SAKURA HILL: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Harga Tiket MasukRp15.000 - Rp25.000
Jam Buka08.00 - 16.00 WIB
Nomor HP0813-9520-6060
LokasiJl. Raya Matesih-Tawangmangu No.16, Gondosuli Kidul, Tawangmangu, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Jawa Tengah memiliki destinasi wisata yang tak kalah menarik, salah satunya yaitu Sakura Hill. Wisata yang berlokasi di Tawangmangu ini memiliki nuansa ala Jepang. Tak hanya menawarkan kecantikan bunga sakura, tapi juga keindahan pemandangan Gunung Lawu yang memukau.

Tak perlu jauh-jauh naik pesawat ke Jepang, di sini Anda bisa menjumpai berbagai bangunan unik khas Jepang yang mirip dengan negara asalnya. Ada gapura merah, benteng Takeshi hingga taman samurai yang bisa dijadikan sebagai wahana foto yang ciamik.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Sakura Hill

Harga tiket yang ditarifkan ke pengunjung bervariasi. Terdapat perbedaan harga tiket untuk orang dewasa dan anak-anak. Harga tiket di hari kerja dan hari libur juga berbeda. Namun, tarif tiket di Sakura Hill sama sekali tidak membuat kantong bolong. Berikut rinciannya:

Waktu OperasionalHarga Tiket
Anak-AnakDewasa
WeekdaysRp15.000Rp20.000
WeekendRp15.000Rp25.000

Jam Buka

Jam Buka Sakura Hill

Lokasi yang berada di lereng Gunung Lawu membuat cuaca menjadi tak menentu. Pastikan untuk mengecek prakiraan cuaca sebelum mengunjungi destinasi ini. Disarankan pula agar pengunjung datang lebih pagi karena wisata ini hanya buka sampai sore hari.

Waktu Operasional
Senin – Minggu08.00 – 16.00

Aktivitas di Sakura Hill

Aktivitas di Sakura Hill

Berbagai aktivitas dan wahana seru dapat Anda nikmati di wisata Sakura Hill. Destinasi dengan nuansa Jepang yang kental, dijamin lupa kalau masih di Indonesia. Tentunya, sangat cocok untuk dikunjungi anak-anak hingga orang dewasa. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan:

1. Berfoto Ria di Berbagai Lokasi

Sakura Hill memiliki daya tarik berupa bangunan unik ala Jepang yang cantik untuk dijadikan latar belakang foto. Tak heran, banyak pengunjung yang datang hanya untuk berfoto ria. Teman Anda pasti mengira Anda sedang benar-benar berada di Jepang.

 Gerbang Bertiang Merah

Saat memasuki area wisata ini, Anda akan disambut dengan gerbang tiang berwarna merah. Di antara gerbang ini terdapat jalan setapak, sepanjang kanan kirinya terdapat gapura dari bambu yang dicat warna merah.

Benteng Takeshi

Anda pasti tidak asing dengan bangunan yang satu ini? Di tempat ini, gerbang kastil Benteng Takeshi ini dibuat semirip mungkin dengan bangunan asli. Anda dapat mendapatkan foto cantik di sini.

Taman Samurai

Pengunjung akan disuguhkan dengan patung-patung pendekar dari Jepang yang sedang berpose. Setiap patung dilengkapi dengan baju perang dan senjata khas Jepang, Katana.

Taman Sakura

Berbeda dengan taman sebelumnya, di taman ini terdapat berbagai pohon sakura yang sedang bermekaran. Semua pohon di sini memang imitasi, tetapi keindahannya tak perlu diragukan lagi.

Selain wahana di atas, di wisata Sakura Hill juga terdapat replika kolam Onsen. Destinasi ini juga menyediakan penyewaan perahu kano yang bisa dinikmati bersama keluarga.

2. Menyewa Jeep Menuju Puncak Bukit

Pengunjung yang menikmati wisata adrenalin juga bisa mencoba aktivitas lain yaitu menyewa Jeep ke puncak bukit. Destinasi ini menyediakan wahana Lawu Jeep Adventure. Setiap mobil Jeep mampu menampung sekitar 4 sampai 5 orang.

Pengunjung dapat menikmati keseruan selama di perjalanan menuju puncak. Sepanjang kanan kirinya tersaji panorama bukit dengan hutan yang hijau dan asri. Pemandangan Gunung Lawu pun terlihat semakin jelas di sini. Udara di bukit juga sangat menyejukkan.

Pengunjung juga bisa menikmati paket supercamp yang ditawarkan Sakura Hill di puncak bukit, yang berupa fasilitas permainan outbound serta penginapan.

3. Bermalam di Penginapan

Tak hanya menikmati berbagai wahana seru, daya tarik lain dari destinasi ini adalah tersedianya penyewaan penginapan. Pengunjung tidak perlu repot-repot lagi memikirkan lokasi penginapan jika terlalu malam berkunjung.

Uniknya, penginapan di tempat ini memiliki bentuk segitiga yang mirip dengan tenda camping. Setiap penginapan cukup luas dan mampu menampung kapasitas hingga 10 orang. Penyewaan pun dapat dilakukan secara offline dan online.

Pastikan Anda membawa sweater atau pakaian tebal jika ingin menginap di sini karena udara akan lebih dingin di malam hari. Range harga penyewaan penginapan juga bervariasi, mulai dari harga menginap saja hingga harga paket.

Paket yang ditawarkan di antaranya yaitu paket Oshin Cottage dengan harga sekitar Rp400.000. Penginapan dengan kapasitas 2 orang ini menyediakan fasilitas single bed, tiket gratis masuk dan sarapan, serta pemanas air di kamar mandi.

Di Sakura Hill juga tersedia paket Oshin Superior dengan harga Rp600.000 per malam dengan kapasitas 4 orang. Paket ini menyediakan fasilitas double queen bed, televisi, water heater, teko pemanas, dan wifi gratis. Paket juga termasuk tiket masuk dan sarapan.

Pengunjung juga bisa menikmati kamar mandi luar dengan air yang mengandung belerang dari Kawah Gunung Lawu. Tersedia juga paket Oshin Deluxe yang dilengkapi dengan fasilitas doublé queen bed, televisi, wifi, water heater, sarapan dan tiket masuk gratis.

Paket ini dibandrol dengan harga Rp650.000 per malam dan mampu menampung kapasitas hingga 4 orang.

4. Penyewaan Baju Kimono

Tak lengkap jika berkunjung ke wisata Sakura Hill tanpa menyewa pakaian tradisional khas Jepang, kimono. Pengunjung dapat menyewa kimono cantik yang tersedia dalam berbagai ukuran. Selain itu, disewakan juga aksesori lain seperti kipas dan payung tradisional Jepang.

5. Menikmati Upacara Minum Teh

Untuk totalitas, wisata ini bahkan menawarkan upacara minum teh untuk pengunjungnya. Upacara minum teh ini merupakan tradisi dari negeri Sakura. Anda bisa mengunjungi di chashitsu di Japanese Tea House yang tersedia.

Dengan memakai pakaian kimono dan meneguk secangkir teh, Anda akan tersihir seolah-olah memang berada di negara aslinya.

Fasilitas

Fasilitas Sakura Hill

Selain tersedia wahana unik nan seru mulai dari wahana berfoto hingga naik jeep ke puncak bukit, pengunjung juga akan disediakan berbagai fasilitas pendukung seperti:

  • Cinema 3D
  • Restoran dan kedai yang menyediakan berbagai menu lezat
  • Musala
  • Lahan parkir yang luas
  • Toilet

Dengan berbagai fasilitas tersebut, kunjungan Anda pun akan semakin nyaman dan menyenangkan. Tak heran jika banyak pengunjung yang betah berlama-lama mengunjungi destinasi ini.

Lokasi dan Rute

Wisata ini berada di area lereng Gunung Lawu, tepatnya terletak di Cemoro Kandang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Karena letaknya yang berada di lereng gunung, udara dan pemandangan pun masih asri.

Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi menuju lokasi. Rute yang dilewati juga mudah, Anda akan menempuh jarak sekitar 48 km jika berangkat dari titik awal di Solo. Perjalanan dapat dimulai dengan menggunakan jalur Karanganyar-Surakarta.

Selanjutnya, Anda cukup mengikuti jalan utama hingga Telaga Sarangan Magetan. Sakura Hill berada di lajur kiri jalan, dengan patokan sebelum Warung Makan Punokawan Bu Indri.

Kini Anda tidak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk bisa menikmati upacara teh sambil memakai kimono. Indahnya Sakura yang bermekaran juga dapat disaksikan di sini. Dengan segala keseruan yang ditawarkan, siapa sih yang tidak tertarik untuk berkunjung?

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar