TELAGA MENJER: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Harga Tiket MasukRp5.000
Jam Buka24 Jam
Nomor HP-
LokasiDesa Maron, Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Wonosobo memang terkenal sebagai salah satu daerah di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki panorama alam yang indah dengan udara sejuk khas pegunungan. Salah satu destinasi wisata populer di Wonosobo yang wajib Anda kunjungi saat liburan yaitu Telaga Menjer.

Meski keberadaannya yang cukup tersembunyi, namun hal ini rupanya tidak menyurutkan minat wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata ini. Bagi Anda yang tertarik berlibur ke telaga ini, mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Telaga Menjer

Sebagai salah satu objek wisata alam di Wonosobo, telaga ini menawarkan panorama alam yang sangat indah dengan udara yang masih sejuk dan asri. Sejauh mata memandang, Anda akan disuguhkan dengan jajaran pepohonan yang rimbun dan air telaga yang berwarna biru kehijauan.

Untuk bisa menikmati panorama alam di objek wisata ini, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Selain itu, objek wisata ini juga tidak membedakan harga tiket untuk anak-anak dan dewasa. Berikut ini kami rangkumkan daftar harga tiket masuk objek wisata Telaga Menjer Wonosobo.

Harga Tiket Masuk (HTM)
Anak/DewasaRp5.000
Wahana perahu untuk anakRp10.000
Wahana perahu untuk dewasaRp15.000
Sewa perahu getek (10-12 orang)Rp100.000

Jam Buka

Jam Buka Telaga Menjer

Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke telaga ini, objek wisata ini buka setiap hari mulai dari hari Senin hingga Minggu selama 24 jam. Meski begitu, Anda sangat disarankan untuk berkunjung ke telaga ini di pagi hari saja.

Apabila Anda datang di sore hari, biasanya kabut sudah turun sehingga membuat pemandangan menjadi tidak terlalu jelas.

Aktivitas di Telaga Menjer

Aktivitas di Telaga Menjer

Dengan harga tiket yang sangat terjangkau, Anda bisa menikmati aktivitas seru di telaga ini. Nah, berikut ini beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di objek wisata Telaga Menjer.

1. Perjalanan Menuju Telaga yang Seru

Sebelum sampai di telaga, Anda harus melewati jalanan yang di samping kanan dan kirinya berupa sawah dan perbukitan yang hijau.

Di perjalanan menuju telaga inilah mata Anda akan dimanjakan dengan panorama alam yang indah dengan udara sejuk yang bertiup sepoi-sepoi sehingga cocok untuk Anda yang ingin melepas penat.

2. Hunting Foto

Liburan rasanya kurang afdol jika tidak mengabadikan momen melalui foto, bukan? bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan di objek wisata ini, Anda bisa menemukan banyak spot foto menarik dengan pemandangan alam yang menawan.

Tidak hanya menyuguhkan hamparan air telaga berwarna biru kehijauan yang cantik, di sekitar telaga juga terdapat hutan-hutan yang rimbun sehingga memberikan kesan asri.

Deretan pepohonan di sekitar telaga ini juga menjadi background foto terbaik sehingga foto yang dibidik terlihat makin estetik.

3. Bersantai di Taman Dekat Telaga

Di kawasan wisata ini, Anda bisa menemukan taman-taman kecil yang bisa digunakan untuk bersantai dan bercengkrama bersama keluarga. Pemandangan di sekitar taman juga tidak kalah cantik sehingga banyak pengunjung yang berfoto di taman-taman ini.

Karena dikelilingi dengan pepohonan yang rindang dan lokasinya yang berada di kawasan pegunungan, Anda akan disambut dengan udara sejuk yang cocok untuk relaksasi.

4. Memancing Berburu Ikan

Telaga ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk melakukan budidaya ikan. Pengunjung yang datang diperboleh untuk memancing dan berburu ikan di telaga. Bagi Anda yang tidak membawa alat pancing, di kawasan wisata ini sudah disediakan tempat penyewaan alat pancing.

5. Menelusuri Telaga Dengan Perahu

Bagi Anda yang ingin melihat keindahan Telaga Menjer dari jarak dekat, Anda bisa menelusuri telaga menggunakan sampan atau perahu kayu yang sudah disediakan. Dari atas perahu, Anda bisa menikmati view air telaga yang berwarna biru kehijauan dan merasakan air telaga yang segar.

6. Menyusuri Perkebunan Teh

Di objek wisata ini, Anda juga bisa menikmati pemandangan perkebunan teh yang luas dan hijau. Suasananya yang tenang dan udaranya yang sejuk sangat cocok untuk Anda yang ingin melepas penat dari rutinitas sehari-hari yang padat.

7. Berkemah di Pinggir Telaga

Bosan berkemah di pantai atau pegunungan, Anda bisa mencoba berkemah di pinggir telaga. Pihak pengelola objek wisata ini juga sudah menyediakan fasilitas camping area untuk pengunjung yang ingin menghabiskan malam di sekitar telaga.

Apabila cuaca sedang cerah, Anda akan disuguhkan dengan view langit malam yang bertabur bintang. Bagi Anda yang berminat untuk camping di telaga ini, pastikan untuk membawa perbekalan yang cukup seperti makanan, minuman, dan pakaian hangat agar tidak kedinginan saat malam hari.

Misteri dan Mitos

Misteri dan Mitos Telaga Menjer

Di balik keindahan alamnya, Telaga Menjer menyimpan cerita misteri dan mitos. Tidak hanya sekadar isapan jempol semata, banyak pengunjung yang melihat penampakan orang berjalan di atas telaga tanpa menggunakan perahu.

Selain itu, ada juga yang melihat penampakan ikan berukuran sangat besar dan ketika didekati, ikan tersebut akan tiba-tiba menghilang. Beberapa orang percaya bahwa penampakan orang yang berjalan di atas air tersebut adalah jelmaan gadis yang tenggelam di telaga tersebut.

Tidak hanya itu saja, menurut mitos yang berkembang di masyarakat, apabila ada sepasang kekasih yang berkunjung ke telaga ini, maka sepulang dari telaga, mereka akan bertengkar hingga berujung berpisah atau putus.

Fasilitas

Fasilitas Telaga Menjer

Sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Wonosobo, telaga ini sudah dikelola dengan baik. Maka tidak mengherankan jika fasilitas yang ada di objek wisata ini sudah terbilang lengkap dan memadai.

Beberapa fasilitas pendukung yang bisa Anda temukan di kawasan Telaga Menjer antara lain area bermain anak, toilet, mushola, perahu, tempat duduk, spot foto, spot memancing, dan area parkir yang luas.

Bagi Anda tidak membawa bekal makanan dan minuman, Anda tidak perlu khawatir karena di objek wisata ini sudah tersedia warung-warung yang menjajakan aneka makanan dan minuman.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Telaga Menjer

Lokasi telaga ini berada di Desa Maron, Garung, Kabupaten Wonosobo. Untuk mencapai objek wisata ini, rute dan akses jalan yang dilalui terbilang mudah dan bisa dijangkau baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan jasa ojek untuk mengantarkan Anda sampai ke lokasi telaga. Jarak antara pusat kota dengan telaga kurang lebih 12 km dan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda akan bertemu dengan Pasar Garung. Tidak jauh dari Pasar Garung, Anda akan bertemu dengan pertigaan jalan dan ambil jalur ke arah PLTA Garung.

Keberadaan PLTA ini menjadi penanda bahwa Anda sudah sampai di lokasi telaga. Bagi Anda yang baru pertama kali pergi ke Telaga Menjer, berikut ini kami sematkan rute terbaik yang bisa dilalui.

Dengan harga tiket yang sangat terjangkau, Anda bisa mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan di Telaga Menjer. Apabila Anda ingin berkunjung ke objek wisata satu ini, kami menyarankan untuk membawa pakaian hangat karena udaranya yang cukup dingin.

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar