Hutan Mangrove PIK

Share
Comment 0 reply
Hutan Mangrove PIK

Seperti yang kita ketahui, kota Jakarta memang dipenuhi dengan gedung tinggi dan perumahan yang bertebaran dimana – mana. Namun tahukah kalian jika kota Jakarta juga memiliki kawasan hijau nan asri yang dapat kalian nikmati. Salah satunya adalah Hutan Mangrove PIK.

Di kawasan hutan mangrove PIK ini kalian dapat menikmati area hijau hutan bakau yang masih sangat asri dan berudara sejuk.

Pas banget dijadikan sebagai tempat pelarian yang sempurna untuk kalian yang kerja di kota Jakarta. Sebab disini kalian dapat memperoleh asupan oksigen yang masih sangat bersih. Selain itu, kalian juga bisa melakukan berbagai kegiatan di hutan mangrove PIK ini.

Objek Wisata

1. Jembatan Kayu 

alamat hutan mangrove pik

instagram: @cindy.wandira

Jembatan kayu yang ada di kawasan hutan mangrove PIK ini memang selalu jadi perhatian para pengunjungnya untuk dijadikan sebagai spot foto yang unik.

Terlebih lagi, jembatan ini telah dikelilingi dengan pepohonan mangrove yang lebat serta air  pesisir yang sangat tenang, sehingga menciptakan suasana yang dramatis.

Disini kalian juga dapat menggunakan jembatan ini untuk mengelilingi kawasan wisata untuk masuk ke dalam hutan mangrove.

2. Berkeliling dengan perahu

pik hutan mangrove

instagram: @liannali28

Selian dengan menggunakan jembatan kayu, kalian juga dapat berkeliling kawasan hutan mangrove dengan menggunakan perahu yang telah tersedia disana.

Kalian dapat menyewa perahu yang telah disediakan oleh pengelola kawasan wisata mangrove.

Untuk kalian yang ingin mencoba menaiki perahu ini, kalian cukup membayar biaya sewa sekitar Rp250.000 yang dapat digunakan untuk enam orang penumpang.

Sementara apabila kalian datang berdelapan, kalian akan dikenakan biaya sebesar Rp350.000.

Catatan: Harga tiket sewa perahu dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Sehingga, akan lebih baik jika kalian menanyakan terlebih dahulu kepada petugas hutan mangrove jika hendak menyewa perahu.

3. Mengamati Burung

mangrove pik

instagram: @nrksiregar142

Di area hutan wisata mangrove PIK ini juga menjadi habitat asli dari burung pesisir yang ada.

Supaya kalian tidak melewatkan kesempatan dalam menjumpai fenomena yang jarang terdapat di ibu kota ini, maka kalian dapat berjalan ke arah jembatan pengamatan burung.

Lokasi jembatan pengamatan burung ini lumayan jauh dan kalian harus berjalan untuk sampai di lokasi.

Sesampainya di lokasi, kalian akan dimanjakan dengan ratusan burung yang berterbangan sekaligus pemandangan dari gedung pencakar langit Jakarta yang juga sangat menarik untuk diabadikan.

4. Berswafoto

tiket masuk hutan mangrove pik

instagram: @itsmekjw

Walaupun wisata ini adalah wilayah konservasi dari mangrove, bukan berarti di tempat wisata ini kalian hanya akan disuguhi dengan pohon mangrove saja.

Taman Wisata Alam (TWA) Mangrove PIK ini ternyata juga menyediakan beberapa spot foto yang unik dan lucu.

Oleh sebab itu, TWA Mangrove PIK ini banyak didatangi oleh para wisatawan yang ingin menambah koleksi fotonya. Namun, kalian hanya diperkenankan untuk membidik gambar dengan memakai ponsel.

Sebab jika kalian ingin membidik gambar dengan memakai kamera profesional layaknya DSLR maupun kamera pocket, nantinya kalian akan dikenakan biaya tambahan yang lumayan tinggi.

5. Short Course

penginapan hutan mangrove pantai indah kapuk

instagram: @fainallumbanbatu

Keseruan lain yang dapat kalian lakukan di TWA Mangrove ini adalah mengikut kegiatan belajar bagaimana caranya untuk menanam pohon mangrove.

Di kota Jakarta, pastinya kegiatan seperti ini akan sangat langka untuk ditemukan. Selain berwisata, tentunya kalian juga akan mendapatkan edukasinya juga.

Di kawasan hutan mangrove Pantai Indah Kapuk ini kalian dapat mengikuti short course untuk belajar mengenai proses dari penanaman mangrove atau bakau.

Untuk kalian yang ingin mencobanya, kalian cukup membayar biaya sebesar Rp150.000 untuk setiap proses dari pembelajaran tersebut.

Atau jika kalian ingin memiliki papan nama sendiri pada mangrove yang telah kalian tanam, maka kalian harus membayar sedikit mahal, yaitu sebesar Rp500.000.

6. Taman Bermain Anak

Taman Bermain Anak

instagram: @kiaraflaviastory

Untuk wahana tambahan, di kawasan tempat wisata mangrove PIK ini juga telah memberikan sebuah kawasan kecil yang di dalamnya sudah tersedia berbagai wahana permainan anak yang dapat digunakan.

Sehingga untuk kalian yang datang dengan mengajak anak-anak tidak perlu khawatir si kecil akan merasa bosan sebab kalian tinggal mengajaknya untuk bermain disini.

7. Menikmati sunset Jakarta

matahari tenggelam

instagram: @nrksiregar142

Sebab lokasi dari tempat wisata hutan mangrove ini juga dekat dengan area pantai, maka tidak heran jika area hutan mangrove ini juga memiliki pemandangan sunset yang sangat indah.

Untuk dapat menikmatinya dengan lebih jelas, kalian juga dapat naik ke atas menara yang terdapat di salah satu sudut dari hutan mangrove PIK ini.

Tak hanya dapat melihat sunset saja, disana kalian juga dapat menikmati keindahan dari rimbunan hutan mangrove dari atas ketinggian. Terlebih lagi kawasan TWA mangrove ini juga dihiasi dengan burung-burung berwarna putih yang berterbangan di antara pepohonan mangrove.

Tips: Waktu terbaik untuk berkunjung ke kawasan hutan mangrove PIK yaitu pada waktu sore hari. Sebab tak hanya memberikan suasana yang sejuk, kalian juga dapat menunggu fenomena sunset terjadi.

8. Menginap di Villa

Menginap di Villa

instagram: @fauzul_hasnah

Kawasan penginapan ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk latar belakang foto.

Sebab, penginapan ini dikelilingi dengan hijaunya hutan mangrove serta rentetan bangunan kayu dengan atap yang berbentuk segitiga serta jembatan kayu yang ada di depannya.

Pemandangan seperti itu tentunya akan nampak kontras dengan adanya gedung pencakar langit yang masih dapat kalian lihat dari beberapa sudut kawasan wisata.

Bangunan penginapan ini sendiri adalah pondok penginapan yang disewakan. Walaupun mengusung tema tradisional, namun penginapan ini juga memiliki fasilitas lengkap lengkap seperti AC.

Fasilitas

  • Perahu sewa
  • Jembatan kayu
  • Spot foto
  • Penginapan
  • Area parkir
  • Camping ground
  • Sewa tenda
  • Trek sepeda
  • Toilet
  • Rumah makan/ kantin
  • Saung

Lokasi

Hutan Mangrove PIK berada di alamat: 7 Jalan Katamaran Indah 1 RT.7, RT.1/RW.7, Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14460.

Baca juga: Playparq Bintaro

Rute

Berikut ini adalah beberapa rute yang dapat kalian gunakan untuk mencapai lokasi wisata dengan menggunakan kendaraan umum, antara lain:

1. Bus dari terminal Blok M

Dari arah terminal Blok M kalian dapat menggunakan bus Steady Safe Non AC no 37 dengan jurusan Blok M – Muara Angke.

Biasanya, bus ini cuma akan berhenti di Mega Mall Pluit, sehingga kalian harus melanjutkan perjalanan menggunakan angkot merah dengan nomor 11 lalu turun di Jalan  Mandara.

Dari arah Jalan Mandara ini, kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot merah yang nantinya akan melintasi area hutan mangrove PIK.

2. Transjakarta

Kalian cukup membayar biaya Rp3.500 untuk sekali jalan serta dapat berpindah koridor dengan menggunakan transjakarta.

Untuk sampai di lokasi hutan mangrove PIK, kalian harus menggunakan transjakarta dengan koridor 9A jurusan Pinang Ranti – Pluit kemudian turun di halte Pluit Village Mall.

Selanjutnya kalian lanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot merah nomor B01. Angkot ini mempunyai trayek Grogol – Angke.

Kalian dapat turun langsung di gerbang Pantai Indah Kapuk, serta kemudian berjalan kaki hingga tiba di pintu masuk area hutan mangrove.

Jam Operasional

Hutan Mangrove PIK buka setiap harinya (Senin – Minggu) mulai dari pukul 07.00 – 18.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

Jenis TiketHari BiasaAkhir Pekan
DewasaRp25.000Rp30.000
AnakRp10.000
WNA Tanpa KitasRp150.000Rp170.000
Kamera pocket/goproRp150.000
Kamera DSLR untuk keperluan pribadiRp300.000
Kamera DSLR untuk keperluan khususRp1.500.000

Tips

  • Datanglah ketika hari biasa atau hari kerja, sebab ketika hari libur tiba, tempat ini akan ramai dipadati oleh pengunjung yang lain.
  • Datang ketika waktu sore hari agar kalian bisa menunggu sunset tiba serta suasana sedang terasa sejuk.
  • Datang menggunakan kendaraan pribadi agar kegiatan liburan kalian lebih fleksibel.
  • Membawa kamera serta ponsel dengan kondisi batrai penuh, serta tidak lupa membawa power bank.
  • Selalu awasi anak – anak kalian, pastikan tidak jauh dari jangkauan.
  • Menjaga kebersihan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.
  • Mematuhi segala peraturan yang ada di lokasi wisata.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Transportasi umum yang dapat digunakan menuju lokasi Hutan Mangrove PIK?

Untuk kalian yang berangkat dengan menggunakan kendaraan umum, kalian dapat naik bus Steady Safe Non AC no 37 dengan jurusan Blok M – Muara Angke.
Atau juga bisa menggunakan Transjakarta dengan koridor 9A jurusan Pinang Ranti – Pluit kemudian turun di halte Pluit Village Mall. Selengkapnya ada di dalam ulasan artikel ini.

Dimana alamat Hutan Mangrove PIK?

Hutan Mangrove PIK terletak di kota Jakarta Utara, tepatnya berada di alamat: 7 Jalan Katamaran Indah 1 RT.7, RT.1/RW.7, Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14460.

Jam buka Hutan Mangrove PIK?

Hutan Mangrove PIK buka setiap harinya (Senin – Minggu) mulai dari pukul 07.00 – 18.00 WIB.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.