TAMAN LIMO: Aktivitas & Tiket Masuk 2023

Harga Tiket MasukGratis
Jam Buka10.00 - 22.00 WIB
Nomor HP-
LokasiJalan. Cikedokan-Jatiwangi No.9, Jatiwangi, Cikarang Bar, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

Cikarang memang identik dengan kota industri. Namun bukan berarti kota ini tidak memiliki daya tarik wisata. Taman Limo adalah bukti bahwa daerah segersang Cikarang pun bisa terdapat tempat wisata yang menjadi tujuan liburan.

Lokasi tempat ini sangat mudah dijangkau. Maka tidak heran jika banyak orang ingin meluangkan waktu ke tempat ini daripada harus menjelajah ke luar kota yang jauh. Buktinya, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung terutama di hari libur.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Taman Limo

Berbeda dengan tempat wisata lainnya, Limo membebaskan pengunjungnya dengan tidak perlu membeli tiket. Hal ini disebabkan tempat ini memang sengaja dibuat swadaya oleh penduduk setempat sebagai tempat berlibur penduduk dan akhirnya berkembang seperti sekarang.

Jenis TiketHarga
Tiket masukGratis

Walau demikian, Anda harus membayar tiket parkir untuk bisa memasuki tempat ini. Harga tiketnya pun wajar. Untuk kendaraan roda dua, harga tiketnya sebesar Rp2.000 dan untuk kendaraan roda .empat, harga tiketnya adalah Rp5.000.

Selain itu, untuk beberapa wahana juga ada yang dikenakan biaya sewa. Di luar itu semuanya gratis untuk dinikmati, termasuk gazebo-gazebo yang dibangun di sekitar lokasi.

Harga Menu Makanan

Harga Menu Makanan Taman Limo

Untuk datang ke tempat ini, tidak ada larangan membawa makanan dan minuman dari rumah. Bahkan Anda bebas untuk makan dan minum di lokasi, asalkan tidak membuang sampah sembarangan.

Walau demikian, pengelola tetap menyediakan fasilitas berupa warung makan bagi pengunjung yang memang ingin menikmati makanan khas dari tempat ini. Salah satu warung yang terkenal adalah seuang warung apung yang menyajikan berbagai macam menu khas Betawi.

Di sini Anda menemukan asinan, gabus pucung, pecak belut/ikan, sayur asem dan masih banyak lagi. Harga makanan dan minuman di tempat ini pun juga relatif terjangkau. Untuk satu orang, Anda dapat menyiapkan anggaran mulai dari Rp20.000.

Jam Buka

Jam Buka Taman Limo

Taman Limo yang berada di Cikarang bisa dikunjungi setiap hari. Adapun waktu buka nya mulai dari pukul 10.00 sampai 22.00.

Aktivitas dan Atraksi di Taman Limo

Aktivitas dan Atraksi di Taman Limo

Awalnya daerah ini hanyalah merupakan area persawahan biasa. Namun atas inisiatif warga, lokasi ini disulap secara mandiri untuk menghadirkan tempat wisata yang ramah untuk semua usia. Adapun kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat ini adalah:

1. Memancing

Di tempat wisata Cikarang ini bukan hanya taman saja yang ditonjolkan, melainkan juga sebuah dana buatan yang berada di tengah area taman. Danau ini ditebari berbagai jenis ikan, terutama ikan mas dan nila.

Pengunjung diperbolehkan untuk memancing ikan yang ada di danau. Untuk itu, Anda harus membawa alat pancing dan umpan dari rumah. Pasalnya tidak ada tempat yang menyewakan peralatan pancing dan umpannya.

Tetapi karena tempat ini menjadi satu dengan wahana becak air, maka Anda harus bersabar jika ada becak yang melintas di tengah Anda memancing. Atau Anda bisa memilih tempat yang cukup sepi sehingga keasyikan Anda tidak terganggu.

2. Flying Fox

Bagi pecinta adrenalin, maka wahana yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Sama seperti tempat wisata lainnya, flyung fox memang semacam wahana wajib yang harus ada. Di tempat ini Anda bisa mencoba melintasi areal taman dan persawahan dengan meluncur dengan seutas tali.

Anda tidak perlu kuatir sebab semua peralatan selalu diperhatikan kelayakannya. Anda tidak dipungut biaya untuk memainkan permainan ini. Hanya saja, Anda harus rela mengantri bisa ingin mencobanya.

Hal ini dikarenakan wahana ini termasuk wahana populer yang kerap dimainkan pengunjung. Walaupun trek yang dilalui tidak terlalu panjang, tapi permainan ini tetap terasa menegangkan sekaligus mengasyikkan.

3. Wisata Kuliner

Ada banyak tempat makan yang buka di sekitar Taman Limo. Mulai dari mie ayam, karedok hingga makanan jenis lainnya, dapat Anda temui di sini. Namun jika ingin mencoba makanan khas Betawi, rumah makan yang ada di arean taman dapat menjadi tujuan.

Menu yang paling disukai dari tempat ini adalah menu serba ikan. Rasa masakan ini enak karena disajikan dari ikan segar dan juga diracik dengan bumbu tradisional. Selain itu, cemilan khas dan makanan tradisional lainnya juga ada di sini.

Selain menu makanan yang terjangkau dan enak, salah satu daya tarik rumah makan ini adalah keberadaannya yang dibangun di atas danau. Jadi jika dilihat sekilas, rumah makan ini terlihat seperti terapung.

4. Playing Ground

Limo memang didesain sederhana namun bisa memenuhi kebutuhan berbagai usia. Selain orang dewasa, anak-anak pun pasti akan senang ketika diajak kemari. Di tempat ini juga dibangun area khusus untuk bermain anak-anak.

Di sini ada seluncuran, ayunan, balok keseimbangan dan berbagai permainan lainnya. Anda tidak dikenai biaya saat memasuki area ini. Jadi anak-anak bisa bermain sepuasnya bersama teman mereka.

Namun, gazebo atau saung yang ada di sekitar taman bermain ini cukup terbatas. Jadi jika Anda bermain di tengah hari dan saat sedang ramai, maka usahakan untuk membawa payung atau peralatan lainnya. Sehingga saat berteduh Anda dan anak-anak tidak kepanasan.

5. Berfoto

Salah satu yang membuat tempat ini viral adalah karena adanya pengunjung yang mengunggah kegiatan mereka selama di sini ke media sosial mereka. Akhirnya banyak orang tertarik karena Limo juga menyediakan spot berfoto dengan latar yang menarik.

Salah satu titik yang kerap dijadikan lokasi berfoto adalah jembatan-jembatan bambu yang membentang di area taman. jembatan ini memang sengaja dibuat dengan desain sederhana agar terasa kesan alaminya.

Walau demikian, hasil foto di tempat ini selalu bagus karena pencahayaan dan juga latar alam yang menunjang. Selain itu, Anda juga bisa berfoto di dekat danau, di arena bermain maupun ketika sedang menggunakan wahana permainan.

Untuk berfoto di jembatan bambu maupun jembatan warna-warni dan spot khusus lainnya, Anda akan dikenakan biaya potret sebesar Rp10.000 untuk 2 orang. Nantinya Anda akan mendapatkan berkas foto cetak dan juga berkas digital.

Fasilitas

Fasilitas Taman Limo

Walaupun dibangun dan dikelola secara mandiri, tapi tempat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas tersebut antara lain :

  • Kamar mandi
  • Gazebo
  • Spot foto
  • Area parkir
  • Taman bermain
  • Mushola
  • Warung makan
  • Wahana permainan air
  • Pemancingan

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Taman Limo

Taman sederhana namun memiliki pemancangan yang menarik ini berada di kawasan Jatiwangi. Tempat ini tidak jauh dari pusat kota. Anda dapat berkendara ke tempat ini dengan mengikuti arah ke jalan raya Fatahilah.

Jika Anda berjalan lurus, maka di Jalan Imam Bonjol akan bertemu dengan pertigaan. Dari sini, Anda harus mengambil arah ke jatiwangi, yaitu arah kiri dari pertigaan. Anda hanya perlu lurus sampai bertemu dengan obyek wisata satu ini.

Jika Anda kesulitan menemukan tempat ini, maka peta berikut mungkin bisa membantu :

Untuk cara lain yang lebih mudah, Anda dapat meminta bantuan dari penduduk sekitar atau melihat papan penunjuk arah.

Siapa sangka jika tempat wisata yang dikelola mandiri dan gratis tiket masuk memiliki daya tarik yang mempesona. Taman Limo bisa dibilang sebagai tempat wisata merakyat dan ramah untuk segala usia.

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar