Curug Sodong Sukabumi: Daya Tarik & Tiket Masuk 2022

Share
Comment 0 reply
Curug Sodong Sukabumi: Daya Tarik & Tiket Masuk 2022
Loading...
Harga TiketRp3.000
Jam Buka24 Jam
No Telepon-
AlamatKomplek Geopark Ciletuh, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia, 43177

Curug Sodong merupakan air terjun yang cukup terkenal di Sukabumi. Curug dengan ketinggian sekitar 20 m ini dapat memberikan kesegaran bagi siapa saja yang mengunjunginya. Selain itu pemandangan yang tercipta juga enak untuk dipandang dan menakjubkan.

Curug Sodong ini merupakan tempat yang cukup baru dan belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Namun tetap saja curug ini dikunjungi wisatawan setiap harinya. Baik dari warga Sukabumi maupun yang lainnya seperti Jakarta dan Bandung.

Seperti tempat wisata yang lainnya Curug Sodong ini juga memiliki cerita mistis yang dapat membuat sensasi tersendiri bagi pengunjungnya.

Konon katanya di sini tempat pembelajaran untuk mengetes pengetahuan kanuragan seseorang. Yaitu dengan cara mereka memotong – motong sisi badannya menjadi beberapa bagian dan menghanyutkannya dalam air terjun.

Setelah sampai di basic air terjun dan sisi badan itu menyatu kembali itu artinya pembelajaran yang dipelajari telah berhasil atau sukses dipelajari dengan kata lain LULUS.

Mitos yang lain tenteng curug ini adalah bahwa jika ada sepasang kekasih yang belum menikah dilarang untuk berenang di danau kecil yang ada dibawah air terjun.

Konon katanya jika melanggar mitos tersebut pasangan kekasih ini akan mati tenggelam. Percaya atau tidak percaya mitos ini pernah terjadi. Jadi lebih baik jangan melanggar mitos yang ada agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Curug ini di beri nama Curug Sodong karena cerug ini memiliki cekungan seperti sebuah goa dibalik air terjunnya. Curug ini juga memiliki nama lain.

Nama lain dari curug ini adalah Curug Kembar atau Curug Penganten. Disebut nama tersebut karena air terjun ini memiliki aliran air yang kembar dan serupa seperti sepasang pengantin.

Terdapat 2 air terjun yang berada sejajar satu sama lainnya dalam 1 lokasi. Pemandangan yang tercipta dari air terjun, tebing – tebing yang menjulang tinggi, pepohonan yang rindang dan asri dapat membuat siapa saja merasa betah berada di sini.

Advertisement

Daftar Isi

Wahana

1. Danau Kecil

harga tiket masuk ke geopark

Sama dengan wisata air terjun yang lain curug iini juga memiliki danau kecil dibawahnya untuk menampung air yang jatuh dari etinggian 20 m tersebut.

Baca: Curug Cikaso

2. Berenang

Anda dapat berenang di danau kecil tersebut. Namun bagi pasangan kekasih yang belum menikah mereka dilarang untuk berenang disini karena akan mengakibatkan mereka meninggal tenggelam di dalamnya.

Baca: Pantai Karang Hawu Sukabumi

Fasilitas

  • Tempat Parkir Luas
  • Toilet Umum
  • Kamar Mandi
  • Tempat Ibadah
  • Warung Kecil – kecil

Lokasi

Curug Sodong berlokasi di Komplek Geopark Ciletuh, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43177.

Baca: Curug Cibeureum Sukabumi

Lokasi ini sangat mudah di temukan karena lokasinya yang dekat dengan Ciletuh Geopark dan hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 – 4 jam saja dari pusat Kota Sukabumi.

Jam Operasional

Curug Sodong di buka selama 24 jam setiap harinya. Jadi kalian dapat datang kapan saja tanpa adanya batasan waktu.

Harga Tiket Masuk Curug Sodong Sukabumi

Harga Tiket Masuk Curug Sodong
TiketKategoriHarga
Tiket MasukRp3.000
Biaya ParkirSepeda MotorRp3.000
MobilRp5.000

Note :

Harga tiket masuk Curug Sodong Sukabumi dapat berubah sewaktu – waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu oleh pihak pengelola.

Tips Wisata

  1. Membawa baju ganti dan handuk jika diperlukan.
  2. Jangan melanggar mitos – mitos yang ada jika tidak mau celaka.
  3. Selalu berhati – hati dan menjaga kebersihan.

Demikian ulasan singkat mengenai Curug Sodong Sekabumi. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat. Terima kasih 🙂

X CLOSE
Advertisements
ADVERTISEMENT
X CLOSE
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.