Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Salatiga

17 min read

Tempat Wisata di Salatiga

Salatiga merupakan sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini juga berbatasan penuh dengan Kabupaten Semarang. Dan Salatiga sendiri terdiri atas 4 kecamatan di dalamnya yaitu Argomulyo, Tingkir, Sidomukti, dan Sidorejo.

Kota ini juga berada di lereng timur Gunung Merbabu, sehingga membuat suasana kota berudara cukup sejuk. Nah, kali ini kami berkesempatan untuk memberikan beberapa tempat wisata yang ada di Salatiga, namun sebelumnya, kenalan dulu dengan kota yang satu ini yuk.

Tahukan kamu? Kota kecil ini memiliki tol unik yang hits di media sosial lho, yups tol Salatiga yang mememiliki pemandangan seperti tol yang ada di negara Swiss!.

Tak hanya itu, kota ini juga terkenal akan kota yang memiliki nilai toleransi paling tinggi di Indonesia, itu semua dibuktikan dengan banyaknya tempat ibadaha yang berdampingan dari berbagai agama dan semua umat di dalamnya dapat hidup dengan damai dan saling menghargai satu dengan yang lain.

Kalo anda berkunjung ke kota ini, jangan harap anda bakal menemukan mall untuk berbelanja ya sobat, karena di Salatiga tidak ada mall. Namun hal itu memberikan dampak positif kepada pelajar dan mahasiswa yang berada di kota ini. Karena mereka dapat lebih berkreasi dengan memberikan alternatif pariwisata alam yang lebih menarik, salah satunya ialah Mendaki Gunung.

Selain pariwisata alamnya yang menakjubkan, Salatiga juga masih menyimpan sejuta objek wisata lainnya lho. Penasara? Yuk kita simak baik-baik tempat-tempat wisata yang ada di Salatiga.

1. Rawa Pening

tempat wisata di ungaran

  • Lokasi : Rw. Pening, Waduk Rawapening
  • Tiket Masuk : Rp 2.500
  • Jam Buka : 08.30-21.00
  • Fasilitas : penyewaan perahu

Nama Rawa Pening pastinya sudah tidak terdengar asing lagi. Destinasi wisata yang menyuguhkan hamparan air yang dipenuhi tanaman eceng gondok ini sangat memberikan ketenangan bagi siapa saja yang mengunjunginya. Rawa Pening sendiri menempati 3 wilayah sekaligus yaitu Salatiga, Ungaran dan Ambarawa.

Suasana yang paling pas untuk menikmati keindahan danau ini adalah ketika pagi dan sore hari menjelang karena sanag danau akan semakin menampakan keindahannya secara sempurna. Asiknya lagi, anda juga bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau. Satu lagi, buat para penghobi fotografi mengabadikan keindahan Rawa Pening tidak boleh anda lewatkan begitu saja.

2. Gunung Telomoyo

wisata salatiga 2019

  • Lokasi : Seloprojo Ngablak
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 06.00-18.00

Ingin melihat pemandangan diatas gunung tapi mager buat jalan? Gunung Telomoyo sepertinya pas untuk anda jadikan destinasi wisata alam anda selanjutnya, sebab akses menuju gunung ini telah diaspal  jadi wisatawan dapat melewatinya dengan menggunakan kendaraan pribadi tanpa perlu berjalan kaki.

Puncak gunung ini merupakan tempat landasan paralayang sehingga jalanan pun dibuat sudah lebih mudah dari kebanyakan gunung lainnya.

Disaat anda berada di puncak gunung, anda akan disuguhkan dengan deretan gunung tinggi lain seperti Lawu, Sumbing, Sindoro, dan Prau. Bahkan dari atas sini anda dapat melihat luasnya danau Rawa Pening.

3. Gunung Merbabu

paket wisata salatiga

  • Lokasi : Suroteleng Selo
  • Tiket Masuk : Rp 15.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bagi anda pecinta hiking pasti sudah tidak asing lagi dengan gunung yang satu ini yaitu Gunung Merbabu. Gunun gyang berada di tengah-tengah kabupaten Boyolali, kabupaten Semarang dan provinsi Jawa Tengah ini termasuk gunung terindah di Indonesia selain itu juga sebagai salah satu gunung yang sulit dilalui.

Gunun gini memiliki 3 puncak utama yang dapat anda jelajahi yaitu Puncak Trianggulasi, Puncak Kentengsongo dan Puncak Syarif. Dan juga memiliki 3 jalur pendakian yaitu Selo, Cunthel dan Wekas.

Yang paling istimewa adalah jika anda mengambil jalur Selo anda akan menyaksikan padang rumput yang dipenuhi oleh bunga Edelweis yang sangat indah. Jalur Selo ini juga merupakan jalur pendakian untuk Gunung Merapi.

Sebelum anda mencapi puncak gunung, anda nantinya juga akan melewati jembatan setan yang dimana merupakan jalur pendakian di Gunung Merbabu yang sangat ekstrem dengan kondisi medan yang sangat terjal. Jalur ini akan dilewati sebelum mencapai Kentheng Songo.

Gunung ini juga memiliki mitos yang beredar yang konon katanya harimau jadi-jadian, penampakan genderuwo, kerajaan ghaib di puncak gunung, hingga pasar setan yang sering terdengar ramai oleh para pendaki padahal tidak ada aktivitas apapun yang ditampakan. Cukup merinding, tapi tidak menyelutkan semnagat untuk mendaki tentunya.

Jangan khawati, sesampainya anda di puncak anda langsung dimajakan dengan suguhan pemdangan kota Semarang dan Salatiga yang sangat luar biasa. Tak hanya itu gunung merapi juga akan nampak dari atas gunung Merbabu. Dan jangan lewatkan juga keajaiban sunrise di Gunung Merbabu tak kalah indah dan menakjubkan.

4. Puncak Kenteng Songo

wisata salatiga saloka

  • Lokasi : Dusun 2, Ngagrong, Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Puncak Kenteng Songo merupakan puncak dari Gunung Merbabu. Disini anda akan mendapatkan pengalaman berkunjung di negeri atas awan dan juga sebagai tempat untuk menyaksikan salah satu keagungan Tuhan akan alam.

Meskipun memiliki beragam cerita misteri yang mengikuti Puncak Kenteng Songo ini, namun hal itu tak mengurangi rasa penasaran para pendaki untuk bisa sampai tempat ini oleh para pendaki.

5. Gunung Slamet

Gunung Slamet

  • Lokasi : Gunungsari Pulosari
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Siapa sih yang tidak kenal dengan gunung yang satu ini. Gunung Slamet merupak sebuah gunung terbesar dan tertinggi di provinsi Jawa Tengah dan juga terletak di lima kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang.

Gunung ini sangat lah menarik karena memiliki beberapa kawasan hutan dan juga kebun bunga Edelweis  yang jarang ditemui. Saking menariknya, gunung ini selalu menjadi tujuan utama dan populer bagi para wisatawan karena ada banyak wisata menarik di dalamnya.

6. Bukit Harapan Cuntel

Bukit Harapan Cuntel

  • Lokasi : Cuntel, Kopeng, Getasan, Cunta, Kopeng, Getasan, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 2.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Berlokasi di jalur pendakian Gunung Merbabu, wisata ini menyuguhkan ikon sebuah pohon sebatang karang yang kering serta pemandangan desa dibawahnya yang terlihat sangat damai. Lokasinya yang tidak sulit untuk diakses membuat wisata ini tidak pernah absen dari sepinya pengunjung.

Dahulunya kawasan bukit ini merupakan perkebunan seorang warga yang kemudian disulap menjadi salah satu objek wisata. Beruntung bagi anda yang mengunjungi tempat ini saat cuaca bagus karena nantinya anda akan mendapat sugguhan pemandangan alam berupa gunung Andong dan Telomoyo yang nampak jelas.

7. Air Terjun Umbul Songo

Air Terjun Umbul Songo

  • Lokasi : Kopeng, Getasan
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Selanjutnya ada Air Terjun Umbul Songo yang berlokasi di Desa Kopeng, Salatiga. Air terjun setinggi 15 meter ini belum banyak terekspos oleh banyak orang, namun karena itu keindahan alamnya masih sangat terjaga. Suasana asri nan sejuk akan anda rasakan dan membuat anda betah untuk berlama-lama singgah.

Tempat ini sangat cocok digunakan sebagai tempat bersantai dan melepas penat dari hiruk-pikuknya perkotaan.

8. Bukit Cinta

Bukit Cinta

  • Lokasi : Kebondowo, Banyubiru
  • Tiket Masuk : Rp 6.000 – Rp 7.500
  • Jam Buka : 08.00-18.00

Jika anda telah mengunjuki danau Rawa Pening, makan anda harus menyempatkan singgah ke objek wiata yang satu ini. Letaknya sangat dekat atau bisa dikatakan ada di sekitar Rawa Pening. Ketika hendak masuk ke area bukit, anda akan disambut dengan kepala ular besar yang berusaha melingkari bukit tersebut, bahkan ekornya hampir bersentuhan.

Filosofi simbol kepala dan ekor ang berusaha melingkar ini berasal dari legenda Rawa Pening itu sendiri. Di bukit ini anda akan disuguhkan dengan pemandangan erbukitan hijau serta pepohonan besar yang sebagian besar merupakan pohon pinus. Karena itu suasana yang tercipta dikawasan bukit terasa sangat sejuk dan juga menyegarkan.

9. Arrowhead Park

arrowhead park

  • Lokasi : Desa Tegalwaton, Kecamatan Salatiga, Kabupaten Salatiga
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka :07.12.00 & 15.00-17.00 Selasa-Minggu
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, penginapan, warung makan

Objek wisata ini merupakan tempat wisata yang berada di tengah-tengah pedesaan Tegal Waton. Disini anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam desa yang masih asri, hijau, dan juga rindang. Tak hanya itu, bagi anda yang suka berkuda anda wajib untuk mampir ke tempat ini, karena disini juga menawarkan aktivitas berkuda yang tentunya sangat mengasikan.

Uniknya, anda dapat dengan bebas memilih kuda mana yang akan anda gunakan nantinya dan tentu saja anda akan didampingi staf ahli di sini. Jadi tak perlu ragu untuk mencicipi berkuda lokasi yang sangat memanjakan ini.

10. Desa wisata Tingkir Lor

Desa wisata Tingkir Lor

  • Lokasi : Kecamatan Tingkir, Tingkir Lor, Kota Salatiga
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, penginapan, warung makan

Desa wisata Tingkir Lor ini merupakan salah satu objek wisata bersejarah di kota Salatiga. Konon katanya desa ini merupakan tempat tinggal Jaka Tikir, pemuda yang pernah menjadi Sultan di Kasultanan Pajang. Dan seiring berjalannya waktu, desa ini berkembang menjadi area wisata yang menarik banyak wisatawan.

Tempat ini menjadi salah satu lokasi perbelanjaan barang-barang murah khas Salatiga dengan nuansa pedesaan yang masih asri. Mulai dari berbelanja produk konveksi dan oleh-oleh kuliner khas Salatiga. Tak hanya itu bila anda beruntung anda akan menjumpai atraksi unik dengan menggunakan alat blek atau kaleng bekas yang biasa disebut dengan drumblek.

11. Kopeng Camping Ground

wisata kopeng salatiga terbaru

  • Lokasi : Sumogawe, Getasan
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin)
  • Fasilitas : peralatan camping

Jika anda sedang mencari area camping bersama teman atau keluarga, maka Kopeng Camping Ground bisa menjadi alternatif pilihan anda nantinya. Disini anda tidak usah kerepotan dengan membawa berbagai macam alat untuk caping, karena semua perlengkapan sudah tersedia dan anda hanya tinggal menikmatinya saja.

Pemandangan sekitar yang masih sangat asri lengkap dengan suhu rata-rata 16 ° – 20° C membuat suasana semakin nyaman dan dingin.

12. Kopeng Paintball

Kopeng Paintball

  • Lokasi : Jl. Raya Kopeng, Batur, Getasan
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 – Rp 150.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00

Ingin mencoba permainan perang dengan peralatan dan perlengkapan khusus bak tentara, Kopeng Paintball akan memberikan pengalaman tersebut. Akhir-akhir ini permainan tersebut memang banayk digandrungi dan menjadi tren di beberapa kalangan.

Meskipun ini cuma permainan, namun hal itu masih perlu pengawasan dan kedisipilinan untuk memainakn permainan ini. Tidak perlu khawatir, sebab semua perlengkapan dan peralatan sudah sangat aman dan sesuai standar. Wisata ini bisa menjadi salah satu pilihan jika ingin mencari pengalaman baru dan melepas stres.

13. Kopeng Treetop Adventure

Kopeng Treetop Adventure

  • Lokasi : Jl. Raya Kopeng, Batur, Getasan
  • Tiket Masuk : Rp 110.00 – Rp 450.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00

Tak hanya Kopeng Paintball, Kopeng Treetop Adventure juga salah satu wahana outbond yang menyenagkan. Disini banayk sekali kegiatan outbond yang bisa anda dapatkan dengan total 8 sirkuit, 88 tantangan, 24 flaying fox, giant tarzan jump yang akan memuaskan pengalaman pengunjung anda dalam mencari sensasi menyenangkan dan memacu adrenalin di alam terbuka.

Selama anda melakukan petualangan, anda juga akan dimanjakan dengan suguhan pemandangan alam yang sangat indah yang dijamin tidak akan membuat anda bosan dan akan membuat pikiran anda semakin fresh.

14. Hutan Pinus Kayon

Hutan Pinus Kayon

  • Lokasi : Dusun Krangkeng desa Batur Kecamatan Getasan
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Ternyata Semarang juga memiliki hutan pinus yang tak kalah cantik dari hutan pinus kota linnya lho yaitu Hutan Pinus Kayon. Disini kalian dapat melakuakn kegiatan berswafoto dengan latar belakang yang sangat eksotis.

Pintar-pintar saja mengambil angle yang fotogenik anda akan mendapatkan foto yang luar biasa indah nantinya. Tak hanya itu, sembari melakukan kegiatan berswafoto Anda juga dapat menikmati pemandangan yang menyejukkan mata dan udara yang menyegarkan, hal itu tentunya akan membuat kegiatan berswafoto anda semakin nyaman dan betah untuk menghabiskan waktu di tempat ini.

15. D’Emmerick

D’Emmerick

  • Lokasi : Kumpulrejo, Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah
  • Harga : Mulai dari Rp 279.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : WiFi, area parkir, kolam renang luar, area anak,layanan kamar, layanan binatu, area outbound, ATV, panahan, high ropes, flying fox, resto

Nah, jika anda bingung mencari lokasi penginapan, D’Emmerick hotel ini sangat tepat untuk dijadikan pilihan ketika berada di Salatiga. Hotel ini menawarkan nuansa Belanda yang klasik dengan fasilitas yang sangat lengkap dan memanjakan.

Suasana di areal hotelnya pun sangat sejuk serta dipercantik dengan kebun taman yang sangat luas dan sedap untuk di pandang. Bahkan, jika anda bosan hanya berada di dalam kamar, disini kalian dapat melakukan aktivitas outbound yang menyenangkan.

16. Mata Air Senjoyo

Mata Air Senjoyo

  • Lokasi : Jl. Senjoyo IV, Kadipurwo, Gendongan, Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-MInggu)
  • Fasilitas : area parkir, musholla, kamar mandi dan toilet, warung makan, hotel, outbound, camping ground, bioskop

Seperti namnya, ditempat ini anda akan disuguhkan dengan kolam yang dapat anda manfaatkan untuk berenang ataupun sekedar bermain air. Lokasi wisata ini mencapai puncak keramaian disaat sore hari, sebab banyak warga setempat yang mandi di dalamnya.

Airnya yang jernih pun menjadi daya pikat tersendiri sehingga tak heran jika tidak pernah sepi dengan pengunjung yang berdatangan ke tempat wisata ini.

17. Kolam Renang Kalitaman

Kolam Renang Kalitaman

  • Lokasi : Jl. Kalitaman, Kutowinangun Kidul, Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 05.00-17.00
  • Fasilitas : area parkir, kantin, warung makan, MCK, tempat istirahat, gazebo, penginapan, ruang ganti atau bilas, wahana air, kolam renang untuk dewasa, kolam renang untuk anak-anak, papan loncat indah, ruang tunggu

Kolam Renang Kalitaman atau yang juga dikenal sebagai Kolam Renang Kali Gedong merupakan tempat wisata rekreasi keluarga yang tepat untuk uk mengisi liburan akhir pekan tiba. Dan fakta unik dari kolam renang ini ialah kolam renang tertua yang ada di kota Salatiga.

Dan menariknya lagi kolam ini pernah dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan arena kejuaraan Pekan Olahraga Nasional di tahun 1948.

18. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu

  • Lokasi : Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Jika anda para pecinta gunung, maka tak ada salahnya jika anda mencoba untuk mendaki di gunung yang satu ini. Taukah kamu? Gunung Merbabu yang memiliki ketingian lebih dari 3000 mdpl ini juga termasuk ke dalam salah satu gunung terindah yang ada di Indonesia lho.

Dari atas puncknya ada daoat menikmati pemandangan yang mempesona dari gemerlap kota Salatiga, Ungaran, Rawa Pening, bahkan sampai dengan Kota Semarang tampak sangat indah dari ketinggian.

Di sisi selatan Gunung ini pun anda akan disuguhi dengan pemandangan Gunung Merapi yang bila mana kalian beruntung akan melihat dengan jelas lahar Merapi yang sangat menakjubkan dari atas Gunung Merbabu. Untuk cacatan, jika hendak mendaki pastikan kondisi stamina anda kuat dan prima sebab medan yang hendak dilalui lumayan susah.

19. Tlogo Plantation

Tlogo Plantation

  • Lokasi : Jalan Raya Tuntang-Beringin Km 2, Ngelerak, Delik, Tuntang, Salatiga, Jawa Tengah
  • Harga : Mulai dari Rp 300.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : tour wisata dengan dipandu oleh seorang staff atau karyawan resort, 15 kamar superior dengan 22 cottage, flying fox, kolam, jeep, bioskop the park, travel banaran, view taman kota, rental mobil, nama kuda poni, atlantic dreamland, bunga satiga, coffee java, yogyakarta, agro serta juga logo

Selain dijadikan sebgai tempat penginapan, kawasan Tlogo Plantation juga dijadikan sebagai tempat agrowisata yang sangat menarik. Disini anda dapat melakukan kegiatan tour ke kebun kopi serta kegiatan berkebun yang dapat diikuti oleh semua kalangan baik dewasa hingga anak-anak yang tentunya akan menambah wawasan.

Uniknya lagi, tempat ini seakan tersembunyi dibalik kerimbunan pohon. Jarak dari penginapan ke tempat wisata pun lumayan jauh. Hanya ada jalan setapak dari tatanan batu merah yang harus dilewati, serta jalan yang lurus menggunakan paving block dan jalan lainnya ditutup menggunakan batu kali. Hal itu  tentunya akan memberikan kesan yang sangat alami.

20. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

  • Lokasi : Jl. Stasiun No. 1, Panjang, Ambarawa, Panjang Kidul, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 (Anak-anak), Rp 10.000 (Rp 10.000)
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Sedikit bergeser dari kota Semarang, di Ambarawa ada museum unik nih namanya Museum Kereta Api Ambarawa. Tempat wisata ini memiliki objek wisata kereta api uap kuno yang bisa dinaiki wisatawan. Berkunjung ke tempat ini akan merasakan pengalaman menaiki mesin waktu yang membawa kembali ke masa lalu.

Salah satu kereta api yang masih aktif di tempat ini adalah kereta dengan lokomotif B 5112. Meski usianya sudah tua, namun kereta api yang sudah ada sejak zaman Belanda ini masih agah membawa wisatawan keliling berbagai daerah di sekitar Ambarawa.

21. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

  • Lokasi : Kawasan Wisata Umbul Sidomukti, Sidomukti, Bandungan, Jimbaran, Bandungan, Manggung, Jimbaran, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-24.00

Umbul Sidomukti merupakan sebuah tempat wisata rekreasi keluarga yang berada di atas ketinggian 1.200 mdpl yang sangat cocok digunakan sebagai tempat wisata di Semarang yang asik dan menarik untuk mengisi libur akhir pekan.

Berbagai kegiatan dapat anda lakukan disini, mulai dari camping, main flying fox atau sekadar duduk-duduk santai sambil minum kopi, bahkan berenang di kolam yang langsung menghadap ke pemandangan di atas dataran tinggi.

Karena lokasinya yang berada di dataran tinggi, tentu saja kawasan wisata ini mempunyai cuaca yang lebih sejuk daripada tempat wisata lain di Semarang bawah.

22. Bukit Cinta Ambarawa

tempat wisata ambarawa

  • Lokasi : Kebondowo, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 6.000 (Weekdays), Rp 7.500 (Weekend)
  • Jam Buka : 08.00-18.00
  • Fasilitas : warung  makan, perahu, gubuk

Hey instagramer, kalian wajib banget nih mengunjungi tempat wisata yang satu ini sebab, Bukit Cinta Ambarawamemiliki banyak sekali spot-spot keren yang akan memanjakan kalian semua untuk membidikkan lensanya dan berswafoto ra atau sekedar bersantai sembari menikmati udara dan pemandangan yang indah.

23. Kampoeng Rawa

Kampoeng Rawa

  • Lokasi : Dekat Rawa Pening, Ambarawa, Semarang
  • Tiket Masuk : Rp 90.000 (Senin-Jumat) dan Rp 100.000 (Sabtu, Minggu dan Hari Libur)
  • Jam Buka : 08.00-19.00

Tempat wisata yang satu ini wajib dijadikan sebagai salah satu destinasti yang harus dikunjungi saat berlibur ke Semarang. Konsep tempat wisatanya cukup unik yakni memadukan antara wisata yang dibuat oleh penduduk dengan karya Tuhan yang begitu indah.

Sehingga terbentuklah wisata Kampoeng Rawa. Disini anda akan melihat indahnya pemandangan persawahan dan rawa yang begitu luas. Perlu diketahui bahwa kampung ini dikelilingi oleh 5 gunung sekaligus yaitu Gunung Merbabu, Gajah Mungkur, Gunung Merapai, Telomoyo serta dataran tinggi yang bernama Ungaran.

Jadi kebayang dong bagaimana panorama keindahan alamnya yang akan disjaikan nantinya. Tak hnaya itu saja, suasanya sejuk dan asri yang tersaji juga akan semakin membuat anda betah untuk singgah berlama-lama di lokasi wisata yang satu ini.

24. Goa Rong View atau Goa Rong Tuntang

Goa Rong View atau Goa Rong Tungtang

  • Lokasi : goa rong, Lopait, Tuntang, Lopait, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 3.000 – Rp 5.000
  • Jam Buka : 07.00-18.00
  • Fasilitas : gardu, spot pemandangan, gazebo, tempat-tempat istirahat seperti saung dan cafe, area permainan, musholla

Tempat wisata yang satu ini berada di atas ketinggian 690 mdpl dan menawrkankonsep wisata pemandangan dari atas bukit yang menjadi daya tarik utamnya. Beberapa fasilitas pendukungnya pun semakin mempermudah para pengunjung untuk menikmati tempat wisata yang satu ini.

Suasananya yang tenang serta asri juga semakin membuat anda betah untuk berlama-lama di tempat yang satu ini.

25. Kolam Renang Tirto Argo Siwarak

Kolam Renang Tirto Argo Siwarak

  • Lokasi : Lerep, Jl. Tirto Argo, RT.04/RW.08, Brangkah, Nyatnyono, Ungaran Bar., Ungaran Barat, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk :
    • Hari senin : Rp 15.000
    • Hari selasa – rabu : tutup ( Pembersihan kolam renang  )
    • Hari kamis – minggu : Rp 15.000
    • Sewa  loker : Rp.5000
    • Sewa ban : Rp 5000
  • Jam Buka : 06.30-17.30 (Kamis-Senin)
  • Fasilitas : toilet, kamar ganti, kamar bilas, penitipan barang, mushola, loker, tempat makan, kolam ikan, spot foto, plosotan spiral mini, plosotan lurus, plosotan yang lebar, ember tumpah, kolam renang

Kolam renang yang satu ini memiliki banyak sekali kolam yang tersebar diseluruh sisi tempat wisatanya. Yang dimana terbagi menjadi dua golongan yaitu, kolam renang dewasa dan anak-anak. Untuk kolam renang dewasa disediakan seluncuran yang lumayan tinggi dan untuk kolamnya merupakan kolam renang yang terluas dari pada yang lain.

Sedangkan untuk kolam renang anak dilengkapi dengan permainan mini waterboom yang dapat membuat si anak bergembira seharian bermain air disini.

26. Benteng Pendem

Benteng Pendem

  • Lokasi : Bugisari, Lodoyong, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.30-16.30

Jika kalian sudah berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa, maka tempat ini tak jauh dari lokasi benteng tersebut. Objek wisata ini sendiri memiliki nama asli Fort Willem I, namun oleh masyarakat setempat bangunan itu disebut dengan Benteng Pendem yang berarti Benteng yang terpendam.

Disebut demikian karena pada awalnya benteng ini berada di permukaan tanah yang terkubur yang berfungsi sebagai salah satu strategi melawan musuh. Untuk umur benteng ini sudah lebi dari satu abad, karena memang sudah berdiri sejak tahun 1834.

Meskipun benteng ini terlihat sangat tidak terawat dan banyak ditumbuhi dengan lumut dan tenaman merambat, para wisatawan tetap mengunjungi benteng ini karena hal itu lah yang menjadi daya tarik dari tempat ini karena membuatnya tampak instagramable dan unik. Tak heran, tempat ini pun menjadi buruan para traveler yang hoby fotografi.

27. Prasasti Plumpungan

Prasasti Plumpungan

  • Lokasi : Kauman Kidul, Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Prasasti Plumpungan adalah tempat wisata sekaligus sebuah batu tulis yang di dalamnya terdapat tulisan dengan menggunakan bahasa sansekerta yang berbunyi Shir Astu Swasti Prajabyah dan memiliki makna semoga selamat dan sejahtera rakyat sekalian.

Prasati ini juga menjadi bukti keberadaan kota Salatiga pada zaman itu dan seiring perkembangan zaman lokasi wisatanya dikembangkan menjadi lokasi wisata sejarah yang luasnya kurang lebih 2.765 meter persegi.

Selain benda bersejaran, daerah Prasasti Plumpungan juga dikenal sebagai pusat penghasil batik di Kecamatan Sidorejo, Salatiga. Selain membeli batiknya, kalian juga dapat membatik atau belajar membuat batik Plumpungan. Menarik bukan?

28. Pemandian Alam Muncul

Pemandian Alam Muncul

  • Lokasi : Jalan Raya Muncul, Rowoganjar, Rowoboni, Banyubiru, Ambarawa, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 20.000
  • Jam Buka : 05.00-17.00
  • Fasilitas : ruang ganti, kolam renang, area parkir, kios souvenir serta oleh-oleh

Pemandian Alam Muncul yang memiliki lebar  20×40 meter ini langusng dikelola oleh pemerintah daerah kabupaten Semarang yang selalu ramai dikunjungi setiap harinya oleh para wisatawan. Air yang terdapat di kolam ini berasal dari sumber alami yang dimana di dalamnya juga hidup ikan-ikan kecil yang berenang bebas, sehingga hal itu akan menjadi daya tarik dan keunikannya sendiir.

29. Atlantic Dreamland

wisata salatiga dreamland

  • Lokasi : Jalan Soekarno Hatta Isep-Isep, Cebongan, Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 20.000
  • Jam Buka :
    • Weekdays : 09.00-17.00
    • Weekend : 08.30-17.30
  • Fasilitas : gazebo, kolam renang, wahana air, kios makanan dan oleh-oleh, ruang ganti dan bilas, toilet, wahana permainan anak dan dewasa, watertoys, waterboom, bombom car, flying fox, jet coaster, game center, balon loncat, water ball, bioskop 4 dimensi

Atlantic Dreamland bisa dikatakan sebagai Ancolnya kota Salatiga, sebab berbagai wahana yang ada di Ancol terdapat di Atlantic Dreamland. Sehingga tak heran jika tempat ini menjadi destinasi wisata favorit di kota Salatiga.

30. Kandhang Galeri

Kandhang Galeri

  • Lokasi : Desa Togaten, Jalan Suropati Gang I/565 B, Mangunsari, Salatiga
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 08.00-15.00

Seperti namanya, tempat wisata ini merupakan sebuah galeri yang berada di kota Salatiga. Pembangungn tempat ini digagas oleh Bapak Bambang Priyanto dengan tujuan sebagai tempat untuk menyimpan karya-karya dari Ign. Galeri ini diresmikan pada tanggal 25 Februari 2012 yang bertepan dengan 1 tahun meninggalnya Angga.

Angga merupakan putra dari Bapak Bambang yang meninggal pada tanggal 14 Februari 2011 karena mengalami pendarahan otak. Dan beliau merupakan mahasiswa seni lukis di ISI Yogyakarta. Untuk itulah, Bapak Bambang mendirikan galeri ini untuk meghormati karya-karya anaknya.

Di dalam galeri ini anda akan menjumpai berbagai karya lukisan, sketsa, patung, drawing dan barang-barang keseharian yang dipakai oleh Angga diantaranya seperti cat lukis, buku-buku koleksi Angga dan juga beberapa kanvas yang belum sempat di lukis.

Selain menjadi galeri dan museum, tempat ini juga dijadikan sebagai basecamp beberapa komunitas, antara lain Bener 7, redaksi kotasalatiga.com dan Komunitas Kampoeng Salatiga. Dan dikedepannya galeri ini tetap digunakan sebagai tempat ntuk memamerkan karya-karya dari siapapun seniman yang ingin mengapresiasi seni di kota Salatiga. (RB)

31. Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo

  • Lokasi : Wilayah Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 06.00-18.00

Mungkin sebagian besar kalian tidak mengenal gunung yang satu ini. Gunung ini mempunyai ketinggian 1894 mdpl yang terletak didaerah sekitar kawasan Kopeng termasuk wilayah Kabupaten Semarang, dekat dengan Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Tak seperti gunung pada umumnya, untuk mencapai puncaknya anda tidak perlu repot repot berjalan kaki, karena anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor untuk mencapainya. Di sepanjang perjalanan, anda akan merasakan hawa yang dingin, segar nan sejuk khas pegunungan dan juga pemandangan sepanjang perjalanan yang sangat mempesona.

32. Gua Maria Pereng

Gua Maria Pereng

  • Lokasi :  Dusun Jampelan, Desa Getasan, Kecamatan Getasan, Sumogawe, Getasan, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 2.000
  • Jam Buka : 08.00-21.00
  • Fasilitas : toko souvenir

Gua Maria Kerep Ambarawa merupakan salah satu lokasi wisata religi untuk umat Katolik, namun tempat ini juga terbuka untuk umum dan untuk pengunjung agama apapun, bahkan menjadi salah satu ikon wisata di Ambarawa.

Gua Maria ini sudah berdiri di tahun 1954 dan terus dikembangkan setiap tahunnya. Selain gua, disini juga terdapat patung Bunda Maria di dalamnya serta ada apel dan beberapa perhentian jalan Salib yang digunakan untuk ziarah Umat Katolik.

Disini juga terdapat taman dengan hamparan rumput hijau dengan batu jalan setapak yang sangat menarik untuk dipandang.

Pengunjung pun dapat berkeliling sambil melihat diorama dari beberapa kisah yang diambil dari Alkitab. Suatu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh semua orang dan kiranya dapat dijadikan sebagai simbol perdamaian dalam keberagaman agama di Indonesia.

33. Lapangan Pancasila

Lapangan Pancasila

  • Lokasi : Jl. Ahmad Yani No.100, Kalicacing, Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Simpang Lima Semarang atau juga di kenal sebagai Lapangan Pancasila merupakan Alun-alun kebanggaan warga Kota Atlas ini berada di pusat kota dan tentunya hal itu sangat mudah diakses dari mana saja.

Disini kalian dapat melakukan berbagai macam aktivitas lho, mulai dari yang bisa dilakukan sendiri maupun beramai-ramai.

Asiknya lagi, untuk anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk melakukan kegiatan tersebut, atau bahkan anda dapat menikmati wisata Simpang Lima Semarang tanpa keluar biaya sama sekali. Penasaran apa aja yang dapat anda lakukan di simpang lima ini? Yuk langsung mampir aja ke Simpang Lima Semarang!

34. Candi Klero

Candi Klero

  • Lokasi : Ngentak Lor, Klero, Tengaran, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Letaknya yang berada di Desa Ngentak membuat suasana yang tercipta di tempat wisata ini sangat terasa asri, indah, serta menawan khas pedesaan. Tak hanya itu, setibanya di tempat wisata anda juga akan disambut dengan ramah oleh para warga setempat dan mereka dengan senang hati membantu para pengunjungnya saat menghadapi kebingungan.

Candi ini sendiri merupakan candi bercorak hindu yang dimana menjadi bukti bahwa keberadaan agama Hindu erat sekali kaitannya dengan kehidupan masyarakat di zaman sejarah. Secara arsitekturnya juga candi ini terbagi menjadi dua bagian, yakni bagian utama berupa bangunan serta candi perwara atau pendamping.

Dan menariknya lagi ketika anda datang suasananya sangat sepi dan nyaman, jadi anda dapat lebih leluasa untuk berada di tempat tersebut. Ntah hanya sekedar jalan-jalan disekitar candi, atau selfi sampai mati gaya sekalipun.

35. Bukit Harapan Cuntel

Bukit Harapan Cuntel

  • Lokasi : Cuntel, Kopeng, Getasan, Cunta, Kopeng, Getasan, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk :
    • Per orang : Rp 2.000
    • Parkir Motor : Rp 2.000
    • Parkir Mobil : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, gardu pandang, tempat duduk, ayunan, gazebo, taman bunga, spot selfie

Pernah liat film yang berjudul Kau dan Aku Cinta Indonesia? Nah, film itu yang memperkenalkan si bukit ini, sehingga menjadi salah satu lokasi wisata yang diincar para wisatawan saat datang ke Salatiga ataupun Semarang.

Salah satu daya tarik dari bukit ini terletak pada adanya pohon pinus setinggi 7 meter yang kondisinya gundul, kering dan tidak berdaun, namun di tengah-tengahnya dibuat tempat duduk atau rumah pohon yang sangat menarik untuk disinggahi dan tentunya digunakan sebagai tempat untuk berselfie ria.

Untuk menuju rumah pohon itu kalian harus menaiki sebuah tangga yang terbuat dari kayu.

Selain itu, Bukit Harapan Cuntel ini juga merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat pemandangan gunung-gunung yang berada di Salatiga dan juga Semarang. Penasaran?

Jika anda ingin liburan ke kota Banjarmasin, kunjungi juga Tempat Wisata di Banjarmasin yang tak kalah bagus.

36. Kebun Bunga Bandungan

Kebun Bunga Bandungan

  • Lokasi : Jetis, Bandungan, Jetis, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp7.500
  • Jam Buka : 07.00-18.00
  • Fasilitas : musholla, toilet, warung makan

Tempat wisata yang satu ini berada di atas ketinggian 1200mdpl yang mempunyai suhu sejuk dengan titik terendah pada 19 derajat celcius sehingga hal tersebut sangat pas untuk digunakan sebagai tempat membudidayakan sayuran & buah-buahan, dan juga tanaman hias.

Di tempat ini para pengunjungnya akan dimanjakan dengan pemandangan bunga krisan yang berwarna-warni dan di klaim merupakan bunga krisan terbaik yang ada di Jawa Tengah.

Untuk luas kebun bunga ini sendiri mencapi 50 hektar dengan bunga krisan yang berwarna putih, merah & juga kuning.

Selain pengunjung bebas berfoto ria, disini pengunjung juga dapat membeli bunga potong dengan warna bebas sesuai yang diinginkan dengan harga cukup 5 ribuan saja perbatangnya. Tertarik?

37. Taman Kelinci

Taman Kelinci

  • Lokasi : Jalan Raya H. Toeyib Soebadi, Rowoboni, Banyubiru, Cebur, Kalibeji, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk :
    • Per orang : Rp 5.000
    • Parkir Motor : Rp 2.000
    • Parkir Mobil : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : cafe, outbound, pin Ball, Fighter Kids, Flying Fox Fighter, Aqu4Life Fish Story and Long Aquarium, sapi perah

Meski diperuntukan khusu untuk anak-anak, namun antusiasme dari semua kalangan atas adanya tempat wisata yang satu ini sangatlah mendukung. Taman kelinci ini merupakan bentuk pengembangan tema sport serta alam, yang diharapkan bisa menyalurkan semua kepentingan serta kebutuhan dari masyarakat akan tempat wisata yang berbeda dan menyenangkan.

Fasilitas yang terdapat di taman ini pun sangatlah lengkap untuk disebut sebagai tempat rekreasi. Sehingga seluruh kegiatan wisata menjadi lebih bermanfaat, lebih baik dan berkualitas.

38. Wisata Pendidikan Langen Tirta Muncul

Wisata Pendidikan Langen Tirta Muncul

  • Lokasi : alan Muncul Raya Rowoboni Banyubiru, Rowoganjar, Rowoboni, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 08.30-16.30
  • Fasilitas : ATV, pemancingan ikan air tawar, kolam renang anak, becak air, Kereta mini,restoran terapung

Langen Tirta Muncul merupakan sebuah tempat wisata alam yang berpadu dengan Wisata Pendidikan.

Disini terdapat beragam fasilitas yang memanjakan para pengunjungnya yang datang untuk berwisata jadi anda beserta keluarga akan nyaman dan mudah untuk melakukan berbagai macam aktivitas di dalamnya.

39. Mama Farm Hidroponik

Mama Farm Hidroponik

  • Lokasi : Jalan Tegalrejo Permai IV No. 21, Tegalrejo, Argomulyo, Tegalrejo, Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buak : 08.00-17.00

Sesuai dengan namanya, tempat wisata yang satu ini mengajarkan para pengunjugnya untuk belajar cara bercocok tanam dengan baik dan benar.

Disini juga terdapat banyak sekali tanaman sayuran yang tentunya dengan kualitas yang sangat baik.

40. Gedung PAPAK

Gedung PAPAK

  • Lokasi : Jalan Sukowati nomor 51, Kota Salatiga, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bagi kalian yang merupakan suka akan objek wisata sejarah nan kuno, maka anda wajib hukumnya untuk datang ke Gedung PAPAK. Menurut sejarah gedung ini sudah berdiri sejak tahun 1877 oleh karena itu bangunannya terlihat sangat kuno dan tentunya instagramable buat sebagian orang.

Nah itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di kota Semarang, selain terkenal akan tol salatiganya yang begitu mengagumkan, di kota ini juga banyak sekali memiliki tempat wisata di dalamnya yang tak kalah menarik dari kota-kota lainnya.

Namun satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Salatiga, semoga bermanfaat. Happy Holiday!

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Gorontalo

Dwi Okta
14 min read

Tempat Wisata di Malang

Dwi Okta
61 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *