Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Harga Tiket Gunung Pancar Bogor

2 min read

harga tiket gunung pancar bogor

Bogor adalah kota yang berada di Jawa Barat yang menyimpan berbagai wisata alam yang menakjubkan, tidak seperti di Kota Metropolitan yang hanya ada gedung pencakar langit. Di Kota Bogor ini terdapat wisata alam yang indah nan asri salah satunya yaitu Gunung Pancar. Anda dapat masuk dengan harga tiket masuk gunung pancar Bogor yang murah.

Tentunya wisata alam gunung menyuguhkan pemandangan alam dari ketinggian yang indah dan memanjakan mata. Harga tiket gunung pancar Bogor pun cukup terjangkau. Tetapi selain itu pengunjung juga bisa melihat banyak fauna antara lain Burung Kutilang, Kera, Elang, Babi Hutan, Jelarang, Jalak, Srigunting, Ayam Hutan Merah, Enggang, dan masih banyak lagi pada ketinggian 300 – 800 mdpl.

Jadi bagi para travellers dan pemburu foto yang luar biasa, tempat ini cocok dikunjungi apalagi saat cuaca cerah dan mendukung. Keindahan serta keasrian Gunung Pancar ini menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Dengan kemiringan yang mencapai 15 – 40% ini pengunjung tetap bisa menemukan berbagai jenis tanaman dan semak belukar yang ada di sepanjang perjalanan menuju puncak.

Suhu di tempat ini saat siang hari cukup panas yaitu sekitar 33 derajat Celcius. Sedangkan suhu pada malam hari Gunung Pancar tidak terlalu rendah yaitu 24 derajar Celcius, walaupun tidak seperti gunung lain suhu tersebut cukup dingin untuk aktivitas malam atau tertidur.

Konon katanya Gunung Pancar adalah gunung yang pertama kali ada di Pulau Jawa yang terbentuk karena sering terjadinya gempa. Pancar sendiri mempunyai arti Muncul Pertama Kali. Pengunjung yang datang bisa menikmati merdunya kicaunya burung kutilang dan mendapati budaya masyarakat di lereng gunung ini yang sangat menjunjung dan menghormati kelestarian Gunung Pancar.

 

Wahana

1. Giri Tirta Hot Spring Resort and Spa

Merupakan pemandian air panas yang terdapat di wisata Gunung Pancar. Selain untuk melepas penat, wahana ini juga bisa untuk merilekskan tubuh. Air yang digunakan disini adalah air panas yang langsung bersumber dari Gunung Pancar serta tidak berbau meyengat seperti belerang. Selain itu kolam ini juga terbagi menjadi 2 secara terpisah sehingga bagi perempuan yang berjilbab tidak perlu risau.

2. Ziarah Di Makam Keramat

Selain berwisata pengunjung juga ditawarkan untuk berziarah di makam keramat. Makam tersebut antara lain makam Ki Mas Bungsu, Raden Lawulung, Raden Surya Kencana, H Dalem Putih, Kalijaga, dan tokoh – tokoh lokal.

3. Upacara Keagamaan dan Pertunjukan Seni

Jika anda beruntung anda bisa melihat upacara keagamaan dan pertunjukan seni yang sering ditampilkan.

4. Bersepeda

Bagi anda yang hobi bersepeda terutama di gunung, anda bisa mengunjungi wisata Gunung Pancar ini. Apalagi ditambah dengan jalurnya yang tidak mulus, aktivitas ini sangat menantang.

5. Jogging

Adanya hutan pinus di wisata ini membuat pengujung bisa melakukan berbagai aktivitas misalnya jogging. Walaupun jalurnya tidak seperti di taman atau di stadion, jogging di hutan pinus tidak kalah meyenangkannya ditambah dengan pemandangan yang asri.

6. Hunting Foto

fasilitas gunung pancar

Keindahan dan keeksotisan dari Gunung Pancar sangat cocok sebagai tempat untuk berburu foto yang instagramable.

7. Area Camping

gunung pancar camping

Di wisata yang satu ini juga menyediakan kegiatan camping bagi pengunjung yang berkeinginan untuk melakukan camping disini.

Selain wisata alam anda juga dapat mengunjungi wisata di Bogor sebagai edukasi buat anak yaitu Pelita Desa.

8. Sewa Lahan

hutan pinus gunung pancar

Selain wahana yang sudah disebutkan, penyewaan lahan juga tersedia pelayanannya di sini untuk berbagai keperluan. Keperluan yang kerap kali pengunjung gunakan antara lain shooting, prewed, foto foto khusus, outbound, dan banyak lagi. Lahan disini bisa disewa dari 1 hari hingga 3 hari 2 malam.

 

Fasilitas

  • Area Makan
  • Kantin
  • Area Parkir Luas
  • Toilet
  • Jembatan Gantung
  • Tempat Ibadah

Lokasi

Kampung Ciburial, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia 16810. Untuk bisa sampai di lokasi tersebut pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi yang bisa diparkirkan di bawah atau bisa juga menggunakan angkutan kota. Untuk menjangkau tempat ini sangatlah mudah.

 

Jam Operasional

Untuk jam operasional dari Gunung Pancar ini tentunya karena objek ini merupakan wisata alam maka dibuka selama 24 jam.

 

Harga Tiket Masuk Gunung Pancar Bogor

Harga Tiket Masuk Gunung Pancar Bogor
TiketKategoriSubjekHarga
Tiket MasukSenin – JumatWisatawan MancanegaraRp5.000
Wisatawan AsingRp100.000
Sabtu & MingguWisatawan MancanegaraRp7.500
Wisatawan AsingRp150.000
Biaya ParkirSenin – JumatSepeda MotorRp5.000
MobilRp10.000
Sabtu & MingguSepeda MotorRp7.500
MobilRp15.000
Pemandian Air PanasWahanaRp25.000
Hunting Foto di Pintu MasukRp20.000
PrewedRp750.000
Camping User PermalamRp100.000
Shooting PerhariRp15.000.000
Outbound PerhariRp280.000
Sewa Lahan1 hariRp25.000
2 hari 1 malamRp35.000
3 hari 2 malamRp45.000

 

Tips Saat Mengunjungi Gunung Pancar Bogor

  1. Lebih baik mengunjungi Gunung Pancar saat dini hari saat matahari terbit.
  2. Membawa barang – barang yang tepat dan yang diperlukan selama perjalanan.
  3. Jangan pergi sendirian.
  4. Persiapkan budget yang memadai.
  5. Taati peraturan yang telah ditetapkan pihak pengelola.
  6. Bawa kamera atau alat pengambil gambar beserta baterai cadangannya.

 

Demikian ulasan yang dapat saya sampaikan mengenai Gunung Pancar Bogor ini. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih 🙂

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *