Harga Tiket Masuk Curug Cipanji

Share
Comment 0 reply
Harga Tiket Masuk Curug Cipanji

Untuk kalian yang tengah mencari tempat wisata alam air terjun di kawasan Ciwidey, mungkin Curug Cipanji dapat kalian jadikan destinasi tempat wisata.

Curug ini memang belum begitu terkenal sebab letaknya yang sedikit tersembunyi. Oleh sebab itu, Curug Cipanji ini menjadi salah satu tempat destinasi wisata hidden paradise yang ada di daerah Ciwidey.

Dengan sentuhan alam yang segar, diselimuti dengan hawa pegunungan akan senantiasa menyambut kedatangan para pengunjung setiap waktu.

Keunikan Curug Cipanji

1. Terletak di tengah-tengah perkebunan teh

curug cipanji bandung

Selain tempatnya yang tersembunyi, keunikan lain yang dimiliki oleh curug yang satu ini adalah berada di tengah perkebunan teh yang sangat luas nan alami.

Sebelum kalian tiba di curug ini, nantinya kalian akan melewati hamparan dari perkebunan teh dengan pemandangan yang memanjakan mata.

2. Berada di kaki gunung Cipanji

curug cipanji

Salah satu alasan kenapa curug ini diberi nama sebagai Curug Cipanji adalah karena letaknya yang berada tepat di kaki gunung Cipanji.

Sebetulnya, ada banyak sekali curug yang berada di bawah kaki gunung Cipanji, tetapi sebab akses menuju berbagai curug tersebut yang tersembunyi dan sangat sulit untuk dilewati, membuat curug lainnya susah untuk dikunjungi.

3. Mempunyai 3 tingkat dan dijuluki sebagai Waterboom Alami

Mempunyai 3 tingkat dan dijuluki sebagai Waterboom Alami

Apabila kita badingkan curug Cipanji dengan curug lainnya yang hanya mempunyai satu aliran air terjun, maka  Cipanji yang satu ini sangatlah unik dan istimewa.

Sebab curug ini mempunyai total 4 buah aliran air terjun di mana salah satunya berbentuk menyerupai batu datar halus sepanjang 5 m.

Yang tentunya bisa kalian gunakan sebagai area seluncur layaknya perosotan yang terdapat di waterboom modern.

4. Mempunyai air yang sangat jernih

Mempunyai air yang sangat jernih

Salah satu daya tarik utama yang ditawarkan curug ini adalah aliran airnya yang sangat jernih.

Kejernihan air yang jatuh dari atas tebing dengan suhu yang dingin inilah menjadi magnet utama untuk para wisatawan agar senantiasa berkunjung ke curug yang satu ini.

5. Mempunyai ketinggian yang berbeda-beda

Mempunyai ketinggian yang berbeda-beda

Dengan total empat buah aliran air terjun, curug ini memiliki ketinggian yang berbeda antara satu aliran air terjun dengan aliran lainnya.

Di mana aliran yang tertinggi mencapai ketinggian kurang lebih 25 m serta berada pada tangga curug yang paling tinggi.

Air terjun yang paling tinggi inilah yang disebut sebagai Curug Cipanji.

Serta pada tingkat terdasar tingginya mencapai enam meter dengan tingkat kemiringan 45 derajat.

Fasilitas

Karena curug ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintah maupun pengurus desa setampat, maka fasilitas dari curug cipanji ini sangatlah minim.

Memasuki area curug, kalian tidak akan menemukan fasilitas berupa toliet, area parkir, musholla, saung, warung, gazebo, maupun fasilitas yang pada umumnya terdapat di tempat wisata.

Dan buat kalian yang membawa kendaraan pribadi, maka kalian dapat menitipkan kendaraan kalian di pemukiman warga yang terdapat warung di dalamnya.

Dan disinilah juga kalian dapat menumpang untuk ke kamar mandi.

Tetapi, kalian dapat menjumpai warung kecil yang menjual berbagai jajanan, makanan, dan juga minuman sesaat sebelum tiba di Curu Cipanji.

Harga Tiket Masuk

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Curug Cipanji ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintah ataupun pengurus desa.

Maka dari itu, curug ini belum terdapat pemberlakuan sistem retribusi tiket, alias tidak akan dipungut biaya ketika kalian hendak berkunjung ke curug (gratis).

Kalian hanya perlu untuk menyiapkan kendaraan pribadi dan juga badan yang fit. Sebab tempatnya yang anti mainstreem ini membutuhkan perjuangan yang cukup ekstra untuk mencapainya.

Baca juga: Curug Tilu Leuwi Opat .

Lokasi

Secara administratif, Curug Cipanji berada di alamat: Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia 40972

Jam Operasional

Curug Cipanji buka setiap harinya 24 jam, sebab belum dikelola secara resmi oleh pihak pemerintah maupun pengurus desa setempat.

Rute Menuju Curug Cipanji Ciwidey

Catatan:

  • Curug ini berjarak sejauh 35 Km dari arah Kota Bandung.
  • Untuk dapat meraih lokasi dari Curug Cipanji dapat kalian akses dengan memakai kendaraan pribadi roda dua maupun pun roda empat.
  • Terdapat beberapa rute pada waktu hampir sampai di Curug Cipanji di mana rutenya akan semakin terjal dan rusak parah.
  • Sehingga, apabila kalian ingin memakai kendaraan roda empat, kami sarankan supaya tidak memakai mobil pendek atau berjenis sedan.

Rute singkat: Kota Bandung – Leuwi Panjang – Kopo Sayati – Katapang – Soreang – Pasir Jambu (melewati Rumah Makan Sindang Reret).

  • Patokan Alun-alun Ciwidey

Adapun patokan yang paling gampang untuk mencapai Curug Cipanji ini yaitu dengan cara mengarahkan kendaraan kalian menju ke arah Alun-alun Ciwidey.

Sebelum dari arah Alun-alun Ciwidey maka akan ada sebuah Rumah Makan Sindang Reret.

Tidak jauh dari rumah makan itu, akan ada persimpangan yang berada di sebelah kiri menuju wisata alam Curug Cipanji.

Sesudah tepat di persimpangan itu, lalu kalian akan menjumpai plang untuk penunjuk arah yang berukuran kecil dengan menunjukan arah ke arah Curug Cipanji.

Sesudah kalian sukses menyusuri jalan dari arah persimpangan jalan raya utama, lalu kalian kamu akan menjumpai jalanan berbatu ke arah Desa Tenjolaya.

Dari arah desa itu, kemudian kalian cari sebuah rumah yang didalamnya terdapat sebuah warung kecil yang digunakan untuk memarkirkan kendaraan.

Kemudian, kalian lanjutkan perjalanan dengan cara berjalan kaki dengan jarak 3,5 Km.

Nantinya kalian akan melewati hutan pinus dan juga perkebunan teh yang menyegarkan mata.

Tips Berkunjung

  • Sebelum berangkat, cek keadaan kendaraan kalian apakah bagus untuk menempuh perjalanan menuju curug.
  • Sebab tidak ada fasilitas di area curug, maka bawalah perlengkapan yang dirasa perlu, seperti bekal, dan peralatan mandi.
  • Bawalah baju ganti.
  • Sebaiknya datang pada waktu musim cerah.
  • Selalu waspada ketika kalian menempuh rute yang berjalan kaki, sebab rutenya sangat terjal dan juga licin.
  • Datanglah bersama sahabat, teman, ataupun partner kalian agar suasana liburan kalian semakin seru.
  • Jagalah kebersihan dan bawa kembali sampah yang kalian bawa.

Happy holiday people!

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.