BUKIT TANGKEBAN: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Harga Tiket MasukRp10.000
Jam Buka09.00 - 17.00 WIB
Nomor HP0823-2655-9688
LokasiDesa Nyalembeng, Kec. Pulosari, Kab. Pemalang, Provinsi Jawa Tengah

Di lereng Gunung Slamet, terdapat sebuah destinasi wisata menarik yang dikenal sebagai Bukit Tangkeban. Kawasan ini tepatnya terletak di dataran tinggi Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Pengunjung dapat menikmati alam yang indah lengkap dengan udara sejuknya.

Selain itu, pengunjung juga akan disuguhkan dengan berbagai wahana outdoor seru, camping ground, kafe atau restaurant hits dan fasilitas pendukung lainnya. Kunjungan ke destinasi ini pun dijamin membuat Anda semakin nyaman.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Bukit Tangkeban

Bukit bernama Tangkeban menjadi destinasi yang diminati karena harga tiket masuk yang ditarifkan sangat terjangkau. Pengunjung tidak perlu menghabiskan budget tinggi untuk berkunjung ke sini. Pengunjung dapat membeli tiket masuk dan tiket terpisah lainnya dengan harga yang berbeda.

Berikut detail rincian harga tiketnya:

Tiket MasukHarga
Tiket Pintu UtamaRp10.000
Tiket Wahana Taman LangitRp10.000
Tiket Wahana Tangkeban ParkRp20.000
Tiket Camping GroundRp20.000

Jam Buka

Jam Buka Bukit Tangkeban

Wisata Bukit Tangkeban terbuka untuk umum dari hari Senin hingga Minggu. Disarankan pengunjung mendatangi lokasi di pagi hari sebelum pukul 9 agar bisa mendapatkan latar belakang panorama yang cantik saat berfoto.

Jika Anda ingin berkemah di campung ground, waktu pendaftaran akan dibuka dari sore hari hingga menjelang tengah malam. Sesuai dengan tujuan pengunjung masing-masing, pastikan tidak datang di waktu yang salah. Berikut detail waktu operasionalnya:

Waktu Operasional
Area Wisata09.00 – 17.00
ARCafe10.00 – 21.00
Registrasi Camping16.00 – 23.30

Aktivitas di Bukit Tangkeban

Aktivitas di Bukit Tangkeban

Jika Anda sudah bosan dengan rekreasi ke mall atau pusat perbelanjaan, destinasi ini menjadi pilihan yang sempurna. Awalnya bukit ini merupakan lahan kosong yang berada di ketinggian1.250 mpl.

Lalu, lahan ini dikelola warga setempat dan dimanfaatkan sebagai taman bermain terbuka. Ada berbagai wahana seru dan menyenangkan. Pengunjung yang hobi hunting foto Instagrammable, wajib ke sini. Lokasi ini juga cocok untuk bersantai dari hiruk pikuk kota.

1. Taman Permainan Outdoor

Setelah melewati pintu gerbang wisata Bukit Tangkeban, pengunjung akan disambut dengan taman permainan outdoor untuk anak-anak dan sirkuit ATV. Taman permainan outdoor ini menyediakan wahana menarik seperti bianglala kecil, ayunan, hingga kolam renang anak-anak.

Pengunjung yang tertarik dengan wahana pemicu adrenalin, wajib mencoba ATV. Anda dapat mengendarai ATV sambil menikmati pemandangan alam sekitar yang mempesona. Harga sewa ATV juga dibandrol dengan harga yang murah.

Tiket ATV AdventureHarga
Satu PutaranRp15.000
Dua PutaranRp25.000

2. Wahana Taman Langit

Wahana yang satu ini cukup viral di sosial media, Taman Langit merupakan taman cantik yang terletak di dataran tinggi. Taman ini dipenuhi dengan berbagai bunga yang berwarna-warni dan didukung dengan beberapa dekorasi unik.

Para pengunjung Bukit Tangkeban paling banyak mengincar wahana ini karena sangat menarik untuk dijadikan spot foto. Tak heran jika banyak pengunjung yang rela mengantri hanya untuk mengambil gambar.

Di wahana ini, terdapat Jembatan Langit yang sebenarnya merupakan sebuah dek. Uniknya lantai jembatan ini terbuat dari kaca sehingga pengunjung bisa melihat pemandangan tembusan di bawahnya. Memang sedikit menakutkan tetapi tampilan ini menambah nilai aesthetic.

Untuk mendapatkan panorama langit Gunung Slamet yang cerah, disarankan untuk mengunjungi pada pagi hari. Hal menarik lainnya adalah tersedia penyewaan kostum untuk berfoto, salah satunya pakaian tradisional Jepang alias kimono dan pakaian tradisional Korea alias hanbok.

Tersedia berbagai warna pakaian dan ukuran yang dapat disewa, harga sewanya pun sangat murah.

Sewa Kostum Kimono dan HanbokHarga
Anak – AnakRp20.000
DewasaRp25.000

3. Area Camping Ground/Bumi Perkemahan

Daya tarik lain dari bukit ini adalah adanya area camping ground. Pengunjung akan menjumpai lahan yang luas berbentuk terasering. Saking luasnya, area ini mampu menampung hingga 20 tenda yang memiliki kapasitas 4 orang per tendanya.

Jika Anda berencana untuk berkemah, jangan lupa untuk membawa tenda sendiri. Tapi tidak perlu khawatir karena tempat ini juga menyediakan penyewaan tenda dengan harga terjangkau. Berkemah menjadi salah satu opsi untuk sejenak menikmati suasana dan keindahan alam.

Di area camping ground, pengunjung juga tidak akan terburu waktu operasional area wisata utamanya. Selain itu, menariknya di malam terkadang digelar acara live music yang membuat suasana menjadi semakin syahdu.

Pastikan untuk membawa jaket tebal karena udara malam menjadi lebih dingin. Selain tenda, wisata Bukit Tangkeban juga menyediakan penyewaan shelter untuk para pengunjung. Sayangnya, harga sewa shelter ini cukup mahal.

Jenis SewaHarga
Tenda (Kapasitas 4 orang)Rp75.000
Shelter LamaRp200.000

4. Area ARCafe

Pengunjung yang lapar dan lupa membawa perbekalan makanan tidak perlu khawatir, objek wisata ini juga menyediakan ARCafe yang menyajikan menu lezat dengan berbagai pilihan. Kafe ini memiliki konsep outdoor.

Selain menghidangkan makanan khas Pemalang yang nikmat, pengunjung juga bisa berfoto ria di sini dengan panorama Gunung Slamet. Dekorasi kafe ini sangat cantik, wajar jika pengunjung sering memenuhi area ini.

Anda bisa membayangkan betapa damainya duduk di kafe ini sambil menyeruput kopi dan teh hangat, ditemani udara sejuk Bukit Tangkeban. Kafe ini juga cocok dijadikan tempat berkumpul atau gathering dengan keluarga dan teman.

Fasilitas

Fasilitas Bukit Tangkeban

Selain berbagai wahana seru dan pemandangan alam mempesona, pengunjung juga diberikan berbagai fasilitas penunjang yang membuat kunjungan semakin nyaman. Anda dapat dengan mudah menemui musala, banyak toilet dan area parkir yang luas.

Jika lapar, banyak juga tersedia kios dan warung makanan hingga kafe yang dilengkapi dengan jaringan wi-fi yang kencang untuk mengakses internet. Bahkan, di Bukit Tangkeban tersedia pula fasilitas aula yang dapat digunakan untuk acara gathering.

Wahana yang tersedia cukup lengkap, Anda akan menjumpai wahana outdoor seperti sepeda gantung hingga flying fox. Pengunjung yang hobi berfoto disediakan penyewaan kostum, sedangkan pengunjung yang hobi berkemah juga telah disediakan lahan camping ground yang luas.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Bukit Tangkeban

Wisata Bukit Tangkeban berlokasi di Desa Nyalembeng, Kec. Pulosari, Kab. Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Jika berangkat dari Kota Pemalang, Anda akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 48 km. Jika ditempuh dengan mobil atau motor akan memakan waktu sekitar 1 jam.

Sebelum mencapai gerbang, pengunjung akan melintasi akses jalan sepanjang 200 meter. Untuk mencapai destinasi ini cukup mudah, walaupun akses jalannya terbilang cukup sempit dan hanya mampu dilewati satu ukuran bus besar.

Namun, permukaan jalannya sudah rapi dan diaspal. Sebagian juga telah dicor, motor dan mobil pun bisa melintas dengan aman. Pengunjung juga bisa berjalan kaki atau menaiki kendaraan off-road menuju pintu gerbang.

Dengan segala kemudahan akses menuju Bukit Tangkeban, pengunjung dapat dengan mudah menikmati keindahan alam dan berbagai wahana menariknya. Tak heran jika banyak memasukkan objek wisata ini ke dalam bucket list destinasi yang wajib dikunjungi.

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar