnya, sehingga akan menambah unik suasana.

Kombinasi antara unsur alam yang bersatu akan memberikan hasil dari foto pre-wedding kalian lain dari yang lain.

Suasana dari area wisata ini juga biasanya sangat panas dan berdebu ketika waktu siang hari. Tetapi pada waktu tersebut pemandangan eksotis bak Grand Canyon dapat terlihat dengan jelas.

Maka dari itu tidak heran apabila banyak sekali pasangan yang memilih untuk melakukan sesi preweddingnya di sini.

Suhu panas serta berdebu tidak lantas menyurutkan semangat para pasangan untuk membuat momen tidak terlupakan disini.

Baca: Hutan Pinus Kayon

4. Berburu Foto Ciamik

Alternatif Wisata Alam 

Kegiatan yang tidak boleh kalian lewatkan yaitu berburu spot foto.

Kalian dapat berswafoto diantara bebatuan yang terlihat menjulang besar ataupun foto ditanah lapang yang terlihat seperti gurun sahara.

Adapun spot yang paling banyak dijadikan sebagai background berfoto, yaitu di sekitar dua tebing tinggi yang rata.

Dengan angle yang pas, kalian akan memperoleh foto diri dengan kemegahan alam sekitar yang menawan.

Fasilitas

Sesuai dengan keterangan di atas, bahwasannya tempat wisata yang satu ini bukan merupakan kawasan wisata resmi dari pemerintah maupun swasta. Sehingga, tempat wisata ini belum memiliki fasilitas penunjang yang dapat kalian gunakan ketika berkunjung kesini.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika kalian membawa peralatan yang sekiranya akan dibutuhkan di tempat wisata ini nantinya.

Lokasi

Brown Canyon berada di alamat: Rowosari, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50279.

Rute

Berikut ini adalah beberapa rute yang dapat kalian gunakan untuk tiba di lokasi wisata, antara lain:

  • Dari arah Tembalang, Jogja, Solo, Semarang.

Banyak para wisatawan yang memilih rute ini sebagai alternatif jalan favorit untuk menuju kawasan wisata Brown Canyon Semarang dari arah Tembalang.

Untuk kalian yang berangkat dari arah daerah Tembalang, maka dapat melalui Sigar Bencah Meteseh dengan diawali arah terminal Banyumanik – Tembalang – UNDIP lalu kalian lurus hingga tiba di Sigar Bencah sampai menuju perempatan Meteseh kemudian lurus terus.

Dengan menggunakan rute ini kalian akan menempuh jarak kurang lebih sejauh 13 km yang dapat kalian lanjutkan dengan menggunakan ojek. Biasanya akan dibandrol dengan harga Rp25.000 satu kali perjalanan.

  • Dari arah Semarang Timur

Dari arah Semarang Timur, kalian dapat melalui Jalan Fatmawati – Ketileng atau RSUD Semarang kemudian dilanjutkan ke arah kiri menuju Perum Klipang hingga tiba di lokasi Golf Klipang.

Setelah itu kalian lanjutkan perjalanan dengan melewati jembatan besi, serta pada jembatan besi ketiga, nantinya kalian akan dihadapi dengan pertigaan, kalian pilih arah Selatan atau kanan lurus saja dengan jarak kurang lebih 2 km untuk tiba di lokasi wisata.

  • Dari arah Barat Semarang seperti Kendal, Batang, Simpang Lima

Kalian dapat mengarahkan kendaraan menuju pertigaan Pasar Kambing, dimana sebelumnya kalian akan melewati Mrican – Kedung Mundu.

Kemudian arahkan menuju Sambiroto serta setibanya di pertigaan Intan Permai kalian ambil kiri ke arah Jl. Elang. Setibanya di perempatan Pasar Meteseh kalian ambil arah kiri, kemudian lurus saja hingga tiba di lokasi wisata.

Jam Operasional

Brown Canyon buka setiap harinya (Senin – Minggu) selama 24 jam.

Harga Tiket Masuk

KeteranganHarga
HTM per orangRp5.000
Parkir mobilRp10.000

Tips

  • Pastikan jika keadaan kendaraan dan fisik kalian dalam kondisi yang optimal.
  • Supaya kalian dapat lebih hemat, maka bawalah makanan serta minuman dari rumah, sebab di kawasan Brown Canyon jauh dengan warung makan.
  • Kenakanlah pakaian yang nyaman untuk bergerak.
  • Membawa kamera dengan batrai yang full, sebab banyak spot foto yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.
  • Memakai masker apabila kalian sudah memasuki kawasan tempat wisata Brown Canyon.
X CLOSE
Advertisements
ADVERTISEMENT
X CLOSE
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.