Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Semarang

36 min read

harga tiket masuk kebun raya purwodadi 2019

Semarang merupakan sebuah kota yang berada di Jawa Tengah dan sekaligus menjadi ibukota dari provinsi Jawa Tengah. Dan juga Seamrang menduduki posisi kelima sebagai kota metropolitan terbesar setalah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung. Taukah kamu? Semarang juga dibagi menjadi dua bagian yaitu Semarang Atas dan Semarang Bawah, dimana kawasan Seamrang Bawah yang menjadi pusat kota. Nah, kali ini kami akan memberikan informasi tentang tempat wisata yang ada di kota Semarang. Namun, sebelum itu kenalan dulu yuk sama kota Semarang ini.

Semarang juga memiliki beberapa julukan unik, seperti Kota Lumpia karena lumpia sendiri merupakan makanan khas Semarang yang terbuat dari akulturasi 2 budaya yaitu budaya Jawa dan China dan pengambilan nama lumpia diambil dari bahasa Cina lun pia. Tak hanya itu, yang paling unik kota ini juga memiliki semboyan Kota ATLAS yang berasal dari akronim (Aman, Tertib, Lancar, Asri dan Sehat) dan juga sebagai slogan pemeliharaan keindahan kota. Kreatif ya!

Terlepas dari semua itu, Semarang juga memiliki banyak potensi wisata di dalamnya lho, mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, dan juga kuliner bisa anda temukan disini. Ditambah lagi dengan kelengkapan akomodasi seperti hotel, restoran, dan sarana transportasi yang cukup memadai, membuat Semarang menjadi salah satu tujuan destinasi wisata favorit di daerah Jawa Tengah.

Jadi untuk mempermudah perjalanan anda, kali ini kami akan memeberikan beberapa rekomendasi tempat wisata di kota Semarang yang layak untuk anda kunjungi. Yuk simak baik-baik.

Konten

1. Pantai Marina

wisata semarang 2019

  • Lokasi : Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : kolam renang, speed boat, ski air, taman bermain anak

Objek wisata yang akan kami bahas pertama kali adalah Pantai Marina. Jika anda mengaku sebagai penggemar pantai, anda harus mengunjungi pantai ini. Pantai Marina merupakan sebuah pantai kecil di sebelah utara kota Semarang.

Berlokasi di Jalan Yos Sudarso membuat Pantai Marina menjadi tempat wisata di Semarang yang terkenal untuk kegiatan lari pagi atau jogging. Tak hanya itu, bersepeda di sekitar pantai juga sangat menyenangkan karena suasananya yang sepi dan sejuk dengan pepohonan.

2. Pantai Maron

wisata semarang ungaran

  • Lokasi : Pantai Maron West Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai ini menawarakan keindahan pantai indah nan eksotis sehingga pantai ini ramai dikunjungi saat libur akhir pekan tiba. Lokasinya yang strategis juga menjadi alasan kenapa pantai ini selalu menjadi destinasi wajib saat liburan.

Di pantai ini juga terdapat sebuah Hutan Mangrove yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Hutan Mangrove sendiri juga diupayakan sebagai wisata edukasi bagi anak-anak, tentang pentingnya menjaga Pantai dari abrasi. Berkat adanya hutan mangrove ini kawasan pantai menjadi memiliki udara yang sangat sejuk dan membuat betah para pengunjung yang datang.

Tak hanya hutan mangrove saja, disini juga ada beberapa objek menarik lainnya seperti tempat budidaya tambak laut, jembatan batu yang biasa dimanfaatkan sebagai lokasi Foto Prewedding, spot foto menarik dibeberapa sudut, serta menikmati keindahan sunset saat sore hari tiba.

3. Pantai Tirang

wisata semarang bandungan

  • Lokasi : Tugurejo, Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, warung, gazebo, spot pemancingan, spot foto

Selanjutnya ada Pantai Tirang yang letaknya cukup dekat dengan Bandara Ahmad Yani. Lokasinya yang dekat dengan pusat keramaian menjadikan kawasan pantai ini sebagai tempat wisata yang cukup strategis.

Pantai ini juga memiliki sejarah tentang pulau kecik yang bernama Pulau Tirang, yang dimana pulau tersebut menjadi ikon Kota Semarang karena keindahan serta fauna dan flora yang ada didalamnya. Namun karena abrasi yang sangat hebat, pulau tersebut menghilang dan kini menyisakan garis pantai, yang kini disebut dengan Pantai Tirang.

Dipantai ini anda dapat melakukan berbagai kegiatan seperti memancing, menikmati keindahan pantai dengan tambak dan jajaran mangrove disekitarnya, berfoto ria, melihat panorama sunset yang indah, atau hanya bersantai ria sambil menggoda ombak dan berlari diatas pasir yang lembut. Seru deh pokoknya!

4. Curug Lawe

tempat wisata di semarang 2019

  • Lokasi : Gunungsari, Limbangan, Hutan, Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 4.000
  • Jam Buka : 06.00-15.00

Objek wisata selanjutnya yaitu Curug Lawe. Curug ini merupakan salah satu curug terindah yang ada di Semarang. Sebelum anda samapi ke lokasi air terjun anda harus melewati jalur yang berada di dalam kawasan perkebunan cengkeh milik PT Cengkih Zanzibar.

Curug ini benar-benar bersih dan terjaga akan kealamiannya. Penamaan Curug Lawe sendiri berasal dari bahasa jawa “lawe” yag berarti benang puth, sebab air yang jatuh dari tebing curam itu terlihat bagai benang-benang putih sehingga dinamanan Curug Lawe.

Tak hanya itu, ada juga yang menyebutan bahwa nama Curug Lawe ini diambil dari jumlah air terjun yang berjumlah “selawe” atau 25.

Terlpas dari itu semua, air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 4o meter dengan bentuk tebing yang hampir keseluruhannya berbentuk oval. Uniknya lagi derasnya curhan air yang menghantam batuan dibawahnya menimbulkan butiran air yang apabila terkenan sinar matahari membentuk pelangi yang indah.

5. Air Terjun Curug Lawe Benowo Kalisidi

tempat wisata di salatiga

  • Lokasi : Kalisidi, RT.01 / RW.06, Ungaran Barat, Hutan, Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 06.30-15.17

Kemudian ada Air Terjun Curug Lawe Benowo Kalisidi atau biasa disebut sebagai Curug Benowo. Curug ini merupakan salah satu air terjun favorit para pencinta wisata alam. Meskipun demikian, curug yang satu ini kurang tepat untuk dijadikan sebagai lokasi wisata keluarga karena perjalanan ke air terjun Curug Benowo cukup sulit dan melelahkan.

Untuk mencapai lokasinya saja anda harus berjalan kaki selama 2 jam dengan menpuh medan yang cenderung sempit dan berbatu namun mempunyai pemandangan yang sangat indah dan alami. Sepertinya air terjun ini memang cocok para pemuda yang hobi hiking dan tracking.

6. Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur

  • Lokasi : Gejayan, Nogosaren, Getasan, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 3.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 08.00-16.00
  • Fasilitas : area parkir, warung makan, toilet, musholla

Air terjun ini menyuguhkan pesona alam alami yang indah nan eksotis. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 150 meter yang mampu menerbangkan butiran-butiran air dari curahan air terjun. Air terjun ini juga dihiasi bebatuan alam yang ditumbuhi pepohonan hijau serta terdapat memiliki beberapa goa walet.

Disarankan bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat ini untuk menyipakan badan yang fit terlebih dahulu karena nantinya Anda akan melewati sekitar 900 anak tangga yang cukup melelahkan untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Kali Pancur.

7. Air Terjun Semirang

Air Terjun Semirang

  • Lokasi : Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : pos peristirahatan, warung makan

Wisata air terjun ini dikelola oleh Perum Perhutani dan memiliki lahan seluas 10 Ha serta memiliki ketinggian 45 meter. Meskipun akes jalan menuju air terjun terbilang mudah, anda tetap harus menjaga stamina karena lokasinya yang berada di lereng pegunungan dan mengharuskan untuk berjalan kaki sampai di lokasi tujuan.

Sesampainya di lokasi air terjun, segala penat anda akan terobati dengan suguhan pemandangan alam yang indah serta hawa pegunungan yang sejuk nan segar.

8. Grojogan Klenting Kuning

Grojogan Klenting Kuning

  • Lokasi : Area Kebun, Gondang, Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Grojogan Klenting Kuning merupakan sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 8 meter serta tekstur tebing bebatuan dengan warna kekuningan. Warna kuning tersebut disebabkan karena adanya kandungan belerang yang tinggi pada aliran airnya.

Air yang dicurahkan air terjun ini berwarna bening hijau kekuningan yang langsung tertampung pada kolam alami dibawahnya. Disini anda juga dapat memanfaatkan bebatuan yang berukuran cukup besar untuk tempat berpinjak ataupun duduk bersanati sembari memandangi keindahan alam sekitar.

9. Curug 7 Bidadari

Curug 7 Bidadari

  • Lokasi : Tlawah, Keseneng, Sumowono, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Curug 7 Bidadari ini sangat terknal karena memiliki 3 tingkat aliran air terjun serta airnya yang jernih dan banyak sekali bebatuan dibawah air terjun. Air terjunnya sendiri tidak terlalu tinggi sehingga para penunjung dapat memanjat ketiga tingkatan air terjun tersebut.

Untuk ketinggian air terjunnya bervariasi mulai dari 15 meter untuk yang paling tinggi, air terjun kedua sekitar 10 meter, dan air terjun ketiga sekitar 5 meter. Para pengunjung biasanya memanfaatkan air terjun ini untuk berenang dan mandi padahal sudah ada peringatan bahwa batu-batu disekitar air terjun sangat licin.

10. Rawa Pening

Rawa Pening

  • Lokasi : Telaga ini terletak di cekungan gunung Merbabu, Telomoyo dan Ungaran. Dengan luas sekitar 2.670 hektar
  • Tiket Masuk : Rp 2.500
  • Jam Buka : 08.30-21.00
  • Fasilitas : penyewaan perahu

Nama Rawa Pening pastinya sudah tidak terdengar asing lagi. Destinasi wisata yang menyuguhkan hamparan air yang dipenuhi tanaman eceng gondok ini sangat memberikan ketenangan bagi siapa saja yang mengunjunginya. Rawa Pening sendiri menempati 3 wilayah sekaligus yaitu Salatiga, Ungaran dan Ambarawa.

Suasana yang paling pas untuk menikmati keindahan danau ini adalah ketika pagi dan sore hari menjelang karena sanag danau akan semakin menampakan keindahannya secara sempurna. Asiknya lagi, anda juga bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau. Satu lagi, buat para penghobi fotografi mengabadikan keindahan Rawa Pening tidak boleh anda lewatkan begitu saja.

11. Waduk Jatibarang & Gua Kreo

Waduk Jatibarang & Gua Kreo

  • Lokasi :Jl. Moch Ihsan, Jatibarang, Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 4.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00

Obek wsiata menarik lainnya ada Waduk Jatibarang & Gua Kreo. Tempat ini bisa anda jadikan sebgai tempat untuk mengisi liburan bersama keluarga dan teman-teman. Kawasan wisata ini telah diresmikan pada bulan Mei 2014 dan berhasil menarik banyak wisatawan untuk berkunjung.

Gua Kreo sendiri merupakan sebuah petilasan Sunan Kalijaga ayng dikelilingi oleh Waduk Jatibarang. Karena dikelilingi waduk buatan, membuat gua ini terlihat seperti pulau kecil.

Bagi anda yang ingin mengunjungi gua ini maka anda harus menyeberangi jembatan berwarna merah yang sekaligus menjadi tempat foto favorit turis. Dikawasan Waduk Jatibarang & Gua Kreo ini juga terdapat monyet ekor panjang yang berkeliaran dan anda pun dapat berfoto dengan mpyet terbut atau bahkan bermain-main dengan monyet.

Selain itu, suasana dikawasan wisata ini juga sangat menyejukkan sehingga dapat dijadikan sebagai tempat bersantai sejenak dari udara panas Semarang.

12. Puri Maerokoco

Puri Maerokoco

  • Lokasi : Jl. Yos Sudarso, Tawangsari, Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00 (Minggu-Jum’at), 08.00-22.00
  • Fasilitas : 35 rumah adat Jawa Tengah, hutan mangrove, danau hijau, kolam pemancingan, penyewaan perahu, spot foto, wahana bebek air, perahu motor, tempat istirahat

Puri Maerokoco merupakan area wisata yang menyajikan Jawa Tengah dalam versi kecil sehingga biasa disebut pula sebagai taman mininya Jawa Tengah. Disini anda dapat menikmati aneka rumah Adat atau anjungan dari 35 Kabupaten dan Kota Madya yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Dan didalam rumah adat tersebut telah dilengkapi dengan hasil-hasil industri serta kerajinan-kerajinan yang di produksi oleh masing-masing daerah.

Tak hanya itu, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat susana berlibur semakin asik diantaranya adalah rekreasi air seperti, sepeda air, perahu, juga kereta bagi pengunjung. Disini juga terdapat taman bunga, apotek hidup, taman kaktus serta burung-burung dan masih banyak lagi.

Satu lagi nih area yang paling hits di Puri Maerokoco, yaitu wisata mangrove. Cukup dengan menambah tiket masuk sebesar Rp 15.000 anda dapat berkeliling ke hutan mangrove serta menaiki perahu dan bermain outbound. Dijamin seru dan nggak akan bosen deh!

13. Pura Agung Giri Natha

Pura Agung Giri Natha

  • Lokasi : Jl. Sumbing No.12, Bendungan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pura ini didirikan pada tahun 1968 oleh umat Hindu yang berdomisili di Kota Semarang. Namu baru diresmikan pada tahun 2004 lalu oleh Gubernur Jawa Tengah Mardianto. Setiap tahunnya, puri ini di tata sedemikian rupa , mulai dari membangun Padmasana, bale pesandekan, tembok penyengker, candi dan sarana pendukung lainnya. Dan pura ini juga termasuk ke dalam pura yang terbesar di kota Semarang.

Keberadaan Pura Agung Giri Natha Semarang ini sendiri tak jauh berbeda aktivitasnya dengan pura yang ada di Pulau Dewata, namun ada kelebihan dari pura yang berada di atas perbukitan ini yaitu di areal `Jaba Tengah` (kawasan tengah pura) dijadikan tempat aktivitas untuk proses belajar-mengajar, diskusi, dan kegiatan sosial lainnya.

Setiap harinya ada saja umat yang beribadah ke pura tersebut, bahkan pada hari besar lainnya, seperti purnama (bulan terang) dan tilem (bulan gelap) para umat juga akan melakukan sembahyang bersama keluarganya dan melakukan semadi. Bahkan ada juga umat lain yang melakukan yoga di pura tersebut. Sungguh harmonisasi yang sangat tentram.

14. Klenteng Tay Kak Sie

Kelenteng Tay Kak Sie

  • Lokasi : Mlatiharjo, Semarang Timur, Kota Semarang
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-18.00

Dibangun semenjak tahun 1746, klenteng ini mempunyai cerita sejarah yang cukup unik dan menyimpan arti tersendiri, khusunya bagi masyarakat sekitar yang memang sudah lama beribadah di sini. Arti yang terkandung dalam kalimat Tay Kak Sei sendiri berarti Kuil Kesadaran Agung.

Klenteng ini menjadi sebuah obyek wisata yang bernuansa religi. Karena lokasinya yang berada di pusat kota, juga menjadikan klenteng ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya, baik yang bertujuan untuk ibadah atau hanya sekedar meilhat-lihat dan berfoto.

Saat hari tertentu, biasanya di klenteng ini diadakan acara ritual atau keagamaan, yang semakin menarik minat banyak wisatawan. Walaupun demikian, para pengunjung tetap menghormati prosesi ibadah yang sedang berlangsung.

15. Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara

  • Lokasi : Jl. Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : *sumbangan seikhlasnya
  • Jam Buka : 07.00-21.00
  • Fasilitas : penginapan, rumah makan, toilet

Ikon yang paling terkenal dari kota Semarang salah satunya adalah Pagoda Avalokitesvara. Disini para pengunjung dapat melakukan berbagai macam kegiatan yang asik, diantaranya adalah berfoto dengan latar belakang patung serta Pagoda atau bangunan lain yang berada di area Vihara Budhagaya, kemudian umat budha juga biasanya melakukan ritual Tjiam Shi yang bertujuan untuk mengetahui nasib manusia di dalam Pagoda, namun bagi anda yang non Budha juga dapat melakukannya dengan cara menggoyangkan bambu-bambu yang diberikan pertanda hinggasalah satunya terjatuh, dan bagi anda yang percaya akan ramalan, anda juga dapat menanyakan kepada para petugas Pagoda untuk membacakan nasib ramalan Tjiam Shi.

Pesona lain yang dimiliki pagoda ini tentunya adalah arsitektur bangunannya. Bangunan Dhammasala ini memiliki dua lantai. Lantai pertama adalah aula serbaguna yang mempunyai panggung di sisi depan, sedangkan di lantai dua terdapat ruang Dhammasala yang difungsikan sebagai tempat acara ibadah umat Buddha.

Isi di vihara ini ada patung Buddha yang sedang duduk berwarna emas dengan ukuran yang besar. Di sekeliling Vihara Dhammasala, terdapat pagar dengan ukiran relief cerita Paticca Samuppada yang merupakan proses kehidupan manusia dari lahir hingga meninggal dunia.

Dan untuk memasuki vihara ini juga ada ritual khusu yang wajib untuk dilakukan yakni menginjak relief ayam, ular, dan babi yang ada di pintu masuk vihara. Menurut keyakinan umat Budha, ayam yaitu simbol keserakahan, ular adalah lambang kebencian, sedangkan babi melambangkan kemalasan.

Jadi dengan menginjak relief hewan tersebut, diharapkan umat manusia meninggalkan karakter hal yang demikian dan bisa masuk nirwana.

16. Sanggar Seni Gedong Songo

Sanggar Seni Gedong Songo

  • Lokasi : Gg. Patung, Sidomulyo, Ungaran Timur, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-23.00

Sanggar Seni Gedong Songo ini merupakan objek wisata yang menawarkan spot objek wisata keren, mulai dari situs budaya hingga situs bersejarah. Sanggar ini merupakan studio seni milik seniman ternama MA Sutikno yang digunakan untuk fokus beraktivitas di bidang seni rupa.

Jadi ketika anda disini anda akan disuguhkan dengan eretan karya yang dihasilkan oleh team kreatif didikan Sutikno seperti patung, lukisan, dan hasil pahat. Selain melihat-lihat karya seninya, menariknya lagi kita juga bisa lho memesan langsung dan mengatur jadwal pertemuan kepada para seniman ahli di sanggar ini. Bagaimana, tertarik?

17. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo

  • Lokasi : Krajan, Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 06.30-18.00

Candi ini ditemukan pada tahun 1804 oleh Raffles yang dimana candi ini sembilan buah candi, karena hal itu juga menjadi suatu alasan penamaan dari candi ini sendiri. Karena dalam bahasa Jawa sendiri songo memiliki arti sembilan.

Candi ini merupakan peninggalan dari zaman Wangsa Syailendra yang berjaya pada abad ke-9 tepatnya sekitar tahun 927 Masehi. Dan candi ini berada di ketinggian sekitar 1.200 mdpl  dimana dari 9 candi tersebut ersebar di lereng Gunung Ungaran.

Karena letaknya yang berada di ketinggian, maka pada saat anda sampai di candi ini, anda akan disuguhkan dengan suasana yang segar dan sejuk serta pemandangan alam yang sangat indah. Di sekitar candi ini anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti mandi air panas yang mengandung balerang atau bahkan berkuda. Asik ya!

18. Gua Maria Kerep Ambarawa

Gua Maria Kerep Ambarawa

  • Lokasi : Jl. Tentara Pelajar, RW. 9, Kerep, Panjang, Ambarawa, Kerep, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 2.000
  • Jam Buka : 08.00-21.00
  • Fasilitas : toko souvenir

Gua Maria Kerep Ambarawa merupakan salah satu lokasi wisata religi untuk umat Katolik, namun tempat ini juga terbuka untuk umum dan untuk pengunjung agama apapun, bahkan menjadi salah satu ikon wisata di Ambarawa.

Gua Maria ini sudah berdiri di tahun 1954 dan terus dikembangkan setiap tahunnya. Selain gua, disini juga terdapat patung Bunda Maria di dalamnya serta ada apel dan beberapa perhentian jalan Salib yang digunakan untuk ziarah Umat Katolik.

Disini juga terdapat taman dengan hamparan rumput hijau dengan batu jalan setapak yang sangat menarik untuk dipandang. Pengunjung pun dapat berkeliling sambil melihat diorama dari beberapa kisah yang diambil dari Alkitab. Suatu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh semua orang dan kiranya dapat dijadikan sebagai simbol perdamaian dalam keberagaman agama di Indonesia.

19. Goa Rong View

Goa Rong View

  • Lokasi : goa rong, Lopait, Tuntang, Lopait, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 3.000 – Rp 5.000
  • Jam Buka : 07.00-18.00
  • Fasilitas : gardu, spot pemandangan, gazebo, tempat-tempat istirahat seperti saung dan cafe, area permainan, musholla

Tempat wisata yang satu ini berada di atas ketinggian 690 mdpl dan menawrkankonsep wisata pemandangan dari atas bukit yang menjadi daya tarik utamnya. Beberapa fasilitas pendukungnya pun semakin mempermudah para pengunjung untuk menikmati tempat wisata yang satu ini. Suasananya yang tenang serta asri juga semakin membuat anda betah untuk berlama-lama di tempat yang satu ini.

20. Wisata Lereng Kelir

Wisata Lereng Kelir

  • Lokasi : Dusun Gertas, Gertas, Brongkol, Jambu, Semarang, Central Java
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 (Weekdays) & Rp 7.000 (Weekend)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : gardu pandang

Tempat wisata selanjutnya yang juga menyuguhkan view yang bagus untuk berswafoto adalah Wisata Lereng Kelir. Disini anda dapat melihat pemandangan kota Semarang dari atas ketinggian, dan adanya gardu pandang juga dimanfaatkan para pengunjung untuk menjadi media swafoto pra pengunjunnya.

Sensasi menyaksikan keindahan alam nan hijau sejauh mata memandang mirip dengan suasana Tebing Keraton di Bandung bisa anda rasakan di Semarang.

Tak hanya berfoto dan memandanng panorama alamnya saja, disini anda juga dapat menikmati suasana sunrise dan kerlap-kerlip lampu di malam hari. Bahkan para pengunjung juga banyang yang melakukan camping di Wisata Lereng Kelir.

21. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran

  • Lokasi : Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Semarang juga punya lho gunung yang harus kalian taklukan yaitu Gunung Ungaran. Gunung ini mempunyai tinggi sekitar 2.020 MDPL yang termasuk gunung dengan ketinggian sedang di Pulau Jawa dan masuk ke dalam kategori Gunung Berapi Stratovolcano.

Gunung ini pernah meletus pada jaman dulu dan kini memiliki sumber mata air panas yang letaknya berada di bawah kaki gunung tersebut. Hal itu juga membuktikan bahwa gunung ini termasuk ke dalam stratovolcano. Namun, gunung ini sekarang sudah tidak aktif kembali, meski demikian tidak menutup kemungkinan gunung ini akan aktif kembali.

Fakta unik dari gunung ini ialah gunung ini memiliki beberapa sebutan diantaranya adalah Karundungan atau Prasasti Kuti, Karurungan atau Karungrangan atau Tantu Panggelaran dan Kroenroengan atau Ngroengroengan. Di gunung ini juga sudah tersedia 3 jalur pendakian yang siap untuk mengantar para pendaki menuju puncaknya. Di sekitar Gunun gini juga terdapat objek wisata lainnya, jadi tak heran para pendaki biasanya rehat sebentar dan mengabadikan momen di setiap objek wisata di sepanjang perjalanan menuju puncak.

22. Taman Diponegoro Semarang

Taman Diponegoro Semarang

  • Lokasi : Jl. Sultan Agung, Lempongsari, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : tempat duduk

Taman Diponegoro Semarang ini merupakan pusat kawasan pemukiman Candi Baru di kota Semarang yang sekaligus merupakan simpul pertemuan antaran wilayah administrasi kelurahan tegalsari, lempongsari, wonotingal yang masuk dalam dua wilayah kecamatan yakni gajahmungkur dan candisari.

Istimewanya taman ini adalah taman ini tetap mempertahankan bentuk dan kondisi dari jaman dulu hingga sekarang, dimana pepohonan yang tertata  rapi menciptakan suasana kesejukan lingkungan sekitar dengan memanfaatkan kondisi tofografis alami karena letaknya di daerah bukit.

Karena sudah berdiri sejak jaman Belanda, maka pola tanaman yang ada disekitar dipengaruhi oleh konsep vista di Perancis pada massa Renaisance.  Yang dimana taman ini di desain dengan sumbu menghadap ke arah rumah dinas walikota semarang pada jaman dulu, yang sekarang sudah berubah menjadi markas kasdam.

23. Taman Srigunting

Taman Srigunting

  • Lokasi : Jl. Letjen Suprapto, Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Central Java, Indonesia
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : tempat sampah, tempat duduk, tempat makan

Taman Srigunting ini merupakan salah satu taman yang paling terkenal di kota Semarang Lama. Disini, kalian bisa nongkrong santai ditemani dengan jajanan lezat, dan juga berswafoto dengan background bangunan bersejarah seperti Gereja Blenduk.

Srigunting sendiri juga menjadi tempat nongkrong sambil berfoto ria setelah capek keliling Kota Lama yang cukup luas. Taman Srigunting sungguh nikmat dilihat karena taman ini terlihat sangat bersih dan asri dengan pohon-pohon rindang di sekelilingnya. Tempat sampah organik dan non organik juga terlihat di beberapa spot taman. Dijamin nyaman deh bersantai di taman ini.

24. Taman Unyil

Taman Unyil

  • Lokasi : Bandarjo, Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, musholla, wahana bermain anak, warung makan, MCK, tempat isitirahat

Seperti namanya, luas dari taman ini terbilang mungil karena hanya berukuran kurang dari setengah hektar. Naman ini lebih cocok bagi tempat bermain anak, karena menyediakan berbagai permainan sederhana khusus untuk anak anak, sehingga anak-anak dapat dengan bebas mengekspresikan keenergikannya.

Tak jarang, taman ini juga diadakan patroli untuk menertibkan kondisi taman supaya tidak di jadikan sebgai tempat ajang kencan lagi.

Dengan mengajak buah hati anda, dijamin si buah hati akan merasa puas bebas bermain di area taman, dan bagi para orang tua juga tak perlu khawatir karena tamannya yang mungil memudahkan anda untuk memantau anak – anak anda bermain di sini. Dan juga taman ini dikelilingi pagar pembatas setinggi 1 meteran.

25. Taman Djamoe Indonesia

Taman Djamoe Indonesia

  • Lokasi : Jl. Raya Semarang Bawen KM. 28, Kel. Bergas Kidul, Kab. Semarang, Kemloko, Bergas Kidul, Bergas, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 15.000
  • Jam Buka : 09.00-16.00
  • Fasilitas : musholla, tempat sampah, spot foto

Kebanyakan taman memang dijadikan sebagai tempat untuk bersantai dan menghilangkan penat, tapi lain halnya dengan Taman Djamoe Indonesia. Ketika anda berada disini, anda akan diajak untuk mempelajari segala hal tentang jamu.

Seperti namanya, taman ini adalah tempat dengan tanaman djamoe sebagai lokasi wisata. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk generasi penerus bangsa, mengingat generasi penerus bangsa akan jamu memang sangat kurang.

Dan dengan adanya taman ini diharapkan anak anak bisa belajar lebih banyak tentang berbagai macam tanaman jamu. Untuk kondisi tamannya sendiri cukup luas dan sangat nyaman serta di beberapa sudut terdapat spot foto menarik. Mengajak keluarga untuk berlibur di tempat ini merupakan keputusan yang sangat tepat, sembari berwisata, ilmu pun akan bertambah.

26. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia bandungan

  • Lokasi : Jl. Gedongsongo No.KM 0,5, Beroken, Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00
  • Fasilitas : kamar mandi, warung makan, musholla, spot foto

Seperti namanya, taman ini menawarkan keindahan bunga di dalamnya. Namun ternyata tak hanya Bunga Celosia saja lho, disini juga terdapat bunga avender, diantus, viia besar, hebras dan lainnya. Warna-warni bunga ini tentu akan sangat terlihat menyenagkan.

Buat kalian para pecinta bunga, pasti kalian bakal betah deh di tempat yang satu ini. Berhubung tempatnya yang sangat instagramable banget, tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai spot foto menarik seperti spot landmark beberapa negara yang di dalamnya terdapat patung merlion (singapura), ada Menara effiel (perancis) dan kincir angin (Belanda), dijamin deh anda akan puas berfoto disana sampe mati gaya sekalipun!

27. Wisata Kampung Krisan Clapar

Wisata Kampung Krisan Clapar

  • Lokasi : Jl. Kendalisodo Bandungan, Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 08.00-1700

Satu lagi nih tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan akan bunga yaitu Wisata Kampung Krisan Clapar. Berbeda dengan Taman Bunga Celosia, tempat ini akan menawarkan keindahan dari amparan bunga krisan, plus suasana pedesaan yang masih asri. Tentunya dengan hawa yang sangat segar dan sejuk lantaran berada di kaki Gunung Ungaran.

Obyek wisata ini sendiri sebenarnya merupakan lahan pertanian kebun bunga krisan. Disini terdapat sekitar 20 jenis bunga krisan yang ditanam di 180 green house sederhana berkontruksi bambu dan beratap plastik bening ini.

Namun seiring berjalannya waktu, banyak orang yang mengunjungi kampung ini hanya untuk berfoto ria, bahkan ada beberapa orang yang mengambil gambar pre-wedding saat bunga krisan mekar. Berawal dari situlah, muncul ide untuk membuka wisata Kampung Krisan Clapar menjadi salah satu objek wisata seperti sekarang.

Menariknya lagi, setiap pengunjung juga dapat memotong bunga krisan nya sendiri lho, cukup dengan membayar Rp 2.500 anda sudah dapat memiliki satu tangkai bunga krisan. Satu hal lagi yang menarik, disini juga terdapat ratusan marmut, jadi kalian juga dapat bermain-main dengan ratusan marmut tersebut. Lucu ya!

28. Kampoeng Rawa

Kampoeng Rawa

  • Lokasi : Dekat Rawa Pening, Ambarawa, Semarang
  • Tiket Masuk : Rp 90.000 (Senin-Jumat) dan Rp 100.000 (Sabtu, Minggu dan Hari Libur)
  • Jam Buka : 08.00-19.00

Tempat wisata yang satu ini wajib dijadikan sebagai salah satu destinasti yang harus dikunjungi saat berlibur ke Semarang. Konsep tempat wisatanya cukup unik yakni memadukan antara wisata yang dibuat oleh penduduk dengan karya Tuhan yang begitu indah.

Sehingga terbentuklah wisata Kampoeng Rawa. Disini anda akan melihat indahnya pemandangan persawahan dan rawa yang begitu luas. Perlu diketahui bahwa kampung ini dikelilingi oleh 5 gunung sekaligus yaitu Gunung Merbabu, Gajah Mungkur, Gunung Merapai, Telomoyo serta dataran tinggi yang bernama Ungaran.

Jadi kebayang dong bagaimana panorama keindahan alamnya yang akan disjaikan nantinya. Tak hnaya itu saja, suasanya sejuk dan asri yang tersaji juga akan semakin membuat anda betah untuk singgah berlama-lama di lokasi wisata yang satu ini.

29. Desa Bejalen

Desa Bejalen

  • Lokasi : Desa Bejalen, Ambarawa, Kabupaten Semarang
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Percaya atau tidak, dahulunya desa ini merupakan pemukiman kumuh yang sekarang telah di sulap menjadi desa yang penuh dengan warna-warni. Walau dulunya berupa tempat yang kumuh dan tidak terurus, nyatanya desa ini mampu menjadi pusat perhatian dunia.

Bahkan, perubahan desa ini juga menyita dunia internasional. Banyak media asing yang berdecak kagum dengan masyarakat setempat yang telah berhasil merubah tempat ini.

Karena tempatnya yang sangat instagramable, tentunya kalian dapat berfoto ria, selain melakukan kegiatan berswafoto, disini kalian juga dapat melakukan kegiatan lainnya seperti menonton karnaval, bersepeda keliling desa, jalan-jalan keliling desa, naik perahu mengelilingi desa melalui sungai, ikut kompetisi foto, hingga mencicipi kuliner sedap yang disajikan masyarakat setempat. Wah asik ya!

30. Kampoeng Kopi Banaran

Kampoeng Kopi Banaran

  • Lokasi : Jl. Raya Semarang-Bawen KM 1,5, Gentong, Bawen, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 07.00-21.00

Fasilitas : arena bermain anak – anak, kolam renang, gazebo, lapangan tenis, taman buah, gedung pertemuan, flying fox, mushola, meeting room, griya Robusta, ATV, off road, outbond, wood ball penalty

Saat memasuki kawasan Kampoeng Kopi Banaran ini para pengunjung akan disambut dengan kehadiran Banaran Cafe yang di dalamnya banyak menyajikan acikan kopi sesuai selera, contohnya cappucino, espresso, robusta, hingga Banana coffee, semua dapat disajikan panas ataupun dingin. Selain kopi, disni juga menyajikan cokelat panas dan teh poci serta berbagai makanan lainnya.

Cukup dengan membayar tiket sebesar Rp 5.ooo anda sudah dapat memasuki kawasan kampung kopi ini, tapi jika anda hendak memanfaatkan berbagai wahana di dalamnya, anda harus membayar lagi sesuai dengan tarif yang dikenakan.

31. Klenteng Sam Po Kong

Klenteng Sam Po Kong

  • Lokasi : Jalan Simongan No.129, Bongsari, Semarang Barat, Bongsari, Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk :
    • Regular : Rp 8.000
    • Terusan : Rp 28.000
  • Jam Buka : 08.00-22.00

Klenteng selanjutnya yang akan kami bahas adalah Klenteng Sam Po Kong, fakta unik dari klenteng yang satu ini adalah tempat ibadah milik Kong Hu Cu namun didirikan oleh seorang Laksamana beragama islam, unik bukan?

Salah satu bukti bahwa Laksamana Zheng beragama islam yakni adanya penemuan tulisan yang mana bila diartikan akan berbunyi “mari kita mengheningkan cipta, dengan mendengarkan bacaan Al-Qur’an”.

Terlepas dari itu semua, selain difungsikan sebagai tempat peringatan serta pemujaan yang biasanya di lakukan umat kong hu cu ketika bersembahyang maupun berziarah, namun ternyata klenteng ini juga memang memiliki potensi untuk dijadikan salah satu tempat wisata di kota Semarang. Jadi tak heran kalo banyak wisatawan yang berkunjung ke klenteng ini hanya untuk sekedar berfoto atau bersantai sembari menikmati kemegahan dari klenteng ini.

32. Gereja Blenduk Semarang

Gereja Blenduk Semarang

  • Lokasi : Jl. Letjen Suprapto No.32, Tj. Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Sebenarnya gereja ini memiliki nama asli sebagai Gereja GPIB Immanuel (Gereja Prosestan Indonesia Bagian Barat), namun karena kubah dari bangunan ini berbentuk blenduk yang daam bahasa Jawa berbentuk bulat atau bundar, maka bangunan ini lebih sering disebut dengan nama Gereja Belnduk.

Bentuknya yang unik tersebut mirip sekali dengan seperti setengah bola terletak di belakang dua menara kecil membuat keseluruhan desain bangunan terlihat makin molek dan cantik. Untuk warna kubahnya sendiri berwarna coklat, dengan dinding yang berwarna putih bersih. Karena keunikan arsitekturnya, gereja ini sering kali dijadikan tujuan wisata sejarah dan wisata religi ketika berlibur di Semarang.

33. Masjid Agung Al-Mabrur Ungaran

Masjid Agung Al-Mabrur Ungaran

  • Lokasi : Jl. Ahmad Yani, Putotan, Sidomulyo, Ungaran Tim., Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Selain dikenal dengan nama Masjid Agung Al-Mabrur Ungaran, masjid ini juga memiliki nama lain yakni masjid IPHI. Masjid ini dibangun pada tahun 2010 yang berdiri di atas lahan 1550 meter persegi dengan luas bangunan 3200 meter persegi dan didirikan menghadapap ke Alun Alun Kabupaten Semarang serta berseberangan dengan rumah dinas Bupati Kabupaten Semarang.

Salah satu acara yang cukup menarik yang dilakukan di masjid ini yaitu diadakannya acara Khitmul Qur’an Kebangsaan pada peringatan kemerdekaan Indonesia ke 72 yang lalu. serta msajid ini juga menyelenggarakan pendidikan bagi anak anak melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an di masjid ini yang mengajarkan baca tulis Al-Qur’an untuk anak anak, serta tersedia pula kelas untuk penghafal Al-Qur’an. Tak jarang masjid ini diguanakan para wisatawan untuk rest area saat berlibur di kota Semarang sembari beribadah.

34. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah

  • Lokasi : Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Selain Masjid Agung Ungaran, Semarang juga memiliki masjid agung lainnya tepatnya di Sambirejo. Wisata religi memnag cukup banyak di kota ini salah satunya Masjid Agung Jawa Tengah yang diresmikan pada tahun 2006 oleh Presiden Susilo Bambang yudhoyono.

Masjid ini berdiri sangat megah lengkap dengan hiasan payung raksasa seperti di Masjid Nabawi, Madinah. Dan payung ini pun dapat membuka dan menutup secara otomatis, tergantung kebutuhan. Tentunya setelah melaksanakan ibadahn, anda dapat bersantai di masjid inisambil mengagumi arsitektur Masjid Agung ini.

Menariknya lagi, para pengunjung juga dapat menuju ke Menara Asmaul Husna yang terletak di atas ketinggian 99 meter. Disini para pengunjung dapat menyaksikan indahnya pemandangan Kota Semarang dari atas ketinggian. Tertarik untuk mencoba?

35. Masjid Kauman Semarang

Masjid Kauman Semarang

  • Lokasi : Jl. Aloon-Aloon Bar. No.11, Bangunharjo, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Lagi-lagi masjid agung memang tak lepas dari kota Semarang, karena masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Agung Semarang (MAS) atau Masjid Besar Semarang (MBS). Namun bagi masyarakat kota Semarang, masjid ini lebih akrab disebut dengan nama Masjid Kauman.

Berdasarkan cerita, masjid ini sangat kental akan nilai sejarahnya sebab masjid ini ini memiliki kaitan erat dengan berdirinya Pemerintah Kabupaten Semarang dan juga masjid ini  mempunyai banyak catatan sejarah sebagai pusat penyebaran tauhid. Tetapi, tidak diketahui secara pasti sejak kapan Masjid Agung Semarang ini dibangun.

Masjid yang berdiri kokoh di tengah hingar bingar aktivitas Pasar Induk Johar dan Pasar Yaik ini selalu padat dikunjungi oleh masyarakat setempat yang ingin beribadah atau pun para wisatawan yang ingin mengenal lebih lanjut asal muasal masjid ini berdiri.

36. Museum Ranggawarsita

Museum Ranggawarsita

  • Lokasi : Jl. Abdul Rahman Saleh No.1, Kalibanteng Kidul, Semarang Barat, Kalibanteng Kidul, Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 4.000
  • Jam Buka : 08.00-15.30

Selanjutnya beralih ke wisata sejarah edukasi yang pertama akan dibuka dengan Museum Ranggawarsita. Museum ini berdiri pada tahun 1975 sebagai gedung penyimpanan atau pengelolaan benda-benda berharga seperti fosil yang ditemukan di daerah Jawa. Namun museum ini baru diresmikan pada tanggal Juli 1989 oleh menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu Prof. DR Fuad Hasan.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, museum ini menyimpan banyak sekali koleksi benda-benda jaman dahulu. Diantaranya seperti patuh gajah jaman purba, koleksi tengkorak manusia modern atau Homo Erectus, lukisan manusia purba, miniatur atau diorama dimana letak wilayah yang disukai bagi kehidupan manusia purba, koleksi benda-benda jaman dahulu, dan banyak lagi lainnya.

Tak hanya itu, disini ternyata juga terdapat informasi sejarah tentang pengertian perkembangan Islam di tanah Jawa dan juga peninggalan tandu yang membawa Jenderal Soedirman ketika melakukan perang gerilya melawan penjajah Belanda. Jadi cukup lengkap untuk dijadikan sebagai objek wisata sejarah Indonesia.

Menariknya lagi, di hari tertentu museun ini mengadakan job fair ataupun pameran dengan htm yang berbeda dengan hari-hari biasa atau harga khusus.

37. Museum Rekor Dunia Indonesia

Museum Rekor Dunia Indonesia

  • Lokasi : Jl. Perintis Kemerdekaan No.275, Srondol Kulon, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 09.00-15.00

Tempat wisata sejarah edukasi yang cukup menarik di kota Semarang selanjutnya adalah Museum Rekor Dunia Indonesia. Museum ini sudah berdiri sejak 27 Januari 1990 dan mencatat lebih dari 1.200 rekor. Seperti namanya, museum ini bertugas menghimpun data dan memberikan anugerah penghargaan terhadap prestasi anak bangsa.

38. Museum Perjuangan Mandala Bhakti

Museum Perjuangan Mandala Bhakti

  • Lokasi : Bangunharjo, Jl. Mgr Sugiyopranoto, Barusari, Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-14.00

Saat anda sampai ke lokasi wisata anda akan disambut dengan bangunan klasik khas dari jaman Belanda, yup itulah Museum Perjuangan Mandala Bhakti. Museum ini merupakan museum perjuangan yang menyimpan beberapa koleksi mengenai data dokumentasi, senjata-senjata para TNI ketika perang baik yang tradisional sampai senjata modern.

Dan beberapa alat-alat yang digunakan untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.. Disini anda dapat dengan mudah menulusuri satu persatu tentang detail dari berbagai kondisi, karena memang museum ini terbagi menjadi beberapa ruangan yang memiliki isi yang berbeda seperti ruang peritiwsa, ruang sergam TNI, ruang cacat veteran, ruang senjata dan amunisi, ruang pelestarian kerja, dan ruang laskar wanita.

39. Museum Polri

Museum Polri

  • Lokasi : JL Sultan Agung, Komplek Akpol, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-15.00
  • Fasilitas : ruang pameran tetap, ruang untuk menyimpan koleksi, ruang khusus adminitrasi, ruang pemutaran film atau audio visual, kantin, toilet, musholla

Seperti namanya, museum ini menyimpan berbagai macam sejarah mengenai POLRI dari zaman dahulu hingga zaman sekarang. Disini para pengunjung akan berkesempatan untuk melihat aneka ragam koleksi.

Diantaranya seperti foto sejarah pasukan Bhayangkari dari masa lalu hingga sekarang, replika bom Bali, aneka buku dan majalah yang isinya juga tentang dunia kepolisian. Dijamin deh setelah anda berkunjung ke tempat ini wawasan anda akan lebih lengkap.

40. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

  • Lokasi : Jl. Stasiun No. 1, Panjang, Ambarawa, Panjang Kidul, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 (Anak-anak), Rp 10.000 (Rp 10.000)
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Sedikit bergeser dari kota Semarang, di Ambarawa ada museum unik nih namanya Museum Kereta Api Ambarawa. Tempat wisata ini memiliki objek wisata kereta api uap kuno yang bisa dinaiki wisatawan. Berkunjung ke tempat ini akan merasakan pengalaman menaiki mesin waktu yang membawa kembali ke masa lalu.

Salah satu kereta api yang masih aktif di tempat ini adalah kereta dengan lokomotif B 5112. Meski usianya sudah tua, namun kereta api yang sudah ada sejak zaman Belanda ini masih agah membawa wisatawan keliling berbagai daerah di sekitar Ambarawa.

41. Lawang Sewu

Lawang Sewu

  • Lokasi : Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 10.000, Rp 30.000 (Masuk Ruang Bawah Tanah)
  • Jam Buka : 07.00-21.00

Mengunjungi kota Semarang rasanya kurang tepat jika tidak singgah ke Lawang Sewu. Lawang Sewu merupakan salah satu obyek wisata Semarang Kota yang terinspirasi dari banyaknya pintu yang berada di bangunan ini, meskipun jumlahnya tidak sampai seribu.

Sedikit informasi mengenai Lawang Sewu, dahulu awalnya bangunan ini merupakan kantor NIS atau Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij yang kemudian beralih fungsi menjadi Kantor Djawatan Kereta Api Indonesia (DKARI) atau PT Kereta Api Indonesia hingga saat ini.

Tak hanya itu, bangunan ini juga pernah dijadikan sebagai Kodam IV/Diponegoro dan Kantor Wilayah Kementrian Perhubungan Jawa Tengah.

Terlepas dari itu semua, konon katanya, tempat ini dihuni oleh banyak makhluk astral, jadi banyak para pengunjungnya yang datang kesini hanya untuk membuktikan hal tersebut dan berwisata alam ghaib. Tertarik mencoba?

42. Tugu Muda Semarang

Tugu Muda Semarang

  • Lokasi : Barusari, Semarang Sel., Kota Semarang
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tak jauh dari lokasi Lwang Sewu, disana juga terdapat objek wisata lainnya, salah satunya adalah Tugu Muda Semarang. Tugu ini sangat terkenal dikalangan wisatawan sebab mengandung unsur sejarah yang sangat kental yaitu semangat juang para pahlawan yang tidak pernah padam untuk mempertahankan kemerdekaan RI.

Tugu ini pun didirikan sebagai bentuk penghormatan terhadap para pahlawan yang gugur dalam pertempuran lima hari di Semarang. Tugu ini mulai dibangun pada tanggal 10 November 1951 dan selesai pada tanggal 20 mei 1953 ayng merupakan rancangan dari Salim Hendro.

Di sekitar areal tugu juga dibangun taman dengan berbagai ornamen hias diantaranya ada air mancur, lampu-lampu, pohon cemara, serta duplikasi senjata bambu runcing. Sehingga Tugu Muda pun selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menikmati keindahan taman sekaligus mengenang sejarah para pahlawan.

43. Semarang Contemporary Art Gallery

Semarang Contemporary Art Gallery

  • Lokasi : Jalan Taman Srigunting No.5-6, Tj. Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 10.00-16.30 (Selasa-Minggu)

Sedikit sejaran mengenai bangunan ini dulunya merupakan bangunan dua lantai tempat tinggal Pastur L Prinsen sejak tahun 1822 dan sempat menjadi tempat ibadah umat Katolik sebelum Gereja Gedangan pada tahun 1875. Hingga tahun demi tahun bangunan gereja tersebut diruntuhkan dan dibangun bangunan lainnya.

Dan pada akhirnya di bangunlah Semarang Contemporary Art Gallery oleh Tuan Addler seorang arsitek belanda di tahun 1895.

Museum ini dibangun dengan sangat unik yang dimana di dalam bangunan ini sendiri para pengunnjungnya langsung akan disuguhi dengan berbagai katalog seni yang terpampang rapi di dinding. Selain itu tak jauh dari pintu masuk, terdapat sebuah tulisan layaknya prasasti tentang sejarah bangunan ini.

Gedung ini memiliki dua lantai, yang dimana di lantai satunya terdapat berbagai macam koleksi dan patung.

Untuk lantai duanya juga menyimpan berbagai hasil karya seni berupa pameran lukisan yang dibuat oleh para seniman terkenal yang dimana pada lantai dua ini kebanyakan seninya memiliki makna sebuah sindiran terhadap kondisi negara kita tercinta yang diutarakan dengan apik di atas coretan kanvas maupun kain sebagai media lukis.

Tak hanya itu, di lantai dua juga terdapat sebuah taman kecil hijau yang indah. Dimana halaman dalam ini sangat populer dikalangan para pengunjung yang datang, hal ini disebabkan karena adanya patung besar dan unik seolah-olah sudah menjadi icon dari galeri.

44. Old City 3D Trick Art Museum Semarang

Old City 3D Trick Art Museum Semarang

  • Lokasi : Jl. Letjen Suprapto No.26, Tj. Mas, Semarang Utara, Kota Semarang
  • Tiket Masuk : Rp 40.000
  • Jam Buka : 10.00-22.00

Berwisata ke kota lama Semarang sekarang tak hanya melihat gedung bersejarahnya saja, namun saat ini terdapat objek wisata baru yang mampu menyegarkan kondisi si kota lama ini yaitu Old City 3D Trick Art Museum Semarang. Seperti namanya, disini anda dapat menikmati koleksi ilusi mata sambil selfie alias narsis.

Museum ini menawarkan wisata dengan berbagai macam gambar 3 dimensi yang bisa dijadikan sebagai latar belakang berswafoto. bahkan disini juga terdapat foto yang memberikan ilusi pengunjung bertemu degan Justin Bieber dan Cristiano Ronaldo.

Sepintas, tempat wisata yang satu ini mirip dengan museum unik yang berada di Jakarta yang bernama Alive Museum Ancol. Namun disini terdapat beberapa tema background foto yang ada disini yaitu kartun, ikon dunia, artis, dan petualangan. Jika kebingungan mencari sudut pandang foto yang bagus, ada staf museum yang siap membantu Anda.

45. Monumen Palagan Ambarawa

Monumen Palagan Ambarawa

  • Lokasi : Jl. Mgr. Sugiyopranoto, Panjang Lor, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00

Monumen ini merupakan monumen yang dibangun sebagai simbol atau tanda untuk mengenang tentang terjadinya perjuangan pertempuran Ambarawa yang terjadi pada tanggal 12 sampai 15 Desember 1945 di saat lampau.

Di monumen ini banyak sekali terdapat relief tentang terjadinya perang saat di Ambarawa. Semua reliefnya sangat lengkap, mulai dari awal hingga akhirnya Jendral Sudirman memenangkan pertempuran melawan penjajah.

Monumen ini sendiri diresmikan pada tahun 1973 oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Soeharto. Monumen ini juga menyimpan berbagai macam alat pertempuran yang digunakan pada saat perang dahulu. Selain itu, disini anda juga dapat menjumpai seragam yang digunakan oleh entara Belanda ataupun Jepang saat perang dengan detail.

Menariknya lagi di luar monumen juga teradapat tank dan pesawat yang digunakan saat perang jaman dahulu. Selain sebagai tempat wisata bersejarah si Monumen Palagan Ambarawa ini, tentu saja tempat ini juga bagus untuk melakukan kegiatan berswafoto.

46. Bonbin Mangkang atau Taman Margasatwa

Bonbin Mangkang atau Taman Margasatwa

  • Lokasi : Kelurahan Sumberejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : kereta mini, waterboom anak, bebek air, museum pesawat

Seperti namanya, tempat wisata yang satu ini merupakan kebun binatang yang menyimpan segala jenis binatang darat dan air di dalamnya, dan bonbin sendiri merupakan sebuah singkatan dari Kebun Binatang. Namun keunikan dari tempat yang satu ini ialah selain anda melihat berbagai binatang, anda juga mendapatkan pemandangan yang hijau dan asri.

Bonbin Mangkang sendiri mempunyai konsep yang terbilang unik yakni perpaduan antara kebun binatang dan taman hiburan. Jadi selain anda melihat binatang, anda juga dapat melakukan kegiatan lain seperti melihat atraksi dari berbagai binatang, menaiki bebek air, hingga bermain di dalam waterboom.

Namun perlu dicatat ya, kalau waterboom yang disediakan di tempat ini hanya dikhususkan untuk anak-anak.

47. Benteng Pendem

benteng pendem semarang

  • Lokasi : Bugisari, Lodoyong, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.30-16.30

Jika kalian sudah berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa, maka tempat ini tak jauh dari lokasi benteng tersebut. Objek wisata ini sendiri memiliki nama asli Fort Willem I, namun oleh masyarakat setempat bangunan itu disebut dengan Benteng Pendem yang berarti Benteng yang terpendam.

Disebut demikian karena pada awalnya benteng ini berada di permukaan tanah yang terkubur yang berfungsi sebagai salah satu strategi melawan musuh. Untuk umur benteng ini sudah lebi dari satu abad, karena memang sudah berdiri sejak tahun 1834.

Meskipun benteng ini terlihat sangat tidak terawat dan banyak ditumbuhi dengan lumut dan tenaman merambat, para wisatawan tetap mengunjungi benteng ini karena hal itu lah yang menjadi daya tarik dari tempat ini karena membuatnya tampak instagramable dan unik. Tak heran, tempat ini pun menjadi buruan para traveler yang hoby fotografi.

48. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang

  • Lokasi : Jalan Letnan Jenderal Suprapto, Tanjungmas, Semarang Utara, Semarang
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Simpang lima adalah jantung dari Kota Semarang, karena menghubungkan berbagai jalan utama di kota Semarang sendiri. Dan salah satu lokasi wisata yang dekat dengan simpang tersebut adalah Kota Lama Semarang yang dimana merupakan pusat perdagangan pada abad 19-20.

Kawasan kota lama ini dijuluki sebagai “Little Netherland” karena emiliki 50 bangunan kuno yang secara umum mengikuti arsitektur khas Eropa yang terlihat dari bentuk serta ornamen-ornamennya dan berdiri di atas lahan seluas 31 hektar.

Beberapa bangunan yang menjadi favorit latar belakang foto adalahGereja Blenduk dan Susteran Ordo Fransiskan. Kedua bangunan ini merupakan peninggalan yang telah berdiri lebih dari 100 tahun. Yang dimana arsitektur asli dari bangunan di kota ini masih dijaga sampai sekarang. Sehingga akan menampilkan pemandangan yang mengingatkan dengan Indonesia pada tempo dulu.

49. Simpang Lima Semarang

Simpang Lima Semarang

  • Lokasi : Jl. Simpang Lima, Pleburan, Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Setelah mampir ke objek wisata yang ada di dekat simpang lima, kini saatnya kita mampir ke simpang limanya sendiri. Alun-alun kebanggaan warga Kota Atlas ini berada di pusat kota dan tentunya hal itu sangat mudah diakses dari mana saja.

Disini kalian dapat melakukan berbagai macam aktivitas lho, mulai dari yang bisa dilakukan sendiri maupun beramai-ramai. Asiknya lagi, untuk anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk melakukan kegiatan tersebut, atau bahkan anda dapat menikmati wisata Simpang Lima Semarang tanpa keluar biaya sama sekali.

Penasaran apa aja yang dapat anda lakukan di simpang lima ini? Yuk langsung mampir aja ke Simpang Lima Semarang!

50. Wisata Alam Wana Wisata Penggaron

Wisata Alam Wana Wisata Penggaron

  • Lokasi : Desa Susukan, Susukan, Ungaran Timur, Siroto, Susukan, Ungaran Tim., Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 6.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00

Mencari tempat liburan yang menyuguhkan suasana alam terbuka? Datang saja ke Wisata Alam Wana Wisata Penggaron. Seperti namanya, tempat wisata ini merupakan tempat wisata berlibur bersama keluarga dengan menikmati suasana hutan alami.

Seperti halnya hutan alami pada umumnya, tempat ini memiliki jenis spesies burung, sehingga para pengunjungnya dapat mendengar harmonisasi kicauan dari para burung di tempat ini, sebut saja adalan kembang dan birah, elang, merak hijau serta beberapa raptore migran, mereka semua merupakan beberapa burung dari 97 spesies lebih burung yang hidup di dalam hutan ini.

Tempat wisata ini memiliki luas sekitar 1500 hektar serta didalamnya jalannya sudah beraspal. Ketika anda sampai ke lokasi wisata ini anda akan disambut dengan arena permainan anak yang kondisinya begitu mengenaskan atau tak terurus.

Namun jangan khawatir, tepat di sebelah arena permainan terdapat jalan setapak menuju puncak. Sesampainya di puncak anda akan dimanjakan dengan pemandangan seluruh area hutan dan sawah penduduk serta jalan tol bawen-semarang yang tentunya lokasi tersebut sangat cocok sebagai tempat mengambil foto dengan latar belakang pemandangan alam yang indah.

Setelah puas memandangi pemandangan di atas puncak, para pengunjung juga dapat melanjutkan perjalanan menuju lapangan golf, yang tak kalah indah menyuguhkan pemandangan hamparan lapangan hijau luas yagn dahulunya sempat digunakan untuk bermain golf. Pemandnagan seperti ini mampu membuat siapa saja betah untuk berlama-lama singgah.

51. Watu Gunung

Watu Gunung

  • Lokasi : Lerep Satu, Lerep, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket masuk : Rp 20.000
  • Jam Buka : 08.00-16.00
  • Fasilitas : kolam renang, danau buatan, pemancingan, restoran, penginapan, gazebo, sungai buatan, warung makan, area parkir, toilet, pendopo

Watu gunung ini sering disebut juga sebagai Kolam Renang Lerep adalah sebuah tempat wisata yang menyuguhkan konsep wisata alam dan pegunungan. Berbagai aktivitas dapat anda lakukan disini seperti memancing, berswafoto hingga berenang.

Asiknya lagi, ketika anda berenang disini anda akan ditemani oleh ikan-ikan hias yang tentunya akan sangat menarik untuk dilihat. Terlebih lagi suasana yang tercipta disini sangat segar dan nyaman semakin membuat siapa saja betah untuk menyelusuri sudut-demi sudut si Watu Gunung ini. Penasaran? Langsung saja yuk, liburan ke kota Semarang.

52. Kolam Renang Bukit Lerep Indah

Kolam Renang Bukit Lerep Indah

  • Lokasi : Leureup, Lerep, Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 7.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00
  • Fasilitas : kolam renang, gazebo, ruang ganti, toilet, villa atau penginapan, meeting room, aula

Menghabiskan libur akhir pekan dengan berenang sepertinya kegiatan yang menyenangkan. Namun di era sekarang, sangat susah untuk menemukan kolam renang yang masih murni dan segar, sehingga membuat kepuasan berlibur menjadi berkurang.

Eits jangan khawatir Kolam Renang Bukit Lerep Indah ini menyediakan kolam renang dengan air yang selalu terjaga, sehingga kesegarannya akan tetap segar karena selalu diperhatikan.

Selain itu, keunggulan dari kolam ini adalah airnya menggunakan air yang bersumber dari alam pegunungan. Seperti namanya, kolam ini juga berada di area perbukitan yang indah dan eksotis, dijamin deh anda akan puas berenang disini.

53. Jungle Toon Waterpark

Jungle Toon Waterpark

  • Lokasi : Jl. Bukit Wahid Boulevard, Gedongsongo, Manyaran, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk :
    • Weekdays : Rp 20.000
    • Weekend : Rp 30.000
    • Member : Rp 250.000 *per bulan
  • Jam Buka : 08.00-17.30
  • Fasilitas : Kolam renang dewasa dan anak-anak, Perosotan, Waterpark, Taman bermain, Paly Groud, Fitnes Centre, Whir pool, Waterboom, Mushola, Tempat makan atau kantin, Kamar mandi, tempat ganti pakaian, dan toilet, Tempat santai, Area parkir, Pelampung renang

Selanjutnya ada tempat wisata rekreasi keluarga yaitu Jungle Toon Waterpark. Untuk areanya sendiri, tempat wisata ini sangatlah luas dengan menyediakan wahana dan fasilitas yang sangat memadai. Jadi sangat cocok dijadikan tempat untuk berlibur anda bersama keluarga anda.

54. Kolam Renang Tirto Argo Siwarak

Kolam Renang Tirto Argo Siwarak

  • Lokasi : Lerep, Jl. Tirto Argo, RT.04/RW.08, Brangkah, Nyatnyono, Ungaran Bar., Ungaran Barat, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk :
    • Hari senin : Rp 15.000
    • Hari selasa – rabu : tutup ( Pembersihan kolam renang  )
    • Hari kamis – minggu : Rp 15.000
    • Sewa  loker : Rp.5000
    • Sewa ban : Rp 5000
  • Jam Buka : 06.30-17.30 (Kamis-Senin)
  • Fasilitas : toilet, kamar ganti, kamar bilas, penitipan barang, mushola, loker, tempat makan, kolam ikan, spot foto, plosotan spiral mini, plosotan lurus, plosotan yang lebar, ember tumpah, kolam renang

Kolam renang yang satu ini memiliki banyak sekali kolam yang tersebar diseluruh sisi tempat wisatanya. Yang dimana terbagi menjadi dua golongan yaitu, kolam renang dewasa dan anak-anak.

Untuk kolam renang dewasa disediakan seluncuran yang lumayan tinggi dan untuk kolamnya merupakan kolam renang yang terluas dari pada yang lain. Sedangkan untuk kolam renang anak dilengkapi dengan permainan mini waterboom yang dapat membuat si anak bergembira seharian bermain air disini.

55. The Fountain Water Park

The Fountain Water Park

  • Lokasi : Jalan Bima Sakti Raya No.16A, Kelurahan Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kamang-tengah, Lerep, Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 15.000
  • Jam Buka : 06.00-18.00
  • Fasilitas : outbound, kolam renang, restaurant, wahana permainan air, kolam renang, ember tumpah, mainan panjatan dan perosotan, ring basket dan bola plastik, lapangan, joglo

Selain letaknya di daerah lereng gunung, kolam ini juga memiliki keistimewaan lain yaitu mempunyai desain yang  sangat menarik, dimana para pengunjungnya bisa bermain di kolam renang maupun bersantai di tepi kolam dengan bebas.

Dan disini, ada 4 kolam yang tersedia yang mempunyai kedalaman yang berbeda dan di tata secara unik dan terpisah. Untuk kedalaman kolam diantaranya mulai dari 30 cm, 50 cm, 100 cm hingga 150 cm. Dengan begitu, para pengunjung yang membawa buah hati ttidak perlu khawatir akan keselamatan anak mereka, karena untuk mengawasi mereka saat bermain sangat mudah.

Jika anda ingin menikmati wahana rekreasi yang lain, disini juga menyediakan wahana outbound bagi anda para pecinta berbagai macam permainan yang menantang. Dan setelah anda puas menikmati seluruh wahana yang ada, anda juga dapat bersantai dengan menyantap kuliner menggoda yang disediakan resto The Fountain Water Park ini, wah lengkap ya guys.

56. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

  • Lokasi : Kawasan Wisata Umbul Sidomukti, Sidomukti, Bandungan, Jimbaran, Bandungan, Manggung, Jimbaran, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-24.00

Umbul Sidomukti merupakan sebuah tempat wisata rekreasi keluarga yang berada di atas ketinggian 1.200 mdpl yang sangat cocok digunakan sebagai tempat wisata di Semarang yang asik dan menarik untuk mengisi libur akhir pekan.

Berbagai kegiatan dapat anda lakukan disini, mulai dari camping, main flying fox atau sekadar duduk-duduk santai sambil minum kopi, bahkan berenang di kolam yang langsung menghadap ke pemandangan di atas dataran tinggi.

Karena lokasinya yang berada di dataran tinggi, tentu saja kawasan wisata ini mempunyai cuaca yang lebih sejuk daripada tempat wisata lain di Semarang bawah.

57. Bukit Cinta Ambarawa

Bukit Cinta Ambarawa

  • Lokasi : Kebondowo, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 6.000 (Weekdays), Rp 7.500 (Weekend)
  • Jam Buka : 08.00-18.00
  • Fasilitas : warung  makan, perahu, gubuk

Hey instagramer, kalian wajib banget nih mengunjungi tempat wisata yang satu ini sebab, Bukit Cinta Ambarawamemiliki banyak sekali spot-spot keren yang akan memanjakan kalian semua untuk membidikkan lensanya dan berswafoto ra atau sekedar bersantai sembari menikmati udara dan pemandangan yang indah.

58. Jembatan Biru Sumurup Rawa Pening

Jembatan Biru Sumurup Rawa pening

  • Lokasi : Dusun Sumurup Desa Asinan Bawen Semarang 50661, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 2.000 (Parkir Kendaraan)
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Liburan akhir pekan emang pas banget untuk berjalan-jalan menikmati pemandangan alam yang indah sembari berswafoto. Tapi, wisata yang keran serta murah di kota Semarang dimana ya? Eits, nggak usah bingung guys datang aja ke Jembatan Biru Sumurup Rawa pening, disini belum dikenai biaya retribusi jadi kamu bisa sepuasnya menikmati setiap sudut dari jembatan ini tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Seperti namanya, jembatan ini memiliki warna dominan biru sehingga dinamakan Jembatan Biru. Di tempat ini kamu dapat menikmati indahnya pemandangan Rawa Pening serta deretan pegunungan yang menawan.

Sejuknya udara disini tentunya menjadikan kenikmatan tersendiri untuk merileksasikan diri apalagi bagi kamu yang setiap harinya sibuk bekerja, maka pas banget deh jalan-jalan di kawasan wisata Jembatan Biru Tuntang ini.

Disini juga terdapat spot incaran para pengunjung yaitu spot foto panggung cinta. Disini kamu dapat melakukan swafoto dan akan lebih romantis jika mengunjungi tempat ini bersama pasangan. Bagaimana? Cukup seru bukan?

59. Kebun Durian dan Wisata Edukasi Watu Simbar

Kebun Durian dan Wisata Edukasi Watu Simbar

  • Lokasi : Jl. Mr. Koesbiono Tjondro Wibowo, Kecamatan Gunung Pakis, Pakintelan, Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 (Weekdays), Rp 7.500 (Weekend)
  • Jam Buka : 09.00-16.00
  • Fasilitas : gazebo, area bermain anak, joglo, tempat ibadah, toilet, kolam renang, kolam pemancingan, flying fox, wisata kuliner, rumah berukir

Seperti namanya, tempat wisata ini memiliki kebun durian yang sudah berdiri sejak tahun 1989 yang dimana baru dibangun menjadi kawasan wisata agronomi sekitar tiga tahun yang lalu.

Namun, tempat wisata ini tak hanya menyuguhkan wisata duriannya saja, melainkan disini juga terdapat kebun buah Naga-nya lho! Bahkan anda juga dapat menjumpai deretan tanaman buah Nanas Merah di sepanjang tepi jalan.

Untuk pohon duriannya sendiri, tempat ini memiliki lebih dari 50 jenis buah durian lokal yang semuanya diberi nama unik seperti durian petruk, durian doyong, hingga durian bejo. Dan untuk durian favorit para pengunjung adalah durian glawer dengan rasa sangat manis namun agak pahit.

Tak hanya itu, disini juga terdapat durian dengan rasa yang unik yaitu durian bawang yang dimana memiliki rasa manis-pedas. Penasaran kan? Sama saya juga hehehe.

60. Susan Spa & Resort

Susan Spa & Resort

  • Lokasi : Jalan Gintungan Utara, Dusun Piyoto, Bandungan, Deso, Jetis, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 25.000
  • Jam Buka : 08.00-22.00
  • Fasilitas : kolam renang, taman, kapel, spa, sauna, jacuzzi, cafe, hotel dan resort

Dibangun di atas tanah yang berada di ketinggian 1.100 mdpl ini memiliki hamparan pegunungan serta rimbunan pepohonan yang menciptakan hawa sejuk dibandingkan dengan cuaca panas yang kerap kali terasa pada Kota Semarang.

Sekilas dari bagian depan, pengunjung akan melihat bangunan resort nan megah dan mewah dengan beberapa tanaman cantik yang menghiasi bangunan tersebut. Masuk kedalam, pengunjung akan menjumpai sebuah bangunan yang mempunyai gaya arsitektur dan interior yang begitu elegan.

Di tempat ini pengunjung tak hanya bisa menginap maupun spa saja, tetapi, disini para pengunjung juga bisa menghabiskan waktu baik berkumpul bersama keluarga di taman yang hijau dan teduh lengkap dengan beberapa saung dan spot foto yang keren abis, berenang di kolam, berolahraga di sport area, atau bahkan hanya sekedar bernarsis ria di depan kapel maupun pelataran yang menjorok menghadap ke hamparan pegunungan.

Kapel dengan nama lakana ini tak hanya digunakan untuk prosesi pemberkatan saja, tetapi juga bisa di sewa bagi kalian yang kebetulan ingin melakukan sesi pengambilan gambar pre-wedding, hingga pesta pernikahan di ballroom yang juga terdapat disana.

61. Setiya Aji Flower Farm

Setiya Aji Flower Farm

  • Lokasi : Jl. Kendalisodo, Dusun Ngasem Lor, Desa Jetis, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang
  • Tiket Masuk : Rp 7.500
  • Jam Buka : 07.00-18.00

Di Semarang masih ada tempat wisata yang menyuguhkan hamparan bunga yang indah lho, tepatnya ada di Setiya Aji Flower Farm. Disini anda akan disuguhkan dengan ribuan bunga krisan berwarna-warni yang cantik dan indah yang tentunya sangat cantik untuk dijadikan sebagai latar belakang berfoto anda.

Jadi para kalian instagramer, lagi-lagi anda harus wajib untuk mengunjungi lokasi wisata ini. Dan jangan lupa mengenakan warna baju yang kontras dengan warna bunga agar hasil jepretan kamera Anda menjadi instagenic!

62. Bantir Hills

Bantir Hills

  • Lokasi : Jalan Bantir, Desa Losari, Kec. Sumowono, Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 10.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : spot foto, area parkir, gardu pandang, rumah pohon, jembatan pohon, spot sunset, taman, gembok cinta, gazebo, camping ground

Semarang memang tak kehabisan akal untuk menyajikan tempat hunting foto bagi para warganya. Sebut saja Bantir Hills, tempat wisata ini menyuguhkan tempat hunting foto yang keren berlatar alam perbukitan dan pepohonan hijau. Dan tempat wisata ini juga sudah dilengkapi dengan rumah pohon yang tak pernah luput dari pandangan para pengunjungnya.

Jika anda ingin liburan ke kota Sukabumi, kunjungi juga Tempat Wisata di Sukabumi yang tak kalah bagus.

63. Wisata Eling Bening

Wisata Eling Bening

  • Lokasi : Jl. Sarjono, Bawen, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 15.000
  • Jam Buka : 09.00-21.00

Fasilitas : estoran, kolam renang, meeting room, tempat outbound, camping ground, spot foto, archery area, children play ground, hill tracking area, stage ceremonial and shows, flying fox

Salah satu tempat wisata di kota Semarang yang lagi hits adalah Wisata Eling Bening. Tempat wisata ini berada di atas perbukitan yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan eksotis. Disini anda juga dapat melihat hamparan rawa pening yang luas serta deretan pegunungan yang sungguh cantik menawan.

Letaknya yang berada di atas ketinggian membuat suasana yang tercipta di lokasi wisata ini sangatlah sejuk dan pastinya akan membuat Anda betah berlama-lama disini. Berbegai fasilitas pendukung juga menjadi nilai tambah sendiri untuk tempat wisata yang satu ini. Dijamin deh, anda tidak akan bosan untuk menelusuri setiap sudutnya dari Wisata Eling Bening ini.

64. Hutan Pinus Kayon

Hutan Pinus Kayon

  • Lokasi : Dusun Krangkeng, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Ternyata Semarang juga memiliki hutan pinus yang tak kalah cantik dari hutan pinus kota linnya lho yaitu Hutan Pinus Kayon. Disini kalian dapat melakuakn kegiatan berswafoto dengan latar belakang yang sangat eksotis.

Pintar-pintar saja mengambil angle yang fotogenik anda akan mendapatkan foto yang luar biasa indah nantinya. Tak hanya itu, sembari melakukan kegiatan berswafoto Anda juga dapat menikmati pemandangan yang menyejukkan mata dan udara yang menyegarkan, hal itu tentunya akan membuat kegiatan berswafoto anda semakin nyaman dan betah untuk menghabiskan waktu di tempat ini.

65. Bukit VW

Bukit VW

  • Lokasi : Jl. Sambiroto Raya, Tembalang, Kota Semarang
  • Tiket Masuk : Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkri Mobil)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tak kehabisan akal, kali ini Semarang akan menyuukan tempat foto yang instagenic dengan menyuguhkan deretan uluhan mobil bekas tahun 70-an bergaya retro yang berjajar rapi diatas bukit yaitu Bukit VW. Daya tarik utama dari tempat ini adalah pemandangan yang keren dan bagus dengan latar aneka mobil bekas tersebut.

Oleh sebab itu, banyak para pengunjung yang datang hanya untuk mengambil foto atau sekedar menikmati keindahan di lokasi. Hal menarik lainnya, disini anda juga dapat mendapatkan moment foto yang bagus bersamaan dengan terbit atau terbenamnya matahari di lokasi bukit VW.

66. Kampoeng Wisata Taman Lele

Kampoeng Wisata Taman Lele

  • Lokasi : Jalan Siliwangi, Tambakaji, Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 2.000 (Weekdays), Rp 3.500 (Weekend)
  • Jam Buka : 08.00-17.000
  • Fasilitas : azebo, sepeda air, berbagai pemainan anak, kolam renang

Selanjutnya ada tempat berlibur keluarga yaitu Kampoeng Wisata Taman Lele. Tempat wisata ini berdiri di atas lahan yang memiliki luas lebih dari 2 hektar yang memiliki kolam buatan yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk memberi kemudahan bagi seluruh pengunjungnya.

Bahkan ditempat ini juga terdapat beberapa satwa peliharaan yang dipamerkan seperti merak, berbagai jenis burung, buaya, dan ular python.

67. Banjir Kanal Barat

Banjir Kanal Barat

  • Lokasi : Gedung Amsterdam Kost, Jl. Gedung Batu Tim. No.203G, Ngemplak Simongan, Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Banjir Kanal Barat merupakan salah satu tempat tongkorang baru anak muda di kota Semarang. Dahulunya tempat ini merupakan waduk yang berfungsi sebagai pencegah banjir, namun kini tempat tersebut telah dipercantik sehingga sering dijadikan sebagai tempat tongkorangan para pemuda kota Semarng.

Lokasinya yang strategis dan memiliki kondisi yang luas, indah dan bersih membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi setiap hari nya, khusunya pada saat sore hari dan malam. Suasana sejuk yagn dihiasi dengan kelap kelip lampu jembatan dan bangunan di sekitar, menambah kecantikan banjir kanal.

Menariknya lagi, setiap tahun tepatnya di bulan Mei, di tempat ini sering diadakan Festival Banjir Kanal Barat, dimana festival ini menyuguhkan ribuan lampion yang diterbangkan pengunjung dari Banjir Kanal Barat. Keren ya!

68. Lesehan Dan Pemancingan Baron

Lesehan Dan Pemancingan Baron

  • Lokasi : Jalan Puri Anjasmoro Blok N1 Tawangsari, Tambakharjo, West Semarang, Semarang City, Central Java
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 10.00-21.00 (Selasa-Minggu)

Bagi kalian yang memliki hobi memancing, anda wajib datang ke Pemancingan Baron. Disini anda dapat menikmati matahari tenggelam di sisi terbuka sebelah barat, karena lokasinya yang berada di dekat bandara Ahmad Yani, jadi anda pun dapat menjumpai menyaksikan pesawat yang sedang landing maupun take off dengan pemandangan gunung Ungaran.

Setelah puas memancing, anda juga dapat langsung memanjkan perut anda di lesehan baron ini yang menyajikan beberapa makanan unggulan terbuat dari ikan. Mantap!

69. Semarang Night Carnival (Malam hari/malam)

Semarang Night Carnival

  • Lokasi : Semarang Kota
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : Malam Hari

Semarang Night Carnival (Malam hari/malam) merupakan kegiatan tahunan yang digelar untuk memperingati hari lahir kota Semarang. Event ini telah diadakan sejak tahun 2010 yagn terus berlangsung hingga saat ini. Dalam event ini biasanya akan menampilkan tiga corak budaya, yaitu Jawa, Arab, dan Cina. Yang dimana hal itu merupakan etnis yang paling mendominasi di kota Semarang.

Tak hanay itu, event ini juga mengundang penampilan dari negara tetangga, diantaranya Korea Selatan, Malaysia, Sri Langka, Thailand, dan Taiwan, mereka semua turut memeriahkan acara ini. Mernarik bukan?

70. Brown Canyon

Brown Canyon

  • Lokasi : Rowosari, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Ini dia tempat wisata di kota Semarang yang terbaru dengan pemanfangan yang eksotik dan keren. Jika Amerika Serikat punya Grand Canyon, maka Semarang juga mempunyai hal yang serupa namanya Brown Canyon. Pemandangannya boleh diadu! Meskipun kses jalannya yang tidak mudah, tetapi terbayar akan keindahannya. Keren deh!

71. Taman KB atau Taman Menteri Supeno

Taman KB atau Taman Menteri Supeno

  • Lokasi : Jl. Menteri Supeno, Mugassari, Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Seperti taman pada umumnya, taman ini juga memiliki suasana yang asri arena ada banyak tanaman dan pepohonan yang cukup menjulang. Tempat ini biasa dimanfaatkan oleh warga setempat sebagai tempat untuk berteduh saat panas siang menerjang Semarang.

Disini, anda juga mencicipi jajanan khas Semarang yang dijajakan di sekitar lokasi taman. Taman ini juga seru untuk menghibur anak-anak karena ada beberapa wahana bermain seperti ayunan, mobil hias dan lainnya.

72. Taman Pandanaran

Taman Pandanaran

  • Lokasi : Jl. Pandanaran, Mugassari, Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Taman berikutnya ada Taman Pandanaran yang diresmikan oleh Pemkot Semarang pada awal 2015. Disini terdapat patung Warak Ngendhog, dan berbagai hewan imajiner yang kerap muncul saat perayaan Dugderan. Untuk Patung Warak Ngendhog sendiri menjadi simbol pemersatu 3 etnis yang ada di Kota Semarang yakni Tionghoa, Arab, dan Jawa.

73. Taman Budaya Raden Saleh

Taman Budaya Raden Saleh

  • Lokasi : Jl. Sriwijaya No.29, Tegalsari, Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 06.00-21.00

Taman ini sering dikenal sebut sebagai TBRS yang dimana itu merupakan singkatan dari Taman Budaya Raden Saleh itu sendiri. Taman ini memiliki luas sekitar 90 ribu m2 yang merupakan pusat kegiatan kebudayaan dan kesenian di kota Semarang.

Taman ini memiliki pepohonan tua nan rindang serta aula yang sering dipakai untuk pertunjukan. Pad hari tertentu dan pada malam Jumat Kliwon atau malam Minggu sering diadakan pagelaran wayang dan juga pementasan teater yang dipentaskan oleh Teater Lingkar, seni drama dan pembacaan puisi.

74. Taman Madukoro

Taman Madukoro

  • Lokasi : Jl. Jenderal Sudirman, Cabean, Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Lain dari yang lain, ini adalah taman kota pertama dimana para pengunjungnya dapat bermain dengan burung Merpati yang hidup dengan bebas dan sengaja dipelihara di sana. Ini adalah salah satu trik dari pamkot Semarang untuk menarik perhatian warga maupun wisatawan agar datang ke taman Madukoro.

Disana terdapat ratusan ekor burung Merpati yang tinggal yang dimana para burung merpati tersbut tinggal di atas 3 sangkar burung (pagupon) dengan ketinggian 2 meter yang dibangun belum lama ini. Menarik ya!

75. Pasar Semawis

Pasar Semawis

  • Lokasi : Kranggan, Jl. Gg. Warung No.50, Kauman, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 18.00-23.00 (Jum’at, Sabtu, Minggu)

Puas berwisata di kota Semarang, kini saatnya untuk kita berburu kuliner di kota ini. Salah satu tempat yang menyediakan wisata kuliner yang lengkap ala kota Semarang adalah Pasar Semawis. Pasar ini masuk di wilayah pecinan yang merupakan gagasan dari perkumpulan Kopi Semawis (Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata).

Beragam kuliner menggoda disajikan di Gang Warung Pecinan ini seperti aneka sate, berbagai menu steamboat, nasi ayam, serabi, dan masih banyak lagi. Pasar yang berdiri dari sejak tahun 2004 ini memang sudah sangat terkenal akan berbagai kelengkapan sajian kuliner di dalamnya dengan harga yang cukup bersahabat.

76. Lumpia, Makanan Khas Semarang (Loenpia Mbak Lien)

Lumpia, Makanan Khas Semarang (Loenpia Mbak Lien)

  • Lokasi : Gang Grajen, Jl. Pemuda No.1, Pandansari, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Harga : Rp 11.000 – Rp 13.000
  • Jam Buka : 08.30-21.30

Berkunjung ke kota Semarang mesti tentunya anda harus mencicipi kuliner khas sana salah satunya adalah Lumpia. Makanan khas semarang ini  biasanya berisi rebung, telur dan tambahan special seperti daging ayam atau udang. Lumpia ini menjadi makanan favorit yang wajib anda jadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Semarang. Jadi jangan lupa ya untuk mecicipi kuliner khas yang satu ini!

77. Torakur

torakur

  • Lokasi : Jl. Sukorini No.51, Tangaran, Kenteng, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
  • Harga : Rp 15.000 – Rp 35.000
  • Jam Buka : 09.00-21.00

Makanan khas kota Semarng selanjutnya ada Torakur. Torakur merupakan manisan yang berbahan dasar tomat yang sering dijadikan sebagai kudapan buka puasa pengganti kurma. Torakur ini pertama kali di buat oleh Ibu Ngesti yang pada saat itu menginginkan agar tomat menjadi jauh lebih tahan lama. Dan terciptalah torakur ini. Hebat ya!

Nah itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di kota Semarang, selain terkenal akan lumpianya yang lezat ternyata di kota ini juga banyak sekali memiliki tempat wisata di dalamnya yang tak kalah menarik dari kota-kota lainnya.

Namun satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Semarang, semoga bermanfaat. Happy Holiday!

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Gorontalo

Dwi Okta
14 min read

Tempat Wisata di Salatiga

Dwi Okta
17 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *