Tempat Wisata di Tegal

Share
Comment 1 reply
Tempat Wisata di Tegal

Kali ini alawisata akan membahas mengenai tempat wisata yang ada di kota Tegal, namun sebelum itu yuk kenalan dulu dengan kota yang satu ini. Tegal merupakan salah satu kota berwilayah otonom yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini juga pernah menjadi cikal bakal terbentuknya Korps Marinir seperti tercatat dalam Pangkalan IV ALRI Tegal dengan nama Corps Mariniers, pada tanggal 15 November 1945.

Ngomong-ngomong soal Tegal pasti akan terbesit dengan adanya warteg, ya! Warung Tegal dan pastinya dengan dialek ngapaknya yang unik. Tetapi jika anda menelusuri lebih jauh kota dengan sebutan kota Pantura ini, anda akan dibuat kagum dengan suguhan panorama keindahan objek wisatanya yang eksotis nan menarik.

Tak mau kalah dengan Semarang, Purwokerto, ataupun Brebes. Tegal juga mempunyai destinasi yang menarik dan cukup populer. Sebut saja Guci dan Rita Park yang sudah terkenal di area Jawa Tengah.

Jika anda memiliki rencana untuk berlibur di kota ini, anda tidak perlu khawatir dengan tempat wisata yang akan disuguhkan nantinya, karena dijamin akan membuat perjalanan berlibur anda nyaman dan menyenangkan. Maka dari itu, untuk mempermudah perjalanan berlibur anda, alawisata akan memberikan beberapa referensi tempat wisata yang ada di Tegal yang layak untuk anda kunjungi pastinya. Yuk langsung saja simak baik-baik.

1. Goa Lawa

tempat wisata di tegal pemalang

  • Lokasi : Desa Harjawinangun, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 7.000, Rp 5.000 (Parkir Kendaraan)
  • Jam Buka : 12.00-18.00 (Weekdays), 08.00-18.00 (Weekend & Holiday)

Lokasi wisata yang pertama kali alawisata bahas adalah Goa Lawa. Bila anda menginginkan lokasi wisata yang berbau alam plus dengan sensasi petualangan yang asik, Goa Lawa bisa menjadi alternatif wisata anda nantinya.

Disini anda akan disuguhkan dengan pemandangan kota Tegal  yang eksotis dari atas bukit. Disini ada spot yang paling ekstrem dan digandrungi para wisatawan untuk menjelajahnya loh, lokasi itu ada di tumpukan batu yang tersusun secara alami, dengan puncaknya yang menjulang, namun siap untuk anda daki!

Tak hanya itu, view Gunung Slamet yang berada di sebelah selatan bukit lengkap dengan beberapa penampakan baris pegunungan dan hutan rimbun disisi lainnya semakin mempercantik tempat wisata satu ini.

Tak seperti gua pada umunya, Goa Lawa ini merupakan tumpukan batu yang seperti sengaja dibuat namun lama-kelamaan batuan tersebut diisi oleh kawanan kelelawar yang biasa disebut masyarakat setempat sebagai “lawa”.

Disarankan bagi para pengunjung harus lebih ekstra hati-hati saatingin menikmati keindahan alam di tempat ini, khusunya pada musim penghujan.

2. Curug Bentar

wisata tegal curug

  • Lokasi : Desa Bentar, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Failitas : area parkir, musholla, MCK, penginapan

Setiap curug atau air terjun pastinya memiliki mitos atau cerita dibalik keindahan derasnya cucuran air yang tentunya menjadi hal menarik untuk diketahui, salah satunya Cuurg Bentar. Curug ini memiliki tinggi kurang lebih 35 meter dengan panorama air terjun yang jatuh merayap ke dinding tebing dan masuk ke cerug gua dibawahnya serta lengkap dengan pencahayaan yang luar biasa indah dari paparan sinar matahari bak air yang turun dari surga.

Di dukung dengan kualitas airnya yang sangat menyegarkan, menggoda para pengunjung untuk terjun dan bersenang-senang di dalamnya tanpa kenal waktu.

3. Curug Putri

wisata tegal 2019

  • Lokasi : Dukuh Padanama, Desa Mendala, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Lokasinya yang tersembunyi membuat keindahan Curug Putri tidak diketahui oleh banyak orang. Karena tersembunyi dan nyaris tidak ter

sentuh oleh masyarakat luas maka dibutuhkan perjuangan yang ekstra keras untuk bisa sampai ke lokasi curug. Tapi jangan khawatir, pemandangan alam yang indah akan menemani anda melewati tracking menuju lokasi.

Sesampainya di lokasi, anda akan disambut dengan curug dengan tinggi 35 meter serta semburan air yang disebabkan oleh debit air yang deras turun dari puncak curug. Background tebing batu yang terlihat unik juga menambah kesan eksotis air terjun ini.

Dengan keindahannya, ada mitos yang menyeritakan bahwa curug ini menjadi lokasi pemandian para bidadari, secercah pelangi yang sering kali muncul dipercaya sebagai jembatan para bidadari untuk menikmati segarnya Curug Putri.

Terlepas dari mitos tersebut, curug ini memang tidak diragukan lagi akan keindahan alamnya yang ditawarkan dan dijamin akan membuat anda betah untuk menghabiskan waktu di tempat ini.

4. Curug Cantel

Curug Cantel

  • Lokasi : Jl. Raya Kalipedes, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 15.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Curug selanjutnya yang ada di kota Tegal adalah Curug Cantel. Keindahan panorama alam yang ada di curug ini tidak bisa diragukan lagi.

Cucuran air yang turun dari derasnya debit air berasal dari puncak curug setinggi 60 meter mampu membuat embun yang tiada habisnya menyapa setiap pengunjung yang sampai di curug ini. Ditambah dengan landscape bebatuan yang berada di dasar curug juga menciptakan pemandangan semakin eksotis.

Sebelum anda samapi di lokasi, anda akan melewati tracking yang cukup asik untuk menamani perjalanan anda. Mulai dari pemandangan perkebunan, persawahan, menyeberangi sungai kecil dan banyak lagi lainnya membuat perjalanan anda begitu istimewa dibuatnya. Jika anda beruntung, anda akan menjumpai hewan liar yang dilindungi dan berkeliaran di sekitar rute tracking ini.

Terlepas dari keindahan yang diuguhkan pada rutenya, pastinya yang paling menarik adalah Curug Cantel sendiri. Ada mitos yang menarik disini, konon katanya, siapapun yang membasuh muka di curug ini akan dimudahkan jodohnya. Yuk para jombloers datang ke curug ini dan buktikan sendiri mitosnya xixixi.

5. Curug Pitu Margasari

tempat wisata di bogares tegal

  • Lokasi : Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, penginapan

Curug Pitu Margasari merupakan rangkaian air terjun yang berada diperbukitan Margasari dan dikelilingi oleh hutan yang masih asri. Sesuai namanya. curug ini memiliki tujuh air terjun bertingkat yang memiliki daya tarik sendiri di setiap tingkatannya.

Namun karean keberadaanya yang jauh dari peradaban, untuk sampai ke lokasi air terjun pun terbilang gampang-gampang susah. Karena aksesnya pun hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Dengan berjalan kaki dari pasar Margasari, Anda memerlukan waktu + 1 jam hingga air terjun pertama.

Di sepanjang perjalanan, anda akan ditemani dengan karakteristik hutan homogen yang monoton yang akan memberi pengalaman pribadi yang menarik tentunya. Tak hanya itu, anda juga akan menjumpai bendungan yang telah disediakan tempat untuk bersitirahat disana.

Dari bendungan perjalanan anda akan dilanjutkan dengan melintasi rute hutan tropis (heterogen) yang masih sangat alami. Disarankan anda bersama pemandu yang akan memberitahu rute ke Curug Pitu dari bendungan.

Saat anda sampai di air tejun, anda akan disambut dengan hamparan pohon jati nan eksotis. Spot foto yang menarik semakin membuat anda nyaman dibuatnya.

6. Curug Jejeg

wisata pangkah tegal

  • Lokasi : Jl. Raya Jejeg No.7, Sawah&Ladang, Jejeg, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Sealin tempatnya yang masih sangat asri, curug ini juga dilengkapi dengan bebeatuan yang bisa dimanfaatkan untuk tempat duduk sembari menikmati jatuhnya gemercik air yang jatuh dari puncak curug.

Curug ini memiliki tinggi kurang lebih 22 meter dengan debit air yang tidak terlalu deras. Curug ini juga memiliki tiga tingkatan dengan tinggi yang berbeda-beda dan juga terdapat kolam alami dibawahnya yang tidak terlalu dalam. Pas banget digunakan sebagai tempat bersantai ataupun sekedar bermain-main di areal curug.

7. Curug Luhur

curug luhur tegal

  • Lokasi : Sawah,Ladang, Tuwel, Bojong, Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00

Panorama alam yang disuguhkan curug ini terbilang beda dari curug lainnya, pasalnya air terjun ini seakan berada di sebuah mangkuk kolam raksasa yang ketinggian airnya hanya semata kaki orang dewasa tentunya dengan air yang jernih di dalamnya, sehingga anda dapat melihat batuan batuan kecil di dasarnya.

Tak hanya itu, di dinding tebingnya pun ditumbuhi oleh lumut dan tumbuhan merambat, serta akar-akar pohon yang menyebul dari balik tebing semakin menambah kesan alami pada tempat ini.

8. Curug Kembar

curug kembar

  • Lokasi : Desa Guci, Kecamatan Bumijaya, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Nama Curug Kembar diambil dari adanya dua buah curug yang posisinya berdekatan yang hampir mirip dengan Curug Penganten. Uniknya, curug ini memilki perbedaan yaitu satu curug memiliki debit air yang deras, curug satunya tidak memiliki debit air yang kecil.

Lokasinya yang berdekatan dengan Guciku Hot Waterboom ini memiliki tinggi 5 meter yang cukup memanjakan mata. Keunikan lainnya, suhu air dari curug ini hangat loh sehingga sangat cocok untuk di jadikan tempat rileksasi bagi anda yang ingin melepas penat kegiatan seahari-hari.

Tak jarang anda akan menjumpai pipa-pipa warga yang memang mengambil air dari curug ini sebagai sumber mata air sehari-hari. Meskipun airnya tergolong bersih, namun sangat disayangkan masih terdapat sampah pada sepanjang aliran sungainya.

Tapi tenang saja, tempat ini masih cocok kok buat para oengunjung yang menginginkan tempat bersuasana hening, karena di tempat ini anda hanya akan mendengar percikan air yang berjatuhan serta lengkap dengan serbuan kabut yang semakin menambah ketenangan suasana hati anda.

9. Curug Penganten

wisata bumijawa

  • Lokasi : Ladang, Hutan, Guci, Dukuh Bandarsari, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 06.00-17.00

Curug ini satu jalur dengan Curug Luhur, dimana lokasi Curug Penganten terletak diatas Curug Luhur yang berjarak 500 meter, sehingga untuk sampai ke lokasi para pengunjung hanya perlu berjalan beberapa menit saja.

Curug ini memilki dua buah curug dengan keunikan yang berbeda, satu memiliki arah aliran air yang cenderung turun ke bawah, sedangkan satunya lagi arah alirannya cenderung memancar dengan arus yang lebih deras. Lokasinya juga tersembunyi karena terdapat tertutup oleh bukit yang mengelilinginya.

Dibawahnya juga terdapat kolam alami yang cukup lebar dengan ketinggian air yang cukup dangkal sehingga bisa dimanfaatkan untuk mandi atau hanya sekedar bermain-main diatasnya. Seperti curug lainnya, pada bagian tebing pun ditumbuhi lumut dan tumbuhan merambat yang semakin menambah kesan asri nan eksotis curug satu ini.

10. Curug Sentul Cawitali

wisata dekat stasiun tegal

  • Lokasi : Ladang, Cawitali, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Curug ini lumayan terkenal di kawasan masyarakat Tegal karena biasa dimanfaatkan sebagai lokasi pemancingan dan juga biasa digunakan sebagai tempat latihan repelling bagi kawan-kawan Mapala. Sebab, dinding curugnya cukup terjal dengan tinggi 20 meter yang cukup memacu adrenalin, terlebih ketika melawan arus airnya.

Keunikan dari curug ini adalah adanya cerukan tanah ke arah dalam yang membentuk seperti sebuah gua namun gua tersebut tidak bisa dimasuki. Tak hanya itu, disaat musim kemarau tiba, debit air dari air terjun ini pun masih tergolong besar sehingga para pengunjung tidak disarankan untuk bermain air di bawahnya.

Namun jangan khawatir, bebatuan yang besar dapat anda gunakan untuk bersantai sembari menikmati pemandangan alam disekitarnya. Di atas bukit, terdapat juga beberapa pohon rindang dan pohon bamboo yang menambah keasrian Curug Sentul ini. Yuk langung saja datang dan eksplor lebih jauh tentang Curug Sentul Cawitali.

11. Pantai Purwahamba Indah (Pur-in)

Pantai Purwahamba Indah (Pur-in)

  • Lokasi : Purwahamba, Suradadi, Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 2.000 – Rp Rp 4.000 (Saat Weekend & Holiday + Rp 500,-)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : Kolam Renang Internasional, Waterboom, Sepeda Air, Kereta Mini, Kebun Binatang Min, Taman Ria, Pesawat Terbang (film dokumenter), Dermaga, Gazebo, Shelter, Ruang Pertemuan, Café, Toilet bersih

Pantai Purwahamba Indah ini terkenal dengan nama Pantai Purin, selain itu masyarakat juga sering mneyebut sebagai Pantai Sosro? “Bukannya itu merk salah satu minuman instant?” Yap benar sekali, kenapa sosro? Karena lokasi wisata ini mendapatkan sponsor tunggal dari teh botol Sosro, sehingga tak heran banyak pengunjung dari luar Tegal yang singgah ke tempat ini, itu artinya disini merupakan salah satu destinasi unggulan yang ada di kota tegal dalam hal pariwisata.

Pantai ini menawarkan berbagai sungguhana alam yang cukup mengagumkan, mulai dari hamparan pasir hitam yang bertekstur lembut hingga deburan ombak yang tak terlalu besar ditemani angin sepoi-sepoi serta kondisi pantai yang sangat bersih dijamin akan membuat anda nyaman berlibur di pantai yang satu ini.

Tak hanya menawarkan keindahan alamnya saja, disini juga terdapat berbagai fasilitas yang siap untuk mendukung liburan anda semakin lebih asik.

12. Pantai Alam Indah Tegal (PAI)

wisata bumijawa terbaru

  • Lokasi : Jl. Bali, Martoloyo, Mintaragen, Tegal
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : Taman rekreasi multi fungsi, Jembatan, Gazebo, Panggung hiburan, Warung makan, Café, penyewaan perahu, waterboom, kereta kuda, sepeda, permainan anak-anak

Pantai ini terletak disebelah utara kota Tegal dan letaknya tidak jauh dari kota sekaligus rutenya pun cukup mudah sehingga banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Seperti namanya, pantai ini memang memilki panorama alam yang sungguh indah, hamapran pasir hitam dah birunya lautan lengkap dengan ombak yang tidak begitu besar sangat pas dijadikan tempat berlibur anda. Tak hanya itu, bagi anda yang ingin mengelilingi pantai, anda juga dapat memanfaatkan perahu yang memang disediakan untuk mengelilingi pantai.

13. Pantai Muara Reja

Pantai Muara Reja

  • Lokasi : Jalan Brawijaya, Muarareja, Tegal Barat, Muarareja, Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, penginapan

Pantai ini termasuk pantai yang belum diketahui oleh banyak orang, sehingga keindahan di dalamnya masih terjaga dengan baik. Namun 2 tahun terakhir, pantai ini sudah mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Dengan panjang sekitar 1 km pantai ini memiliki hamparan pasir berwarna hitam dan juga terdapat pohon cemara yang membuat suasana jadi tambah sejuk.

Selain menikmati panorama alamnya, disini para pengunjung juga dimanjakan dengan adanya ratusan warung lesehan dengan menu kuliner khas Tegal yang siap memanjakan lidah dan perut anda.

14. Pantai Larangan

Pantai Larangan

  • Lokasi : Munjung Agung, Kramat, Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 2.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : warung makan, tempat karaoke, area parkir, penyewaan ban

Pantai ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat kota Tegal, sehingga tak heran jika hari libur tiba tempat ini akan ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun luar Tegal.

Pada tepian pantai terdapat pulihan ribu pohon cemara laut yang memang sengaja ditanam sebagai program penghijauan pesisir pantai. Jadi suasana di pantai ini pun semakin sejuk dengan adanya pohon-pohon tersebut.

Selain itu, setiap tahunnya di pantai ini selalu diadakan upacara sedekah laut yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat dengan tujuan untuk mengungkapkan rasa syukur atas berkah yang melimpah, karena memang banyak warga yang berprofesi sebagai nelayan.

15. Danau Beko

Danau Beko

  • Lokasi : Jatilaba, Margasari, Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 06.00-18.00

Danau ini merupakan cekungan bekas penambangan batu kapur yang terisi oleh air hujan, sehingga lama-kelamaan menjadi penuh yang akhirnya membentuk sebuah danau yang sangat indah nan menakjubkan.

Bagi anda yang suka berselfie dan ingin menambah koleksi foto yang ciamik abis, patutunya anda harus berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini. Keindahan danau akan semakin terlihat ketika pagi hari atau pun sore hari tiba, jadi pintar-pintar lah mengatur waktu ya guys.

Dan di danau ini tidak hanya memilki satu danau lho. Melainkan lima danau sekaligus dengan tatanan yang begitu mengagumkan, wow!

16. Waduk Cacaban

Waduk Cacaban

  • Lokasi : Penujah, Kedung Banteng, Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 3.500 (Weekdays), Rp 4.500 (Weekend & Holiday), Rp 3.000 (Parkir Motor), Rp 10.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area bermain anak, bumi perkemahan, musholla, toilet, spot foto, rumah makan, penyewaan perahu

Sebelum terbangunnya waduk, Cacaban sendiri merupakan kawasan perbukitan tandus yang berada di Selatan Kabupaten Tegal. Yang kemudian pada tahun 1952 air sungai dibendung dan menciptakan berbukitan ‘Teletubbies’ alami yang mengelilingi Cacaban.

Rerumputan yang tumbuh di bukit akan mngering dan menciptakan warna kuning bak karpet kuning yang sedap di pandang, belum lagi mata akan semakin dimanjakan ketika melihat ke Gunung Semar yang menjulang memunggungi danau buatan tersebut, serta Gunung Slamet dari kejauhan di sisi Selatan.

Uniknya lagi, adanya beberapa pulau kecil di tengah-tengah danau yang menyebul. Pulau-pulau kecil tersebut muncul saat musim kemarau dan biasa digunakan petani setempat untuk berladang. Ditambah adanya tanaman jagung yang mengering, semakin menambah keindahan savana di Waduk Cacaban.

Jika ingin puas mengeksplor Waduk Cacaban, pengunjung hanya perlu menaiki perahu yang disewakan di areal waduk, dengan waktu kurang lebih 25 menit dijamin akan membuat waktu berlibur anda lebih berkesan. Tertarik mencoba? Yuk datang langsung ke Waduk Cacaban.

17. Telaga Air Cempaka

Telaga Air Cempaka

  • Lokasi : Desa Cempaka, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Sesampainya anda ke tealga yang satu ini, anda akan langsung disambut dengan asri dan sejuknya  suasana yang tercipta di telaga ini. Pepohonan yang rindang lengkap dengan panorama pegunungan yang mengitari telaga sangat berhasil membuat kesan menawan di tempat ini.

Walaupun air yang ada di telaga ini tidak cukup jernih, namun suhu dingin khas pegunungan dapat anda rasakan disini.

18. Wisata Air Panas Guci

Wisata Air Panas Guci

  • Lokasi : Jl. Objek Wisata Guci, Kalengan, Sigedong, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 (Weekdays), Rp 7.000 (Weekends)
  • Jam Buka : 06.00-21.00

Wisata Air Panas Guci ini disebut-sebut sebagai ikon wisata yang ada di Kabupaten Tegal, jadi siapa saja yang mengunjungi kota ini akan terasa kurang jika tidak mengunjungi wisata satu ini.

Berada di kaki Gunung Slamet, membuat suasana yang diciptakan sangat sejut dan terjaga akan keasriannya. Wisata ini dapat menjadi alternatif tempat liburan untuk melepas penat dengan menikmati air hangat bernuansa alam serta pemandangan hamparan hijau yang sangat memukau.

19. Bukit Rangkok Pagerwangi

Bukit Rangkok Pagerwangi

  • Lokasi : Desa Pagerwangi, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tempat wisata lain yang tak kalah indahnya dan wajib untuk anda kunjungi adalah Bukit Rangkok Pagerwangi. Bukui bebatuan lengkap dengan beberapa ilalang yang tumbuh  dipuncak bukitnya, akan menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa dari keindahan alam seperti persawahan, hingga gunung slamet yang bisa dilihat dengan jelas melalui bukit ini.

Dan jangan lewatkan juga saat momen sunrise terjadi, dijamin akan membuat mata dan jiwa anda beku dibuatnya. Berada di ketinggian sekitar 384 mdpl, bukit ini memilki dua buah puncak bukit dengan keunikan yang berbeda.  Dibukit pertama memiliki kontur yang datar, sedangkan bukit kedua relatif landai dan bukit ini yang memiliki view bagus.

20. Bukit Bintang Guci

Bukit Bintang Guci

  • Lokasi : Ladang, Hutan, Guci, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Mengapa di namakan Bukit Bintang? Dimulai dari masyarakat setempat yang memang sering memandangi keindahan kerlipan lampu rumah masyarakat dari atas bukit saat malam tiba, sehingga bukit ini dinamakan sebagai Bukit Bintang Guci. Dan Guci sendiri merupakan nama desa dimana bukit itu berada.

Uniknya lagi ketika kita berada di bukit ini, di setiap sudut arahnya anda akan melihat view yang berbeda-beda seperti, bila anda melihat ke arah utara anda akan menjumpai penampakan lokasi Bumijawa sampai Kota Tegal, di bagian timur sunrise serta perkampungan masyarakat yang masuk kedalam Desa Guci akan terlihat, bagian selatan anda akan menjumpai gagahnya Gunung Selamet yang menjulang tinggi, serta bagian barat sendiri akan tampak jejeran perbukitan yang luar biasa menakjubkan. Cukup unik bukan?

21. Gunung Tanjung

Gunung Tanjung

  • Lokasi : Area Sawah/Kebun, Lebaksiu Kidul, Lebaksiu, Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : warung makan

Bagi kamu yang suka berpetualang di alam bebas plus suka hiking, nah Gunung Tanjung pas nih dijadikan sebagai alternatif tempat wisata yang bisa kamu kunjungi selanjutnya.

Saat anda sampai di puncak gunung, suguhan keindahan alam langsung bisa anda nikmati, seperti area persawahan yang hijau serta melihat aliran Sungai Gung yang mempunyai hamparan bebatuan begitu indah dan juga Jembatan Sunglon yang begitu panjang siap untuk memanjakan mata anda.

Tak hanya panorama alamnya yang indah,uniknya lagi disini kamu bisa menjumpai warung makan yang menyajikan berbagai macam jenis – jenis ikan yang dapat Anda nikmati seperti Ikan Emas, Gurame, Bawal, dan masih banyak yang lainnya serta terdapat area pemancingan di wisata tegal ini. Keramahan penduduk sekitar juga semakin membuat anda nyaman untuk berlama-lama di tempat ini. Menarik bukan?

22. Bukit Cepu Batumirah

Bukit Cepu Batumirah

  • Lokasi : Sawah, Batumirah, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, penginapan

Untuk samapi ke lokasi ini gampang-gampang susah lantaran hanya ada jalan setapak menanjak menuju lokasi. Sehingga semua kendaraan para pengunjung akan diparkirkan di bawah Bukit Cepu.

Tak hanya itu, disana anda juga diharuskan melewati anak tangga yang jumlahnya kurang lebih 950 buah. Jadi harus benar-benar siapkan tenaga dan bekal jika hendak kesana ya guys.

Sesampainya di puncak, semua penat yang dirasa akan terbayar dengan keindahan alam dan juga kesegaran udaranya yang menenangkan. Disana anda juga dapat melihat Gunung Slamet yang ada di samping tenggara bukit ini. Diluar itu, terdapat juga banyak pohon-pohon pinus serta cemara yang tumbuh menjulang tinggi. Benih pohon baru juga terlihat tumbuh subur dengan di beri pagar bambu agar tak cepat rusak.

Jadi buat anda yang menginginkan berlibur ditempat yang tenang serta menyajikan panorama alam yang menarik, Bukit Cepu Batumirah ini bisa dijadikan sebagai next tempat wisata yang harus anda kunjungi.

23. Kebun Melati Maribaya

Kebun Melati Maribaya

  • Lokasi : Desa maribaya, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal
  • Tiket Masuk : Rp 7.000
  • Jam Buka : 06.00-17.00

Selain terkenal akan warung tegal dan tehnya, ternyata Tegal juga pengeskpor bunga melati berkualitas tinggi dimana hasil panennya sangat disukai pasar mancanegara lho. Tepatnya berada di Desa Maribaya, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal yang merupakan sentra penghasil bunga melati berkualitas tinggi. Eitss jangan salah selain desa Maribaya ada juga Desa Kramat, Sidoharjo, Purwahamba yang juga memiliki kebuh melati.

Jangan salah ya guys, tanaman melati berbeda dari tanaman teh, tanaman melati hanya memiliki selutut orang dewasa dan tidak ada musim panennya, artinya bisa hampir dipanen setiap saat berbunga, namun kualitas bunganya juga ditentukan oleh cuaca. Kualitas bunga semakin bagus saat mendapat banyak sinar matahari. Untuk memanennya, biasanya dilakukan antara jam 06:00-10:00 pagi.

Pemasarannya pun cukup mudah karena nantinya akan ada agen sendiri yang datang ke kebun baik untuk di ekspor atau untuk konsumsi lokal seperti untuk acara keagamaan, upacara adat, pernikahan, dan lain-lain. Untuk ekspornya sendiri memiliki 2 jenis melati yang paling digemari, yaitu melati emprit dan melati kebo.

Jadi jika anda ingin belajar bercocok tanam atau hanya sekedar mengetahui berbegai macam jenis melati, langusng datang saja ke tempat ini, para pemilik kebun akan senang hati membagikan ilmunya kepada Anda.

24. Kebun Teh Tegal

Kebun Teh Tegal

 

  • Lokasi : Desa Bumijawa, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, penginapan

Kalau tadi kita membahas tentang kebun melati, kali ini temannya melati nih, sei kebun teh. Seperti sebelumnya, Tegal memang salah satu kota di Indonesia yang menjadi penghasil teh terbesar di negeri ini.

Saat sampai di lokasi perkebunan teh, tak hanya view hamparan tanaman teh, tetapi anda juga dapat melihat barisan bukit-bukit dan Gunung Ceremai yang berdiri gagah menjadi latar belakang kebun teh ini. Ditambah jika suasana sedang cerah, pastinya anda akan semakin betah mengabadikan momen di tempat ini.

Sebagai iniformasi, di kebun teh satu ini tidak diproduksi dalam skala besar, namun hanya untuk kalangan sendiri. Sehingga proses pembuatan tehnya pun masih sangat tradisional, dan keunggulannya tidak ada tambahan bunga melatinya. Jika anda bertemu dengan salah seorang petani tehnya, jangan lupa untuk menjajal tehnya secara langsung. Menikmati hangatnya teh sembari melihat pemandangan alam yang sejuk memang pas untuk menenangkan pikiran sejenak.

25. Goa Lawet

Goa Lawet

  • Lokasi : Desa Harjowinangun, Balapulang, Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00

Saat anda berada di Tegal, maka wajib hukumnya untuk mengunjungi goa yang satu ini. Goa ini diyakini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu , dan di percaya sebagai tempat pertama sejumah penguasa atau raja-raja yang ada di kerajaan Mataram.

26. Wisata Konservasi Karang Jeruk

Wisata Konservasi Karang Jeruk

  • Lokasi : Desa Munjungagung, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, penginapan, penyewaan perahu

Wisata Konservasi Karang Jeruk merupakan salah satu kawasan konservasi keanekaragaman hayati yang ada di lautan lepas yang masuk ke dalam wilayah perairan Kabupaten Tegal, tepatnya di Desa Munjungagung, Kecamatan Kramat jika kita tarik garis lurus.

Bagi anda yang mempunyai hobi memancing, layaknya tempat ini harus anda kunjungi jika sedang berada di kota Tegal. Berbagai ikan bisa anda dapatkan mulai dari ikan kakap putih, barakuda, tengiri, talang-talang, kakap merah, kerapu, dan ikan jenis lainnya. Selain kaya akan jenis ikan yang dapat dipancing, kawasan ini juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan tempat snorkeling ataupun diving sembari belajar mengenai ekosistem yang ada di laut.

27. Jembatan Gantung Danawarih

Jembatan Gantung Danawarih

  • Lokasi : Sawah,Ladang, Danawarih, Balapulang, Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Perekembangan teknologi ikut berperan besar akan kepopuleran jembatan ini, banyak para pengunjung yang sengaja datang untuk berfoto ria di tempat ini dan langsung memamerkannya di media sosial mereka masing-masing.

Jembatan ini terpasang di atas bendungan Kali Gung yang digunakan sebagai sarana irigasi masyarakat setempat. Selain itu, jembatan ini juga merupakan jalan penghubung utama antara desa Danawarih dengan desa Sangkanjaya Kecamatan Balapulang.

Dibangun pada tahun 1992, jembatan ini memiliki panjang mencapai 273 meter dan lebar 1 meter. Dari atas jembatan ini Anda bisa menikmati pemandangan di sekitar bendungan dan tentu saja berfoto adalah kegiatan wajib yang harus anda lakukan disini.

28. Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung

Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung

  • Lokasi : Jl. Raya Moga-Guci, Kebonagung, KECAMATAN:, Balapulang, Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-16.00

Berbeda dari tempat wisata yang lain, disini merupakan eduwisata yang akan menagajak anda mengenal jenis jamu, sekaligus disuguhi pemandangan cantik yang lengkap dengan sawah dan sungai kecil yang menenangkan.

Pastinya, disini tertanam berbagai jenis tanaman yang bisa dijadikan jamu. Disini terdapat pula etalase macam jenis jamu, klinik jamu, serta dokter dan apoteker khusus.

29. Rita Park & Rita Mall

Rita Park & Rita Mall

  • Lokasi : Jl. Kolonel Sugiono No.155, Pesurungan Kidul, Tegal Bar., Kota Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 25.000 per orang + Rp 10.000 as deposit, Rp 10.000 – 15.000 per wahana atau jika tidak ingin ribet anda cukup membayar Rp 75.000 untuk tiket terusan (Bebas ke wahana apa saja tanpa membayar lagi)
  • Jam Buka : 11.00-20.00 (Senin-Jum’at), 11.00-21.00 (Sabtu), 9.30-2100 (Minggu)

Fasilitas : area parkir, toliet, musholla, counter makanan dan minuman, pujasera, stand penjual souvenir, hingga stool, shelter, Circus Travel (Kereta Sirkus), pulau hiu, Kuda Putar, Kincir-Kincir, Mini Coaster, Flying Tiger (Macan Terbang), Roda-Roda, Undur-Undur, Sepeda Terbang, Sky Drop, Frog Jump, Circle 360, Pirate ship (Perahu Bajak Laut), Space Travel (Pesawat Ulang Alik), Super Swing, Rumah Hantu, Bom-Bom Car, 5D Cinema, Rodeo, Kiddy Ride, Area Ketangkasan, Mini Atv

Tak perlu jauh jauh ke Bandung untuk menikmati wahana seru bersama keluarga, Tegal pun punya juga punya tempat rekreasi yang asik dan pastinya layak untuk anda dan keluarga anda kunjungi.

Tak hanya wahana anak-anak yang terdapat di dalam, disini juga ada wahana yang menantang adrenalin yang dapat anda coba. Karena letaknya yang masih berada di kawasan Rita, maka setelah puas bermain anda juga dapat memboyong keluarga anda untuk berbelanja di pusat perbelanjaan one-stop shopping di komplek Rita Super Mall. Asyikk!!

30. Gerbang Mas Bahari Waterpark

Gerbang Mas Bahari Waterpark

  • Lokasi : Sumurpanggang, Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk :
    • Hari Senin – Jum’at : Rp 15.000 / Orang
      Hari Sabtu & Minggu : Rp 25.000 / Orang
      Hari Libur & Hari Raya : Rp 30.000 / Orang
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Fasilitas : Kantin / Food Court, Toilet, Kamar Ganti Pakaian (Pria & Wanita), Mushola, Shower, Tempat Tunggu Pengunjung, Loker, Taman Bermain Anak, Kolam Renang Olimpic (Kolam Dewasa), Kolam Anak-anak, Perosotan / Seluncuran, Lapangan Futsal, Ember Tumpah Raksasa, Kolam Renang Ombak, Air Mancur, Kiddy Pool, Kolam Gurita, Kolam Arus

Tak hanya Rita Park saja, Tegal juga memiliki Gerbang Mas Bahari Waterpark yang bisa anda jadikan tempat berlibur anda beserta keluarga anda.

Dibangun dengan standart internasional, sehingga membuat tempat ini sangat terjaga keamanan dan kenyaman setiap pengunjung yang tengah liburan di Gerbang Mas Bahari Waterpark Tegal. Terbukti dengan adanya life guard di setiap wahana untuk mengawasi para pengunjung agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

31. Situs Manusia Purba Semedo

Situs Manusia Purba Semedo

  • Lokasi : Desa Semedo, kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, Propensi Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-16.00

Puas berwisata di tempat rekreasi kini saatnya berwisata sejarah di Situs Manusia Purba Semedo. Di dalam sini tersimpan aneka fosil dan peninggalan manusia purba yang dulu mendiami wilayah Tegal.

Para pungunjung juga dapat melihat berbagai macam artefak prasejarah yang menarik untuk dilihat dan dipelajari. Meskipun tak semegah Sangiran, tempat ini memiliki berbagai macam fosil yang mulai terkuak di tahun 2005.

Pada awalnya Bapak Dakri, seorang warga di desa Semedo menemukan fosil-fosil tergeletak begitu saja di atas tanah, namun lama-kelamaan penemuannya bertamabah dan membuat rumahnya menjadi sebuah museum seperti sekrang.

Mulai dari gajah purba, badak, kuda nil, rusa, babi, sapi, kerbau, dan banteng yang pernah hidup sekitar satu jutaan tahun lalu. Tengkorak Homo Erectus dan peninggalannya, seperti kapak penetal, serpih, serut juga semakin melengkapi kekayaan Situs Semedo ini.

Selain itu, terdapat pula Makam Mbah Semedo yang merupakan salah satu makam bersejarah yang ada di Kabupaten Tegal karena di tempat tersebut bersemayam tokoh sesepuh yang berjasa pada berdirinya Kabupaten Tegal, khususnya Desa Semedo.

32. Agrowisata Loco Antik

tempat wisata di bogores tegal

  • Lokasi : Jalan Raya Slawi – Pangkah, Bogares Kidul, Pangkah, Area Sawah/Kebun, Pangkah, Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Ingin merasakan sensasi berlibur yang berbeda dengan cara menikmati sensasi berkeliling kebun tebu dengan lokomotif tempo dulu? Agrowisata Loco Antik lah jawabanya, disini anda dapat berkeliling kebun tebu menggunakan kereta jadul yang dikelola oleh PG.Pangkah di Kabupaten Tegal.

Suguhan pemandangan kebun tebu miliki penjajah Belanda yang sekarang telah menjadi perusahaan Indonesia siap menemani perjalanan anda.

33. Hot Water Boom Guciku

Hot Water Boom Guciku

  • Lokasi : Jalan Lingkar Barat, Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kalengan, Guci, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 35.000 (Weekdays), Rp 40.000 (Weekend & Holiday)
  • Jam Buka : 07.00-23.00
  • Fasilitas : saung, restaurant, villa

Jangan salah paham, tempat ini bukanlah Pemandian Air Panas Guci yang terkenal itu lho ya! Hot Water Boom Guciku ini merupakan objek wisata baru yang ada di Tegal yang terletak di dekat loket tiket masuk ke Guci.

Sesuai dengan namanya, tempat ini memiliki wisata wahana air yang dapat memanjakan anda seperti

  • Kolam Opal , untuk arena bermain anak dengan kedalaman 50 cm, lebar 12 m x 25m serta dilengkapi sarana prosotan dan ember/guci tumpah.
  • Kolam Badan Guci, untuk remaja dengan kedalaman 60 cm hingga 90 cm dan lebar 15 m x 30 m dilengkapi dengan prosotan.
  • Kolam Rendam, di lengkapi 8 (delapan ) pancuran air panas yang diyakini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.
  • Kolam Utama, yang mempunyai lebar 30 m x 40 m dilengkapi permainan spiral dan seluncuran.

Tak hanya itu, disini juga terdapat arus jeram dengan panjang lebih dari 200 m dan lebar 3 meter dengan kedalaman sekitar 60 cm yang dapat anda telusuri menggunakan pelampung agar lebih menyenagkan.

34. Sulaku Bumi Jawa Park

Sulaku Bumi Jawa Park

  • Lokasi : Jl. Wredameta, Pagupakan, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 2.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00

Fasilitas : waterboom Rp. 15.000,-/orang, flying fox Rp. 25.000,-/orang, green house Rp. 10.000,-/ orang, play ground Rp. 15.000,- / anak, outbound, playground, mandi uap dengan jamu rebus, kolam pemancingan, Café perahu, Taman Toga, ATV, villa

Masih berada di kawasan Guci, ada lagi waterpark di Tegal yang harus anda kunjungi yaitu Sulaku Bumi Jawa Park. Disini anda akan merasakan sensasi dinginnya air bersuhu 20 derajak C lengkap dengan wahana permainnya serta dengan latar belakang panorama pegunungan eksotis. Agak berbeda dengan waterboom biasa, disini ada beberapa wahana yang layak untuk dicoba satu-satu.

Salah satu wahana yang digandrungi para pengunjung adalah outbound. Terdiri dari beberapa paket sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja dengan harga yang relatif murah. Maka tak heran jika banyak sekolah dan instansi di sekitar wilayah Tegal yang beroutbond ria disini.

Puas menikmati wahana permainan di dalamnya, saatnya anda mencoba pemandian uap ditemani jamu rebus yang akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tentu saja sehat. Terlebih lagi jika dilakukan secara rutin. Setelah itu, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Tegal yang siap memanjakan lidah dan perut anda.

35. Waterboom Yogya Slawi

Waterboom Yogya Slawi

  • Lokasi : Procot, Slawi, Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 12.500 (Weekdays), Rp 15.000 (Weekend & Holiday)
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : sewa ban, sewa loker, café, musholla, gazebo

Awalnya waterpark ini bernama Waterboom Dedy Jaya, karena memang dulunya supermarket sekaligus waterboomnya dimiki oleh Dedy Jaya, namun pada bulan Juli 2013 beralih kepemilikan sehingga berganti naman menjadi Waterboom Yogya Slawi.

Sekilas wahana air ini terlihat sepi karena posisinya yang berada di belakang toserba tersebut, namun ketika masuk melewati pintu samping selatan, waterpark ini ramai dikunjungi para pengunjung, terutama saat weekend tiba.

Disini terdapat 4 kolam dengan varian yang berbeda, ada kolam yang dikhusukan bagi anak-anak dan balita, ada kolam yang tidak terlalu lebar dengan kedalaman 30 cm, serta ada juga kolam dengan kedalaman 1,3 meter, 1,4 meter, dan 1,8 meter. Bagian kolam juga dilengkapi dengan adanya ember tumpah yang setiap beberapa menit akan menjatuhkan air yang ada di dalam embernya. Selain itu terdapat pula seluncuran air dengan ketinggian berbeda, mulai dari 3 meter, 6 meter, dan 12 meter.

36. Taman Poci

Taman Poci

  • Lokasi : Jalan Kolonel Sudiarto, Panggung, Tegal Timur, Panggung, Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00
  • Fasilitas : area parkir, kamar mandi, penginapan, tempat ibadah, warung makan

Taman ini memiliki ukuran yang tergolong kecil, namun karena suasananya yang segar dan asri mampu membuat nyaman para pengunjung untuk selalu datang ke tempat yang satu ini. Sealin terdapat berbagai pohon yang tumbuh disekitar area taman, disini juga terdapat patung ceret dan juga cangkir teh yang merupakan ciri khas dari Taman Poci itu sendiri.

Saat sore hari menjelang, para remaja setempat biasanya datang untuk sekedar bersantai semabri menikmati kuliner yang dijajakan di areal taman.

37. Taman Rakyat Slawi Ayu

Taman Rakyat Slawi Ayu

  • Lokasi : Mingkrik, Slawi Wetan, Slawi, Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tujuan didirikannya taman ini yaitu sebagai tempat untuk berinteraksi antar masyarakat Kabupaten Tegal dalam berbagai aktivitas, seperti aktivitas sosial, pentas seni, olah raga dan sebagainya. Taman ini dibagi menjadi 3 bagian utama yang disebut shelter.

Pada shelter utara dikhususkan bagi para penjual produk atau oleh-oleh khas Tegal. Kemudian shelter tengah diperuntukan untuk kegiatan-kegiatan masyarakat yang dimana di shelter ini terdapat stage atau panggung yang berjenjang dengan alasnya yang menggunakan lantai khusus cocok digunakan sebagai tempat pertunjukan.

Dan terakhir shelter bagian selatan digunakan sebagai tempat para pedagang kaki lima yang menjajakan makanan siap saji.

Tempat ini mulai ramai saat menjelang sore hingga malam hari. Berbagai aktivitas dapat anda lakukan disini, mulai dari bermain bola, bermain sepeda, kegiatan bareng komunitas, ataupun hanya sekedar duduk santai sembari menyantap kuliner yang dijajakan.

Jika anda ingin liburan ke kota Pekalongan, kunjungi juga Tempat Wisata di Pekalongan yang tak kalah bagus.

38. Konsorsium Rumah Wayang

Konsorsium Rumah Wayang

  • Lokasi : Dekat Jembatan Lemah Duwur – Talang, Desa Bengle, Kabupaten Tegal
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : Dibuka 08.00 & 15.00 dan Ditutup jam 10.00 & 17.00

Selain wisata alam dan sejarahnya, Tegal juga mempunyai wisata budaya yang wajib anda kunjungi, salah satunya adalah Konsorsium Rumah Wayang. Tempat ini berdiri di Sanggar Satria Laras milik dalang Ki Enthus Susmono.

Saat anda sampai ke tempat ini, tampak depan dari bangunan ini mirip seperti pintu gerbang masuk ke sebuah kerajaan lengkap dengan patung penjaga di depannya. Tapi jangan khawatir, pintu gerbang selalu terbuka pada jam kerja dan juga para petugas yang merupakan rekan Ki Enthus ini ramah dan siap menerima siapa saja untuk berkeliling melihat-lihat koleksinya.

Memilki luas 4 x 4 meter, rumah ini menyimpan ribuan wayang baik gaya tradisi maupun kontemporer, mulai dari wayang kulit, wayang golek, wayang santri, wayang bambu, wayang kreasi, dan ada juga aksesoris seperti jenis-jenis keris, topeng, batik tegalan, lukisan dunia pewayangan, senjata-senjata khas dunia pewayangan, foto-foto Ki Enthus, gamelan, dan masih banyak koleksi lainnya yang harus anda lihat.

Tak hanya itu, disini juga menyajikan proses pembuatan wayang baik itu wayang kulit maupun wayang golek, mulai bahan baku hingga menjadi wayang yang siap dimainkan. Bahkan disini anda juga bisa mempraktekana langsung cara membuat wayang juga lho.

Banyak juga yang menganggap bahwa wayang itu hal yang kuno, tapi ketika anda datang kesini anda akan dibuat terpesona akan keberadaan wayng yang mengikuti perkembangan jaman, sebut sajat upin dan ipin juga ada disini.

Ditambah dengan suasana yang jauh dari kebisingan akan semakin membuat anda hikmat untuk melihat koleksinya satu persatu. Untuk mempermudah pengunjung mempelajari wayang, maka di setiap koleksinya diberi nama dan penjelasan singkat. Menarik bukan?

39. Museum Sekolah Slawi

Museum Sekolah Slawi

  • Lokasi : Jl. Jenderal Ahmad Yani, Procot, Slawi, Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-14.00 (Senin-Jum’at)

Satu lagi eduwisata yang ada di kota Tegal yaitu Museum Sekolah Slawi. Museum ini merupakan satu-satunya museum yang menceritakan gambaran tentang perkembangan kegiatan belajar mengajar di Indonesia, khususnya areal Jawa Tengah. Sehingga koleksi museum ini kebanyakan adalah ijazah-ijazah, STTB (Surat Tanda Tamat Belajar), dan lain-lain dari masa ke masa.

Selain itu, disini juga terdapat koleksi peralatan media pembelajaran mulai dari yang bersifat informal di perguruan-perguruan tradisional, pesantren hingga pengajaran yang sifatnya formal.

Bangunan ini terbagi menjadi dua ruangan. Dimana ruang pertama digunakan untuk menaruh koleksi mengenai alat-alat yang ada di dunia pendidikan. Baik itu miniatur sekolah jaman dahulu, foto-foto sekolah jaman dahulu, sabak, alat tulis dari masa ke masa, buku-buku pelajaran lama, seragam sekolah, dan bangku sekolah yang sangat khas pada jaman dahulu.

Sedangkan raung kedua digunakan sebagai tempat penyimpanan arca dan fosil peninggalan jaman dahulu seperti fosil dari Semedo, arca candi, pecahan keramik, mata uang kepeng cina, wayang golek tegalan, topeng tegalan, pusaka Mbah Jinten Balamoa, yoni, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai sejarah pendidikan maupun kota Tegal jangan ragu untuk beratanya ke petugas karena petugas jaga akan senantiasa membantu menjelaskan setiap pertanyaan Anda.

40. Pacific Mall

Pacific Mall

  • Lokasi : Jl. Mayjend Sutoyo No.35, Pekauman, Tegal Bar., Kota Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 10.00-21.00

Hey para shoppa holic, Pacific Mall ini bisa menjadi tempat belanja di kota Tegal selain Rita Mall. Berbagai kebutuhan tersedia semua disini. Mulai dari brand nasional hingga internasional bisa anda temukan semua disini. Puas berbelanja, saatnya bersenang-senang di Happy Time dan Jungle Safari. Pas banget deh dijadiin tempat buat kongkow, hangout, dan nongkrong bareng teman ataupun keluarga.

41. Pokanjari (Pondok Makan Jalan Teri)

Pokanjari (Pondok Makan Jalan Teri)

  • Lokasi : Jl. Teri, Tegalsari, Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 04.30-00.59

Puas berwisata alam, sejarah, dan juga budaya kini saatnya berwisata kuliner untuk memanjakan lidah, perut dan juga hati anda agar makin ceria. Kali ini alawisata akan membawa anda ke Pokanjari (Pondok Makan Jalan Teri) salah satu sentra kuliner khas Tegal.

Banyak kuliner khas Tegal dan juga Jawa Tengah terdapat disini, mulai dari sauto tegal, nasi grombyang, swike, kupat glabed, dan kupat blengong. Tak hanya itu menu-menu modern juga dapat anda jumpai di restaurant areal Pokanjari.

Di pagi hari, anda dapat menyantap sarapan khas Tegal seperti Ponggol, Sega Kuning (Nasi Kuning), dan kupat bongkok. Selanjutnya menjelang sore hari, aneka kuliner khas Tegal juga siap untuk memanjakan lidah dan perut anda.

Memasuki bulan puasa, jangan tanya lagi deh ditempat ini akan banyak sekali makanan yang tersaji, pastinya dengan suasana ramai yang membuat anda harus bergegas memilih makanan yang akan anda santap biar tidak kehabisan!

Lokasinya yang strategis juga membuat tempat ini ramai setiap harinya. Cobain deh ajak keluarga, teman, serta kerabat untuk mengunjungi tempat ini! Liburan ke Tegal tak lengkap tanpa menikmati aneka kulinernya bukan?

Selain terkenal akan wartegnya dan juga tehnya yang mendunia, ternyata kota ini juga menyimpan banyak sekali potensi wisata yang menakjubkan dan sayang untuk dilewatkan.

Satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Tegal, semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.