Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Pasuruan

21 min read

Tempat Wisata di Pasuruan

Siapas sih yang tidak kenal dengan kota Pasuruan. Sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Timur ini terletak di jalur utama pantai utara yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali yang menjadikannya sebagai kota dengan prospek ekonomi yang besar di kawasan Indonesia bagian timur. Nah, kali ini alawisata berkesempatan untuk membahas mengenai tempat wisata yang ada di Pasuruan nih guys.

Kota yang memiliki luas 36,58 km persegi ini ternyata memiliki potensi wisata yang tak kalah indah dari Bali lho. Berbagai objek wisata di dalamnya juga memiliki daya tarik tersendiri yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.  Sebut saja Air Terjun Coban Baung, Taman Safari Indonesia II, Pantai Penunggul, dan Petik Kurma Pasuruan objek wisata tersebut memiliki daya pikat tersendiri sehingga banyak wisatawan yang singgah ke objek wisata tersebut.

Sebenarnya masih banyak sekali destinasi wisata yang dapat anda kunjungi di Kota Pasuruan. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, dan wisata kulinernya pun dapat anda temui semuanya disini.

Nah, jika anda berniat untuk liburan ke kota ini, alawisata akan mempermudah perjalanan wisata anda dengan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Pasuruan. Untuk itu, yuk simak baik-baik artikel ini sampai selesai.

1. Pantai Penunggul

wisata di bangil

  • Lokasi : Penunggul, Pasuruan
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, warung makan, MCK, tempat istirahat

Objek wisata pertama yang akan alawisata bahas pertama kali adalah pantai. Dimulai dari Pantai Penunggul. Pantai ini diselimuti oleh hamparan pasir putih nan lembut, tak hanya itu deburan ombak yang tidak terlalu besar juga semakin membuat nyaman para pengunjung yang singgah ke pantai ini.

Berada di Desa Panunggul, membuat kawasan pantai ini dikelilingi oleh hutan mangrove yang memiliki luas 144 hektare dan semakin menarik perhataian para wisatawan untuk senantiasa berkunjung ke pantai ini sebab, kawasan ini menyuguhkan pemandangan laut & juga terdapat empat tipe tanaman bakau yang hidup di dalamnya yaitu Rhyzapora Mucronata, Abisina Alba, Rhyzapora Apiculata & Alasina Marina. Cukup menarik bukan?

2. Pantai Lekok

tempat wisata di trawas

  • Lokasi : Pengaletan, Jatirejo, Lekok, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, tempat makan, kamar mandi, musholla,

Keindahan alam yang tersaji di Pantai Elok ini memang menarik para pengunjung untuk terus datang kesini. Hamparan pasir berwarna putih kecoklatan serta jajaran perahu nelayan yang berwarna-warni semakin menambah kesan eksotis pantai satu ini.

Tak hanya itu, pantai ini akan semakin memamerkan keindahanya kala sunset tiba, warna orange kemerahan akan membuat siapa saja bungkam untuk terus menatap keindahannya. Hal unik yang dimiliki pantai ini adalah adanya tradisi masyarakat setempat yang melakukan kegiatan ski di atas lumpur yang sering juga disebut sebagai Ski Lot yang mana para peserta harus menangkap lele, kepiting atau belut dengan menggunakan papan diatas lumpur. Tradisi tersebut biasa dilakukan saat 8 hari setelah hari raya Idul Fitri tepatnya waktu Lebaran Ketupat. Tertarik mencoba?

3. Pantai Karang Hitam

Pantai Karang Hitam

  • Lokasi : Pasuruam, Kebun, Wates, Lekok, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Dilihat dari namanya, jangan salah artikan bahwa semua karang yang berada di pantai ini berwarna hitam ya guys. Penamaan pantai ini diambil berdasarkan  keindahan pantainya sendiir yang sangat memukau saat matahari mulai tenggelam karena karang-karang yang terdapat di pantai ini akan berwarna hitam, tak hanya itu, yang membedakan pantai ini dengan pantai lain yang ada di Pasuruan adalah pasirnya yang berwarna coklat bersih. Unik ya!

Sama halnya dengan pantai lainnya, disini juga terdapat perhau-perahu berlayar dengan warna bervariasi yang semakin mempercantik keindahan pantai. Betah deh pokoknya untuk berlama-lama singgah disini.

Namun sangat disayangkan Pemkab Pasuruan belum memberikan sentuhan maksimal terhadap pantai Karang Hitam, sehingga sangat perlu dibangun beberapa fasilitas penunjang untuk memudahkan para pengunjung yang datang, mengingat para wisatawan yang datang juga merupakan sumber pendepatan dan kemakmuran bagi warga setempat.

4. Pantai Panggung Pasuruan

pantai penunggul pasuruan

  • Lokasi : Laut Jawa No.kel, Panggung Rejo, Purworejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Belum banyak yang mengetahui tentang adanya pantai satu ini. Pantai Panggung Pasuruan tidak jauh beda dengan pantai lainnya, memiliki hamparan pasir hitam kecoklatan serta ombak yang tenang membuat anda betah dan nyaman berlama-lama disini.

Keunikan dari pantai ini ialah, saat air sedang surut, kita akan disuguhkan dengan hamparan pasir bak lumpur yang eksotis dan juga kita dapat melihat berbagai perahu nelayan yang seolah olah terdampar di tengah-tengah padang lumpur.

5. Pantai Watuprapat Nguling Pasuruan

Pantai Watuprapat Nguling Pasuruan

  • Lokasi : Sekolahan, Watuprapat, Nguling, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai lain yang jarang diketahui oleh banyak orang ialah Pantai Watuprapat Nguling Pasuruan. Pantai ini juga belum banyak diulas oleh masyarakat, namun pantai ini layak untuk dikunjungi karena panorama alamnya yang cukup menyegarkan mata.

Disini juga terdapat tanamanan bakau yang semakin membuat suasana sejuk di sekitar pantai, dan anda dapat menyusuri kawasan bakau itu melewati jembatan yang memang telah disediakan atau pun menyewa perahu agar perjalanan lebih menyenangkan. Tak hanya itu, garis pantai yang lumayan panjang juga sangat asik untuk dijadikan tempat liburan.

6. Air Terjun Gumandar

Air Terjun Gumandar

  • Lokasi : Jalan Raya Ledug, Prigen, Ledug, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, tempat istirahat atau gazebo

Selanjutnya Pasuruan juga memiliki curug ataupun air terjun yang tak kalah indah dari curug lain, yang pertama ada Air Terjun Gumandar. Sedikit berbeda dengan air terjun pada umumnya, air terjun satu ini tidak memiliki aliran sungai sebagai sumber untuk mengaliri air yang dijatuhkan dari atas tebing air terjun, melainkan air dari air terjun ini berasala dari resapan air yang langsung masuk ke tanah dan kemudian keluar lagi lewat sumber airdi sekitar pemukiman penduduk.

Dan pemandangan kedua dari air terjun ini hanya dapat dilihat mendekati akhir musim hujan, sekitar Februari – Maret karena di luar musim tersebut debit airnya kecil sehingga tak tampak. Namun jangan khawatir sobat, panorama di sekitar air terjun juga sangat menggoda untuk ditelusuri lebih dalam.

7. Air Terjun Sumber Nyonya

Air Terjun Sumber Nyonya

  • Lokasi : Tutur, Gn. Sari, Desa Tutur, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-17.00

Beredar cerita yang dikisahkan oleh masyarakat setempat, bahwa dahulu terdaoat banyak perempuan yang tidak k dapat memiliki keturunan alias mandul di Desa Gunung Sari.

Setelah diselidiki ternyata hal itu tidak disebabkan karena adanya hal ghaib, melainkan masyarakat setempat mengkonsumsi air dari sebuah curug yang mengandung perak, dan curug tersebut kini dikenal dengan nama Curug Sumber Nyonya.

Terlepas dari cerita tersebut, air terjun ini terletak di tengah hutan yang mengharuskan jasa seorang pemandu jalan untuk menemani para pengunjung. Selain untuk menuntun ke lokasi air tejrun, pemandu juga dibutuhkan untuk bertanya segala hal tentang visualisasi yang terlihat oleh mata.

Curug ini sendiri memiliki tinggi 15 meter. Uniknya, curug ini sebelum air jatuh ke hulu sungai, pancuran air curug ini membentur bebatuan cadas yang ada di badan curug.

Akibatnya ketika tiba ke kolam alami yang tepat berada di bawah curug, air pancuran curug pun terbelah menjadi dua bagian dan terlihat lebih eksotis. Selain itu, disekitar badan bukit curug ini juga terdapat goa alami yang dapat dikunjungi.

8. Air Terjun Coban Cemoro Gading

Air Terjun Coban Cemoro Gading

  • Lokasi : Cemorogading, Desa Ngadirejo, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-18.00 (Senin-Sabtu)

Sesampainya anda di lokasi air terjun, anda akan langsung disambut dengan titik-titik air segar yang langsung membasahi muka. Air yang dihasilkan air terjun ini juga sangat jernih sehingga membuat anda nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas disini.

Suasana yang sunyi ditemani dengan panorama alam hutan yang menawan merupakan perpaduan yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat bersantai yang jauh dari kata perkotaan.

9. Air Terjun Coban Waru

Air Terjun Coban Waru

  • Lokasi : Dusun Kayukebek, Desa Wonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Selain terkenal akan nama Coban Waru, air terjun ini juga dikenal sebagai Coban Joyo atau pun Coban Wonosari. Memiliki tinggi 25 meter serta kondisi alamnya yang masih sangat asri dan suasananya yang sejuk membuat air terjun ini cocok digunakan sebagai tempat untuk melepaskan kepenatan dari aktivitas kita sehari-hari.

Curah hujan di kawasan ini kebanyakan 1.800 mm per tahun bersama bulan basah antara November hingga Maret & bulan kering antara bulan April sampai Oktober yg mencapai suhu kurang lebih 22°C. Kawasan di air terjun ini akan membuat anda merasa lebih tenang dan tidak ingin segera beranjak dari tempat ini.

10. Air Terjun Coban Baung

Air Terjun Coban Baung

  • Lokasi : Area Sawah/Kebun, Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 8.000
  • Jam Buka : 06.00-17
  • Fasilitas : camping groung

Coban ini masih masuk ke dalam kawasan Taman Wisata Air (TWA) yang terletak di lereng Gunung Baung. Memiliki tinggi sekitar 100 meter membuat air terjun ini mampu membentuk butiran-butiran air bak embun yang terbang hingga 10 meter.  Kebayang bukan, segarnya seperti apa ketika kita berada di kawasan coba satu ini?

Tak hanya itu, coban ini juga berdekatan dengan Kebun Raya Purwodadi yang berada di sebelah barat dan merupakan pertemuan dua aliran yaitu Sungai Welang dan Sungai Beji.

Bagi kamu yang gemar akan kegiatan outdoor, mengunjungi coban satu ini bisa membuat pengalaman  yang menyeangkan. Air terjun yang berdiri kokoh seolah membelah tebing hitam yang ditumbuhi sejumlah pohon dan tanaman perdu menambah kesan eksotis yang tercipta dikawasan ini.

11. Coban Rambut Moyo

Coban Rambut Moyo

  • Lokasi : Palangsari, Puspo, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
  • Jam Buka :
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, rumah makan

Air terjun lain di Pasuruan yang tak kalah indahnya adalah Coban Rambut Moyo. Air terjun ini memilii pemandangan yang cukup menawan. Kenapa dinamakan rambut moyo? Sebab, aliran air terjun ini nampak seperti rambut, tipis tapi tersebar begitu banyak. Selain itu, air yang dihasilkan pun sangat jernih ditambah lagi dengan pemandangan hijau di sekeliling coban, keren!

Tak hanya itu, di areal air terjun ini juga banyak terdapat bebatuan yang cukup besar berserakan. Hal yang paling menarik dari air terjun ini adalah adanya pelangi di antara percikan air terjun tersebut yang sangat indah sekaligus menakjubkan.

Berada di kawasan pegunungan Bromo-Tengger pada ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut (dpl) dan terdiri dua tingkatan dimana bagian atas terlihat lebih pendek dibandingkan bagian bawahnya serta air terjunnya sendiri memiliki tinggi kurang lebih 40 meter dengan telaga kecil yang airnya cukup dangkal dibawahnya.

12. Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo

  • Lokasi : Jalan Taman Wisata No.541, Prigen, Semeru, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000 per orang, Rp 5.000 (Parkir Kendaraan)
  • Jam Buka : 07.00-15.30
  • Fasilitas : musholla, kolam renang, taman bermain anak, shelter, toilet, area parkir

Air Terjun Kakek Bodo ini memiliki tinggi 40 meter yang terletaj di lereng Gunung Arjuno, dan menjadi salah satu air yang difavoritkan bagi para wisatawan. Lokasinya yang berada di pegunungan, membuat suasana di kawasan air terjun terasa segar serta ditambah pemandangan alam dengan hamparan pepohonan yang sangat memukau.

Terlepas dari ekostisme air terjun, ternyata air terjun ini memiliki kisah yang cukup melegenda. Dikisahkan bahwa dahulu ada seorang kakek yang mengabdikan hidupnya ke salah satu keluarga Belanda yang kaya raya.

Namun kakek itu memutuskan untuk bertapa di bawah air terjun, sehingga mantan majiakan atau keluarga Belanda tersebut mengatainya sebagai “kakek bodoh” karena sudah diberi fasilitas yang bagus dan gaji yang cukup tapi palah memilih untuk bertapa di tengah hutan belantara, namun tanpa di sangka, hasil dari bertapa ini sang kakek mendapatkan kesaktian yang digunakan untuk membantu siapapun yang membutuhkan pertolongan. Sehingga air terjun yang menjadi tempat bertapa sang kakek ini dinamakan sebagai Air Terjun Kakek Bodo.

Menariknya lagi, selain anda dapat menikmati deburan air yang jatuh, anda juga berkesempatan untuk menyaksikan secara langsung makam sang kakek, namun tidak sembarang orang yang dapat memasuki rumah makam kecil sang kakek tersebut.

13. Air terjun Putuk Truno

Air terjun Putuk Truno

  • Lokasi : Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 07.10-16.00
  • Fasilitas : kamar mandi, taman, tempat berteduh, bangku, warung

Air terjun ini terletak di kaki gunung Welirang dan Arjuno, Pasuruan. Memiliki ketinggian mencapai 45 meter ini memiliki kondisi yang bersih dan terawat mengingat karena adanya perhatian penuh dari Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

Debit air yang dicurahkan air terjun ini terbilang cukup deras sehingga terlihat sangat mempesona. Ditambah lagi dengan adanya bebatuan dan hijaunya pepohonan yang membuat air terjun ini semakin eksotis. Selain terkenal akan keindahan panorama alam yang disuguhkan, air terjun ini juga terkenal akan air nya yang segar dan sangat jernih. Saking jernihnya, batu batu yang ada di dalam air pun dapat terlihat dengan jelas.

Dan apabila anda cukup beruntung, anda dapat melihat pelangi melalui selang air yang bocor tepat di tangga turunan. Karena air yang menyembur dari selang jika terkena sorotan sinar matahari akan menghasilkan kilauan pelangi.

14. Air Terjun Alap Alap

Air Terjun Alap Alap

  • Lokasi : Area Sawah/Kebun, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, rumah makan, area camping

Memiliki tinggi  40 meter, air terjun ini juga terdapat tingga tingkatan yang bervariasi. Debit air yang dimiliki air terjun ini pun tidaklah besar dan hanya mengalir melewati sela-sela tebing batu. Dan dibawah air terjun ini terbentuk sebuah kolam alami yang menampung cucuran air terjun dengan luas sekitar 60 m2.

Nama air terjun ini diambil dari adanya habitat burung burung pemangsa yang hidup di kawasan air terjun ini yaitu Elang Jawa. Air terjun ini berada di atas Air Terjun Kakek Bodo dimana masih di sekitar area pegunungan Gunung Arjuno dan Welirang.

15. Air Terjun Tundo Pitu

Air Terjun Tundo Pitu

  • Lokasi : Desa Baledono, Kecamatan Losari , Kabupaten Pasuruan , Provinsi Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK

Air terjun ini terletak beberapa meter dari jalan utama Puspo-Tosari. Penamaan air terjun ini diambil dari adanya lekukan yang berjumlah tujuh di air terjun tersebut. Karena letaknya yang tersembunyi di dalam hutan, membuat keindahan air terjun ini jarang diketahui oleh banyak orang. Oleh karena itu, pengunjung yang datang ke air terjun ini pun masih belum banyak.

16. Pemandian Alam Banyu Biru

wisata pasuruan banyu biru

  • Lokasi : Jalan Raya Banyubiru Rt/Rw 02/02 Sumber Rejo, Winongan, Banyubiru Kidul, Sumber Rejo, Winongan, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 7.500 per orang, Rp 1.000 (Parkir Sepeda), Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 4.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : arena bermain, lapangan tenis, stand pameran, kolam ikan, perlengkapan berenang, area parkirkamar mandi, kamar ganti, makanan khas

Setelah tadi ada air terjun dan juga pantai, sekarang ada objek wisata alam lainnya yang tak kalah seru yaitu Pemandian Alam Banyu Biru. Seperti namanya, tempat wisata ini merupakan pemandian yang bersumber dari mata air alami yang dapat digunakan sebagai tempat untuk melepas lelah sembari berenang.

Tak hanya itu saja, dukungan kondisi sekitar yang masih sangat asri dan terjaga menimbulkan efek yang luar biasa segar dan menenangkan sehingga para pengunjungnya betah untuk menghabiskan waktunya disini.

Di kolam ini juga terdapat ikan yang dikeramatkan dan tidak boleh ada seorang pun yang menyentuhnya yaitu ikan sengkaring yang konon panjangnya dapat mencapai satu meter bahkan lebih. Menariknya lagi, kolam ini telah populer sejak jaman penjajahan Belanda dulu dengan bukti adanya foto kuno di tahun 1900-an maupun koleksi KILTV serta juga Tropen Museum Belanda.

17. Danau Ranu Grati

Danau Ranu Grati

  • Lokasi : Kecamatan Grati, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00
  • Fasilitas : spot memancing, sewa perahu, sewa sepeda air, sewa boat

Ranu Grati atau yang biasa yang dikenal dengan sebutan Danau Ranu Grati merupakan danau yang memiliki luas 107 hektar yang berlatar belakang pegunungan Tengger. Lokasinya sendiri sekitar 30 menit dari pusat kota Pasuruan, atau 5 menit waktu tempuh jika lewat pertigaan Sumurwaru Grati.

Danau ini bisa disebut sebagai wisata alternatif keluarga sebab berbagai kegiatan bisa anda lakukan disini, seperti memancing, naik perahu, hingga bersepeda di atas air.

Dibalik keseruannya, ternyata ada beberapa cerita misteri yang menyelimuti danau ini, salah satu cerita yang paling terkenal mengatakan bahwa dahulu ada tentara Belanda dengan tank amfibinya menghilang ketika menyeberangi danau tersebut. Dan faktanya di danau ini memang terdapat sebuah lubang yang sangat besar dengan bentuk kerucut terbalik di dasar danau ini. Ummm gimana menurut anda?

Terlepas dari cerita tersebut, danau ini menawarkan panorama alam yang tak kalah indahnya, disini anda dapat bersantai sembari menikmati pemandangan matahari terbenam yang amat menawan.

18. Reco Kembar

Reco Kembar

  • Lokasi : Dusun Krajan, 67163, Hutan, Cowek, Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Reco Kembar merupakan salah satu lokasi wisata baru yang ada di kota Pasuruan berupa wisata air yang berada di Kecamatan Purwodadi. Buat kalian yang bingung ingin berlibur sekaligus menikmati kesegaran air dari sumber alami dengan ditemani pemandangan alam yagn ciamik abis, maka Reco Kembar lah jawabannya.

Seperti namanya, disini terdapat dua buah batu ajaib yang menjulang tinggi yang merupakan bekas bukit yang dulunya ditambang sehingga menyisakan dua batu tersebut. Disini juga terdapat dua kolam alami yang semuanya dapat kalian nikmati. Letaknya yang berada di antara hutan belantara serta dikelilingi bukit hijau membuat kegiatan berendam kalian akan terasa segar dan menyejukan.

19. Hutan Mangrove Nguling

Hutan Mangrove Nguling

  • Lokasi : Sawah & Tambak, Penunggul, Nguling, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Wisata hutan mangrove di Nguling ini dapat menjadi alternatif menarik untuk dikunjungi saat liburan di kota Pasuruan. Selain menikmati keindahan hutan mangrovenya, destinasi wisata alam ini juga sekaligus mengedukasi para pengunjungnya untuk lebih mencintai lingkungan sehingga tetap terjaga kelestariannya serta memberikan banyak manfaat.

Dengan keindahan yang disuguhi, hutan ini mampu menarik minat banyak wisatawan lokal hingga mancanegara, tak jarang waisatawan asing seperti Malaysia, Jepang, Thailand, dan Australia berkunjung kesini.

20. Sawahe Pak Budi

Sawahe Pak Budi

  • Lokasi : Sekar Mojo, Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
    • Promo : Rp 20.000 *waktu tertentu
    • Weekdays : Rp 35.000
    • Weekend & Holiday : Rp 50.000
  • Jam Buka : 09.00-17.00
  • Fasilitas : area Peternakan Organik, Pertanian Organik, Kids House, Edukasi Kopi Luwak, Mini Market, Kolam Pancing, Gazebo, Restoran, Cottage, Amphiteatre, wisata kuliner, area outbound, lapangan futsal mini, green house hidroponik, spot foto kece

Eduwisata alam sealnjutnya ada Sawahe Pak Budi. Nama dari lokasi wisata ini tidak lain merupakan pemiliknya yang beranama Budi Sugiharto. Hal ini merupakan mimpi beliau sejak lama yang ingin menghadirkan lokasi wisata alam yang mengedukasi bagi semua orang, sehingga terciptalah tempat ini dan kini popularitasnya kian naik seiring dengan perkembangan teknologi dan media sosial.

Tempat wisata ini cocok untuk semua kalangan, karena nantinya setiap pengunjungnya akan diajak untuk berlajar mengenai pertanian, perkebunan, peternakan, dan juga perikanan dengan teknik berwisata yang seru dan tidak membosankan.

Dengan mengunjungi tempat ini maka para pengunjungnya dapat mengetahui lebih banyak seputar tentang tips beternak dan mengembangbiakkan binatang ternak, menanam sayuran, menanam buah-buahan, dan lain sebagainya.

Bagi kalian para instagramer, tak usah khawatir bingung mencari spot foto disini, karena sudah dipastikan setiap sudut dari tempat ini sangatlah instagenic sehingga kalian dapat berswafoto sepuas mungkin hingga mati gaya sekalipun!

21. Kawasan Tretes

Kawasan Tretes

  • Lokasi : Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Kawasan Tretes merupakan sebuah kawasan hijau yang berada di sebuah puncak bukit di sebelah gunung Arjuna. Tempat ini menawarkan panorama alam yang menakjubkan dari awan putih yang menggelayuti puncak gunung sementara pohon-pohon cemara kokoh terhampar menjulang.

Pemandangannya yang luar biasa eksotis serta lengkap dengan udaranya yang segar merupakan keunggulan utama dari objek wisata ini sehingga menjadikan kawasan ini terkenal serta banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Maka tak heran jikalau banyak wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri yang singgah ke tempat ini untuk mengisi waktu liburannya.

22. Kebun Apel Khrisna

kebun apel khrisna pasuruan

  • Lokasi : Desa Andonosari, Kecamatan Tutur , Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 4.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, rumah makan

Kebun Apel Khrisna merupakan sebuah perkebunan yang memiliki luas sekitar 1100 hektar yang seusai dengan namanya berisikan berbagai jenis apel seperti Manalagi, Rhomebeauty dan Wanle. Wilayahnya yang strategis serta mudah dijangkau, menjadikan tempat ini sangat cocok dijadian sebagai tempat rekreasi wisata bersama keluarga yang menyenangkan.

Dan menariknya lagi, setiap pengunjung yang dapat tak hanya dapat berkeliling dikebunnya saja, namun para pengunjung diperbolehkan untuk memetik dan memakan langsung buah apel di setiap pohon yang ada.

23. Outbound Bhakti Alam

wisata bhakti alam pasuruan

  • Lokasi : Jl. Raya Tutur, Area Sawah, Ngembal, Tutur, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
  • Weekdays : Rp 40.000
  • Weekend : Rp.45.000
    • *Ketentuan Umum :
      • Anak mulai 85 cm di kenakan tiket penuh
      • Setiap pengunjung tidak di perkenankan membawa makanan
  • Jam Buka : 08.00-15.00 (Selasa-Minggu)
  • Fasilitas : Pendopo Pertemuan yang luas, Penginapandari type Asrama / Bangsal, yang dapat menampung sekitar 300 orang, Lapangan outdoor yang luas dan sejuk, Lokasi yang dekat dengan jalur wisata Bromo, kereta wisata, cottage, penginapan, pendopo, lapangan, outbound, ATV, berkuda, buggy car, paintball, green house, pasar buah dan sayur, kios bunga, restoran, food court, peternakan sapi, pabrik sapi, pawon jawa, pemancingan, cheese village, taman air

Bhakti Alam Pasuruan merupakan sebuah agrowisata yang sangat pas dijadikan sebagai tempat wisata yang seru buat keluarga tercinta. Tempat ini menyuguhkan keindahan alam dengan kebun buah, bunga bunga serta taman yang luas.

Program untuk mengedukasi peserta didik, maupun karyawan Anda yang berkaitan dengan konservasi, pembudidayaan hewan ternak dan tanaman buah dapat Anda peroleh di Bhakti Alam ini dengan kemasan paket edukasi alam yang terjangkau tarifnya.

Dengan berbagai fasilitas di dalamnya, tempat ini sungguh memanjakan setiap pengunjung di dalamnya. Jadi jika anda berkunjung ke tempat ini, tidak usah khawatir akan bosan. Semua wahana siap untuk menghibur kalian semua.

24. Condido Agro Herbal

condido agro herbal

 

  • Lokasi : Jl. Nongkojajar Km No. 3, Teratai, Karang Sentul, Gondang Wetan, Pasuruan, East Java
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-17.00
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, rumah makan

Tempat wisata kali ini akan mengajak pengunjungnya untuk belajar langkah untuk becocok tanam dengan cara organik tanpa pemakaian pestisida maupun bahan kimia lain yang bisa mengakibatkan kerusakan tanah serta tanaman tersebut, seperti bermacam tanaman sayur serta buah.

Tempat ini menggunakan ystem tanam organik dengan cara memakai pupuk kandang yang kemudian di proses jadi bokashi (sejenis pupuk organik). Sehingga Wisata Condido Agro Herbal Pasuruan bisa meningkatkan system tanam dengan cara organik untuk tanaman hias serta herbal di dalamnya. Untuk tanaman hiasnya sendiri, tempat ini di dominasi dengan bunga krisan yang turut menjadi product unggulan di tempat ini.

Jadi sembari anda berwisata anda juga akan mendapatkan ilmu baru yang tentunya jarang untuk anda dapatkan ditempat wisata lainnya. Jangan lupa untuk berkunjung ya guys!

25. Bukit Flora

Bukit Flora

  • Lokasi : Jl. Raya Tutur, Krajan Satu, Tutur, Nongkojajar, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
    • Reguler : Rp 25.000 (tiket bisa ditukar snack + minum )
      • Paket Outbound
      • Paket 1 : Rp 85.000
      • Fasilitas : free tiket masuk, pemandu outbound, piagam / siswa, tanda peserta outbound, panduan edukasi, games outbound berhadiah, flying fox, berkunjung ke rumah jamur, kolam renang
    • Paket 2 : Rp 70.000
      • Fasilitas : free tiket masuk, pemandu outbound, piagam / siswa, tanda peserta outbound, panduan edukasi flora, games outbound berhadiah, 1x makan siang, flying fox, berkunjung ke rumah jamur, kolam renang
      • Paket Outbound Dewasa : Rp 85.000
      • Fasilitas : free tiket masuk, pemandu outbound, berkunjung ke Green HouseBunga, games outbound berhadiah, 1x makan siang, flying fox, berkunjung ke rumah jamur, kolam renang, tanda peserta
  • Jam Buka : 09.00-16.00
  • Fasilitas : kolam renang, waterboom, spot foto, gazebo, musholla, free WiFi, permainan skybike

Wisata Bukit Flora merupakan tempat wisata yang menawarkan berbagai permainan aoutbound yang seru dan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tak hanya itu, tempat ini juga terkenal karena memiliki hawa yang sangat sejuk serta tiket masuk yang sangat terjangkau untuk menikmati berbagai kegiatan seru di dalamnya.

Berbagai wisatawan luar daerah juga kerap mengunjungi tempat ini untuk mengisi liburan mereka. Jadi jika kalian ada di Pasuruan dan bingung mencari tempat wisata, ada baiknya anda kesini saja karena nantinya berbagi objek wisata bisa anda rasakan dalam satu tempat wisata. Seru deh!

26. Saygon Waterpark

Saygon Waterpark

  • Lokasi : Sengon, Desa, Karanggondang, Pucangsari, Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
    • Weekdays : Rp 35.000
    • Weekend & Holiday : Rp 50.000
    • Masuk wahana Pesawat Boeing : Rp 20.000
    • Masuk wahana bioskop 6 D : Rp 20.000
    • Parkir Motor : Rp 2.000
    • Parkir Mobil : Rp 5.000
    • *gratis untuk anak-anak < 90cm
  • Jam Buka : 09.00-17.00 (Weekdays), 08.00-17.00 (Weekend)
  • Fasilitas : area parkir, wahana permainan, bioskop 6 D, gazebo, musholla, kamar ganti, toilet, penyewaan pelampung, food court, loker pakaian, penginapan

Tempat wisata selanjutnya ada Saygon Waterpark yang dimana di dalamnya banyak sekali terdapat wahana permainan seru untuk anda dan keluarga. Sedikit unik dari waterpark kebanyakan, disini juga memiliki sebuah sebuah pesawat terbang berjenis Boieng 272-400 yang sekaligus menjadi ikon dari waterpark ini.

Dan uniknya, pesawat ini merupakan persawat asli bukan tiruan yang disulap sedemikian rupa menjadi tempat untuk demo penerbangan maupun pemutaran film 3D. Bahkan di area wisata ini para pengunjungnya juga dapat menikmati bioskop 6 D. Jadi tunggu apalagi? Ajak keluarga anda datang kesini dan nikmati keseruan di dalamnya!

27. Saygon Night Park

Saygon Night Park

  • Lokasi : Sengon, Purwosari, Pucangsari, Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
    • Weekday (senin-rabu) : Rp 10.000
    • Tiket terusan weekday (senin-rabu) : Rp 60.000
    • Tiket masuk weekend (jumat, sabtu,minggu dan hari libur) :  Rp 15.000
    • Tiket masuk terusan weekend (jumat, sabtu,minggu dan hari libur): Rp 75.000
    • Tiket masuk bioskop 6D : Rp 20.000
  • Jam Buka : 16.00-22.00 (Senin-Rabu), 15.00-22.00(Jum’at, Minggu, Hari Libur)
  • Fasilitas : Trampoline, Ferrish Well, Roller Coaster, Bumper Car, Gyroscope, Rodeo, Flying Fox, Flying Chair, Rumah Balon, Outbond, Flying Disk, Bioskop 6D, Simulasi Penerbangan, Souvenir Shop

Ternyata kota Pasuruan juga memiliki tempat wisata malam yang sangat rekomended untuk dikunjungi yaitu Saygon Night Park. Tempat ini mempunyai banyak sekali wahana permainan yang serba eksklusif yang mampu memberikan warna-warni menarik di kota Pasuruan.

Dengan berbagai wahana di dalamnya, tempat ini sangat cocok dijadikan sebgai tempat berlibur bersama orang terkasih, sebab selain memberikan keseruan disetiap wahananya, kesan romantis juga tercipta karena dukungan berbagai lampu yang tertata sedemikian rupa disana sehingga sangat terlohat seru sekaligus menenangkan.

28. Pemandian Taman Ria Suropati

Pemandian Taman Ria Suropati

  • Lokasi : Gg. Masjid No.11, Rt 2 Rw. 3, Ranggeh, Gondang Wetan, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 15.000
  • Jam Buka : 08.00-16.00 (Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu), 13.00-16.00 (Jum’at)
  • Fasilitas : kebun binatang, playground, kolam renang, taman, pendop

Pemandian Taman Ria Suropati lokasi wisata pemandian air panas dan juga kolam pemandian alami. Buat anda yang sedang mencari tempat bersantai dan ingin melepaskan penat dari rutinitas, sepertinya tempat ini bisa anda jadikan tujuan wisata selanjutnya. Berendam dengan ditemani view alam yang menawan sungguh akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bukan?

Tak hanya itu, selain terdapat kolam pemandian, disini juga terdapat area bermain anak dan kebun binatang, jadi jika anda datang bersama buah hati anda, anda tak perlu khawatir si kecil akan kebosanan nantinya.

29. Kedawung Agro Selfie (KAS)

Kedawung Agro Selfie (KAS)

  • Lokasi : Jalan Raya Banyubiru KM. 1 Dusun Kajar Kuning, Desa Kesandung Wetan, Kecamatan Grati, Kedawung Kulon, Grati, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 2.500
  • Jam Buka : 07.00-17.00

Kedawung Agro Selfie (KAS) merupakan destinasi wisata agribisnis “jaman now” yang sangat layak untuk dikunjungi. Bagi anda para instagramer dan juga yang memiliki hobi fotografi tentunya tempat ini merupakan surganya karena menyediakan banyak sekali spot cantik yang akan membuat videografi yang kaya dengan warna-warni.

30. Taman Dayu

wisata taman dayu pandaan

  • Lokasi : Jl. Raya Surabaya-Malang No.16, Karang Jati, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
    • Weekday : Rp 30.000
    • Weekend & Holiday : Rp 60.000
  • Jam Buka : 07.00-22.00
  • Fasilitas : kolam renang, The Pines Camping Ground, Waterpark, Golf Clubhouse, Golf Course, Hotel & Villa, Driving Range, Camping Area, Rumah Pohon, Rumah Kayu, musholla, tempat wudhu, outbond, flying fox, fun games, paintball

Taman dayu ini merupakan sebuah tempat rekreasi yang menawarkan berbagai wahana seru di dalamnya. Mulai dari waterpark, outbound, hingga rumah pohon yang dapat disewakan untuk dijadikan tempat menginap.

Dan pastinya tempat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang kegiatan berlibur untuk memudahkan setiap pengunjungnya yang datang. Letaknya yang berada di daerah pegunungan dan hutan juga menciptakan sensai kesegaran tersendiri yang semakin membuat betah untuk berlama-lama disini.

31. Taman Pekuncen

Taman Pekuncen

  • Lokasi : Jl. Dokter Wahidin Sudiro Husodo, Pekuncen, Panggungrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : toilet, kursi

Berbeda dengan taman sebelumnya, Taman Pekuncen merupakan taman pada umumnya yang sering digunakan sebagai tempat piknik atau bersantai di pagi hingga sore hari. Meskpiun tak terlalu besar, taman ini cukup nyaman untuk disinggahi karena lingkungannya sangat terjaga kebersihannya.

Tak hanya itu, berbagai tanaman dan pohon juga turut memberikan kesan asri di lokasi taman. Namun sangat disayangkan, tak jarang taman ini disalah gunakan bagi sebagian muda-mudi disana sebagai tempat pacaran dan bermesraan.

32. Taman Hayati & Skate Park

Taman Hayati & Skate Park

  • Lokasi : Petahunan, Gadingrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Taman Hayati & Skate Park merupakan salah satu taman kota yang ada di Pasuruan yang sering digunakan sebagai tempat bersantai bagi warga sekitar taman. Penataan tamannya sangat apik sehingga memberikan nuansa nyaman bagi para pengunjungnya.

Namun sayang, taman ini tidak memiliki cukup pohon seperti taman pada umumnya, sehingga saat siang hari tiba, suhu udara di taman ini cenderung terik dan panas sehingga tak banyak yang mengunjunginya. Namun, ketika sore menjelang taman ini mulai ramai dikunjungi masyarakat sekitar untuk sekedar jalan-jalan sore ataupun bersantai.

33. Taman GOR Untung Suropati

Taman GOR Untung Suropati

  • Lokasi : Jl. Sultan Agung, Purutrejo, Purworejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Taman ini bisa dijadikan sebagai tempat untuk berswafoto yang murah meriah, karena memang untuk memasuki taman ini gratis. Banyaknya spot foto seperti jam gadang yang mirip seperti di Bukkittinggi menjadi daya tarik tersendiri untuk taman yang satu ini. Dan taman ini akan semakin memamerkan keindahannya saat malam hari tiba, sebab nantinya di taman ini banyak terdapat lampu warna-warni yang ditata sedemikian rupa dan menciptakan atraksi cahaya yang luar biasa. Kece abis deh pokoknya!

34. Taman Sekargadung (Hutan Kota)

Taman Sekargadung (Hutan Kota)

  • Lokasi : Jl. Sekarsono No.2, Sekargadung, Bugulkidul, Kota Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : WiFi

Ingin berselancar ria di dunia maya tapi kendala kuota yang tipis? Jangan khawatir datang saja ke Taman Sekargadung (Hutan Kota), karena taman ini menyediakan WiFi gratis bagi para pengunjungnya.

Tak heran jia taman ini tak pernah sepi dari para pengunjung, apalagi bagi muda-mudi kota Pasuruan, tempat ini seperti rumah kedua bagi mereka. Taman ini sendiri mempunyai ukuan yang cukup luas dan sudah ditanami beberapa tumbuhan dan pohon sehingga membuat kondisi taman terasa sejuk dan nyaman.

Jika anda juga pergi ke Kediri, kunjungi juga Tempat Wisata di Kediri yang tak kalah bagus.

35.  Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi

  • Lokasi : Jl. Raya Surabaya – Malang Km 65, Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 9.500 (WNI), Rp 15.500 (WNA)
  • Jam Buka : 07.30-16.00

Kebun raya ini mempunyai luas sekitar 85 hektar yang di dalamnya terdapat koleksi tanaman sebanyak lebih dari 10.000 jenis tanaman. Menurut informansi, kebun raya ini sudah ada sejak jaman Belanda dahulu dengan tanggal peresmiaanya sendiri tertera di tanggal 30 Januari 1941.

Pendiri kebun ini bernama Dr. Laurens Gerhard Marinus Baas Becking yang juga diprakasai oleh Dr. Dirk Van Slooten. Meskipun kebun ini didirikan dan dimiliki oleh pemerintah kolonial belanda, namun pada saat ini status kebun ini sepenuhnya milik Pemerintah Indonesia.

Karena letaknya yang berada di kawasan hutan, sehingga diarea wisata ini diselimuti dengan suasana segar dan menenagkan. Namun perlu diingat, karena hal itu pula fasilitas di area wisata juga santa minim. Tapi jangan khawatir, area wisata ini juga dekat dengan pemukiman penduduk sehingga untuk fasilitas bukanlah kendala besar nantinya. Mayoritas wisatawan biasanya datang ke tempat ini hanya untuk sekedar jalan-jalan menguhidup udara segar sembari melakukan beberapa take foto.

36. Alun-Alun Pasuruan

Alun-Alun Pasuruan

  • Lokasi : Jl. Alun-Alun Sel., Kebonsari, Panggungrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Selanjutnya, kalau anda sedang mencari tempat nongkrong di Pasuruan, anda dapat nongkrong di alun-alun yang dimana alun-alunnya menawarkan suasana yang asri dengan dua buah gapura bernuansa hijau pada sisi timur dan barat.

Alun-alun Pasuruan ini sendiri mempunyai konsep taman rapi yang ditunjang dengan adanya air mancur di dalamnya sehingga membuat tempat ini cocok untuk anda jadikan tempat bersantai dan juga menghilangkan penat setelah melakukan kegiatan rutinitas harian.

37. Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen

  • Lokasi : Desa Jatiarjo RT.12/RW.06, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 70.000 – Rp 140.000
  • Jam Buka : 08.30-16.45
  • Fasilitas : camping ground, masjid, banteng camp, hotel, restaurant, area parkir, toilet

Tak hanya Tretes, Pasuruan juga memiliki kebun binatang lain yaitu Taman Safari Perigen atau yang dikenal juga sebagai Taman Safari Indonesia 2. Objek wisata yang satu ini tergolong baru dan mengambil konsep yang sama dengan taman safari I.

Namun faktanya, tempat ini merupakan taman safari terluas yang ada di Asia serta memiliki banyak sekali koleksi satwa unik dan langka di dalamnya. Meskipun baru, tempat wisata ini sudah sangat populer dikalangan masyarakat kota Pasuruan.

Disini anda dapat berkeliling kawasan wisata taman safari dengan menggunakan mobil pribadi atau juga bus wisata serta melihat secara langsung berbagai hewan yang dilepas bebas di kawasan wisata. Letaknya yang berada di lereng gunung Arjuna tepatnya pada ketinggian 800 mdpl membuat suasana yang tercipta di area wisata terasa sejuk sehingga sangat nyaman untuk dikunjungi bersama keluarga maupun kerabat di waktu liburan.

38. Gunung Bromo

wisata pasuruan probolinggo

  • Lokasi : Perbatasan Kabupaten Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, dan Malang
    • Tiket Masuk :
      • Wisatawan Domestik (Weekdays) : Rp 27.500
      • Wisatawan Mancanegara (Weekdays) : Rp 217.500
      • Wisatawan Domestik (Weekend) : Rp 32.500
      • Wisatawan Mancanegara (Weekend) : Rp 317.500
      • *biaya tiket diatas sudah termasuk asuransi jiwa per sekali masuk
    • Parkir
      • Kendaraan Roda 4 (Mobil Pribadi/Jeep) : Rp 10.000
      • Kendaraan Roda 2 (Sepeda Motor) : Rp 5.000
      • Kendaraan Roda 2 (Sepeda Pancal) : Rp 2.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Siapa sih yang tidak kenal dengan kepopuleran gunung yang satu ini? Gunung yang masih aktif ini selalu ramai di kunjungi setiap tahunnya, baik wisatawan lokal maupun internasional. Gunung Bromo ini mempunyai ketinggian mencapai 2.392 Meter dari atas permukaan laut dan juga berada dalam empat lingkup kabupaten, yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Malang. Keadaan alam yang di miliki gunung Bromo bertautan pula dengan lembah, ngarai, caldera atau lautan pasir dengan luas kurang lebih 10 Km.

Terlepas dari keindahan yang dimiliki Gunung Bromo, disini juga terdapat Yadna Kasada atau Upacara Kasodo yang membuat Gunung Bromo menjadi tujuan destinasi utama disetiap tahunnya. Dan upacara ini digelar setiap tahun pada bulan purnama di bulan Desember atau January. Upacara ini dilakukan oleh masyarakat suku tengger yang ada di sekitar gunung . Karena mereka meyakini bahwa gunung Bromo merupakan Gunung Suci.

39. Masjid Cheng Hoo Pandaan

wisata pandaan tretes

  • Lokasi : Jl. Raya Kasri No.18, Petung Sari, Petungasri, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Siapa sih yang ngga kenal dengan laksamana Cheng Hoo? Beliau merupakan salah satu panglima islam yang berasal dari China.  Cheng Hoo sendiri menempuh perjalannya pada 1404-1443. Dan fakta unik sekaligus mengagumkan beliau pernah memimpin sekitar 300 kapal yang dihuni oleh 27 ribu pelaut ke Asia Selatan, Asia Tenggara, Timur Tengah, dan juga Afrika.

Selama perjalanan, beliau menyebarkan agama Islam. Dan kini namanya diabadikan menjadi nama sebuah masjid yang berarsitekturkan bangunan China oleh komunitas muslim China atau Tionghoa dengan tujuan untuk mengenang Laksamana Cheng Hoo yang memang terlahir menjadi seorang muslim. Selain nama Masjid Cheng Hoo Pandaan, masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Muhammad Cheng Hoo.

40. Finna Golf & Club Resort

Finna Golf & Club Resort

  • Lokasi : Jl. Raya Barsari, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
  • Harga : mulai dari Rp. 784.200 per malam
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Jika anda bingung mencari penginapan setelah berwisata, kali ini alawisata akan memberikan satu rekomendasi tempat penginapan yaitu Finna Golf & Club Resort. Selain digunakan seabagi area penginapan, disini juga merupakan tempat arena olahraga golf terkenal dan terluas di Kota Pasuruan.

Luas arena golfnya sendiri mencapai 6.345 meter persegi yang dimana anda dapat bermain golf sepuasnya dengan fasilitas yang sangat lengkap.

41. Candi Gunung Gangsir

Candi Gunung Gangsir

  • Lokasi : Dusun Keboncandi, Gunung Gangsir, Beji, Gununggangsir, Gn. Gangsir, Beji, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 06.00-16.00

Bergeser sedikit dari wisata wisata selanjutnya, sekarang saatnya mengenal tempat wisata sejarah yang ada di kota ini yang pertama ada Candi Gunung Gangsir. Candi ini merupakan candi terbesar yang ada di kota Pasuruan yang dibangun menggunakan material batu Andesit. Masyarakat setempat sering menyebut candi ini sebagai Candi Kebon.

Katanya, di dalam candi ini banyak sekali menyimpan berbagai macam benda berharga. Karena hal itu, candi ini pernah digali oleh sekolompok orang tidak bertanggung jawab sehingga mengurangi keaslian dari candi ini sendiri. Kabar baiknya, pasca kejadian ersebut candi ini tidak mengalami kerusakan sama sekali sehingga masih sangat menarik untuk dikunjungi di waktu luang.

42. Candi Jawi

Candi Jawi

  • Lokasi : Jl. Raya Candiwates, Jawi, Candi Wates, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00

Dikawasan perbukitan Desa Prigen anda akan menjumpai lokasi wisata berupa bangunan candi kuno yang telah berusia ratusan tahun yang terlihat berdiri kokoh dan sangat indah. Bangunan tersebut merupakan Candi Jawi yang dimana di dalam sejarah candi ini merupakan peninggalan raja Terakhir Kerajaan Kertanegara yang mulai didirikan di kisaran awal abad ke 13.

Candi ini memiliki ukuran tinggi sekitar 24,5 meter dengan lebar 9,5 meter dan panjang 14 meter serta mempunyai aya arsitektur yang bercorak Hindhu Budha. Seperti candi pada umumnya, candi ini didirikan menggunakan material batu Andesit yang terkenal akan daya tahannya yang luar biasa kuat.

Selain menikmati keindahan bangunan candi, disini anda juga dapat menikmati indahnya pemandangan alam sekitar yang sarat akan warna hijau dan udara sejuk.

43. Candi Belahan (Candi Sumber Tetek)

Candi Belahan (Candi Sumber Tetek)

  • Lokasi : Wonosoyo, Wonosunyo, Gempol, Wonosunyo, Gempol, Belahan Jowo, Wonosunyo, Gempol, Pasuruan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Jum’at)

Candi terakhir yang akan alawisata bahas di kota Pasuruan adalah Candi Belahan (Candi Sumber Tetek). Berdasarkan catatan sejarah, candi ini merupakan peninggalan Raja Airlangga dari abad 11 yang dibangun pada pada 1009 Masehi atau pada masa Kerajaan Kahuripan dan terdapat mitos yang menyelimuti candi ini.

Dari sang juru kunci ini menyebutkan bahwa larangan perempuan untuk memasuki kawasan candi ini, hal itu disebabkan karena konon nantinya perempuan tersebut akan mendapatkan malapetaka yang harus ditanggung perempuan tersebut. Hal itu juga pernah dibuktikan dengan kedatangan satu keluarga dan kedapatan satu perempuan yang sedang haid namun memasuki kolam yang ada di dalam candi tersebut. Dan tiba-tiba perempuan tersebut kerasukan suara perempuan.

Namun, mitos tersebut tidak menghentikan kedatangan para pengunjung. Pengunjung justru makin ramai saat Kamis malam Jumat Legi (dalam penanggalan Jawa) dan Malam 1 Suro.

Itulah beberapa referensi tempat wisata di Pasuruan yang dapat anda kunjungi. Namun satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Pasuruan, semoga bermanfaat. Happy Holiday!

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *