Tempat Wisata di Pekalongan

Share
Comment 0 reply
Tempat Wisata di Pekalongan

Pekalongan merupakan salah satu kota pusat pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Pekalongan terdiri atas 4 kecamatan yaitu Pekalongan Barat, Pekalongan Utara, Pekalongan Timur, dan Pekalongan Selatan. Nah , kali ini alawisata akan membahas tentang tempat wisata yang ada di kota Pekalongan. Namun sebelum itu, yuk kenalan dulu dengan kota yang satu ini.

Pekalongan juga dikenal sebagai kota Batik, karena batik Pekalongan memiliki corak yang khas dan variatif. Menariknya lagi kota ini juga masuk ke dalam jaringan kota kreatif UNESCO dalam kategori crafts & folk art pada Desember 2014 dan memiliki city branding World’s city of Batik. Tak hanya itu, kota Pekalongan juga pernah memecahkan rekor MURI dengan adanya pemotongan lopis raksasa yang diadakan pada saat syawalan atau perayaan tujuh hari setelah lebaran.

Kota Pekalongan juga berbatasan langsung dengan daerah tujuan wisata yang ada di Jawa seperti Dieng, Batang, Brebesa, Wonosobo, dan juga Kendal. Dan Pekalongan sendiri juga memiliki potensi yang tak kalah indahnya dari kota-kota tersebut, mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, hingga kuliner semuanya ada disini. Penasaran?

Untuk itu, alawisata akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Pekalongan yang tentunya dapat anda kunjungi. Yuk langsung saja simak baik-baik aritkelnya.

1. Pantai Slamaran Indah

wisata pekalongan 2019

  • Lokasi : Krapyak Lor, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 3.000 (Weekdays), Rp 5.000 (Weekend)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tempat wisata pertama yang akan dibahas adalah Pantai Slamaran Indah. Pantai ini mempunyai pemandangan yang sangat indah, udara yang segar dan juga anda dapat menikmati fenomena terbit dan terbenamnya matahari sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.

2. Pantai Pasir Kencana

peta wisata pekalongan

  • Lokasi : Jalan Pantai, Wonokerto, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk :
    • Weekdays : Rp 2.000
    • Sunday & Holiday : Rp 5.000
    • Eid Holidays : Rp 10.000
    • Saturday night : Rp 2.500
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : aman bermain, panggung terbuka, bangku dan taman untuk bersantai, becak air, warung makan, musholla, toilet, kamar mandi bilas

Pantai yang selanjutnya yang harus anda kunjungi adalah Pantai Pasir Kencana. Karena letaknya yang berada di pusat Kota tak heran kawasan ini menjadi wisata favorit yang ramai dikunjungi. Ditemani pemandangan yang indah menawan anda dapat bermain sepuasnya dan melupakan sejenak semua permasalahan yang ada.

Tak hanya pantainya saja, disini juga terdapat akuarium dan koleksi biota laut yang mirip kayak miniatur Seaworld. Jika anda ingin berbelanja ikan segar serta melihat hiruk-pikuk aktivitas nelayan lokal anda dapat mampir ke pelabuhan dekat pantai.

3. Pantai Sunter Depok Indah

pantai sunter depok indah

  • Lokasi : Sawah, Depok, Siwalan, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-16.00

Objek wisata pantai menarik selanjutnya adalah Pantai Sunter Depok Indah. Pantai ini memiliki ombak yang tenang sehingga sangat pas dijadikan tempat berlibur bersama keluarga. Meski ombknya tidak terlalu besar, namun jika anda membawa anak anda tetap harus mengawasinya ya!

Seakin itu panorama yang disajikan pun sangat mempesona lengkap dengan pohon nyiur yang semakin membuat teduh sekitas pantai sekaligus memberikan nuansa yang romantis.

4. Pantai Wonokerto

tempat wisata pemalang

  • Lokasi :  Jl. Wonokerto, Ngasem, Wonokerto Kulon, Wonokerto, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai Wonokerto menjadi salah satu andalan wisata yang dimiliki kota Pekalongan. Selain akses jalannya yang mudah dan jaraknya yang dekat dengan jalur pantura membuat pantai ini kian ramai dipadati pengunjung disetiap hari libur tiba.

Pantai ini juga dipercantik dengan adanya pohon-pohon cemara di tepi pantai, hal itu juga semakin membuat udara disekitar pantai menjadi sejuk dan teduh. Tak hanya itu, pantai ini juga dihiasi oleh berbagai macam spot foto dengan slogan yang mengunggulkan keelokan Pantai Wonokerto.

5. Wisata Mangrove Park Pekalongan

wisata pekalongan terbaru 2019

  • Lokasi : Kandang Panjang, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 06.00-18.00
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, penginapan, penyewaan perahu

Wisata Mangrove Park Pekalongan atau biasa dikenal dengan Taman Hutan Mangrove Pekalongan ini menjadi salah satu area wisata yang hits abis dikalangan anak muda Pekalongan atau lebih tepatnya ada di belakang kompleks kampus STAIN Pekalongan.

Karena banyak pengunjung yang datang kesini hanya untuk sekedar bersantai ataupun kencan sore hari sambil menunggu sunset tiba. Menariknya lagi, anda juga dapat berkeliling taman mangrove dengan menggunakan perahu motor, cukup dengan membayar Rp 10.000 anda sudah dapat menikmati taman mangrove diatas air dan juga anda dapat berfoto selfie di Wisata Mangrove Park di Kandang Panjang Pekalongan.

6. Wisata Bahari Pekalongan

Wisata Bahari Pekalongan

  • Lokasi : Jalan W.R. Supratman, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 2.000, Rp 2.000 (Mini Sea World), Rp 2.250 (Wahana Edukasi), Rp 5.000 (Tiket Rujukan)
  • Jam Buka : 07.00-20.00 (Hari Biasa), 05.00-22.00 (Minggu dan hari libur nasional)
  • Fasilitas : area parkir, area outbpund, MCK, kolam renang, sea world mini, gardu pandang, gazebo, mercu suar, area pemancingan gratis, pendopo, kursi, peta area wisata

Kawasan wisata ini memiliki nama resmi Wisata Bahari PPN Pekalongan dan juga diresmikan pada tanggal 12 Juli 2006 oleh Freddy Numberi, Menteri Kelautan dan Perikanan RI waktu itu, serta ditandai dengan sebuah prasasti yang ditandatanganinya.

Disini anda dapat melakukan berbadai aktivitas mengasikan, mulai dari berkunjung ke kawasan pantai yang memiliki panas dengan sinar matahari terik menyengat namun cukup menyenangkan dengan adanya sejumlah pepohonan rimbun. Bibir pantainya juga dihiasi dengan tumpukan batu penahan abrasi yang tertata rapi.

Kawasan ini juga menjadi muara Sungai Loji yang melintasi Kota Pekalongan. Terdapat sebuah pendopo kecil dengan lantai beton nampak di sisi kiri pantai. Di luarnya ada kursi-kursi besi yang nyaman untuk menikmati suasana saat matahari sudah turun rendah di barat.

Selanjutnya anda juga dapat berkunjung ke gedung sea worl mini an melihat ikan Belida (belido, lopis) yang elok. Ikan ini terlihat sangat cantik dengan sisik halus dan bulatan hitam besar berpinggir terang pada badannnya. Dahulu ikan ini dipakai sebagai bahan utama pempek dan kemplang di Palembang, namun kini diganti tengiri karena harganya yang mahal.

Untuk mempermudah mengelilingi area wisata bahari disini terdapat peta Wisata Bahari Pekalongan yang ada di bagian depan kompleks Wisata Bahari.

7. Pantai Krematorium

Pantai Krematorium

  • Lokasi : Kandang Panjang, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 05.00-18.00

Sleanjutnya ada pantai yang sangat jarang diketahui oleh hal layak sebab pantai ini bukanlah pantai yang dibuka untuk wisata resmi seperti pantai lainnya. Dasar pantai ini ialah tempat dimana area krematorium yaitu gedung yang digunakan untuk pengabuan mayat, wah serem ya.

Namun jangan khawatir, hal tersebut tak lantas menghilangkan kecantikan yang dimiliki pantai. Area sekeliling yang cukup luas serta memiliki bibir pantai yang menarik dengan pasir putih serta pepohonan rindang menjadikan tempat ini banyak dikunjungi anak-anak hits untuk dijadikan tempat wisata.

8. Curug Muncar

wisata curug pekalongan

  • Lokasi : Jl. Songgodadi, Watugajah, Curugmuncar, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, tempat istirahat, warung makan

Selanjutnya ada Curug Muncar yang berada di ketinggian sekitar 1200 mdpl sehingga saat anda berada disini anda anda akan merasakan udara sejuk khas pegunungan. Lokasinya nyang beradai ditengah-tengah hutan milik perhutani membuat askse jalan menuju air terjun membutuhkan perjuangan yang sedikit berat dengan melewati lembah yang ketika musim hujan tiba jalan akan berubah menjadi sangat licin. FYI nama Curug Muncar tidak hanya ada di Pekalongan, namun di Kabupaten Purworejo dan Temanggung juga memiliki air terjun dengan nama yang sama.

9. Curug Bajing

Curug Bajing

  • Lokasi : Tlogopakis, Petungkriono, Hutan, Gumelem, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 7.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : jembatan, gazebo, area parkir

Curug ini masuk ke dalam kawasan Petungkriyono di Kabupaten Pekalongan dimana merupakan kawasan hutan tempat Oa Jawa berada salah satu hewan langka sekaligus dilindungi. Sebelum anda mencapai lokasi anda harus melewati jalan setapak yang cukup panjang dan memakan waktu, namun disepanjang perjalanan anda akan ditemani dengan pemandangan hutan yang memukau.

Curug yang berada di ketinggian sekitar 1300 mdpl juga memiliki hawa sejuk yang cenderung dingin khas pegunungan yang menenangkan. Curug ini memiliki tinggi 70 meter dengan debit air yang cukup deras. Pas banget buat anda yang ingin bersantai dan lari sejenak dari riuhnya kehidupan sehari-hari.

10. Curug Bidadari Jolotigi

Curug Bidadari Jolotigi

  • Lokasi : Hutan, Jolotigo, Talun, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 3.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor)
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : area parkir, MCK, musholla, penginapan

Kemudian ada Curug Bidadari Jolotigi. Tak jauh berbeda dengan curug lainnya, untuk menikmati keindahan curug ini anda harus melewai medan yang cukup menantang, melalui hutan dan tanjakan dan turunan yang cukup ekstrim yang akan anda lewati nantinya.

Penamaan curug ini diambil dari cerita rakyat yang konon katanya jika ada seoran anak kecil yang rewel lalu dibawa ke lokasi air terjun ini menjadi tidak rewel lantaran melihat keindahan pelangi di antara 2 tebing yang mengapit curug. Dan pada saat itu pula, bidadari dipercaya turun dari langit untuk menenangkan si anak. Oleh sebab itu, curug kemudian disebut Curug Bidadari.

Disini anda akan disuguhkan dengan pemandangan 2 kolam alami dengan air yang berwarna kehijauan di dalmamnya. Untuk kedalaman kolamnya sendiri bervariasi, satu yang berada tepat di bawah air terjun memiliki kedalaman hingga 7 meter dan satunya lagi memiliki kedalaman 4 meter.

Untuk menuju kolam itu, pengunjung juga harus melewati sungai yang cukup deras dengan air yang sangat jernih. Pengunjung dapat memanfaatkan bebatuan yang dapat dijadikan pijakan. Bagi anda yang suka tantangan, anda juga dapat mencoba terjun dari atas puncak curug ke dalam kolam sedalam 7 meter dibawahnya.

11. Curug Cinde

Curug Cinde

  • Lokasi : Hutan, Depok, Lebakbarang, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Sebelum anda sampai ke lokasi air terjun anda harus melewati tengah hutan dengan ditemani pemandangan alam yang sangat mempesona dan masih asri. Sesampainya di lokasi air terjun anda akan disuguhkan dengan pemandangan pegunungan yang berkelok-kelok serta suara gemercik suara air yang menggoda.

Suasana alam pedesaan khas daerah pegunungan akan membuat anda betah menghabiskan waktu di tempat ini.

12. Curug Lawe

Curug Lawe

  • Lokasi : Desa Cakrawati, Songowedi, Songgodadi, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, warung makan, musholla, MCK, camping ground, spot selfie

Pada saat anda menuju ke lokasi air terjun anda dapat melihat objek wisata lain yaitu rumah pohon menarik yang biasanya dijadikan sebagai tempat berselfie sebelum menuju ke air terjun. Jarak dari rumah pohon ke curug membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 15 menit. Walapun cukup melelahkan, namun sesampainya anda di lookasi air terjun anda akan langsung dibuat lupa dengan rasa penat yang anda. Suasana sejuk dan keindahan curug mampu membuang semua stress di kepala. Karena disini anda akan berada jauh dari perkotaan dan suasana seperti ini akan semakin membuat anda betah untuk berlama-lama.

13. Curug Blanten

Curug Blanten

  • Lokasi : Unnamed Road, Gunungtelu, Kutorojo, Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : warung

Curug Blanten terletak di perbatasan antara kecamatan Kajen dan kecamatan Kandangserang ini memiliki keunikan tersendiri yaitu curug yang menjadi tempat tinggal kera putih yang ipercaya menjaga desa Kutorojo, dimana curug ini berdiri. Dan jika anda beruntung anda dapat menjumpai kera putih tersebut sedang bersantai di area air terjun.

14. Air Terjun Bekakak

Air Terjun Bekakak

  • Lokasi : Jl. Raya Tajur, Sawah Dan Kebun, Tajur, Kandangserang, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Air Terjun Bekakak ini termasuk ke dalam wilayah wana wisata combong yang terletak di Dukuh Combong Desa Tajur Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah. Selin udaranya yang sejuk, anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan keindahan alam disini. Letaknya yang tersembunyi membuat curug ini masih belum terlalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

15. Curug Madu Duro

wisato doro pekalongan

  • Lokasi : Lemahbang Lor, Lemah Abang, Doro, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk :
    • Dewasa : Rp 5.000
    • Anak-anak : Rp 3.000
    • Parkir Motor : Rp 2.000
    • Parkir Mobil : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : area parkir, warung, mushola, gazebo, toilet

Letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Pekalongan bisa dijadikan sebagai wisata alternatif libur akhir pekan anda. Disini anda dapat refreshing sejenak dengan menikmati udara segar, pepohonna hijau yang menemani di sepanjang perjalanan hingga suara gemercik air yang jatuh membuat suasanan hati menjadi tenang dan menyatu dengan keindahan alam.

Curug ini tidak terlalu tinggi namun bidang terjun airnya memiliki lebar yang cukup besar. Debit air yang dimiliki pun tidak terlalu besar sehingga anda tidak perlu khawatir basah terkenal percikan air yang jatuh.

16. Curug Jlarang Lebakbarang

Curug Jlarang Lebakbarang

  • Lokasi : Hutan, Sidomulyo, Lebakbarang, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-16.30

Bagi anda yang sedang mencari persembunyian untuk menikmati ketenangan dari hiruk-pikuknya kehidupan, Curug Jlarang Lebakbarang bisa menjadi tujuan anda berikutnya. Curug ini keberadaanya belum terlalu diketahui banyak orang bahkan untuk warga Pekalongannya sendiri jarang yang mengetahui.

Padahal curug ini benar-benar mememiliki pesona yang sangat menawan dan alami. Pesona hutan dan juga pemandangan sawah terasering menjadi menu utama jika Anda singgah ke air terjun jurug jlarang tersebut.

17. Curug Sibedug Petungkriyono

Curug Sibedug Petungkriyono

  • Lokasi : Hutan, Kayupuring, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 05.00-17.30
  • Fasilitas : area parkir, gazebo, warung makan

Curug ini letaknya tidak jauh dari keberadaan curug Bajing namun curug ini tak semengesankan curug Bajing tersebut, meski demikian letaknya yang sangat strategis di tepi jalan membuat curug ini ramai dikunjungi. Curug ini juga populer sebagai tempat peristirahatan sejenak.

Curug ini memiliki 2 air terjun dengan tinggi kurang lebih 15 meter dengan debit air yang tidak terlau besar. Air yang dihasilkan pun cukup jernih khas air dari kawasan hutan di pegunungan yang ekosistemnya relatif masih terjaga dengan baik.

Dibawah air terjun juga terdapat kolam yang dapat disinggahi melalui jembatan bambu pendek di sisi kiri sungai yang bisa dipakai sebagai akses menuju ke kolam. Tak hanya itu, keindahan curug ini juga dilengkapi dengan banyaknya batu berukuran cukup besar yang berserakan.

18. Welo River Petungkriyono

Welo River Petungkriyono

  • Lokasi : Hutan, Kayupuring, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
    • Paket Wisata :
      • River Tubing : Rp 75.000
      • River Tracking Rp 60.000
      • Body Rafting : Rp 35.000
      • *sewa pelampung Rp 10.000 & sewa ban Rp 10.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00
  • Fasilitas : musholla, toilet bersih, warung makan

Welo River Petungkriyono atau bisa disebut dengan Kedung Sepingit Petungkriyono merupakan lanjutan dari Sungai Welo yang ada di bawah Jembatan Sipingit. Disini anda dapat bermain tubing dengan air yang berwarna kebiruan atau kehijauan yang super duper jernih seperti bahan bakar Pertamax atau Pertalite.

Disini ada juga black canyon asal Pekalongan yang sangat keren untuk bermain air. Tak hanya itu, di area wisata ini juga tersedia berbagai spot foto dengan latar belakang yang menarik seperti sendal jepit ataupun love.

Yang paling unik disini anda dapat merasakan sensasi berfoto di rumah pohon. Rumah pohon ini terletak diatas pohon yang tinggi menjulang dan jika anda ingin merasakan sensasi berfoto di rumah pohon anda harus berani untuk menjat besi terlebih dahulu. Unik ya!

Jika anda ingin liburan ke kota Madiun, kunjungi juga Tempat Wisata di Madiun yang tak kalah bagus.

19. Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo

Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo

  • Lokasi : Glodogan, Harjosari, Bawen, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Hobi mendaki gunung? Di Pekalongan ada nih salah satu gunung yang harus kamu taklukan yaitu gunung Kedalisodo. Puncak dari gunung ini bernama Puncak Hanoman yang dimana menjadi spot favorit para pendaki untuk berkumpul dan menikmati keindahan pemandangan sekitarnya.

Gunung ini sebelumnya terekenal sebagai tempat semedi. Tetapi seiring berjalannya waktu, masyarakat kota Pekalongan dan para wisatawan lainnya menjadikan gunung ini sebagai salah satu gunung tujuan pendaki.

Meskipun hanya memiliki ketinggian 1.697 mdpl, namun jalur pendakian gunung ini cukup curam dan menantang. Yang paling penting, persiapkan dirimu sebaik-baiknya sebelum mulai mendaki dan jangan tinggalkan apapun kecuali jejak, ya!

20. Gunung Rogojembangan

Gunung Rogojembangan

  • Lokasi : Perbatasan wilayah kabupaten Pekalongan dan Banjarnegara
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Selain ada Gunung Kedalisodo, Pekalongan juga ada Gunung Rogojembangan yang dapat anda jadikan destinasi pendakian selanjutnya. Lokasi gunung ini terletak perbatasan wilayah kabupaten Pekalongan dan Banjarnegara serta memiliki jalur utama pendakian melalui desa Gumelem, kecamatan Petungkriyono, kabupaten Pekalongan.

Gunung Rogojembangan ini juga merupakan gunung tertinggi yang berada di rangkaian Pegunungan Serayu Selatan dengan ketinggaiannya yang mencapai 2.117 mdpl. Selain treking ke puncak, di sekitar gunung ini juga memiliki objek wisata lain salah satunya ialah Curug Muncar yang berada di lereng gunung pada ketinggian sekitar 1.249 mdpl.

21. Bukit Pawuluhan

Bukit Pawuluhan

  • Lokasi : Klesem, Kandangserang, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bukit Pawuluhan menjadi salah satu tempat wisata yang diburu para pecinta golden sunrise. Sebelum mencapai puncak, para pendaki di sepanjang perjalanan akan ditemani dengan keindahan alam yang asri dan sejuk, bahkan jika anda beruntung anda dapat berjumpa dengan sekawanan monyet liar di pepohonan pinggir jalan. Sesampainya di puncak, panorama alam yang menakjubkan siap untuk memanjakan mara dan benak anda. Happy Tracking!

22. Linggo Asri

wisata pekalongan linggo asri

  • Lokasi : Linggoasri, Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 6.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : kolam renang, kebun binatang mini, bumi perkemahan, outbond, flying fox, arung jeram, trekking di hutan

Tempat wisata di Pekalongan yang wajib anda kunjungi selanjutnya adalah Linggo Asri. Linggo Asri ini merupakan objek wisata alam terpadu yang ada di tepi jalan lintas provinsi. Tempat wisata satu ini menawarkan berbagai wahana permainan yang asik untuk keluarga, seperti kolam renang, kebun binatang mini, bumi perkemahan, sampai wisata outbond seperti flying fox, arung jeram, dan trekking di hutan.

Linggo Asri ini berada di kawasan perbukitan tepatnya di ketinggian 700 mdpl, jadi tak heran jika suasana yang tercipta di area wisata amat sangat segar dan sejuk. Di tambah lagi dengan panorama pedesaan dan pepohonan hijau di sekelilingnya, dijamin akan membuat anda betah untun menghabiskan waktu anda di tempat ini.

23. Agrowisata Kebun Teh Pagaliran

Argowisata Kebun Teh Pagaliran

  • Lokasi : Pagilaran, Blado, Batang
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 06.00-18.00

Ternyata Pekalongan juga tak mau kalah dengan kota Jambi yang memiliki kebun teh cantik, tepatnya di Argowisata Kebun Teh Pagaliran anda dapat menikmati hawa sejuk nan asri khas perkebunan teh. Tak hanya itu, panorama keindahan alamnya juga sangat menakjubkan. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjunginya?

24. Desa Wisata Lolong

Desa Wisata Lolong

  • Lokasi : Jalan Raya Karanganyar Lebakbarang KM. 5, RT. 7 RW. 3, Kecamatan Karanganyar, Kelurahan Lolong, Karangrejo, Lolong, Kec. Karanganyar, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Bagi kalian pecinta durian, kalian wajib banget nih datang ke Desa Wisata Lolong. Desa ini merupakan salah satu desa penghasil durian terbesar di Pekalongan. Maka tak heran jika anda berkunjung ke desa ini anda akan melihat banyak sekali perkebunan durian yang tentunya bisa kalian nikmati pada saat musim durian.

Masyarakat setempat memang memanfaatkan potensi alam ini sebagai potensi wisata alam yang baik, hal itu telihat dari adanya wisata adventure seperti river tubing di Sungai Sengkarang yang bisa kalian nikmati nantinya.

25. Watu Ireng

Watu Ireng

  • Lokasi : Jl. Raya Lambur, Hutan, Lambur, Kandangserang, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 8.000
  • Jam Buka : 06.00-17.30

Bagi anda yang suka wisata berbau mistis, Watu Ireng ini pas untuk anda jadikan tempat wisata selanjutnya. Watu Ireng ini menawarkan suasana mistis kepada para pengunjung. Seperti namanya, “Watu Ireng” ini memiliki arti “batu hitam” sebagai tempat wisata di Pekalongan yang bernuansa misteri.

Batu hitam disana diperkirakan memiliki rongga, namun sampai sekarang tidak ada yang tahu bagaimana asal usul batu berongga tersebut. Jadi bagi anda penggemar fenomena alam yang misterius wajib untuk mengunjungi si Watu Ireng.

26. Bendungan Sungai Kletak

Bendungan Sungai Kletak

  • Lokasi : Prawasan Timur, Kedungwuni Tim., Kedungwuni, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bendungan Sungai Kletak ini dapat anda jadikan sebagai tempat wisata ketika berada di kota Pekalongan. Walaupun tempat wisata ini menonjolkan bangunan tua yang sudah lama berdiri, namun masyarakat setempat sering memanfaatkan teempat ini sebagai tempat bersantai dan berkumpul sembari enikmati waktu sore hari bersama keluarga di sekitar bendungan ini.

27. Jembatan Lengkung Surabayan

Jembatan Lengkung Surabayan

  • Lokasi : Dukuh, Surabayan, Wonopringgo, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Jembatan Lengkung Surabayan ini bisa menjadi tempat wisata di Pekalongan yang dapat anda kunjungi bersama keluarga anda nantinya. Tempat ini tak luput dari para remaja hits kota Pekalongan, sebab jembatan ini biasanya dijadikan tempat untuk berswafoto ria mengingat pemandangan yang ditawarkan juga sangat mengasikan.

28. Jembatan Gantung Timbangsari

Jembatan Gantung Timbangsari

  • Lokasi : Desa Timbangsari, Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Jembatan gantung Timbangsari merupakan jalur akses yang menghubungkan dari desa Timbangsari kecamatan Lebakbarang dan desa Telogopakis kecamatan Petungkriyono. Namun karena konstruksinya yang unik dan menarik membuat jembatan ini banyak terekspose di sosial media dan banyak yang mengunjunginya untuk sekedar selfie-selfie. Tak hanya itu, keindahan alam sekitar yang masih asri juga menjadi daya tarik tersendiri untuk jembatan yang satu ini.

29. Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan

  • Lokasi : Jl. Jatayu No.3, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-15.00

Sesuai namanya, museum ini menyuguhkan koleksi berbabu batik di seluruh Indonesia mulai dari yang kuno sampai modern dengan berbagai corak dan karakter. Setidaknya ada sekitar 1.149 koleksi batik yang tertampung di museum ini.

Sebut saja wayang beber yang terbuat dari kain batik dengan usia mencapai ratusan tahun, hingga alat tenun bukan mesin atau alat tenun tradisional semuanya dapat anda lihat disini.

Selain melihat-lihat koleksi batiknya, menariknya lagi para pengunjung juga memiliki kesempatan untuk dapat belajar langsung cara untuk membatik. Karena memang museum ini juga erfungsi sebagai pusat pelatihan membatik dan pusat pembelajaran batik. Dijamin deh berwisata ke museum ini akan memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan dan pastinya sangat berkesan.

30. International Batik Center Pusat Belanja Dan Wisata Batik

International Batik Center Pusat Belanja Dan Wisata Batik

  • Lokasi : Jalan Ahmad Yani No.573, Pekuncen, Wiradesa, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 09.00-21.00

Selain Museum Batik Pekalongan, anda juga dapat mengunjungi International Batik Center Pusat Belanja Dan Wisata Batik di kota Pekalongan, tepatnya di jalan Ahmad Yani. Tempat ini merupakan kawasan terpadu yang menjual berbagai jenis kerajinan batik.

Disini kalian dapat dengan mudah menemukan segala jenis batik yang diinginkan. Beridiri di atas lahan seluas 4 hektare, kawasan ini tidak pernah sepi akan pengunjung. Jadi bagi kalian yang sedang berada di kota Pekalongan, sempatkan mampir dan berburu oleh-oleh batik khas Pekalongan.

31. Wisata Belanja Pusat Grosir Setono

Wisata Belanja Pusat Grosir Setono

  • Lokasi : Jl. Dr. Sutomo No.1 – 2, Karangmalang, Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-18.00

Bingung mencari tempat oleh-oleh di Pekalongan, jangan khawatir kamu bisa datang ke Wisata Belanja Pusat Grosir Setono. Salah satu tempat wisata belanja di Pekalongan terutama membeli batik untuk buah tangan yang di rumah. Disini kamu dapat menemukan berbagai jenis kain batik yang beragam dengan harga yang cukup terjangkau. Rugi deh kalo nggak datang ke wisata belanja yang satu ini.

32. Monumen Pekalongan

Monumen Pekalongan

  • Lokasi : Bendan, Pekalongan Bar., Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Monumen ini berdiri pada tanggal 3 Oktober 1945 yang menjadi salah satu simbol perjuangan melawan penjajahan Belanda di bumi pertiwi. Di monumen ini ada lima orang patung pahlawan yang memegang tongkat dan senapan untuk berperang. Para wisatawan luar kota biasanya menyempatkan datang ke lokasi monumen hanya untuk sekedar berfoto.

33. Alun – Alun Kota Pekalongan

Alun - Alun Kota Pekalongan

  • Lokasi : Jl. Nusantara, Keputran, Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Alun-alun kota Pekalongan juga dapat anda jadikan sebagai lokasi wisata bersama keluarga tercinta. Selain itu, alun-alun ini juga menjadi basecamo tongkronagan anak-anak muda kota Pekalongan.

Lokasinya yang bersebelahan dengan Masjid Jami’ Pekalongan atau juga biasa disebut Masjid Agung Kauman Pekalongan menjadikan alun-alun ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya. Beberapa tahun yang lalu alun alun ini sangat ramai karena banyak sekali pedagang yang berjualan disana, namun beberapa tahun belakangan ini popularitasnya sudah agak redup dan tidak seramai dulu lagi.

34. Alun Alun Bebekan Kedungwuni

Alun Alun Bebekan Kedungwuni

  • Lokasi : Alun alun Kedungwuni Kedungwuni Lama. Kedungwuni, Sopaten, Kedungwuni Bar., Kedungwuni, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Jika anda menginginkan alun-alun yang ramai, anda bisa datang ke Alun Alun Bebekan Kedungwuni. Disana akan ada banyak penjual makanan yang siap untuk memanjakan lidah dan perut anda. Tak hanya itu, disana juga terdapat berbagai hiburan seperti penyewaan skuter dan sepatu roda untuk anak anak dan dewasa.

Yang pasti kini alun alun Bebekan Kedungwuni sudah bertransformasi menjadi tempat berkumpulnya orang orang di kabupaten Pekalongan.

35. Wana Wisata KALI PAINGAN Pekalongan

Wana Wisata KALI PAINGAN Pekalongan

  • Lokasi : Hutan, Tenogo, Paninggaran, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk :
    • Dewasa : Rp 4.000
    • Anak-anak : Rp 3.000
    • Hari Libur : Rp 5.000
  • Jam Buka : 07.00-17.30
  • Fasilitas : paket arung jeram, saung, tempat makan, WC, saung apung

Sebenarnya Kali Paingan adalah sungai biasa yang ada di pegunungan dengan air jernih yang menjadi ciri khususnya. Hanya saja sungai ini dimanfaatkan dan dikelola sehingga menjadi salah satu obyek wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

36. Gerbengkong Hills

Gerbengkong Hills

  • Lokasi : Gerbengkong Hills, Desa Ujung Negoro, Kesesi
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Gerbengkong Hills adalah padang savana yang ada di Ujung Negoro Kesesi, tempat yang cukup indah dengan kondisi udara segar yang jauh dari polusi kota. Tempat ini banyak dimanfaatkan para wisatawan untuk hunting foto yang instagramble.

Tempat ini tak pernah absen dari kunjungan para remaja Kota Pekalongan dari pagi hingga sore hati tiba, hanya untuk nongkrong. Selain itu banyak juga yang menjadikan lokasi ini sebagai tempat prewedding alternatif dengan biaya murah.

37. Masjid Agung Al-Jami

Masjid Agung Al-Jami

  • Lokasi : Jl. KH. Wahid Hasyim No.35, 6, Kauman, Pekalongan Timur, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Setelah berkunjung ke wisata alam yang ada di Pekalongan, tak ada salahnya kalau kini saatnya singgah sejenak ke Masjid Agung Al Jami Pekalongan. Masjid ini didirikan pada tahun 1852 oleh Raden Ario Wirio Tumenggung Adinegoro, yang merupakan Bupati Pekalongan ke-3.  Menggabungkan gaya arsitektur antara radisional Jawa dan Timur Tengah membuatnya terlihat sangat indah dan megah.

Hal yang cukup unik dari masjid ini adalah pengaturan shalat tarawih di bulan Ramadhan yang dimana pada saat shalat taraweh bersama pada rakaat ke 8 para jemaah yang 11 rakaat akan mundur dan membentuk shaf sendiri untuk melaksanakan shalat witir. Sementara jamaah di shaf depan tetap melaksanakan shalat tarawih hingga 23 rakaat. Sebuah tradisi yang sangat menyejukkan.

38. Kedung Sipingit

Kedung Sipingit

  • Lokasi : Jl. Raya Doro – Pekalongan, Hutan, Kayupuring, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 75.000 – Rp 100.000 (Paket Wisata)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : Kendaraan menuju start point (PP), Welcome drink, Makan siang, Dokumentasi, Safety tools seperti helm dan pelampung, Instruktur/guide, Sertifikat

Kedung Sipingit juga dikenal sebagai Blcak Kanyon yang dapat anda jadikan sebagai tempat wisata alternatif bagi anda yang suka dengan suasana wisata adventure. Kedung Sipingit ini diapit dengan 2 tebing besar dengan aliran sungai yang berwarna hijau kebiruan, dan tentunya anda dapat melakukan berbagai kegiatan seperti berenang, trekking, body rafting, river tubing hingga memancing di areal wisata ini.

Karena lokasinya yang masih tersembunyi, untuk menelusuri tempat ini pun diperlukan guide untuk memandu para pengunjung. Selain guide tersebut menjamin keamanan dan kenyamanan para pengunjungnya, anda juga akan mendapatkan dokumentasi foto maupun video sepanjang perjalanan yang anda lakukan.

39. Masjid Aulia Sapuro

Masjid Aulia Sapuro

  • Lokasi : Sapuro Kebulen, Pekalongan Bar., Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Masjid selanjutnya yang tak kalah unik di kota Pekalongan adalah Masjid Aulia Sapuro. Masjid ini konon katanya sudah berdiri sejak 1035 H atau 1625/1626 M yang di bangun oleh empat utusan Demak, yakni Kiai Maksum, Kiai Sulaiman, Kiai Lukman, dan Nyai Kudung.

Dan jika benar demikian makan Demak saat itu sudah berstatus kadipaten dan menjadi bagian Kesultanan Mataram dibawah Sultan Agung yang memerintah pada periode 1613 – 1645 M. Keunikan yang dimiliki masjid ini adalah masjid ini memiliki Al Qur’an berukuran raksasa yang menempel pada dinding ujung sebelah kiri. Al Qur’an itu berukuran 22,35 x 2 meter, berisi juz 30 yang terdiri atas 17 surat termasuk tambahan surat Al Fatihah, pemberian Mohammad Aswantari pada tahun 1970-an.

40. Nasi Megono

Nasi Megono

  • Lokasi : Jl. Mawar, Poncol, Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Harga : Rp 3.500 – Rp 4.500
  • Jam Buka : 11.00-23.00

Puas berwisata kelilingin Pekalongan, kini saatnya kita istirahat sejenak sembari memanjakan perut dan lidah dengan kuliner khas Pekalongan yang pertama adalah Nasi Megono. Sego Megono ini adalah makanan khas Pekalongan yang terbuat dari bahan nangka muda yang di cincang hingga halus dan kemudian di cmapur dengan parutan kelapa.

Plus akan lebih nikmat bila disantap dengan nasi hangat. Jika anda ke kota Pekalongan, wajib deh untuk mencicipi kuliner yang satu ini. Meskpiun harganya murah, tapi dijamin anda akan puas dibuatnya.

41. Tauto

Tauto

  • Lokasi : Jalan Doktor Sutomo, Gamer, Pekalongan Timur, Gamer, Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 10.000 – Rp 30.000
  • Jam Buka : 06.30-20.00

Ada lagi nih makanan khas Pekalongan yang wajib untuk anda cicipi yaitu soto tauto. Tauto merupakan makanan kas dari kota Pekalongan sejenis dengan soto yang ditambahi dengan rasa tauco. Tauco sendiri yakni semacam bumbu yang berbahan dasar kedelai sehingga menciptakan cita rasa yang unik dan memanjakan lidah.

Soto tauto ini biasanya dihidangkan bersamaan dengan suwiran / irisan daging dan juga jeroan dengan kuah hangat bercampur nasi seperti halnya soto pada umumnya. Gimana? Penasaran dengan rasanya?

Selain terkenal akan batiknya, ternyata kota Pekalongan sungguh kaya akan potensi wisata di dalamnya, mulai dari wisata alamnya yang terdapat di setiap sudut kotanya, hingga wisata kuliernya yang siap untuk memanjakan anda semua, namun satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Pekalongan, semoga bermanfaat. Happy Holiday!

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.