Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Malang

61 min read

Tempat Wisata di Malang

Siapa sih yang ngga tau kota Malang, kota yang berada di provinsi Jawa Timur ini dikenal baik sebagai kota Pendidikan. Sebut saja Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang, itu semua merupakan beberapa universitas terbaik yang ada di Indonesia. Nah, kali ini kami akan membahasa mengenai tempat wisata yang ada di kota Malang. Namun, sebelum itu kenalan dulu yuk dengan kota yang satu ini.

Selain itu kota ini juga merupakan kota pariwisata karena keindahan alamnya yang menawan serta dikelilingi oleh pegunungan yang membuat kota ini mempunyai udara yang sejuk. Kota Malang juga terkenal dengan sebutan kota Bunga karena banyaknya bunya yang menghiasi disetiap sudut kotanya.

Tak hanya itu saja, ternyata Malang juga dikenal sebagai kota Seni, karena kota ini memiliki banyak sekali kesenian di dalamnya, mulai dari seni tari hingga pertunjukan. Dan jangan lupa, kota ini juga dijuluki sebagai kota apel, mengingat karena kota ini adalah produsen buah apel terbesar di tanah air.

Bagi anda yang senang dengan berwisata di dalam negeri atau berencana ingin melakukan liburan di kota Malang, ketahuilah mana saja tempat wajib yang harus dikunjungi.

Latar belakangnya pun bervariasi, ada sejumlah tempat wisata yang ramai dikunjungi karena keunikannya, mendidik, berbeda dari tempat wisata lainnya, hingga benar-benar mengagumkan dari segi penataan dan teknologi yang dipakai. Sudah tahukah anda mana saja tempat wisata yang ada di kota Malang dan paling disukai oleh para wisatawan?

Untuk itu, kami akan menunjukan beberapa referensi yang bisa dijadikan sebagai patokan anda dalam berwisata di kota Malang. Yuk langsung saja simak baik-baik artikelnya.

Konten

1. Pantai Mbehi & Teluk Bidadari

tempat wisata di malang dan harga tiket masuknya 2019

  • Lokasi : Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang
  • Tiket Masuk : Rp 5.000, Rp 10.000 (Jasa pemandu untuk trekking ke Teluk Bidadari)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Objek wisata yang kami bahas pertama kali adalah pantai. Berbicara mengenai pantai eksotis, pasti bayangan yang ada di benak kita adalah pulau Bali. Eits, jangan salah Malang juga punya lho, salah satunya adalah Pantai Mbehi. Boleh dibilang pantai ini merupakan surga tersembunyi di tanah Malang, sebab belum banyak orang yang mengetahui keberadaanya. Dan letaknya sendiri berada di belakang hutan lindung.

Tracking menuju pantai ini memang cukup melelahkan, namun sesaat anda samapi, anda akan disuguhkan dengan suasana yang masih sangat asri dan juga hamparan pasir putih bersih lengkap dengan air laut yang sangat jernih dengan gradasi warna turquoise.

Tak hanya itu saja, pantai ini juga memamerkan keindahannya lewat keberadaan dua fenomena alam yang pastinya akan membuat Anda takjub! Apa itu?

Yang pertama terdapat sebuah lubang menyerupai kawah di tepi karang besar yang langsung tembus ke permukaan air laut. Jadi apabila ombak besar datang, maka airnya akan menyembur ke sela-sela ‘kawah’ ini hingga ke udara dengan suara menderu layaknya naga yang mengamuk. Karena tidak ada pagar pembatas, Anda harus berhati-hati dan jaga jarak dari lubang tersebut, ya!

Kemudian yang kedua, tak jauh dari lubang tersebut anda akan menemukan keunikan lain yang dinamakan Teluk Bidadari. Ceruk yang berada pada batu karang dan berisi air laut yang jernih menciptakan fenomena layaknya kolam renang alami yang cukup dangkal. Dan disini anda dapat dengan bebas berendam sembari menikmati keindahan alam sekitar dengan latar belakang Samudera India. Keren!

2. Pantai Balekambang

wisata malang terbaru 2019

  • Lokasi : Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang
  • Tiket Masuk : Rp 15.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : fyling fox, taman bermain anak, persewaan ATV

Pernah berkunjung ke pantai Lot, Bali? Nah, pantai satu ini akan memberikan nuansa ayng hampir mirip dengan pantai Lot yang ada di Bali, tapi kali ini pantainya ada di Malang! Namanya Pantai Balekambang.

Mengapa disebut-sebut mirip dengan pantai Lot, ini semua dikarenakan adanya pura nan anggun, Amerta, Jati, yang berdiri kokoh di atas Pulau Ismoyo, Pura Amerta Jati ini dibangun sebagai tempat ibadah umat Hindu untuk merayakan berbagai upacara adat, seperti ‘Suroan’ yang bertepatan dengan tahun baru Jawa atau Hari Raya Nyepi.

Terlepas dari itu, disini anda pun dapat menikmati sunset yang menakjubkan. Terlebih lagi saat air sedang surut, anda dapat melihat berbagai terumbu karang eksotis yang berada di dasar air. Anda pun dapat berjalan-jalan di antaranya, sembari ditemani ikan kecil berwarna-warni yang asik lalu-lalang berenang di sela-sela terumbu karang.

3. Pantai Tiga Warna

wisata malang terfavorit 2019

  • Lokasi : Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang
  • Tiket Masuk :
    • Tiket Rombongan  : Rp. 300.000 per rombongan ( Sudah termasuk tiket masuk 10 orang, guide, dan lokasi camping)
    • Sewa alat snorkling : Rp.15.000
    • Biaya Camping : Rp.25.000
    • Biaya Sewa Tenda : Rp.50.000
    • Guide : Rp.100.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00
  • Fasilitas : area parkir, MCK, camping ground, penyewaan alat snorkeling

Pantai yang satu ini masih jarang terekspos oleh orang banyak namun memiliki sebuah keunikan yang cukup membuat penasaran para travelers.

Karena keberadaanya yang terletak di tengah hutan konservasi, maka jika anda ingin mengunjungi pantai ini anda perlu melakukan reservasi setidaknya seminggu sebelumnya (atau satu bulan jika Anda berencana menghabiskan akhir pekan) untuk memastikan tidak banyak orang yang memadati area pantai ini.

Saat anda sampai di lokasi pantai anda akan disuguhkan dengan gradasi warna air laut dari biru ke hijau hingga putihnya pasir yang mempercantik pantai, namun itu semua hanya secuil keindahan yang dimiliki pantai. Perjalan menuju pantai ini pun akan membuat kegiatan berlibur anda semakin berkesan.

Dimulai dari melewati Konservasi Mangrove Clungup, yaitu hutan bakau yang terdapat tepat di muara pertemuan antara laut dan sungai yang dimanfaatkan sebagai pencegah abrasi sekaligus sebagai tempat peneduh dari teriknya sinar matahari.

Setelah itu anda akan melanjutkan perjalanan ke arah selatan kurang lebih satu jam perjalanan, namun jangan khawatir disepanjang perjalanan anda akan ditemani oleh pemandangan laut dan pantai yang indah di sebelah kanan dan tetumbuhan hijau di sebelah kiri.

Nah selanjutnya anda akan naik ke atas bukit hingga akhirnya anda dapat melihat megahnya Pantai Tiga Warna dengan gradasi warna alam yang sangat menakjubkan! Begitu sampai dijamin akan membuat anda tidak sabar untuk buru-buru terjun ke air!

Tentunya dengan keadaan air yang sangat jernih ini anda dapat melakukan kegiatan snorkeling dan melihat deretan terumbu karang yang indah di sekitar pantai. Dijamin deh, anda akan betah berlama-lama disini, hehehe.

4. Pantai Rowo Indah atau Pantai Goa Cina

wisata romantis di malang

  • Lokasi : Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Saat anda berada di pantai ini, anda akan disuguhkan dengan 3 buah siluet pulau kecil di cakrawala serta panorama sunset dari Pantai Rowo Indah yang juga akan menyugukan sesuatu yang berbeda dari sunset baisanya.

Penamaan Goa Cina ini diambil dari adanya penemuan sesosok mayat di dalam gua serta tulisan-tulisan huruf Cina di dindingnya. Yang konon katanya sosok tersebut melakukan kegiatan semedi sampai ajal menjemput.

Keunikan pantai ini yang tidak akan anda dapatkan dari pantai lainnya adalah anda dapat menyaksikan ombak beradu dari tiga arah sekaligus yaitu timur, selatan dan barat. Sehingga pantai ini tidak aman untuk dijadikan tempat berenang.

5. Pantai Ngliyep

wisata malang pantai

  • Lokasi : Desa Kedungsalam, Donomulyo, Hutan, Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 15.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, pos kesehatan, pendopo, tempat makan

Memiliki pemandangan natural nampaknya menjadi daya tarik dari para wisatwan untuk singgah ke pantai ini. Bahkan keindahannya tak hanya dinikmati oleh wisatawan lokal, namun wisatawan mancanegara juga mengagumi keindahan pantai ini.

Pantai ini merupakan perpaduan antara tebing yang curam dan juga hutan lindung. Sehingga sudah dipastikan kawasan pantai ini memiliki suasana yang sangat sejuk dan juga segar. Pasir yang dimiliki pantai ini berwarna putih serta lengkap dengan ombak yang tidak terlalu besar.

Penamaan pantai ini diambil dari bahasa Jawa “nylinep” yang berarti ngantuk. Karena konon bagi siapa saja yang berkunjung di pantai ini akan merasa ngantuk saking sejuknya suasana yang tercipta disana.

Yang cukup membuat unik bagi pantai ini yaitu yang didekatnya ada sebuah pulau kecil. Pulai tersebut bernama Gunung Kombang.Dan anda pun dapat mengunjungi pulau kecil tersebut dengan melewati jembatan yang ada di Pantai Ngliyep.

Terlepas dari keindahan pantai, ternyata pantai ini menyimpan cerita yang cukup mistis yaitu konon katanya pantai ini menjadi tempat favorit Nyi Roro Kidul. Yang dimana beliau merupakan ratu penguasa pantai selatan di Pulau Jawa. Sebagian masyarakat setempat percaya bahwa di pulau kecil ini Nyi Roro Kidul sering kali melakukan semedi.

Di pantai ini juga sering diadakan beberapa tradisi dan upacara yang masyarakat setempat yakini. Tradisi tersebut biasa dilakukan pada saat bulan Maulud Nabi yang tepat di tanggal 14 dengan tujuan sebagai bentuk ucapan rasa syukur dan memanjatkan doa untuk kesejahteraan warga dan juga meminta untuk dijauhkan dari segala macam bahaya.

6. Pantai Clungup

Pantai Clungup

  • Lokasi : Sendang Biru, Area Sawah/Kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : wahana air, banana boat, jetski, perahu, spot untuk snorkeling dan diving, penyediaan peralatan snorkeling, arena camping, toilet

Pantai Clungup ini termasuk sebagai salah satu daerah mangrove conservation yang ada di Jawa Timur. Keindahan dari pantai ini sendiri tak kalah dengan pantai lainnya yand ada di pulau jawa, bahkan karena kecantikannya pantai ini kerap dijuluki sebagai ‘Raja Ampat’-nya Kota Malang.

Pantai ini diselimuti dengan pasir putih keemasan dengan butirannya yang super duper halus. Di tambah lagi dengan deru ombaknya yang tidak terlalu besar karena terhalang oleh beberapa pulau batu karang raksasa yang ditumbuhi pohon-pohon dan tanaman rimbun membuatnya sebagai nyaman untuk disinggahi.

Adanya pulau serta tebing-tebing batu karang inilah yang membuat pemandangan di Pantai Clungup kerap dikatakan hampir menyerupai kecantikan Raja Ampat di Papua. Meskipun dikatakan menyerupai raja ampat, nama dari pantai ini kalah tenar dibandingkan objek wisata lainnya yang ada di kota Malang.

7. Pantai Kajaran

Pantai Kajaran

  • Lokasi : Hutan, Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000 per orang, Rp 5.000 (Parkir Motor)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai Kajaran memiliki panorama keindahan alam yang akan membuat takjub bagi siapa saja yang menlihatnya. Kondisi alam yang berada di dalamnya masih sangat terjaga kealamiannya karena memang pantai ini belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Bentuk dari pantai ini sendiri menyerupai teluk dan letaknya berada di belakang ladang miliki warga setempat. Bagian sisi kanan dan kiri pantai ini di pagari oleh tebing yang tinggi dan menghijau karena di penuhi oleh lumut dan juga tanaman merambat.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, pantai ini nelum ramai dikunjungi, maka dari itu ketika anda berada di pantai ini anda akan merasakan sensadi pulau pribadi dengan hamparan pasir putihnya yang sangat berih.

Ombanyaknya yang tidak begitu besar, sangat memungkinkan bagi anda untuk bermain-main di atasnya, tak jarang beberapa biota laut seperti ikan dan keong turut menemani aktivitas liburan supaya terkesan lebih menyenangkan.

8. Pantai Telok

Pantai Telok

  • Lokasi : Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pernah mendengar nama Pantai Telok sebelumnya? Mungkin terdengar asing bagi kita semua karena memang pantai ini masih sangat alami dan belum banyak orang yang tahu akan keberadaan pantai yang satu ini.

Garis pantai yang dimiliki pantai ini pun tidak begitu lebar, tapi rasanya cukup untuk dijadikan tempat bersantai karena memang kondisinya sangat lenggang sekali. Pantai ini juga memiliki nama lain yakni Pantai Ngelengguk. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan juga air lautnya yang begitu jernih.

Uniknya lagi, pasir yang berada di pantai ini sewaktu-waktu dapat berubah menjadi warna pink!

Ombaknya sendiri tergolong cukup besar, sehingga para pengunjung tidak disarankan untuk berenang di area pantai tersebut. Namun demikian, bermain-main dibibir pantai juga merupakan kegiatan yang cukup menyenangkan.

Apalagi panorama alamnya begitu eksotis nan memikat, bagi para pecinta fotografi maka hal itu pula akan memanjakan mata dan lensa anda. Ohya satu lagi guys, di sisi barat pantai ini terdapat sebuah bukit raksasa yang bentuknya menyerupai kura-kura, menarik ya!

9. Pantai Parang Dowo

Pantai Parang Dowo

  • Lokasi : Dusun Bajulmati, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Sedikit berbeda dengan pantai lainnya, pantai ini memiliki tempat berendam alami yang cantik di pinggir pantainya. Pinggiran pantai ini pun unik, karena bukan berupa pasir, melainkan karang landai yang dipenuhi semacam lumut dari satu jenis rumput laut.

Di tengah-tengah pantai ini terdapat suatu karang raksasa yang kerap dijadikan sebagai latar belakang berswafoto para pengunjungnya.

Untuk pemandian alaminya sendiri sebenarnya merupakan karang cekung yang kemudian terisi oleh air laut. Di bibir pantai ini terdapat bentuk karang tersebut yang dihiasi dengan lumut namun lumut ini tidak licin seperti lumut yang kita kenal, karena lumut ini meurpakan suatu jenis rumput laut yang jika diinjak teksturnya empuk.

Pantai ini kerap disebut sebagai pantai ramah anak, karena ombak yang ada sangatlah kecil sebab terhalang karang di bibir pantai.

10. Pantai Jolangkung

Pantai Jolangkung

  • Lokasi : Pantai jolangkung, Gajahrejo, Gedangan, Hutan, Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, tempat istirahat, MCK, rumah makan

Pantai yang kerap diplesetkan sebagai Pantai Jelangkung ini tak se seram namanya, karena nama itu memiliki makna lain yang dimabil dari bahasa jawa “Jo Langkung” yang berarti jangan dilewati.

Mengapa demikian? Karena pantai ini terletak di pesisir selatan serta tepat persis di pinggir Jalan Lintas Selatan, dan karenanya pantai ini mempunyai ombak yang sangat besar. Bahkan saking besarnya ombak yang terdapat di pantai ini, mampu menembus ke jalan raya, bahkan sampai membawa kendaraan yang melintas ikut hanyut.

Maka setiap orang harus menunggu ombaknya tidak terlalu besar agar bisa lewat dengan selamat.

Meskipun memiliki ombak yang besar, bukan berarti pantai ini tidak dapat dinikmati. Anda dapat rebahan di bibir pantai dengan jarak 10 meter dan cukup memandangi pesona alam yang eksotik yang dijamin akan mampu memanjakan mata.

Air yang dimiliki pantai ini sendiri cenderung berwarna coklat, namu hal itu tidak akan mengurangi keeksotisan pantai ini. Sebenarnya pantai ini belum lama diketahui oleh banyak orang, sehingga kebersihannya masih begitu terjaga serta kealamiannya benar-benar membuat kita bisa menikmati alam di sana.

11. Pantai Bajul Mati

Pantai Bajul Mati

  • Lokasi : Jalan Lintas Selatan Rt/Rw 42/05 Gajahrejo, Umbulrejo, Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 05.00 – malam hari
  • Fasilitas : kamar mandi, toilet, gazebo, musholla, area parkir

Pantai ini juga kerap disebut sebagai Raja Ampatnya Jawa Timur, sebab memiliki panorama alam yang sangat indah dan memukau. Saat anda sampai di lokasi pantai, anda akan langsung disambut oleh semilir angin yang menggelitik serta pijakan kaki di atas pasir dengan tekstur yang sangat lembut serta berwarna putih kecokelatan yang sangat eksotis.

Pantai ini kerap dijadikan sebagai lokasi jogging oleh warga sekitar, namun para pengunjungnya tidak dianjurkan untuk berenang di dalamnya, sebab pantai ini memiliki ombak yang tergolong besar.

Meskipun tidak dapat berenang, masih ada kegiatan seru lainnya yang dapat anda lakukan disini seperti menikmati pantai dengan menanti hantaman ombak yang berganti atau pun mencicipi sedikit bermain air ketika muara sungainya sedang tenang.

Keistimewaan dari pantai ini adalah pantai ini sangat lah asri dan terjaga kebersihannya. Ini semua dibuktikan dengan tidak adanya sampai satu pun yang dapat anda temukan disini, sehingga kondisi semacam ini semakin membuat para pengunjungnya nyaman untuk menghabiskan waktnua disini.

Tak jarang, beberapa pengunjungnya pun melakukan kemah di area pantai ini. Tertarik mencoba?

12. Pantai Ungapan

Pantai Ungapan

  • Lokasi : Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 3.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : kamar mandi dan MCK, mushollah, gubuk atau gazebo, rumah makan, warung, camping ground

Pantai Ungapan sebenarnya merupakan salah satu bagian dari Pantai Bajulmati, karena Pantai Bajulmati ini memiliki garis pantai yang begitu besar, sehingga dibagi menjadi tiga kawasan, diantaranya Pantai Bajulmati, Pantai Jelangkung serta Pantai Ungapan.

Nama dari pantai ini diambil dari Bahasa Jawa “Ungapan” yang berarti uara sungai atau tempat bertemunya laut dengan sungai. Hal itu tidak lain menjurus pada keberadaan muara Sungai Panguluran yang ada di kawasan Pantai Ungapan. Pantai ini juga kerap disapa sebagai pantai seibur gubuk, karena memang banyak sekali gubuk yang berdiri di sepanjang pantai ini.

Jika anda menginginkan tempat untuk mencari ketenangan maka datang ke Pantai Ungapan merupakan keputusan yang tepat, sebab pantai ini tak banyak dikunjungi oleh orang dan juga keindahan pantainya tidak perlu diragukan lagi.

Garis pesisirnya yang lebar, air lautnya yang berwarna kebiruan lengkap dengan ombaknya yang besar serta tak ketinggalan barisan karang yang membentuk formasi indah rasanya sangat sempurna untuk dijadikan sebagai tempat wisata yang mengagumkan.

13. Pantai Tomen

Pantai Tomen

  • Lokasi : Tambak, Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Jika dibandingkan dengan pantai lain di kota Malang, pantai ini namanya memang kalah tenar, tapi bukan berarti keindahannya tak layak untuk disinggahi. Karena sesampainya anda di pantai ini dipastikan pantainya tak akan mengecewakan Anda yang berkunjung.

Hamparan pasir putih yang bersih turut menyambut kedatangan anda serta ombaknya yang tenang juga semakin membuat suasana berlibur anda semakin nyaman.

Menariknya lagi, pantai ini dikelilingi dengan bukit-bukit kecil serta tepi pantainya yang dihiasi dengan pohon-pohon yang dimana membuat suasana pantai akan terasa teduh dan sejuk.

14. Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk Asmara

  • Lokasi : Sitiarjo, Sumbermanjing, Tambak, Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000 per orang, Rp 5.000 (Parkir Motor), Rp 10.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : gazebo

Pantai ini memiliki pasir putih yang berpadu dengan laut biru beserta pulau-pulau kecil dan pepohonan hijau yang turut mempercanti keindahan Pantai Teluk Asmara. Selain itu, pantai ini juga masih sangat sepi, sehingga anda akan merasakan sensasi berlibur ke Pantai pribadi.

Disini anda dapat menyaksikan gugusan pulau yang indah yang nampak seperti membentuk tanda cinta atau “love” yang mengingatkan kita akan Raja Ampat yang tersohor itu. Hal itu tentu akan menjadi daya tarik tersendiri di pantai ini.

Arusnya yang realtif tenang juga memungkinkan anda untuk melakukan aktivitas snorkeling dengan menikmati pemandangan dari berbagai macam terumbu karang dan biota laut yang luar biasa indah.

Tak ketinggalan, fenomena sunset disini juga sangatlah indah yang tentunya beda dengan pantai lainnya karena gugusan pulau-pulau kecil yang ada memberikan siluet yang berbeda sehingga terlihat sabgat menakjubkan. Di pantai ini juga terdapat gua gua kecil yang dapat anda kunjungi jika anda penasaran ada apa di dalam gua tersebut.

Nah, jika anda enggan beranjak dari pantai ini, anda juga dapat berkemah di pantai ini. Hal tersebut tentunya sangatlah mengasikan jika dilakukan bersama-sama dengan kawan dan kerabat kita. Tertarik mencoba?.

15. Pantai Gatra

Pantai Gatra

  • Lokasi : Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang
  • Tiket Masuk : Rp 10.000 per orang, Rp 10.000 (Parkir Kendaraan)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : perahu kano

Meskipun berada di laut selatan, pantai ini tidak memiliki ombak yang begitu besar sebab adanya gugusan karang yang memecah ombak. Dengan begitu, banyak berbagai kegiatan yang dapat dilakukan di pantai ini. Hamparan pasirnya yang putih, air laut biru terang yang tenang, serta pepohonan hijau yang sejuk merupakan sebuah  kombinasi yang sangat menggiurkan.

Berbagai objek seru sesampainya anda di pantai ini juga dapat dinikmati seperti pulau karang yang berwarna hijau, wilayah konservasi, serta hutan mangrove yang siap untuk mengisi waktu liburan anda.

16. Pantai Savanna

Pantai Savanna

  • Lokasi : Area Sawah/Kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 6.000 per orang, Rp 3.000 (Parkir Motor), Rp 75.000 (Jasa Pemandu Wisata)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Keindahan pemandangan khas laut selatan akan menyambut anda serta memberikan sensasi menyegarkan untuk anda. Seperti namanya, pantai ini mempunyai daya tarik utama berupa padang savana yang berada di area bibir pantai. Hamparan semak belukar yang berwarna hijau terbantang sangat luas yang kian membuat pemandangan pantai terlihat sangat cantik.

Di pantai ini juga terdapat sebuah bukit yang berada di tengah-tengah savana, dan asiknya anda dapat mendaki di bukit tersebut. Dari atas bukit, anda akan disuguhkan dengan pemandangan laut lepas yang berkilauan akibat pantulan sinar matahari.

Untuk mencapai bukit ini, anda harus berjalan kaki sejauh 500 meter dari bibir pantai serta menerjang hamparan padang savana sebelum sampai di bukit tersebut. Dan kami
sarankan, untuk senantiasa menyiapkan kamera saat anda berada di sepanjang perjalanan, sebab spot-spot menawan yang tak terduga yang sayang untuk Anda lewati begitu saja!

17. Pantai Watu Pecah

Pantai Watu Pecah

  • Lokasi : Area Sawah atau Kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 6.000, Rp 100.000 (Jasa Pemandu Wisata untuk 10 orang)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : jasa pemandu wisata

Pantai ini masuk kedalam panta perawan yang ada di Malang, kenapa perawan? Yup! Sebab pantai ini belum terjamah oleh banyak orang, sehingga keindahan alam yang ada di pantai ini masih sangat terjaga. Keindahan batu karang yang tinggi menjulang di areal pantai terlihat sangat menawan.

Air lautnya yang berwarna biru bersih lengkap dengan ombaknya yang tidak terlalu besar tentu saja menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki pantai ini.

Bagi kalian yang hobi berswafoto dengan latar belakang laut lepas, maka pantia ini merupakan jawaban yang tepat untuk anda jadikan list kunjungan anda selanjutnya. Hamparan pasir putihnya yang lembut membuat kaki tak dapat berhenti menjejakan sembari menggoda ombak yang terlihat malu-malu.

18. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna

  • Lokasi : Jl. Sendang Biru, Area Sawah/Kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 6.000, Rp 100.000 (Jasa Pemandu Wisata untuk 10 orang /34 jam), Rp 25.000 (Tambahan untuk sewa lahan jika anda hendak berkemah di pantai ini)
  • Jam Buka : 05.00-14.00
  • Fasilitas : pemandu wisata, sewa alat snorkeling, sewa tenda

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki 3 warna air yang berbeda sesuai dengan kedalamannya, dan karena hal unik tersebut pantai ini kerap dijadikan sebagai tujuan utama wisata yang ada di kota Malang.

Yang unik dari pantai ini lainnya yaitu para pengunjung yang datang akan dibatasi kuotanya, itu berarti jika kuota pengunjung sudah batas maksimal, otomatis anda harus menunggu hingga pengunjung yang sudah ada di lokasi kembali terlebih dahulu. Hal ini dilakukan tidak lain agar kebersihan dan keasrian dari pantai ini agar senantiasa terjaga dengan baik.

Selain itu, hal yang paling menarik lainnya yaitu adanya habitat ubur-ubur yang berkeliaran kesana kemari di area pantai. Biota laut ini tentunya tidak menyengat seperti ubur-ubur lainnya, jadi anda dapat berenang dan melakukan sesi foto bersama kawanan ubur-ubur tersebut. Lucu ya!

19. Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru

  • Lokasi : Sendangbiru, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
    • Per orang : Rp 5.000
    • Sewa Perahu Motor : Rp 100.000 – Rp 150.000
    • Sewa Perahu Dayung : Rp 50.000 – Rp 70.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : sewa perahu, homestay atau penginapan

Pantai yang berada di selatan kota Malang yang sekaligus menghadap ke arah Samudera Indonesia ini sudah sangat terkenal karena memiliki ombak yang sangat besar.

Namun jangan khawatir, pantai ini memiliki sebuah pulau yang bernama Pulau Sempu yang menghalangi dan memecah ombak besar yang datang ke arah Pantai, sehingga sesampainya ombak di bibir pantai akan relatif sangat tenang.

Pulau tersebut juga merupakan salah satu keindahan yang dimiliki oleh Pantai Sendang Biru dan bisa anda kunjungi pastinya. Pantainya sendiri memiliki air laut yang berwarna biru jernih yang kerap menjadi salah satu destinasi wisata favorit dalam dan luar negeri.

Yang tak kalah menarik dari pantai ini ialah, adanya pesta adat yang diselenggarakan setiap bulan September yang disebut sebagai pesta Pelik Laut.

Pesta ini berlangsung seminggu penuh dengan menggelarkan beberapa acara seperti dangdutan,hiburan wayang, dan yang paling dinanti adalah acara menghanyutkan tumpeng besar berisi hasil laut ke tengah laut sebagai simbol rasa syukur masyarakat kepada tuhan.

20. Pantai Bangsong

Pantai Bangsong

  • Lokasi : Tambak, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : gazebo, kamar mandi, warung, camping ground

Pantai ini resmi dijadikan sebagai tempat wisata di tahun 2014 yang dapat anda jelajahi di setiap sudutnya. Lokasi dari pantai ini masih Tambak, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur.

Saat anda berada di pantai ini, anda akan disuguhi dengan hamparan padang ilalang yang cukup luas, serta gradasi warna putih dari bunga dan juga warna hijau dari daunnya yang sangat elok untuk dipandang.

Karena tergolong dalam wisata baru, tempat ini belum terlalu terkenal dibanding dengan objek wisata lainnya yang ada di Kota Malang, namun bukan berarti keindahan pantainya diabaikan begitu saja.

Letaknya yang berada di sebuah teluk membuat ombak di pantai ini cukup tenang, sehingga pantainya sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat berenang. Selain itu, pantai ini juga menawarkan beberapa spot foto yang menarik seperti padang ilalang yang siap untuk dijadikan sebagai latar belakang kegiatan berswafoto anda.

Pantai yang dibuka serta dikelola langsung oleh Perhutani ini sangat tepat untuk dijadikan sebagai tempat berkemah, sebab mempunyai lahan datar yang luas. Namun karena terbatasnya fasilitas yang berada di tempat ini, maka semua peralatan yang diperlukan harus menyiapkannya sendiri.

21. Pantai Kali Apus

Pantai Kali Apus

  • Lokasi : Tambakasri, Sumbermanjing, Hutan, Tambakasri, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 100.00- – Rp 150.000 (Jasa Pemandu Wisata)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Lagi-lagi pantai yang masuk ke dalam daftar pantai perawan ada Pantai Kali Apus, karena memang letaknya tersembunyi sehingga jarang diketahui banyak orang. Pantai ini juga kerap disebut dengan nama Pantai Pring Apus yang berada di satu area dengan Pantai Sendiki.

Pantai ini menawarkan keindahan alam laut yang eksotis dan asli belum terjamah oleh manusia. Pantai ini memiliki kondsi yang sangat bersih dengan hamparan kebiruan laut dan warna kecoklatan pasir yang mengelili area pantai.

Tak hanya itu, pantai ini juga dihiasi dengan perbukitan yang berada mengelilingi pantai. Fakta unik yang ada di panti ini adalah setiap pengunjungnya dilarang singgah lebih dari 5 jam di pantai ini.

22. Pantai Pancer

Pantai Pancer

  • Lokasi : Gunung, Sidoasri, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai ini menawarkan hamparan pasir butih yang bersih serta birunya laut tanpa sampah yang lengkap dengan bukit-bukit hijau yang nampak berderet mengelilingi area pantai.

Ombaknya yang tidak terlalu besar juga memungkinkan untuk dijadikan sebagai tempat berendam, namun perlu diingat pantai ini masih masuk dalam kawasan pantai selatan yang terkenal ‘ganas’. Semilir angin yang menggelitik juga akan membuat siapa saja enggan untuk segera singgah dari tempat ini.

Jika anda menyukai hal ekstrem, anda juga dapat mencoba untuk menyusuri jalan setapak di antara barisan bukit yang ada di sekeliling Pantai Pancer. Karena medan yang ada terkenal terjal dan menantang, dijamin akan memberikan pengalaman berpetualang yang seru.

Selain itu, jika anda ingin bermalam di tempat ini, anda pun dapat mendirikan tenda di spot yang anda inginkan. Api unggun serta segelas kopi panas dapat menjadi teman Anda dalam membunuh waktu menanti sunrise di pagi hari nanti.

23. Pantai Klatakan

Pantai Klatakan

  • Lokasi : Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang
  • Tiket Masuk :
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : flying fox, camping ground,

Pantai ini dikelolang langsung oleh masyarakat Desa Sidoasri yang dimana juga bekerja sama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Malang dalam hal pembinaan.

Pantai ini sendiri memiliki pasir yang berwarna coklat yang lengkap dengan air lautnya yang juga menawarkan pemandangan bawah laut yang menawan. Berbagai aktivitas dapat anda lakukan disini, seperti kemah, mencoba flying fox, atau hanya sekedar rebahan sembari menikmati panorama alam yang disajikan.

Pada hari biasa pantai ini tak begitu ramai, namun saat akhir pekan tiba pengunjung dari Pantai Klatakan akan meningkat hingga dua kali lipat. Ramainya pantai ini tentu saja akan meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar Pantai Klatakan yang berdominan bermatapencaharian sebagai petani dan nelayan.

24. Pantai Bolu Bolu

Pantai Bolu Bolu

  • Lokasi : Gunung, Purwodadi, Tirto Yudo, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Kendaraan), Rp 20.000 (Sewa Peralatan Snorkeling)
  • Jam Buka : 05.00-malam
  • Fasilitas : MCK, warung makan, camping ground

Sesampianya anda disini, anda akan langsung tergoda dengan keindahan lautnya yang sungguh mempesona. Warna air latunya yang biru dengan ombaknya yang tenang membuat siapa saja ingin buru-buru nyemplung dan menyatu di dalam airnya.

Pantai ini sendiri merupakan salah satu bagian dari 3 pantai yang berada di daerah Pantai Bowele yang terdiri dari Pantai Banyu Anjlok, Pantai Lenggoksono dan Pantai Bolu Bolu ini.

Jernihnya air laut disana memungkinkan para pengunjungnya untuk bersnorkeling ria bersama ikan mungil yang turut menemani setiap langkah di dalam pantainya.

Rindangnya pohon yang terdapat di sekitar pantai juga turut menyuplai oksigen sehingga suasanya amat terasa sejuk serta pasir yang berada di area pantai pun sangatlah putih bersih sehingga akan membuat anda merasa nyaman dan betah berada diatasnya.

Jika anda engga untuk beranjak di pantai ini, anda pun dapat bermalam di pantai ini dengan mendirikan tenda di spot manapun yang anda mau.

25. Pantai Banyu Anjlok

Pantai Banyu Anjlok

  • Lokasi : Lenggoksono, Purwodadi, Tirto Yudo, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 5.000 (Parkir Kendaraan)
  • Jam Buka : 07.00-17.00
  • Fasilitas : homestay atau penginapan, spot memancing, penangkaran lobster, air terjun

Selain menawarkan pemandangan alam pantainya yang eksotis, pantai ini juga menawarkan pemandangan lain yang jarang anda temukan di pantai lainnya yaitu air terjun. Yups! Salah satu daya tarik unggulan pantai ini juga berupa air terjun, yang dimana nama dari pantai ini sendiri juga mengambil dari fenomena air terjun itu sendiri yaitu “Banyu Anjlok” yang dalam bahasa Indonesia berarti air jatuh.

Selain menawarkan keindahan pantai dan air terjun, disini juga terdapat objek wisata lainnya yang dapat kalian nikmati seperti Goa Sarang Dompet, area pemancingan, bahkan tempat budi daya lobster.

26. Pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono

  • Lokasi : Purwodadi, Tirto Yudo, Purwodadi Kidul, Purwodadi, Tirto Yudo, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 5.000 (Parkir Kendaraan)
  • Jam Buka : 05-malam
  • Fasilitas : perahu

Pantai ini cukupmenarik perhatian para peselancar lokal hingga internasional karenan memiliki ombak yang sangat menarik. Jadi jika kalian memiliki hobi berselancar, rugi jika kalian tidak mencoba ombak Pantai Lenggoksono.

Karena letak pantai ini dekat dengan pantai Bolu-Bolu, maka selepas anda berselancar, anda pun dapat melakukan kegiatan lain seperti snorkeling, berenang, atau bermain di bawah air terjun di pantai Bolu-Bolu dengan mengunakan perahu yang memang disediakan untuk disewakan.

27. Pantai Wedi Putih

Pantai Wedi Putih

  • Lokasi : Balearjo, Purwodadi, Tirto Yudo, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 5.000 (Parkir Motor), Rp 10.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : snorkeling, camping ground, warung

Penamaan pantai ini taklain dari pengambilan bahasa jawa “wedi” yang berarti pasir serta “putih” yang berarti warna putih, yups! Hal itu memang merajuk pada warana pasirnya yang berwarna putih bersih. Keindahan dari pantai ini mampu memikikat hati siapa saja yang mengunjunginya.

Tak seperti pantai selatan lainnya yang terkenal ganas, pantai ini justru cenderung memiliki ombak yang tenang sehingga sangat aman untuk digunakan sebagai tempat diving ataupun snorkeling. Adanya bukit karang yang mengelilingi pantai ini juga turut mempercantik panorama pantai yang disajikan.

Berlibur di pantai ini layaknya kurang tepat jika tidak mengabadikan setiap momen yang dilakukan, spot menarik seperti bibir pantai, semak-semak, bukit karang, hingga berfoto dengan ikan cantik sembari snorkeling sepertinya hal yang wajib untuk dilakukan.

Dan karena pantai ini belum banyak dikunjungi banyak orang, sehingga ketika anda berada di pantai ini anda akan merasakan pergi ke pulau pribadi. Wah asik ya!

28. Pantai Wedi Awu

Pantai Wedi Awu

  • Lokasi : Balearjo, Purwodadi, Tirto Yudo, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, toilet, lapangan sepak bola, camping ground

Jika sebelumnya ada Pantai Wedi Putih, selanjutnya ada lagi Pantai Wedi Awu, yang kemolekannya tidak kalah indah dengan Pantai Wedi Putih. Pantai ini merupakan surga tersembunyi bagi para pencita selancar pasalnya ombak yang dimiliki pantai ini dapat mencapai ketinggian tiga meter yang menjadikannya sebagai salah satu pantai Malang yang ideal untuk berselancar.

Bahkan kemolekan pantai ini banyak dilirik oleh para peselancar mancanegara yang nampaknya osan dengan gegap gempitanya pantai Bali dan memilih pantai ini karena memiliki suasana yang lebih sepi.

Tak seperti Pantai Wedi Putih, pantai ini memiliki pasir yang berwarna agak kecoklat-coklatan seperti abu, dan itu juga salah satu alasan penamaan dari pantai ini yaitu Pantai Wedi Awu atau Pantai Pasir Abu.

Namun hal itu tidak mengurangi eksotisme yang disuguhkan pantai ini. Sebuah pantai bersih yang dibungkus dengan rimbun kehijauan merupakan komposisi warna alam yang begitu apik, sementara itu semilir angin dan sepinya suasana turut menghadirkan ketenangan.

29. Pantai Watu Lepek

Pantai Watu Lepek

  • Lokasi : Hutan, Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 5.000 (Parkir Kendaraan)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : camping ground, spot memancing

Salah satu pantai yang masuk kedalam pantai kategori perawan adalah Pantai Watu Lepek, hal itu dikarenakan saking jarangnya tempat ini tersentuh oleh tangan manusia. Karena kondisi yang masih sangat alami inilah pantai ini akan menyuguhkan berbagai keindahan alam yang jarang untuk anda temui di tempat lainnya.

Layakny sebuah harta karun, untuk mencapai lokasi pantai ini juga cukup membutuhkan perjuangan yang ekstra, anda dituntut untuk melewati area bebatuan dan juga jalanan terjal yang menantang jiwa serta adrenalin. Namun sesaat anda sampai di lokasi, dijamin semua penat yang dirasa akan sirna seketika dengan suguhan alam yang sangat memikat hati.

30. Pantai Sendiki

Pantai Sendiki

  • Lokasi : Area Sawah/Kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 5.000 (Parkir Kendaraan), Rp 10.000 (Tiket tambahan jika anda ingin bermalam di pantai)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : toilet, musholla, cottage, warung makan

Pantai ini mulai dikenal oleh banyak orang karena memiliki keindahan panroma alam yang begitu memikat. Seperti khas laut selatan, pantai ini pun memiliki ombak yang cukup besar sehingga kurang tepat jika dijadikan sebagai tempat berenang meskipun memiliki kadar air yang dibilang sangat jernih.

Meskipun begitu, anda tak usah khawatir, sebab pesona pantainya yang begitu asri dan didukung dengan lokasinya dikelilingi hutan lebat membuat Pantai ini tidak terlalu panas dan membuat anda nyaman serta betah berlama-lama.

Terlepas dari keindahan pantainya, pantai ini memiliki asal-usul sejarah yang cukup menarik, konon katanya, pantai ini dahulunya ditemukan oleh empat orang sahabat dan mereka membagi lahan dengan cara menancapkan patok kayu sebagai penanda.

Kemudian salah seorang sahabat yang bernama Mbah Singo Lelono mentancapkan patok untuk yang terakhir. Namun, karena bingun alhasil dia tidak tahu kemana patok itu harus ditancapkan, sehingga ia bertanya kepada 3 orang temannya yang lain “Punyaku Seng Ndi Iki?”.

Dan dari cerita itulah yang disebut-sebut menjadi asal usul nama Sendiki. Dan menariknya lagi, di sisi kiri pantai anda dapat menemukan sebuah makan yang memiliki tulisan “Singo Lelono” yang membuat cerita ini seolah nyata adanya.

31. Pantai Bantol

Pantai Bantol

  • Lokasi : Dusun Sumberceleng, Desa, Banjarejo, Donomulyo, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pemandangan hamparan air laut dengan gelombang ombak yang tenang serta savana pasir yang berwarna putih coklat akan menyambut kedatangan anda ketika sampai di lokasi pantai.

Gelombang tenang ini disebabkan berkat adanya gugusan karang di sepanjang garis Pantai, sehingga pantai ini memiliki debur ombak yang tenang dan tentunya dapat anda jadikan sebagai tempat berenang yang santai dengan air lutnya yang berwarna jernih.

Sedikit unik dari pantai lainnya yang berada di kota Malang, pantai ini memiliki sebuah hutan mangrove atau bakau dan juga danau berair payau di bagian dalam dari pantai ini, meskipun danau itu berair payau, namuan uniknya air yang berada di dalam danau ini berwarna sangat jernih, bahkan anda pun dapat melihat berbagai benda yang ada di dasar danau ini.

Selain itu, pantai ini jug memiliki sebuah goa batu kapur yang merupakan bagian dari pegunungan gamping di Malang Selatan dan tak jarang ramai dikunjungi oleh para peneliti dan pencinta alam lainnya.

32. Pantai Jonggring Saloka

Pantai Jonggring Saloka

  • Lokasi : Desa Mentaraman, Donomulyo, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bagi para pecinta wayang, nama Jonggring Saloka pasti sudah tidak asing lagi untuk di dengar, pasalnya nama terebut merupakan salah satu tempat di kahyangan yang menjadi tempat tinggal Batara Narada yang juga menjadi nama dari salah satu pantai di kota Malang.

Berada dikawasan terpencil serta medan yang ekstrem, akan menjadi surga tersendiri bagi para wisatwan penggemar wisata adventures, karena dapat memuaskan hasrat adrenalin serta dapat memberikan jaminan bahwa kawasan wisata yang mereka kunjungi nantinya akan menyuguhkan keindahan alam yang natural karena jarang tersentuh oleh manusia.

Pantas saja, setelah anda sampai di lokasi pantai, anda akan langsung disambut dengan suara deburan ombak serta semilir angin yang menggelitik. Seperti dugaan kalian, pantai ini sangatlah sepi, bahkan nampak seperti pulau pribadi!

Hamparan pasir yang berwarna coklat emas dengan gulungan ombak yang datang silih berganti serta karang-karang yang berdiri anggun merupakan komposisi yang sangat menawan untuk dinikmati. Selain itu, jernihnya air laut juga turut menggoda para pengunjungnya untuk segera menceburkan diri di dalamnya.

33. Pantai Watu Leter

Pantai Watu Leter

  • Lokasi : Rowotrate, Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : kamar mandi, WC, area parkir

Bagi masyarakat setempat, nama Pantai Watu Leter diberikan sebab pantai ini memiliki sebuah dengan tebing yang mempunyai bagian datar di ujungnya. Tebing yang berada di tengah-tengah laut itu sangat terlihat mencolok sebab ujungnya yang berbentuk datar tersebut.

Hal itulah yang menyebabkan, masyarakat setempat menyebutnya sebagai Pantai Watu Leter, dan tak jarang sebagian warganya juga menyebut pantai ini dengan nama Pantai Ngleter.

Walaupun dekat dengan pemukiman penduduk, pantai ini masih sangat terjaga kealamiannya, hal ini juga dibuktikan dengan pasirnya yang terlihat bersih dan lembut serta airnya juga jauh lebih hijau dan jernih.

Serta keindahan pantai ini juga dilengkapi dengan adanya pemandangan batuan karang yang kerap hilang dan mucul karena tersapu oleh ombak. Karena air lautnya sangat jernih, banyak pengunjungnya yang memanfaatkan pantai ini sebagai tempat snorkeling dan juga diving.

Tak hanya itu, dikawasan pantai ini juga terdapat hutan bakau lengkap dengan air payaunya yang menyajikan pemandangan unik. Dan pastinya, pemandangan seperti ini hanya dapat anda temui di beberapa Pantai di Malang.

Bahkan karena pantai ini masih asri, pantai ini menjadi salah sati tempat penyu bertelur yang membuat Pantai Watu Leter ini sebagai pusat ekowisata tempat pelestarian penyu.

34. Pantai Wonogoro

Pantai Wonogoro

  • Lokasi : Purboyo, Sumberbening, Bantur, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 (Parkir Motor), Rp 10.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar, sehingga kurang tepat bila dijadikan sebagai tempat berenang. Namun jangan khawatir, banyak kok hal seru yang dapat anda lakukan di panta ini, seperti bermain bola, menggoda ombak, atau hanya sekedar bersantai di bawah pepohonan sembari memandangi kuasa tuhan yang begitu indah.

Yang unik dari pantai ini adalah pasirnya yang berwarna putih dengan campuran pasir besi yang tampak berkilauan karena terkena sinar matahari. Hal itu pula yang menarik perhatian seorang bos untuk mendirikan sebuah perusahaan pertambangan pasir besi di dekat pantai ini.

Namun tentunya hal itu sangat di tentang oleh masyarakat setempat sebab dikhawatirkan aktivitas pertambangan itu nantinya akan merusak ekosistem pantai dan tidak memberikan keuntungan signifikan pada masyarakat desa sebagai ‘pemilik’ keindahan Pantai Wonogoro itu sendiri.

35. Pantai Licin

Pantai Licin

  • Lokasi : Area Sawah/Kebun, Lebakharjo, Ampelgading, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : spot memancing, camping ground

Meski memiliki garis pantai yang pendek, pantai ini menjadi salah satu destinasi tujuan wisata pantai yang ada di kota Malang.

Pemberian nama dari pantai ini bukan karena sembarang hal, melainkan dulunya kondisi pantai ini terdapat banyak sekali lumut yang tumbuh di pepohonan dan bebatuan di sekitar kawasan Pantai dan menyebabkan kondisi pantai terasa licin, sehingga nama pantai dan juga dusun dimana pantai ini berada di sebut sebagai dusun dan pantai licin.

Tak hanya itu, ciri khas dari pantai ini juga karena adanya pasir yang berwarna hitam pekat yang konon disebabkan oleh erupsi Gunung Semeru di tahun 1960, karena hal itu pula pasir ini mendapatkan gelar Pantai Mutiara Hitam.

Selain dianugerahi dengan pasir yang berwarna hitam, pantai ini juga dianugerahi dengan koral di pasirnya yang tentunya menyajikan pemandangan yang unik dan indah bagi para pengunjung.

Tak hanya itu, pantai ini juga sangat kaya akan ikan laut yang hidup di dalamnya, sebut saja dorang, lemuru, kerapu dan kakap, ikan tersebut merupakan bahan utama pembuatan sarden, maka tak heran jika hal itu menjadi salah satu sumber penghasilan masyarakat sekitar, dan juga tak sedikit pula anda akan menjumpai para pemancing di sekitar kawasan Pantai.

36. Pantai Nganteb

Pantai Nganteb

  • Lokasi : Pantai Nganteb, Area Gn., Sidurejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.500 – Rp 7.500 per orang, Rp 3.000 (Parkir Motor)
  • Jam Buka : 05.00-malam
  • Fasilitas : area parkir, warung makan, toilet, penginapan, camping ground, tempat duduk, pendopo.

Jika anda mencari lokasi wisata pantai yang sekaligus menyajikan wisata kuliner di dalamnya, maka sepertinya anda harus datang ke Pantai Nganteb.

Disini anda dapat melakukan kegiatan piknik bersama keluarga tercinta sebab panta ini memiliki dudukan yang dibuat dari potongan kayu besar yang dapat anda jadikan sebagai tempat bercengkrama dengan sahabat sembari menikmati panorama alam yang mengagumkan.

Bahkan di area pantai ini juga terdapat wisata kuliner dengan menu utama berbahan dasar ikan laut, dan asiknya anda dapat meminta kokinya untuk memasak sesuai dengan apa yang anda mau.

Untuk kondisi pantainya sendiri tak usah ditanyakan lagi, pantai ini memiliki kondisi yang sangat bersih lengkap dengan air lautnya yang berwarna jernih.

Namun perlu diingat, karena pantai ini masuk kedalam kawasan pantai selatan, sehingga ombak yang dimiliki pantai ini lumayan besar dan tentunya sangat tidak disarankan untuk digunakan sebagai tempat berenang. Namun bagi anda pecinta surfing, kondisi ombak yang seperti itu tentunya menjadi surga tersendiri.

37. Pantai Tamban

Pantai Tamban

  • Lokasi : Kp. Pantai, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 6.000 per orang, Rp 150.000 – Rp 200.000 (Sewa Perahu)
  • Jam Buka : 05.00-malam
  • Fasilitas : warung makan, kamar mandi atau WC, area parkir, penginapan, perahu

Pantai ini menjadi salah satu pantai unggulan di kota Malang, sebab keindahan alamnya tak hanya dapat dinikmati oleh wisatawan domestik saja namun wisatawan luar negeri juga dapat menikmati keindahan alamnya.

Berbagai kegiatan dapat anda lakukan disini seperti memancing atau bahkan menikmati pemandangan di tengah laut dengan menggunakan perahu wisata yang disewakan oleh para nelayan setempat.

Perahu ini biasanya akan membawa pengunjung berkeliling di beberapa lokasi menarik. Lokasi tersebut seperti pesisir pulau Sempu yang berjarak sekitar 30 menit dari Pantai Tamban, tempat memancing, hingga ke muara sungai.

Terlepas dari keindahan yang ditawarkan, pantai ini memiliki cerita sejarah yang cukup menarik di baliknya. Dahulu kala, ada 3 orang kyai bernama kiyai Ngastowo, Kyai Yaser, dan Kyai Mangun yang jatuh sakit setelah kehausan membabat hutan, namun sayangnya hanya ada air sungai yang kotor dan berasa pahit.

Namun mereka tetap meminumnya, pada akhirnya mereka kehabisan pilihan sehingga meminum air laut yang asin. Namun tanpa disangka air laut yang berada di Pantai Tamban itu memiliki rasa yang tawar berbeda dengan pantai pada umumnya.

Dan ajaibnya mereka pun menjadi sehat seperti semula. Dari situlah nama tamban diberikan, karena dalam bahasa jawa “Tamban” yang memiliki arti obat atau disebut juga tombo.

38. Pantai Clungup

Pantai Clungup

  • Lokasi : Sendang Biru, Area Sawah/Kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
    • Per orang : Rp 6.000
    • Parkir Motor : Rp 3.000
    • Parkir Mobil : Rp 5.000
    • Jasa Pemandu Wisata : Rp 75.000 *10 orang
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : camping groung, perahu, spot memancing, spot diving, jasa pemandu wisata, sewa peralatan snorkeling

Letaknya yang tersembunyi membuat panti ini jarang dikunjungi oleh banyak orang, namun hal itu justru membuat pantai ini memiliki keindahan alam indah dan masih sangat alami. Bahkan karena suguhan keindahannya, pantai ini diberi gelar sebagai “Raja Ampat ala Malang”.

Bagi kalian yang mencintai aktivitas snorkeling, anda juga dapat melakukan kegiatan tersebut di pantai ini sebab air lautnya sangat jernih sehingga anda dapat puas menikmati beragam biota laut beserta pemandangan indah bawah laut Pantai Clungup yang begitu mempesona.

Selain itu, pantai ini juga memiliki kawasan hutan bakau yang dimana sembari berkeliling para pengunjungnya juga dapat mempelajari berbagai jenis bakau di dalamnya.

39. Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina

  • Lokasi : Tambak, Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : musholla, toiliet, warung makan, area parkir, warung makan

Seiring dengan perkembangan teknologi, kepopuleran pantai ini semakin tersebar dari banyaknya pengunjung yang datang dan mengekspos kegiatannya di pantai ini. Meskipun sudah terkenal, pantai ini tetap memiliki pemandangan yang sangat alami, dan juga air lautnya pun masih sangat jernih.

Dengan angin sepoi-sepoi serta suara deru ombak yang menggelagar begitulah sambutan yang anda terima ketika sampai di lokasi pantai.

Tak hanya itu pantai ini juga dihiasi dengan hamparan pasir berwarna putih dan berbaris pohon cembirit atau pun ketapang di sepanjang bibir Pantai serta pemandangan deretan tebing yang terlihat sangat menakjubkan.

Dan menariknya lagi, di pantai ini juga terdapat sebuah gua yang konon dulunya dijadikan tempat para Biksu bertapa yang berasal dari China.

40. Air terjun Coban Talun

Air terjun Coban Talun

  • Lokasi : Kawasan Wisata Coban Talun, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu
  • Tiket Masuk : Rp 7.500 per orang, Rp 100.000 (Harga Satu Area Perkemahan)
  • Jam Buka : 08.00-16.00

Objek wisata selanjutnya yang akan kami bahasa adalah air terjun, dibuka dengan Coban Talun. Objek wisata yang satu ini memang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan oleh para travellers karena menyimpan berbagai keindahan di dalamnya.

Diantaranya seperti Apache Camp, Pagupon Camp, Bunga Matahari Raksasa, dan kawasan Kebun Bunga.

Tak hanya itu disini juga terdapat air terjun yang masih sangat terjaga kealamiannya, dan menyuguhkan suasana yang segar nan sejuk.

Di Coban ini sendiri juga terkenal akan tempatnya yang cocok sebagai bumi perkemahan dan outbound bagi para siswa sekolah, mahasiswa, maupun komunitas tertentu.

Pokoknya seru deh, dijamin nggak akan bosan berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.

41. Air terjun Coban Rondo

Air terjun Coban Rondo

  • Lokasi : Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk:
  1. Wisatawan Domestik Rp 8.000
  2. Wisatawan Asing Rp 10.000
  3. Kendaraan Roda Dua Rp 2.000
  4. Kendaraan Roda Empat Rp 4.000
  5. Kendaraan Roda Enam Rp 6.000
  6. Parkir Roda Dua Rp 4.000
  7. Parkir Roda Empat Rp 4.000
  8. Parkir Roda Enam Rp 6.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : penginapan, warung makan

Air terjun Coban Rondo merupakan salah satu air terjun yang sangat terkenal di Batu dan Malang. Berada di ketinggian 1.135 mdpl membuat suasana di areal air terjun menjadi sejuk dan juga dingin.

Diresmikan pada tahun 1980, air terjun ini memiliki pemandangan yang masih sangat alami. Debit air yang dihasilkan air terjun inipun sangatlah besar mencapai 90 hingga 150 liter per detik.

Tak hanya pemandangan alamnya saja, kawasan air terjun ini pun di dukung oleh wahana-wahana seru sekaligus menantang, seperti fun tubing, paint ball, serta satwa dan kebun dimana para pengunjung dapat melakukan aktivitas berkuda, bersepeda gunung, outbound pelajar, outbond kid/care, labirin, kereta kelinci, sahabat peternak dan petik apel. Mengasikan bukan?

42. Air Terjun Coban Rais

Air Terjun Coban Rais

  • Lokasi : Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu
  • Tiket Masuk : Rp 7.500 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 07.00-15.00
  • Fasilitas : area parkir, kamar mandi, toilet

Sealin Coban Rondo, terdapat coban lain yang tak kalah indahnya yaitu Coban Rais. Dahulu coban ini bernama Coban Sabrangan karena apabila ingin menuju ke lokasi tersebut harus menyebrang belasan sungai. Namun setelah dijadikan kawasan wisata coban ini telah memiliki nama populer yaitu Coban Rais.

Berada di ketinggian 1025 mdpl, membuat coban satu ini memiliki hawa yang sejuk dan juga dingin. Wisata ini menawarkan pemandangan yang sangat indah, khusunya air terjunnya yang menjadi suguhan utama wisata ini.

Air terjun itu sendiri memiliki tinggi sekitar 20 meter dengan kecuraman mencapai 90 derajat yang bernama Air Terjun Coban Rais. Hamparan perbukitan hijau nan luas yang penuh dengan semak belukar menjadi latar belakang yang eksotis dari air terjun ini.

Tak hanya air terjun, disini juga terdapat Bukit Bulu dan Batu Flower Garden yang mempunyai spot foto menarik yang sayang untuk anda lewatkan. Spot foto yang ada diantaranya adalah spot panggung i love u, ayunan, bukit flower, hammock, gardu pandang, speda gantung, dan masih banyak lagi.

Menikmati keindahan panorama alam lengkap dengan segala penunjang wisatanya dijamin akan membuat suasana hati anda ceria kembali.

43. Coban Pelangi

Coban Pelangi

  • Lokasi : Dusun Ngadas, Ngadas, Poncokusumo, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
    • Per orang : Rp 10.000
    • Parkir Motor : Rp 5.000Parkir Mobil : Rp 10.000
    • Kamar Mandi : Rp 2.000 – Rp 3.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : kebun bunga, rainbow hill, gazebo, musholla, kamar mandi, tempat makan, kuda atau delman, jembatan

Sesuai namanya, air terjun ini terkenal akan pelanginya yang kerap muncul di dasara air terjun, sehingga air terjun ini diberi nama Coban Pelangi. Air terjun ini juga salah satu destinasi wisata di kota Malang yang langsung dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang yang wilayah masuk ke dalam area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS).

Berada di ketinggian 1300 Mdpl, air terjun ini juga memiliki ketinggian yang tak tangung-tanggung, sebab tingginya mencapai 110 meter bahkan ketika pagi hari, kawasan air terjun ini mempunyai suhu 13 – 19 derajat celcius.

Kebayang dong dinginnya kaya gimana? Brrrrrr. Kondisi disekeliling lokasi wisata juga masih sangat asri dan terjaga, suara kicauan burung yang berpadu dengan deru air juga turut menyambut kedatangan anda di air terjun ini. Yuk langsung saja nikmati keseruan di tempat wisata yang satu ini.

44. Coban Kembar

Coban Kembar

  • Lokasi : Tosari, Duwet Krajan, Tumpang, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
  • Jam Buka : 07.00-16.00

Sesuai dengan namanya, air terjun ini memiliki dua air terjun yang letaknya sejajar, membelah tebing dan hanya dipisahkan jarak sekitar 15 meter saja. Kedua aliran air terjun ini pun sama-sama mengarah pada aliran sungai yang sama yaitu Sungai Lajing.

Dari kejauhan, air terjun ini nampak indah menyembul di antara perbukitan dan juga rerimbunan tanaman hutan. Meskipun disebut kembar, air terjun ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok yakni coban yang berada di sisi kanan memiliki ketinggian mencapai 40 meter, sedangkan coban yang berada di sisi kiri hanya memiliki ketinggian 35 meter.

Selain itu, sumber dari masing-masing aliran air terjun ini pun berbeda. Yang satu berasal dari sumber mata air langsung sehingga airnya berwarna jernih, sedangkan yang lainnya berasal dari aliran sungai sehingga airnya agak keruh pada saat musim penghujan tiba.

45. Coban Kethak

Coban Kethak

  • Lokasi : Malang, Desa, Pait Utara, Pait, Kasembon, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-16.00
  • Fasilitas : warung makan, jembatan

Coban Kethak Kasembon atau kerap disingkat menjadi Coban Kethak ini memiliki beberapa cerita misteri dibalik keindahan yang di suguhkan, salah satu cerita yang viral di kalangan masyarakat setempat adalah konon katanya bebatuan yang berada di air terjun ini menyerupai wajah dari seekor singa yang dimana mempunyai julukan yang sama sekaligus menjadi kebanggaan kota Malang yaitu Singo Edan atau Singa Gila.

Air terjun yang diresmikan pada bulan November 2014 lalu ini sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan, bahkan berdasarkan catatan, air terjun mampu menarik perhatian para wisatawan tak kurang dari 400 orang setiap harinya. Letaknya yang strategis serta akses jalannya yang mudah juga merupakan faktor utama tempat ini selelau ramai dikunjungi setiap harinya.

Ketinggian dari air terjun ini mencapai 25 meter, sehingga mampu menebarkan butiran-butiran air yang kerap menyapa para pengunjungnya yang datang. Tak hanya itu, kolam alami yang berada tepat di bawah air terjun juga sering dimanfaatkan para wisatawan untuk berenang atau pun berendam.

Letaknya yang berada di tenah hutan, tentunya menciptakan suasana yang sejuk dan segar sehingga akan membuat pengunjungnya betah dan nyaman untuk berlam-lama di air terjun ini.

46. Coban Supit Urang

Coban Supit Urang

  • Lokasi : Madiredo, Pujon, Wiyurejo, Pujon, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 07.00-16.00
  • Fasilitas : area parkir, toilet

Coban Supit Urang memiliki dua bagian air terjun yang berbeda, warga setempat sering menyebutnya dengan nama coban supit urang bawah dan coban supit urang atas.

Meskipun masih masuk ke dalam bagian Coban Supit Urang, untuk menuju air terjun supit urang atas diperlukan perjuangan yang ekstra sebab berada di tebing lain dan untuk menuju ke sana harus memutari tebing yang cukup curam. Itulah mengapa, air terjun ini sangat cocok bagi kalian yang menyukai wisata yang memacu adrenalin.

Air terjun ini terletak di tengah bebatuan yang bentuknya menyerupai benteng kokoh dengan hutan serta perkebunan yang juga mengelilingi si air terjun, sehingga pemdangan yang disuguhkan amat sangat terlihat mempesona dan pas untuk dijadikan sebagai tempat hunting foto dengan penorama alam yang indah.

47. Coban Manten

Coban Manten

  • Lokasi : Krajan, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Coban manten ini masih satu kawasan dengan Coban Rondo, anda hanya perlu berjalan selama 15 menit untuk samapi ke lokasi Coban Manten ini sendiri.

Seperti yang telah diketahui, untuk sampai ke lokasi Coban Rondo saja membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan, jadi kebayang kan gimana akses yang akan dilewati nantinya, pastinya akses menuju coban ini tidaklah mudah serta membutuhkan kesabaran, hal itu pula yang membuat coban ini jarang untuk dikunjungi oleh para wisatawan sehingga kealamian di dalamnya begitu terjaga.

Meski membutuhkan tenaga yang ekstra besar, sesampainya di lokasi air terjun semua penat akan langsung sirna dengan suguhan pemandangan alam yang sangat menawan. Keindahan serta suasana tenang yang dimiliki Coban Manten yang terletak di atas ketinggian 1.300 mdpl ini mampu membuat anda merasa lebih relaks dan lebih siap untuk hari-hari selanjutnya.

48. Coban Tengah

Coban Tengah

  • Lokasi : Krajan, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 15.000
  • Jam Buka : 07.00-16.00
  • Fasilitas : toilet, tempat ganti pakaian

Kenapa dinamakan Coban Tengah? Sebab, coban ini berada di di antara Coban Rondo dan Coban Manten, sehingga warga sekitar menyebutnya sebagai Coban Tengah. Untuk jaraknya sendiri sekitar 4-5 km dari lokasi Coban Rondo dan Coban Manten. Jadi jika anda berkunjung ke salah satu air terjun ini, jangan lupa untuk mampir ke lokasi air terjun lainnya ya!

Selain Coban Tengah, air terjun ini juga kerap dijuluki sebagai air terjun dudo. Air terjun ini memiliki ketingian 50 meter serta memiliki debit air yang cukup deras.

Saking derasnya, curahan air terjun yang berada di air terjun ini menciptakan ruang dibalik air terjunya, sehingga selain menikmati keindahan air terjun dari depan, para pengunjungnya dapat berjalan ke balik coban tersebut. Namun tetap harus berhati-hati ya! Sebab bebatuan yang berada di area coban cukup licin.

49. Coban Sewu

Coban Sewu

  • Lokasi : Besukcukit, Sidorenggo, Ampelgading, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 5.000 (Parkir Mobil), Rp 2.000 (Parkir Motor)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, kamar mandi, toilet, kios makanan kecil, warung, musholla

Dinamakan sebagai coban sewu sebab air terjun ini memiliki sumber air terjun berbeda yang tentu saja jumlah sumbernya tak benar-benar ada seribu. Atau mungkin sumber airnya pernah mencapai seribu? Well, hal ini tidak ada yang tahu.

Air terjun ini juga kerap disebut sebagai Coban Tumpak Sewu dan Tumpang Sewu karena air terjunnya sekan bertumpuk-tumpuk satu sama lain. Air terjun yang berada disini memang bukan berasal dari satu sumber aliran air dari atas yang jatuh ke bawah.

Melainkan sumber air dari berbagai arah yang berada di sepanjang tebing. Sehingga jika dilihat dengan baik, air terjun tampak  “tumpang” atau “tumpak” menindih satu sama lain. Hal ini lah yang menjadikannya unik dan memiliki daya tarik tersendiri.

50. Coban Jahe

Coban Jahe

  • Lokasi : Ds. begawan, Taji, Jabung, Dusun Krajan, Taji, Jabung, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-16.00
  • Fasilitas : area parkir, mushollah, kamar mandi dan toilet, warung, flying fox, river tubing, gazebo

Air terjun ini memiliki panorama alam yang masih sangat alami dengan berselimutkan bebatuan tebing, hijaunya pepohonan serta rimbun semak belukar yang mendominasi di setiap sudutnya. Panorama alam yang menyejukan mata tersebut berpadu harmonis dengan curahan air terjun yang meluncur dari atas ketinggian 45 meter.

Debit airnya yang deras menciptakan kolam alami yang cukup dalam persis di bawah air terjun, namu mengingat derasnya debit air yang dicurahkan ditambah dalamnya cekungan atau kolam alami ini yang sewaktu-waktu juga membentuk pusaran air, rasanya kurang tepat untuk dijadikan sebagai tempat berendam atau pun mandi di dalamnya.

51. Coban Tundo

Coban Tundo

  • Lokasi : Gunung, Tambakasri, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00
  • Fasilitas : warung, sewa ban pelampung

Selain tempatnya masih sepi, air terjun ini bisa dibilnag cukup unik, sebab Coban Tundo memiliki 3 air terjun keren dalam satu lokasi wisata. Dan menariknya lagi, banyaknya bebatuan raksasa yang berada di lokasi air terjun memungkinkan para pengunjungnya untuk terjun bebas ke arah kolam alami yang berada di bawahnya.

Tapi ingat, kalian harus tetap waspada ya, sebab jarangnya pengunjung yang datang sangat tidak memungkinkan ada yang dapat menolong bila terjadi apa-apa, well kalo begitu bersantai di tepian atau di bebatuan besar juga asik kok.

Ketiga air terjun itu diberi nama Coban Tundo 1, 2, dan 3. Coban Tundo 1 yaitu air terjun yang letaknya paling atas daripada coban yang lainnya, serta memiliki cekungan yang cukup dalam, sehingga kerap dijadikan sebagai tempat berenang bagi para pengunjungnya yang datang.

Selanjutnya ada Coban Tundo 2, diantara ketiga air terjun, coban ini cekungan kolam yang dalam dan memiliki bebatuan tinggi, sehingga bagi pecinta adrenalin, hal seperti ini kerap dimanfaatkan untuk meloncat ke dalam cekungan dari atas bebatuan tersebut.

Dan yang terakhir ada Coban Tiga, karena lokasinya yang lumayan jauh dari coban lainnya, coban ini kadang dilewati begitu saja. Untuk sampai ke lokasinya, anda harus berjalan kurang-lebih 15 menit.

Coban ini juga memiliki cekungan kolam yang paling dalam daripada ketiga air terjun diatas, sehingga para pengunjungnya disarankan untuk tidak berenang karena sangat berbahaya dan tentunya tidak ada yang mengawasi.

52. Coban Gintung

Coban Gintung

  • Lokasi : Area Wasah/Kebun, Sidorenggo, Ampelgading, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 5.000 (Parkir Motor), Rp 10.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka :
  • Fasilitas : kamar mandi, WC, warung makan, camping ground

Nama Gintung sendiri berasal dari banyaknya pohon Gintung yang berada di kawasan wisata ini, sehingga masyarakat menyebutnya sebagai Coban Gintung.

Di tempat ini para pengunjungnya tak hanya disuguhi dengan pemandangan alami dan juga air terjunnya saja, disini juga terdapat sebuah goa bernama Goa Gintung yang jaraknya kurang lebih 50 meter dari keberadaan Coban Gintung sendiri, namun perlu dicatat, jika kalian hendak memasuki goa ini, anda harus ijin izin terlebih dahulu dari juru kunci atau pengelola coban.

Di sisi kiri bagian Coban Gintung juga terdapat air terjun lain yang dapat anda nikmati, namanya Coban Nagan Gintung, yang berarti objek wisata ini juga akan menyuguhkan dua air terjun yang berbeda.

53. Air Terjun Watu Ondo

Air Terjun Watu Ondo

  • Lokasi : Hutan, Sumber Brantas, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 2.500
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : area parkir, spot foto

Penamaan dari air terjun ini mengambil dari rute perjalanan menuju ke lokasi yang berupa bebatuan yang terususun rapi seperti ondo atau anak tangga dalam bahasa jawa. Sedangkan untuk nama kembarnya memang sengaja diberikan karena pada lokasi air terjun terdapat dua air terjun yang berhadapan.

Meskipun diberi nama kembar, kedua air terjun tidak benar-benar kembar pasalnya ketinggian dari masing-masing air terjunnya berbeda. Dimana untuk air terjun di sebalah kanan mempunyai tinggi mencapai 15 meter dengan kemiringan kurang lebih 75 derajat. Sedangkan untuk air terjun lainnya memiliki ketinggian mencapai 7o meter.

Di dukung dengan peanorama alam sekitar yang begitu indah membuat air terjun tersebut juga terdapat spot foto yang sangat populer. Bahkan tempat tersebut menjadi ikon air terjun Coban Kembar Watu Ondo ini.

54. Coban Nirwana

Coban Nirwana

  • Lokasi : Gedangan, Krajan Lor Gedangan, Gedangan, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Coban Nirwana ini juga memiliki beberapa panggilan lain yaitu Coban Mbok Karimah dan juga Curug Gedangan, sebab lokasi dari keberadaan coban ini terletak di daerah Gedangan. Coban ini merupaksan salah satu lokasi wisata ala terbaru yang dimiliki kota Malang dan tentunya belum banyak dikunjungi oleh banyak orang.

Karakteristik dari air terjun ini ialah memiliki debit air yang sangat desar dengan aliran air yang sangat jernih, sehingga tempat ini juga menjadi tujuan wisata alam favorit di kota Malang.

Sedikit berbeda dengan air terjun lainnya, air terjun ini benar-benar hanya memiliki satu grojogan saja, serta dipadu dengan pemandangan alam yang eksotis, air yang jernih, dan juga udara yang begitu sejuk sehingga membuat siapa saja betah untuk berlama-lama di tempat ini.

55. Coban Kedung Malang

Coban Kedung Malang

  • Lokasi : Sentong, Bantur, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Seperti namanya, objek wisata ini merupakan kolaborasi keindahan alam antara air terjun dan kedung atau aliran sungai. Maka dari itu, warga sekitar menyebutnya sebagai Coban Kedung Malang.

Air terjun ini memiliki ketinggian 20 meter dengan lebar 25 meter, serta letak kedungnya yang berada persis di bawah air terjun. Meskipun terlihat sangat indah dan menenangkan, para pengunjungnya disarankan untuk selalu waspada, sebab sungai tersebut sangat dalam sekali.

Untuk air terjunnya sendiri memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuk aliran airnya yang melebar. Debit airnya pun tidak begitu deras, sehingga alirannya nampak merambat di bagian tebingnya. Tak hanya itu, air terjun ini  juga dipercantik dengan beberapa air terjun kecil serta formasi bebatuan yang mirip seperti di dalam goa di sebelah barat air terjunnya.

56. Coban Glotak

Coban Glotak

  • Lokasi : Jalan Raya Coban Glothak, Gang I, Sukodadi, Wagir, Dalisodo, Malang
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00

Tak tanggung-tanggung, air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 100 meter, sehingga mampu menebarkan butiran air dari curahan air terjunnya seperti embun yang senantiasa menyambut para pengnunjung yang datang.

Sebenarnya ditempat ini memiliki 7 air terjun, namun Coban Glotak lah yang berada di paling atas, dan medan untuk menuju lokasinya pun sangat sulit, sehingga belum terjamah oleh banyak orang, namun berkat hal itu pula air terjun ini memiliki pemandangan yang lebih asri dari pada 6 air terjun lainnya.

57. Coban Parang Tejo

Coban Parang Tejo

  • Lokasi : Princi Gading Kulon, Godehan, Kucur, Dau, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 15.000
  • Jam Buka : 08.00-17.30
  • Fasilitas : villa, spot foto

Di tempat ini kalian tak hanya disuguhkan dengan keindahan panorama air terjun dan alamnya saja, melainkan ditempat ini juga telah disediakan berbagai spot foto yang kekinian dan kece abis.

Meski begitu, pengunjung dari tempat wisata ini masih sangatlah sedikit, sehingga air terjun ini pun masih terlihat sangat sejuk bahkan kondisi airnya pun juga masih segar. Untuk spot foto yang ada di lokasi air terjun diantaranya ada rumah akar, ayunana maut, serta bunga raksasa.

58. Coban Telaga Warna

Coban Telaga Warna

  • Lokasi : Sumberpitu, Sidorenggo, Ampelgading, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Sebenarnya air terjun ini sudah lama ditemukan oleh warga setempat, namun baru-baru ini naik daun berkat adanya perkembangan terknologi khusunya media sosial yang dimana para pengunjungnya selalu mengabadikan momen di tempat ini dan menguploadnya sehingga air terjun ini pun menjadi viral.

Di air terjun ini banyak sekali bebatuan besar yang dapat dijadikan sebagai kursi maupun meja sebagai area bersantai sembari melihat dan menikmati keindahan alam yang tersaji. Kedalaman dari kolam alami yang berada di bawah air terjun juga lumayan dalam sehingga dapat dimanfaatkan sebagai ajang melompat dari ketinggian lewat batu besar didekat jatuhnya air terjun.

59. Coban Ciblungan

Coban Ciblungan

  • Lokasi : Jalan Raya Dampit – Lumajang, Purwoharjo, Ampelgading, Sumberpitu, Sidorenggo, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 3.000 per orang, Rp 5.000 (Parkir Kendaraan)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : WC, gazebo, kantin, area parkir

Lagi-lagi berkata adanya media sosial tempat ini populer dikalangan para wisatawan. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan air terjun lainnya yakni aliran air terjunnya tak hanay satu aliran saja.

Air terjun ini memiliki debit air yang mengalir deras dari sungai di atas tebing, serta terdapat beberapa aliran lainnya yang berasal dari dalam tanah. Sehingga, tampak sangat unik karena air terjunnya ada beberapa yang terlihat.

Hal ini tentunya menjadi pemandangan yang sangat menarik bagi para wisatawan, sekaligus dapat menjadi spot yang bagus untuk berselfie. Air terjun yang unik ini bila difoto dengan teknik yang tepat, maka akan menghasilkan foto yang sangat bagus.

60. Coban Trisula

Coban Trisula

  • Lokasi : Dusun Ngadas, Ngadas, Poncokusumo, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 (WNI), Rp 20.000 (WNA)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Air terjun ini jatuh ke sungai dengan tiga tingkatan yang berbeda. Dimana sisi bagian paling atas dinamakan Coban Atas yang merupakan air terjun setinggi 35 meter yang mencurahkan air ke Sungai Lajing.

Selanjutnya ada Coban Tengah yakni air terjun kedua yang bersumber dari aliran air terjun pertama dengan kolam alami dibawahnya serta memiliki ketinggian hanya 2,5 meter saja.

Dan yang terakhir ada Coban Bawah yang tak lain memiliki sumber air dari Coban Tengah dengan ketinggiannya mencapai 11 meter dan sekaligus letak keberadaan air terjun yang terkahir juga cukup tersembunyi.

Dari ketiga air terjun tersebut juga menawarkan keindahan yang berbeda-beda, yang tentunya sanyang untuk dilewatkan. Salah satunya yang paling menarik adalah, adanya berbagai obyek yang bersejarah disetiap air terjunnya.

Mulai dari Coban Bawah, terdapat sebuah batu tugu, batu meja kecil, serta bukit yang menyerupai kubah. Dilanjutkan dengan Coban Tengah terdapat batu meja besar dan juga tebing batu, dan yang terakhir di Coban Atas ada batu pintu dan tebing batu. Dan tentunya, setiap objek tersebut memiliki cerita sejarah dibaliknya.

61. Coban Siuk

Coban Siuk

  • Lokasi : Dusun Krajan, Taji, Jabung, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : kamar mandi, warung makan, tempat sampah, gazebo, kolam renang, area parkir

Sesampainya anda di lokasi wisata anda akan disambut dengan sebuah air terjun dengan ketinggian 90 meter serta panorama alam yang indah lengkap dengan suasana sejuk dan segar yang turut menyapa kedatangan anda dengan lembut.

Rindangnya pepohonan juga turut menjadi andalan yang menarik untuk para wisatawan. Di tambah lagi dengan airnya yang jernih dipastikan akan menambah daya tarik tersendiri bagi kawasan wisata ini.

Menariknya lagi, disini anda tak hanya disuguhkan dengan pemandangan satu air terjun saja, melainkan anda bakal mendapatkan suguhan tiga air terjun sekaligus. Selain karakteristik air terjunya yang menyerupai tirai, coban ini pun dipercantik dengan keberadaan dua coban lainnya yang letaknya lebih tinggi. Kedua air terjun itu bernama air terjun Songgo Bumi dan Songgo Langit.

Tak sampai disitu saja, Coban Siuk juga memiliki objek wisata lain yang juga menarik perhatian para pengunjungnya yaitu Gua Kuno, konon menurut masyarakat setempat gua itu merupakan peninggalan negara Jepang saat menjajah Indonesia dahulu. Selain mendapatkan panorama alam, anda juga dapat berwisata sejarah disini, cukup menarik bukan?

62. Coban Banyu Anjlok

Coban Banyu Anjlok

  • Lokasi : Lenggoksono, Purwodadi, Tirto Yudo, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00
  • Fasilitas : kamar mandi, WC, homestay atau penginapan, spot memancing, penangkaran lobster

Jika anda sudah berkunjung ke Pantai Banyu Anjlok, maka jangan lewatkan salah satu objek wisata andalan lainnya di pantai itu, salah satunya adalah Coban Banyu Anjlok. Yang dimana dalam bahasa Indonesia memiliki arti air jatuh.

Air terjun ini sangat terlihat megah dan indah dengan debit airnya yang lumanyan deras. Tak hanya itu, letaknya yang berada di tepi pantai juga membuat panorma yang ditawarkan air terjun ini sangatlah berbeda dan indah tentunya.

Berendam di kolam alami layaknya jacuzzi mewah dengan menghadap langsung ke arah lautan lepas tentunya akan memberikan pengalam dan sensai yang tak terlupakan.

63. Coban Putri

Coban Putri

  • Lokasi : Desa Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 – Rp 10.000
  • Jam Buka : 09.00-17.00
  • Fasilitas : gardu pandang, toilet, kolam, jembatan, ayunan

Sesampainya anda di lokasi wisata yang satu ini, anda akan dibuat kaguma akan suguhan keindahan yang ada di dalamnya. Butiran-butiran air yang berasal dari aliran air yang jatuh dari puncak air tejun akan langsung menyambut anda dengan lembut. Dengan sentuhan pembangunan yang epic, dibentuklah sebuah kolam sederhana di dekat air terjun untuk membentuk arus yang bertingkat.

Tak hanya itu, disini juga erdapat jembatan serta ayunan yang dapat dijadiakn spot foto yang menarik. Bahkan disini juga terdapat gardu pandang yang dapat anda manfaatkan untuk melihat pemandangan alam berupa pegunungan, serta bukit-bukit hijau yang sebagian besar ditumbuhi pohon pinus.

64. Coban Kedung Jembar

Coban Kedung Jembar

  • Lokasi : Sumberrejo, Sumberoto, Donomulyo, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir

Sebetulnya Kedung Jembar ini hanya sebuah sungai musiman di kota Malang, yang terkenal dengan kawasan karst yang identik oleh kawasan gersang dan minim air. Namun saat musim penghujan tiba, Kedung Jembar ini memiliki keindahan alam yang sungguh memukau dengan bentukan batuan kapur yang bervariasi.

Bahkan keindahannya disebut-sebut sebagai Green Canyon-nya kota Malang. Sungainya yang berwarna hijau lembut serta dasar bebatuan coklat itu merupakan ciri khas dari kawasan batuan kapur yang menjadikan Coban Kedung Jembar ini menjadi destinasi wisata dengan memiliki keunikan tersendiri di kota Malang.

65. Air Terjun Cinde

Air Terjun Cinde

  • Lokasi : Benjor, Tumpang, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, toilet

Air Terjun Cinde ini memiliki dua air terjun sekaligus. Yang dimana air terjun pertama memiliki ketinggian 50 meter dengan debit air yang tidak terlalu besar, serta air terjun kedua memiliki ketinggian yang lebih pendek yaitu 30 meter. Letak dari air terjun ini cukup terbilang unik pasalnya tersembunyi di balik rindangnya pepohonan dan diapit oleh dinding sungai yang sempit.

Sekedar informasi, nama Cinde ini berasal dari bentuk air terjun yang menyerupai cinde atau syal. Sebab aliran sungai yang berada di atas tebing sangatlah deras sehingga membuat debit air yang tercurahkan sangatlah besar dan terlihat seakan-akan berkibar laksana syal yang tertiup angin.

Suasana yang sunyi alami serta sejuknya udara tentu mampu membuat penat yang dirasa menghilang. Hal itu juga membuat para pegnunjungnya betah untuk berlama-lama menghabiskan waktunya di air terjun ini.

66. Air Terjun Sumber Pitu

Air Terjun Sumber Pitu

  • Lokasi : Krajan, Duwet Krajan, Tumpang, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-18.00

Air terjun ini bak harta karun yang tersembunyi, pasalnya untuk sampai ke lokasi air terjun membutuhkan perjuangan yang ekstra dengan melintasi medan bukit dan juga sungai yang cukup melelahkan.

Namun sesampainya di lokasi wisata, rasa penat dan letih akan langsung terbayarkan dengan suguhan tebing pegunungan yang melengkung dengan guyuran air tak henti-henti nya menerpa bumi. Suara gemercik air dengan suasana damai dan dingin membuat siapa saja terpesona dengan keindahan alamnya.

Sesuai dengan namanya, ketika anda sampai disini anda akan melihat tujuh titik air terjun yang berada dalam satu tebing yang cukup tinggi. Uniknya lagi, meskipun musim kemarau tiba air terjun ini tetap mencurahkan air setiap detiknya, hanya saja debit airnya akan sedikit berkurang.

67. Coban Jidor

Coban Jidor

  • Lokasi : Dusun Krajan Bendolaw, Ngadirejo, Jabung, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 3.000 (Parkir Kendaraan)
  • Jam Buka : 08.00-15.00
  • Fasilitas : area parkir

Lokasinya yang tersembunyi membuatnya jarang diketahui oleh banyak orang, padahal tempat ini memiliki keindahan alam yang luar biasa indah.

Jidor sendiri dalam bahasa Jawa Timur memiliki arti Bedug Masjid atau alat musik yang ditabuh. Nah, mengapa dikatakan Coban Jidor, sebab air terjun dengan ketinggian 10 meter ini memiliki debit air yang cukup deras dan curhan air yang jatuh akan menghasilkan suara layaknya jidor yang di tabuh (di pukul), dari situlah nama Jidor disematkan kepada air terjun ini, unik bukan?

Tempat ini dapat menjadi alternatif tujuan wisata untuk refresing atau sejenak melupakan rutinitas harian atau keramaian kota, sebab letaknya yang tersembunyi serta berada di tengah hutan akan menciptakan suasana yang tidak akan anda temukan dai perkotaan.

Ditambah lagi, aliran air yang berada di air terjun ini sangatlah jernih dan segar sehingga akan membuat anda nyaman untuk berada di dalamnya. Bahkan jika anda kehabisan air, anda dapat langsung meminum air dari sumber air terjun ini. Tertarik mencoba?

68. Coban Kedung Sengingi

Coban Kedung Sengingi

  • Lokasi : Sentong, Bantur, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Tak banyak orang yang mengulas tentang keberadaan Coban Kedung Sengingi ini, sebab tempatnya masih sangat alami dan jarang sekali terjamah oleh manusia.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan tempat wisata ini jarang didatangi, diantaranya banyak orang yang menganggap tempat ini biasa-biasa saja serta konon banyak dihuni oleh berbagai macam mahluk halus, ular besar dan hal-hal serem lainnya.

Sebab itulah, warga setempat juga enggan untuk datang ke Kedung Sengingi. Namun bagi anda para pecinta alam plus suka akan hal mistis, tentu saja hal ini justru akan menarik perhatian. Berani datang?

69. Coban Pletes

Coban Pletes

  • Lokasi : Sawur, Sukodono, Dampit, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Hampir sama dengan air terjun pada umumnya. Di tempat ini anda dapat melakukan berbagai kegiatan seru seperti berenang di kolam yang berwarna hijau jernih, atau hanya sekedar bersantai sembari menikmati pesona keindahan air terjun yang juga tak kalah indahnya dari air terjun lainnya.

Susananya yang masih alami dan udaranya yang sejuk juga membuat anda nyaman dan berah menghabiskan waktu disini.

70. Coban Thombu

Coban Thombu

  • Lokasi : Desa Sidoasri, Sumbermanjing, Malang
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Berdekatan dengan Coban Pletes, Coban Thombu juga memiliki panorama alam yang tak kalah indah dengan air terjun lainnya. Disini anda akan disuguhkan dengan air terjun dua tingkat dengan debit air yang lumayan besar.

Tepat dibawah air terjun juga terdapat kolam alami yang cukup luas yang dapat anda jadikan sebagai tempat berenang. Tebing yang berada disekitar air terjun juga turut mempercantik panorama alam yang disuguhkan.

71. Pemandian Sumber Taman

Pemandian Sumber Taman

  • Lokasi : Desa Karangsuko, Pagelaran, Sidomakmur, Brongkal, Pagelaran, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 2.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00
  • Fasilitas : kamar mandi, warung, musholla, sewa ban, perahu

Masih dalam objek wisata air, selanjutnya ada Pemandian Sumber Taman. Konon katanya, sumber air dari pemandian alami ini berasal dari dua batang pohon besar yang mengalirkan air yang melimpah.

Air yang dicurahkan pun sangat jernih, hingga mampu menampakan segala macam benda yang berada di dasr kolam pemandiannya. Kolam ini biasa dimanfaatkan oleh para pengunjungnya untuk berenang atau pun berendam di tengah alam terbuka. Selain airnya yang segar, suasana alamnya yang asri juga semakin membuat nyaman aktivitas berendam anda.

72. Sumber Pitu Tumpang

Sumber Pitu Tumpang

  • Lokasi : Krajan, Duwet Krajan, Tumpang, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
  • Jam Buka : 08.00-18.00

Tempat wisata ini merupakan sebuah pemandian yang berasal dari aliran air terjun. Sesuai dengan namanya, ketika anda sampai disini anda akan melihat tujuh titik air sumber air yang berada dalam satu tebing yang cukup tinggi.

Uniknya lagi, meskipun musim kemarau tiba ke tujuh sumber air ini tetap mencurahkan air setiap detiknya, hanya saja debit airnya akan sedikit berkurang. Suara gemercik air dengan ditemani pemandangan asri serta suhu dingin yang terasa akan membuat siapa saja terpesona dengan keindahan alam yang disuguhkan.

73. Sumber Buntung

Sumber Buntung

  • Lokasi : Desa Krajan, Urek Urek, Gondanglegi, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Sumber Buntung meupakan salah satu lokasi wisata pemandian alami yang menyuguhkan kolam yang cukup lebar serta air yang cukup jernih. Letaknya yang berada di tengah desa juga membuat suasana yang menyelimuti area wisata ini terasa sangat menenangkan. Tak hanya itu, para pengunjungnya juga dapat sekaligus bermain-main diarea sawah serta menaman padi secara langsung.

74. Wisata Air Krabyakan

Wisata Air Krabyakan

  • Lokasi : Desa Sumber Ngepoh, Krajan, SumbernNgepoh, Lawang, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Wisata Air Krabyakan merupakan sebuah kolam yang memiliki mata air alami yang berada di Desa Sumber Ngepoh. Tempat wisata ini letaknya juga tepat di kaki pegunungan di timur Kota Lawang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Pasuruan.

Di tempat ini anda dapat berendam sekaligus terapi kolam ikan yang dapat membuat kaki Anda lebih relaks serta juga dapat membersihkan sel-sel kulit mati di kaki. Dan apabila anda merasa bosan, anda juga dapat berpindah ke aliran sungai dengan suasana alami yang menyegarkan.

Untuk soal kebersihan jangan khawatir, kolam ini memiliki air yang sangat jernih dan bersih, sehingga anda dapat dengan nyaman menikmati air yang begitu segar dan dingin disana.

75. Sumber Mata Air Wendit

Sumber Mata Air Wendit

  • Lokasi : Jl. Raya Wendit Barat, Lowoksoro, Mangliawan, Pakis, Kota Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000 – Rp 15.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, kantin, musolla, WC, keamanan, kolam spa, kolam anak-anak, water boom, kolam arus, food court, outbond, playground

Diresmikan pada tahun 2018, Sumber Mata Air Wendit ini cukup menarik perhatian para wisatawan. Karena selain memiliki sumber mata air alami, berbagai wahana air juga telah tersedia disana. Suasana alam di sekitar pemandian pun sangat memanjakan mata dan juga pikiran.

Sangat kontras dengan adanya jalan raya di depan areal wisata, namun setelah memasuki areal Wendit anda akan disuguhkan pohon-pohon besar dan rindang, berbagai macam burung dan hewan dengan suaranya yang khas, tak lupa pula monyet-monyet jinak yang kadangkala meminta bekal dari pengunjung turut menghibur para pengunjungnnya yang datang.

76. Sumber Maron

Sumber Maron

  • Lokasi : Karangsuko, Pagelaran, Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Pagelaran, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 15.000 (Terapi ikan), Rp 5.000 (Parkir Mobil), Rp 2.000 (Parkir Motor)
  • Jam Buka : 07.00-18.00
  • Fasilitas : flying fox, area parkir, warung makan, terapi ikan, kios, musholla, penyewaan pakaian renang, peralatan renang, air terjun

Sumber Maron merupakan salah satu lokasi wisata yang menawarkan sumber mata air yang sangat jernih serta keindahan alam dengan isi edukasi di kota Malang. Para wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan panorama alam khas pedesaan yang indah dan mempesona.

Berbagai kegiata menarik juga dapat dilakukan disini seperti berenang, berjalan-jalan dan juga berkeliling melihat sumber mata air di sekitar telaga. Dan yang tak kalah seru, disini anda juga dapat melakukan kegiatan flying fox dengan ditemani panorama khas pedesaan yang sangat menenangkan.

77. Sumber Sira Putukrejo

Sumber Sira Putukrejo

  • Lokasi : Jalan Sunan Kalijaga I, RT.05/RW.02, Putuk Utara, Putukrejo, Gondanglegi, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 1.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00
  • Fasilitas : sewa ban, river tubbing, sewa peralatan snorkeling, kios, sewa pakaian renang, sewa case waterproof kamera, sewa kacamata renang, rumah makan, kamar mandi, toilet

Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan kolam sumber mata air yang jernih dengan pemandangan yang indah. Tak hanya asik untuk dijadikan sebagai tempat berenang dan berendam saja, namun disini juga dapat melakukan olahraga menyelam seperti snorkeling.

Dasar pada kolam ini ditumbuhi dengan ganggang hijau yang menjadikan dasar kolam Sumber Sirah tak kalah indah dengan pemandangan di sekitarnya. Bahkan tak jarang tempat ini di datangi oleh para seleb untuk melakuakn shooting atau pun sekedar berlibur menikmati keindahan alam yang tersaji di Sumber Sira Putukrejo.

78. Sumber Air Torong Park Batu

Sumber Air Torong Park Batu

  • Lokasi : Jl. Welirang, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Meskipun belum resmi menjadi objek wisata, namun Sumber Air Torong Park Batu sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai salah satu tempat wisata menarik. Selain letaknya yang berada di tengah kota, disini juga sudah mempunyai beberapa artefak buatan yang menarik untuk dikunjungi.

Beberapa diantaranya nampak seperti relief dengan corak Budha. Ada pula tatanan artistik dari lumpang, jambangan, dan ular bertanduk. Serta sebuah arca wanita yang berdiri anggun.

Bila menjelajah lebih dalam, anda akan menjumpai sebuah relief dari batu yang menggambarkan tiga strata kehidupan umat Budha. Tiga strata itu yakni kamadhatu, rupadhatu, dan arupadhatu.

Menurut cerita, dahulunya tempat ini menjadi sumber air yang digunakan sebagai tempat menyucikan diri sebelum melakukan tapa brata, pendarmaan ataupun panyembahan. Sehingga tak heran kalau banyak pembangunan relief yang berhubungan dengan tiga strata itu.

79. Sumber Jenon

Sumber Jenon

  • Lokasi : Area Sawah, Gunungronggo, Tajinan, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 2.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00

Sumber mata air alami selanjutnya yang unik dan begitu terkenal di area Malang Raya adalah Sumber Jenon. Pemandian ini dikenal berkat airnya yang diyakini mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit dengan mujarab.

Terlepas dari keyakinan tersebut, tempat ini sangat layak untuk dikunjungi apalagi bagi kalian yang suka hunting foto maupun berlibur dengan sensasi yang berbeda jauh dari perkotaan.

Sumber Jenon ini memiliki air yang berwarna biru muda dan sangat jernih yang tertampung dalam sebuah kolam sedalam 5 meter. Keberadaan batang pohon jenu di dalam kolam juga semakin menambah kesan alami untuk diabadikan.

Dan bagi kalian yang berani untuk berenang di kolam ini, nantinya kalian akan ditemani dengan ikan sengkaring yang memiliki warna hitam polos dan merah yang berjumlah 37 ekor, dan konon katanya, ikan ini jumlahnya tidak pernah berkurang meskipun telah di pancing berkali-kali.

80. Pemandian Kalireco

Pemandian Kalireco

  • Lokasi : Jl. Sumber Waras 2 No.97, Kalirejo, Lawang, Malang
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Selanjutnya ada Pemandian Kalirecoyang belum banyak diketahui manusia sehingga memiliki suasana yang adem dan masih super alami. Kalireco merupakan sebuah pemandian dan juga dimanfaatkan sebagai aliran irigasi bagi warga setempat.

Pemandian alami ini menawarkan kolam dengan warna air yang jernih lengkap dengan rimbunannya pepohonan sekitar yang turut membuat suasana menjadi semakin segar.

Dengan suasana yang amat sejuk yang dipadukan dengan sepoi angin akan membuat seluruh badan merasa rileks, terlebih untuk kalian yang memang sedang membutuhkan kedamaian. Tentunya dengan dukungan pesona keindahan alamnya membuat siapa saja betah untuk berlama-lama tinggal di dalamnya.

81. Kaliwatu Rafting

Kaliwatu Rafting

  • Lokasi : Jl. Bung Tomo No.19, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Bagi anda para penghobi wisata adrenalin, Kaliwatu Rafting pas banget nih dijadikan next tujuan wisata anda.

Kaliwatu sendiri merupakan pusat pelatihan pengembangan sumber daya manusia yang bergerak dalam bidang jasa berbasis wisata adventure dengan menggunakan metode pendekatan outdoor activity (Adventure Model).

Kegiatan yang dilakukan pun cukup bervariasi mulai dari Paint Ball, Tubing atau Donut Boat, Wisata Petik Apel, Gowes (Mountain Bike), Motor Trail, Paralayang, Mountain Climbing, dan yang utama adalah arung jeram.

82. Hawai Water Park

Hawai Water Park

  • Lokasi : Perumahan Graha Kencana Raya, Jl. Raya Karanglo, Banjararum, Singosari, Karanglo, Banjararum, Singosari, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 75.000 (Anak-anak), Rp 100.000 (Dewasa)
  • Jam Buka : 10.00-16.00
  • Fasilitas : gazebo, sewa ban, loker, outbound, scuba, area food court, kolam olympic, sewa peralatan renang, toko suvenir, toilet, ruang ganti dan bilas, wahana air

Seperti namanya, Hawai Water Park ini memiliki konsep yang sama dengan wahana taman rekreasi yang ada di Oahu Hawaii dan juga Austin Texas yang dimana di dalam tempat wisata ini juga memiliki slogan yang berbunyi “The Wildest Water Park in Indonesia”.

Kawasan wisata ini merupakan salah satu waterpark yang cukup besar di kota Malang, hal itu dibuktikan dengan adanya 10 wahana taman bermain air yang sangat komplit dan juga lengkap.

Selain bermain berbagai wahana di dalamnya, di tempat ini juga sering mengadakan acara-acara seru yang cukup menarik perhatian para wisatawan, salah satunya adalah awai Waterpark Night View. Pada saat acara berlangsung, para pengunjung nantinya akan disuguhkan dengan kehidupan malam hari yang ada di dalam Hawai Waterpark ini.

Namun sayangnya, acara ini hanya diselenggerakan pada waktu tertentu saja. Sementara acara lain seperti hari kemerdekaan Indonesia, ara pergantian tahun baru dan juga pesta lampion yang tentunya juga sangat menyenangkan.

83. Batu Wonderland Waterpark

Batu Wonderland waterpark

 

  • Lokasi : Jl. Imam Bonjol No.9, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000 (Weekdays), Rp 20.000 (Weekend & Holiday)
  • Jam Buka : 09.00-17.00
  • Fasilitas : penyewaan ban, hotel dan penginapan, play ground, shopping center, water park, resto dan cafe

Suka jalan-jalan sekaligus mempunyai hobi bermain di wahana air? Nah pas banget nih, kalian harus datang ke Batu Wonderland Waterpark. Letaknya yang tak jauh dari pusat kota Malng membuat kawasan wisata ini selalu ramai dipadati oleh para pengunjung.

Disini menyediakan kolam renang yang luas dengan berbagai pilihan wahana air yang menyenangkan dan dijamin tidak akan membuat anda bosan untuk berlama-lama di tempat ini. Bаhkаn disini terdapat рulа areal khusus untuk anak balita. Tempat іnі rasanya cocok untuk Andа уаng membawa anak kecil уаng bеlum cukup umur untuk berenang dі kolam.

84. Kusuma Waterpark

Kusuma Waterpark

  • Lokasi : Kawasan Wisata Kusuma Agro, Jl. Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kecamatan Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 20.000 (Weekdays), Rp 25. 000 (Weekend)
  • Jam Buka : 09.00-16.00 (Weekdays), 08.00-17.00 (Weekend)

Kusuma Waterpark masih masuk dalam kawasan Kusuma Argowisata yang memiliki banyak sekali objek wisata yang ada di dalamnya salah satunya waterpark ini.

Berada pada ketinggian 1.100 meter dari permukaan air laut, serta berdiri di atas tanah seluas ± 3.000 meter persegi membuat kawasan waterpark ini memiliki suasana sejuk dan segar berlatang belakang pegunungan yang menenangkan.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk para orang tua yang ingin memanjakan anaknya bermain di atas air. Dijamin si buah hati akan merasa senang dan tambah sayang sama orang tua pastinya hehehe.

85. Jawa Timur Park 1

Jawa Timur Park 1

  • Lokasi : Jl. Kartika No.2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
    • Regular Weekdays : Rp 70.000
    • Regular Weekend : Rp 100.000
    • Tiket masuk terusan Weekdays : Rp 130.000
    • Tiket masuk terusan Weekend : Rp 150.000
    • Tiket Sakti include tiket Jatim Park 1, Batu Secret Zoo, Museum Satwa, Museum Tubuh, Eco Green Park, Predator Fun Park, Museum Angkut (D’topeng + Runway 27) dan BNS : Rp 375.000 (2 hari) & Rp 450.000 (3 hari)
    • Tiket Hemat Pelajar : Rp 70.000 – Rp 100.000
  • Jam Buka : 08.30-16.30
  • Fasilitas : restaurant, cafe, musholla,

Jatim Park 1 atau Jawa Timur Park 1 merupakan salah satu tempat wisata rekreasi andalan kota Malang yang berhasil menarik para pengunjung dari luar kota. Karena kesuksesanya, membuat pengelola juga membangun lagi tempat rekreasi Jatim Park 2 yang letaknya tak terlalu jauh dari Jatim Park 1.

Perbadaan antar keduanya yaitu, pada Jatim Park 1 lebih banyak memiliki wahana permainan sekitar 50 lebih, sedangkan wahana permainan di Jatim Park 2 hanya sekitar 35, namun wahana permainan di Jatim Park 2 banyak yang lebih menarik dan konsep edukasinya lebih dapet, selain itu di Jatim Park 2 ada Batu Secret zoo dan penginapan Pohon Inn yang tidak ada di Jatim Park 1.

86. Jawa Timur Park 2

Jawa Timur Park 2

  • Lokasi : Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
    • Jatim Park 2
      • Senin-Kamis : Rp 75.000
      • Jum’at-Minggu : Rp 105.00
    • Jatim Park 2 + Eco Green Park atau Jatim Park 2 + Museum Tubuh
      • Senin-Kamis : Rp 85.000
      • Jum’at-Minggu : Rp 125.00
  • Jam Buka : 09.30-18.00
  • Fasilitas : area parkir, mushola, toilet, food court daun, cafe garden, cafe istana semut, food court castle, ebike Rp 100.000/3 jam

Setelah sukses dengan Jatim Park 1 baru baru ini, kota Malang mendirikan Jatim Park 2 yang tak kalah menarik.

Jawa Timur Park 2 ini merupakan destinasi wisata standar internasional yang sudah sangat terkenal dan menjadi salah satu icon pariwisata provinsi Jawa Timur. Banyak pengunjung dari luar kota berbondong-bondong untuk datang ke tempat wisata yang satu ini.

Konsep yang diterpakan tempat ini ialah eduwisata, sehingga selain wahana permainannya yang sangat lengkap, para pengunjung juga dapat belajar di dalamnya.

Area di dalam Jawa Timur Park 2 sendiri terbagi menjadi 3 areal utama, yaitu Museum Satwa, Eco Green Park dan Secret Zoo. Secret Zoo dan Eco Green Park memiliki koleksi binatang serta wahana permainan. Namun, baik koleksi binatang ataupun permainannya berbeda.

87. Eco Green Park

eco green park

  • Lokasi : Jl. Oro-Oro Ombo No.9A, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
    • Weekdays : Rp 50.000
    • Weekend : Rp 70.000
    • Tiket terusan paket KAGET 2 (Jatim Park 2 + Eco Green Park Malang) : Rp 105.000 (Senin-Kamis) & Rp 150.000 (Jum’at-Minggu)
    • Tiket sakti berlaku 2 hari ke 8 destinasi Jatim Park Group : Rp 375.000
    • Tiket super sakti berlaku 3 hari ke 8 destinasi Jatim Park Group : Rp 450.000
  • Jam Buka : 09.00-17.00
  • Fasilitas : area parkir, musholla, toilet, shuttle, klinik, kursi roda, ambulance, ebike Rp 100.000/ 3 jam

Selain Kebun Raya Bogor yang menjadi destinasi wisata untuk mengenal alam lebih dekat, di Jawa Timur juga ada lho tempat wisata yang bertema seperti itu, tempat tersebut adalah Eco Green Park.

Dari namanya saja sudah kebayang dong objek wisata apa saja yang ada di dalamnya. Yups! Disini anda akan belajar banyak hal tentang lingkungan dengan cara yang sangat unik dan menarik.

Mulai dari berpetualang di tengah hutan, bertemu dengan beo cantik, mendaur ulang sampah, water outbound, mengunjungi rumah terbalik, bahkan melakukan perjalanan untuk merasakan kerusakan alam yang telah diperbuat manusia. Penasaran? Yuk datang langsung ke Eco Green Park, dijamin akan memberikan pengalaman berlibur yang berkualitas dan juga menyenangkan.

88. The Bagong Adventure Museum Tubuh

The Bagong Adventure Museum Tubuh

  • Lokasi : Jl. Kartika No.2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 40.000 (Weekday), Rp 60.000 (Weekend)
  • Tiket Sakti (include Jatimpark 1, Jatimpark 2 (Batu Secret Zoo & Museum Satwa), Eco Green Park, BNS, Museum Tubuh, Museum Angkut, dan Predator Fun Park) : Rp 300.000 (2 hari) & Rp 400.000 (3 hari)
  • Jam Buka : 08.30-16.30
  • Fasilitas : foodcourt, lift

Selain Eco Green Park, ternayat kota Batu juga terdapat lokasi eduwisata yang patut untuk anda kunjungi, salah satunya adalah The Bagong Adventure Museum Tubuh yang sering disapa sebagai museum tubuh. Dinamakan bagong karena dari depan bangunan ini nampak seperti kepala bagong

Disini anda dapat mempelajari oragan tubuh yang ada pada manusia serta sistem kerjanya dengan cara yang lebih menyenangkan.

Terdapat beberapa zona yang dapat anda kunjungi diantaranya zona otak, become a doctor, jantung, paru-paru, the value adventure, mulut, mata, hingga zona 3D yang sangat sayang untuk anda lewatkan.

89. Museum Satwa

Museum Satwa

  • Lokasi : Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu
  • Tiket Masuk : Rp 49.000 – Rp 70.000
  • Jam Buka : 10.00-18.00

Museum ini masih bagian dari Jatim Park 2 dimana museum ini menampilkan satwa-satwa yang diawetkan dari berbagai negara diseluruh benua, seperti benua Amerika, Afrika, Asia, Australia, Eropa, Artik, hingga Antartika. Tapi jangan salah sangka ya guys untuk hewan yang diawetkan bukan dari hasil perburuan, melainkan memang hewan yang sudah mati dan kemudian diawetkan.

Tak hanya itu, di museum ini juga terdapat replika fosil-fosil hewan purba seperti Mammoth, Stegosaurus, Tirex, dan lainnya. Museum ini merupakan museum terbesar yang ada di Indonesia dengan desain yang tak kalah saing denagn museum satwa yang ada di dunia. Cool!

Menariknya lagi, disana kita akan meilhat berbagai macam satwa dalam diorama yang sesuai dengan habitat aslinya, seut saja Harimau Sumatra, Snow Leopard, Polar Bear sampai California Sea Lion terlihat seperti di alam bebas. Unik bukan?

90. Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo

  • Lokasi : Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
    • Regular Weekdays : Rp 84.000
    • Regular Weekend : Rp 120.000
    • Tiket terusan paket kaget 2 Weekdays (Tiket Masuk Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park) : Rp 105.000
    • Tiket terusan paket kaget 2 Weekend (Tiket Masuk Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park) : Rp 150.000
    • Tiket sakti (Jatimpark 1, Batu Secret Zoo, Museum Satwa, Eco Green Park, BNS, Museum Tubuh, Museum Angkut dan Predator Fun Park) : Rp 375.000 (2 hari) & Rp 450.000 (3 hari)
  • Jam Buka : 10.00-18.00
  • Fasilitas : penginapan, rumah makan dan restaurant, toko souvenir

Seperti namanya, tempat ini merupakan kebun binatang  modern dan juga beredukatif. Para pengunjung dapat menjumpai berbagai jenis hewan, dari hewan reptil hingga hewan air, dari hewan lokal sampau hewan internasional di kebun binatang yang satu ini.

Untuk memudahkan para pengunjung menjelajahi kebun binatang, Batu Secret Zoo membagi wilayahnya ke dalam beberapa zona sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Menariknya lagi, selain kebun binatang, tempat wisata ini juga memiliki wahana permainan yang bernama Fantasy Land. Di dalam Fantasy Land ada sekitar 20 wahana permainan yang cukup lengkap dan menghibur pengunjung yang datang.

91. BNS (Batu Night Spectacular)

BNS (Batu Night Spectacular)

  • Lokasi : Jalan Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 30.000 (Weekdays), Rp 40.000 (Weekend), Rp 100.000 (Tiket terusan exc Go Kart, Trampoline, Battle Area, Arena Ketangkasan, dan VR Ride)
  • Jam Buka : 15.00-23.00 (Senin-Kamis), 15.00-00.00 (Jum’at-Minggu)

Mencari tempat wisata malam hari yang enak buat dihabiskan bersama keluarga? BNS (Batu Night Spectacular) mungkin bisa menjadi alternatif tempat wisata malam anda selanjutnya. Dihiasi oleh lampu kerlap-kerlip warna-warni membuatmu malam kamu berwarna dan juga betah berlama-lama disini.

Karena memang diperuntukan sebagai wisata malam, maka tempat ini dibuka dari sore hari menjelang pagi hari. Disini juga terdapat wahana seru yang dapat menghibur waktu malam kamu.

Sedikiit informasi jika anda akan berkunjung ke tempat ini jangan membawa makanan atau minuman apapun dari luar, karena sangat dilarang ketika mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

92. Rumah Terbalik Batu

Rumah Terbalik Batu

  • Lokasi : Jl. Oro-Oro Ombo No.9A, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 40.000 (Weekdays) & Rp 60.000 (Weekend) *tiket masuk awal ke Eco Green Park
  • Jam Buka : 08.30-16.30

Objek wisata yang saty ini masih termasuk dalam Eco Green Park yang ada di dalam Jatim Park 2. Letaknya bersebelahan dengan Batu Secret Zoo.

Wisata Rumah Terbalik akan menyuguhkan pemandangan berbagai macam perabotan rumah yang terbalik di dalamnya. Karena keunikannya, objek wisata ini menjadi salah satu wahana yang popular dan paling banyak dikunjungi.

Saat memasuki rumah, pengunjung akan disambut dengan pemandangan ruang tamu yang berada di atas kepala, mulai dari kursi, vas bunga, taplak meja, hampir keseluruhan dalam posisi terbalik, tapi jangan khawatir akan jatuh ya guys.

Menariknya lagi, di dalam rumah ini ada atraksi sensornya juga lho, yaitu atraksi dimana peralatan atau perabotan rumah yang bergoyang seakan akan jatuh dari atas, namun sebenarnya tidak. Tak hanya itu, uniknya lagi lampu-lampu yang ada di dalam rumah akan otomatis menyala jika ada pengunjung yang memasuki rumah tersebut.

Contohnya saat anda pergi ke kamar, maka otomatis lampu kamar akan menyala, namun jika anda meninggalkan kamar dan berjalan menuju dapur, maka lampu yang ada di dapur menyala tetapi lampu yang ada di kamar akan otomatis mati. Penasaran?  Yuk rasakan sensasinya sendiri.

93. Alun-alun Kota Batu

Alun-alun Kota Batu

  • Lokasi : Jl. Diponegoro, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Alun-alun Kota Batu bukanlah alun-alun biasa pada umunya yang hanya berisi lapangan dan taman yang kadang-kadang bahkan di salah gunakan anak muda untuk berpacaran. Disini anda akan dibuat betah dengan berbagai fasilitas lengkap yang tersedia.

Mulai dari playground untuk anak-anak, air mancur, ruang informasi berbentuk stroberi, toilet berbentuk apel dan yang paling ikonik adalah bianglala yang sayang untuk anda lewatkan.

Uniknya lagi, Alun-alun Kota Batu merupakan satu-satunya alun-alun yang memiliki bianglala permanen yang siap membawa anda naik melihat wajah Kota Batu dari perspektif yang berbeda dari atas awan. Keren! Walaupun saat memasuki alun-alun anda tidak akan dikenakan biaya, namun saaat anda ingin menjajal bianglala ini anda harus merogoh kocek Rp 3.000 rupiah saja. Murah ya!!

94. Pura Luhur Giri Arjuno

Pura Luhur Giri Arjuno

  • Lokasi : Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pura ini merupakan lokasi wisata religi bagi umat Hindu kota Malang dan juga sekitarnya sekaligus menjadi pura terbesar yang ada di kota Batu. Letaknya yang berada di lereng Gunung Arjuno membuat pemandangan di sekitar pura sangat asri dan menyejukan.

Terdapat pula kebun apel dan sayuran hijau yang dijamin akan membuat mata lebih segar ketika melihat pemandangan seperti ini. Dan juga pikiran akan lebih rileks dan siap menghadapi rutinitas kerja keesokan harinya.

95. Candi Songgoriti

Candi Songgoriti

  • Lokasi : Jl. Arumdalu, Desa Songgokerto, Kecamatan Batu
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00

Candi Songgoriti adalah candi patirthan, yang didirikan berhubungan dengan adanya sumber air panas yang keluar dari dalam tanah. Cerita masyarakat setempat menyebutkan bahwa candi tersebut dibangun lantaran berhubungan dengan tempat seorang empu pembuat pusaka, oleh karena itu air yang dihasilkan mempunyai suhu yang panas dan mengandung besi.

Terbuat dari batu andesit dan terletak di atas ketinggian 998 meter di atas permukaan laut membuat kawasan candi terlihat sangat eksotis dan juga segar. Candi ini memiliki ukuran 14,50 meter x 10 meter dengan tinggi 2,5 meter. Walaupun bangunan candinya sudah tidak utuh lagi, namun keberadaannya sangat memiliki arti karena sebagai bukti tuanya usia peradaban di Kota Batu.

96. Masjid Agung An Nuur Batu

Masjid Agung An Nuur Batu

  • Lokasi : Jalan Gajah Mada No.2, Sisir, Batu, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : charge hape atau camera, rest area, pemandian umum

Masjid megah yang sudah berdiri sejak zaman Belanda tepatnya tahun 1920 ini telah dipuji oleh beberapa wisatawan yang singgah disini karena berbagai fasilitasnya yang sangat lengkap dan nyaman untuk digunakan.

Salah satu fasilitas unik ialah adanya lemari dengan beberapa slot kecil di dalamnya yang digunakan sebagai tempat untuk mengisi daya baterai handphone maupun camera dan memiliki kunci di setiap slotnya, sehingga sangat aman untuk digunakan. Menariknya lagi, disini juga ada pemandian umum dengan air hangat di dalamnya. Menarik sekali ya sobat.

97. Masjid Tiban Turen Malang

Masjid Tiban Turen Malang

  • Lokasi : Jl. Anggur, Sananrejo, Turen, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Selanjutnya ada Masjid Tiban Turen Malang yang kerap menjadi tempat singgah para wisatawan luar kota Malang karena memberikan banyak fasilitas untuk setiap pengunjungnya yang datang. Terlepas dari hal itu, masjid ini memiliki keindahan yang mengundang daya tarik para wisatawan yang tergoda untuk datang berkunjung.

Gaya arsitektur masjid ini sendiri terinspirasi dari 4 kebudayaan berbeda yakni Eropa, India, Arab dan Cina yang dimana masing-masing memberikan elemen ciri khas tersendiri di tiap sentuhannya.Bahkan masjid ini kerap disebut-sebut sebagai masjid termegah yang ada di Indonesia.

Selain melihat pemandangan indah atau pun menikmati sederet hidangan lezat ala Malang, di masjid ini akan memberikan pengalaman supranatural tersendiri yang belum anda dapatkan di masjid lainnya.

98. Taman Wisata Selecta

Taman Wisata Selecta

  • Lokasi : Kota Wisata Batu, Jl. Raya Selecta No. 1, Tulungrejo, Bumiaji, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 30.000
  • Jam Buka : 06.00-17.00
  • Fasilitas : restaurant, pasar bunga, villa dan hotel, wahana permainan

Siapa sih yang gak tau Taman Wisata Selecta? Wisata ini terkenal akan banyak hal menarik yang bisa pengunjung dapatkan hanya dengan mengunjungi 1 tempat ini saja. Selain terkenal akan taman bunganya yang indah, wahana air, perahu ayun, pasar bunga, bioskop 4D juga terdapat di tempat ini.

Objek utama wisata ini memang taman bunganya yang indah, mulai dari Bunga Kana, Krisan, Ajisai, dan berbagai jenis bunga dari daerah daerah di indoensia tertanam rapi disini yang siap membuat mata anda terpukau akan keindahannya.

Menariknya lagi disini para pengunjung juga dapat melakukan kegiatan asik lainnya seperti sky bike, sepeda air, bermain di arena waterboom, perahu ayun, flying fox, wahana binantang meliputi  akuarium ikan raksasa, Taman Dinosaurus, dan Goa Singa, hingga berkuda dapat anda lakukan semua di tempat satu ini.

99. Museum Angkut

Museum Angkut

  • Lokasi : Jl. Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 100.000
  • Jam Buka : 12.00-20.00 *untuk loket tiket buka mulai pukul 11.00-19.00

Bosan dengan museum yang itu-itu saja? Eits jangan salah, museum ini tidak membosankan kok. Museum ini menampakan berbagai macam koleksi jenis alat transportasi dari yang paling antik hingga yang paling canggih dengan dikemas semenarik mungkin.

Tak hanya itu, disini juga terdapat beberapa zona yang sayang untuk dilewatkan, diantaranya zona edukasi, Italia, Inggris, Prancis, Batavia, dan zona negara-negara lainnya. Yuk kepoin langsung ketempatnya.

100. Museum D’Topeng

Museum D'Topeng

  • Lokasi : Jl. Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
    • Weekdays : Rp 50.000
    • Weekend : Rp 70.000
  • Jam Buka : 12.00-21.00 (Senin-Jum’at)

Museum ini bisa dikatakan objek wisata baru, sebab idirikan pada tanggal 23 Mei 2014 yang lalu, namun sudah mencuri hati para wisatawan yang ada di kota Malang.

Wajar saja, sebab museum ini menyimpan banyak sekali artefak seni yang dikumpulkan dari seluruh pelosok nusantara seperti Jawa Timur, NTB, Kalimantan, Sulawesi bahkan sampai bagian paling timur Indonesia yakni Papua. Selain itu, di museum ini juga menyimpan benda-benda yang mempunyai sejarah tinggi seperti benda dari masa pra sejarah hingga masa kerajaan Majapahit.

Dan tentunya museum ini juga memiliki satu kolekasi yang menjadi unggulan, yaitu singgasana Kerajaan Singharaja yang berasal dari Bali. Jadi bagi kalian yang mencintai sejarah dan juga seni budaya, tempat ini patutnya tidak boleh anda lewatkan begitu saja.

101. Omah Kayu Batu Malang

Omah Kayu Batu Malang

  • Lokasi : Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 09.00-17.00

Memilki tagline ‘Not Just Tree House’ Omah Kayu akan memberikan pengalaman luar biasa yang menarik untuk kamu semua. Bersantai di tengah hutan pinus plus menikmati kota Batu dari atas gunung bak melakukan paralayang merupakan sensasi yang ditawarkan di tempat yang satu ini.

Banyaknya spot foto unik juga menjadi daya tarik bagi para pengunjung untuk menjelajahi sudut tiap sudut dari Omah Kayu ini.

102. Wisata Paralayang Batu

Wisata Paralayang Batu

  • Lokasi : Jl. Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000 (Weekdays), Rp 15.000 (Weekend), Rp 5.000 (Parkir Motor), Rp 20.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : Kawasan wisata dibuka 24 jam setiap harinya

Untuk Tandem Paralayang dibuka mulai pukul : 07.00-17.00 (Sabtu-Kamis), 01.00-17.00 (Jum’at)

Bagi anda yang suka wisata ekstrem, tentunya kegiatan paralayang patut untuk anda coba. Wisata Paralayang Batu ini bisa dinikmati oleh semua orang mulai dari umur 14 hingga 60 tahun, namun dengan catatan umur 18 tahun harus mempunyai persetujuan dari orang tua.

Lewat kegiatan paralayang anda dapat melihat keindahan kota Batu Malang yang luar biasa dari atas Gunung Banyak, asik bukan?

Namun jangan khawatir jika anda takut akan ketinggian, anda juga dapat nongkrong di cafe paralayang batu dengan aneka minuman dan makanan serta cemilan yang enak di lidah khas masakan Jawa ditemani dengan pemandangan sekitar yang tak kalah indahnya.

103. Kusuma Agrowisata

Kusuma Agrowisata

  • Lokasi : Jalan Abdul Gani Atas, Batu
  • Tiket Masuk : Rp 20.000 (Weekday), Rp 25.000 (Weekend)
  • Jam Buka : 08.00-17.00 (Weekdays), 08.00-18.00 (Weekend & Holiday)
  • Fasilitas : area parkir, toliet bersih, musholla, food and coffe, waterpark, hotel, villa, outbound, ATV, toko souvenir, war game, airsoft gun

Objek wisata ini merupakan tempat agrowisata apel malang yang berada di ketinggian 1000 meter dari permukaan lair aut dan terletak di lereng pegunungan panderman.

Disini para pengunjung dapat melakukan aktivitas berkebun yang asik seperti memetik buah-buahan segar mulai dari buah apel, jeruk, jambu merah, buah naga, stroberi, dan juga berbagai sayuran hidroponik. Tak usah khawatir jika memetik buah dengan kualitas yang kurang bagus, pasalnya semua tanaman yang ditanam disini merupakan produk unggulan yang tidak perlu lagi diragukan.

Selain itu, wahana penunjang wisata juga banyak tersedia disini, sehingga dijamin anda tidak akan bosan untuk menjelajahi tempat ini sudut demi sudutnya.

104. Taman Labirin Coban Rondo

Taman Labirin Coban Rondo

  • Lokasi : Jurangrejo, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Siapa sih yang tk kenal dengan wisata alam Coban Rondo? Bahkan karena kepopulerannya banyak diketahui oleh wisatawan dari luar kota Malang lho.

Di tempat ini kamu akan merasakan sensasi wisata yang berbeda dari tempat lain. Berbentuk labirin dan menantang kecerdasan kamu dalam membaca arah. Datanglah ketempat ini dan buktikan kecerdasan kamu dengan cara menemukan pusat labirinnya dalam waktu 10 menit! Berani coba? Coba sekalian bawa pasangan, atau teman mu agar lebih seru!

Dengan memanfaatkan tanaman hijau yang memiliki tinggi sekitar 2 meter membentuk menyerupai dinding, membuat tempat ini terasa sejuk dan membuat nyaman siapa saja yang mengunjunginya.

105. Batu Flower Garden

Batu Flower Garden

  • Lokasi : Oro-Oro Ombo, Kehutanan, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 7.500 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor)
  • Jam Buka : 08.00-16.00
  • Fasilitas : spot foto, rumah pohon, sewa hammock

Jika anda sudah berkunjung ke Air Terjun Coban Rais, maka tempat ini tak jauh dari lokasi air terjun tersebut. Tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan alam terbuka di atas ketinggian dengan udara dingin khas kota Batu serta iringan suara gemercik air terjun yang sangat menenangkan hati.

Selain itu, tempat ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan sebab memiliki spot gardu yang berbentuk I Love U dengan latar belakang pemandangan alam dari atas bukit.

Tak hanya itu, bukit ini juga menyuguhkan spot lain yang tak kalah seru seperti ayunan, bukit bunga, rumah pohon, kaki langit dan juga hammock. Berada disini, dijamin akan menambah koleksi gambar berswafoto anda.

106. Wisata Pujon Kidul

Wisata Pujon Kidul

  • Lokasi : Pujon Kidul, Pujon, Malang
  • Tiket Masuk : Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 08.00-19.00 (Senin-Jum’at), 08.00-22.00 (Sabtu-Minggu)

Pujon Kidul sendiri merupakan sebuah desa yang menawarkan kegiatan eduwisata seperti petik sayur, outbound, camping, belajar membuat biogas, mengolah susu, atau beternak.

Tak hanya itu, spot unik di desa ini juga banyak banget dan mudah untuk kita jumpai. Mulai dari cafe sawaha, taman bunga, spot narsis dengan background alam, hingga cafe The Roudh 78 yang siap menyiapkan menu lokal hingga internasional untuk anda.

Eitsss disini anda juga dapat melakukan kegiatan off road dan juga berkuda lho. Seru bukan? Yuk mampir ke Pujon Kidul dan habiskan waktu anda disini.

107. Monumen Melati

monumen melati

  • Lokasi : Jl. Ijen No.18, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Monumen yang dibangun dengan anggaran Rp103 Juta ini dibangun sebagai simbol penghormatan sekaligus mengenang sekolah darurat Tentara Keamanan Rakyat (cikal bakal TNI) dan sekaligus sebagai simbol penghormatan kepada pendiri, tenaga pendidik, serta siswa di Sekolah Kadet Suropati.

Tak jarang para wisatawan dari luar kota Malang menyempatkan datang ke monumen ini adn mengabadikan momen disana sebagai oleh-oleh dari kota Malang.

Jika anda ingin liburan ke kota Semarang, kunjungi juga Tempat Wisata di Semarang yang tak kalah bagus.

108. Monumen Juang

Monumen Juang

  • Lokasi : Jalan Kertanegara, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Selanjutnya ada Monumen Juang yang dibangun pada tanggal 20 Mei 1975 dengan tujuan supaya generasi muda Indonesia tidak mudah melupakan perjuangan hebat para pejuang dari Malang. Selain itu, monumen ini juga sebagai simbol untuk mengingat erjuangan dan rasa patriotisme pejuang Malang sewaktu melawan kolonialisme Belanda dan Jepang di tahun ’45.

Di monumen ini terdapat relief yang menceritakan pejuangan pahlawan dalam melawan penjajah dengan sentuhan akhir gambar Sukarno-Hatta di bagian timur. Sementara bagian sisi utara menggambarakan kekejaman penjajah. Dan yang terakhir di sisi bagian barat ada lagi cerita perjuangan para pahlawan.

109. Candi Badut

Candi Badut

  • Lokasi : Jalan Candi 5D, Karangwidoro, Dau, Doro, Karangwidoro, Dau, Kota Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-MInggu)

Situs berharga lainnya yang ada di kota Malang adalah Candi Badut yang dimana mempunyai corak atau akulturasi yang sangat erat dengan candi-candi lain di Jawa Timur serta daerah Jawa lainnya. Candi ini berdiri di atas lahan seluas 2808 m2 yang dikelilingi oleh gunung Kawi di bagian Selatan dan juga gunung Arjuna yang ada di barat.

Sedangkan dibagian utaranya pemandangan dari Gunung Tengger dan yang terakhir di bagian sisi utara nampak Gunung Semeru.

Keindahan situs yang bercorak hindu ini kerap menarik para pecinta wisata sejarah untuk datang, karena selain memiliki sejarah pentind dibaliknya, kondisi alam yang ada di sekitar candi ini juga sangat indah, sehingga membuat siapa saja betah dan tertarik untuk mengunjunginya.

110. Masjid Agung Jami’ Malang

Masjid Agung Jami' Malang

  • Lokasi : Jalan Merdeka Barat No.3, Kauman, Klojen, Kauman, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Di bangun di tahun 890 M diatas tanah seluas 3.000 meter persegi, masjid ini telah mengalami banyak renovasi sebelum terlihat magah seperti sekarang. Masjid ini juga menjadi pusat kegiatan di kota Malang, yang dimana bukan hanya alam masalah ritual keagamaan namun juga mengenai persoalan-persoalan kemasyarakatan, sosial dan budaya dalam artian yang luas.

Semua bagian dari masjid ini sangatlah sakral, bahkan hal itu disampaikan secara tersirat berdasarkan perbedaan ketinggian laintainnya yang sangat terlihat mencolok. Yang dimana terdapat lantai bangunan yang memiliki tebal 105 sentimeter dari muka tanah bangunan di sekitarnya.

Dan bagian mihrab (tempat imam) juga lebih sakral lagi dengan peninggian lantainya yang begitu berbeda. Bahkan menariknya, di belakang mihrab hingga saat ini masih terdapat beberapa makam leluhur pendiri masjid.

111. Kampung Warna Warni Jodipan

Kampung Warna Warni Jodipan

  • Lokasi : Gang 1 Jodipan, Kesatrian, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 05.00-00.00

Sesuai dengan namanya, kampung ini memiliki warna yang sangat bervariasi disetiap temboknya. Sehingga hal itu menimbulkan berbagai spot foto apik yang dapat dijadikan sebagai latar belakang. Menariknya lagi, di kampung ini juga terdapat spot lukisan gambar 3D yang berbentuk hewan, seperti ikan Hiu, Gorilla, Kupu-kupu, hingga T-Rex.

Selain itu, sepanjang jalan di kampung ini juga dihiasi dengan berbagai payung yang menggantung. Hal itu tentunya sangat menarik dan bagus sebagai latar belakang kegiatan berswafoto. Bahkan karena keunikan dan keindahan kampung ini, banyak wisatawan mancanegara yang datang dan mengabadikan kegiatannya di kampung ini.

112. Alun-Alun Tugu Malang

Alun-Alun Tugu Malang

  • Lokasi : Jl. Tugu, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bangunan ini telah dibangun pada masa pemerintahan kolonial Belanda yang dulunya merupakan sebuah taman kebanggaan Kota Malang oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda J.P. Zoen Coen. Dinamakan tugu pasalnya adanya tugu ditengah-tengah taman yang sekaligus menjadi ciri khas tempat tersebut.

Selain itu, taman ini juga menawarkan pemandangan berbagai jenis bunga dan juga hamparan rumput jepang yang hijau, terlihat indah dan juga asri. Tentunya hal yang paling menarik di taman ini adalah adanya tugu ditengah-tengah taman yang dikelilingi oleh kolam yang penuh dengan bunga teratai.

Karena keindahannya tersebut, tempat ini tidak pernah sepi dari kunjungan para wisatwan yang hendak berswafoto atau hanya sekedar bersantai di area taman sembari menikmati keindahan yang disajikan.

113. Alun Alun Merdeka Malang

Alun Alun Merdeka Malang

  • Lokasi : Jl. Merdeka Selatan, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Jika anda bingung mencari tempat wisata yang ada di kota Malang, maka Alun Alun Merdeka Malang ini dapat menjadi alternatif tempat wisata anda di kota tersebut. Hamparan rumput yang hijau akan menyambut anda lengkap dengan suasana yang melegakan.

Berbagai kegiatan dapat anda lakukan disini, seperti bercengkrama dengan kawan, bersantai sembari menikmati keindahan alun-alun, atau bahkan berwisata kuliner yang tentunya sangat menggoda untuk dicicipi.

Tak hanya itu, disini juga terdapat pedagang pernak-pernik aksesoris yang dapat anda jadikan sebagai cinderamata dan tentunya dapat anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan dari sana. Jadi tunggu apa lagi? Yuk rasakan suasana kehangatan area alun-alun kota Malang ini. Dijamin, sekali anda datang, seterusnya  anda akan segera merindu dengan tempat ini.

114. Pasar Wisata Batu

pasar wisata batu

  • Lokasi : Jatim Park 1, Jl. Kartika No.2, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Puas berwisata saatnya berburu oleh-oleh. Yups Pasar Wisata Batu bisa jadi alternatif anda untuk memburu segala oleh oleh khas Batu yang pastinya wajib untuk anda bawa pulang.

Pasar ini sangat terkenal dikalangan wisatawan karena barang yang ada terkenal murah dan dengan kualitas yang bagus tentunya. Selain buah dan sayuran yang merupakan asli oleh-oleh khas Batu, disini juga tersedia berbagai macam oleh-oleh seperti souvenir, perlengkapan dapur, baju, dan hewan-hewan lucu seperti hamster dan kelinci.

Jika dibayangan anda pasar ini terkesan kumuh, jorok dan berbau, tapi jangan salah, pasar ini jauh dari kata kumuh ataupun jorok lho. Nyaman deh berbelanja disini.

Untuk informasi tambahan nih guys, Konsep pasar tradisional ini masih sangat dipertahankan sejak dari jaman berdirinya pasar. Disini anda dapat tawar menawar harga sesuka harti, namun ada beberapa barang yang tidak bisa ditawar, seperti camilan (dengan hanya 10 ribu saja bisa mendapatkan 4 item, pilih-pilih sesukanya). Happy shopping!

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Malang. Selain terkenal akan apelnya, ternyata kota ini memiliki segudang tempat wisata yang memikat hati yang dijamin mampu membuat suasana liburan anda dan keluarga menjadi lebih menyenangkan.

Tetapi ada satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di kota Malang, semoga bermanfaat.

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Gorontalo

Dwi Okta
14 min read

Tempat Wisata di Salatiga

Dwi Okta
17 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *