AMPERA WATERPARK: Wahana & Tiket Masuk 2023

Harga TiketRp25.000 - Rp35.000
Jam Buka08.00 - 17.00 WIB & 13.00 - 17.00 WIB
Nomor HP0823 1186 3535
LokasiJl. Raya Sumedang - Cibeureum No.217, Pamoyanan, Kec. Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat

Kota Tasikmalaya-Jawa barat, ternyata tidak hanya menyuguhkan obyek wisata bertema alam saja, Di kota ini juga terdapat wisata air yang menyenangkan untuk keluarga, salah satunya adalah Ampera Waterpark.

Taman bermain air yang merupakan kebanggaan Kota Mutiara Priangan Timur ini berdiri di area yang luas dengan berbagai macam wahana. Tidak heran jika setiap harinya ada ratusan pengunjung yang datang, terlebih jika musim liburan tiba.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Ampera Waterpark

Jika dibandingkan dengan taman bermain air lainnya, taman air Ampera ini memiliki harga tiket yang relatif murah. Padahal fasilitas yang ada di dalamnya cukup lengkap.

Jenis TiketHarga
Hari biasa (Senin – Jumat)Rp25.000
Hari libur dan akhir pekan (Sabtu dan Minggu)Rp35.000

Tidak ada perbedaan tiket untuk orang dewasa maupun anak-anak. Semua kelompok umur dibanderol dengan harga sama. Untuk anak di bawah 2 tahun atau anak dengan tinggi kurang dari 80 cm diperbolehkan masuk tanpa membayar tiket.

Harga tiket tersebut belum termasuk harga loker, parkir, sewa gazebo maupun makanan. Untuk mendapatkan fasilitas tersebut, maka Anda harus mengeluarkan biaya tambahan. Biaya tambahan ini juga berlaku jika Anda ingin mencoba beberapa wahana yang ditawarkan di sini.

Selain tiket masuk untuk kolam renang, Taman Air Ampera juga memiliki kolam air panas yang bisa digunakan untuk berendam. Untuk menggunakan fasilitas ini, maka Anda akan dikenakan biaya seperti yang tertera di bawah ini:

Jenis Kamar RendamHarga TiketKeterangan
PersonalRp15.000Max. 2 orang (Wanita/Pria)
FamilyRp25.000Max. 5 orang

Jam Buka

Jam Buka Ampera Waterpark

Jam operasional waterpark di Ciawi ini cukup panjang. Bagi Anda yang suka bermain air di pagi hari, maka Anda bisa datang pukul 08.00 karena tempat ini sudah buka. Namun ada sedikit perbedaan waktu buka ketika hari Jumat, selain itu waterpark buka pada jam yang sama setiap hari.

HariJam Operasional
Senin – Kamis08.00 – 17.00
Jum’at13.00 – 17.00
Sabtu – Minggu dan hari libur08.00 – 17.00

Pada beberapa kesempatan, tempat wisata yang satu ini juga tidak melayani pengunjung alias libur. Biasanya pada hari H dan H+1 lebaran, Taman Air Ampera tidak beroperasi. Namun, hal tersebut bisa berubah tergantung dari keputusan pihak pengelola.

Jika Anda ingin berkunjung kesana pada saat libur lebaran, maka ada baiknya untuk menanyakan dahulu kepada pihak Ampera. Anda dapat menghubungi 0823-1186-3535 untuk informasi lebih lanjut, termasuk pemesanan tiket.

Wahana di Ampera Waterpark

Wahana di Ampera Waterpark

Tempat ini memang tidak dilengkapi dengan papan seluncuran super tinggi maupun aktivitas outbound yang memacu adrenalin lainnya. Walau demikian, tempat ini tetap dibekali dengan cukup banyak wahana yang layak untuk dicoba.

1. Kolam Berombak

Bukan waterpark namanya kalau tidak ada kolam berombak. Sensasi merasakan arus ombak di pantai bisa dirasakan di pantai buatan taman air Waterpark. Gelombang datang dengan durasi dan tingkat yang bermacam-macam.

Hal ini dilakukan demi memberikan pengalaman bermain ombak pantai yang semirip mungkin. Pada awalnya air di dalam kolam tidak terlalu tinggi, namun akan perlahan-lahan bertambah seiring dengan gelombang yang datang.

Bagi Anda yang tidak terlalu mahir berenang, Anda dapat menggunakan pelampung agar lebih aman. Anda juga tidak perlu kuatir karena ada para lifeguard yang berjaga-jaga di sekitar kolam. Walau demikian, keselamatan diri juga harus tetap dijaga demi kenyamanan bersama.

2. Ember Tumpah

Wahana yang satu ini ada di area kolam anak. Walau dinamakan kolam anak, orang dewasa juga diperbolehkan untuk ikut bermain. Di tengah area kolam terdapat ember raksasa yang sedikit demi sedikit diisi air.

Jika ember tersebut sudah terisi penuh, maka otomatis ember akan miring dan tumpah. Guyuran air dalam skala besar ini sangat menyenangkan. Di detik ember akan tumpah, pastis udah banyak anak-anak yang antri di bawahnya untuk merasakan guyuran air.

3. Kolam Arus

Ingin bersantai sambil menikmati pemandangan namun tetap ingin bermain air? Anda bisa mencoba mengalir bersama aliran kolam arus sambil duduk di atas ban pelampung. Arus yang ada di kolam ini cukup pelan dan santai.

Anda akan diajak berkeliling melewati rute kolam arus yang panjang. Tinggi air di kolam ini hanya sebatas pinggang orang dewasa.

4. Taman Kelinci

Walaupun dinamakan kolam kelinci, namun tidak ada kelinci di taman ini. Arena playground ini dinamakan taman kelinci karena ada lorong-lorong persembunyian yang hampir sama dengan rumah kelinci.

Anak-anak pasti menyukai tempat ini karena ada banyak permainan seperti ayunan, papan keseimbangan dan lain sebagainya yang dilengkapi dengan gorong=gorong untuk merangkak dan bersembunyi.

5. Kolam Air Hangat

Satu lagi tempat bersantai yang bisa membuat seluruh tubuh Anda merasa rileks. Berbeda dengan air di kolam lainnya yang cenderung dingin, air di kolam ini lebih hangat. Walau demikian, suhu air ini tidak sepanas suhu di kolam berendam privat.

6. Mini ATV

Satu-satunya wahana yang cukup menantang di tempat ini adalah mini ATV. Dengan membayar sewa, Anda dapat berkeliling menggunakan kendaraan ini mengitari kawasan taman air. Lingkungan taman memang tidak terlalu terjal, walau demikian wahana ini masih cukup menyenangkan.

Fasilitas

Fasilitas Ampera Waterpark

Salah satu waterpark di Jawa Barat ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Hal ini dibuat agar pengunjung bisa merasa nyaman pergi bersama rombongan.

1. Persewaan Becak

Alat transportasi yang satu ini mungkin sudah mulai tidak populer dan sudah mulai hilang dimakan zaman. Bagi pengunjung yang ingin bernostalgia menggunakan alat transportasi tradisional ini, maka disediakan beberapa becak untuk disewa berkeliling.

2. Gazebo

Menunggu seringkali memang melelahkan. Untuk itulah dibangun gazebo yang cocok disewa bagi Anda yang datang bersama rombongan atau keluarga. Kapasitas gazebo ini beragam dan hal itu juga mempengaruhi harga sewanya.

Di sini Anda dapat ebrsantai selepas bermain air sambil menunggu pesanan makanan diantar. Tersedia juga wifi gratis bagi penyewa gazebo.

3. Rumah Makan

Penduduk dataran Sunda pasti tidak asing dengan nama Rumah makan Ampera. Rumah makan khas bumi parahyangan ini memang sudah cukup terkenal. Dan yang menarik adalah rumah makan ini dan waterpark Ampera masih merupakan satu perusahaan.

4. Fasilitas Umum

Selain fasilitas di atas, Ampera Waterpark juga menyediakan beberapa fasilitas umum lainnya seperti berikut ini;

  • Spot foto Instagramable
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Area parkir

Lokasi dan Rute

Waterpark seru dengan banyak seluncuran pendek ini ada di wilayah Ciawi, Tasikmalaya. Lebih tepatnya, taman air Ampera berada di jalan Raya Sumedang – Cibeureum No.217, Pamoyanan. Atau untuk lebih tepatnya Anda bisa mengikuti rute berikut:

Apa yang lebih menyenangkan selain mengisi liburan dengan bermain di taman air? Itulah alasan obyek wisata satu ini tidak pernah sepi. Walaupun Ampera Waterpark tidak memiliki wahana yang ekstrim, namun tetap saja tempat ini sangat layak untuk dikunjungi.

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar