CURUG CIGENTIS: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Share
Comment 0 reply
CURUG CIGENTIS: Aktivitas & Tiket Masuk 2022
Harga Tiket MasukRp15.000 - Rp20.000
Jam Buka07.00 - 17.00 WIB
Nomor HP-
LokasiMekarbuana, Kec. Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat

Curug Cigentis terkenal sebagai air terjun tersembunyi dengan daya tariknya yang khas. Terletak di daerah Karawang, tidak jarang membuat wisatawan luar kota tertarik untuk singgah dulu ke objek wisata satu ini.

Punya debit air yang cukup tinggi membuat atmosfer sekitar air terjun terasa sangat nyaman dan sejuk. Tidak aneh bila akhirnya air terjun Cigentis sering digunakan sebagai tempat healing bagi warga sekitarnya.

Harga dan Tiket Masuk

Harga dan Tiket Masuk Curug Cigentis

Tidak hanya dikunjungi karena keindahannya, ternyata ojek wisata satu ini banyak jadi pilihan karena harga masuk yang cukup murah. Objek wisata yang sudah tertata dengan fasilitas yang cukup lengkap dan nyaman juga jadi kelebihannya. Kisaran harga tiket objek wisata yakni:

Waktu KunjunganHarga Tiket Masuk
Hari biasa (weekday)Rp15.000
Hari libur dan akhir pekan (weekend)Rp20.000

Tidak ada batasan minimal umur untuk pembelian tiket masuk. Jadi umumnya semua pengunjung dikenakan harga tiket yang sama. Tentunya fasilitas yang bisa digunakan pun sama, dengan durasi kunjungan umum sesuai dengan yang telah ditentukan.

Pahami juga bahwa satu tiket masuk hanya berlaku untuk satu orang saja. Kecuali Anda melakukan booking di awal dengan kesepakatan jumlah pengunjung. Biasanya pengunjung bisa langsung masuk semua tanpa harus berurusan kembali dengan pihak tiket box.

Jam Buka

Jam Buka Curug Cigentis

Objek wisata Curung Cigentis Karawang dibuka dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Ini memungkinkan para pengunjungnya untuk menjelajahi tempat wisata hingga seluk beluknya. Tidak hanya itu, Anda sebagai pengunjung juga bisa bermain puas dari pagi hingga sore.

Bila ingin puas berwisata di objek ini Anda bisa memilih untuk camping atau menyewa villa di sekitar objek wisata. Ada banyak pilihan area camping atau villa yang bisa digunakan untuk menghabiskan waktu berlibur bersama teman atau keluarga.

Aktivitas di Curug Cigentis

Aktivitas di Curug Cigentis

Walaupun hanya ada satu objek wisata di dalamnya, Anda tetap bisa menjajal berbagai aktivitas menarik di sekitar air terjun Cigentis. Berikut aktivitas sekitar air terjun yang bisa dilakukan baik sendiri maupun rombongan.

1. Bermain Air Langsung dari Mata Airnya

Aktivitas pertama yang bisa dilakukan yakni langsung bermain air di air terjun. Bermain air langsung dari mata airnya menyuguhkan sensasi segar yang cukup berbeda. Selain bermain biasa di pinggir air terjun Anda juga bisa coba berenang hingga batas yang sudah ditentukan.

Air yang bersih dan segar membuat para pengunjungnya betah berlama lama bermain air. Tidak hanya menyenangkan, bermain air langsung dari sumber air mata pegangan membuat para pengunjung rileks.

2. Camping di Area Khusus

Suka berdiam sejenak di area objek wisata? Bila iya Anda bisa memilih aktivitas camping. Berdiam satu atau dua hari di sekitar area alami yang sejuk dipercaya bisa membuat pikiran dan tubuh kembali segar.

Apalagi menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga di objek wisata seperti ini jadi salah satu opsi terbaik. Ada baiknya Anda langsung membawa peralatan camping langsung agar tidak perlu menyewa atau mencari kelengkapan lain. Dengan cara ini juga camping akan terasa lebih nyaman.

3. Pergi ke Spot Foto Jembatan Sungai Cigentis

Tidak lengkap bila pergi ke suatu tempat wisata tanpa berfoto. Apalagi bila memang di objek wisata tersebut terdapat landmark. Di air terjun Cigentis sendiri Anda bisa pergi ke spot foto Jembatan Sungai Cigentis.

Di sini Anda bisa menemukan landmark besar yang cocok digunakan sebagai background foto. Jembatan sungai jadi salah satu tempat yang harus dikunjungi saat Anda berkunjung ke objek wisata ini. Jadi jangan sampai melewatkan aktivitas berjalan menuju jembatan, ya.

4. Bermalam di Villa

Selain opsi camping di area luar yang cukup dingin, Anda juga bisa memilih opsi bermalam di villa sekitar objek wisata. Ada banyak pilihan villa yang bisa digunakan saat Anda hendak memilih opsi tinggal sejenak dalam ruang ini.

Opsi bermalam di villa memang terbilang lebih mahal tapi untungnya Anda tidak perlu mempersiapkan apapun. Semua kebutuhan sudah otomatis tersedia dan bisa langsung digunakan pada hari yang sama.

5. Menyantap Makanan Hangat Sambil Menikmati Suasana Sejuk

Klasik tapi tetap jadi pilihan yang paling banyak dilakukan. Menyantap makanan hangat sambil memandang pemandangan indah ala Curug Cigentis jadi pilihan paling murah sekaligus menyenangkan.

Anda bisa membeli mie instan di sekitar air terjun dan menyantapnya berama sambil memandang air terjun. Hawa sejuk bahkan dingin yang langsung berpadu dengan hangatnya santapan makanan membuat momen spesial yang tidak terlupakan.

Sejarah

Sejarah Curug Cigentis

Dulunya tempat ini diyakini sebagai salah satu tempat persembunyian para pejuang dari para penjajah. Hingga banyak masyarakat setempat yang menyatakan tempat ini ditemukan oleh peneliti kolonial yang sedang mengamati kontur daerah.

Terlepas dari sejarahnya yang cukup simpang siur kini air terjun Cigentis kini jadi primadona Karawang dengan suguhan alamnya yang indah. Pengolahan tempat yang sesuai membuat tempat ini masuk jajaran tempat wisata terbaik.

Misteri dan Mitos

Misteri dan Mitos Curug Cigentis

Diceritakan zaman dulu saat masa pemerintahan Prabu Siliwangi para Wali Songo diperintahkan untuk mencari sumber air di kaki atau lereng Gunung Sanggabuana. Gunung tersebut merupakan tempat air terjun sekarang.

Setelah sekian lama kebingungan mencari sumber air akhirnya tiba-tiba mata air muncul dari balik batu. Kegirangan salah satu peserta pencari mata air yang bernama Nu Geulis Nyi Gentis melompat ke arah tersebut.

Berawal dari sini nama Cigentis mulai dikenal. Ci yang artinya air dan Gentis yang berasal dari salah satu tokoh utusan Prabu Siliwangi. Nama Cigentis atau Cigeuntis akhirnya jadi nama abadi objek wisata satu ini.

Fasilitas

Fasilitas Curug Cigentis

Objek wisata tentunya didukung dengan fasilitas yang cukup baik. Anda tetap bisa beraktivitas dan menjelajah objek wisata tanpa harus khawatir kesulitan mencari fasilitas pendukung. Fasilitas umum yang bisa digunakan yakni:

  • Toilet terpisah
  • Tempat ganti baju
  • Warung makanan
  • Mushola
  • Area Camping
  • Penginapan

Fasilitas lain sekitar Curug Cigentis juga bisa digunakan dengan mudah dan murah. Tidak ada batasan untuk menggunakan fasilitas sekitar objek wisata. Jadi Anda tidak perlu lagi kebingungan jauh-jauh mecari fasilitas pendukung saat berkunjung ke objek wisata.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Curug Cigentis

Curug atau air terjun ini terletak di Mekarbuana, Tegalwaru, Mekarbuana, Kec. Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Berjarak sekitar 44 KM dari pusat kota Karawang sebenarnya banyak rute yang bisa ditempuh.

Baiknya saat Anda ingin mengunjungi objek wisata untuk menggunakan jalur umum saja. Namun untuk mencegah kebingungan Anda bisa menggunakan tuntunan Google Maps dengan mengeklik tautan link berikut:

Jangan ragu untuk mengunjungi objek wisata di daerah Karawang ini. Selain menikmati suguhan budaya yang cukup kental dan khas, Anda juga bisa menikmati suguhan alamnya dengan berkunjung ke tempat wisata ini. Berbagai aktivitas juga bisa dicoba langsung di satu tempat yang sama.

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.