Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Gorontalo

14 min read

Tempat Wisata di Gorontalo

Gorontalo adalah sebuah provinsi yang lahir pada tanggal 5 Desember 2000 dengan ibu kota Gorontalo dan merupakan provinsi ke 32. Gorontalo resmi menjadi provinsi sendiri pada tahun 2000 tanggal 22 Desember berpisah dengan Sulawesi Utara yang beribu kotakan Manado. Nah, kali ini alawisata berkesempatan untuk memberikan beberapa tempat wisata yang ada di Gorontalo, namun sebelumnya, kenalan dulu dengan kota yang satu ini yuk.

Gorontalo sering di juluki sebagai kota serambi Madina karena memiliki masjid-masjid yang unik. Ternyata Gorontalo juga menyimpan banyak lokasi wisata yang indah dan keren dan patut untuk anda kunjungi. Tak kalah hebatnya dengan Bali, anda juga dapat menemukan hewan dan tumbuhan langka yang notabene cum ada di Gorontalo saja!

Mulai penasaran dengan wisata yang ada di Gorontalo? Yuk simak baik baik beberapa referensi yang dapat anda jadikan tujuan libur akhir pekan anda.

1. Pulo Cinta Gorontalo

Pulo Cinta Gorontalo

  • Lokasi : Patoameme, Botumoito, Kabupaten Boalemo, Gorontalo
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : spot diving, hoiping island, jelajah hutan

Pulau ini merupakan objek wisata bahari yang menyuguhkan pemandangan alam berupa laut lepas yang bening, jernih dan asri. Sekilah temapt ini telihat seperti wisata pantai yang ada di Maldives atau Maladewa, yang mana para pengunjungnya bisa menginap di bangunan villa yang didirikan di atas air laut.

Berbagai macam aktifitas yang dapat dilakukan oleh para wisatawan misalnya hopiing island, diving, snorkeling, hiking dan tracking di area Hutan Pesisir Boalemo, dll.

Lokasi Pulo Cinta Gorontalo ini terletak di Kecamatan Talimuta, Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Jika anda ingin menginap di salah satu villa yang ada di tempat ini, anda akan dikenai biaya sekitar 3,5 hingga 15 juta rupiah per malam.

2. Wisata Pulau Diyonumo Gorontalo

Wisata Pulau Diyonumo Gorontalo

  • Lokasi : Desa Deme II, Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Gorontalo memang mnyimpan keindahan alam yang luar biasa, salah satunya adalah Wisata Pulau Diyonumo Gorontalo yang berlokasi di Pulau Diyonumo, Sumalata Timur, Gorontalo Utara. Wisata itu tepatnya berada di desa Deme 2 Kecamatan Sumalata. Pulau ini masih sangat terjaga keasriannya karena belum banyak terjamah oleh manusia.

3. Pantai Kurenai

Pantai Kurenai

  • Lokasi : Botubarani, Kabila Bone, Botubarani, Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : spot diving

Objek wisata ini adalah salah satu dari 20 spot penyelaman terbaik di Gorontalo. Hampir 80% luas area pantai ini bisa dijadikan sebagai spot untuk olahraga diving. Dengan tipikal perairan yang hangat dengan arus ombak yang relatif cukup tenang dan juga memiliki variasi karang yang luar biasa lengkap maka kualitas spot diving di tempat ini digolongkan sebagai spot diving kelas dunia.

Lokasi pantai ini terlatak di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Dari Gorontalo pantai ini berjarak sekitar 13 km. Jika anda berangkat dari pusat kota Gorontalo, tempat ini bias dikunjungi dalam kurun waktu 30 menit.

Pantai ini dibuka 24 jam selam 7 hari dalam seminggu dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menikmati keindahan yang ada di pantai ini alias gratis. Namun fasilitas wisata ditemapat ini masih tergolong minim jadi disarankan para wisatawan untuk membawa perbekalan yang cukup, dari mulai perbekalan untuk makanan atau pun perbekalan untuk menginap dan menyelam.

4. Taman Wisata Laut Olele

Taman Wisata Laut Olele

  • Lokasi : Poduoma, Suwawa Timur, Olele, Bone Bolango, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo
  • Tiket Masuk : Rp 250.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bagi anda pecinta diving atau pun snorkeling, Taman Wisata Laut Olele ini wajib untuk anda kunjungi ketika tengah singgah di Gorontalo. Di tempat ini anda dapat menikamati biota laut yang sangat luar biasa eksotis.

Secara keseluruhan, ada beberapa lokasi diving andalan yang dapat anda kunjungi di tempat ini, yaitu Goa Jin, Salvador Dali, dan Coral Pole.

Khusus untuk spot diving di Goa Jin, spot ini memiliki gerbang masuk vertical yang berbentuk tegak mengarah ke bawah dengan kedalaman mencapai 22 meter. Menurut para pecinta diving, spot ini adalah salah stu spot terbaik yang ada di dunia.

5. Pantai Botu Barani

Pantai Botu Barani

  • Lokasi : Poduoma, Suwawa Timur, Olele, Bone Bolango, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo
  • Tiket Masuk : Rp 45.ooo
  • Jam Buka : 06.00-17.00

Berbeda dengan pantai-pantai yang ada di Indonesia. Pantai Botu Barani ini memiliki sekelompok ikan hiu dan paus yang sangat besar dan terbiasa berinteraksi dengan manusia. Anda dapat melihat hiu dan paus dengan mata telanjang dan tidak perlu khawatir. Keberadaan ikan-ikan ini menjadidaya tarik yang utama, di tunjang dengan hamparan laut yang bersih.

Lokasi pantai ini terletak di Botubarani, Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo dengan jam buka mulai dari jam 6 pagi hingga jam 5 sore.

6. Pacuan Karapan Sapi

Pacuan Karapan Sapi

  • Lokasi : Kota Gorontalo, Gorontalo
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : –

Kegiatan pacuan sapi emang tidak setiap hari dilakukan, biasanya dilakukan pada momen tertentu saja. Selain untuk hiburan masyarakat sekitar, ternyata juga menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai daerah untuk menyaksikan momen langka lomba sapi ini.

Anda bias menyaksikan pacuan karapan sapi ini diberbagai daerah seperti di desa Tolotio, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo. Selain itu, anda juga bias datang ke Kecamatan Timbawa, Desa Reksonegoro, Kecamatan Pulubala dan Limboto Barat.

7. Masjid Walima Emas Gorontalo

Masjid Walima Emas Gorontalo

  • Lokasi : Bongo, Batudaa Pantai, Gorontalo
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan selanjutnya adalah Masjid Walima Emas Gorontalo. Masjid ini cukup popular dikancah domestic dan mancanegara. Keunikan masjid ini adalah letaknya di atas bukit, berbeda dengan majid pada umumnya yang kebanyakn terletak di pinggir jalan.

Lokasinya terletak di Bongo, Batudaa Pantai, Gorontalo

8. Desa Adat Bubohu

Desa Adat Bubohu

  • Lokasi : Kota Gorontalo, Gorontalo
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Desa Adat Bubohu sudah ditetapkan sebagai Desa Wisata Religius oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo karena pesona dari wisata budaya yang tersimpan baik di desa ini. Desa adat ini juga merupakan sebuah pesantren alam dimana di dalamnya terdapat para santri yang tengah menimba ilmu agama islam.

Selain mempelajari agama islam, Desa Adat Bubohu juga merupakan tempat belajar untuk mengenal lebih jauh sejarah dari kerajaan Gorontalo.

Di dalam lingkungan pesantren terdapat satu pemandangan yang khas yaitu barisan gubuk khas Gorontalo yang disebut Wambohe berjajar rapi di lingkungan pesantren.

9. Pulau Saronde

Pulau Saronde

  • Lokasi : Kepulauan Ponelo, Kecamatan Kwandang, Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Destinasi wisata unggulan yang ada di Gorontalo selanjutnya ada Pulau Saronde. Pulau yang tak berpenghuni ini masih sangat terjaga kealamiannya, bahkan karena memiliki panorama yang sangat menakjubkan, banyak wisatawan lokal maupun asing yang singgah ke pualu ini untuk berlibur.

Daya tarik dari pulau ini juga terletak pada tradisi yang unik yang diadakan setiap tahunnya yakni lomba adu cepat memakai perahu motor yang diselenggarakan di sekitaran Pulau Saronde.

Keindahan hamparan lautan biru nan jernih lengkap dengan selimut putih yang membetang membuat siapa saja terpukau melihatnya. Terlebih lagi, akses untuk memasuki pulau ini terbilang sangan mudah sebab selalu ada moda transportasi laut yang siap mengangkut wisataan untuk berkunjung ke pulau ini.

10. Benteng Otanaha

Benteng Otanaha

  • Lokasi : Jl. Usman Isa No.kelurahan, Dembe I, Kota Bar., Kota Gorontalo, Gorontalo
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00
  • Fasilitas : loket, toilet

Benteng ini merupakan saksi bisu dari serangan penjajah dimasa lampau yang letaknya di atas bukit. Yang dimana benteng tersebut dibangun menggunakan batu kapur, pasir yang dicampur dengan telur burung maleo sebagai perekatnya.

Dan bila diperhatikan dengan seksama, setiap orang yang meihatnya akan kagum dengan arsitekturnya di jaman dahulu yang begitu indah dan megah.

Untuk sampai ke benteng ini pengunjung pun harus berjalan menaiki 348 anak tangga. Dan di setiap perjalanan akan dimanjakan dengan kemegahan bangunan bersejarah ini. Tak hanya itu saja, di tempat wisata yang satu ini pengunjung juga akan disuguhi dengan pemandangan danau Limboto dan juga Kota Gorontalo yang indah dari atas bangunan ini.

11. Wisata Bahari Hiu Paus

Wisata Bahari Hiu Paus

  • Lokas i: Botubarani, Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo
  • Tiket Masuk : Rp 45.000
  • Jam Buka : 06.00-17.00

Ingin merasakan sensasi ekstrem dari interaksi langsung bersama mamalia air terbesar di laut, yups tempat wisata yang satu ini akan memberikan pengalam tersebut buat kalian semua. Wisata ini memungkinkan para pengunjungnya untuk melihat secara langsung hiu paus tutul dengan jarak yang sangat dekat.

Namun, untuk hius paus dan pengunjungnya, maka setiap pengunjung yang datang hanya diperbolehkan untuk melihat hiu tersebut dari perahu pengunjung yang disediakan pengelola saja.

Bahkan, pemerintah pernah menutup kawasan wisata ini guna memberikan penyuluhan dan juga aturan kepada pengelola kawasan wisata agar etap terjaga kebersihan serta keamanan pengunjungnya.

12. Pasir Putih Leato

Pasir Putih Leato

  • Lokasi : Kayubulan, Batudaa Pantai, Kota Gorontalo, Gorontalo
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bagi kalian yang sedang mencari tempat wisata yang jauh dari kata bising, maka pantai yang satu ini bisa dijadikan sebagai salah satu referensi pilihan tempat wisata kalian nih guys. Pasirnya yang putih, ombaknya yang tenang, serta suasananya yang sangat tenang hanya terdengar deburan ombak membuat siapa saja jatuh hati ketika menginjakan kakinya di tempat ini.

Selain bersantai, disini kalian juga dapat melakukan aktivitas diving karena memang suasana pantai dengan air yang super jernih sangat memungkinkan siapa saja untuk menulusuri keindahan bawah lautnya. Namun ingat, karena lokasinya masih sangat asri maka disini tidak ada fasilitas apapun murni hanya pantai yang tenang dan belum terjamah.

13. Danau Limboto

Danau Limboto

  • Lokasi : Jl. Batudaa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-18.00
  • Fasilitas : penginapan

Dengan luas sekitar 5.000 hektar, danau ini banyak ditumbuhi oleh tumbuhan air seperti eceng gondok dan bunga teratai yang membuat kesan alami terasa ketika melihat hampara danau ini. Para wisatawan luar Gorontalo juga sering menyempatkan datang ke danau ini untuk memburu sunset dan berfoto di areal danau.

Aksesnya yang mudah juga menjadi salah satu faktor utama danau ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya. Ketika anda menikmati panorama yang tersaji anda juga dapat sembari menyantap makanan khas yang dijajakan di sekitaran danau seperti ikan mujair, gabus dan nila yang masih segar.

14. Menara Pakaya Limboto atau Menara Keagungan Limboto

Menara Pakaya Limboto atau Menara Keagungan Limboto

  • Lokasi : Jl. Baso Bobihoe No.308, Kayubulan, Limboto, Kota Gorontalo, Gorontalo
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tak perlu jauh-jauh datang ke Prancis untuk menikmati menara Eiffel, di Gorontalo pun ada tiruannya lho, apalagi kalao bukan Menara Pakaya Limboto atau juga dikenal sebagai Menara Keagungan Limboto.

Diprakasai oleh Bupati Kabupaten Gorontalo, Ahmad Pakaya menara ini dibangun dengan ketinggian 65 meter dan lebar 21 yang terdiri dari 5 lantai. Untuk mengenang jasa beliau, maka menara ini penamaanya mengambil nama dari sang bupati.

Menara ini akan menyuguhkan keindahan kota Gorontalo, namun untuk mencapai puncaknya anda harus melewati ratusan anak tangga sebab belum ada fasilitas lift untuk mencapai puncak. Puncak dari menara ini juga menjadi salah satu spot terbaik dari Gorontalo untuk berswafoto ria diatas ketinggian dengan latar belakang kota tersebut.

15. Pemandian Air Panas Lombongo

Pemandian Air Panas Lombongo

  • Lokasi : Desa Lombongo, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo
  • Tiket Masuk : Rp 2.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : cottage, warung makan, kafe, kolam renang air panas

Sesuai dengan namanya, tempat wisata yang satu ini merupakan kolam pemandaian air panas yang dimana sumber air panasnya berasal dari pegunungan vulkanis di daerah tempat wisata ini berada.

Karena berasal dari pegunungan vulkanis, otomatis air yang berada di temapt wisata ini mengandung belerang yang dimana berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan juga mampu merelaksasi tubuh.

Kolamnya sendiri berukuran 500 meter persegi dengan kedalamannya yang mencapai satu hingga dua meter. Dan disekitar tempat wisata ini terdapat aliran sungai dan air gunung yang sejuk serta lengkap dengan pepohonan rindang yang semakin menambah kesan sejuk yang menyelimuti pemandian air panas ini.

16. Pantai Tangga 2000

Pantai Tangga 2000

  • Lokasi : Pohe, Kec. Hulonthalangi, Kota Gorontalo, Gorontalo
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00

Meskipun terbilang 2000 tangga, tempat wisata yang satu ini tidak benar-benar memiliki 2000 anak tangga, dan ebetulnya anak tangga tersebut menempel di tebing pantai serta jumlahnya pun tidak mencapai 2000, melainkan penamaan 2000 tersebut berdasarkan tahun pembuatannya yaitu pada tahun 2000.

Seperti namanya, disini anda akan disuguhi dengan kawasan pantai yang terdapat banyak sekali kapal nelayan yang berlalu lalang. Banyak aktivitas yang dapat anda lakukan disini seperti bersantai, menggoda ombak, melihat pemandangan pantai sembari menikmati jagung bakar, sampai menunggu senja datang yang tentunya akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

17. Air Terjun Ayuhulalo

Air Terjun Ayuhulalo

  • Lokasi : Ayuhulalo, Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Gorontalo
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Selanjutnya ada air terjun Ayuhulalo yang dimana menjadi salah satu tempat wisata ebanggaan Kabupaten Boalemo. Sebab banyak sekali wisatawan setiap harinya yang datang ke air terjun yang satu ini. Lokasinya yang tak jauh dari pusat kota Tilamuta membuat tempat ini tak pernah absen dari penungjungnya.

Meskipun debit air yang dimiliki air terjun ini tidak begitu deras, disini anda masih dapat menikmati udara sejuk dan air gunung yang masih sangat alami dan begitu menyegarkan. Di dukung dengan pepohonan rindang membuat suasana yang tercipta terasa alami dan semakin membuat siapa saja betah untuk menghabiskan waktunya disini.

Jika anda ingin liburan ke kota Salatiga, kunjungi juga Tempat Wisata di Salatiga yang tak kalah bagus.

18. Pantai Indah Boalemo

Pantai Indah Boalemo

  • Lokasi : Jl. Trans Sulawesi, Bolihutuo, Botumoito, Kabupaten Boalemo, Gorontalo
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : kamar mandi, penginapan, parkir, tempat makan, pondok, jalan, taman air, wahana rekreasi, sepeda air, kapal motor, alat diving, restoran seafood

Sesampainya anda di pantai ini, anda langsung disuguhi dengan keindahan dari pantai indah yang sangat memanjakan mata dan juga pikiran anda. Menawarkan laut biru yang jernih, hamparan pasir putih nan lembut, serta semilir angin sepoi-sepoi membuat siapa saja betah untuk berlama-lama berada disini.

Terlebih lagi di pantai ini sudah banyak fasilitas yang memudahkan para pengunjungnya untuk melakukan kegiatan berwisata di kawasan pantai indah ini.

19. Pusat Karawo

Pusat Karawo

  • Lokasi : Jl. Palma No.71, Libuo, Dungingi, Kota Gorontalo, Gorontalo
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-17.00 (Senin-Sabtu)

Berkunjung ke daerah baru tentunya anda harus membawa oleh oleh khas dari tempat tersebut. Dan di Gorontalo sendiri ada sulam khas yang bernama Karawo. Proses pembuatannya yang rumit serta memerlukan waktu yang lama membuat kerajinan sulam ini mengundang perhatian banyak wisatawan ketika berada di Gorontalo.

Menurut cacatan sejarah, sulam ini sudah ada sejak abad ke-17 dan hingga kini masih di lestarikan oleh kaum wanita Gorontalo di tengah-tengah kesibukan rutinitas harian. Tak jarang, banyak desainer asal Gorontalo memadukan sulam khas Gorontalo ini dengan busana modern sekarang. Tertarik?

20. Air Terjun Taluda’a

Air Terjun Taluda’a

  • Lokasi : Desa Taluda’a, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bulango
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Jarak  untuk mencapai air terjun yang satu ini tergolong jauh dari pusat kota Gorontalo, ditambah lagi setiap pengunjungnya harus berjalan beberapa kilometer dengan menaiki dan menuruni bukit. Namun, hal itu sepadan dengan keindahan yang akan disajikan nantinya.

Lelah anda akan segera terbayar dengan air terjunnya yang lebar serta airnya yang sangat menggairahkan sebab deras airnya yang sangat dahsyat.

21. Pantai Botutonuo

Pantai Botutonuo

  • Lokasi : Jl. Trans Sulawesi, Botutonuo, Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-18.00
  • Fasilitas : tempat pemandian, tempat makan, tempat peristirahatan

Pantai Botutonuo ini termasuk dalam salah satu pantai yang difavoritkan oleh masyarakat Gorontalo dan sekitarnya, pasalnya pantai ini menyimpan keindahan alam yang sungguh mempesona. Hamparan pasir putihnya yang begitu memikat berpadu dengan jernih birunya laut membuat siapa saja takjub melihatnya.

Karena hal itu pula, pantai ini sering dijadikan sebagai destinasi utama wisata saat hari libur tiba.

22. Pacuan Karapan Sapi

Pacuan Karapan Sapi

  • Lokasi : Kecamatan Timbawa di Desa Reksonegoro, Kecamatan Pulubala dan Limboto Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : –

Hal menarik lainnya yang ada di kota Gorontalo adalah Pacuan Karapan Sapi. Lomba ini sering diadakan oleh pemerindatah setempat guna menghibur masyarakat serta wisatawan yang datang ke kota Gorontalo.

Dan seiring berjalannya waktu, potensi ini dikembangkan menjadi daya tarik wisata budaya yang menjajikan.

23. Wisata Bukit Layang Gorontalo

bukit cinta gorontalo

  • Lokasi : Siendeng, Kecamatan Hulonthalangi, Siendeng, Gorontalo, Kota Gorontalo, Gorontalo
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : camping ground, gardu pandang

Berada di atas ketinggian 700 mdpl, bukit layang gorontalo ini menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati pemandangan kota Gorontalo ketika malam hari tiba. Dengan mendirikan tenda, anda dapat bermalam dengan ditemani gemerlap lampu kota dari ats bukit yang terlihat begitu cantik.

Dan jika anda beruntung, anda akan menjumpai banyak fenomena bintang jatuh di tempat ini.

24. Masjid Walima Emas

Masjid Walima Emas

  • Lokasi : Desa Religius Bubohu, Bonggo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Masjid yang satu ini tergolong sangat unik, sebab peresmian yang dilakukan sangatlah terncana dengan baik sehingga full dengan angka 12, yaitu pada tanggal 12 bulan 12 tahun 2012 pukul 12 lewat 12 waktu Indonesia bagian tengah.

Bahkan untuk meriahkan acara peresmian masjid ini, panitia menggelar acara sholat dan zikir berjamaah yang dimana dilanjutkan dengan acara pagelaran budaya Islam.

Penamaan masjid ini sendiri diambil dari kubah masjidnya yang memiliki bentuk walima dengan warnanya yang kuning keemasan.

Selain peresmiannya yang unik, letak dari masjid ini juga amat strategis dan unik. Tidak dibangun di tengah-tengah pemukiman, melainkan di pinggiran tebing Teluk Tomini, sehingga mempunyai pemandangan yang luar biasa indah.

25. Desa Wisata Religi Bongo

Desa Wisata Religi Bongo

  • Lokasi : Desa wisata religius bubohu, Bongo, Batudaa Pantai, Gorontalo
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 06.30-18.00
  • Fasilitas : kamar mandi, area parkir, warung makan

Letak tempat wisata yang satu ini tak jauh dari Masjid Walimas, sehingga anda dapat sekaligus mampir kedua tempat tersebut. Sesuai dengan namanya, disini anda akan disuguhi dengan wisata budaya yang terasa amat sangat kental hidup di dalam masyarakat desa tersebut.

Dimulai dari wisata pesantren alam, sampai dengan kolam asmaul husna, semuanya dapat anda nikamti dengan cuma-cuma.

Nuansa islam yang santa kental, mampu memberikan sensasi tenang dan nyaman ketika berada di dalamnya. Terlebih lagi udara yang ada di areal wisata juga turut memanjakan para pengunjungnya.

26. Air Terjun Hiyaliyo Da’a

wisata gorontalo utara

  • Lokasi : Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Layaknya harta karun, untuk mencapai air terjun ini anda harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan. Anda akan melewati desa, bukit, serta hutan lindung yang semuanya harus anda tempuh dengan berjalan kaki.

Meskipun medannya terbilang sulit, namun semua penat yang dirasa akan segera lenyap ketika anda sampai di lokasi air terjun. Karena lokasinya yang tergolong tersembunyi, maka anda harus bertanya ke warga setempat untuk sampai ke air terjun tersebut.

27. Air Terjun Permai Taludaa

hutan pinus gorontalo

  • Lokasi : Taludaa, Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Air terjun yang satu ini memiliki ketinggian mencapai 42 meter dengan bentangan air  mencapai 15 meter. Karena hal itu pula, air terjun ini sangat digemari oleh para wisatawan yang sedang berada di Gorontalo.

Kondisi di areal air terjun ini pun masih sangat asri, sehingga para wisatawan juga akan dimanjakan dengan berbagai flora dan juga fauna yang hidup di areal air terjun. Namun perlu diingat, karena masih sangat alami, kawasan wisata ini belum memiliki fasilitas yang memadai, bawa barang yang kiranya di butuhkan saat anda beriwisata.

28. Pantai Dunu

Pantai Dunu Gorontalo

  • Lokasi : Celebes, Sea, Pineleng, Minahasa Regency, North Sulawesi
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : spot bermain pasir dan berenang, area bermain voly pantai, spot diving, MCK, area parkir, tempat makan

Bagi anda para pecinta diving, maka pantai inilah surganya. Selain diving, beragam aktivitas seru juga dapat anda lakukan disini seperti berenang dan bermain air di pantai, bermain pasir di pantai, bermain voly pantai, menikmati sunset di sore hari, dan aktivitas seru lainnya.

Hamparan pasir putih betih yang membentang juga membuat aktivitas berlibur anda semakian nyaman dan menyenangkan. Dan juga akses menuju pantai ini juga sangatlah mudah sehingga sangat pas dijadikan sebagai tempat wisata berlibur anda.

29. Pantai Mananggu

Pantai Mananggu

  • Lokasi : Keramat, Mananggu, Kabupaten Boalemo, Gorontalo
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Berbeda dengan pantai lainnya yang ada di kota Gorontalo. Sebab, pantai ini tidak mempunyai hamparan pasir yang luas, melainkan di pantai ini anda akan disuguhkan dengan tumpukan terumbu karang yang memenuhi pantai dan terlihat begitu eksotis.

Pantai ini juga masih sangat terjaga kealamiannya, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata untuk melepas penat setelah lelah melakukan rutinitas harian. Dan tak hanya itu, pantai ini juga merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati panorama sunset saat senja tiba.

30. Air Terjun Tenilo

Air Terjun Tenilo

  • Lokasi : Dulupi, Kabupaten Boalemo, Gorontalo
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Air terjun yang satu ini mempunyai ketinggian 25 meter dan memiliki debit air yang cukup deras. Kondisi area tempat wisata ini juga masih sangat alami dan terjaga dengan amat baik.

Yang lebih istimewa lagi, ketika anda berkunjung ke air terjun ini penduduk setempat akan menyambut anda dengan amat sangat ramah, sehingga selain bermain dengan air terjun alawisata sarankan untuk turut bercengkerama dan berbincang – bincang dengan penduduk sekitar.

31. Pantai Bolihutuo

Pantai Bolihutuo

  • Lokasi : Dulupi, Kabupaten Boalemo, Gorontalo
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : tempat makan, tempat penginapan, fasilitas bermain air (seperti sepeda air, perahu, kapal motor, dan lainnya), spot diving, sewa peralatan diving, cottage

Pantai ini merupakan salah satu pantai unggulan yang ada di kota Gorontalo. Pasalnya selain mempunyai suguhan yang indah, fasilitas lengkap yang terdapat di dalamnya juga menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik para wisatawan agar senantiasa berdatangan.

Terlebih lagi buat kalian para pecinta diving, tentunya pantai ini menjadi surganya sebab selain memberikan suguhan indah alam bawah lautnya, untuk sewa peralatan divingnya pun sangatlah murah. Tertarik mencoba?

32. Desa Suku Bajo (Desa Torosiaje)

Desa Suku Bajo (Desa Torosiaje)

  • Lokasi : Dulupi, Kabupaten Boalemo, Gorontalo
  • Tiket Masuk : Rp 100.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tempat wisata yang satu ini berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat kota Gorontalo. Disini anda akan disuguhkan dengan keindahan launya yang begitu luar biasa dan juga sesuai dengan namanya anda pun akan diberikan pengalaman berwisata dengan rasa kental budaya suku Bajo yang tentunya sangat menarik untuk dipelajari.

33. Monumen Nani Wartabone

Monumen Nani Wartabone

  • Lokasi : Monumen Pahlawan Nani Wartabone terletak di Alun-alun Gorontalo, atau yang lebih dikenal dengan Lapangan Teruna Remaja, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Gorontalo
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : penginapan dan hotel, restaurant

Monumen satu ini didirikan pada tahun 1987 dengan tujuan sebagai penghormatan yang diberikan oleh pemerintah Gorontalo untuk para pahlawan yang telah berjuan di masa lampau.

Selain itu, minumen ini juga menjadi ikonik dari kota Gorontalo dan sering kali diikunjungi oleh para wisatawan sebagai salah satu tempat slefi di Gorontalo yang sarat akan historinya.

34. Wisata Teluk Tomini Gorontalo

Wisata Teluk Tomini Gorontalo

  • Lokasi : Dulupi, Kabupaten Boalemo, Gorontalo
  • Tiket Masuk :
    • Weekdays : Rp 89.000
    • Weekend : Rp 100.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : jembatan kayu, perahu, penginapan

Tempat Wisata Teluk Tomini Gorontalo ini merupakan surganya tempat wisata bahari yang dimana mempunyai panorama alam yang begitu menakjubkan. Disini anda akan disuguhi dengan deretan pulau-pulau yang saling berdekatan dengan kota Gorontalo.

Bahkan, tempat ini mendapatkan gelar sebagai surga kecil nan indah. Dan juga alam laut dari teluk tomini isebut-sebut memiliki keajaiban yang memukau. Tertarik untuk berkunjung?

35. Wisata Kolam Renang Potanga Gorontalo

Wisata Kolam Renang Potanga Gorontalo

  • Lokasi : Dulupi, Kabupaten Boalemo, Gorontalo
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : cottage, kolam renang, kolam mata air panas

Kolam ini lain dari yang lain, pasalnya air yang ada di dalamnya langsung bersumber dari mata air pegunungan asli sehingga airnya terasa begitu menyegarkan. Maka tak heran, banyak pengunjung yang berdatangan silih berganti setiap harinya.

Selain itu, kondisi yang ada di areal kolam pun sangat sangatlah terawat dan juga bersih, sehingga sangat nyaman untuk dimanfaatkan.

36. Wisata Pulau Bitila Gorontalo

tempat wisata di gorontalo pulau cinta

  • Lokasi : Desa Panta, bersebelahan kabupaten Boalemo dengan kabupaten Pohuwato.
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pulau yang satu ini memnag dijadikan oleh pemerintah Gorontalo sebagai destinasi wisata bahari untuk para wisatawan.

Hal itu bukan tanpa alasan, melainkan pulau ini mempunyai keindahan yang begitu menakjubkan, sehingga tak hanya wisatawan lokal yang melirik keindahannya, namun wisatawan mancanegara juga turut serta membanjiri pulau cantik yang satu ini.

37. Tempat Wisata Rumah Adat Gorontalo

peta wisata gorontalo

  • Lokasi : Kota Gorontalo, Gorontalo
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tak ada salahnya kalau kita mlipir sebentar dan kenalan dengan wisata budaya di kota Gorontalo, salah satunya adalah tempat wisata rumah adatnya. Disini para pengunjungnya akan mengenal budaya Gorontalo secara lebih dekat dan menarik tentunya.

Rumah adat gorontalo ini dikenal juga sebagai Bantayo Poboide yang masing-masing katanya mempunyai makna bangunan dan juga tempat pertemuan.

Rumah adat ini atau Bantayo Poboide juga berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan seni budaya Gorontalo. Rumah adat ini mempunyai banyak sekali ruang dan setiap ruangnya memiliki peranan yang berbeda, serta dindinya pun mempunyai ornamen yang menyimbolkan setiap aktivitas penghuninya.

38. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Gorontalo

tempat wisata di gorontalo utara

  • Lokasi : Perbatasan Gorontalo dan Sulawesi Utara (Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara dan di Kecamatan Suwawa dan Bonepantai, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.)
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Dan tempat wisata terakhir yang akan alawisata bahas adalah taman nasional Bogani Nani Warabone. Sesuai dengan namanya, disini anda akan menjumpai berbagai macam ekologi langka seperti berbagai jenis anggrek, serta aneka tanaman hias dan bunga bangkai (Amorphophallus companulatus) yang tentunya tidak akan anda jumpai di tempat lain.

Nah itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di kota Gorontalo, selain terkenal akan Pulau Saronde yang begitu mengagumkan, di kota ini juga banyak sekali memiliki tempat wisata di dalamnya yang tak kalah menarik dari kota-kota lainnya.

Namun satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Gorontalo, semoga bermanfaat. Happy Holiday!

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Salatiga

Dwi Okta
17 min read

Tempat Wisata di Malang

Dwi Okta
61 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *