Harga Tiket Watu Gunung

Share
Comment 0 reply
Harga Tiket Watu Gunung

Berkunjung ke tempat wisata alam memang menjadi salah satu kegiatan yang sangat menarik untuk dilakukan. Salah satu wisata alam di kota Semarang yang patut untuk kalian kunjungi adalah Watu Gunung, tepatnya ada di daerah Ungaran.

Cerita Singkat

watu gunung ungaran

Pada mulanya, daerah dari Watu Gunung ini bukan sebuah tempat wisata. Melainkan hanya sebidang tanah yang ditumbuhi dengan pepohonan pala dan juga cengkeh yang lebat.

Namun sayangnya, lahan dari area tersebut sangatlah gersang serta sulit untuk memperoleh air.

Hingga pada akhirnya di tahun 2004, sang pemilik tanah kemudian berinisiatif untuk mendirikan sebuah villa pribadi.

Namun lama kelamaan, tempat ini juga dibuat sebuah tempat wisata yang dibuka untuk umum. Dan uniknya lagi, tempat wisata ini juga tetap mempertahankan adanya bangunan joglo sebagai salah satu karakteristik khasnya.

Objek Wisata

1. Danau Buatan

wisata watu gunung

Di kawasan Watu Gunung Ungaran kalian akan langsung disambut dengan pemandangan danau buatan yang sangat menawan.

Meskipun danau yang ada adalah buatan dari tangan manusia, tetapi keindahan yang ditawarkan danau ini juga luar biasa indah.

Danau buatan ini telah dikelilingi dengan pepohonan asri sehingga menjadikan danau ini terlihat sangat alami.

Tak hanya itu saja, danau buatan ini juga menjadi habitat dari berbagai ikan hias air tawar yang sengaja disebar di dalam danau.

Jika kalian beruntung, kalian dapat melihat kawanan ikan tersebut muncul di permukaan danau, tentunya hal itu akan menjadi kegiatan yang sangat mengasikan.

2. Rumah Adat Jawa Tengah

rumah joglo

Selain terdapat danau buatan, disini kalian juga dapat menghabiskan waktu bersantai di dalam rumah adat Jawa Tengah atau yang biasa disebut sebagai rumah Joglo.

Rumah adat tradisional dari Jawa Tengah ini nampak sangat indah lengkap dengan adanya alat musik tradisional khas dari jawa yakni gamelan.

Apabila kalian hendak berfoto di rumah joglo ini, maka kalian akan disuguhi dengan keindahan latar belakang foto budaya tradisional serta kenampakan rumah joglo yang sangat eksotis.

3. Sungai Buatan & Kolam Renang

watu gunung semarang

Di dalam kawasan wisata Watu Gunung Ungaran, kalian juga dapat menjumpai sungai buatan lengkap dengan bebatuan yang menjadi hiasannya serta air mengalir yang nampak begitu jernih.

Menariknya lagi, disini kalian juga dapat menghabiskan waktu untuk berenang di kolam renang yang sudah disediakan.

Air yang ada di dalam kolam ini juga sangat jernih serta segar, sehingga dapat membuat kalian betah untuk berendam atau bermain air di dalam sini.

Menariknya lagi, air yang ada di kolam renang wisata ini berasal dari mata air pegunungan asli. Maka dari itu, kalian tidak perlu untuk khawatir jika airnya akan menyebabkan kulit kalian terkena iritasi akibat adanya obat penjernih air.

4. Kegiatan Menarik

memancing di danau buatan

Tak hanya bermain air serta bersantai di rumah Joglo, di kawasan wisata ini kalian juga dapat menghabiskan waktu di Watu Gunung Ungaran dengan cara memancing di danau buatan disana.

Kalian dapat membawa perlengkapan pancing dari rumah ataupun menyewanya. Sebab disini memang telah tersedia sewa alat pancing.

Menariknya lagi, sembari memancing, kalian juga dapat melakukannya di atas perahu sambil berkeliling di area danau.

Atau jika kalian tidak ingin kelelahan, kalian juga bisa hanya sekedar bersantai di gazebo ataupun pendopo yang telah disediakan di sekitaran tempat wisata.

Tak hanya itu saja, kalian juga dapat menikmati beragam kuliner khas dari Jawa Tengah yang ada di restoran area wisata.

5. Jasa Tukang Photo

kolam renang watu gunung

Untuk kalian yang hendak berlibur di wisata watu gunung Ungaran ini, kalian juga dapat melakukan kegiatan hunting foto.

Serta apabila kalian menginginkan hasil jepretan yang lebih bagus, maka tempat ini juga telah menyediakan jasa tukang photo yang siap untuk mengambil kegiatan kalian bersama orang terkasih yang tengah berlibur di tempat ini.

Harga untuk 1 photo 5R juga relatif murah, hanya dibandrol sekitar harga Rp5.000. Dan apabila kalian hendak mengambil ukuran 10R dibandrol dengan harga sekitar Rp15.000.

Sehingga kalian akan lebih puas dalam mengabadikan moment seru pada waktu berlibur ke tempat wisata watu gunung Ungaran.

6. Suasana Sejuk

suasana sejuk

Selain disambut dengan pemandangan danau yang terlihat sangat menawan, sesampainya di lokasi wisata Watu Gunung Ungaran, kalian juga akan disambut dengan suasana khas pegunungan yang masih alami berhawa udara sejuk.

Fasilitas

  • Area parkir
  • Danau buatan
  • Kolam renang
  • Sungai buatan
  • Sewa gedung
  • Penginapan
  • Pendopo
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Jasa tukang foto
  • Sewa alat memancing
  • Pemancingan
  • Toilet

Lokasi

Watu Gunung berada di alamat: Lerep Satu, Lerep, Kec. Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah 50519.

Rute

Lokasi dari kawasan wisata Watu Gunung adalah sebagai berikut:

  • Berjarak sekitar 18 km dari arah pusat Kota Semarang jika melewati Jl. Semarang-Surakarta atau membutuhkan waktu tempuh sekitar 37 menit perjalanan.
  • Berjarak sekitar 33 km dari arah pusat Kota Salatiga jika melewati Jl. Semarang-Surakarta atau memerlukan waktu tempuh sekitar 46 menit perjalanan.
    (perkiraan waktu tempuh di atas apabila jalanan normal atau tidak ada kendala/ macet)

Yang dapat kalian tempuh dengan menggunakan rute di bawah ini:

Untuk dapat tiba di lokasi wisata Watu Gunung lumayan mudah, jika kalian berangkat dari arah pusat Kota Semarang atau dari mana pun kalian berangkat, kalian harus mengarahkan kendaraan kalian menuju Alun Alun Lama Ungaran. Kemudian dari alun – alun, kalian pilih jalan yang terlihat menanjak (arah Desa Lerep atau Bukit Lerep).

Kemudian kalian tinggal mengikuti saja jalan itu hingga kalian sampai di lokasi wisata Watu Gunung yang berada di kiri jalan dengan bertuliskan “Watu Gunung”.

Atau apabila kalian takut tersesat, kalian dapat memanfaatkan aplikasi google maps maupun bertanya ke masyarakat setempat.

Jam Operasional

Watu Gunung buka setiap harinya (Senin – Minggu) mulai dari pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

KeteranganHarga
WeekdaysRp20.000
Weekend & HolidayRp25.000

Tips

  • Waktu terbaik jika kalian hendak berkunjung ke Watu Gunung Ungaran yaitu pada hari kerja atau hari biasa, sebab apabila libur akhir pekan tiba, tempat ini akan dipadati oleh para wisatawan.
  • Jangan membuang sampah sembarangan serta selalu mentaati semua peraturan disana.
  • Sebaiknya kalian menggunakan kendaraan pribadi untuk berkunjung ke tempat ini agar waktu kalian akan terasa bebas.
  • Apabila kalian hendak membawa kamera DSLR, maka kalian akan dikenakan biaya tambahan sekalipun kalian bukan merupakan fotografer profesional.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.