Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Sukabumi

34 min read

Tempat Wisata di Sukabumi

Sukabumi merupakan sebuah kota yang berada di Porvinsi Jawa Barat. Kota ini juga merupakan salah satu kota dengan luas paling kecil di Jawa Barat namun uniknya kota ini juga menjadi kabupaten terbesar yang ada di Pulau Jawa. Nah, kali ini kami berkesempatan untuk membahas tempat wisata yang ada di kota Sukabumi, namun sebelum itu kenalan dulu yuk dengan kota yang satu ini.

Kota dengan sejuta warna ini memang benar adanya, pasalnya angkot di Sukabumi ini memiliki warna yang amat sangat beragam mulai dari mejikuhibiniu, hitam, putih, hijau ketupat dan hijau telur asin pun ada. Jadi jika anda sedang berada di Sukabumi dan kebingungan dengan nomor trayek jurusan anda, anda tidak perlu khawatir pasalnya jika anda bertanya orang lain, merka juga hanya menyebutkan warna dari angkot jurusan anda nantinya, unik ya!

Kota Sukabummi juga memiliki iklim yang sangat sejuk dikarenakan Sukabumi berada di antara dua gunung besar, yaitu Gunung Pangrango dan Gunung Gede. Pantas saja cuaca disana sejuk dan kadang bisa bikin menggigil. Sehingga Sukabumi juga memiliki julukan sebagai “Kota Kulkas”.

Bagi anda yang hobi travelling, Sukabumi menyimpan segudang wisata alam yang dapat anda kunjungi. Mulai dari wisata bahari, mendaki gunung, memacu adrenalin di arung jeram, atau sekedar piknik di alam terbuka bersama keluarga, semuanya ada. Selain wisata alamnya yang kaya, wisata lain seperti sejarah, bidaya, dan kulinernya pun juga ada lho. Penasaran?

Untuk itu, kami akan memeberikan beberapa referensi tempat wisata yang ada di Kota Sukabumi yang layak untuk anda kunjungi.

Konten

1. Curug Awang Sukabumi

tempat wisata sukabumi selabintana

  • Lokasi : Cibenda, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitsa : area parkir

Tempat wisata yang akan kami bahas pertama kali adalah Curug Awang Sukabumi. Jangan ngaku pernah ke Geopark Ciletuh jika belum pernah mengunjungi curug yang satu ini. Curug Awang Sukabumi juga merupakan curug terbesar dan menjadi trademark Geopark Ciletuh.

Curug ini memang berukuran sangat besara dan mampu membuat anda merasa seperti liliput ketika anda samapi di lokasi air terjun. Pemandangan di sekitar air terjun juga masih sangat terjaga dan alami. Meskipun berukuran raksasa, air terjun ini tidak memiliki debit air yang besar, namun cukup untuk membuat wajah dan badan anda basah jika berada di bawah air terjun ini.

Di area wisata ini juga terdapat berbagai macam paket wisata ke curug awang. Harganya pun cukup terjangkau dengan kisaran harga sekitar 700 hingga 800 ribu untuk 8 orang. Harga tersebut diambil dari penyedia paket wisata ke curug awang dan harga sewaktu waktu bisa berubah.

2. Air terjun Cikaso

tempat wisata sukabumi dekat stasiun

  • Lokasi : Desa Ciniti, Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk :
    • Kendaraan Mobil : Rp 27.000
    • Parkir Mobil : Rp 6.000
    • Pejalan Kaki : Rp 3.000
    • Kebersihan : Rp 2.000
    • Sewa Perahu : Rp 60.000
    • Toilet : Rp 2.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : penyewaan perahu, area parkir, toilet

Curug ini memiliki lebar sekitar 100 meter dengan ketinggian mencapai 30 meter. Curug Cikaso ini memiliki tiga saluran air yang semuanya langsung mengarak ke kolam alami yang ada dibawahnya.

Ketiga aliran airnya juga memiliki nama yang berbeda yakni urug Asepan yang berada disebelah kiri, Curug Meong yang berad di tengah, dan Curug Aki yang berada dibagian kanan. Panorama keindahan alamnya serta kesejukan yang ada di Curug Cikaso ini akan membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama disini.

3. Curug Cibeureum

Curug Cibeureum

  • Lokasi : Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 18.500
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Masih seputar air terjun, selanjutnya ada Curug Cibeureum. Curug yang memiliki tinggi 40 meter ini terlihat sangat eksotis dengan balutan tumbuhan merambat yang ada disekitarnya. Tak hanya itu, keindahannya juga ditambah dengan cucuran air jernih yang deras langsung mengarah ke kolam alami di bawahnya.

Untuk sampai ke lokasi air terjun anda harus melewati area taman nasional gede dengan jarak antara air terjun dan pintu masuk taman nasional adalah sekitar 500 meter serta anda harus menempuhnya dengan cara berjalan kaki.

4. Curug Sawer

paket wisata sukabumi

  • Lokasi : Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 07.00-18.00
  • Fasilitas : villa, toilet, musholla, kantin, jembatan

Selanjutnya ada Curug Sawer. Curug ini menjadi daya tarik wisata pada momen liburan panjang. Sebabnya, akses menuju kawasan ini sangat mudah dengan kehadiran jembatan gantung atau suspension bridge yang diklaim terpanjang di Asia, yakni 240 meter.

Di lokasi air terjunnya sendiri masih sangat terjaga kealamiannya terbukti dengan tidak adanya sampah di area wisata air terjun. Air terjun ini juga memiliki debit yang cukup deras dengan air yang cukup jernih, air terjun ini cocok dijadikan sebagai tempat libur anda bersama keluarga anda.

5. Curug Cimarinjung

tempat wisata di baros sukabumi

  • Lokasi : Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 09.00-17.00

Masih berada di kawasan Ciletuh Geopark. Pada awalnya kawasan wisata ini jarang dikunjungi karena akses jalannya yang cukup sulit, namun setelah dilakukan berbagai pengembangan dan promosi, destinasi wisata ini mulai kenal dan dikunjungi banyak orang.

Bahkan peneliti dari UNESCO sempat melakukan penelitian di tempat ini. Kondisi alam yang dimiliki Curug Cimarinjung ini sangat cocok bagi anda yang menyukai petualangan di alam bebas.

Debit air Curug Cimarinjung ini sangat besar serta berada di tengah lereng perbukitan batuan tertua di Jawa Barat dan di Pulau Jawa. Apalagi saat musim hujan tiba, debit yang dicurahkan air terjun ini akan bertambah banyak.

Uniknya lagi, air yang dikeluarkan air terjun ini berwarna coklat yang disebabkan adanya penambangan emas di hulu sungainya, selain itu berdasarkan catatan sejarah ternyata air Curug Cimarinjung ini juga sudah berwarna kecokelatan sejak jaman penjajahan Belanda.

6. Curug Cigangsa

tempat wisata sukabumi pondok halimun

  • Lokasi : Pasiripis, Surade, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 60.000 (Penyewaan Perahu), Rp 3.000 (Parkir Roda 2), Rp 14.000 (Parkir Roda 4)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : penyewaan perahu, area parkir, tempat sampah

Konon katanya Curug Cigangsa disebut-sebut merupakan andalan liburan bagi mereka dalam melepas beban pikiran karena akan mendapatkan keindahan alam yang sangat menenangkan. Curug ini juga memiliki ciri khas yang terletak pada tiga tingkatannya dan disebabkan karena adanya gempa. Kemegahan air terjun ini juga semakin terlihat eksoits dengan adanya tumbuhan merambat disekitarnya. Meski air yang dicurahkan tidak begitu jernih, namun tempat ini cocok dijadikan sebagai tempat bersantai dan menyegarkan pikiran.

7. Curug Sentral Kebandunga

tempat nongkrong di sukabumi

  • Lokasi : Kabandungan, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 07.00-17.00
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, penginapan, warung

Penamaan Curug Sentral diambil dari sejarah waktu penjajahan pemerintahan belanda yang sempat membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTU), dan PLTU ini sering disebut sebagai Sentral. Akhirnya air terjun yang berada di aliran sungai ini semuanya dinamakan Curug Sentral.

Sebeanrnya di aliran sungai ini terdapat beberapa curug namun semuanya dinamakan sebagai Curug Sentral, nah untuk membedakannya setiap air terjun diberi angka masing-masing, jadi sebutan untuk air terjun tersebut adalah Curug Sentral 1.

Curug Sentral 2, Curug Sentral 3 dan seterusnya hingga Curug Sentral 7. Curug Sentral Kebandunga dahulu dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik pada era kolonial Belanda.

8. Curug Sodong

wisata sukabumi ujung genteng

  • Lokasi : Komplek Geopark Ciletuh, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 3.000 per orang, Rp 3.000 (Parkir Motor), Rp. 5.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, toilet, warung kecil

Masih berada di kawasan Ciletuh Geopark sealnjutnya ada Curug Sodong. Curug ini memiliki ketinggian 2o meter. Sperti air terjun pada umumnya, air terjun ini juga menyuguhkan pemandangan berupa panorama alamnya yang indah serta di sekitaran air terjun yang  ditumbuhi pohon-pohon hijau nan rindang.

Selain nama Curug Sodong, cuurg ini juga memiliki nama lain yaitu Curug Kembar serta Curug Panganten. Nama curug kembar diambil karena curug ini mempunyai aliran yang sama atau kembar, serta serupa seperti sepasang pengantin yang sama-sama berpasangan.

Kekhasan laindari air terjun ini yaitu hembusan airnya yang cukup kuat, jadi bila anda ada pas didepan air terjunnya, jadi bajumu bakal cepat basah.

9. Curug Bibijilan

Curug Bibijilan

  • Lokasi : Unnamed Road, Purabaya, Cimerang, Purabaya, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 4.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 4.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 08.00-18.00
  • Fasilitas : flying fox, panjat tebing

Nama Bibijilan diambil dari bahasa sunda “Bijil” yang berarti “muncul”, sedangkan “bibijilan” berarti repetisi berarti “bermunculan”. Sesuai namanya, air mengalir dari bebatuan kapur dan jika dilihat dari kejauhan seperti bermunculan dari batu-batu kapur dengan percikan memutih.

Sesampainya di lokasi air terjun anda akan disambut dengan hutan pinus yang berada di sekitar Anda. Belum lagi gemericik air yang terlihat seperti berwarna hijau tosca dari kejauhan akan semakin menarik dikunjungi. Disini anda juga akan menjumpai kolam-kolam kecil yang nantinya mengarah ke aliran curug.

Curug ini juga dimanfaatkan masyarakat setempat untuk untuk kebutuhan mandi dan mencuci, namun tidak mereka konsumsi sebab airnya dianggap kurang layak untuk kebutuhan tersebut. Curug ini memiliki 3 tingakatan yang dapat Anda telusuri hingga tepat kebagian atasnya. Menariknya lagi, disini anda dapat melakukan flying fox dan panjat tebing, wah seru ya!

10. Curug Puncak Manik

Curug Puncak Manik

  • Lokasi : Cibenda, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 08.00-16.00 (Sabtu-Kamis)

Curug lain yang masih berada di kawasan Ciletuh Geopark adalah Curug Puncak Manik. Keistimewaan curug ini dibanding curug lain yang berada di Ciletuh Geopark adalah keberadaanya yang terletak diurutan teratas dari beberapa curug di aliran sungai Ciletuh.

Sehingga ketika anda berada di puncak, dapat menyaksikan beberapa curug lainnya seperti, Curug Awang dan Curug Tengah. Curug ini merupakan curug yang paling indah dan masih sangat alami jika dibandingkan dengan kedua curug lainnnya di aliran sungai ciletuh. Hijau dan sejuknya udara tidak lupa pula air yang jatuh 100 meter dari atas tebing membuat suasana semakin alami dan juga menenangkan.

11. Curug Tengah

Curug Tengah

  • Lokasi : Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 3.000 per orang, Rp 3.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 08.00-16.00 (Sabtu-Kamis)
  • Fasilitas : area parkir, toilet, saung makan, warung makan

Selanjutnya ada Curug Tengah dengan tinggi 5 meter yang juga berada di kawasan Ciletuh Geopark. Curug ini merupakan air terjun urutan kedua dari aliran Sungai Ciletuh setelah Curug Awang.

Sedikit berbeda dengan Curug Awang, curug ini memiliki pemandangan alam yang hijau serta terdapat danau yang terbentuk di bawah air terjun yang cukup luas dan bisa dimafaatkan sebagai tempat berenang, namun ada beberapa titik pada danau ini yang memiliki kedalaman yang sangat dalam, sehingga para pengunjung disarankan untuk selalu berhati-hati.

Hal unik lainnya, di sisi sebeah kiri air terjun juga terdapat air terjun kecil yang mengalir dengan jumlah debit airnya yang tak terlalu besar.

12. Curug Cikanteh

Curug Cikanteh

  • Lokasi : Desa Ciwaru, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin)

Curug ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, dan anda pun dapat membawa keluarga untuk bersama-sama menikmati keindahannya. Pemandangan dari Curug Cikanteh didominasi dengan pemandangan hutan dan sawah saat kita melewati rutenya.

Setibanya anda di lokasi air terjun anda akan disambut dengan percikan air yang  membasahi wajah dan rambut anda. Pemandangan sekitar yang masih sangat terjaga kealamiannya serta suasana sejuk khas pegunungn juga akan semakin membuat anda betah berada di tempat ini.

13. Curug Batu Tapak

Curug Batu Tapak

  • Lokasi : Desa Cidahu di kaki Gunung Salak, Sukabumi
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Curug ini letaknya cukup tersembunyi sehingga tidak banyak orang yang datang unutk mengunjunginya. Oleh karena itu area sekitar air terjun ini masih terlihat sangat alami dan jauh dari sentuhan manusia. Air terjun ini tidak terlalu tinggi namun memiliki debit air yang cukup besar. Tebing dari air terjun ini juga terbuat dari bebatuan besar yang tertumpuk.

Pemandangan semakin eksotis dengan adanya tumbuhan khas hutan yang tumbuh disekitar air terjun. Warna air dari air terjun ini berwarna bening kehijauan.

Kolam alami dibawah air terjun juga dapat anda manfaatkan sebagai kolam renang karena memiliki kedalaman yang pas untuk kegiatan berenang. Sekedar bersantai juga pas sembari menghabiskan waktu dan menenagkan pikiran dari ramainya kehidupan.

14. Curug Cirajeg Purabaya

Curug Cirajeg Purabaya

  • Lokasi : Neglasari, Purabaya, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-16.00

Berada tepat ditengah-tengah persawahan warga, curug ini nampak seperti selimut air raksasa yang sangat indah. Meskipun gampang untuk ditemukan, akses menuju tempat wisata ini tergolong sulit, serta fasilitasnya pun sangat minum tak seperti curug pada umumnya.

Namun hal itu juga menjadi unggulan tersendiri serta membuat para pengunjungnya pun akan merasa puas dengan suguhan keindahan panorama alam yang megah dari si air terjun ini sendiri.

Dengan tinggi dan lebarnya yang mencapai 10 meter lebih ini membuat para pengunjungnya berdecak kagum akan keindahan yang tersaji di depan mata. Suasana sejuk yang menyelimuti areal wisata juga akan semakin membuat para pengunjungnya betah berlama lama di area wisata ini.

15. Curug Gentong

Curug Gentong

  • Lokasi : Komp. Samudera Indonesia Blok A5 No. 1, Jl. Tole Iskandar, Depok, Pancoran MAS, Kota Depok, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Berbeda dengan curug sebelumnya yang telihat sangat megah, kali ini Curug Gentong akan menawarkan panorama dari air terjun yang memiliki tiga tingkatan berbeda.

Karena hal itulah, air terjun ini memiliki nama lain yang sering disebut warga setempat yaitu Curug Tilu Waluran alias Curug Susun.

Dan uniknya lagi, disetiap tingkatannya pun mempunyai nama sendiri-sendiri. Dengan nama yang paling atas yaitu Curug Gentong, dilanjutkan dengan Curug Kerut, dan pada tingkatan paling rendah dinamai dengan Curug Goong. Anehnya, meskipun letaknya dekat dengan jalan raya, belum banyak orang yang meilirik akan keindahan dari curug yang satu ini.

16. Danau Batu Bacan

Danau Batu Bacan

  • Lokasi : Bojong, Cikembar, Sukabumi
  • Tiket Masuk : Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Danau Batu Bacan atau kerap disapa dengan Danau Hijau ini merupakan salah satu danau yang sedang hits di Sukabumi. Kawasan danau ini dulunya merupakan lahan pertambangan batu warga sekitar.

Cekungan yang terbentuk dari aktivitas pertembangan itu lama-kelamaan terisi oelh air hujan dan hingga kini airnya menggenangi dan terbentuklah danau indah yang dapat dikunjungi setiap saat.

Dan fakta unik dari danau ini ialah, air yang terdapat di danau tersebut merupakan air hujan yang tertampung dari tahun-tahun sebelumnya serta tidak memiliki air resapan yang keluar dari bebetauan yang ada di sekelilingnya. Tertarik untuk meneliti?

17. Situ Sukarame

Situ Sukarame

  • Lokasi : Parakansalak, Parakan Salak, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-21.00
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, penginapan, camping ground

Situ atau danau ini terletak di kaki gunung Salak, tepatnya berada di kecamatan Parakansalak, Sukabumi. Danau ini dikelilingi dengan hutan heterogen yang dimana di dalamnya banyak ditumbuhi dengan pohon pinus dan damar.

Tak hanya itu, di areal danau juga terdapat perkebunan teh yang tentunya akan semakin menambah ekotisme pemandangan danau. Dengan kondisi lingkungan yang begitu asri, maka sudah dipastikan hawa udara yang tercipta disekitar areal danau sangatlah sejuk dan segar.

Bagi kalian yang enggan melepas keindahan dari danau ini, anda juga dapat “PDKT” lebih lama di dalamnya yaitu dengan cara mengadakan camping. Ditemani dengan kawan pastinya kegiatan tersebut akan amat sangat menyenangkan untuk dilakukan.

18. Danau Lido

Danau Lido

  • Lokasi : Jalan Raya Sukabumi, Desa Wates Jaya, Kecamatan Cijeruk, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : kolam renang, area balkon, gedung serba guna, lapangan golf, WiFi area, cottage, outbound, flying fox, speed boat, sepeda air, perahu rakit, spot memancing

Menurut cerita, danau ini telah ada sejak jaman Belanda dulu yang dibangun sebagai tempat peristirahatan atau tempat singgah para pejabat, untuk para pemilik perkebunan dan juga para petugas pengawas pembangunan jalan raya antara Bogor dan Sukabumi.

Keunikan dari danau tersebut ialah terbuat dari kaca yang tebal. Sehingga akan memberikan pemandangan indah bagi pengunjung ketika melihat langsung ke arah bawah danau, hal ini sangatlah khas denagn Belanda.

Selain itu,  danau Lido jika dilihat dari atas ketinggian, bentuknya akan menyerupai mangkuk yang terletak di kaki Gunung Gede Pangrango. Bahkan di sekitar area danau juga terdapat air terjun Cikaweni yang airnya mengalir hingga ke sisi gunung gede. Benar-benar sempurna untuk sebuah kompleks wisata.

Namun sayang, saat ini danaunya hanya dimanfaatkan sebagai lokasi pemancinngan bagi masyarakat setempat.

19. Jembatan Gantung Situ Gunung atau Situ Gunung

Jembatan Gantung Situ Gunung atau Situ Gunung

  • Lokasi : Jl.Raya Sukaraja -Sukabumi
  • Tiket Masuk :
    • Tiket Masuk Utama : Rp 18.500
    • Dewasa : Rp 50.000
    • Anak-anak : Rp 25.000
    • Flying fox : Rp 25.000
    • Perahu : Rp 20.500
    • Parkir Motor : Rp 3.000
    • Parkir Mobil : Rp 5.000
    • Sewa Area Camping : Rp 32.500 /orang
  • Jam Buka :
  • Fasilitas : Parkir, Toilet, Kamar Mandi, Warung, Fyling Fox, Perahu Sampan, Camping Ground

Situ Gunung merupakan sebuah danau yang terletak di kaki gunung Gede Pangrango, yang memiliki jembatan sebagai daya tarik utamanya. Jembatan itu merupakan penghubung antara area Situ Gunung dengan Curug Sawer dan belakangan ini viral berkat perkembangan media teknologi yang sangat pesat, sehingga menarik banyak minta wisatawan untuk mengunjunginya.

Panjang untuk jembatan ini sendiri mencapai 250m dengan ketinggiannya hingga 150m serta lebar yang tak kurang dari 2 m, saran bagi yang takut akan ketinggian jangan mencoba untuk melintasi jembatan ini karena saat anda melintas di atas jembatan gantung situ gunung ini akan berasa bergoyang plus saat anda menengok ke bawah sudah dipastikan anda akan bergetar terlebih lagi jika anda punya fobia ketinggian, lain hal bagi para penguji adrenalin wisata seperti ini sangat nyentrik untuk uji nyali.

Karena lokasinya yang berada di kaki gunung, maka suasananya pun sangat sejuk mengasikan.

20. Pantai Palabuhanratu

Pantai Palabuhanratu

  • Lokasi : Kota Pelabuhan Ratu, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 2.000 – Rp 3.000 per orang, Rp 3.000 (Parkir Motor), Rp 12.000 (Parkir Mobil), Rp 22.000(Parkir Bus)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : aman Bermain Anak, tempat untuk bersantai, Pramuwisata dan Tempat Informasi Wisata, Tim SAR, mushollah atau masjid, area parkir, cafe & resto, hotel, villa, resort, losmen,

Siapa sih yang tak kenal dengan Pelabuhan Ratu? Pantai yang satu ini pada masa Hindia Belanda lebih dikenal dengan sebutan Wijnkoops-Baai dan secara administratif Pelabuhan Ratu merupakan salah satu nama sebuah kecamatan sekaligus nama dari ibukota Kabupaten Sukabumi. Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa penamaan dari tempat wisata ini diambil dari letak dari keberadaan tempat wisata itu sendiri.

Bak dua sisi mata uang, pantai ini mengahdirkan dua sisi yang memberikan nilai lebih tersendiri. Pantai Pelabuhan Ratu tak jauh dari adanya cerita misteri yang menyelimutinya, yaitu sang Penguasa Ratu Laut Selatan Nyi Roro Kidul yang sebagian dihubung-hubungkan dengan sejarah raja-raja di tanah Jawa. Serta misteri tentang ngalab berkah atau mencari berkah dengan mandi atau membasuh muka di 7 sumur.

Tujuh sumur yang dimaksud ialah 7 cekungan batu yang digenangi air. Usai melakukan sesi prosesi ritual mandi di 7 sumur tersebut, mereka yang menjalankan laku spiritual, selanjutnya membuang pakaian dalam yang sedang ia kenakan sebagai simbol untuk membuang sial.

Well, terlepas dari itu semua, pantai ini sangat terkenal dikalangan warga lokal hingga internasional, sehingga tak heran jika setiap harinya selalu tak pernah absen di datangi oleh para wisatawan.

21. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng

  • Lokasi : Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : toilet, musholla, area parkir, toko yang menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari, rumah makan, penginapan, hotel dan villa, kios atau warung

Fakta unik dari penamaan pantai ini diambil dari plesetan nama ujung gunting yang menjadi ujung genteng, hal itu bukan tanpa alasan melainkan daerah pantai ini berada terletak di satu sudut ujung pulau Jawa bagian barat yang bentuknya mirip seperti gunting. Untuk ujung gunting yang letaknya berada di tas diberi nama Ujung Kulon, sedangkan ujung yang di bawah disebutlah Ujung Genteng.

Terlepas dari itu semua, keindahan pantai ini patut untuk diacungi jempol dan tak heran pantai ini juga dijuluki sebagai Mutiara Yang Tersembunyi. Karena memang keindahannya belum se-terkenal pantai-pantai lainnya yang berada di Jawa Barat.

Walaupun garis pantainya berada di garis laut selatan, pantai ini tidak memiliki ombak yang begitu besar, itu berarti pantai ini masih aman untuk dijadikan sebagai tempat berenang.Pantai ini juga memiliki pasir putih yang sangat bersih yang terlihat sangat berkilau terkena pantulan cahaya matahari.

Ditambah lagi dengan air lautnya yang jernih dan bersih, hal tersebut semakin membuat pengunjungnya betah untuk bermain-main. Seringkali ikan berwarna-warni dan hewan-hewan laut lain yang berkeliaran di sela-sela bebatuan karang juga turut menemani aktivitas berlibur anda di pantai ini. Lucu ya!

22. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu

  • Lokasi : Desa Caringin, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 2.500
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : hotel, resort, villa, warung makan, area parkir, musholla, kamar mandi, mini market, kios souvenir, toko buah

Selanjutnya ada Pantai Karang Hawu yang letaknya sekitar 75 km dari pusat kota Sukabumi. Pantai yang termasuk dalam kawasan Pelabuhan Ratu ini memiliki keunikan sendiri yaitu karangnya yang berbentuk menyerupai tungku atau hawu, hal itu juga mungkin alasan dari penamaan pantai yang satu ini.

Di pantai ini juga terdapat sebuah bukit yang mungil, dan dipercayai oleh masyarakat setempat sebagai tempat petilasan Nyi Roro Kidul, namun terlepas dari itu, pantai ini memang memiliki pemandangan yang sangat indah.

Berbagai kegiata pun bisa anda lakukan disini, mulai dari berenang, memancing, surfing, atau hanya sekedar duduk santai di sekitar pantai. Dengan segala fasilitas yang memadai, pantai ini cukup layak untuk masuk ke dalam daftar liburan anda di Sukabumi selanjutnya.

23. Pantai Ombak Tujuh

Pantai Ombak Tujuh

  • Lokasi : Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai ini merupakan salah satu pantai tercantik yang ada di Indonesia, serta keberadaanya jarang diketahui oleh banyak orang, maka dari itulah keasrian dari pantai ini masih sangat terjaga kealamiannya.

Mengenai penamaan pantai ini  diambil dari air lautnya yang mempunyai ombak tinggi sekitar 6-7 meter dan datang silih berganti mengikuti ombak yang ada didepannya untuk menerpa bebatuan karang, dan oleh sebab itulah pantainya diberikan nama sebagai Pantai Ombak Tujuh.

Sesampainya anda di pantai ini, anda akan disuguhkan dengan panorama pemandangan hamparan laut yang sangat indah. Dan bagi anda yang memiliki hobi surfing atau berselancar, anda dapat melakukan kegiatan tersebut di panta ini, karena memang pantai ini terlahir bagi anda yang memiliki hobi tersebut.

Namun perlu diketahui bahwa, pantai ini memiliki banyak sekali batu karang dan juga terdapat ombak lumayan besar, sehingga para pengunjungnya dilarang untuk berenang di area pantai.

Tapi jangan khawatir, di pantai ini terdapat sebauh akuarium alami yang bahan dasarnya terbuat dari karang, dan anda dapat menjumpai benda-benda laut di dalamnya, mulai dari asir putih, batu-batu karang dan juga binatang-binatang laut. Terlebih lagi akuarium ini memiliki kondisin yang sangat bersih dan jernih, jadi anda dapat dengan mudah melihat benda-benda laut tersebut.

24. Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan

  • Lokasi : Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 06.00-17.00
  • Fasilitas : penginapan, hotel atau villa, area parkir, musholla, toilet atau wc umum

Pantai yang dapat memuasakan hasrta para peselancar selanjutnya adalah Pantai Pangumbahan. Karena memang pantai ini mempunyai ombak dengan volume cukup besar. Selain disuguhkan dengan pemandangan kawasan laut yang indah, disini anda juga akan diajak untuk belejar mengenai penangkaran penyu.

Terlebih lagi penduduk setempat terkenal ramah-ramah sehingga akan semakin membuat anda nyaman dalam mencari informasi.

Apabila anda berminat melihat proses penyu bertelur maka kami menyarankan untuk datang pada malam hari. Sebab nantinya, anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah serta melihat secara langusng proses penyu bertelur, yang tentu ini akan menghipnotis kita. Yang tak kalah menarik di pantai ini anda juga dapat melihat proses pelepasan anak penyu berwarna hijau ke laut..

Bahkan disini juga terdapat penangkaran penyu dewasa sehingga anda dapat menyaksikan serta belajar tentang bagaimana perilaku hewan dengan jenis reptil langka dan masih dilindungi ini. Tentu hal ini akan menjadi sensasi berbeda saat anda datang berlibur ke pantai ya.

25. Pantai Panganten atau Pamunguan

Pantai Panganten atau Pamunguan

  • Lokasi : Purwasedar, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai Pangenten atau disebut juga sebagai Pantai Pamunguan ini merupakan pantai yang memiliki ciri khas unik yaitu memiliki dua pulau yang sama di areal wisatanya. Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang dan panorama yang indah.

Banyak para photografer yang datang ke tempat ini untuk menjadikannya latar belakang kegiatan berfoto mereka. Akses jalan menuju pantai ini juga terbilang mudah sehingga anda tak perlu khawatir untuk tersesat, karena kebetulan letaknya cukup dekat dengan Muara Cikarang yg di kelola oleh Asaba Land.

Selain menikmati keindahan pantainya, banyak pengunjung yang datang untuk menikmati indahnya Sunset di saat sore hari tiba.

26. Pantai Mina Jaya

Pantai Mina Jaya

  • Lokasi : Pasiripis, Surade, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : camping ground

Mengingat sekilas sejarah penamaan dari pantai ini, konon dahulu di pantai ini terdapat sebuah kapal yagn bernama Mina Jaya yang di dalamnya mengangkut senjata, namun naas kapal tersebut kandas dan tenggelam di pantai tersebut. Dan uniknya, saat air surut tiba, kita dapat melihat bangkai kapal tersebut.

Suasananya sendiri sangatlah rindang dan sejuk karena memang disekitar pantai banyak ditumbuhi dengan pepohonan hijau yang rindang. Para pengunjung dari pantai ini pun tak hanya dari wisatawan lokal saja, tak jarang wisatawan mancanegara juga turut meramaikan pantai ini. Biasanya mereka yang datang, hanya sengaja untuk menikmati panorama matahari tenggelam atau yang populer dengan sebutan sunset.

Sedikit berbeda dengan pantai ujung selatan lainnya yang memiliki pasir berwarna putih, lain halnya dengan pantai ini, sebab pantai ini memiliki warna kecokelatan dengan karang yang begitu banyak. Bahkan tingkat keteraturan karangnya sangat tinggi.

Menakjubkannya lagi yaitu diatas karang ini banyak ditumbuhi dengan rumput laut yang terlihat sangat subur. Maka dari itu, jika kalian tertarik untuk bermain di atas batu karang harus berhati-hati ya, sebab di atas karang ini sangatlah licin. Dan uniknya lagi, jika dilihat dari atas ketinggian, batuan karang yang ditumbuhi dengan rumput laut ini akan terlihat seperti lapangan golf, cantik ya!

27. Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi

  • Lokasi : Cicaladi, Sukatani, Surade, Sukatani, Surade, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai Cicaladi atau yang biasa disebut masyarakat sekitar sebagai Pantai Ganok merupakan sebuah pantai yang memiliki pulau kecil di dalamnya yang bernama Cadas Malang (Ancol) yang dijadikan lokasi untuk nelayan menangkap ikan.

Pantainya sendiri memiliki deburan ombak yang cukup besar, sehingga sangat tidak disarankan untuk dijadikan sebagai tempat berenang. Pantai ini diselimuti oleh pasir yang berwarna putih bersih serta air laut yang biru jernih. Namun sayang, keindahan pantai ini belum diketahui banyak orang, karena memang akses menuju lokasi pantai sangatlah susah dan belum memadai.

28. Pantai Keusik Urug

Pantai Keusik Urug

  • Lokasi : Buniasih, Tegal Buleud, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Nama dari pantai ini diambil dari bahasa sunda “keusik” yang berarti pasir, dan “urug” yang berarti longsor. Aneh dan serem bukan? Yeah, namun begitulah warga setempat menamai pantai ini.

Pemandangan di pantai ini sangatlah indah, terdapat muara yang memebentang lebarserta airnya mengalir tenang menuju hilir. Deretan perahu nelayan yang berwarna warni turut mempercantik bibir pantai ini. Tak mau kalah, pemandangan hijau pegunungan serta barisan pepohononan besar dari barat muara turut mempercantik keindahan pantai.

Walaupun tak mempunyai pasir yang indah seperti pasir pantai bali atau lainnya, namun Tuhan sangatlah adil, di Pantai Keusik Urug ini memiliki pasir pantai yang di dalamnya terdapat kandungan pasir besi atau partikel besi, sungguh ini merupakan salah satu kekayaan alam yang sangat melimpah

29. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja

  • Lokasi : Desa Cimaja, Cikakak, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : toko souvenir, losmen, hotel, villa, Hotel and Restaurant, warung makan, musholla, kamar mandi, area parkir

Tak mau kalah dengan Pantai Pangumbahan, pantai ini juga menawarkan ombak dengan volume besar untuk para pecinta peselancar. Pantai ini juga disebut-sebut masuk kedalam salah satu tempat berselancar terbaik yang ada di Indonesia. Bahkan di pantai ini juga sering diadakan event surfing skala nasional. Gimana, makin penasaran kan?

Selain itu, pantai ini juga memiliki panorama yang indah. Terlihat dari pemandangan batu karang berjajar dengan rapih dan terbentuk alami. Dan warga setempat menyebutnya sebagai Karang Papak. Ditambah lagi dengan pasir putihnya yang sangat lembut, hal ini pastinya membuat anda semakin betah untuk menghabiskan waktu disini.

30. Pantai Pajagan Cisolok

Pantai Pajagan Cisolok

  • Lokasi : Pelelangan ikan, Kampung Pajagan RT 002 / RW 007, Desa Cikahuripan, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk dijadikan sebagai tempat bersantai dikala pagi dan sore hari menjelang. Semilir angin lautnya yang menggelitik membuat suasana sore hari di Pantai Pajagan menjadi lebih teduh dan menyenagkan.

31. Pantai Cibangban

Pantai Cibangban

  • Lokasi : Jl. Raya Cisolok, Pasir Baru, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 2.000 per orang, Rp 3.000 (Parkir Motor), Rp 12.000 (Parkir Mobil), Rp 22.000 (Parkir Bus)cia
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : villa, hotel, resort, cottage, guest house

Seperti pantai lainnya yang berada di kawasan Pelabuhan Ratu, pantai ini juga mempunyai air yang jernih dengan deburan ombaknya yang cukup tenang, setidaknya tak seganas ombak lainnya yang terdapat di Pelabuhan Ratu.

Namun, air laut yang ada di sini cukup jernih (jika dibandingkan dengan kondisi pantai di pesisir utara Jawa, seperti di daerah Jakarta, Tangerang). Karena ombaknya yang tak begitu besar, maka pantai ini aman untuk dijadikan tempat berlibur bersama si buah hati.

32. Pantai Citepus

Pantai Citepus

  • Lokasi : Jalan Raya Cisolok-Pelabuhanratu no.16, Citepus, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 10.000 (Motor), Rp 30.000 (Mobil)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : warung makan, gazebo, penginapan, villa, toilet, ruang ganti, area parkir, kios souvenir

Karena keberadaanya yang belum terekspos banyak orang, pantai ini bak harta karun tersembunyi karena memang sesampinya di lokasi pantai anda akan disuguhkan dengan panorama alam yang menakjubkan.

Menariknya lagi, di pantai ini anda dapat menikmati panorama sunrise dan sunset yang jarang bisa kita jumpai dua panorama ini terdapat di sebuah pantai, karena biasanya pantai hanya akan menyuguhkan panorama sunsetnya saja.

Udaranya yang sejuk, serta angin sepoi sepoi nan menggelitik ditemani dengan kicauan burung yang bertebangan kesana kemari kian menambah rasa takjub berada di pantai ini. Meski pantai ini tak memiliki pasir yang lembut seperti yang lain, namun panorama yang ditawarkan rasanya cukup tak akan menguragi dari keindahan pesona pantai ini sendiri. Bagaimana, tertarik untuk berlibur ke pantai ini?

33. Pantai Cibongkok

Pantai Cibongkok

  • Lokasi : Jl. Cibongkok, Desa Cimahpar, Kali Bunder, Sukabumi
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, mushola, MCK, penginapan, warung makan

Sedikit berbeda dengan pantai lainnya yang berada di kota Sukabumi yang memiliki pasir halus dan karang yang besar, lain halnya dengan Pantai Cibongkok, pantai ini terdapat banyak sekali jenis batu-batu yang berukuran kecil serta warnanya yang sangat beragam. Mulai dari yang berukuran sebesar kelereng,bola tenis,pegelan tangan, serta warna merah,biru,abu-abu,hitam,putih bahkan ada batu yang berwarna hijau, semua bisa anda  temukan di pantai ini dengan mudah.

Air latunya yang bergradasikan warna biru hijau jernih, serta ombaknya yang tak begitu besar membuat pantai ini sangat cocok bagi anda yang suka berenang dan berolahraga surfing atau selancar karena ombaknya tidak terlau membahayakan.

34. Pantai Cipanarikan

Pantai Cipanarikan

  • Lokasi : Gunungbatu, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-20.00
  • Fasilitas : area parkir, musholla, kamar mandi atau MCK, penginapan, rumah makan

Pantai ini masih termasuk ke dalam kawasan Pelabuhan Ratu yang memang sudah terkenal akan keindahannya. Pantai Cipanarikan ini merupakan sebuah muara yang berasal dari sungai Cipanarikan dengan airnya yang memiliki warna hijau serta areanya yang cukup luas.

Pantai ini memiliki butiran pasir yang sangat halus dan ombak tinggi nan deras serta terdapat sebuah sungai hutan bakau. Pemandangan yang berada di pantai ini mampu memanjakan siapa saja yang melihatnya dan memberikan efek rileks bagi mereka yang lelah bekerja serta dapat membuat pikiran fresh kembali dangan menghirup udara segar.

35. Pantai Cikembang

Pantai Cikembang

  • Lokasi : Pasir Baru, Pelabuhan Ratu, Pasir Baru, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 05.00-22.00
  • Fasilitas : camping ground,

Pantai Cikembang ini memiliki cara tersendiri dalam hal menarik perhatian para pengunjungnya, selain menyughkan pemandangan panorama alamnya yang sangat menawan, disini juga terdapat banyak sekali spot menarik yang tidak ada di pantai lain di Sukabumi.

Diantaranya seperti emandangan goa karang hingga puncak bukit. Perpaduan antara gua karang serta bukit menjadikan ciri khas tersendiri untuk pantai yang satu ini.

Selain itu, dipantai ini juga terdapat objek wisata lainnya yang dapat anda nikmati seperti pemandangan gua karang, panorama sunrise dan sunset, pemandangan puncak paris randu, surfing, camping, wisata kuliner, hingga daya tarik dari kearifan budaya lokal masyarakat setempat yang turut serta menambah daya tarik tersendiri di pantai ini. Lengka bukan?

36. Pantai Cibuaya

Pantai Cibuaya

  • Lokasi : Ujung Genteng, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu0
  • Fasilitas : area parkir, kamar mandi, penginapan, musholla

Seperti namanya, pantai ini memang mengambil namanya berdasarkan cerita sejarah dulu yang menyebutkan bahwa di tempat wisata tersebut dahulunya terdapat banyak sekali buaya muara. Kondisi yang demikian menjadikan nama untuk tempat ini yakni Cibuaya.

Mungkin plesetan dari Si Buaya atau memang imbuhan “ci” merupakan ciri khas dari nama-nama tempat yang berada di provinsi Jawa Barat? Mungkin ada yang bisa menjawabnya?

Namun jangan khawatir, hewan berjenis reptil tersebut sudah tidak ada dikawasan pantai ini, sehingga sekarang Pantai Cibuaya menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Ombaknya yang tenang serta kondisi airnya yang sangat jernih membuat siapa saja tergoda untuk segera berenang di dalam air laut tersebut. Ohya, yang tak kalah indah dari pantai ini ialah pemandangan matahari tenggelam atau sunset yang tak kalah indah dari suguhan pantai lainnya. Terlebih lagi lokasinya yang mudah untuk diakses membuat tempat ini lebih banyak dikunjungi.

37. Pantai Cikadal

Pantai Cikadal

  • Lokasi : Mandrajaya, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk :
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Setelah ada Pantai Cibuaya, selanjutnya yang tak kalah unik ada Pantai Cikadal, namun jangan salah paham dulu, di pantai ini anda tidak akan menjumpai hewah reptil ini berkeliaran kesana kemari, itu hanya sebuah sebutan saja untuk nama pantai ini.

Berada di desa Mandrajaya, Pantai ini merupakan muara sungai Cikadal. Mungkin karena hal itu pula pantai ini dinamakan dengan sebutan Pantai Cikadal. Akses untuk menuju lokasi pantai bisa ditempuh dengan menggunakan perahu dari pantai Palangpang, atau pun melalui jalan utama menuju desa Mandrajaya.

Pantai yang diselimuti dengan pasir putih ini merupakan tempat yang paling aman untuk berenang, karena memiliki deburan ombak besar namun terhalang oleh pulau-pulau kecil di hadapannya. Pada saat surut tiba pengunjung bisa berjalan kaki menyebrangi laut yang dangkal menuju pulau yang berada di seberang pantai yaitu Pulau Mandra.

38. Pantai Amanda Ratu

Pantai Amanda Ratu

  • Lokasi : JL. Raya Ujung Genteng, Desa Purwasedar, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : penginapan, resort, pondok, area parkir, kamar mandi, musholla

Pantai Amanda Ratu merupakan pantai yang cukup terkenal dari deretan pantai di Ujung Genteng, Sukabumi. Karena memiliki suasana yang begitu tentram dan nyaman dengan adanya semilir angin berhembus tenang membisik, serta deburan ombak di pesisir pantai.

Destinasi wisata yang sangat direkomendasikan untuk tempat berlibur bersama keluarga, karena pantai ini akan menyuguhkan suasana dan juga panorama yang sangat indah.\

Di tengah-tengah pantai ini terdapat sebuah bongkahan batu besar yang di tumbuhi oleh rumput-rumput hijau, dan tak jauh dari bagian pesisir pantai juga terdapat pulau kecil dan juga tebing berupa karang.

Disini pun, para pengunjungnya dapat merasakan sensasi angin berhembus dengan tenang, serta deburan ombak menerpa tebing-tebing karang. Karena hal itulah, pantai ini sering dijuluki sebagai tanah lot nya Sukabumi.

39. Pantai Gurilap

Pantai Gurilap

  • Lokasi : Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : gazebo

Belum banyak yang mengulas tentang keberadaan pantai ini, padahal pantai akses menuju lokasi pantai sangatlah mudah untuk ditemukan. Pantai ini sendiri memiliki pasir berwarna hitam kecoklatan yang dimana ombaknya juga memiliki volume yang cukup besar, namun masih aman untuk dijadikan sebagai tempat bermain.

Di sekitar area pantai juga banyak sekali gazebo yang berbentuk menyerupai perahu yang diberi atap. Meski lokasinya yang bisa dibilang strategis, suasana pantai ini masih sangat terasa lenggang dari para pengunjungnnya.

40. Pantai Kadaka

Pantai Kadaka

  • Lokasi : Cikakak, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Mausk : Rp 5.000
  • JamBuka : 24 jam (Senin-Minggu)

Salah satu objek wisata di kawasan Palabuhanratu yang tak pernah absen dikunjungi wisatawan adalah Pantai Kadaka yang berlokasi sekitar 10 km dari pusat alun-alun Pelabuhan Ratu. Pantai ini memiliki puncak keramaian saat sore hari tiba, sebab pada waktu itu akan tampak cahaya jingga kemerahan yang memenuhi langit dan refleksi biasnya memantul di air laut yang biasa dikenal dengan sebutan sunset.

Ya, memang pantai ini terkenal akan sunsetnya yang begitu memikat. Dan kebanyakan para pengunjungnya memanfaatkan pantai ini untuk digunakan sebagai area mancing, karena memang pantai ini sangat kaya akan ikan lautnya yang melimpah.

41. Pantai Batu Bintang

Pantai Batu Bintang

  • Lokasi : Citarik, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Masih di kawasan Pelabuhan Ratu, kali ini ada Pantai Batu Bintang yang juga tak kalah indah dari pantai lain di Pelabuhan Ratu. Pantai ini mempunyai pesona alam serta keindahan tersendiri di sekitarnya, seperti pemandangan laut lepas, dan juga hamparan pasir yang luas serta bersih pun kian menambah suasana jadi lebih memikat.

Keadaan alam sekitar yang cukup tenang tak jarang dimanfaatkan oleh para pengunjungnya untuk dijadikan sebagai sarana olahraga, seperti bermain bola. Selain itu, di areal pantai ini juga sering digunakan sebagai sarana untuk bersantai sembari enikmati pemandangan, dengan hamparan air lautnya yang tenang.

42. Pantai Palangpang

Pantai Palangpang

  • Lokasi : Samudra Hindia, Ciemas, Ciwaru, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai ini memiliki bentangan garis pantai yang panjang dan cukup luas sehingga menjadi salah satu lokasi sempurna untuk dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan masal. Misalnya seperti festival budaya hajat laut atau yang lainnya. Tak hanya itu, pantai ini pun tak jarang digunakan sebagai arena mendarat bagi kegiataan olahraga paralayang.

Tak ketinggalan, di pantai ini juga terdapat Sungai Ciletuh dan Cimarinjung yang juga bermuara di pantai ini, sehingga tak heran jika bibir pantainya didominasi dengan pasir berwarna hitam yang halus.

Jika kalian mengamati dengan seksama, dari kejauhan terlihat terdapat sebuah air terjun dengan aliran airnya yang cukup deras yang tidak lain adalah air terjun Crimarinjung, hal ini tentu saja akan memberikan nilai plus tersendiri karena tidak banyak pantai di Jawa yang memiliki pemandangan seperti itu.

Tak hanya itu, pantai ini juga memiliki beberapa pulau kecil yang bisa dikunjungi dengan menyewa perahu nelayan sekitar. Dan salah satu pulau yang berada di pantai tersebut adalah Pulau Mandra, pulau ini sendiri memiliki ukuran yang sangat mini, bahkan hanya berupa pulau yang didominasi oleh batu karang.

Namun untuk yang hobi memancing, pulau ini merupakan tempat yang tepat. Selain Pulau Mandra, disini juga terdapat yang namanya Pulau Kunti yang dapat juga dinikmati.

43. Pantai Cikepuh

Pantai Cikepuh

  • Lokasi : Mandrajaya, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Cikepuh merupakan salah satu pantai yang memiliki spot mancing yang menarik, dan diareal wisatanya juga terdapat Bagang (pagang) yang kebanyakan pemiliknya adalah warga Desa Gunungbatu.

Medan yang paling mudah untuk ditempuh adalah medan dengan melewati Desa Gunungbatu dan Pangumbahan, track nya juga hanya dapat dilalui kendaraan offroad baik roda dua atau empat, hal ini dikarenakan Pantai Cikepuh terletak di dalam wilayah hutan lindung dan hanya memiliki jalan setapak.

Selain terdapat beragaman jenis flora dan fauna, disini juga banyak ditemukan berbagai jenis-jenis batuan yang bentuknya sangat menarik, baik yang membentuk seperti lantai maupun membukit. Di pantai ini para pengunjungnya dapat menyaksikan berbagai jenis rumput laut.

Dan yang tak kalah menarik, di malam harinya di anda dapat menyaksikan penyu-penyu yang naik ke darat untuk bertelur dan dapat di dekati tanpa mengganggunya.

44. Pantai Batu Naga

Pantai Batu Naga

  • Lokasi : Gunungbatu, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : perahu, sewa tikar, meja dan kursi, rumah makan, spot memancing

Pesona pantai ini selain terletak pada keindahan pantai dan juga jejeran batu yang menyerupai naga, disini tak lain juga ada legenda dari sang naga itu sendiri. Banyak para wisatawan yang dibuat takjub saat datang ke pantai ini.

Sesaat anda sampai di pantai ini, anda akan disambut dengan suara gemuruh deburan ombak pertemuan air laut di perairan Teluk Lampung serta batu karang yang tampak begitu jelas terlihat di pantai ini.

Sesuai dengan namanya, rangkaian batu karang yang terhampar di sepanjang pantai ini, memang terlihat menyerupai naga. Itulah mengapa, masyarakat sekitar menamai pantai itu dengan sebutan Pantai Batu Naga. Bahkan bongkahan karang hitam yang terdapat disana sangat menyerupai Tanah Lot di Bali.

Tak hanya itu, disekitar pantai juga terdapat banyak gua yang tak jarang membuat para pengunjungnya tergoda untuk memasuki guanya satu per-satu.

45. Pantai Batu Batik

Pantai Batu Batik

  • Lokasi : Mandrajaya, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fsailitas : perahu

Setalah tadi ada Batu Naga, kini ada yang tak kalah unik yaitu Pantai Batu Batik. Mengunjungi batu batik bukan suatu perkara yang mudah. Lokasinya yang terletak di kawasan konservasi, Suaka Margasatwa Cikepuh, membuat aktivitas manusia di tempat itu harus dibatasi.

Namun, hal itu bukan berarti pesona dari keindahan Pantai Batu Batik tidak dapat dinikmati. Ada cara lain yang dapat dilakukan untuk menikmati keindahannya, tanpa melanggar aturan yang berlaku

Pemandangan Pantai Batu Batik dapat dilihat dari laut lepas dengan menggunakan perahu nelayan. Yang kini sudah terdapat penyewaan perahu ke lokasi Pantai Batu Batik dengan waktu tempuh sekitar 30 hingga 45 menit.

Karakteristik yang paling menonjol dari Pantai Batu Batik ini ialah warnanya yang coklat kemerahan. Selain Pantai Batu Batik pengunjung juga dapat melihat pemandangan lain, seperti kawasan Hutan Batu Nunggul, Cikepuh, Legon Jawa, dan Sodong Parat.

Karena letaknya yang berada di ilayah konservasi Suaka Margasatwa Cikepuh, maka aktivitas yang dapat dilakukan pun sangatlah terbeatas. Menurut salah satu sumber, pantai ini hanya dapat dinikmati dari laut atau kejauhan. Dan jika ada yang masuk pun, mereka karena telah mendapatkan izin untuk keperluan penelitian maupun pendidikan.

46. Goa Buni Ayu

Goa Buni Ayu

  • Lokasi : Cipicung, Kerta Angsana, Nyalindung, Cimerang, Purabaya, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : peralatan keamanan

Sedikit bergeser dari objek wisata selanjutnya, kali ini ada objek wisata Goa Buni Ayu. Jika anda mencintai kegiatan wisata ekstrem, maka anda harus mengunjungi goa yang satu ini, karena dalam menyusuri goa ini medannya akan sangat menantang dan pastinya akan memuaskan hasrat rasa petualangan anda.

Goa ini menyuguhkan lorong terjal yang lengkap dengan adanya fosil-fosil koral laut pada dindingnya. Untuk menaklukan goa ini pun dibutuhkan tenaga dan stamina yang kuat, karena sekali lagi medan yang dilalui nantinya cukup sulit dan berlumpur.

Selain itu, para pengunjungnya juga harus sigap serta berhati-hati dalam memanjat tebing, melewati tumpukan batu, dan medan lainnya. Berpetualang di tempat wisata ini membutuhkan waktu kira-kira sekitar 5 jam. Dan agar lebih aman, disarankan untuk menggunakan jasa pemandu yang lebih menguasai medan di dalam goa.

47. Goa Lalay Pelabuhan Ratu

Goa Lalay Pelabuhan Ratu

  • Lokasi : Jalan Pelita – Cipatuguran, Citarik, Pelabuhan Ratu, Citarik, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, penginapan

Selain pantainya yang indah, ternyata Pelabuhan Ratu juga memiliki objek wisata lainnya, salah satunya adalah Goa Lalay. Goa ini merupakan tempat hidup jutaan kelelawar, yang maka dari itu pula gua ini diberi nama Gua Lalay yang berarti Gua Kelelawar.

Biasanya para rombongan Kelelawar ini mulai keluar menjelang malam tiba kira-kira sekitar jam 17.00. Jutaan Kelelawar tersebut biasanya terbang sekitar 20 menit dan kemudian kembali muncul lagi di 30 menit kemudian.

Para Kelelawar tersebut beterbangan hanya di sekitar muka Goa Lalay . Bahkan konon katanya, kelelawar-kelelawar ini terbang juga ke daerah lain seperti Banten, Bogor, Jakarta hingga Bandung.

Setelah puas menikmati atraksi ribuan kelelawar, pengunjung juga dapat langsung menikmati keindahan Sunset pantai Pelabuhan Ratu. Karena memang letak Goa Lalay ini hanya berjarak beberapa meter saja dari bibir Pantai Pelabuhan Ratu.

48. Kawah Ratu Sukabumi

Kawah Ratu Sukabumi

  • Lokasi : melalui bumi perkemahan cidahu-sukabumi dengan panjang track 4.5k
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : Javana Spa House, area camping ground, resort, villa, pemandian air panas

Kawah Ratu juga memiliki nama lain yaitu Ratu Crater yang memiliki mitos serta cerita sejarah tersendiri. Kawah ini menurut sejarahnya terbentuk akibat dari letusan volcano dari Gunung Salak beberapa abad yang lalu.

Peristiwa tersbutlah yang membentuk sebuah kawah yang menyajikan panorama serta pemandangan alam nan eksotis. Untuk sampai ke kawah ini pun para pengunjungnya akan melewati medan yang cukup menantang.

Namu sesaat sampai, penat yang dirasakan akan sirna dengan suguhan panorama eksotis dari si kawah yang diselimuti dengan kepungan asap yang menawan. Di tempat ini terdapat pula kolam kecil yang dimana air di dalamnya bergolak karena disebabkan oleh kandungan belerangnya yang tinggi. Selain itu ada banyak pepohonan mati namun masih tegak berdiri.

Di area kawah tersebut dibelah dengan adanya sungai yang mengalir deras. Air yang terdapat disunai itu pun  mempunai warna bening dengan sedikit aksen abu-abu. Airnya sendiri cukup hangat. Perpaduan antara aliran sungai serta juga panas dari belerang akan semakin menarik untuk dicoba.

Di sini juga mempunayi sumber belerang dimana sering digunakan sebagai masker wajah oleh para pengunjunng. Kabarnya belerang ini bisa membuat wajah menjadi lebih mulus. Tertarik mencoba?

49. Ciletuh Geopark

Ciletuh Geopark

  • Lokasi : Mekarsakti, Ciemas, Sukabumi
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : penginapan, hotel, resort

Jika kalian sedang mencari tempat wisata alam di Sukabumi yang menawarkan keindahan alam purba? Maka Geopark Ciletuhlah jawabannnya. Selain ada bebatuan purba, di tempat wisata ini juga terdapat banyak sekali air terjun, seperti curug Cimarinjung, Cikanteh, Sodong, Awang serta Ngelay.

Untuk dapat menikmati keindahan bentang alam di Geopark Ciletuh kalian dapat menggunakan jasa paket wisata yang sudah meliputi mobil 4WD yang akan membawa kalia menjelajah alam disana.

50. Tebing Panenjoan

Tebing Panenjoan

  • Lokasi : Mekarsakti, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : menara, gardu pandang

Masuk ke dalam kawasan Ciletuh Geopark, objek wisata ini menawarkan pemandangan daratan alam nan rapi Sukabumi dari atas ketinggian tepatnya berada di ketinggian 300 mdpl. Para pengunjungnya dapat melihat amfiteater raksasa Ciletuh dari atas tebing tersebut.

Bentuk dari tebing ini sendiri menyerupai bentuk setengah lingkaran dimana menghadap ke area Laut Selatan dan seolah emberikan perlindungan kepada areal persawahan, perbukitan, hingga daerah perkampungan warga yg berada di bagian bawah tebing tersebut.

51. Bukit Karang Numpang

Bukit Karang Numpang

  • Lokasi : Cibolang, Kec. Gunungguruh, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 2.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00
  • Fasilitas : toilet, musholla, area parkir, warung makan, gardu pandang, spot foto

Selanjutnya ada Bukit Karang Numpang yang masih tergolong wisata baru di Sukabumi, sebab baru dibuka untuk umum pada tahun 2015. Meskipun baru, tempat ini sudah ramai dikunjungi para wisatwan setiap harinya. Uniknya, di bukit ini terdapat berbagai macam batu dengan bentuk yang berbeda-beda, seperti hiu, para atau atap, masjid, dan goa, serta masih banyak lagi.

Penamaan dari bukit ini sendiri diambil dari bahasa sunda “numpang” yang berarti karang, maka dari itulah bukit ini disebut dengan Bukit Karang Numpang. Tak hanya itu, bukit ini juga sering disebut oleh masyarakat sekitar sebagai Bukit Karang Para.

Di tempat ini anda akan disuguhkan dengan pemandangan Sukabumi dari atas ketinggian, dan untuk menunjang aktivitas pariwisata, pihak pengelola juga menyediakan sejumlah spot apik yang dapat digunakan untuk latar belakang kegiatan berswafoto para pengunjungnya. Dengan beberapa fasilitas yang ada, tempat ini tidak pernah sepi setiap harinya.

52. Puncak Darma

Puncak Darma

  • Lokasi : Girimukti, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : warung makan

Untuk mencapai lokasi wisata ini memang tidaklah mudah, karena para pengunjungnya diharuskan berjalan kaki selama kurang lebih 40 menit. Namun sesampainya di lokasi wisata semua penat akan terbayarkan dengan suguhan keindahan panorama eksotis dari atas bukit.

Dan kebanyakan para pengunjung yang datang kemari hanya untuk engincar momen seperti sunrise dan sunset karena memang tempat ini akan menawarkan keindahan panorama tersebut yang tak ada duanya.

Di area Puncak Darma ini para pengunjung juga dapat melihat kapal besar yang sering disebut sebagai kapal tongkang yang dimana kerap digunakan untuk mengangkut batubara hingga barang-barang lainnya. Ada pula kapal nelayan lainnya yang dapat dilihat dari ketinggian.

Suasana ketika sunset tiba memang mampu menghipnotis semua orang yang berada disana. Disarankan pula ketika ingin mengunjungi area ini pada saat musim kemarau tiba. Sehingga sinar matahari dapat memberikan keindahan pesona ke puncak tersebut yang seolah menghiasi drama kehidupan nan indah.

53. Kampung Kasepuhan Ciptagelar

Kampung Kasepuhan Ciptagelar

  • Lokasi : Sirnaresmi, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk :
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Sukabumi ternyata juga memiliki satu desa yang dijadikan sebagai objek wisata budaya, desa tersebut adalah Kampung Kasepuhan Ciptagelar atau sering disebut sebagai Kampung Ciptagelar yang dimana menjadi salah satu tempat wisata budaya di Sukabumi yang wajib anda singgahi.

Desa ini memiliki usia sekitar 650 tahun dengan adat turun temurun yang masih dijaga sampai sekarang, sehingga saat anda berkunjung ke Kampung Ciptagelar akan menjadi sebuah pengalaman yang unik dan tak terlupakan.

Untuk dapat menikmati wisata budaya Kampung Ciptagelar, anda pun harus melewati perjalanan yang cukup sulit, namun semuanya akan sirna menginat kebudayaan yang berada di Kampung Ciptagelar merupakan kebudayaan yang tak dapat anda jumpai di tempat lain.

54. Taman Rekreasi Selabintana

Taman Rekreasi Selabintana

  • Lokasi :  Jl.Karawang Selabintana Sukabumi, Sukabumi
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Fasilitas : penginapan, villa dan hotel, area parkir, musholla, arena permainan untuk anak, toilet, kolam renang, flying fox, area perkemahan, tempat menjual tanaman hias dan kerajinan tangan yang berbahan dasar dari hasil alam

Tidak ingin jauh-jauh dari pusat kota Sukabumi, kali ini kami akan menyarankan untuk datang ke Taman Rekreasi Selabintana. Objek wisata yang satu ini tak kalah menarik dari tempat lainnya karena tempat ini menyuguhkan hamparan rerumputan yang hijau nan luas serta bersih yang terasa begitu indah dan menyejukkan.

Tempat ini tak jarang menjadi destinasi utama liburan masayarakat kota Sukabumi disaat libur akhir pekan tiba karena memang taman ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang memudahkan kegiatan liburan para pengunjungnya.

55. Sumber Air Panas Cikundul

Sumber Air Panas Cikundul

  • Lokasi : Jl. Proklamasi No. 242, Lembur Situ, Cikundul, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas: kamar rendam air panas, cottage, kolam renang dewasa, kolam renang anak-anak, tempat bermain anak-anak, dan sarana arung jeram

Objek wisata pemandian air panas ini sangat cocok bagi kalian yang ingin mencari tempat rekreasi sembari menghilangkan rasa penat akan rutinitas harian yang melelahkan dan mengembalikan kesegaran di hari selanjutnya. Konon katanya, air di dalam pemandian ini juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Tak hanya itu, dukungan panorama pegunungan di sekelilingnya akan membuat anda tekagum akan keindahan yang disajikan. Salah satu keunikan dari sumber Air Panas Cikundul ini ialah aliran airnya mencapai ke Sungai Cimandiri.

Jadi saat hujan tiba, Sungai Cimandiri akan terasa hangat. Alam di sekitar Cikundul pun cukup asri sehingga mampu menenangkan pikiran sembari berendam. Menariknya lagi, mulai dari tahun 2009 lalu, tempat wisata ini juga membuka wisata arung jeram sehingga menambah daftar kegiatan yang dapat dilakukan di objek wisata ini.

Jika anda juga mempunyai rencana berlibur ke Magelang, kunjungi juga Tempat Wisata di Magelang yang tak kalah bagus.

56. Mata Air Panas Cisolok Palabuhanratu

Mata Air Panas Cisolok Palabuhanratu

  • Lokasi : Cikahuripan, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk :
  • Per orang : Rp 30.000
    • Tiket Masuk Kendaraan mulai dari Rp 1.000, Rp 3.000, Rp 8.000, Rp 13.000 dan Rp 25.000.
    • Fasilitas : Rp 1.000
    • Kolam renang : Rp 5.000 /jam
    • Berendam di kamar mandi tertutup : Rp 15.000 /jam
    • Terapi air panas : Rp 35.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, toilet, musholla, kamar terapi pengobatan, penjual telur

Konon katanya pemandian air panas ini dulunya ditemukan oleh orang Belanda yang tinggal di Sukabumi dan menjadi tempat favorit pemandian air panas para warga Belanda pada masa itu.

Keunikan yang ada di tempat wisata ini ialah letaknya yang berada di kawasan pantai, tidak seperti pemandian lainnya yang berada di pegunungan. Dan disini para pengunjungnya dapat melihat ecara langsung air panas yang menyembur dari celah bebatuan di tengah sungai.

Wisata alam pemandian air panas ini berasal dari geyser atau air panas yang melewati kerak bumi yang dimana tekanan dari dalam perut bumi tersebut sangatlah besar, sehingga menyebabkan air tanah yang berada di atasnya ersuhu tinggi dan air panas tersebut menyembur keluar.

Karena sumbernya berasal dari geyser, maka pemandian air panas ini tidak memiliki kandungan belerang di dalamnya. Namun jangan khawatir, tingginya kadar mineral dalam air panas ini juga mampu menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal dan rematik.

Di pemandian air panas ini terdapat 3 titik sumber air panas yang bersuhu 80 derajat celcius, dan tentunya para pengunjungnya dilarang untuk mendekati area tersebut. Untuk pemandian air panasnya sendiri dibagi menjadi 2 kategori.

Yang pertama diperuntukan bagi pengunjung yang ingin menikmati air yang menyembur langsung dari sungai. Dan yang kedua diperuntukan untuk pengunjung yang ingin lebih privat dan santai dalam melakukan aktivitas berendam.

Asiknya lagi, semua kolam yang sudah disediakan oleh pihak pengelola ini berhadapan langsung dengan pemandangan khas yang berada di Pelabuhan Ratu.

57. Rafting and Outbound Citarik

Rafting and Outbound Citarik

  • Lokasi : Jalan Raya Pelabuhan Ratu KM. 27, Cikiray, Cikidang, Sampora, Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat
  • Harga : *mulai dari Rp 35.000 –  Rp 685.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00

Bagi kalian para pecinta arung jeram dan juga wisata seru lainnya, maka wisata Citarik harus menjadi destinasi wisata tujuan anda di kota Sukabumi. Selain untuk olahraga arung jeramnya yang sangat terkenal, disini juga ada banyak permainan seperti flying fox, team building, paint ball, dan lain sebagainya yang siap untuk mengisi hari libur anda.

Biasanya Sungai Citarik ini sering dimanfaatkan untuk kegiatan rekreasi para perusahaan sebab sifatnya membangun kerja sama antar tim.

58. Rafting Citatih

Rafting Citatih

  • Lokasi : Niagara Arung Jeram, Warungkiara, Sukaharja, Wr. Kiara, Sukabumi, Jawa Barat
  • Harga : *mulai dari Rp 245.000 – Rp 500.000
  • Jam Buka : 09.00-17.00 (Senin-Jum’at)

Satu lagi tempat wisata di Sukabumi yang dapat anda jadikan untuk menguji adrenalin anda yaitu Rafting Citatih. Sungai Cicatih memiliki arus yang lebih deras ketimbang di Sungai Citarik, serta sungainya lebih lebar, jalurnya lebih panjang, dan juga tantangannya lebih mendebarkan.

Sungai ini cocok digunakan bagi kalian yang ingin memacu adrenalin karena feel nya akan lebih terasa dari sungai sebelumnya, namun bagi anda para pemula ada baiknya jika mencoba Sungai Citarik terlebih dahulu ketimbang Sungai Citatih.

59. Wana Wisata Cipelang

Wana Wisata Cipelang

  • Lokasi : Cipamekar, Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00

Wana Wisata Cipelang merupakan salah satu objek wisata di Sukabumi yang menawarkan areal hutan seluas 3 hektar yang siap dijelajahi. Secara administratif, tempat wisata ini terletak di desa Gunung Pangrango.

Di tempat wisata ini, semua pengunjungnya dapat menjelajahi alamnya yang menggoda disana. Untuk mencapai destinasi wisata ini, anda bisat memakai kendaraan beroda empat dengan kondisi jalan umum sudah baik dan beraspal.

60. Pondok Halimun Camping Ground Selabintana

Pondok Halimun Camping Ground Selabintana

  • Lokasi : Sundajaya Girang, Kec. Sukabumi, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket masuk :
    • Per orang : Rp 3.000
    • Parkir Motor : Rp 8.000
    • Parkir Mobil : Rp 18.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : warung makan, restaurant, camping ground

Objek wisata yang satu ini merupakan objek wisat yang menawarkan keindahan alam dan hawa pegunungan yang masih sejuk dan sangat asri tentunya. Sebelum anda sampai ke lokasi, anda nantinya akan melewati perjalanan berupa perkebunan teh yang hijau terbentang sepanjang mata serta pemandangan alam yang menyegarkan mata.

Banyak kegiatan yang menyenangkan yang dapat anda lakukan ditempat ini, seperti berkemah, atau hanya sekedar berjaln-jalan santai sembari menikmati keindahan alam yang disuguhkan.

61. Megalitik Cengkuk

Megalitik Cengkuk

  • Lokasi : Desa Cengkuk, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Mengintip objek wisata sejarah di kota Sukabumi salah satunya ada Megalitik Cengkuk. Berawal di tahun 2008, secara tidak disengaja, situs ini ditemukan di kawasan Situs Megalitik Cengkuk. Penemuan ini menguatkan dugaan jika Cengkuk pernah menjadi pusat kebudayaan zaman megalitik yang terus berlanjut hingga pada zaman logam.

Berbagai benda tersebut diantaranya berupa pipa rokok, gentong dari tanah, serta mangkuk dari porselen. Sebelumnya, di lokasi yang sama di tahun 2007 juga ditemukan genta dari prunggu dengan ukiran motif india, cawan tempat perhiasan, potongan patung kaki burung dari emas, serta potongan patung dewa siwa.

Benda itu memang bukanlah benda peninggalan zaman megalitik, namun penemuan semakin memperkuat teori bawa kehidupan masyarakat terus berlanjut di kawasan Situs Cengkuk tersebut.

62. Ryzzy Azzahra Waterpark

Ryzzy Azzahra Waterpark

  • Lokasi : Jl. Selabintana KM 5, Kp. Karawang, Karawang, Kec. Sukabumi, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk :
    • *Weekdays
      • Dewasa : Rp 30.000
      • Anak-anak : Rp 25.000
    • *Weekend & Holiday
      • Dewasa : Rp 50.000
      • Anak-anak : Rp 40.000
  • Jam Buka :
    • Senin – Kamis : 09.00-16.00
    • Jum’at : 13.00-17.00
    • Sabtu – Minggu – Libur Nasional : 08.00-17.00
  • Fasilitas : kolam arus, kolam UFO, long slide, shocking adrenalin, snow hill, kolam gurita, kolam jamur, adrenaline slide, family slide, circular slide, ember tumpah, kolam picu, toilet, ruang ganti dan bilas, gazebo

Ryzzy Azzahra Waterpark merupakan salah satu tempat rekreasi keluarga yang ada di Sukabumi, tepatnya terletak di Jalan Salabintana KM 6 Karawang Sukabumi. Objek wisata ini memiliki luas lebih dari 1,2 hektar yang di dalamnya terdapat banyak sekali wahana air yang siap untuk memanjakan setiap pengunjung yang datang.

Tempar rekreasi yang satu ini dicanangkan bakal menjadi zona rekreasi serta hiburan paling besar serta terlengkap di Jawa Barat. Well, kita tunggu saja kelanjutannya ya guys!

63. Pulau Kelapa Waterboom atau Waterboom Nagrak

Pulau Kelapa Waterboom atau Waterboom Nagrak

  • Lokasi : Jl. Nagrak, Cisarua, Nagrak, Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk :
    • Weekday : Rp 25.000
    • Weekend & Holiday : Rp 35.000
    • Tiket Terusan : Rp 65.000
  • Jam Buka : 09.00-16.00
  • Fasilitas : area parkir, musholla, kamar mandi dan kamar ganti, penginapan, cafe, warung makan, kolam ombak, kolam olyimpic 50 meter indoor, kaloam water slide, koalam emeber tumpah, Kolam tornado slide, Kolam adrenalin slide, Kolam Paus slide, Kolam sircle slide, pendopo, kantin, tempat sewa ban, wahana permainan water ball dan terapi kesehatan

Satu lagi ada tempat rekreasi keluarga di Sukabumi yaitu Pulau Kelapa Waterboom atau Waterboom Nagrak. Disini anda dapat menikmati kolam renang terbesar yang ada di kota Sukabumi yang dimana di dalamnya juga terdapat fasilitas penunjang serta wahana air yang siap untuk memanjakan setiap orang yang berkunjung kemari.

Karena lengkapnya fasilitas di dalamnya, tak jarang tempat ini dijadikan sebagai destinasi utama liburan keluarga disaat libur akhir pekan tiba.

64. Mie Goreng khas Sukabumi

Mie Goreng khas Sukabumi

  • Lokasi : Jl. Bhayangkara No.60, Sriwidari, Gn. Puyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat
  • Harga : Rp 23.000
  • Jam Buka : 00.00-12.00, 17.00-00.00

Setelah puas berwisata, kini saatnya kita icip-icip kuliner khas dari kota baru yang sedanga kita jelajahi yaitu Sukabumi. Dan salah satu kuliner legendaris yang ada di kota ini adalah Mie Goreng.

Hem, mendengar kata mie goreng sepertinya tidak ada hal yang istimewa dibaliknya, eits jangan salah rasa dari Mie Goreng khas Sukabumi ini sangatlah khas, sehingga kalian tidak akan dapat menemuinya di daerah lain meskipun sama-sama terbuat dari olahan mie.

Mie yang disajikan disini berukuran jumbo dengan pemakaian kecap yang cukup berani, sehingga rasanya cenderung manis. Dan sebagai topingnya, mie ayam ini diperkaya akan irisan ayam atau ati ampela dan telur. Sangat mengenyangkan dan dijamin akan membuat kalian ketagihan.

65. Nasi Uduk Ungu

Nasi Uduk Ungu

  • Lokasi : Jl. Brawijaya No.16, Sriwidari, Gn. Puyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat
  • Harga : *mulai dari Rp 23.000
  • Jam Buka : 10.00-22.00

Makanan khas Sukabumi Jawa Barat selanjutnya yaitu nasi uduk ungu yang kepopulerannya mulai dikenal oleh wisatawan mancanegara. Seperti namanya, keunikan dari nasi ini terletak pada warna nasinya yang berwarna ungu, berbeda dengan nasi yang kita temui sehar-hari.

Tak lain dan tak bukan, warna dari nasi tersebut berasal dari buah bit atau ubi ungu. Satu porsi dari nasi uduk disajikan dengan berbagai macam isian berupa ayam goreng, tempe, tahu, telur dadar, sambal, dan juga lalapan. Siapapun yang mencoba nasi uduk yang satu ini pasti akan ketagihan. Penasaran?

66. Nasi Hijau

Nasi Hijau

  • Lokasi : Jl. Brawijaya No.16, Sriwidari, Gn. Puyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat
  • Harga : Rp 27.500
  • Jam Buka : 10.00-22.00

Seolah tak kehabisan akal, kota ini juga memiliki kreasi olahan nasi yang unik lainnya yaitu Nasi Hijau. Berbeda dengan sebelumnya yang berwarna ungu, nasi ini sesuai dengan namanya memiliki warna hijau yang berasal dari daun bayam dan kemudian diolah dengan campuran bumbu-bumbu khas lainnya.

Nasi ini biasa disajikan lengkap dengan beberapa pelengkap seperti ayam goreng, telur dadar, tahu dan tempe goreng, kerupuk, taburan bawang goreng, dan juga sambal yang tidak boleh ketinggalan.

67. Mochi Kaswari Lampion

Mochi Kaswari Lampion

  • Lokasi : Gg. Kaswari No.19, Selabatu, Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat
  • Harga : *mulai dari Rp 35.000
  • Jam Buka : 08.00-21.00

Setelah tadi mencicipi makanan beratnya, sekarang saatnya kita berburu oleh-oleh untuk keluarga dirumah, salah satu jenis makanan yang akan direkomendasikan kami yaitu mochi. Dan tempat mochi di Sukabumi yang sudah terkenal enak ada di Mochi Kaswari Lampion.

Cemilan yang enak ini pastinya sudah dikenal oleh banyak orang, teksturnya yang lembut dan kenyal serta warnanya yang sangat beragam menambah daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya.

Dan mochi yang ada di lampion ini memiliki kualitas yang sangat bagus dari pada tempat mochi lainnya karena diolah dengan cara yang baik dan benar. Walaupun harganya sedikit mahal, mochi ini sangat patut di beli dan juga cocok dijadikan oleh oleh khas Sukabumi untuk keluarga.

68. Sagon Bakar

Sagon Bakar

  • Lokasi : Jl.Ciaul Baru No.16, Subangjaya, Kec. Sukabumi, Kota Sukabumi, Jawa Barat
  • Harga : *mulai dari Rp 14.000
  • Jam Buka : siang-sore

Dan makanan terakhir yang akan kami rekomendasikan yaitu Sagon Bakar. Makanan yang terbuat dari bahan dasar kelapa parut ini memiliki rasa yang sangat khas dan gurih. Biasanya cemilan ini disajikan salam bentuk ersegi panjang atau kotak. Sagon Bakar ini dapat kalian jadikan cemilan saaat berwisata di kota Sukabumi maupun dijadikan buah tangan sebagai oleh-oleh khas Sukabumi.

Itulah beberapa referensi tempat wisata di yang ada di kota Sukabumi yang dapat anda kunjungi. Namun satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Sukabumi, semoga bermanfaat. Happy Holiday!

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Gorontalo

Dwi Okta
14 min read

Tempat Wisata di Salatiga

Dwi Okta
17 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *