Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Kediri

18 min read

Tempat Wisata di Kediri

Kediri merupakan sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Timur yang dimana menjadi kota terbesar ketiga di provinsi tersebut setelah Surabaya dan Malang. Kota ini juga terkenal sebagai pusat perdagangan utama untuk gula dan industri rokok terbesar yang ada di Indonesia. Sehingga kota Kediri pada tahn 2010 dinobatkan sebagai peringkat pertama Indonesia yaitu Most Recommended City for Investment berdasarkan survei oleh SWA yang dibantu oleh Business Digest, unit bisnis riset grup SWA. Nah kali ini alawisata berkesempatan untun memberikan informasi mengenai tempat wisata yang ada di Kediri.

Kota dengan presetasi membanggakan ini ternyata juga memiliki banyak potensi wisata yang beragam di dalamnya. Mulai dari wisat aalam, sejarah, budaya, hingga wisata kulinernya pun sangat sayang untuk di lewatkan. Jadi jika anda ingin berlibur ke kota yang satu ini, nggak pernah ragu deh untuk mikir lagi kemana harus pergi nantinya.

Nah untuk mempermudah perjalanan anda, kali ini alawisata akan memberikan beberpaa rekomendasi tempat wisata yang ada di kota Kediri yang tentunya layak untuk anda kunjungi. Yuk simak baik-baik.

1. Gunung Kelud

tempat wisata di tulungagung

  • Lokasi : Gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Objek wisata yang akan alawisata bahas pertama kali adalah gunung, salah satunya adalah Gunung Kelud. Gunung ini masuk dalam salah satu “Spesial Ribu” yang berarti gunung di Indonesia dengan ketinggian topografi 1000 m (3281 kaki) atau lebih dimana di Indonesia sendiri saat ini terdapat total 192 puncak di seluruh Indonesia.

Sebagai gunung merapi, gunung ini merupakan salah satu gunung merapi yang paling aktif di Indonesia. Sejarah mencatat, pada tahun 1586 gunung ini pernah mengami letusan terbesar yang memakan korban hingga 10.000 jiwa. Dan menariknya lagi gunung ini telah mengalami erupsi sebanyak 40 kali dalam jangka waktu 100 tahun. Hal inilah yang membuatnya menjadi salah satu gunung teraktif di Jawa Timur.

Fakta unik lainnya ialah gunung ini terletak di antara tiga kabupaten yaitu kabupaten Malang, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Belitar. Dan puncaknya sendiri memiliki danau kawah ini berada di Kecamatan Ngancar, Kediri.

2. Gunung Klotok

tempat wisata di nganjuk

  • Lokasi : Setono Gedong, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Selanjutnya ada Gunung Klotok yang disebut-sebut menjadi salah satu tujuan wisata andalan dari Kabupaten Kediri. Selain cocok untuk mlakukan pendakian.

Di area gunung ini ujuga terdapat aktivitas outdoor yang asik dan beragam yang dapat anda nikmati bersama keluarga anda seperti water boom, Museum Airlangga yang ada di bagian terluar sebelum traveler memasuki kawasan Gunung Klotok lebih dalam, mengunjungi goa, outbound, hingga trek sepeda gunung.

Selain itu, jika anda tertarik untuk mendaki anda akan menjumapi Watu Bengkah yang merupakan puncak yang biasa digunakan untuk pengibaran bendera pada HUT Kemerdekaan RI. Tak hanya itu anda juga dapat menikmati sumber mata air Lo atau biasa disebut Sumber Lo yang memiliki kesegaran air khas pegunungan.

3. Bukit Gandrung

wisata kediri terbaru 2019

  • Lokasi : Tempuran, Wonoagung, Kasembon, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Jum’at)
  • Fasilitas : spot foto, gazebo, gardu pandang

Bukit Gandrung ini merupakan salah satu tempat wisata baru yang ada di Kediri. Bukit ini menawarkan pemandangan perbukitan hutan hijau lengkap dengan berbagai spot foto menarik serta gardu pandang yang akan mempermudah pengunjung meilhat pemandangan alam dari atas bukit.

Tak hanya itu, suasana semilir angin sejuk nan segar juga bakal membuat anda betah untuk berlama-lama di tempat ini. Pas banget deh dijadikan tempat bersantai sekaligus refleksi diri dari rutinitas kegiatan sehari-hari.

4. Bukit Ongakan

wisata kediri 2019

  • Lokasi : Area Hutan, Besowo, Kepung, Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 3.000 (Parkir Kendaraan), Rp 2.500 (Selfie Deck di Pohon Cinta)
  • Jam Buka : 06.00-17.00
  • Fasilitas : area parkir, warung makan, gazebo, musholla, toilet, spot foto dan view

Berada di ketinggian 860 mdpl membuat kawasan wisata ini memiliki suasana yang segar dan sejuk serta memiliki pemandangan bukit berjajar yang mirip seperti punggung kura-kura. Sehingga bukit ini juga memiliki sebutan lain sebagai Bukit Kura-Kura Ongakan.

Nama onggakan sendiri berasal dari bahasa Jawa “mengongak” yang berarti melongok atau melihat. Karena konon katanya, dahulunya tempat ini digunakan sebagai tempat untuk melihat aktifitas Gunung Kelud.

Terlepas dari itu semua, keindahan yang ditawarkan bukit ini juga sangat menarik untuk ditelusuri, ditunjang dengan berbagai spot foto menarik yang mampu menarik wisatawan untuk terus mengunjungi bukit ini.

5. Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo

  • Lokasi : Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Hutan, Blimbing, Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 06.00-17.30
  • Fasilitas : jogging track, hiking area, taman bermain, area perkemahan, area berkebun

Bagi anda penggemar wisata air terjun, tentunya anda harus mengunjungi air terjun yang satu ini. Ya! Air Terjun Dolo, panorama alam yang indah, mempesona serta memanjakan mata akan langsung anda rasakan ketika sampai di air terjun ini.

Lokasinya yang berada di kawasan hutan gunung besuki tempatnya pada ketinggian 1800 meter diatas permukaan laut juga membuat sensasi segar khas pegunungan bisa anda rasakan. Tak hanya itu, rasa tenang nan nyaman juga akan anda rasakan yang membuat anda betah untuk berlama-lama di dalamnya.

6. Air Terjun Irenggolo

Air Terjun Irenggolo

  • Lokasi : Jugo, Mojo, Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 06.00-17.30
  • Fasilitas : area parkir, toilet, kamar mandi, kolam renang, musholla, area camping

Air terjun ini letaknya berdekatan dengan Air Terjun Dolo, sehingga anda juga dapat mengunjungi dua air terjun tersebut sekaligus.

Sesampainya di lokasi air terjun, anda tidak langsung melihat air terjun tersebut dari dekat, anda harus berjalan lagi sekitar 200 meter melewati jalan setapak yang disediakan, namun jangan khawatir sambil berjalan kaki, anda akan dimanjakan dengan pemandangan lereng Gunung Wilis lengkap dengan suara kicauan burung yang riang dan juga tumbuhan khas pegunungan yang menjadi latar belakang burng-burung terbarng kesana kemari. Seru deh pokoknya!

Sesampainya anda di air terjun, anda langsung disambut dengan butiran air bak embun yang jatuh dari puncak air terjun. Air terjun ini sendiri memiliki tinggi kurang lebih 80 meter dengan kemiringan mencapai 40-45 dereajat. Uniknya lagi, jika anda perhatikan dengan seksama, batuan yang menjadi lintasan air terjun ini memiliki bentuk seperti anak tangga.

Tak hanya itu, ssat bulan suro tiba, di areal air terjun ini sellau diadakan prosesi adat Sesaji Tirto Husodo yang merupakan kegiatan ritual ayng dilakukan masyarakat setempat.

7. Gunung Maskumambang

Gunung Maskumambang

  • Lokasi : Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : anak tangga, area parkir, musholla, MCK, rumah makan

Selanjutnya ada Gunung Maskumambang, gunung yang dikelilingi oleh bukit-bukit terusan dari jajaran perbukitan Gunung Wilis atau bisa dikatakan sebelah timur Gunung Wilis ini memiliki udara yang sangat sejuk dan memiliki panorama alam yang eksotis karena di kelilingi oleh pohon kehijaun yang sangat banyak.

Karena ketinggian gunung ini tidak begitu tinggi, banyak pengunjung yang datang kesini untuk merasakan sensasi mendaki ataupun tracking. Karena suasananya yang amat sejuk, gunung ini pas banget dijadikan tempat bersantai nan nyaman. Kalau anda mencoba berjalan lebih jauh lagi melewati anak tangga, anda akan semakin dibuat terkesima oleh pemandangan kota Kediri dari ketinggian. Dan di puncak gunung juga terdapat makam Astana Boncolono.

8. Goa Selomangleng

Goa Selomangleng

  • Lokasi : Jl. Selomangleng, Pojok, Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 4.000 (Dewasa), Rp 2.500 (Ank-anak)
  • Jam Buka : 07.00-17.00
  • Fasilitas : kolam pemandian, kolam pemandian anak

Goa Selomangleng merupakann salah satu objek wisata goa yang ada di Kediri. Penamaan goa diambil dari kata selo yang berarti Batu sedangkan Mangleng berarti Miring, sehingga selomangleng berarti Batu yang miring dari permukaan tanah, karena memang letaknya sendiri berada di Kaki Gunung klotok.

Yang unik dari goa ini adalah adanya bongkahan batu yang terkesan berserakan dan juga diantara batu tersebut ada juga batu yang dipahat, serta bagian luar goa ada berbagai relief yang menghiasi. Ketika pengunjung mencoba masuk ke dalam goa, suasana gelap gulita langsung menyelimuti ruangan dan juga pengunjung akan mencium aroma dupa yang cukup menyengat.

9. Goa Maria Pohsarang

Goa Maria Pohsarang

  • Lokasi : Desa Pohsarang, Kecamatan Semen, kabupaten Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Goa Maria Pohsarang atau biasa disebut juga sebagai Puhsarang atau lebih lengkapnya Gua Maria Lourdes Pohsarang merupakan salah satu tempat ziarah umat Katolik yang terdapat di Indonesia, tepatnya berada di Komplek Gereja Pohsarang.

Sebagai wisata religi umat katolik, goa ini sering dikunjungi oleh umat katolik untuk berziarah, terlebih lagi pada saat bulan maria. Karena suasananya yang sejuk serta penuh ketenangan, tak jarang banyak juga pengunjung non katolik yang sengaja berwisata ke goa ini.

Tak hanya itu, banyak juga pengunjung dari luar kota bahkan luar negeri yang sengaja datang kesini untuk beribadah maupun menikmati indahnya panorama replika dari Gua Maria Lourdes yang ada di negara Paris, Perancis.

10. Kebun Bunga Matahari

kebun bunga matahari

  • Lokasi : Jl. Selomangleng No.143, Pojok, Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 2.000 (Parkir Kendaraan)
  • Jam Buka : 09.00-16.00

Dahulu tempat ini merupakan lahan kosong dengan luas 900 meter. Namun pada tahun 2014, istri dari Wali Kota Kediri, Ibu Ferry Silviana Feronica memanfaatkan lahan ini untuk menanam bunga matahari.

Dan pada pertengahan bulan Juni tahun 2016, bunga matahari yang ditanam mulai berbunga dan menarik lebah maupun manusia untuk datang berkunjung karena keindahannya yang sangat menawan.

Di kebun ini terdapat tiga jenis bunga matahari yang tertanam, yaitu Big Smile, Early Russian, dan Sunspot dengan kualitas yang sangat bagus, karena memiliki biji yang besar dan banyak, serta bunga di sini juga tumbuh tinggi.

Jadi jika anda berkesempatan untuk mengunjungi tempat ini, kegiatan yang tidak boleh anda lewatkan adalah mengabadiakn momen dengan latar belakang bunga matahari yang indah! Pastikan batrai ponsel maupun kamera anda penuh agar liburan anda jauh lebih nyaman dan aman tentunya. Ohya, karena lokasi kebun yang tidak jauh dari Goa Selomangleng, jadi anda bisa mampir ke goa ini untuk menikmati liburan dengan suasana yang berbeda.

11. Kampung Inggris Pare

Kampung Inggris Pare

  • Lokasi : Jl. Kamboja No.29, Tulungrejo, Pare, Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 09.00 – 24.00

Siapa sih yang nggak kenal dengan kampung inggris yang satu ini, tempat dimana yang semua warganya menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi di setiap harinya. Jika anda mencari tempat untuk mengasah kemampuan bahasa inggris anda, anda tidak perlu jauh-jauh datang ke luar negeri, anda cukup datang ke kampung ini dan kampung ini siap untuk mengasah kemampuan bahasa inggris anda.

Selain dijadiakan sebagai tempat wisata, kampung ini juga digunakan sebagai tempat untuk pembelajaran orang-orang yang ingin mahir berbahasa inggris. Dengan banyaknya tempat bimbingan yang berada disanaSetelah kamu berhasil belajar disini, dijamin ilmu bahasa Inggris kamu lancar.

12. Sumber Ngadiloyo

Sumber Ngadiloyo

  • Lokasi : Jl. H. Abd. Rochim No.68, Ngadiluwih, Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Sumber Ngadiloyo merupakan sebuah sumber mata air alami yang berada dikota Kediri. Karena belum dikelola secara resmi, jadi untuk berkunjung ke tempat ini tidak dipungut biaya apapun. Air yang berada di sumber ini pun sangatlah jernih sehingga sering dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk bermandi atau pun hanya sekedar refreshing. Tempat wisata ini pun masih sangat alami dengan beberapa pohon rindang yang tumbuh di sekitar sumber mata airnya.

13. Sumber Sugih Waras

Sumber Sugih Waras

  • Lokasi : Jl. Veteran, Krajan, Dukuh, Ngadiluwih, Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 (Dewasa), Rp 3.000 (Anak-anak)
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : outboung, ying fox, merayap, jaring laba-laba, lintasan tali, jembatan goyang, ATV

Sumber mata air lainnya di kota Kediri ada Sumber Sugih Waras. Tempat wisata ini menawarkan kualitas air yang sangat jernih dan tidak pernah kering meski saat kemarau tiba, dan tentunya mata air ini sangatlah bersih, alami, dan bebas dari kaporit.

Pada awalnya sumber mata air ini hanya digunakan sebagai oleh masyarakat setempat untuk kebutuhan sehari hari seperti mencuci dan mandi. Namun pada tahun 2014 lalu Kelompok Masyarakat Peduli Lingkungan menyadari akan potensi besar yang dimiliki mata air Sugih Waras, sehingga mengembangkan mata air tersebut menjadi objek wisata yang dana pembangunannya memanfaatkan program PNPM.

Selain mata airnya, tempat wisata ini juga menawarkan kegiatan seru lainnya seperti outboung hingga terapi ikan Garra Rufa yang yang akan menggigit dan memakan sel-sel kulit mati.

14. Sumber Ubalan

Sumber Ubalan

  • Lokasi : Desa Jarak, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : kolam renang, tempat bermain, panggung hiburan

Di dalam tempat wisata ini ada sebuah taman yang dimana masyarakat setempat sering menyebutnya sebagai hutan karena memang masih banyak sekali pohon yang masih aktif.

Meskipun tempat ini berada di dalam kawasan hutan lindung, tetapi anda dapat menemukan beberapa fasilitas wisata di dalamnya seperti tempat bermain, panggung hiburan dan kolam renang. Dan bahkan disini juga terdapat kolam air yang berasal dari sumber mata air alami.

Namun sayang, kolam alami tersebut tidak boleh digunakan oleh para pengunjung, ntah dengan alasan apa meski demikian anda dapat melihat ikan-ikan yang berada di kolam tersebut yang terlihat sangat cantik dan menawan.

Tapi jangan khawatir, disini berbagai kegiatan lain dapat anda lakukan seperti berenang di kolam yang memang disediakan untuk berenang atau pun hanya sekedar menikmati suasana sejuk di Sumber Ubalan.

15. Sumber Podang

Sumber Podang

  • Lokasi : Jalan Sumber Podang, Dusun Karangnongko, Desa Joho, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri , Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 45.000 (Weekdays), Rp 69.000 (Weekend)
  • Jam Buka : 10.00-18.00 (Selasa-Jum’at)
  • Fasilitas : warung, musholla, toilet, gazebo, area parkir

Sumber Podang ini merupakan desa wisata yang memiliki potensi alam yang luar biasa. Yang dimana pasokan air yang berada di desa tersebut sangatlah melimpah dengan adanya Embung Joho dan sungai. Kondisi inilah yang membuat wilayah tersebut subur dan terlihat hijau. Berbagai wisata pun turut ditawarkan di tempat ini seperti

  • wisata alam yang terdiri dari :  Embung atau Bendungan joho, Sungai, dan Sawah
  • wisata buatan yang terdiri dari : Outbond, River Tubing (menyusuri sungai dengan ban), Tracking, Sepeda Down Hill, Sunrise / moon rise trip, Tour Desa Wisata, Kediri Waterpark, Petik Buah Durian
  • wisata budaya : musik bambu, musik lesung, jaranan
  • wisata kuliner : Wow Cafe, Nasi Goreng Tiwul, Nasi Goreng Ampok
  • wisata agraris : wisata petik buah durian
  • wisata pendidikan : Ternak Lebah Madu, Kerajinan Anyaman Bambu, Seni Anyaman Janur, Kerajinan limbah plastik, Bercocok tanam sayur

Dengan berbagai potensi nya diharapkan tempat ini menjadi menjadi desa tujuan wisata para wisatawan yang sedang berlibur di kota Kediri.

16. Gumul Paradise Island

Gumul Paradise Island

  • Lokasi : Kompleks Simpang Lima Gumul, Sumberejo, Dadapan, Sumberejo, Ngasem, Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 35.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : olahraga air, wahana permainan air, spot 3 dimensi, Speed Slide, Flying Fox, Kolam Bak Tumpah, Body Slide, Kolam

Gumul Paradise Island merupakan salah satu lokasi wisata rekreasi terbaik yang dimiliki kota Kediri karena emiliki berbagai macam wahana air sehingga menjadi tempat berakhir pekan yang menyenangkan bersama keluarga.

Berbagai fasilitas pendukungnya pun akan semakin menunjang keamanan dan kenyamanan pengunjungnya. Menariknya lagi, disini juga terdapat area 3 dimensi yang dapat pengunjung gunakan sebagai tempat untuk ajang berswafoto.

17. Kolam Renang Tirtoyoso

taman wisata tirtoyoso park kediri, jawa timur

  • Lokasi : Jl. Ahmad Yani No.123, Sukorejo, Ngasem, Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 20.000
  • Jam Buka : 07.00-18.00
  • Fasilitas : area parkir, panggung musik, musholla, MCK, wahana air, tempat istirahat

Tempat wisata ini memiliki luas lahan 7,8 hektar yang di dalamnya terdapat berbagai wahana permainan yang seru untuk keluarga tercinta. Tempat ini memiliki 2 jenis kolam, diantaranya kolam renang dewasa dan anak-anak.

Jadi jika kalian datang kesini bersama buah hati atau pun adik anda, anda tak perlu khawatir karena berbagai sarana untuk si kecil sudah disediakan. Area tempat wisata ini juga cukup bersih, jadi kalian akan dijamin nyaman untuk menghabiskan waktu liburan anda disini.

18. Taman Air Pagora

taman di kediri

  • Lokasi : Jl. Jenderal Ahmad Yani No.123, Banjaran, Kec. Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 9.000 (Dewasa), Rp 6.000 (Anak-anak)
  • Jam Buka : 07.00-18.00 (Weekdays) & 06.00-18.00 (Weekend)
  • Fasilitas : arena outbound, kolam renang, kebun binatang mini, kolam pemancingan, arena permainan, masjid

Saat anda sampai di lokasi wisata ini anda akan langsung disambut dengan Punokawan yaitu tokoh pewayangan yang terdiri dari empat tokoh yaitu Semar, Gareng, Petruk dan Bagong. Dan juga ada patung ksatria berotot kawat bertulang besi, yaitu Gatotkaca yang seolah mengucapkan selamat datang kepada tiap pengunjung.

Selain itu, tak jauh dari lokasi itu juga terdapat masjid yang berarsitektur rumah joglo sehingga membuatnya tidak memiliki dinding sehingga sepoi-sepoi angin akan langsung memasuki ruangan masjid tentu ibadah akan menjadi lebih nyaman dan lebih khusyuk.

Untuk Pagora nya sendiri merupakan sebuah yayasan yang didirikan untuk dijadikan sebagai tempat wahana pendidikan, olahraga, serta sosial. Dan tentu saja di dalamnya menyimpan berbagai spot wahana rekreasi yang siap untuk dimanfaatkan.

19. Kediri Waterpark

Kediri Waterpark

  • Lokasi : Jalan Raya Pagung, Desa Pagung, Semen, Kediri, Pagung, Semen, Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
    • *Non Terusan
      • Weekdays : Rp 35.000
      • Weekend : Rp 49.000
      • Anak dengan tinggi <120 cm : Rp 15.000
    • *Terusan
      • Weekdays : Rp 45.000
      • Weekend : Rp 69.000
      • Anak dengan tinggi >120 cm : Rp 35.000
      • *Harga Tiket Lansia : Rp 15.000
      • *Tinggi Badan diatas 80cm dikenakan tarif normal
  • Jam Buka : 09.00-17.00 (Sabtu-Kamis)
  • Fasilitas : toilet, ruang ganti dan bilas, gazebo, wahana non air modern (gajah terbang, komedi putar mini, helicopter tunggal mini, toother), wahana non air tempo dulu (mini coaster, sepeda udara, kereta mini, ontang-anting, bianglala mini, permainan ketangkasan), sewa ban, tempat makan, loker, food court, Extreme Cinema 5D

Wisata air ini diresmikan pada tahun 2014 dan dijadikan sebagai wisata andalan para wisatawan di kota Kediri. Yang membedakan waterpark ini dengan waterpark lainnya adalah di tempat ini memiliki udara yang sejuk sebab lokasinya yang berada di ketinggian 2552 mdpl sehingga uhu disini bisa mencapai 21 derajat celcius.

Di taman seluas 6 hektar para pengunjungnya akan dimanjakan dengan berbagai macam fasilitas yang tentu saja akan membuat betah para pengunjungnya.

20. Pantai Pehpulo

tampat wisata di blitar

  • Lokasi : Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : tempat peristirahatan

Salah satu pantai yang memiliki pesoan keindahan alam di bagian selatan kota Blitar adalah Pantai Pehpulo. Karena lokasinya yang cukup tersembunyi, jadi dapat dipastikan pantai ini masih memiliki panorama alam yang sangat asri dan terjaga. Dan pantai ini tergolong pantai baru yang sangat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai tempat berlibur anda nantinya.

21. Pantai Umbul Waru

Pantai Umbul Waru

  • Lokasi : Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai yang sedang ngehits banget di kota Blitar adalah Pantai Umbul Waru. Yang membedakan pantai ini dengan pantai lainnya yaitu adanya air terjun yang mengucur dari atas bukit yang langsung menuju ke Samudra Hindia, hal itu juga sekaligus menjadi kesitimewaan dan daya tarik tersendiri untuk pantai ini.

Untuk mencpai lokasi pantai ini juga dibutuhkan perjuangan yang cukup karena medan yang menanti berupa jalanan terjal dan sempit, dan sangat disarankan bagi anda yang hendak menuju pantai ini untuk membawa perbekalan yang cukup karena disana belum tersedia fasilitas penujang wisata.

22. The Kandangan River

The Kandangan River

  • Lokasi : Jl. Malang KM.1 Ngaglik, Kec. Kandangan, Kacangan, Kandangan, Kediri, East Java
  • Tiket Masuk : Rp 60.000 – Rp 225.000
  • Jam Buka : 09.00-17.00

Lokasi wisata ini sangatlah strategis karena sangat mudah untuk dijangkau dari beberapa Kota dan Kabupaten tetangga seperti Malang, Kab Blitar, Jombang dan Surabaya. Bagi kalian para pecinta wisata ektrem tentunya kalian wajib untuk datang ke tempat ini.

Disini selain ada dapat melakukan kegiatan arung jeram, namun anda juga akan disuguhkan dengan panorama alam yang menakjubkan di sepanjang alur sungai.

23. Konto River Rafting

Konto River Rafting

  • Lokasi : Desa Kediri Siman, Kabupaten Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 150.000 – Rp 199.000
  • Jam Buka : 06.00-17.00
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, tempat istirahat, wahana air, Flying Fox, High Ropes, Escape for island, paint ball, air soft guns, trust fall

Kediri Rafting sangat cocok bagi kamu yang memiliki jiwa petualang dan suka tantangan. Meskipun demikian pengelola tetap mengandalkan unsur fun dan safety. Jadi cocok juga untuk yang mau mengajak keluarga ber-rafting ria di Kediri Rafting.

Berdiri sejak tahun 2011, Konto River Rafting ini tak hanya menawrkan arung jeram sepanjang kurang lebih 6 kilometer  saja, namun berbagai kegiatan outbound seperti Flying Fox, High Ropes dan lainnya juga ditawarkan disini.

Selain itu, adanya bebatuan besar serta tebing-tebing yang ada di kawasan wisata menjadi pemandangan tersendiri yang mampu menyejukan suasana dan semakin betah untuk berlama-lama.

24. Candi Surawana

Candi Surawana

  • Lokasi : Surowono, Canggu, Badas, Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.30-19.45

Candi ini memiliki nama asli sebagai Wishnubhawanapura yang dibangun sekitar abad ke 14 yang digunakan untuk seorang raja dari kerajaan Wengker yang berada dibawah kekuasaan Kerajaan Majapahit bernamaBhre Wengker.

Konon katanya, relief yang terdapat di candi ini mengisahkan tentang Sri Tanjung, Arjunawiwaha, serta kisah Bubuksah dan gagak Aking. Melihat candi ini, seperitnya candi ini telah banyak mengalami pemugaran meskipun masih banyak kaki candi yang masih tersisa dan harus kita jaga. Jadi berkunjunglah ke candi ini sebelum candi ini habis dimakan usia.

25. Candi Tegowangi

Candi Tegowangi

  • Lokasi : Candirejo, Tegowangi, Plemahan, Candirejo, Tegowangi, Plemahan, Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-15.00

Seperti namanya, candi ini berada di desa Tegowangi yang berjarak sekitar 4 km dari pusat kota Kediri. Candi ini merupakan tempat pendermaan Bhre Matahun yang dijelaskan dalam kitab Negarakertagama dan meninggal di tahun 1388 masehi, yang bila mana kita simpulkan candi ini sudah berdiri sejak ahun 1400 pada saat kerajaan majapahit.

Candi ini berbentuk bujur sangkar dan menghadap kebarat dengan pondasinya yang terbuat dari batu bata, sedangkan sisanya terbuat dari batu andesit. Suasana yang menyelimuti candi ini juga sangat segar dan sejuk sehingga nyaman untuk disinggahi.

26. Candi Setono Gedong

Candi Setono Gedong

  • Lokasi : Jl. Dhoho, Setono Gedong
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, masjid, kamar mandi, tempat istirahat, spot foto

Candi ini banyak dikunjungi oleh para wisawatan karena konon katanya mampu menawarkan ketenangan jiwa yang sangat melegakan. Tak hanya itu, tempat ini juga menawarkan sensai unik lainnya yang cocok digunakan sebagai tempatliburan untuk mengisi liburan sekolah atau akhir pekan anda bersama teman dan keluarga.

Untuk daya tariknya sendiri, candi ini memiliki susunan batu yang tertata sejajar membentuk undakan menuju situs, yang dimana bangunanya sendiri berbentuk semacam pendopo bergaya jawa atau joglo.

Disini anda akan menjumpai 2 pendopo yang berukuran besar di sebelah kanan, dan berukuran kecil di sebelah kiri. Dan pondasi dari kedua pendopo itu konon katanya merupakanbatu candi dari Kerajaan Kediri.

27. Sendang Tirta Kamandanu

Sendang Tirta Kamandanu

  • Lokasi : Menang, Pagu, Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tempat wisata sejarah selanjutnya ada Sendang Tirta Kamandanu. Tempat ini diyakini oleh masyarakat lokal sebagai tempat Raja Kediri Prabu Sri Aji Joyoboyo untuk melakukan pensucian disi sebelum beliau mukso ke alam kelanggengan.

Tempat ini memiliki sebuah arca raksasa yaitu Arca Siwa dengan wajah halus sembari tersenyum tipis yang juga dipunggungnya berdiri juga Archa Ganesha. Ketika berkunjung ke kota Kediri, sepertinya mengenal sejarah raja Sri Aji Joyoboyo menjadi kegiatan wajib untuk para wisatawan.

28. Petilasan Sri Aji Joyoboyo

Petilasan Sri Aji Joyoboyo

  • Lokasi : Jalan Butolocoyo No.296, Menang, Pagu, Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Petilasan Sri Aji Joyoboyo adalah salah satu lokasi wisata yang sarat akan kandungan histors di dalamnya. Disini, para pengunjungnya akan diajak untuk mengenal kebesaran Sang Prabu yang dikenal dengan ramalannya “Jongko Joyoboyo” ini, maka dari itu tempat ini dinamakan Petilasan Sri Aji Joyoboyo.

Sesudah memasuki gerbang, disana akan ada sebuah tengara yang mengisahkan tentang pemugaran situs.

29. Monumen Syu Dahanapura

Monumen Syu Dahanapura

  • Lokasi : Jl. KH Wachid Hasyim, Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Ketika anda berkunjung ke kota Kediri, kemungkinan besar anda akan melewati lokasi monumen yang satu ini yaitu Monumen Syu Dahanapura. Monumen ini terletak di sebuah bundaran kecil di Jl. Jaksa Agung Soeprapto, di depan persis bekas rumah Dinas Residen Kediri.

Monumen ini merupakan sebauh simbol dari bentuk pemerintahan tertinggi di Jawa yang setingkat keresidenan selama berlangsungnya Perang Pasifik.

30. Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul

  • Lokasi : Tugurejo, Ngasem, Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Aslinya Simpang Lima Gumul ini merupakan sebuah ersimpangan yang menjadi titik pertemuan antara lima ruas jalan. Namun pada simpang ini dibangun sebuah monumen yang sangat indah dan sering kali dijadikan lokasi wisata oleh para pengunjung dari berbagai kota.

Monumen ini mempunyai luas sekitar 804 meter persegi dengan tinggi mencapai 25 meter. Sedangkan dilantai dasarnya andaakan menjumpai tiga buah tiang tumpuan setinggi 3 meter. Angka ini merujuk kepada hari lahrinya kota Kediri yaitu 25 Maret 804.

31. Kediri Photograph Museum

Kediri Photograph Museum

  • Lokasi : Jalan Kapten Piere Tendean No.60/160, Ngronggo, Kecamatan Kota Kediri, Ngronggo, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 50.000
  • Jam Buka : 10.00-17.00 (Sabtu), 09.00-17.00 (Minggu)

Seperti namanya, museum ini merupakan museum yang menyimpan segala benda dan informasi mengenai fotografi. Jadi untuk kalian yang hobi banget dengan fotografi dan sedang berada di kota Kediri, maka wajib hukumnya untuk berkunjung ke tempat ini karena nantinya kalain akan disuguhkan dengan karya-karya terbaik terkait tentang sejarah Kediri yang di visualisasikan lewat gambar.

Tak hanya itu saja, disini kalian juga akan menjumpai koleksi kamera smartphone hingga kamera pocket dan DSLR dari jaman dahulu kala hingga jaman modern seperti sekarang. Sehingga sangat sayang untuk dilewati.

32. Museum Airlangga

Museum Airlangga

  • Lokasi : Jl. Lingkar Maskumambang, Pojok, Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 4.000
  • Jam Buka : 09.00-16.00

Museum yang mengambil nama dari nama Raja Airlangga ini adalah museum peninggalan dari zaman kejayaan Mataram Hindu. Sang raja sendiri lahir di Bali pada tahun 990 dan meninggal pada tahun 1049 di Lereng Gunung Penanggunan.

Museum ini menyimpan banyak koleksi bersejarah seperti patung primitif, brahma, makara, anak timbangan, pipisan dan gandik, pakinganan, jambangan batu, sivanandi, yoni, dan prasasti. Namun daya tarik utama di museum ini terletak pada arca yang berukuran sangat besar, diantaranya seperi arca Ardhanari, Shiwa dan Wisnu.

Tak hanya itu, dimuseum ini juga terdapat koleksi Gentong Batu yang bentuk bulatnya yang dapat dikaitkan dengan padma, asal mula kehidupan dan sebagai wadah air suci.

33. Menara Asmaul Husna

menara asmaul husna

  • Lokasi : Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-23.00

Alasan penamaan menara ini tak lain karena ketinggian menaranya yang mencapai 99 meter sesuai dengan jumlah asmaul husnya yaitu 99 nama Allah. Menara ini memiliki 23 lantai dengan kubah yang dilapisi emas seberat 60kg.

Dan katanya dibangun atas swadaya warga LDII dengan dana hingga Rp.15,8 Milyar. Menara ini menjadi destinasi wajib bagi wisatawan yang ada di kota Kediri karena menara ini juga merupakan ikon dari kota tersebut. Ketika malam hari, menara ini akan menyuguhkan pemandangan menakjubkan dari lampu kerlap-kerlip kota Kediri yang dijamin akan terpesona dibuatnya.

34. GKJW Segaran

wisata baru di wates kediri

  • Lokasi : Segaran, Wates, Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bangunan ini sudah berdiri sejak tanggal 9 Oktober 1876 yang dimana pada saat itu sedang ilaksanakan baptisan pertama untuk jemaat, diantaranya Pransinah Karyo, Mariyam Karyo. Dan pada tahun 2018, bangunan ini telah berumur 142 tahun, sehingga tak heran dinobatkan sebagai gereja tertua di kota Kediri.

Meskipun tua, gereja ini masih memiliki bangunan yang sangat kokoh dan terbilang modern. Jadi banyak wisatwan datang karena penasaran dengan gereja yang satu ini.

35. Gereja Pohsarang

Gereja Pohsarang

  • Lokasi : Sukorame, Puhsarang, Semen, Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Berbeda dengan gereja sebelumnya, gereja ini memiliki arsitektur Gereja Katolik Roma yang ibangun sekitar tahun 1936 oleh Romo Jan Wolters asal Belanda dan tidak lain daya tarik disini karena adanya sebuah gua yang disebut Gua Maria.

Gua tersebut merupakan sebuah replika dari Gua Maria yang berada di Lourdes, Prancis, namun yang berbeda Patung Bunda Maria di Puhsarang ini sedikit lebih tinggi dari aslinya yaitu 1,75 meter. Hal ini dikarenakan ukuran gua yang mencapai 18 meter.

36. Kelenteng Tjoe Hwie Kiong

Kelenteng Tjoe Hwie Kiong

  • Lokasi : Jl. Yos Sudarso No.148, Pakelan, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Kelenteng Tjoe Hwie Kiong merupakan sebuah kelenteng Tri Dharma yang indah dan sangat terawat. Yang menarik dari bangunan ini terletak padapintu dan tembok yang ada di samping Kelenteng Tjoe Hwie Kiong.

Paduan warna merah dan kuning yang sangat moncolok di dinding yang bermotif susunan bata ini terlihat sangat unik, serta ornament pada pintu lengkungannya sangat khas serta oriental. Hal itulah yang menjadi daya tarik wisatwan untuk berkunjung serta mengabadikan momen dengan latar belakang kelenteng ini.

Jika anda berniat liburan ke kota Singkawang, cari juga Tempat Wisata di Singkawang yang tak kalah bagus.

37. Taman Kilisuci

Taman Kilisuci

  • Lokasi : Puhrejo, Tulungrejo, Pare, Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area jogging track, air mancur, food court, WiFi

Kemudian ada Taman Kilisuci yang dapat anda jadikan alternatif wisata ketika berada di kota Kediri. Taman ini juga sering digunakan oleh masyarakat setempat untuk dijadikan sebagai tempat bersantai dan nongkorng asik bareng kawan atau pun keluarga.

Suasananya yang segar dan tenang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi taman ini, terlebih lagi dengan segala fasilitas penunjangnya yang akan semakin memanjakan para pengunjungnya, tentu saja membuat para pengunjung betah untuk singgah di taman ini.

38. Pura Penataran Agung Kilisuci

Pura Penataran Agung Kilisuci

  • Lokasi : Jl. Goa Selomangleng No.52, Pojok, Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : tempat peristirahatan, area parkir, spot foto

Lokasi pura ini tak jauh dari Museum Airlangga, sehingga anda dapat sekaligus mengunjungi tempat tersebut. Tempat ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan, karena memiliki bentuk bangunan yang sangat menarik dan selalu dijadikan sebagai ajang untuk latar belakang foto yang unik dan menarik. Terlepas dari itu semua pura ini juga memiliki cerita sejarah dibaliknya.

Sebagai obyek wisata religi dan sejarah, setiap pengunjunga diharuskan untuk mengenakan pakaian sopan saat masuk kawasan Pura Penataran Agung Kilisuci Kediri. Perilaku juga selalu harus dijaga serta dilarang berkata kotor saat berada didalamnya.

39. Taman Hijau SLG

Taman Hijau SLG

  • Lokasi : Jl. Raya Kediri – Plosoklaten No.163, Dadapan, Sukorejo, Ngasem, Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-23.00
  • Fasilitas : wahana permainan, kursi

SLG sendiri merupakan sebuah singkatan dari Simpang Lima Gumul. Yang dimana Kediri sendiri memang terkenal dengan bangunan Gumulnya yang terletak di tengah Jalan Simpang Lima. Ya, monumen ini adalah salah satu kebanggaan dari masyarakat Kediri.

Untuk taman ini sendiri menawarkan suasana sejuk yang berhembus dari berbagai tanaman hijau yang tampak terlihat tumbuh dengan rindang. Tentunya hal ini akan semakin menarik para pengunjung untuk singgah dan bersantai ria di tempat ini. Taman ini juga instagramable banget jadi sayang jika tidak mampir ke taman satu ini.

40. Taman Kebun Binatang Gudang Garam Kota Kediri

Taman Kebun Binatang Gudang Garam Kota Kediri

  • Lokasi : Dandangan, Kec. Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Kebun binatang ini mempunyai luas area sekitar 1 hektar serta merupakan bagian dari lokasi sebuah pabrik rokok. Awalnya kebun binatang ini hanya sebagai penangkaran hewan namun kemudian dikelola dan dikembangkan menjadi tempat wisata satwa.

Wisata edukasi ini sangat cocok dikunjungi bersama buah hati anda karena nantinya anak-anak akan diajak untuk mengenal aneka satwa dari dekat sekaligus menumbuhkan rasa peduli kepada binatang.

41. Alun-Alun Kota Kediri

Alun-Alun Kota Kediri

  • Lokasi : Jl. Panglima Sudirman, Kp. Dalem, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Mencari lokasi wisata kuliner di kota baru memang sepertinya kegiatan wajib yang harus dilakukan, nah sebagai alternatifnya tak jarang orang-orang akan memburunya ke lokasi alun-alaun, dan di kota sendiri bisa anda jumpai di Alun-Alun Kota Kediri.

Mulai dari siang sampai malam hari alun-alun kota ini tak pernah sepi dari pengunjung yang ingin memanfaatkan fasilitas kota untuk bersantai sembari memanjakan perut dengan berbagai kuliner yang dijajakan. Jadi yuk datang langsung aja ke alun-alaun dan cicipi semua makanan khas disana.

42. Wisata Kuliner Sate Bekicot

Wisata Kuliner Sate Bekicot

  • Lokasi : Jl. Panglima Sudirman No.109, Kp. Dalem, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur
  • Harga : Rp 8.000 (20 tusuk)
  • Jam Buka : 09.00-17.00

Puas berwisata kini saatnya kita memanjakan perut dan lidah dengan kuliner khas yang menggoda di kota Mandiri. Salah satunya adalah sate bekicot. Mendengar namanya kok agak geli ya, eits tapi jangan khawatir, rasanya sendiri tak kalah sedap dengan makanan lainnya lho.

Di tempat ini ternyata tak hanya menyajikan sate saja, namun beberapa olahan berbahan dasar bekicot juga bisa kita jumpai seperti oseng-oseng bikicot dan keripik bekicot .

Dan untuk anda yang bertanya tentang halal nggak sih daging bekicot ini? Insyaallah halal kok.

Imam Malik pernah ditanya tentang suatu hewan di daerah Maghrib yang disebut halzun (bekicot) yang biasa berada di gurun dan bergantungan di pohon, apakah boleh dimakan? Imam Malik menjawab, “Aku berpendapat bekicot itu semisal belalang. Jika bekicot ditangkap lalu dalam keadaan hidup direbus atau dipanggang, maka tidak mengapa dimakan. Namun jika ditemukan dalam keadaan bangkai, tidak boleh dimakan.” (Muntaqo Syarh Al Muwatho’, 3: 110)

Nah, sekarang sudah taukan, mana saja tempat-tempat wisata di kota Kediri yang boleh banget untuk dikunjungi. Namun satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Kediri, semoga bermanfaat. Happy Holiday!

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *