Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Umbul Gedaren

1 min read

Umbul gedaren merupakan sebuah tempat wisata yang menawarkan kolam dengan sumber mata air alami dan memiliki air yang sangat jernih bak berlian jika terkena pantulan sinar matahari.

Tak hanya itu, sumber airnya yang melimpah juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai sumber air yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci, hingga sebagai irigasi sawah seluas 20 hektar.

Bagi para wisatawan yang datang dari luar kota, Umbul Gedaren ini sering dimanfaatkan sebagai kolam renang dengan air yang sangat jernih sehingga banya yang memanfaatkan hal ini sebagai selfie underwater.

Suasananya yang tenang juga menjadi point penting keberadaan tempat wisata ini untuk memberikan ketenangan batin sehingga merileksasikan tubuh setelah lelah beraktivitas.

Dan menariknya lagi, konon katanya air yang ada di Umbul Gedaren ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit.

Sejarah

Penamaan Umbul Gedaren berasal dari kata “dar” yang dimana merupakan nama salah satu penunggu yang ada disana yaitu Ny Dewi Siti Sundari. Setelah itu masyarakat setempat di zaman dahulu menambahkan imbuhan awal dengan “Ge” dan diakhiri dengan “ren” sehingga pada akhirnya menjadi Gedaren.

Umbul ini memiliki 2 sumber mata air alami yang bernama Umbul lanang (bagian barat) dan Umbul Wadon (bagian timur). Dan konon katanya hingga saat ini Umbul Gedaren dijaga oleh Kyai Jegang Joyo dan Ny Dewi Siti Sundari dibagian timur yang tak lain mereka berasal dari dunia lain.

Fasilitas

  1. Sewa ban pelampung
  2. Area parkir
  3. Warung makan
  4. Gazebo
  5. Toilet dan ruang ganti
  6. Tempat sampah

Lokasi

Jl. Klaten – Jatinom No.7, Gedaren, Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57481

Jam Buka Umbul Gedaren dibuka 24 jam setiap harinya.

Ketahui juga 40 Tempat Wisata di Salatiga yang sedang hits di tahun 2019!!

Tips

  1. Jangan lupa membawa pakaian ganti dan barang lainnya untuk kegiatan berenang anda.
  2. Menjaga sopan santun dan tutur kata ketika disana.
  3. Jangan membuang sampah sembarangan.
  4. Jangan merusak dan mengambil barang apapun yang ada disana.
  5. Awasi barang bawaan anda.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk di Umbul Gedaren ini sangatlah terjangkau yaitu Rp 5.000 / orang.

Demikianlah sedikit ulasan yang dapat alawisata berikan mengenai Umbul Gedaren, semoga bermanfaat.

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Salatiga

Dwi Okta
17 min read

Tempat Wisata di Malang

Dwi Okta
61 min read

Tempat Wisata di Semarang

Dwi Okta
36 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *