BUKIT SEKIPAN: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Harga Tiket MasukRp50.000 - Rp100.000
Jam Buka08.00 - 17.00 WIB & 08.00 - 18.00 WIB
Nomor Telepon(0271) 696036
LokasiJl. Sekipan, Kramat, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Bukit Sekipan adalah salah satu destinasi wisata wajib bagi orang yang datang ke daerah Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Siapa sangka jika tempat yang dulunya lebih dikenal dengan nama Kalisoro ini sekarang sudah berbenah dan mempercantik diri.

Tempat yang dulu lebih dikenal sebagai area perkemahan ini sekarang sudah dilengkapi dengan berbagai macam wahana. Penginapan dan villa pun berjajar rapi memudahkan para pengunjung yang ingin menginap menikmati udara pegunungan yang asri.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Bukit Sekipan

Bagi tempat wisata Solo, Jawa Tengah, harga tiket di tempat ini bisa dibilang relatif mahal. Namun semua itu sebanding dengan wahana dan pengalaman liburan yang bisa Anda dapatkan di tempat ini.

Jenis Tiket SekipanHarga
Non terusanRp50.000
TerusanRp100.000

Tiket tersebut berlaku untuk kunjungan setiap hari. Jadi tidak ada perbedaan antara hari biasa dan hari libur. Tiket ini juga berlaku untuk semua kategori usia. Bahkan untuk anak dengan usia di atas 1 tahun, atau yang sudah memiliki tinggi 80 cm wajib membayar tiket.

Biaya tersebut juga belum termasuk tiket parkir yang dibanderol dengan harga Rp2.000 untuk kendaran roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat. Sedangkan untuk fasilitas umum lainnya, tidak dikenakan biaya.

Jika tidak membeli tiket terusan, maka Anda akan dikenai biaya lagi saat akan menaiki wahana. Di sini ada puluhan jenis wahana yang bisa Anda pilih.

Jam Buka

Jam Buka Bukit Sekipan

Bukit wisata Sekipan buka setiap hari, bahkan di saat pandemi tempat ini masih melayani pengunjung dengan jam operasional seperti biasa. Walau demikian, ada sedikit perbedaan jam operasional di hari libur dan akhir pekan atau hari libur.

Hari KunjunganJam Operasional
Hari biasa (Senin – Jumat)08.00 – 17.00
Akhir pekan (Sabtu – Minggu) & hari libur nasional08.00 – 18.00

Selain itu ada pula Bukit Sekipan Night yang buka hanya pada hari Sabtu pukul 18.00 – 22.00. Di sini Anda akan menikmati berbagai macam lampu lampion cantik yang menemani malam Minggu Anda.

Aktivitas dan Wahana di Bukit Sekipan

Aktivitas dan Wahana di Bukit Sekipan

Sejak dibangun tahun 2015 yang lalu, tempat ini dipenuhi dengan berbagai macam wahana dan atraksi yang mampu menarik ratusan pengunjung setiap minggunya.

1. Berfoto di Lanskap Miniatur Dunia

Salah satu spot unik yang ada di sini adalah Anda dapat menemukan miniatur khas dari berbagai negara, mulai dari Menara Kembar Petronas, Patung Singa Singapura, Menara Eiffel Paris dan masih banyak lagi.

Setia miniatur dibuat dengan detail semirip mungkin sehingga membuat Anda seakan benar-benar berada di tempat patung itu berasal. Selain itu, ada juga banyak spot foto yang menarik lainnya. Anda tidak dikenakan biaya apapun jika ingin berfoto di tempat ini.

2. Foto Studio

Kurang percaya diri dengan hasil jepretan sendiri? Mungkin Anda butuh sentuhan profesional. Jika demikian, Anda dapat meluangkan waktu untuk berfoto di studio yang juga ada di kawasan ini. Ada berbagai macam properti yang bisa Anda pakai.

Ada lurik khas Jawa, hanbok dari Korea, Kimono dari jepang dan masih banyak lagi. Biaya untuk tiap kali foto tentunya berbeda-beda. Anda dapat memilih paket dari yang paling murah hingga yang paling mahal.

3. Bermain Air

Tempat wisata alam ini ternyata juga menyediakan wahana tirta yang pastinya akan disukai oleh semua orang, termasuk anak-anak. Di waterbom ini juga terdapat banyak wahana, salah satunya adalah ember tumpah.

Fitur yang satu ini tampaknya selalu menjadi primadona meskipun hampir selalu ada di tiap taman air. Selain itu, terdapat pula jembatan dari kayu dan jerigen yang mudah bergoyang. Jika bermain di sini, serasa Anda sedang bermain di acara televisi Takeshi Castle.

Anda harus menjaga keseimbangan agar tidak mudah jatuh. Hal ini dikarenakan jembatan yang dimaksud dapat bergoyang-goyang mengikuti gerakan tubuh Anda. Semakin banyak Anda bergerak maka jembatan akan semakin bergoyang.

4. Naik Wahana

Jika menggunakan tiket reguler, maka wahana yang bisa Anda nikmati cukup terbatas, seperti Kampung Halloween, Miniatur Dunia, Water Bike, Goa Hantu, Mini Zoo, dan masih ada beberapa wahana lainnya.

Namun jika Anda menggunakan tiket terusan maka Anda bisa menikmati wahana berbayar dengan gratis. Wahana tersebut adalah Mini Coaster, Kursi Terbang, Bom Bom Car, Super Rally, Monorail, Kora-kora. Kiddy Boat, Komidi Putar dan Kereta Mini.

5. Studio Film 8 Dimensi

Ingin merasakan menonton film dengan sensasi seakan Anda ikut di dalamnya? Jika iya, maka studio yang satu ini pasti akan memuaskan Anda. Ada berbagai jenis film petualangan yang diputar di bioskop mini ini.

Jika sudah membayar tiket reguler, Anda tidak perlu lagi membayar untuk bisa menikmati wahana satu ini. Namun, Anda harus bersabar untuk bisa menikmati film berdurasi pendek ini. Sebab, studio 8 dimensi merupakan salah satu wahana favorit para pengunjung.

6. Menginap

Dengan wahana yang cukup banyak, rasanya satu hari tidak akan cukup untuk dihabiskan di tempat ini. Namun Anda tidak perlu kuatir, Anda dapat menginap di penginapan yang disediakan di Bukit Sekipan.

Ada banyak jenis penginapan yang disediakan, mulai dari cottage, villa Titanic, villa dengan connecting room dan masih banyak lagi. Atau Anda juga dapat memilih untuk berkemah di camping ground di dekat Sekipan.

Fasilitas

Fasilitas Bukit Sekipan

Pengunjung akan terasa nyaman dan dimudahkan ketika fasilitas yang ada di tempat wisata terbilang lengkap. Untuk Sekipan sendiri, fasilitas yang disediakan adalah :

  • Penginapan
  • Tempat makan
  • Kegiatan Outbound
  • Spot foto
  • Kamar ganti
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Lahan parkir

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Bukit Sekipan

Untuk bisa mencapai tempat ini, ada dua cara yang bisa Anda lakukan.

1. Dengan Kendaraan Umum

Jika Anda datang dari kota Solo, Anda dapat menggunakan bus jurusan Tawangmangu. Nantinya bus akan berhenti di dua pasar. Pasar pertama adalah Pasar Karangpandan. Bus akan berhenti sebentar untuk mencari penumpang, jadi Anda tidak perlu turun.

Selanjutnya bus akan meneruskan perjalanan menuju pasar Tawangmangu. Dari sini, Anda dapat meneruskan perjalanan menggunakan ojek. Jarak dari pasar Tawangmangu menuju Sekipan cukup dekat, sehingga harga ojek juga tidak terlalu mahal.

2. Dengan Kendaraan Pribadi

Dari pusat kota Solo, Sekipan hanya berjarak sekitar 44 km saja. Jadi Anda hanya memerlukan sekitar 1,5 jam untuk bisa mencapai tempat ini. Dari pusat kota, arahkan kendaraan menuju timur sampai masuk batas kota Solo dan Karanganyar.

Terus ikuti jalan dan penunjuk arah untuk bisa sampai ke Tawangmangu. Jalan menuju Tawangmangu berkelok-kelok dan kadang menurun atau menanjak dengan tajam. Jadi pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima.

Sesampainya di Tawangmangu, ambil jalan lurus menanjak ke arah objek wisata Sarangan hingga sampai ke kantor Kelurahan Sekipan. Belok ke kiri dan Anda sudah sampai ke objek wisata yang Anda cari tersebut.

Atau untuk lebih mudahnya, Anda dapat menggunakan peta berikut ini:

Dari dulu daerah Tawangmangu memang terkenal dengan pemandangannya yang indah serta hawanya yang sejuk. Dengan adanya objek wisata Bukit Sekipan maka menambah keragaman wisata di tempat ini.

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar