CURUG CIKULUWUNG: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Share
Comment 0 reply
CURUG CIKULUWUNG: Aktivitas & Tiket Masuk 2022
Harga Tiket MasukRp20.000
Jam Buka08.00 - 17.00 WIB
Nomor HP-
LokasiKp. Suka asih, RT.01/RW.08, Cibitung Wetan, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat

Wisata curug atau air terjun bernama Cikuluwung merupakan sebuah destinasi piknik yang cukup populer di kota Bogor. Pada awalnya, Curug Cikuluwung belum diketahui oleh banyak masyarakat, namun semenjak viral di sosial media, maka wisata ini semakin terkenal.

Sejak dikenal di sosial media, maka air terjun satu ini semakin meningkat  pengunjungnya. Air terjun Cikuluwung memang terkenal memiliki pemandangan yang bisa menghipnotis para pengunjung yang datang. Penasaran seperti apa keindahan dari air terjun Cikuluwung?

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Curug Cikuluwung

Air terjun Cikuluwung adalah destinasi wisata yang disebut-sebut mempunyai kemiripan dengan Grand Canyon yang ada di Arizona, Amerika Serikat. Air terjun Cikuluwung terbagi menjadi dua yakni Cikuluwung 1 yang lokasinya di atas.

Kemudian ada Cikuluwung 2 yang lokasinya ada di bagian bawah. Destinasi wisata satu ini sering dikunjungi ketika akhir pekan.  Berikut adalah harga tiket masuk menuju Cikuluwung Waterfall  :

KeteranganTarif
Tiket masukRp20.000
Parkir sepeda motorRp5.000
Parkir mobilRp10.000

Jam Buka

Jam Buka Curug Cikuluwung

Meski air terjun Cikuluwung ini baru terkenal, namun sebenarnya destinasi wisata satu ini sudah ada sejak lama. Bagi yang ingin piknik ke air terjun Cikuluwung, maka destinasi wisata satu ini buka setiap hari mulai dari jam 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Sekedar tips saja, kalau Anda ingin menikmati air terjun Cikuluwung, maka datanglah ketika hari-hari biasa atau hindari akhir pekan supaya tidak terjebak dengan kerumunan pengunjung. Datanglah ketika pagi hari saat udara masih sejuk atau bisa juga sore hari sekitar pukul 15.00 WIB.

Aktivitas di Curug Cikuluwung

Aktivitas di Curug Cikuluwung

1. Berenang

Aktivitas menarik yang sayang sekali terlewatkan jika sudah berada di air terjun Cikuluwung adalah berenang. Air terjun satu ini memiliki kejernihan yang luar biasa sehingga Anda dijamin akan merasa segar ketika berenang di curug ini.

Meski Anda harus lelah melakukan trekking untuk menuju ke kolamnya, namun setelah Anda renang, maka dijamin rasa lelah akan sirna dan terbayarkan. Jika ingin berenang, wisatawan dianjurkan untuk menuju ke Cikuluwung 2.

Hal ini dikarenakan arus di Cikuluwung 2 cukup tenang sehingga tidak akan membahayakan siapapun yang ingin berendam ke kolam air terjun sekalipun belum mahir. Di kawasan wisata ini juga, ada banyak yang menyewakan ban jika ingin lebih merasa aman.

2. Body Rafting

Wisatawan juga bisa mencoba olahraga air seperti body rafting di Curug Cikuluwung ini. Memiliki debit air yang tidak begitu deras membuat kawasan wisata satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi liburan bersama keluarga atau bisa juga teman-teman.

Memainkan body rafting memang asyiknya bersama banyak orang. Di kawasan wisata, sudah ada yang menyewakan perlengkapan untuk body rafting sehingga tidak perlu bawa alat-alat dari rumah.

3. Cliff Jumping

Suka dengan olahraga ekstrim semacam cliff climbing? Jika Anda menyukainya, cobalah untuk melakukannya di air terjun Cikuluwung. Banyak wisatawan yang melakukan olahraga tersebut di sini karena memang tebing yang mengelilingi sungai aman untuk dijadikan tempat atraksi.

Apalagi air yang ada di kolam Cikuluwung waterfall ini jernih. Namun ada baiknya ketika Anda ingin melakukan atraksi adalah saat musim kemarau sebab debit airnya tidak deras dan bagian atas tebing juga tidak licin.

4. Bersantai

Dengan udara yang segar dan pemandangan alamnya yang begitu indah, maka air terjun Cikuluwung sangat cocok untuk bersantai. Apalagi untuk mencapai kawasan wisata ini, Anda harus melakukan trekking panjang dan curam.

Biasanya para wisatawan yang datang ke air terjun Cikuluwung akan menikmati keindahan dengan duduk dan bersantai ditemani dengan kopi atau es teh. Aliran air di curug serta birunya warna kolam membuat siapapun akan merasa rileks setelah datang ke wisata satu ini.

5. Hunting Foto

Berburu foto menjadi salah satu aktivitas yang selalu menarik dilakukan ketika menemukan destinasi wisata alam yang indah. Hunting foto bisa menjadi kegiatan yang Anda coba jika datang ke air terjun Cikuluwung ini.

Tempat wisata di Bogor ini dipenuhi dengan keindahan di setiap sudutnya. Ada banyak spot yang dijamin membuat Anda merasa puas sudah berkunjung ke air terjun Cikuluwung. Airnya yang biru dan tebingnya yang menjulang dengan tinggi membuat pemandangan wisata satu ini sangat epic.

6. Wisata Kuliner

Jika Anda sudah merasa puas berenang ataupun bermain air wisata Bogor ini, maka cobalah untuk berburu kuliner. Lepaskan dahaga dan isi perut dengan berwisata kuliner di warung-warung makan yang tersedia di sepanjang kawasan.

Beberapa warung juga menyediakan gazebo khusus untuk bisa makan bersama keluarga. Dijamin liburan di air terjun Cikuluwung ini menjadi hal yang mengesankan.

Pantangan, Mitos, dan Misteri

Pantangan, Mitos, dan Misteri Curug Cikuluwung

Walau kawasan wisata Bogor ini memang memiliki keindahan yang luar biasa, namun ternyata pantangan, mitos dan juga misteri yang meliputi Curug Cikuluwung, di antaranya adalah :

1. Jangan Pakai Baju Berwarna Merah

Khusus untuk pengunjung perempuan sangat dihimbau untuk tidak menggunakan baju berwarna merah. Hal ini sudah menjadi pantangan ketika berwisata di air terjun Cikuluwung.

Menurut mitosnya, karuhun atau penduduk terdahulu dalam istilah Sunda suka sekali memakai baju warna merah sehingga arwah mereka tidak suka jika ada yang menggunakan warna tersebut karena merasa tersaingi.

2. Panorama Tak Kasat Mata

Misterinya, ada panorama di curug yang tak kasat mata dan hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu. Konon, pemandangan tersebut berupa sebuah tulisan dan lukisan artistik. Semuanya bisa dilihat di bebatuan air terjun.

3. Jangan Datang di Malam Hari

Ada waktu atau jam tertentu yang dianggap larangan untuk datang ke Curug Cikuluwung Bogor. Pengunjung dilarang datang saat malam hari atau menjelang maghrib.

Fasilitas

Fasilitas Curug Cikuluwung

Air terjun Cikuluwung adalah destinasi yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. Meski tidak dikelola oleh pemerintah daerah, kawasan wisata ini memiliki fasilitas lengkap seperti:

  1. Tempat persewaan ban
  2. Mushola
  3. Kamar mandi
  4. Ruang ganti
  5. Area parkir

Lokasi dan Rute

Alamat atau lokasi Curug Cikuluwung ada di dusun Suka Asih, tepatnya di Desa Cibitung Wetan, kabupaten Bogor. Jika Anda datang dari kota Bogor, maka perjalanan akan memakan waktu hingga satu jam sesuai dengan lalu lintas.

Dari arah kota Bogor ini, pilih saja rute menuju kawasan Cikampak ke Dramaga. Baru kemudian Anda bisa memilih jalur menuju Cibatok sampai menemukan pertigaan di area Camplang.

Dari pertigaan Camplang ini, Anda bisa memilih jalan ke arah kiri sampai bertemu dengan sungai Cikuluwung dan melewati sebuah gang bernama Gardu. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti jalur  sampai menemukan papan petunjuk menuju curug.

Anda hanya perlu mengikuti papan petunjuk sampai ke area parkir kendaraan. Dari area parkir ini, maka Anda perlu berjalan kaki 5 menit untuk sampai ke kawasan curug.

Kalau Anda bosan dengan wisata di Bogor yang itu-itu saja, maka Curug Cikuluwung bisa menjadi alternatif. Kawasan wisata ini sangat menenangkan dan memberikan pengalaman wisata yang dijamin akan terkenang seumur hidup.

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.