EMBUNG KLEDUNG: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Share
Comment 0 reply
EMBUNG KLEDUNG: Aktivitas & Tiket Masuk 2022
Loading...
Harga Tiket MasukRp7.000 - Rp15.000
Jam Buka24 Jam
Nomor HP0856-0000-1015
LokasiJalan Raya Parakan - Wonosobo No.KM.12, Area Sawah, Kledung, Kec. Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

Wisata Embung Kledung merupakan salah satu wisata alam yang berada di antara dua gunung, yakni Gunung Sindoro dan Sumbing. Tempat wisata ini memiliki suasana kawasan yang asri dan sejuk. Tak heran jika banyak wisatawan memilih wisata ini sebagai destinasi selama liburan.

Karena merupakan wisata alam, maka sudah pasti ada banyak sekali kegiatan alam menarik yang bisa dilakukan di sini. Pasalnya saat ini wisata alam jauh lebih menarik dikunjungi daripada wahana wisata lain. Selain bisa sekedar mampir, di sini Anda juga bermalam di kawasan wisata.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Embung Kledung

Seperti sekilas yang sudah dijelaskan di atas, wisata ini tidak hanya untuk mereka yang ingin mampir, namun juga tersedia untuk pengunjung yang ingin bermalam sambil menikmati beragam sajian alamnya. Maka ada dua jenis tiket masuk yang bisa dibayar sesuai pilihan, berikut ini tabel harganya:

KeteranganHarga
Tiket masuk untuk sekedar kunjunganRp7.000
Toket masuk untuk yang ingin campingRp15.000

Harga tiket masuk di atas belum termasuk biaya fasilitas yang bisa digunakan selama ingin bermalam atau camping di kawasan wisata ini. Untuk harga tiap fasilitasnya, Anda bisa sesuaikan dengan update harga dari penyediaan fasilitas tersebut.

Jam Buka

Jam Buka Embung Kledung

Sedikit berbeda dengan beberapa tempat wisata kebanyakan, Embung Kledung ini tidak memiliki perbedaan dalam hal jam buka area wisatanya. Wisata ini buka setiap hari selama 24 jam non-stop, karena ada juga pengunjung yang ingin bermalam atau camping di sini.

Aktivitas di Embung Kledung

Aktivitas di Embung Kledung

Wisata alam yang sudah mulai populer di berbagai kalangan masyarakat ini, ternyata memiliki banyak pilihan aktivitas yang bisa dilakukan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini bisa Anda simak beberapa aktivitas seru di Embung Kledung:

1. Memandangi Pemandangan dari Rumah Pohon

Memandangi pemandangan di atas tanah berpijak, mungkin sudah jadi hal yang sangat biasa. untuk mencari nuansa baru, Anda bisa coba menaiki rumah pohon untuk sekedar menikmati keindahan pemandangan alam yang disajikan wisata ini.

2. Berjalan di Tangga Warna-warni

Tempat wisata ini juga membangun sebuah tangga yang langsung berpijak ke tanah. Tangga ini punya keunikan dalam hal desain warnanya. Tangga ini memiliki banyak warna yang menghiasinya. Anda bisa menyaksikan keindahan desainnya dari ujung atas tangga.

Di samping kanan kiri tangga ini juga sudah dilengkapi dengan beragam tanaman hijau yang menyejukkan. Anda bisa mengabadikan foto saat berada di atas tangga warna-warni ini.

3. Belajar dan Melihat Pertumbuhan Hortikultura

Karena merupakan wisata alam, maka sudah bukan hal yang asing lagi jika menyaksikan adanya lahan yang dipenuhi dengan tanaman hortikultura. Pengunjung bisa sekaligus belajar bagaimana tanaman holtikultura ini dirawat hingga dipanen.

Berbagai macam buah dan sayur yang tumbuh di area ini akan menambah kesan mengagumkan untuk para pengunjung yang memang suka bercocok tanam. Apalagi jika Anda datang saat musim panen, Anda pasti dapat melihat buah dan sayur yang siap petik.

4. Menikmati Keasrian Telaga

Advertisement

Waduk yang ada di tempat wisata ini, hingga kini masih asri dan terawat dengan baik oleh para penduduk setempat. Di pinggiran waduk pun disediakan tempat duduk yang nyaman dan tanaman rambat yang menghiasi samping tempat duduknya.

Menikmati pemandangan waduk sambil duduk santai di sini, mungkin bisa menjadi opsi aktivitas yang tepat untuk Anda yang sedang penat. Anda juga bisa mengabadikan keasrian waduk sebagai foto.

5. Bersantai di Atas Hammock

Sebagai wisata alam yang populer, pengelola wisata pun menyediakan alat hammock untuk tiap pengunjung yang ingin merasakan bersantai di tengah kawasan alam terbuka sambil menaiki hammock. Rasakan sensasi yang berbeda saat menikmati nuansa alam sambil menaiki hammock.

6. Bermainan Ayunan Sambil Berfoto dengan Latar Danau dan Gunung

Salah satu spot foto yang paling banyak disukai pengunjung adalah ayunan gantung ini. Ayunan ini dibangun untuk dimuati dua orang dengan model bangku saling berhadapan. Terdapat meja juga di depan kursi ayun, layanya meja di café.

Ayunan ini memiliki ketinggian di atas tanah yang dijamin dapat memacu adrenalin. Berpose di atas ayunan ini, akan menampakkan Anda seolah-olah sedang menaiki ayunan gantung tepat di atas air danau. Backgroundnya pun sangat indah, yakni penampakan gunung yang berdiri gagah.

7. Memberi Makan Ikan di Danau

Sambil menikmati keindahan danau, Anda bisa lakukan aktivitas memberi makan ikan. Mungkin kegiatan yang satu ini adalah kegiatan yang sangat sederhana.

Namun kegiatan memberikan makan ikan di danau ini bisa menjadi pengalaman baru bagi anak-anak yang juga diajak mengunjungi wisata ini. Dengan begitu Anda bisa sekaligus mengajari anak berinteraksi dengan ikan.

8. Camping

Salah satu aktivitas seru lain yang bisa dilakukan di wisata alam ini, tak lain adalah bercamping bersama teman dan keluarga. Di tempat ini tersedia kawasan atau lahan khusus yang digunakan untuk mendirikan tenda bagi pengunjung yang ingin camping.

Adapun peralatan camping juga sudah disediakan oleh pengelola wisata. pembayaran penyewaan alat ini pun bisa dilakukan setelah kegiatan camping berakhir. Merasakan pengalaman camping di area alam yang dipenuhi pemandangan indah, akan membawa Anda ke suasana baru yang seru.

Sejarah

Sejarah Embung Kledung

Wisata alam Embung Kledung ini, berawal dari sebuah waduk yang punya luas lahan sekitar 4 hektar. Waduk ini sudah dibangun sejak tahun 2010. Dulunya masyarakat setempat memanfaatkan waduk ini sebagai sumber air saat musim kemarau.

Seiring berjalannya waktu, penduduk akhirnya mengalihkan fungsi waduk ini menjadi lokasi wisata alam. Wisata ini juga mengalami perkembangan dari wisata alam yang hanya berupa pemandangan dan spot foto, akhirnya menjadi wisata agrobisnis dan agrowisata hingga kini.

Fasilitas

Fasilitas Embung Kledung

Untuk membuat setiap pengunjung merasa nyaman selama ada di tempat wisata ini, maka penduduk setempat pun memberikan berbagai fasilitas umum yang bisa digunakan oleh tiap pengunjung. Diantara fasilitas yang disediakan adalah:

  • Area parkir luas untuk motor dan mobil
  • Mushola untuk ibadah umat muslim
  • Toilet umum yang bersih
  • Berbagai spot foto menarik
  • Warung makan
  • Area camping beserta peralatan camping yang bisa disewa

Lokasi dan Rute

Untuk alamat lengkap lokasi Embung Kledung ini ada di Jalan Raya Parakan, Wonosobo, Kledung, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Sedangkan rute yang bisa dilewati saat berangkat dari Magelang, Anda bisa mengarah di jalur Magelang-Wonosobo melalui Secang.

Lakukan perjalan hingga sampai di perbatasan Wonosobo-Temanggung. Di sekitar perbatasan, akan ada Pom Bensin yang punya peta arah menuju lokasi wisata. Hanya butuh jarak tempuh sekitar 500 meter dari gang arah Pom Bensin tersebut untuk sampai di lokasi wisata ini. Lebih detailnya, ini dia gambaran petanya:

Embung Kledung punya kawasan yang sejuk dan pemandangan alam yang tak diragukan lagi keindahannya. Wisata alam ini layak dijadikan opsi untuk keluarga dan rombongan yang ingin menghabiskan masa liburan di tempat terbuka bernuansa alam.

Kunjungi juga:

X CLOSE
Advertisements
ADVERTISEMENT
X CLOSE
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.