TAMAN BATU Purwakarta: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Harga Tiket MasukRp10.000 - Rp20.000
Jam Buka08.00 - 17.00 WIB
Nomor HP0811-820-101
LokasiJl. Taman Batu, Cipeundeuy, Kec. Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

Menjadi satu dari sekian objek wisata yang sangat menarik di Purwakarta, Taman Batu Purwakarta adalah destinasi yang jangan sampai Anda lewatkan begitu saja. Wisata satu ini menawarkan sebuah aktivitas pemandian yang dikelilingi dengan daya tarik yang menakjubkan.

Di kawasan Taman Batu ini, maka Anda bisa menyaksikan kolam renang indah dengan panorama alam dan dikelilingi bebatuan. Konsep wisata alam yang disajikan oleh kolam renang satu ini membuat wisatawan menjadi betah karena menyatu dengan alamnya yang masih asri.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Taman Batu

Mendengar Taman Batu, mungkin orang berpikir bahwa wisata satu ini adalah sebuah taman dengan halaman luas dan koleksi bunga-bunga yang indah. Namun sebenarnya Taman Batu di Purwakarta sendiri adalah sebuah kolam dengan air mancur yang menyembur.

Air yang disediakan di kolam renang ini masih alami. Ada juga beberapa kolam renang yang saling bertumpuk dan berada di ketinggian, mengeluarkan banyak aliran air yang membuat kawasan wisata ini lebih seperti air terjun bukan kolam renang.

Anda yang ingin sekali datang dan mengunjungi wisata Taman Batu ini, maka perlu membayar sejumlah biaya untuk tiket masuk dan parkir. Oh ya, harga tiket saat weekend dan weekday berbeda sehingga Anda perlu mengetahuinya agar tidak salah membawa budget piknik. Berikut rinciannya:

KeteranganHarga

Weekdays

Harga Weekend
Tiket masuk Taman Batu PurwakartaRp10.000Rp20.000
Parkir mobilRp10.000Rp10.000
Parkir motorRp5.000Rp5.000

Jam Buka Tutup

Jam Buka Tutup Taman Batu

Destinasi wisata kolam renang Taman Batu yang populer di di Purwakarta Jawa Barat ini buka setiap hari. Ya, setiap hari wisata satu ini buka mulai dari Jam 08.00 hingga 17.00 sore hari.

Pastikan Anda datang sesuai jam operasional yang ditentukan dan ada baiknya sih jika Anda datang ketika pagi hari supaya lebih puas bermain air. Selain itu, saat pagi hari udaranya juga masih bagus dan tidak terpapar panasnya matahari.

Sejarah

Sejarah Taman Batu

Kawasan wisata Taman Batu Purwakarta Cijanun bermula dari sebuah mata air. Adapun mata air tersebut dulunya dimanfaatkan PDAM setempat agar kebutuhan masyarakat sehari-harinya akan air bisa terpenuhi.

Hanya saja, PDAM tidak melanjutkan proyek tersebut dan justru menghentikan air yang sebelumnya sudah banyak ditampung di sebuah wadah. Kemudian wadah tersebut digunakan menjadi kolam pemandian seperti yang bisa dilihat saat ini.

Ya, bekas proyek PDAM itu berubah menjadi sebuah wisata yang dinamakan dengan Taman Batu. Destinasi populer warga Purwakarta ini buka untuk umum pada tahun 2016 lalu.

Dinamakan dengan kolam renang Taman Batu karena memang ada banyak sekali kolam yang tersebar di sekitar wisata. Hampir semua batu yang ada di kawasan wisata ini memiliki ukuran yang beragam.

Aktivitas di Taman Batu Purwakarta

Aktivitas di Taman Batu Purwakarta

1. Bermain Air

Wisata Taman Batu merupakan sebuah kolam pemandian dengan sumber air alami. Nah, sumber alami yang ada di Taman Batu ini asalnya adalah dari mata air Cijanun. Dengan sumber air alami inilah, maka ada banyak kolam yang bisa dipilih untuk bermain air atau berenang.

Setiap kolam pemandian yang ada di Taman Batu ini disusun dengan tangga dan dikelilingi batu yang bervariatif. Jika sedang musim liburan, maka kawasan wisata ini akan sangat ramai. Adapun setiap kolam memiliki kedalaman yang variatif mulai 40 cm sampai 1,5 m.

Air yang ada di Taman Batu juga cukup dingin, mengajak keluarga untuk datang ke kawasan wisata ini akan menjadi momen liburan yang menyenangkan.

2. Menyaksikan Alam yang Indah

Berlokasi di lereng perbukitan, tidak heran membuat kawasan wisata ini masih sangat asri. Anda bisa berenang ditemani dengan panorama alam yang begitu indah.

Wisata ini dikelilingi dengan banyak pepohonan, dan berlatar pegunungan dengan latar persawahan yang indah. Menyaksikan alam sambil berenang pasti akan membuat badan kembali refresh.

3. Hunting Foto

Berburu foto akan menjadi aktivitas yang akan sangat menyenangkan jika Anda datang ke Curug Taman Batu Purwakarta.

Pemandangan alam yang sangat menakjubkan membuat siapapun pasti akan kagum. Jadi, kalau Anda suka hunting foto, jangan melewatkan untuk mengabadikan indahnya wisata Taman Batu.

Ada banyak spot yang bisa diburu di Taman Batu, bahkan meski hanya foto di kolam saat berenang saja, latar pemandangannya dijamin akan membuat Anda terpukau karena ada background pegunungan dan pepohonan.

Mitos dan Misteri

Mitos dan Misteri Taman Batu

Lokasi wisata Taman Batu ada di sebuah gugusan Gunung Burangrang. Dengan lokasinya yang ada di gugusan, maka kolam renang ini dipenuhi dengan banyak bebatuan. Ketika datang mengunjungi kolam renang ini, maka pengunjung bisa menyaksikan banyak batuan tersebar.

Batu-batu yang ada di kolam renang Taman Batu ini disusun dengan cantik khas pedesaan. Kolam renang ini menyediakan air khas pegunungan yang sangat jernih. Suasana di wisata ini juga dingin, membuat badan menjadi rileks.

Apalagi pemandangan wisata di kawasan ini hampir seperti suasana desa yang ada di Ubud, Bali. Nah, untuk mitos dan misteri yang ada di kawasan ini, hampir tidak ada.

Meski bekas proyek PDAM, namun Taman Batu tidak memiliki mitos dan misteri apapun yang menjadikan kawasan wisata ini seram untuk dikunjungi.

Fasilitas

Fasilitas Taman Batu

Menjadi wisata yang populer di Purwakarta, tentu saja pengelola sudah menyiapkan fasilitas umum untuk mendukung kegiatan pengunjung. Beberapa fasilitas umum yang disediakan di kolam renang Taman Batu adalah:

  1. Ruang ganti dan bilas
  2. Toilet umum
  3. Area parkir luas
  4. Mushola
  5. Air terjun buatan
  6. Food court
  7. Saung
  8. Kolam pemandian dengan masing-masing kedalaman berbeda
  9. Air mancur
  10. Penginapan

Lokasi dan Rute

Jika ingin sekali mengunjungi wisata Taman Batu, datang saja kecamatan Bojong, tepatnya di Jalan Cijanun, Desa Cipeundeuy, Purwakarta. Taman Batu Purwakarta mudah sekali untuk ditemukan dan hanya berjarak sekitar 20 km saja dari pusat kotanya Purwakarta.

Kawasan wisata ini juga mudah diakses dengan kendaraan bermotor ataupun mobil dan mungkin hanya menempuh waktu 1 jam perjalanan. Anda yang datang dari arah pusat kota, maka arahkan saja menuju Situs Wanayasa.

Dari Situs Wanayasa, maka Anda bisa ambil saja arah lurus ke Bojong sampai menemukan pasar. Sesampainya di Bojong, maka Anda bisa saja lurus saja menemukan kantor Polisi Bojong. Dari kantor polisi Bojong maka bisa belok kanan sampai pertigaan jalan.

Dari pertigaan ini, Anda bisa belok kanan hingga menemukan SD Cipeundeuy. Lalu dari SD Cipeundeuy ini, lurus saja sampai menemukan papan petunjuk menuju wisata Taman Batu.

Bagi Anda yang menggunakan mobil, maka setelah sampai kawasan wisata, maka kendaraan akan diarahkan menuju area parkir yang telah pengelola sediakan.

Diakui memang jarak antara area parkir mobil sampai kawasan wisata lumayan jauh. Bahkan banyak wisatawan yang naik ojek agar lebih cepat menuju lokasi.

Ingin wisata yang masih asri dan membuat badan refresh sejenak dari aktivitas yang membuat tubuh penat? Taman Batu Purwakartabisa jadi solusi untuk Anda yang ingin berenang, menikmati pemandangan dan hunting foto.

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar